Selasa, Juli 05, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Utang Saat Hyperinflasi ini Umi Mimi ambil dari Youtube Ammi Nur Baits, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Utang Saat Hyperinflasi ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Utang Saat Hyperinflasi

Utang Saat Hyperinflasi | Ustadz Ammi Nur Baits, ST., BA

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hai Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil mursalin nabinal Maulana Muhammadin wa'ala alihi washohbihi ajma'in wa Asyhadu alla ilaha illallah wahdahula syarikalah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warosuluh sallallahu alayhi wa'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam atas lemon kasirotun Mbak Alhamdulillah kembali kita melanjutkan kajian rutin kita dengan membaca buku ada orang utang dan insya Allah di kesempatan kali ini kita akan membaca keterangan dari Aceh Doctor Khalid Al mushlih hafizhahullah ta'ala beliau adalah murid dan sekaligus menentu dari Syeikh Ibnu utsaimin rahimahullah dalam salah satu paper yang beliau tulis tentang inflasi dan terinvasi serta pengaruhnya terhadap utang yang dilakukan oleh sama manusia ketika membahas tentang masalah hiperinflasi beliau menyebutkan beberapa pendapat ulama mengenai pelunasan utang ketika terjadi inflasi yang sangat besar beliau menyebutkan rincian sebagai berikut yang pertama Indonesia wajib and orang yang berutang adalah membayar sesuai besar utangnya tanpa memandang penurunan nilai mata uang dan ini merupakan keputusan majma' fiqh Islami salah satu divisi fiqih dibawa Oki pada Muktamar kelima dan ini pendapat mayoritas ulama kontemporer sehingga baik terjadi inflasi maupun tidak terjadi inflasi utang seberapapun dibayar dengan nilai yang sama tanpa memandang adanya penurunan nilai mata uang adanya inflasi sehingga keberadaan atau go home atau the home ini bahasa Arabnya inflasi tidak memberikan pengaruh terhadap transaksi utang piutang dan itu adalah koror keputusan dari majma' fiqh al-islami divisi fiqih dibawa Oki hai hai Hai Kemudian yang kedua Hai wajiban orang yang berhutang mengembalikan hutangnya dengan mempertimbangkan besar nilai inflasi yang terjadi sehingga bisa jadi dia mengembalikan dengan nilai yang lebih besar ini merupakan keputusan Alma jemaah al-fiqhi al-islami hal majma' al-fiqh al-islami yaitu divisi fiqih di bawah robitho alam Islamiyah ada dua majma' dua lembaga fiqih internasional yang saat ini sedang yang yang terkenal ya dua lembaga fiqh internasional yang terkenal yang pertama adalah majma' fiqh al-islami di bawah Oki Organisasi kerjasama Islam Hai yang kedua Alma jemaah al-fiqhi al-islami ini di bawah robitho alam Islamiyah Hai pada Muktamar yang ke-12 dan berikut penjelasan mengenai solusi ketika terjadi inflasi sehingga kalau majma' fiqh Islami di bawah oke keberadaan atau dokumen keberadaan inflasi itu tidak mempengaruhi hutang tapi kalau menurut Alma jemaah lihat al-islami keberadaan inflasi bisa memberikan pengaruh terhadap utang jika bentuknya adalah inflasi yang nilainya sangat besar baik kita lanjutkan lagi Hai yang ketiga Hai orang yang berhutang wajib mengembalikan utangnya dengan nilai lebih sesuai tingkat inflasi jika itu karena kesalahannya jika karena kesalahannya kesalahan Siapa yang berhutang misalnya sengaja secara sengaja dia menunda Pembayaran utang hingga terjadi inflasi yang nilainya besar ini merupakan pendapat Syeikh Abdullah bin mani dan Syekh Mohammad Al Hajj nasyir Hai dan mereka ini termasuk diantara masyi anggota majma' dan juga Hai akibat ulama Syafril lebih manik dan beliau termasuk diantara ulama yang sering dijadikan rujukan dalam pembahasan masalah ekonomi syariah Hai selanjutnya yang keamanan yang keempat kerugian yang terjadi karena utang yang tertunda lama hingga terjadi inflasi besar resikonya dibagi bersama sesuai keputusan hakim ini pendapat yang Hai kemudian pendapat yang kelima tidak menentukan nilai tertentu untuk Pembayaran utang namun kebijakan dikembalikan kepada Qolbi yaitu Hakim untuk memberikan keputusan yang adil bagi kedua belah pihak ini pendapat Doktor Muhammad Sabir Hai sehingga ada lima pendapat yang disampaikan oleh para ulama terkait Apakah keberadaan inflasi itu mempengaruhi hutang kita bicara hiperinflasi keberadaan hiperinflasi itu mempengaruhi hutang ataukah tidak pendapat yang pertama majemuk fikih Islami dibawa Oke mengatakan enggak ngefek bagi utang sehingga keberadaan hiperinflasi maupun tidak hiperinflasi nilai utang harus dikembalikan dengan nilai yang sama yang kedua pendapat mazhab fikih Islami di bawah rabithah alam Islami anak2 Hai mereka menyebutkan bahwa keberadaan inflasi bisa menjadi faktor koreksi untuk hutan tergantung dari besar kecilnya inflasi Hai sehingga disini mempertimbangkan besar nilai inflasi yang terjadi Hai yang ketiga Hai pendapat yang ketiga orang yang berhutang wajib mengembalikan utangnya dengan nilai lebih lebih besar disebabkan karena inflasi jika itu terjadi karena kesalahannya misalnya sengaja menunda dan ini pendapat Syaikh Abdulloh bin mani dan Muhammad Al Hajj Nasir ada satu kejadian yang sampai ke kami ada orang yang punya kontrakan di Jogja Kwang dulu waktu dikontrak itu nilainya sekitar satu juta berapa tahun gitu jadi angka yang masih sangat murah pada tahun 90-an mungkin sekitar sembilan 1/90 intinya tahun 90-an dengan harga sekitar 1 jutaan kemudian orang ini nggak bayar kontrakan Dia pergi meninggalkan kontrakan itu dan belum bayar dan wallahualam Mungkin beliau bertaubat karena merasa pernah membawa harta orang lain menikmati harta orang lain sementara belum bayar akhirnya belakangan ini datang dan mau bayar kontrakan yang dulu pernah dia manfaatkan 90-an utang kontrakan yang nilainya cuman satu jutaan berapaan ini dia datang mau bayar kep hanya kebingungan ini yang memilih kontrakan ini kalau pakai harga kontrakan sekarang pertahun sudah di atas 26 rumahnya di tempat yang cukup ramai dekat dengan kampus dan kalau pakai faktor koreksi inflasi dari tahun 90-an sampai 2000 20-an ini berarti sesudah berapa tahun sekitar 30 tahun Hai Maka nanti butuh koreksi yang sekian gede jadi dua-duanya sama besar dan bingung ini pakai pembayaran yang mana karena selisihnya terlalu jauh Hai kalau kita menggunakan pendapatnya Syekh Abdullah bin mani dan saya Mohamad Al Hajj Nasir jadi orang ini bersalah Hai sehingga dia menunda pembayaran senilai sekian juta di sampai harus membayar sekian puluh juta disebabkan karena faktor koreksi inflasi disebabkan karena kesalahannya kalau kamu Bayar dulu dulu Mungkin cukup bayar 1000000 1000000 500 sudah lunas selesai nggak ada urusan lagi karena dibayar sekarang ada faktor koreksi inflasi Hai dan itu disebabkan karena kesalahannya Thai kemudian yang keempat Hai pendapat yang keempat kerugian yang terjadi karena hutang yang tertunda lama resikonya dibagi bersama sesuai keputusan hakim sehingga besarannya berapa hakim yang menentukan pendapat yang kelima disini tidak menentukan hasil Tapi dikembalikan kepada kebijakan kau Di Hai kalau menurut kodi faktor koreksi nya tidak diperhitungkan maka dibayar sesuai dengan nilai utang dan ini kembali kepada kebijakan all County Hai selanjutnya Doctor Khalid Al mushlih memberikan tarjih Dengan mengatakan Hai setelah pemaparan pendapat para ulama dalam masalah ini yang dikuatkan neal bakhsh albais apa ini albais Coba kita lihat di fotnot albaher adalah peneliti Hai dan maksud beliau adalah Dr Khalid Al mushlih sendiri yang dikuatkan al-bayyina Dr Khalid Al mushlih Hai bahwa ketika inflasi yang tidak bisa diprediksi itu membahayakan bagi orang yang menghutangi yang umumnya itu merugikan seseorang maka wajib bagi orang yang berutang untuk mengembalikan utangnya sesuai nilai yang berlaku kepada orang yang menghutangi Hal ini berlaku untuk semua utang yang tidak mungkin untuk diambil dan mengalami penurunan nilai mata uang Hai ada dua keadaan berlaku untuk semua orang yang tidak mungkin untuk diambil dengan nilai yang sama Hai contoh transaksi di tahun 80-an hai lalu mau diselesaikan di tahun 2020 pay itu berarti 40 tahun maka yang seperti ini dulu harganya berapa cuman sekitar Rp30.000 harga tanah Hai cantik sekarang mau dilunasi dulu sudah bayar Rp5.000 Hai kalau pakai satuan dollar nggak papa kan gede tapi ini pakai satuan Rp OK Google sehingga saat itu dilakukan Wah saya cuman mengambil utang Rp25.000 itu tidak mungkin untuk diambil atau mengalami penurunan nilai mata uang yang sangat drastis Hai termasuk juga yang tidak mungkin diambil adalah terjadinya pergantian mata uang dulu pernah utang dengan menggunakan gulden sekarang kalau mau dibayar itu dia nggak bisa menyediakan mata uang gulden Hai Kemudian beliau menyampaikan beberapa alasan yang pertama adalah Hai diantara tujuan besar syariat dalam fiqih muamalah adalah mewujudkan keadilan dan menghindari setiap kezaliman pada kasus pelunasan utang sementara terjadi penurunan drastis terhadap nilai mata uang ketika utang itu dibayarkan sesuai yang diterima tentu ini akan sangat merugikan pihak yang memberi utang Hai yang ini merupakan bentuk kezaliman aku mau tanya berapa 30000 tahun Hai 80 sekarang kembalikan berapa 30000 siapa yang didholimi ditindas Hai siapa yang didholimi yang memberi utang maka ini termasuk kedholiman dan Hai hutang tahun 90-an dengan nilai utang 10 juta cukup untuk membeli rumah tentu termasuk kedholiman jika tahun 2016 dibayar dengan nilai yang sama 10 juta 10 juta 2016 itu cukup dipakai untuk bayar dengan untuk bayar apa bayar makelar Hai Jadi kalau dulu bisa dapat rumah sekarang hanya untuk bayar makalah Hai paint yang kedua kalau sayang 2 posisi orang yang menerima utang adalah domain Hai karena utang itu akad domana utang adalah akad domana sehingga orang yang menerima utang adalah domain Oke penumpang termasuk akad I do mana Hai dan orang yang berutang iatu Domin ya Turbo mana dimana dia harus menanggung resiko Hai karena dia yaddo mana Hai karena itu membayar utang dengan nominal lebih karena penurunan nilai mata uang bukan berarti mewajibkan penerima utang untuk membayar utang melebihi dari apa yang dia terima Hai jadi kata beliau Hai membayar utang dengan nilai yang lebih karena ada inflasi dan seterusnya bukan berarti membayar utang melebihi dari apa yang dia terima Hai namun hakekatnya Dia sedang menanggung resiko hilangnya nilai mata uang dan resiko atas kerugian besar dalam hutang menjadi tanggungjawab penerima utang karena dialah yang membawa utang dan bunga uang itu Hai sehingga resiko bisa bentuknya resiko fisik contohnya uangnya hilang Hai atau resiko nonfisik Contohnya apa terjadi penurunan nilai mata uang Hai gadis ini hilangnya nilai mata uang termasuk aib dan kerugian karena penerima utang yang membawa uang itu dia bertanggung jawab menanggung aib dan kerugian itu Oh ya Hai baik yang keempat alasan yang keempat setiap yang membahayakan harus dihilangkan Hai berdasarkan kaidah outdoor urusan segala yang membahayakan yuzalu harus dihilangkan Indonesia Hai sehingga kalau kemudian utang itu harus dibayar dengan nilai yang sama Ada rupanya di dilakukan di tahun 80-an lu dilunasi di tahun 2020 itu akan memberikan donor Ndoro kepada yang memberi hutang padahal Ia sudah berbuat baik maka dan mau kesini namun Sabil dan orang yang berbuat baik tidak boleh apa menanggung resiko kerugian jika utang dibayar dengan yang semisal padahal nilainya hilang ini akan menimbulkan bahaya bagi pemilik hak atau pemberi utang Hai nah yang kelima ada dua sebab yang mengakibatkan kerugian bagi pemberi utang karena nilai mata uang yang hilang yaitu inflasi yang terjadi di masyarakat satu dan yang kedua penundaan dari penerima utang Hai sebab yang pertama tidak bisa dihindari karena ini diluar kemampuan manusia seperti Hai sebab yang kedua murni kesalahan penerima utang sehingga dia harus menanggung resiko tersebut Hai nah Hai sehingga inflasi akan terus terjadi misalnya ya dan kita tidak tahu Hai Sampai kapan itu akan hilang dengan bertambahnya jumlah barang di dunia ini dan jumlah manusia maka beberapa barang tertentu objek tertentu nilainya cenderung terus naik Hai terutama adalah properti-properti cenderung terus naik meskipun ada juga barang yang ketersediaannya itu semakin banyak sehingga nilainya cenderung turun contohnya Hai teknologi HP itu nilainya cenderung turun kemudian alat-alat teknologi yang lain nilainya cenderung turun sehingga sebenarnya keseimbangan ini telah diatur oleh Allah Azza wajalla ndak karena itu tidak selalu yang namanya apa barang akan lebih tinggi nilainya sehingga tidak semuanya mengalami inflasi di titik-titik tertentu baik orang ekonomi lebih paham dalam masalah ini namun fokus kita terkait masalah hukum syar'i untuk utang piutang Hai adanya inflasi sesuatu yang tidak bisa dikendalikan oleh manusia tiba-tiba terjadi invasi pada di kemudian Hai orang yang berikan utang dia mendapatkan resiko2 pertama mata uangnya menjadi Hai yang kedua Hai perbuatan yang dilakukan oleh orang yang berhutang dimana dia menunda pembayaran maka menunda pembayaran seperti ini adalah sebab dari resiko dan karena itu dia yang harus menanggung resiko tersebut wallahualam baik Hai dan ada satu alasan yang lain yang kemarin sudah kita singgung yaitu firman Allah ta'ala di surat Al Baqarah ketika Allah membahas tentang masalah riba Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengatakan wainto btooom velacom wushu amwalikum Lately munawarotul namun kalau kalian bertobat Hai maka kalian mendapatkan harta pokok kalian sehingga kalian tidak mendholimi dan tidak di Tholib Hai karena itu ketika seorang muslim melakukan transaksi Hai dan disitu terjadi resiko kelainan maka harus dikembalikan kepada prinsip bahwa keadilan tidak menzalimi dan tidak di tol ini dalam transaksi utang piutang tadi Kalau dikembalikan dengan nilai yang sama 30080 Wan dikembalikan Rp30.000 2020 tentu ini akan mendorong Siapa yang memberi utap hai tapi kalau dia minta lebih dan itu terlalu jauh ini mendholimi yang berutang maka Jalan tengahnya adalah kembalikan kepada penyisip keadilan Datau beli munawalah putih namun dan ini salah satu diantara ayat yang dijadikan dalil oleh Sebagian ulama untuk dijadikan sebagai jalan tengah jika terjadi hiperinflasi hai hai yang berikutnya kita akan baca-baca Hai solusi dari majma' fiqh Islami ini berarti majma' fiqh Islami dibawa ok Hai majemuk film Islami ketika seseorang memahami dalam transaksi utang piutang jangka panjang inflasi tidak bisa dihindari infrasonik Anda koreksi inflasi tidak bisa dihindari karena utangnya jangka panjang Hai maka disarankan agar utang diberikan dalam bentuk yang lebih bisa bertahan berdasarkan ketentuan Hai utang emas bayar emas utang uang dibayar uang utang apapun dibayar dengan yang semisal sebagaimana yang diterima sehingga majma' fiqh Islami menyarankan biak kreditor yang berikan utang bisa menyerahkan dalam bentuk emas atau perak nya Hai Jadi kalau anda utang Mas akhirnya emas kalau utang itu jangka panjang kayaknya ini bakal lama pengembaliannya Hai maka silahkan dikembalikan atau silahkan diberikan dalam bentuk yang lebih bisa bertahan Hai Butuh duit berapa Saya butuh 100000000 masya Allah tidak sanggup kami kalau hutangnya 100000000 Ya sudah 50juta saja baik Kalau 50juta kami usahakan tapi mohon maaf kami tidak kasih duit Kami kasih emas dikasih lemas 50 gram Oh ya ini mas 20gram saya kasih utang emas 20 gram emas termasuk diantara benda yang cukup likuid sehingga tinggal datang kepada siapapun toko emas pasti akan laku apalagi jika emas itu bermerek Ya seperti Antam sehingga dia dikasih emas 50gram di bawah ke toko udah langsung cair berupa duit Hai baik Um 50gram mungkin tidak sampai 50juta Anggaplah dia cuman dapat 47000000 AK47 juta dia manfaatin habis kewajiban dia adalah mengembalikan berapa AK47 atau 5gram 50 gram emas dia harus membayar 50gram mas karena tadi dia menerima dalam bentuk emas Hai banget Kemudian yang kedua barang dagangan yang bisa bertahan misalnya tanah Hai tahu tangi tanah Nanti bayar tanah Kalau mungkin ya Hai ini yang banyak terjadi di masyarakat contoh yang riil adalah semen Black ini yang sering Hai di Gunungkidul kayak gitu ya utang semen Hai sehingga orang abangunan hutang tonggoni saya butuh semen sekian baik tahu tangis semen itu jangan dikasih duit anda belikan semen terus dikasihkan ke orang ini berapa sagg kemarin saya ngutangi 20 sak nanti Bayarnya pakai semen juga Hai sehingga akan lebih Bertahan Hai yang kedua atau yang ketiga utang bisa diberikan dalam bentuk mata uang yang lebih bisa bertahan Oh ya mata uang yang lebih bisa bertahan misalnya real Saudi atau Yen Jepang ini pertimbangan orang ahli ilmu keuangan tahu ya kira-kira Mana yang lebih bisa bertahan atau Anda bisa melihat indeks mata uang di masing-masing negara sehingga mana yang cenderung lebih bertahan itu yang bisa digunakan sebagai solusi cuman kalau di negara lain yang repot di Indonesia ngutangi pakai apa Pakai oh yen ono duite Iya yang memberi utang nyariin repot-repot Hai dan nanti yang menerima utang setelah menerima Yen dia harus nuker lagi dengan rupiah Repot juga Hai yang paling gampang ya emas dan perak Nia di toilet Hai selanjutnya yang kedua Hai tidak berlakunya mata uang yang diutamakan jadi mata uangnya ganti sehingga dulu pernah utang dengan mata uang ah sekarang mata uang itu sudah ganti Kai para ulama menegaskan Hai jika seseorang utang dengan mata uang tertentu Hai kemudian pemerintah tidak memberlakukan mata uang itu Hai maka dibayar dengan senilai mata uang yang berlaku saat itu di Indonesia berganti mata uang berapa kali tiga kali Hai dulu pakai koin dari China ini yang ada lobang tengah itu lalu ganti mata uangnya Belanda mungkin dulu campur-campur kalau waktu zaman penjajahan kemudian sampai akhirnya setelah Merdeka punya Rp Hai dan biasanya negara yang baru berdiri mata uangnya itu nebeng negara yang lain Oh ya Halo Atar yang demikian kaya dulunya menggunakan mata uang Rupiah pakai mata uang India Hai dan beberapa negara yang lain dulu mereka pakai mata uang negara tetangganya di jaman Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam mereka menggunakan Dinar dan dirham Dinar itu dari Romawi dirham dari versi Hai cetakan dari sana sehingga mungkin ada gambar raja mungkin ada gambar kepala orang Hai sebagaimana umumnya orang kafir mereka membuat uang baru di zaman Amirul Mukminin merata peradilan Ho Beliau memiliki kebijakan untuk mencetak mata uang sendiri dan kemudian turun menurun dilakukan oleh para khalifah kaum muslimin Dimana mereka membuat mata uang Ini zaman Umayyah di jalan Bani Umayyah ada mata uang danik pecahan dari Dinar dan Dirham Hai Toyib ndak kemudian ketika tidak berlaku dan berganti mata uang yang lain Bagaimana ilmu kutahu mengatakan knalpot 21A ndang Oh muka shiroten paha ramah Sultan hai hai Hai waktu ricard al-muamalah tuh biha kanal ilmu create kiamat Hai jika utang dalam bentuk vulus vulus itu uang yang terbuat dari selain emas dan perak baik tembaga Kuningan maupun yang lainnya Hal Hai sehingga fulus itu titik-titik dengan mata uang kertas semua mata uang yang terbuat dari bahan selain emas dan perak itu namanya fulus Kau muka Sarah atau pecahan uang yang lainnya tertentu lalu oleh pemerintah uang itu tidak diberlakukan Farma Sultan dan muamalah dengan uang ini ditinggalkan maka orang yang berutang dia harus membayar senilai uang yang sudah pernah diutarakan walayalin zam uhu kau bulu walau yiwu qobul aha dan Wales muka Buluh dan dia tidak wajib untuk menerima mata uang yang lama klikhotel.com Hai dan ini pernah terjadi di beberapa negara yang sempat jatuh karena penjajahannya Irak itu pakai Dinar Iraq Hai kemudian ketika invasi Amerika mata uang ini rusak hancur nilainya lalu orang lebih biasa menggunakan dollar ndak di masa Al Ustadz Abu Saad rahimahullah ketika beliau ke Suriah untuk menyalurkan program port apa kurban kaum muslimin Hai mereka sudah tidak lagi menggunakan mata uang mata uang Suriah Hai Terus yang dipakai transaksi apa dollar Hai sehingga ke sana bawa dollar dan orang dikasih dollar sumbangan kekasih dollar kasih dalam bentuk mata uang Dolar kemudian beli kambing itu Bayarnya pakai dollar Joger tekanan seperti kondisi yang saat ini kita lihat konflik yang masih belum selesai Hai sehingga itu merusak ekonomi yang mereka miliki Hai dan akhirnya sampai mata uangnya Hai Sebagian ulama mengatakan hai ketika mata uang yang diutamakan tidak berlaku yang dijadikan acuan adalah emas Syekh Abu Sa'id Al jazairi kolam Aljazair Beliau mengatakan Oh yes butuh Dino vidmate Madin wortel Core Paul wa-mu tholabun Bikin mati dari kalimat Hai hutang itu menjadi tanggung jawab orang yang memberi utang waktal cord orang yang berhutang waktal cardi ketika waktu pelunasan Hai wow wow palabun Bikin mati dalika Ilman maka dia dituntut untuk membayar senilai harta itu white tagoyar out time to 5 apabila Hai nilai harta itu berubah katsiron cukup banyak haul Vietnam melebihi atau sudah tidak lagi berlaku paint na almadini ngejauh cimetidine Ida haban maka orang yang berutang al-matin debitur wajib untuk mengembalikan nilai utang dalam bentuk mas Hai sehingga kalau uangnya nggak berlaku kembalikan dalam untuk Mas Hai baik Rp Hai ini keterangan yang disampaikan oleh Syekh Abu Sa'id Al jazairi Hai kemudian lanjut usia Abu Sa'id Beliau juga menjelaskan berdasarkan Penjelasan diatas orang yang berutang dalam kasus diatas memiliki kewajiban untuk mengembalikan nilai emas dari pinjaman uang sebesar 100 Dinar Aljazair jadi ini kasusnya dia Zain artinya hendaknya dicek uang sebesar 100 Dinar Aljazair tahun 60-an itu nilainya berapa gram emas Hai guys sekian gram emas itulah yang dijadikan sebagai acuan Pembayaran utang pada saat ini Hai misalnya 100 Dinar tahun Hai senilai 10 gram emas Hai maka besaran uang yang harus diserahkan kepada pemilik uang saat ini adalah uang yang bisa digunakan untuk membeli 10 gram emas Jadi dikonversi kalau sekarang 10 gram emas butuh Hai seribu dinar ya berarti dia harus mengeluarkan seribu dinar Hai untuk bisa mendapatkan 10 gram emas Dinar disini Dinar satuan uang Aljazair di masa itu dan beda dengan Dinar dalam arti mata uang koin emas di kemudian Hai wakagangga Baiklah alkohol lalu kata Syeikh Abu Sa'id Aku mau kerja Baiklah Hazel could catch her own mind ulama Ilham Nabilah Hai pendapat ini dipilih oleh banyak ulama mazhab Hambali Hai Minho Minho Taimiyah Wow YP Wow lose Albani rohimahullah uh Jamian Hai diantaranya adalah pendapat Ibnu Taimiyah Ibnul qayyim dan ini pendapat Syaikh Albani rohimahullah jam ya sehingga ketika ada atom.com inflasi yang nilainya besar atau mata uangnya sudah tidak dipakai maka yang dijadikan acuan adalah konversi ke emas wallohu'alam walhamdulillahi rabbil alamin Hai selesai pembahasan yang disampaikan oleh para ulama terkait utang uang bayar emas atau dikonversi ke emas Semoga bisa menjadi apa pembahasan yang menjawab banyak kasus yang terjadi di masyarakat karena ini termasuk pertanyaan yang paling sering sampai ke kami diantara pertanyaan yang cukup sering sampai kami adalah masalah konversi utang semoga ini jadi acuan jadi sekali lagi bedakan antara inflasi biasa yang bisa ditoleransi dengan inflasi yang nilainya besar yang itu diperhitungkan untuk menjadi faktor koreksi dalam transaksi utang piutang demikian wallahu a'alam dan Insyaallah untuk pembayaran berikutnya kita lebih membahas tentang muamalah ringan dalam utang-piutang Bolehkah bayar hutang di mesjid yang ini cukup sering dilakukan oleh rumah pengajian ya jadi kajian sambil bayar utang dagang jadi pesan apa nanti dibawakan barangnya saat gajian ketemu bayarnya besok Hai bayarnya saat kajian juga washallallahu ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi wa shohbihi was Salam Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kaum muslimin dimanapun anda berada di sekolah dasar tahfidul Qur'an Madina Islamic primary school adalah sekolah penghafal Alquran tingkat SD di bawah Yayasan amal Abadi Indonesia yang dibina oleh Ustadz ammi Nur baits hafizhahullah di Sleman Yogyakarta saat ini pembangunan sekolah dasar tapi berukuran Madina Islamic Preschool tahap pertama telah mencapai penyelesaian lantai tiga dan lantai atap gedung kebutuhan dana untuk penyelesaian tahap pertama sebesar 346 juta 400 Rp95.000 kami mengajak kepada kaum muslimin untuk bekerjasama dalam mencetak generasi Qurani yang berakidah Shahih dan berakhlakul karimah dengan memberikan donasi terhadap pembangunan sekolah ini semoga Allah ta'ala membalas kebaikan Bapak Ibu sekalian dengan balasan yang lebih baik washallallahu ala nabiyyina Muhammadin wa ala j&w shohbihi Wa Sallam Mualif Lau pun Syaikh Muhyiddin Wow hai woi gym Alhamdulillah Selanjutnya kami persilahkan Bagi anda yang mau bergabung Assalamualaikum Waalaikumsalam warahmatullah silahkan ingin bertanya PAUD sangat I Max silakan saya melatihkan agar kerjasama Hai untuk pembelian barang Hai kemudian karena saya memperlakukan memerlukan barang tersebut saya menitip pesan Nanti saya ikut membeli barang tersebut Hai dengan harga normal atau harga pasaran Apakah itu diperbolehkan vaud Hai jadi Coba saya ulang ya Anda bekerja sama dengan a Oh iya untuk beli barang-barangnya berubah apa misalnya kayu-kayu dan ibu sendiri juga butuh kayu itu Iya akunya kan mengolah untuk bahan kusen Oh gitu baik Iya Terus Yang pertanyaan yang kedua posted Hai baik silahkan kalian menghutang mengutangi teman untuk membeli barang Hai kemudian saya ikut membeli barang tersebut dengan harga normal Apakah diperbolehkan pak ustad disalatkan enggak ya pertamanya Ada persyaratan Hai tetapi persyaratannya nggak mengikat Pak Ustad Kalau yang kedua Hai yang memberi utang tadi yang menghadap persyaratannya juga tapi nggak mau ikut juga terserah yang punya barangnya mau jual sama aku nggak papa sama orang lain juga nggak apa-apa pak ustad kayak gitu Anda memberi utang agar orang itu beli barang lalu ibu ya mensyaratkan mudah manfaatkan ikut memberi Aku punya tips anaknya ikut beli ya kayak gitu Bye bye Hai dengan harga normal I like juga pernah Makasih Pak Ustad jontaku mohon er assalamualaikum warahmatullah wa'alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh baik hai eh coba saya jawab yang kedua dulu ya kemarin kita sudah mendapatkan satu kaedah yang itu kita simpulkan dari sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam lahir Lu salah volume by la yahillu Salaf on midwifery Hai wabai on Hai tidak halal utang digabung dengan jual-beli sehingga utang plus jual-beli kemarin sama dengan nama Hai sama dengan riba hutang plus jual-beli termasuk diantara bentuk transaksi riba yang dinyatakan oleh para ulama sehingga kalau a6000 utang ke bank senilai Hai kemudian b&b akan membeli barang dengan uang 10 juta itu B melakukan transaksi jual beli barang dengan C misalnya jual beli apa kayu tadi lalu saya mengantarkan kayukebek kayu a&a mensyaratkan saya harus beli kayu ini ke kamu maka ini sama dengan menggabungkan utang dengan jual-beli Hai ane pakai sarat masalah harga terserah Aku mau pakai harga normal maupun tidak normal selama pokoknya ada syarat seperti itu enggak boleh Hai ikan ini dalam rangka untuk satu dari ah untuk mencegah terjadinya eh apa terjadinya potensi riba Hai sehingga dilarang semuanya Hai yang kedua kalau anda melakukan jual-beli ini di luar utang tidak ada persyaratan sehingga Anda ngasih utang ke bank senilai 10 juta saya udah dibiarin aja Hai nah kemudian diusut waktu anda belanja membeli barangnya B boleh-boleh saja Hai sehingga disini saat dia sudah kulaan kayu Hai kemudian ibu datang ke b saya beli ini beli ini beli ini tapi itu tidak pernah dinyatakan dalam transaksi utang sehingga terpisah antara utang dengan jual-beli utang sendiri jual-beli sendiri dan itu terpisah Hai ini jual-beli dilain waktu terpisah Hai karena terpisah maka Insyaallah tidak termasuk praktek menggabungkan utang dengan jual-beli terpisah dengan jual-beli kalau seperti ini diperbolehkan Jadi intinya utang tidak boleh digabung dengan jual-beli Dimana keberadaan jual-beli ini dijadikan sebagai syarat utama nah boleh enggak dalam kerjasama dilakukan seperti itu insya Allah tidak masalah dan Sekali lagi selamat tidak jadikan sebagai syarat sehingga kerjasama di antara a dan b + c masing-masing 100000000 123 sama 100000000 ini sama pulang 100000000 perkumpulan nilai ini dipakai untuk beli mobil Hai kemudian mobil ini direntalkan rental buka rental mobil Hai Ah boleh nggak sewa mobil itu Hai saya mau saya mobil ini ah sewa Hai boleh asal tidak jadikan syarat kalau jadikan saraf Hai saya mau tanam modal 100000000 dengan syarat saya nanti boleh sewa Hai kalau kayak gini jangan nggak boleh karena jadinya menggabungkan dua akad dalam satu akad yaitu akad musyarakah knalpot racing digabungkan dengan akad hai ijaroh Halo gimana ini merupakan syarat dari akad yang pertama ini seakan utama Rp Hai yang ini akad saraf Hai dan seperti keterangan Ibnu qudamah rahimahullah dalam al-mughni menggabungkan dua akad dalam satu akar dalam arti ada dua akad dimana syarat dimana angkat kedua adalah syarat bagi akad pertama ini termasuk diantara syarat yang fasid kesepakatan yang pasien baik dan ini cukup sering terjadi di masyarakat kita Hai ada perusahaan yang dia membutuhkan kendaraan nah perusahaan ini biasanya tidak beli kendaraan kenapa nggak beli kendaraan karena nanti nilainya terlalu besar sehingga dia lebih sewa daripada beli hai lalu dipasrahkan kepada siapa kepada karyawan dan semuanya perusahaan ini butuh kendaraan untuk operasional karyawan itu misalnya Pak manajer atau direktur video yang terjadi Gimana Pak direktur menggunakan mobil pribadinya untuk diserahkan ke perusahaan lalu dipakai sendiri Oleh Pak direktur Jadinya apa jadinya dia memakai mobilnya sendiri tapi disewa oleh perusahaan baik peristiwa seperti ini masuk dalam kategori tadi menggabungkan dua akad dalam satu akad dan efek sampingnya jadi kayak gitu Pakai mobilnya sendiri tapi ini atas nama perusahaan ikan ini diserang oleh perusahaan dia sendiri yang berangkat ke Hai kemudian dia mendapatkan uang dengan menggunakan mobilnya sendiri baik karena itu akan lebih baik jika kemudian ini dilakukan secara terpisah jadi mobil ini ketika ABC melakukan kerjasama lalu mereka beli mobil kemudian direntalkan Ahok misalnya mau sewa selama tidak disepakati di awal tidak jadikan sebagai syarat sah-sah saja tapi kalau jadi syarat Saya mau tanah model asal saya sewa nah ini yang bisa jadi bermasalah wallahualam Hai metode hai hai Hai assalamualaikum Ustaz Waalaikumsalam warahmatullah knalpot sepeda enggak jadi ah Paul Bagaimana hukumnya ketika kita membeli tanah kavlingan pada seorang developer tetapi ketika lunas tanah itu tidak bisa diambil karena ada masalah lalu pihak developer berjanji menjanjikan mengembalikan uang yang telah diberikan tetapi Hai pengembaliannya itu molor beberapa tahun Nah apakah pengembalian itu juga Hai sesuai dengan nilai nominal uang atau dengan nilai nominal harga tanah yang telah naik setelah beberapa tahun sejak Allah air state Mazmur heran baik yang kayu pahami disini terjadi pembatalan akad Hai dan kesalahannya adalah kesalahan developer Sebelumnya kami ingin Ingatkan ya karena ada dua orang yang sudah mengalami itu dan dua-duanya teman dekat saya salah satunya kru NB yang satu lagi orang luar Jawa ndak developer kadang main curang dengan notaris developer kadang main curang dengan notaris mohon di hati-hati ini doa mungkin silakan video ini Nanti dipotong sebarkan ke yang lain developer sangat mungkin main curang dengan notaris Gimana caranya mereka kerjasama Konsumen akan merasa yakin kalau kemudian developer sudah menghadapkan konsumen itu ke notaris kita melakukan akar didepan notaris mungkin dilakukan apa perikatan jual-beli ya PCB belum Ajib perikatan jual-beli lahan sudah ada Hai tapi lahan itu gini developer membeli sebuah lahan dari pemilik di bayar DP Anggaplah 30% senilai 300juta tegalan 1 M dijual 300juta di dibeli dengan dp-300u Ta Sudah setelah dibeli dengan harga 300 juta seperti Hai pihak pemilik lahan ya pemilihan mempersilahkan developer untuk menjualnya karena kalau ndak dia nggak bisa dapat duit untuk melunasi oleh developer dijual dengan harga yang sangat murah per meter normalnya misalnya 2 juta dia jual satu setengah juta laris banyak orang tertarik akhirnya absen daftar yang hanya tersedia Misalnya ini hanya cukup untuk 10 Kavling dia bisa menerima 20 konsumen 30 konsumen dengan kavling yang sama karena enggak kelihatan ini punya siapa yang punya tanah lo sini ada dan itu belum di SketchUp belum dikabari Ngaglik tapi ini hanya cukup untuk 10 kavling dijual kepada 30 orang dengan harga 150juta transistor Hai jadinya dia untungnya kita nanti itu dia bisa dapat duit banyak lalu menghadap ke notaris PJB perikatan jual-beli menghadapi konon BJB perikatan jual-beli uangnya masuk kerekening developer begitu masuk ke rekening developer langsung dia pindahkan ke yang lain pindahkan ke rekening istrinya saudaranya atau apa sudah diwujudkan tanah yang lain di daerah yang lain nggak bisa dikejar Hai baik begitu dikejar oleh para konsumennya ternyata tanah itu tanah Hai oleh pemilik pertama oleh pemilik tanah Karena Anda bisa melihat developer diminta ganti rugi pelanggan Hai kembalikan duitnya Hai dikembalikan lah duitnya senilai 300juta kepada developer dan developer sudah tidak diizinkan Lagi menjual tanah itu sudah karena itu kembali lagi menjadi milik pemiliknya developer sudah enggak bisa menjual lagi terus gimana konsumen-konsumen terlantar semuanya terlantar PJB bisa dipakai apa developer dilaporkan dia Ketangkap masuk penjara sekian tahun bebas dia sudah punya aset penipuan seperti ini cukup sering terjadi dan mohon di hati-hati karena itu kalau tidak kenal dengan developer sebaiknya jangan dilakukan transaksi dulu sampai Anda punya penjamin dan jangan terlalu percaya dengan notaris sampai Anda kenal dengan notaris itu ini mohon untuk di hati-hati dan sampaikan kepada kaum muslimin yang lain karena saya melihat ada dua orang yang jadi korban dan aparat kalaupun berhasil menangkap Developer Oh yes proses hukum biasa begitu dia dipenjara dan dia masih punya apa dia punya masih punya banyak kekayaan yang lain ya kita tahu sendiri proses disini akan bisa mempercepat dia keluar dan seterusnya tergantung dari nilai uang yang akan dibayarkan sehingga Mohon untuk diwaspadai untuk trik seperti ini Nah selanjutnya selanjutnya kalau terjadi seperti yang tadi disebutkan developer sudah berjanji akan mengembalikan Tapi dia nggak punya uang Hai Terus bagaimana Hai anda silahkan beli waktu tumbuh jika memang Anda mau untuk menunggunya dan tidak ada aset yang bisa untuk diambil dan nanti kalau terjadi inflasi dengan perubahan nilai yang cukup signifikan maka dikonversi ke emas bukan ke harga tanah tapi Kakbah ke emas karena keadilan itu oleh para ulama mereka menyampaikan rujukannya adalah emas bukan tanah karena kalau tanah itu relatif di daerah tertentu tanah jadi mahal gara-gara apa ada info ibukota mau pindah Hai di daerah yang lain tanahnya murah Kenapa ada info disitu rawan gempa bumi Hai sehingga mahal dan murahnya tanah kan tergantung posisi di Bantul sekitar tahun 2006 Masya Allah harga tanah itu jatuh karena terjadi gempa bumi Jogja yang cukup besar itu dan yang paling banyak terdampak adalah daerah Bantul tanahnya itu jatuh Hai dan disaat yang sama Sleman bagian utara tanahnya juga jatuh karena Merapi Sering dipeluk Oh begitu kondisi normal naik lagi dan kenaikannya cukup drastis Hai Makanya kalau dikembalikan kepada harga tanah ini sifatnya relatif karena terpengaruh dengan Kondisi apa Kondisi alam bisa juga karena masalah informasi di tempat ini akan dibangun sebuah kampus Oh begitu informasi itu datang harga tanah langsung masuk naik waktu bandara Baru Jogja dipindahkan ke daerah Temon Kulonprogo Jogja bagian paling barat langsung spontan harga tanah di situ langsung pada naik ada itu baru Land clearing baru pembukaan lahan itu langsung harga tanah jadi padat naik Jadi tergantung nilai keramaian makanya seperti ini tidak bisa dijadikan sebagai acuan karena tidak stabil berbeda dengan emas Karena Mas kan kebutuhan sedunia sehingga nilainya cenderung lebih apa ya lebih relevan dalam masalah kenaikan dan seterusnya karena itu tidak dikembalikan kepada harga tanah Tapi dikembalikan ke emas jika sifatnya adalah utang wallohu'alam I Max silahkan Hai assalamualaikum Ustaz Waalaikum salam warahmatullahi tanya Apabila seseorang akan memberikan zakat mal kepada orang yang parkir Apakah harus mengatakan pada berikan zakat mal ini ke kamu Arab diterima atau diberikan langsung saja tanpa bilang apa-apa langsung ditransfer ke rekening orang tersebut itu aja Ustad ada pertanyaan kedua ustad baik silahkan apabila ada seorang wanita yang wafat dia hanya mempunyai seorang anak angkat laki-laki anatomi wanita ia anak angkat suami wanita tersebut sudah wafat kedua orangtuanya juga sudah wafat Hai ke dia mempunyai Kenapa saudara gendut saudara dia mempunyai saudara lima orang kartu laki-laki empat perempuan tapi si wanita tersebut waktu masih hidup dia menulis surat wasiat bahwa semua hartanya diberikan kepada anak angkatnya Bagaimanakah dengan hotel tersebut Apakah dia berdosa Ustad hanya itu aja sekali jasa-jasa kulo hairon Assalamualaikum Waalaikumsalam warahmatullah Hai terkait pemberian zakat Apakah perlu memberitahu kepada penerimanya Ingatkan saya tulis disini menyerahkan zakat kep ia menyerahkan zakat Apakah perlu memberitahu kepada penerima rinciannya ada dua yang pertama Anda serahkan ke lembaga yang membantu penyaluran zakat Misalnya Anda serahkan ke yayasan amal abad Indonesia yang juga bisa menyalurkan zakat atau ke yayasannya Ustadz Abdul tuasikal atau ke yayasan yang lain maka ini wajib memberitahu Hai wajib info kalau itu zakat Kenapa saya katakan wajib karena Lembaga ini menampung keuangan dari masyarakat dengan aneka ragam latar belakang ada zakat ada infaq ada sedekah bahkan ada wakaf ndak karena latar belakangnya beda-beda berarti perlakuannya beda agar bisa diperlakukan sesuai dengan porsinya maka anda harus memberikan info bahwa ini zakat sehingga nanti lembaga tadi akan menyalurkan ke arah yang tepat karena zakat telah diatur oleh Allah tidak boleh disalurkan secara sembarangan sehingga zakat tidak bisa untuk fasum untuk perbaikan jalan untuk dikasihkan ke orang yang sebenarnya tidak membutuhkan karena Allah telah menetapkan delapan asnaf yang berhak menerima zakat Hai dan di Yayasan kami ini yang paling kami hati-hati kalau ada orang yang tidak berhak menerima jangan sampai dia diberi zakat Hai yang kedua Anda menyerahkan zakat itu kepada penerima Hai dan anda yakin yaitu penerima yang sah Apakah ini wajib info jawabannya justru dianjurkan tidak memberi info justru dianjurkan untuk tidak memberi info baik sehingga jika Anda yakin bahasanya itu adalah penerima yang sah maka anda tidak perlu memberi info Hai ada keterangan yang disampaikan oleh para ulama Syekh ubaid al-jabiri Beliau pernah ditanya Apakah disyaratkan ketika memberi zakat kepada orang yang berhak harus menyampaikan ini adalah harta zakat kata beliau Lettu baliho dahulu firlatti Hai madama Anhu muhtajun yakni parkiran gak usah kamu sampaikan Hai Biarkan saja dia enggak tahu selama anda yakin kalau dia itu orang membutuhkan artinya dia orang fakir atau miskin atau goreng atau Ibnu Sabil yang merupakan asnaf taman Ia yang merupakan delapan golongan yang berhak untuk menerima zakat Neng dan ada keterangan dari Imam Ahmad bahwa Beliau pernah memberikan zakat Apa ada orang bertanya kepada Imam Ahmad apakah ketika menyerahkan zakat wajib memberitahu atau Muhammad kenapa kamu harus membuat sedih Orang itu biarkan dia enggak tahu sehingga lebih baik Tidak diberitahu daripada memberitahu Hai kecuali kalau masih meragukan Hai sehingga disini kalau penerima Hai jika Anda yakin Hai yakin berhak orang itu yang Anda yakin orang itu berhak maka tidak perlu memberitahu Kau tidak perlu info Hai Biarkan saja enggak usah diinfo Hai yang kedua kalau Anda masih ragu-ragu Apakah dia berhak kep Hai sehingga dilihat dari penampilan luarnya kayaknya nggak mampu Cuman kan kita nggak tahu dia nih jangan-jangan punya kemampuan maka disini perlu tanya hai hai Hai kalau nggak tanya Anda bisa sampaikan ini zakat Kalau jenengan merasa menerima merasa berhak menerima silahkan diterima dan Kita kan nggak tahu bagian Fatin orang ini akhir maksudnya adalah berapa simpanannya berapa jumlah istrinya kan kita nggak tahu ini enggak tips diskip Ya berapa.sim nanya berapa tabungannya kita tidak tahu Hai karena kita tidak tahu maka melihat dhohirnya dan kalau kita masih ragu sampaikan ini zakat Kalau anda merasa berhak Silahkan diambil kemarin biaya San kami SMA Laban Indonesia juga menyalurkan zakat ke beberapa orang yang statusnya Hai Nah kita sampaikan ke mereka ini zakat Kalau jenengan merasa berhak anda merasa berhak silahkan dibawa tapi kalau tidak merasa berhak Ya nanti bisa disalurkan ke yang lain yang berhak alhamdulillah ada sebagian yang mengatakan saya kok rasanya berhak kita Anda bisa melakukan audit coba cek tabungannya itu bukan hak kita karena dalam hal ini al-khoir hukum itu berlaku dari penampilan luar terlihat Hai dan ada juga yang mengatakan saya merasa nggak berhak baik kalau begitu titip Tolong sampaikan berikan kepada yang berhak Hai sehingga kita juga dibantu untuk menyalurkan melalui beberapa orang yang kita berikan zakat dan dia merasa tidak berhak lalu disalurkan kepada fakir miskin di sekitarnya wallahualam Paimin alam kemudian tentang anak angkat Hai McDonald's seperti yang kita tahu bahwasanya anak angkat tidak berhak dapat warisan Karena sebab warisan itu hanya ada eh hanya ada dua ya atau ada tiga Yang pertama adalah karena nasab yang kedua karena pernikahan yang ketiga karena wala Hai hanya tiga ini sebab orang bisa mendapatkan warisan baik dan tidak ada sebab mendapatkan warisan karena istilhaq Hai mengadopsi anak kemudian dianggap sebagai anak kandungnya atau anak angkat Hai karena itu untuk kambing2 lisan karena anak angkat maka ini tidak berlaku sehingga kalau boleh saya gambar hari ini ada a-plus ba2 my meninggal duluan tinggal b punya anak angkat saya kasih garis putus Sei tapi B ini punya lima saudara mi5 saudara satu lucky4 perempuan baik kemudian B memberikan wasiat disini B ngasih wasiat berlakukah wasiat ini karena saya bukan ahli waris wasiat berlaku Hai saya bukan ahli waris wasiat berlaku Hai baik tapi kita punya ketentuan wasiat itu maksimal bener tandanya gini ya sepertiga dari total harta ini memang kurang atau sama dengan seperti tak maksimal sepertiga sehingga sisa 2/3 itu menjadi hak ahli waris ahli warisnya siapa ya saudara-saudaranya mayat tadi karena itu anak angkat hanya berhak menerima sekian Hai kecuali jika seluruh ahli waris pun setuju sepakat haknya ini tidak diambil Karena luasnya lebih dari sepertiga kembali kepada persetujuan ahli waris Hai sehingga diposisi ini jika always tidak setuju 2/3 ini adalah ahli waris nanti dibagi ke seluruh saudara Hai dibagi Hai ke saudara mayit dengan porsi Pembagian dua banding satu tadi ada lima saudara satu lagi empat perempuan berarti dibagi enam ya hai satu lagi empat perempuan berarti 2/3 dibagi enam sama dengan 2 per 18 Nah untuk saudara laki-laki mendapatkan Saudara laki-laki dapat 4/18 berarti bapak Hai untuk masing-masing saudara perempuan dapat 2/18 sepersembilan a b Nanti totalnya jadi 10 ke mudian mau di seragamkan ya berarti Hai anak angkat anak angkat kemudian saudara laki-laki saudara laki-laki terus saudara perempuan ini Oh ya betul seperti gaya ini 2/9 yang ini MP3 total warisan dibagi Hai demikian yang bisa kita bahas semoga bermanfaat must Allah ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi washohbihi wasallam wa akhiru da'wana Anil hamdulillahi rabbil alamin subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaih Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh