Tampilkan postingan dengan label Muhammad Nuzul Dzikri. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Muhammad Nuzul Dzikri. Tampilkan semua postingan

Kamis, Januari 20, 2022

Nasihat Bagi Umat Islam

489. NASIHAT BAGI UMAT ISLAM | Riyaadhush Shaalihiin

489. NASIHAT BAGI UMAT ISLAM Riyaadhush Shaalihiin BAB 22 | Nasihat Hadits 186 | Hadits Abu Ruqayyah Tamim -Radhiallaahu 'anhu Dari Abu Ruqayyah Tamim bin Aus ad-Dari -Radhiallaahu 'anhu, bahwa Nabi ﷺ bersabda, فَالأَوَّلُ : عن أَبِي رُقيَّةَ تَميمِ بنِ أَوْس الدَّارِيِّ رضي اللَّه عنه أَنَّ النَّبِيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ: « الدِّينُ النَّصِيحَةُ » قُلْنَا : لِمَنْ ؟ قَالَ « للَّه وَلِكِتَابِهِ ولِرسُولِهِ وَلأَئمَّةِ المُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ » رواه مُسْلم . "Agama ini adalah nasihat ." Kami bertanya, "Bagi siapa?" Beliau menjawab, "Bagi Allah, KitabNya, RasulNya, para pemimpin kaum Muslimin, dan kaum muslimin secara umum." (HR. Muslim) assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bismillahirrohmanirrohim Alhamdulillahirobbil alamin wabihi nasta'inu ala umuriddunya waddin Hai nahmaduhu wanasta'inuhu wanastaghfiruh Wa na'udzubillahi Min sururi anfusina mobil saya di al-madinah menjadi hilang oval mobil nah memanggil beliau hadiah Shadow lailahaillallah wahdahula syarikalah I wanna muhammadan abduhu warosuluh oleh nabi-nabi dan wali-wali sallim Alaa nabiyyina Muhammadin wa alaa aalihii wa shahbihii momen sakral nahdiyin obat hadirin Allah muliakan hamdulillah kita bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas segala nikmat yang Allah berikan kepada kita khususnya nikmat kesempatan untuk belajar dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat Hai Karena itulah kunci kebahagiaan di dunia maupun di akhirat bahkan Itulah salah satu tujuan Hai diciptakan di alam semesta ini atau langit dan bumi ini Allah berfirman tentang penciptaan langit dan bumi dan segala isinya tidak lemu and now loh akhlakul Yin tozier wawloh kode khosyi'in rilma Translate tolong ayat 12 lalu mengatakan tolak ciptakan semuanya agar kalian punya ilmu itu bahwa Allah itu maha berkuasa atas segala sesuatu dan ilmu Allah itu mencakup segala sesuatu Jadi bukan hanya kunci kebahagiaan ini tuh tujuan penciptaan Hai itu yang dikatakan para ulama jadi tujuan penciptaan kita itu atau agar punya ilmu-ilmu tentang Allah ilmu tentang kekuasaan Allah Hutabarat wa taala dan ilmu Allah itu sangat luas saat ini maka Jangan sampai salah dalam hidup kita dikasih hidup puluhan tahun tapi enggak ngerti dan tidak mengerjakan tujuan dari penciptaan tersebut Hai Oleh karena itu maka marilah kita bersyukur kalau kita diberikan kesempatan untuk Hai belajar dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat sebagaimana hadirin perkuat sahadat yang kita jaga tauhid kita dan berusaha mengikuti rosulillahi shollallahu alaihi wasallam dan juga perbanyak shalawat dan salam kepada beliau Allahumma sholli wasallim wabarik wanaimuha Ronaldinho Muhammadin wa'ala alihi washohbihi waman sara al adzim ihsanin ilaa yaumiddin hai hai Hai hadirin Allah muliakan Ayo kita akan Hai menyelesaikan dengan pertolongan Allah subhanahuwata'ala Hai hadits Tamim ad-dari yang dibawakan imam nawawi rahimahullah Adin yang sangat penting Hai yang menjelaskan tentang esensi dari agama Islam itu sendiri yang menjelaskan apa sih Islam itu Halo ada orang nggak ngerti Islam berpikir Islam nih keras Islam itu radikal Hai Islam itu ada yang bilang teroris Hai nah marilah kita simak dari Hai utusan Allah subhanahu wa ta'ala yang membawa Islam itu sendiri yaitu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan lebih soshum bersabda addinu nasehat agama itu sebuah nasehat hadirin dan nasehat yang dimaksud adalah kejujuran ketulusan keikhlasan lalu eh merajut hubungan baik dan menginginkan kebaikan kepada setiap orang Nah itu Islam hadir The Spirit memberikan kebaikan itulah Islam itu sendiri hai hai Hai ketulusan dan keikhlasan itulah Islam itu sendiri jadi kalau mau bicara tentang Islam langsung lihat Bagaimana utusan Allah nya menjelaskan tentang Islam Hai kadang kan seringkali kita nih sebagai umat Islam kita kita enggak bicarakan orang lain ya kita ini itu masih sering gagal dalam mencerminkan agama kita itu sendiri hai hai Hai lirik mungkin sebagian orang menyimpulkan Islami tutup keras dalam makanan kitanya keras hadiri hai hai Hai Jadi kita ini Hai Kak terkadang buat terkadang yang sering tuh membuat orang tuh salah persepsi Hai maka marilah kita perbaiki diri kita Hai dan sekali lagi bicara Bank Islam Islam itu adalah ketulusan kemurniaan keikhlasan semangat untuk merajut hubungan baik berbuat baik kepada semua pihak yang hai lalu Hai semata-mata dilakukan karena Allah subhanahuwata'ala Hai hadirin Allah muliakan Hai lakukan lebih Sallam Ditanya itu nasehat bagi siapa lalu lebih Sallam menjelaskan tuh bagi Allah bagi kitab Allah Subhanahu Wa Ta'ala kitab suci Alquran Nul Karim lalu bagi Rosululloh shallallahu alaihi wasallam dan rasul-rasul yang lain lalu bagi immateril muslimin pemimpin umat Islam dan kita sudah jelaskan pemimpin itu pemimpin agama yaitu ulama dan pemimpin dalam kekuasaan bahkan sebagai mengatakan seluruh pemimpin disetiap bidang sebagaimana yang dituturkan oleh al-imam maaf misalnya ultimind itu pun masuk ke dalam bab ini Hai kalau yang terakhir HD dahulu yang kena set untuk bagi siapa sih dan sehat bagi wow nanti him seluruh mati Islam Hai jadi nasehat untuk seluruh masih sang nah jemaah yang memuliakan Hai jadi kembali lagi ke konsep kita nih jadi ketika Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam menyatakan kepada seluruh umat Islam maka yang harus kita resapi dalam hati adalah kita nih harus menyikapi umat Islam dengan baik cara merajut hubungan baik Hai dan menginginkan kebaikan untuk mereka dan sekali lagi itu semata-mata murni dan tulus karena Allah saya tetap Hai itu di atas jamaah Hai jadi kita tuh menginginkan Oh ya kita usah merajut hubungan baik hai hai hai hai ia berusaha memberikan yang terbaik menginginkan yang terbaik buat mereka dari ke semata-mata bukan karena kepentingan kita bukan karena ada hidden agenda hadir bukan karena ada sesuatu maka kita membutuhkan mereka kita baik baikin enggak hai hai Mbak tebing semata-mata itu murni Karena Allah Hai Dan kita mulai dari skuter kecil kadang-kadang tuh kita suka bicara besar tapi diskon terkecil aja kita tuh masih banyak PR betapa banyak diantara kita belum menerapkan nasehat seperti ini ke keluarganya Hai kau orang tua itu Hai baik baik-baik sama orang toko Lagi butuhnya doang yo yo a Hai kalau lagi butuh duit abaikan orang tua pengen dibeliin sepeda Hamid mijitin orang tua lama banget kita hai hai Hai aku tuh Kok kangen banget sama mama baru gitu Ma Aku pengen sepeda Maha itu jadi jadi bayarnya cuman kalau ada maunya doang itu bukan nasehat hai hai Hai banyak diantara kita itung-itungan Hai baik sama istri tuh kalau ada maunya doang aku hai ketuk nggak baik sama sekali hai hai Hai yang telah Hai atau Ayo kita itu sangat baik sama istri orang title patologis ekstrim kiri ya Allah itu muka kadang lebih nyebelin lagi apa ya tapi kalau sama istri orang ya Allah Apa kabar mbak bye gitu nah Hai helm Hai istrinya kan mikir gone nikah sama Azis lupa enggak pernah ditanya apa kabar baik yang ada kopi kopi kopi mana kopi-kopi ini kenapa pakai gula ya kan lu tahu laki lo masuk ke gula marah-marah terus Hai head hadirilah Hai dari ini tampangan walgita Hai katakan wa kita Hai ada juga Hai abang sama suaminya kenapa e-waste kalau sama suami suami orang Tebay deh Masya Allah hai hai hai hello Hai ditelepon sama suaminya dia lagi ketemu klien kamu tah pancen telepon apapun like friend tau gak Hai untuk lain kan Sony orang misalnya gitu ih masyarakat kita nih Kenapa nggak bisa baik sama suami Hai jadi kalau kita gagal dalam lingkungan terkecil gimana kita bicara lingkungan yang lebih besar Hai ibarat ibarat dunia matematika adil kalau satu tambah satu kita masih salah lu gimana mengkaji atau mengerjakan soal 4 kuadrat + 7 kubik ya ping sangat hadirin lah wong satu tambah satu aja bingung berapa 101 luas Oh saya salat istikharah dulu nusatama saat salat istikharah itu lo uh Hai bagaimana bisa ngadapin soal-soal yang lebih ribet Hai nah ini kalau kita nggak punya 6ch kepada hai apa namanya kepada orang-orang yang ada di Hai keluarga kita nih dilingkungan kita di temen kita Oh ya teman belajar misalnya hitato khas saat aja kerjaannya Gimana Anda bisa sukses ngadepin masyarakat hingga mungkinlah Hai teman-teman seperjuangan Anda aja tanda dengki in khas sate bagaimana dengan yang diluar sana Hai ini yang seringkali kita perlu camkan nah hadirin untuk memuliakan Hai langkahnya hai hai Hai para ulama itu tuh ketika menjelaskan nasehat kepada Hai mm masyarakat atau umat dan lain-lain dalam konteks Ade ini itu mereka itu berbicara cukup simple tapi jelek gitulah diri Hai apakah misalnya A5 motor Solo timin tentang hadits Ini kata beliau Wow nasehat Odia amatir muslimin beantworte balahum atuh ih polynosic engkau tuh menginginkan kebaikan untuk mereka sebagaimana engkau menginginkan untuk dirimu sendiri itu jadi hadis ini dikaitkan dengan hadits yang lain masih inget hadirnya layukminun ahadukum hat yai I hate him Bali akhirnya heboh linafsih tidak beriman salah seorang dari kalian sampai jabeng inginkan untuk saudaranya apa yang dia inginkan untuk dirinya sendiri jadi Bond simpel aja kita menghafal kita harus inginkan itu buat saudara kita dari kebaikan demi kebaikan Ayo kita Hai tursilo hamil al-khair wantah diomelin HP Ida bolu anu engkau mengarahkannya kepada kebaikan memberikan bimbingan kepada kebenaran Jika dia salah dan keliru hai lalu Ingatkan kalau dia lupa hai lalu jadikan dia saudara itu kan Makanya almuslim akhul muslim katanya bisa sandal hadits Bukhari Muslim itu saudaranya muslim Hai nabi kita juga Solo Sallam bersabda dalam hadits yang dikeluarkan maliobori ah ah al-mukminin Mukmin kalbunyani sudah maklum bahwa mukmin yang satu dengan nominal itu ibarat satu bangunan saling melengkapi saling mensupport satu dengan yang lain Hai itu hadirin Hai jadi ini tuh inti dari salah satu inti dari agama kita hai hai ia bahkan Nabi SAW juga bersabda dalam hadits Bukhari juga mangkal mukminin Fit Awards di motorhome ilmu ta'athuf ingin ke materiel jasadil Wahid perumpamaan orang-orang beriman itu dalam cinta dan kasih sesama mereka penyayangnya mereka satu dengan yang lain itu ibarat Sabtu jasa Fadri satu jasad Hai kalau jempol itu cedera Hai terluka Hai kira-kira si Kak ikut ke rumah sakit nggak ah itukan urusan sejempol biar diajak ke UGD aku mau istirahat pegal Habis lari pagi tadi kira-kira ada kakinya ngomong gitu ganda kageto ikut ke rumah sakit bayangkan jempol yang buat masalah kaki yang pegal dan kaki enggak pernah komplain 286 komplain enggak ada kaki keluar dari ug bilang ke jempol pokoknya gua nggak mau pulang lagi ya besok-besok lu aja gede kutu pegel tahu Kapankah bilang begitu Hai Kak itu baik banget Padahal direpotin sama Ayo kita akhirnya sebaliknya hadirin sekalian ketika sendal Vika eehto about sepatu si Kakek itu jebol Hai pengen tanya Si Jempol dan jari jari yang lain ikut pergi ke mal untuk beli sepatu barongan Hai itu kan Urusan Si kaki Hai ini maupun weekend aku mau tidur Kata Si Jempol dan teman-temannya 9 jari yang lain kan ga ada begitu hai hai Hai makan semua ikut repot ketika di toko sepatu Hai jempol dan jari jari yang lain megang-megang sepatu yang bagus gitu dipegang-pegang kulitnya di apa dia mati dicek ada yang cacat atau nggak cepet Hai mulut pembantu juga dengan bertanya Hai ada files nomor 4 Hai buah enggak kita ada chest Nomor 47 apa nggak gitu kata-kata Oh ya Kak Katanya ada bisa dilihat ya Bahkan mulut itu berusaha cari harga paling murah buat si kaki dia berusaha nawar bisa kurang nih Itu barulah jelas-jelas Belinya di mal tetep aja demi yang terbaik buat si kakine ditawar Hai gitulah Hai walaupun bikin makhluk Hai lagi tapi tetep aja ditawarkan masih mulut Hai sedang setelah terjadi perdebatan karena si tukang sepatu bilang nggak bisa kurang lagi Hai akhirnya dibeli juga Hai dan semua persembahkan buat si kaki Solo dan mulut mulut enggak pernah iri kalau yang pakai sepatunya kan gua dari tadi and awal harusnya sesuatu nutupin bibir gua dong kan enggak harga jadi hadir itu kan Ya Allah itu nabi Salsa mengatakan karena tahlil jasadil Wahid seperti satu jasad kita di kebanyakan hanset jadi kita ngikutin ajaran yang siapa sih kita juga bingung nih Emang nabi pernah ngajarin kita Asep hasut Hai kadang-kadang kita bingung Hai Um tetangga kita yang beli mobil mewah Kenapa kita yang jantungan Kenapa kita yang sakit hati Aku mau yang bayar pajaknya dia Kenapa gepeng sebel kadang-kadang kita nih suka aneh hadirin hai hai Hai and begitu ya Hai kadang-kadang tentang yang beli mobil kita yang ribut sama istri gitu kamu tuh nggak perhatian sama istri Jadi ini nah Nggak nggak cocok itu loh dengan ajaran yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam jadi nabi itu Solo untuk kasih-kasih konsep yang simple sederhana tapi itu dalam dan mewah hadirin seperti satu jasad ke Hai seperti satu jasad Hai saja orang tua Karimun support satu dengan yang lain Ayo kita itu terjangan kanguru Saint orang-orang di luar sana yang mungkin enggak kalimatnya enggak baik dan seterusnya Um sama orang-orang sekitar kita aja ribet kita ini enggak nasehat itu enggak Pulus ketika berinteraksi enggak murni enggak menginginkan kebaikan yang ada kepentingan kepentingan-kepentingan penular mau lama kita itu Hai itu hp-nya untuk bersih-bersih Adele Hai the mereka itu sudah sampai level Hai penasehat kepada orang-orang yang ingin mengalahkan Mereka ingin menjabarkan mereka dan punya niat buruk sama mereka kita hai hai Hai al-imam asy-syafi'i rahimahullahu ta'ala bukan mengatakan apa bisa dicangklong syiar menelepon aha dan alel goloba Ilal haqqi individu Hai aku tuh nggak pernah berdebat Hai dengan seorang pun juga dalam rangka ingin mengalahkan dia dah dateng hai hai ndak ada ik keinginan berdebat untuk mengalahkan orang tersebut hai hai kata-kata belum Hilal HP ini Setu berdebat atau berdiskusi Tom karena Hai saya punya kebenaran yang harus saya sampaikan terkait Oh gitu aja Adek nggak ada tendensi lain padahal kita atau dunia perdebatan itu secara umum di masyarakat itu adalah Ajeng menang-menangan Ajeng menyalahkan pihak lain dengan argumentasi dengan logika dengan retorika gitu loh Hai ternama Kan itu ada ilmunya ilmu menabrak tuh ada bagaimana mematahkan argumentasi lawan itu kan dipelajari hati ini Hai metode pelajari hai hai hai hai di mungkid aja belajar ilmu itu apalagi Imam Syafi'i rahimahullah belajar daripada ilmu-ilmu kan bukan apa-apa Bro Hai ulama itu berapa misalnya kalau harus nonton debat Apa itu itu bukan karena pengalaman atau best on experience atau skill itu ada ilmunya hai hai Hai mangkanya kalau kita misalnya saya Hai apa bisa kasih masukan ke guru kita atau di pesawat kita nih Kalau masih nggak ngerti enggak debat guru kita terus guru kita terima kasih jazakumullah Khairan atau [Musik] nggak menjawab itu porter.id guru-guru kita itu enggak ngerti Cuman mereka enggak mau gunakan ilmu mereka untuk menjatuhkan Anda aja Hai orang-orang yang belajar ilmu usul fikih yang sangat kuat ilmu nahu turun Taufik ilmu horor dan seterusnya kan mereka punya 1001 Cara buat ngelag hadirin yang ngasih Hai orang yang jago banget dalam masalah Nahwu ngelesnya kan gampang Hai Haza kitabun Mohon maaf Pak females misalnya Haza kita Banten Hai Ustad salah harusnya ada kita pun ke ilmu masih cetek nyalain saya ini itu khobar karena mahtuf takdir uh uh karena agak kitaban internet pada 5 lupa gitu Tapi kan itu mah gampang Hai muridnya pinggir ini mubtada khobar Haza kitaban salah prostat hantu nih ini khabarkan nama hantu orang menang deh Hai hanya kalau orang-orang punya ilmu tinggi tuh gampang keles nyala Hai gampang Hai Bisa dibalikin lagi Hai itu level-level zat kita kita atau Messenger gimana level Imam Syafi'i rohimahulloh Hai treble enggak pernah tertarik Oh mendebat orang agar menang-menangan tangga penetas telur Hai ini dalam rangka nasehat ingin yang terbaik Hai dan bukan hanya manusia Hai Azfa Roni itu juga mengatakan mano Bertuah dan Ilalang nasehat aku nggak pernah mendebat seseorang kecuali dalam rangka nasehat Hai kecuali menginginkan yang terbaik buat dia dan murni dan polos enggak ada kepentingan apapun Hai itu para ulama gitu Jadi mereka tuh menghadapi orang-orang ingin menjauhkan Mereka ingin mengalahkan Mereka ingin mematahkan argumentasi mereka tuh tetap Mereka ingin yang terbaik itu enggak terpancing itu level mereka pernah kalau mereka Mau balikin gampang mengingat Syafi'i rahimahullah Ta'ala Hai kelompok ilmu selesai gimana Nggak gampang ngebalikin argumentasi orang temukan itu Hai bukan itu poinnya Hai mungkin Ayo kita bisa menang di dunia tetapi kalau lekas Samiun Basir mereka tuh tauhidnya kuat-kuat hadiri mereka itu tahu ini tuh denger sebegitu Hai yakinnya untuk kepada Allah tu luar biasa Ayo kita akan seringkali tahu konsep tapi baru secara teori Hai pantainya masih suka baper lah emosi lah kesel lah gitu Hai ke mereka tunggu konsepnya saya bisa ngalahin mereka atap ikan ini dunia Hai nanti saya gagal mengamalkan hadits Mami tadi Nun nasehat yang apa-apa lah gitu loh orang mungkin menganggap saya kalah debat tapi saya sudah berusaha mengamalkan hadits-hadits Nun nasehat Allah Maha Melihat kelemahan mengetahui dan Nona Mungkin mendholimi hamba-hambanya ini karena hal-hal basic yang seringkali kita lupa Hai seperjalanan kehidupan kita yo yo Hai terkadang kita terima udah banyak gitu tapi hal-hal mendatar itu lupa di Bali itulah esensi dan inti inti dari agama kita Hai pintar hadinoto muliakan hai hai Hai makanya kan coklat sekalian Allah muliakan mereka tuh berusaha yang terbaik buat umat itulah yang membuat eh Abu Bakar as-siddiq menjadi manusia terbaik setelah para nabi dan rasul sebagaimana dikatakan bakar al-muzani Hai Bakar Al muzani mengatakan masa bakohumas Abubakar backup erotis pria mualaf salah Hai Abu Bakar itu tidak menyalahkan di seluruh umat itu dengan banyaknya puasa dan banyaknya salat Oh maksudnya Abubakar tuh banyak salat banyak puasa tapi para sahabat yang banyak shalat dan puasa juga banyak banget gitu hai hai Hai Abdullah bin Amr Bin al-'ash contohnya itu kan Mino body sahabat itu kan salatnya dulu Utsman bin Affan juga salatnya telur Biasa Bukan itu yang membuat Abu Bakar jadi rangking Hai walaupun salat dan puasanya juga sangat banyak I wanna qingyin Walk of Fame dari namun yang membuat Abu Bakar jadi rangking satu manusia terbaik setelah para nabi dan rasul Hai itu karena sesuatu yang menancap kokoh di dalam dadanya dan ulama mengatakan yang menancap dengan kode dalam Gaga Abu Bakar adalah kumpul loh World sehat lebih oke cinta kepada Allah dan anov pihak kepada makhluk-makhluk Allah hanya Bu bakar itu orang yang paling tulus Kalau berinteraksi dengan makhluk paling jujur kalau berinteraksi dengan manusia dari Hai paling baik dan paling berusaha memberikan kebaikan kepada orang lain Halo kamu bagus Senang banget kalau orang pun dampak kebaikan dan itulah Hai keinginan Dan harapannya kalau berinteraksi dengan kita semua ya tahu bakal adventif Hai dadah Affan sama Hai nada benci kecuali benci karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala bukan benci karena pribadi yo yo Hai metode diet Hai jadi kita nih ketika kita hijrah kita ngaji ketopo kita belajar-belajar Aduh Shaolin atau kita menghafal Quran belajar al-quran yang berpikir yang membuat kita berhasil itu sebatas hafalan kita ini buktinya Hai walaupun hafalan penting bukan Jangan pernah berfikir kita akan sukses ke depan itu Hanya Bermodal pemahaman kita yang tajam enggak Abubakar bukan menang Hai Dan unggul dari sisi itu full penyedot cerdas banget dan beliau hanya sangat kuat kan ulama sepakat umat yang paling alim itu Abu Bakar Hai walaupun hadits yang diriwayatkan enggak sebanyak Abu Hurairah Misan tapi yang paling alim Abu Bakar as-siddiq Hai jadi nasihat ini penting Adeline Hai kalian yang diterapkan oleh para ulama Hai abrahami membawakan ucapan Yahya Bin makan belum mengatakan marai Taylor rojulin Fatoni Nasa tartuhor mereka simak contoh yang lain kata Yahya dan makan aku tidak melihat hai seseorang atau aku tidak melihat Hai kok seseorang pun melakukan kesalahan Kecuali Aku berusaha menutupi kesalahan tersebut hingga sadar tuh Hai yang rusak ditutupin hai hai ia berusaha ditutup-tutupi hai hai yo yo ahbabtuk anu Zaina amruhu Hai Cinta Hai dan beliau menyampaikan bahwa Hai dan aku tuh ingin untuk menghiasi urusannya memperbaiki Hai Anis ada salah gimana memperbaiki Gimana Sabtu ingin memperbaiki kondisi dia ingin membuat ditambah baik membuat ditambah maksimal membuat dia tambah bagus kita loh hai hai hai hai Hai wama istac baltu rojulan view Ajie Bee Amrin yang roh uh uh Hai dan belum mengatakan Hai sendok pernah bertemu dengan seseorang hai hai Hi Ho Oh ya saya enggak pernah bertemu dengan seseorang eh dan saya membuat sesuatu atau saya membawa sesuatu yandina suka akhir-akhir kalau saya ketemu seseorang di wajahnya itu ya ketemu langsung orang tersebut Hai saya enggak ingin melakukan hal atau melakukan membawakan sesuatu yang tidak suka gimana Adek suka gitu senyum gitu Salam senyum tanya kabar punya yang nih orang Masukkan dengan lakukan Hai walakin Ubay 0hoto aku v5b ini bainakum Hai tapi aku tetap Jelaskan kesalahan dia simaba ini by namun dan itu private gak saya muka ke yang lain gitu jadi hai hai Hai Adina memuliakan hai hai hai hai Hai menutupi kesalahan orang itu bukan mendiamkan Hai bukan mendiamkan Hai tapi bbrr usaha menutupi kesalahannya membuat dia tetap nyaman ya dan mempermalukan Hai tapi di waktu yang sama tetep dikasih tahu salahnya dimana ini Hai dan itu private Hai hukum asalnya demikian Hai itu private file-file kau bila zadik Woi latar waktu hu hu hai hai Hai kalau diterima Alhamdulillah kalau nggak diterima yang sudah saya tinggalkan itu aja nyesel Hai ini kalau diterima sampailah Hai jadi enggak papa kita Anang Udah nasehatin Hai Tapi dia nggak mau dengar Hai tangga akan Tujuan kita bukan untuk menancapkan hegemoni kita Hai Tujuan kita kan bukan menunjukkan Bu kita lebih pintar dari dia Dan kita lebih banyak benarnya dari Dianggap Ayo kita kasih nasehat itu hai hai hai apa namanya dalam rangka yang terbaik buat dia di dalam rangkaian terbaik buat dia Hai jadi ditutup tuh airnya Hai tapi tetap dikasih masukkan seringkali kita kan udah enggak kasih masukkan dibuka di hadapan orang yaitu kita nih belum Papa belum menunjukkan Bu kita benar-benar mengamalkan adinun Hai agama itu pakai h Hai agama itu nasehat Hai itu banyak hadirin di kolom dalam isap hai hai hai hai hai Hai pernyataan ulama-ulama kita itu hai hai Hai aku ia benar-benar berusaha mengamalkan Hai hadits ini Hai dan berusaha hai hai Ia menginginkan kebaikan buat Hai semua orang hai hai Hai dan itu PR besar kita ngomong Hai enak Hai makanya kata para ulama' saya Hai al-mukmin yathlubu 5 air well munafik yang tergolong uyuba wal-mu'minun Salim mufakhkhamah yaitu hai hai Hai seorang mukmin itu hobinya itu cari unsur saudaranya kalau saudaranya melakukan sesuatu yang enggak nyaman atau yang kurang tepat atau kesalahan dicarikan buburnya Mungkin dia lagi lupa mungkin lagi khilaf Mungkin dia lagi banyak pikiran mungkin mungkin gitu Hai karena kalau kita buat salah kita ingin dikasih unsur sama orang lain gitu nasehatkan Adapun orang munafik itu hobinya cari-cari itu orang kata belum Wul munabbih wetblueberry ubah orang munafik itu hobinya cari-cari pakai orang cari-cari kesalahan orang Hai karena memang nggak ada tauhid Kak orang munafik hai hai ndak yakin oleh pernah melihat yang ketiga dicari-cari air tersebut Hai dan salah momen itu selimut faktor hatinya tuh bersih di dalam menyikapi hak Hai makhluk-makhluk Allah subhanahu wa ta'ala itu poinnya hai hai Hai Oleh karena itu hadirin memuliakan hai hai Hai jaga hati kitab dan terus berbuat baik kepada orang dengan penuh ketulusan kemurniaan kejujuran dan tentu saja semampu kita hadits Nabi Sakita eh apa nggak bisa kita Hai lakukan ini kepada semua orang artinya kemampuan kita terbatas tapi berusahalah semaksimal mungkin Hai bersalah semaksimal mungkin Hai misalnya kita pengen bantu orang yang susah bertanya orang yang susah di Jakarta aja berapa diri belum lagi di Jawa Barat Ayo kita Hai penuh keterbatasan pakai apa yang bisa kita lakukan lakukan Hai Dan lakukanlah dengan tulus dan ikhlas gila Hai lobaan Bishawab Hai m ini penting sekali ini salah satu Hai daftar dari dunia ilmu bahkan ini Islam itu sendiri dan kita penyampaian besar hai hai Hai untuk menjadi cermin hai bagi pihak lain tentang agama kita Hai dan yang paling dasar dari itu adalah ini untuk keselamatan kita sendiri yo yo Malayan Kauman wala Banun inilah Mengapa Wahabi config Salim di hari kiamat itu Hai tidak ada manfaatnya harta dan keturunan Hai kecuali orang yang menghadap Allah datang kepada Allah dengan hati yang bersih ditemuinya Hai ilmu kita banyak tapi hati kita kotor Hai itu akan jadi bumerang pada hari kiamat Saya rasa cukup sampai disini eh Ayo kita buka hai sedikit waktu untuk sesi tanya-jawab masalah-masalah Nabi Muhammad SAW hai hai the Pain hai hai Hai assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh Semoga Allah memberi mereka imam nawawi serta memperkaya Gustav dan keluarga juga murid-murid terdekat to start nge-lag semoga Allah mengampuni seluruh kaum muslimin Amin ya robbal alamin pusat Afan izin bertanya apa sikap yang perlu kita perhatikan sebagai seorang hamba ketika mendapatkan sebuah nasehat namun aset tersebut disampaikan tanpa mempunyai adab-adab yang baik Namun kita mengubah hal tersebut adalah kebenaran kita mengetahui hal tersebut adalah kebenaran Oh ya Nah Terima kasih atas pertanyaannya hadirin Eh Hai yang pertama di dalam memberikan nasehat tadi melesat ini berarti penasehat masukkan Artinya kita harus benar-benar menginginkan yang terbaik dan tadi la yu'minu ahadukum hat Yai nasi tidak beriman kepada seseorang sampai dia menginginkan untuk saudaranya apa yang diinginkan untuk dirinya sendiri coba kita diposisi dia Ayo kita salah kita keliru lalu Ada orang datang ingin memberikan nasehat kepada kita kita to ingin disikapi seperti apa sih hadiri ingin dimarahin dibentak-bentak ditumpahkan kalimat yang kasar atau kita dinasan di depan publik itu di sosial media Enggak kan kalau demikian sikapi orang dengan apa yang Anda inginkan untuk diri Anda sendiri Hai harus dengan Adam yang baik Ayo kita harus dengan adab yang baik Hai tertutup tadi tertutup Yahya Bin ma'dan enggak pakai sikap yang jinak suka itu Yahya Bin ma'in hanya Imam Syafi'i sendiri kasih nasehat kepada kita hadirin tamat nih Binus hacker viral di Hai itu berikanlah nasehat lo kepada aku ketika aku sedang sendiri Hai wajah nih Novi fatahillh jamaah dan hindari menasehati dihadapan banyak orang Hai di tempat umum jangan nasehati Aku di tempat wong kata Imam Syafi'i C nasehati aku di ranah publik kata Imam Syafi'i Vein dan Nusra bainannas sinetron Minato bikin aarushi merah karena menasehati dihadapan manusia di ranah publik di depan umum itu salah satu bentuk menjatuhkan bukan nasehat Hai itu salah satu bentuk mencela celaan bukan nasehat Hai dan aku tidak Ridha Mendengarkan nasehat seperti itu Hai aku tidak ada untuk mendengarkan naga kepala artinya ini nasehatnya salah Halo Penjahat salahkan orang ketika dia nggak terima nasehat kita ketika kita buka di publik Hai itu enggak Pulus itu yang sampai merata gak puluh orang kayak gitu The Method menjatuhkan mencela menelanjangi Hai itu menyerang Hai yang perlu kita camkan ini hukum asal saya lagi hai hai Hai kecuali kalau diundang saja baik banget Hai pelan-pelan santun baik tapi ini orang enggak mau dengar juga Hai lari yang kedua Pesan Nenek dia itu akan jemput Ih banyak orang maka pada pada saat itulah kata para ulama kita bisa menjelaskan itu ke pihak lain itu pun kata para ulama' saya Hai stepnya adalah jelaskan kesalahan tanpa menyebut orangnya Hai jadi custom YouTube panjang Adele tapi itu setelah dinasehati baik-baik santun seperti tadi Imam Yahya Bin Hai semangatnya bersemangat mensuport membantu orang ganteng Hai apa Hai saudara-saudara kita nggak bodoh adhered to kata-kata bisa baca kita nih Bulus atau enggak Hai seringkali terjadi masalah Ayo kita mulai dari diri kita hai hai Hai nah Hai sebaliknya Hai kalau kita dinasehati orang dan orang itu enggak pakai adem Hai orang itu enggak pakai Khattab Hai gimana sikap kita Hai tadi ini nomornya kamu Hai amalkan konsep nasehat juga nah sakit apa kemurniaan ketulusan Hai dan ingat nasehat itu bukan hanya kepada manusia Hai tapi enggak sehat juga kayak nasehat-nasehat pun kita taruh alis tadi nasehat bagi Allah nasehat bagi kitab Allah nasehat bagi Rosulullah Hai Shallallahu Alaihi Wasallam artinya ketika kita melakukan kesalahan hai lalu ada yang ngangkat dengan adab yang gak bagus Hai Walaupun ada nggak bagus tapi substansinya benar kontennya benar dan kebenaran adalah unsur-unsur Hai terpenting dalam membangun merajut Hai hubungan dengan Allah dengan Alquran dan dengan rosulillahi shollallahu wasallam kan itu pakainya Hai maka kita harus menerima nasehat tersebut Hai karena kalau kita Palm kebenaran itu karena buruknya adab Hai yang menyampaikan Hai makan kita Hai tidak menunaikan nasehat bagi Allah bagi kitab suci Alquran dan bagi Rasulullah SAW hai hai Hai jadi harus diterima Ustad iya Hai berat sama semua kita ngerasain Barat Hai X lokasi Tolong kalau teorema gampang bilangnya terima tapi prakteknya Ya Allah susah banget dan belum dan saya rasa kita akan bisa kecuali ditolong oleh Allah tapi itulah pujian Nadine ujian-ujian kejujurannya tuh disitu Hai ujian kejujurannya this into a ya kan tadi nasehat top bagi Allah kan butuh ketulusan dan kejujuran nasehat kepada bagi over butuh ketulusan dan kejujuran Hai atau buka-bukaan butuh lagi nasihat kepada nasehat bagi Allah Alquran Rasulullah ini adalah kejujuran itu sendiri dan ketulusan itu sendiri Hai dan ujian dan ketulusan dan kejujuran kita diuji dengan Hai Masukkan dengan cara yang tidak ada dan tidak baik Hai itu hujan kejujuran ketulusan dan keikhlasan Apakah Hai apakah kita merespon hujan ini dengan menomorsatukan kebenaran dibanding Hai perasaan kita Hai dibanding gengsi kita dibanding Marwah kita sebagai pribadi dibanding eh kenyamanan kita Hai atau kita mengedepankan kenyamanan kita perasaan kita Hai Marwah cinta di atas kebenaran Hai itu susah banget hadirin kalau semoga jaga cinta yang ini setiap susahnya minta ampun hai hai Hai Dan inilah ujian yang ada dalam habluminannas Hai inilah ujian yang ada di dalam hubungan sosial interaksi horizontal Allah berfirman dalam surat al-furqon ayat 22 Jahal nabrak 25 Line fitnatan atas Bireun waffenrock buka bashiroh dan kami jadikan interaksi diantara kalian fitnatan ujian diantaranya begini-begini kita diuji menomorsatukan kebenaran melalui sikap-sikap yang nggak pantas ya enggak punya adab yang nyinyir yang naiknya jodohin diri kita secara pribadi dan seterusnya Hai Olga Tan itu ujian-ujian apa atas Bireun sabar enggak ngedipin itu Logan Arok buka bacterial ya Allah alokasi penawarnya hadirin di penutupan Ayat tersebut wakana Robbuka basiroh rohmu maha melihat Hai itu yang membuat orang beriman atau lega banget dihiasi oleh lihatin dan orang akan dzolim kalau nggak akan sia-siakan pasti banyak hikmah karena oleh lihat Hai penyelam pentingnya iman dan tauhid kepada nama-nama dan sifat Allah hai hai Hai dari sini kembali kita katakan hai hai ini terjadi keseimbangan Oh iya memberikan masukan nasehat harus gunakan bahasa yang terbaik Hai bukan menang-menangan penuh dengan ketulusan dan pertolongan adapun yang diberi nasehat harus menomorsatukan kebenaran Sepahit apapun dan ingat hadirin di saat kita menolak kebenaran karena disampaikan dengan cara yang enggak baik dan yang enggak bagus dan gak bener nggak adap kasar MP4 Hai kalau kita tolak nasehat atau kebenaran yang disampaikan dengan cara seperti itu pertanyaannya Apakah kita bisa jadikan itu alasan pada hari kiamat di hadapan Allah Hai kan begitu Yang Hai dan kitab Hai dan yang kita pelajari dengan segala keterbatasan Hai ilmu hitam itu bukan Punggur di hadapan Allah Hai untuk kita menolak kebenaran tersebut Hai tapi itu ujian Apakah kita menomorsatukan kebenaran Hai atau kita lebih memilih Diego harga diri dan pribadi cinta Hai cowok mana kalau Kak atau file kewaspadaan Jose Jokowi wa Hai ini susah banget loh hadirin ini sangat Hai pertanyaannya berat banget sih hadirin sekalian Ayo kita ngomongin itu Ya Allah semoga engkau cita ya semoga enggak rezeki kita dengan apa yang kita ucapkan terus semoga ulang tolong kita kasih Taufik kepada kita Hai oleh para misro hai hai Hai assalamualaikum Ustaz Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh saya ingin bertanya mengenai sesuatu sudah sembilan bulan saya mengalami depresi berat karena satu dan lain hal Saya sudah berusaha Shalat Taubat shalat hajat shalat tahajud setiap hari bersedekah berpikir membaca al-quran shalawat berdoa setiap hari dan diwaktu setelah adzan setelah ashar lihat Jumat Tapi Mengapa pertolongan dari allah belum juga punjung datang untuk saya Bukankah Pertolongan Allah sangatlah dekat Apakah Allah marah dengan saya tapi Bukankah Allah maha pemaaf Saya berusaha memanggil Allah dengan nama-namanya tetapi oleh mendiamkan saya saya selalu berusaha berdoa setiap saat karena Allah menyuruh kita berdoa tapi kenapa yang saya mendapatkan selalu Cobaan bertubi-tubi seharus apalagi pak ustad jujur saya lelah dan gatal lagi harus apa Hai Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah makasih Polsek tersangka jawaban dari ponsel saya harapkan jasa welcome Alhamdulillah dihafal dan lima padahal memang talam ubi wafat organnya alat November anak-anak Eh oleh ketersediaan Hai hadirin benar enggak kalau enggak tolong kita atau penanya tersebut Hai yang Antum tangkap dari pertanyaannya apa yang saya bilang diawal Ya sudah sembilan bulan saya mengalami depresi berat karena satu hal dan lain hal Saya sudah berusaha sholat taubat Hai Jelly bekerja sama sudah salat Hai tahajud kan Hai sedekah belum Tingkir baca Quran shalawat berdoa Hai hebat hai hai hai kenapa nggak Tolong saya gitu ya Kok legimin saya hadirin Hai Kalau Taufik untuk salat untuk baca Quran untuk berpikir untuk shalawat ini bukan Hai sebuah pertolongan dan tidak dianggap sebagai sebuah pertolongan lalu apalagi yang namanya pertolongan hadirin Hai itsma pertolongan Hai apakah pertolongan itu hanya tentang uang Hai apakah pertolongan itu hanya sebatas kesehatan Hai apakah pertolongan itu hanya sebatas materi dan duniawi Hai larungan rokatal Fajri Khoirun minat dunia Mafia 2 rokaat salat sunnah fajar itu lebih baik daripada dunia dan seisinya hai lalu kita dikasih Taufik oleh Allah untuk salat sunat fajar kalau kita bilang nggak tolong kita bukan karena itu Sulton dengan Allah hai hai Hai Bukankah itu buruk sangka dengan alam hadirin Allah muliakan ini bukan Allah enggak tolong ini karena kita tidak mengerti apa makna pertolongan hai hai Hai hadirin yang dimuliakan Hai bukankah kau Hai banyak dokter yang memotong kangen pasiennya montong tangan hadirin atau motong kaki pasiennya hai lalu setelah pakai itu ciuman alih-alih ngamuk marah-marah sama to.doc Pak Dokter ataupun dokter karena telah memotong tangan dan kakinya justru media mengatakan Terima kasih dok jazakumullah khairon barokallahu fiikum Hai ini motong kaki motong tangan hai kenapa didoain jazakumullah Khairan Hai karena kita semua sepakat Itu adalah sebuah bentuk pertolongan Hai untuk menghindari hal yang jauh lebih parah lagi kan gitu jamaah hai hai Hai jadi yang membuat kita depresi sembilan bulan bukan ngomong apa sih pertolongan Tapi karena kita buruk sangka kepada allah halo halo kasih pertolongan tapi kita tidak anggap bahkan kita berpikir oleh diam Bukankah ini adalah sebab ke brantakan nya hidup masih ingat surat al-fath ayat 6 webdiver munafik Inul munafik Hot Wheel musyrikin musyrik AD Hai dan Allah akan modal menghadapi orang-orang yang munafik laki-laki dan wanita orang musyrik laki-laki dan wanita apa salah satu karakter dan sifat-nya Allah nih nabilahjkt48 angka kepada Allah buruk sangka hai buruk sangka itu membuat kita dianggap sama obat tidur yang maupun di akhir pekan karena masalah atau pujian itu Hai reforms angkanya tak berhenti sampai disini denda alaihim dheiro to show nge-lag akan mendapatkan giliran kebinasaan yang sangat buruk Wow tibalah Waalaikumsalam murka sama mereka Walah enak hukum dan Allah melaknat mereka gimana kita bisa tenang orang kita hidup dengan kemurkaan kemurkaan Allah dan laknat Allah wa dalam janda Bro persiapan jahanam usaha Prof orang dan itu tempat kembali yang sangat buruk Hai hadirin kalau Mulia kab Hai Coba Kita Renungkan deh hidup kita ini hai hidup kita ini hai hai Hai apakah konsepnya ibadah Hai sebagai sarana mendapatkan dunia Hai atau Hai ujian dunia sebagai sarana beribadah kepada Allah Hai kan begitu Hai Bukankah ulama kita mengatakan sebagaimana dijelaskan al-imam Ibnul qayyim rahimahullah bahwa orang-orang beriman itu Hai secara manafi ma Maknae itu yakin bahwa Ujian adalah sarana beribadah kepada Allah Hai ini badannya udah komplit nih udah sholat udah baca mana Ya Allah hadir ada orang tuh setengah mati bisa soalnya tadi nih hai hai Hai berapa anteng lalu these ketemu salah satu Ustad sepuh hadirin mantep uh uh Oh ya udah sakit yang cukup serius Hai dan sakitnya itu hadiran kalian itu dia harus salat itu duduk minimum ia tak bisa salat normal di dalam beberapa bulan kalau enggak duduk berbaring shalat beliau itu hafizhahullah hai lalu kondisinya mulai pulih beliau berusaha belum berhasil berusaha salah volume Rashid sampai sebuah hari saat itu beliau bisa salat Hai normal Hai kalau belum cerita ketika beliau sujud beliau nangis saat ini nangis lu bilang ke kita-kita ya Allah Hai Akhirnya saya bisa sujud lagi setelah beberapa bulan ini Hai hadirin banyak orang itu cita-citanya tuh bukan jadi sembuh hadirin banyak orang diluar sana itu cita-citanya itu bukan jadi orang kaya Hai ada banyak orang-orang Saleh wali-wali Allah diluar sana itu cita-citanya hanya bisa ingin sujud tangki kepada orang tua alamin Hai pasalnya parade nggak pengen apa boleh pen Suju Banyak job hai hai Hai Seto ada teman-teman hai hai hai teman-teman Hai boleh karena mereka ingin dipanggil teman-teman Tholib Hai atau orang nggak bisa melihat cita-citanya ada ingin melihatmu savanini Hai cita-citanya yang bisa membaca al-quran of kaleng Ya udah nggak nggak deket Ino pengen pengen punya rumah pengen punya mobil pengen punya beranda Hai itu Elsa tepung kita internet yang meningkat mulai inginkan hanya bisa sujud Hai lebih enggak pulang ini kita dikasih sujud setiap hari di masa bilang oh dia cuma Hai hanya karena beberapa hal Tolong kasih Hai editon belum tentu oleh Kasih Bukan karena bisa bersabda Hai bangun tidaklah seorang hamba berdoa tanpa ada unsur dosa dan silaturahim kecuali Allah kabulkan dengan satu dari tiga cara yang pertama Ayu Azila low-fat dunia Allah segerakan di dunia permintaannya yang kedua Ani Hani udah kholod simpan nanti diakhirat the land ketiga aneh Chevron hukum suami minum susu ini telah Allah palingkan bencana yang senilai dari permintaannya hai jangan-jangan ketika kita suku ton dengan Allah lalu kita merangkak Wagimin kita padahal di detik itu Allah sudah kasih kita istana di surga ya kalau nggak pasti kita di dunia Allah sudah kasih disorga eh kita Southern sama Allah Hai naudzubillah teman apabila Oleh karena itu istighfar kepada Allah tobat kepada robbal alamin dan teruslah ingat Muhammad terjun namun Insa illa liya'budun tidak lampu ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah Amelia tapi 56 aku lihat semoga penanya senantiasa dijaga dan diberikan Taufik oleh Allah untuk bisa menghadapi ujian ini dengan tepat dan semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan kejujuran kepada kita dalam berbicara dan dalam mendengarkan dan semoga Memberikan ilmu yang bermanfaat semoga terima amal ibadah kita syubhat madu sudah lailahaila Anta astaghfiruka otodidak salamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sabtu, Januari 15, 2022

Ayat Yang Begitu Berat Bagi Sahabat

417. AYAT YANG BEGITU BERAT BAGI SAHABAT -RADHIYALLAAHU 'ANHUM | Riyaadhush Shaalihiin

417. AYAT YANG BEGITU BERAT BAGI SAHABAT -RADHIYALLAAHU 'ANHUM Riyaadhush Shaalihiin Bab 17 | Kewajiban tunduk kepada hukum Allah, dan bagaimana sikap seseorang yang diajak kembali kepada hukum Allah dan diperintah kepada kebaikan atau dicegah dari kemungkaran Hadits ke-172 | Hadits Abu Hurairah Radhiallahu 'anhu Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'anhu, ia berkata عن أبي هريرة، رضي الله عنه ، قال: لما نزلت على رسول الله، صلى الله عليه وسلم : { لله ما في السموات وما في الأرض وإن تبدوا ما في أنفسكم أو تخفوه يحاسبكم به الله} الآية ((البقرة:284)) أشتد ذلك على أصحاب رسول الله، صلى الله عليه وسلم، فأتوا رسول الله ، صلى الله عليه وسلم، ثم بركوا على الركب فقالوا: أي رسول الله كلفنا من الأعمال مانطيق: الصلاة والجهاد والصيام والصدقة، وقد أنزلت عليك هذه الآية ولا نطيقها. قال رسول الله، صلى الله عليه وسلم: ”أتريدون أن تقولوا كما قال: أهل الكتابين من قبلكم: سمعنا وعصينا؟ بل قولوا: سمعنا وأطعنا غفرانك ربنا وإليك المصير” فلما اقترأها القوم، وذلت بها ألسنتهم؛ أنزل الله تعالى في إثرها: {آمن الرسول بما أنزل إليه من ربه والمؤمنون كل آمن بالله وملائكته وكتبه ورسله لا نفرق بين أحد من رسله وقالوا سمعنا وأطعنا غفرانك ربنا وإليك المصير} فلما فعلوا ذلك نسخها الله تعالى؛ فأنزل الله عز وجل: {لايكلف الله نفسا إلا وسعها لها ما كسبت وعليها ما اكتسبت ، ربنا لا تؤاخذنا إن نسينا أو أخطأنا} قال: نعم { ربنا ولا تحمل علينا إصراً كما حملته على الذين من قبلنا } قال: نعم { ربنا ولا تحملنا ما لا طاقة لنا به} قال : نعم {واعف عنا واغفر لنا وارحمنا أنت مولانا فانصرنا على القوم الكافرين } قال: نعم” ((رواه مسلم)). "Ketika turun ayat kepada Rasulullah 'Milik Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kalian menampakkan apa yang ada di dalam hati kalian atau kalian menyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kalian tentang perbuatan itu.' (Al-Baqarah: 284). Hal itu terasa berat oleh para sahabat Rasulullah*. Maka mereka mendatangi Rasulullah kemudian mereka berlutut seraya berkata, 'Wahai Rasulullah, kami dibebani amalan-amalan yang kami sanggup; shalat, jihad, puasa, dan sedekah, dan kini telah turun kepada Anda ayat ini, kami tidak mampu untuk melaksanakannya.' Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, 'Apakah kalian ingin mengatakan sebagaimana yang di-katakan oleh pengikut dua kitab sebelum kalian, 'Kami mendengar dan kami membangkang?' Tetapi ucapkanlah, 'Kami mendengar dan kami menaati. AmpunanMu yang kami mohon, wahai Rabb, dan kepadaMu tempat kembali.' (Al-Baqarah: 285).' Maka tatkala mereka membacanya dan lisan mereka telah tunduk kepadanya, Allah menurunkan sesudahnya, 'Rasul (Muhammad) telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (al-Qur'an) dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka rnengatakan), 'Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasulNya, dan mereka mengatakan, ' Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, wahai Rabb kami, dan kepadaMu-lah tempat (kami) kembali.' (Al- Baqarah: 285).' Ketika mereka melakukan itu, Allah Ta’ala menasakhnya, maka Allah menurunkan, 'Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), 'Wahai Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami, jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan.' (Al-Baqarah: 286). Dia berfirman, 'Ya.' ‘Wahai Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami.' (Al-Baqarah: 286). Dia berfirman, 'Ya."Wahai Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami pikul.' (Al-Baqarah: 286). Dia berfirman, ‘Ya.’ ‘Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkau-lah Penolong kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.' (Al-Baqarah: 286). Dia berfirman, ‘Ya’.” (HR. Muslim) assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bismillahirrohmanirrohim Hai nahmaduhu wanasta'inuhu wanastaghfiruh Wa na'udzubillahi Min sururi anfusina wa Min saya ada Amalina lebih indah oval mungkinlah Wow Laila Khana hadiah-hadiah Hai nasional lailahailallah wahdahula syarikalah wa Anna muhammadan abduhu warasuluhu la nabiyya ba'dah monopoli Wonosalam Agan nabiyyina Muhammad wa ala alihi washohbihi ajma'in Hai Fani Renu memuliakan hampir inilah Ayo kita panjatkan puji dan syukur kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas segala nikmat dan karunia Allah mereka Andana limpahkan kepada kita khususnya nikmat ilmu dan nikmat iman yang Allah berikan kepada kita hai nikmat yang membuat semua akan berjalan dengan mudah karena ditolong oleh Allah subhanahuwata'ala Hai cewek maka bersyukurlah ketika kita diberikan kesempatan untuk itu Hai Hai hadirin or muliakan hai hai hai lalu Mintalah ilmu yang bermanfaat allahumma inna Nas aluka Ilman Nafia Hai penemu lebih kami nazmin rayon frag Oh ya Allah berikanlah kami ilmu yang bermanfaat dan Lindungilah kami dari ilmu yang tidak bermanfaat Hai dan hadirin orang muliakan hai cek janda kerusakan tentang kita jaga tauhid kita kepada Allah dan komitmen kita kepada nabi kita shallallahu alaihi wasallam dan Perbanyaklah shalawat dan salam kepada rasul kita nabi kita Sayyidina Muhammadin Alaihi salatu Wassalam Hai hadirin Allah muliakan kembali bersama al-imam an-nawawi rahimahullahu Ta'ala the lounge hai hai e-blue Hai sebelum kita masuk ke hadits Abu Hurairah yang beliau masukkan ke hai hai Hai hadits yang penting buat kita kalau hai hai Hai hadirilah memuliakan hai hai Ayo kita langsung bersama hadiah tersebut ia berkata al-imam an-nawawi rahimahullahu ta'ala Semoga Allah merahmati beliau keluarga beliau dan Semoga Allah merahmati seluruh kaum muslimin Semoga Allah menjagamu bangsa dan tanah air kita kami robbal alamin belum menyampaikan wa Abi Hurairah radliyallahu taala Anhu dan dari Abu hurairoh Semoga Allah meridhai beliau Call of Hai Abu hurairoh menyampaikan di laman Azalea rosulillahi shollallahu alaihi Wasallam ketika Hai sebuah ayam turun ke Rosulullah Shallallahu Alaihi Wasallam hai hai Hai ayat apakah itu Hai ternyata hai hai Hai sayang dalam semua atau ayat dalam surat al-baqarah ayat yang sangat luar hai hai yang sangat populer hadirin sekalian hai hai di dalam surat al-baqarah ayat 284-286 Hai cara lillahi Ma fissamawati wama fil ardli waintubdu mafia amfusikum auto fuchsia bokong bihillah Hai kalau Ayahnya dan kelanjutannya lagi tak hanya zeronime Syahwa Ibu maysha Allah warna Collision Qodir Ya Allah berfirman hadirin sekalian lillahi Ma fissamawati wama fil Arc Hai dan hanya milik Allah enggak apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi Hai hanya milik Allah subhanahuwata'ala hai hai halo halo halo melanjutkan went to baju mafia amfusikum autovue versi bokong bihillah j&t Hai jika Hai kalian memperlihatkan apa yang ada di dalam hati kalian Hai atau kalian sembunyikan misteri ya Ya Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan menghisap kalian Ya Allah akan membuat perhitungan dengan kalian tentang perbuatan tersebut file-file lem Ayesha worldly bumiyasa bakal akan mengampuni Siapa yang Allah kehendaki dan Allah akan menyiksa siapa yang akan lagi omongan aku resign Qadir dan Allah maha berkuasa atas segala sesuatu Hai Hah Andien ngomongnya akan ketika ayat ini turun Ustad Dadi ke anak hari rosulillahi shollallahu alaihi wasallam kata Bu Hurairah hadirin ketika ayat ini turun ketika ayat ini turun maka para sahabat pun merasa berat Hai jadi Hal ini terasa berat hai hai berat banget gitu loh Bun celana kegalauannya hai hai hai hai Hi Ho Ya udah berarti rasa berantem Hi Ho hai hai hai hal itu dirasakan benar oleh para sahabat Hai manis disampaikan langsung oleh Abu Hurairah Oh gitu ini turun parah saat merasakan perang I am a hai hai akhir-akhir ini memuliakan kita lanjutkan hai hai Hai saat hal Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Hai maka mereka mendatangi Rasulullah Shallallahu e-class berat nih maka mereka mendatangi Rasulullah Shallallahu salam Hai cewek cuma baroko arogan hai hai halo halo bu mereka berlutut Seraya menyampaikan air Rasulullah Shallallahu OK Google Live mineral Mali menu Depok kita diberikan beban diberikan tugas Hai amal-amal yang bisa kita kerjakan yang sanggup kita kerjakan hai hai hai hai Hai seperti shalat jihad puasa Hai dan sedekah Hai itu tugas-tugas tersebut amalan-amalan itu Hamzah sanggup kita kerjakan Hai salat Hamlet kita sanggup kerjakan jihad hamil kita selalu kerjakan puasa hamdulillah kita fanuc kerjakan sedekah hamdulillah kita selalu kerjakan yo yo pokok fungsi Letra de kehamilannya tuh Lutino ha ha Hai namun telah turun semua ayat kepada engkau aerosol dan ayat ini enggak mampu kita kerjakan Ayo kita nggak sanggup kalau disuruh mengerjakan ayat ini t-shirt Hai oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Hai Andien Allah muliakan hai hai Hai jadi kata para kabar soal atau kita Hamzah Sanggup hai hai hai hai Hai orang puasa hamil kita sanggup Hai sedekah hamdulillah kita sanggup hai hai Hai ah tadi ayat ini kita nggak sanggup Hai ayat ini kita nggak sanggup hai hai Hai apa maksudnya there Hai ah ini maksudnya apa Hai apa sih yang yang membuat para kolektor langsung berat beban gelisah seperti itu Hai Emang anda itu ya ini dia menanam padi dalam ayat ini membuat mereka tuh sampai dateng Kalau Solo Solo Solo dan berlutut di hadapan lebih sama salah Hi Ho Hai penduduk dengan tumpuan lututnya obat mereka pas bilang yang sakit aneh bisa tangga puasa sanggup soalnya sanggup jihad takluk sedekah eh kita Enggak sanggup yang kayak begini hai hai ah ah ah Hai kira-kira apa hadirin Hai minus sama kita ya kita ane Baca ayat ini kepulauan kali santai-santai aja kita Hai santai-santai aja kita nih Hai Ameba Ustad ya kayaknya biasa-biasa aja Masya Allah a dream kit kita lebih hebat daripada para sahabat Hai ini kan ayat kita baca the lounge hai gernon Hai dan sering kita baca sering kita dengarkan j&t Pernahkah kita merasakan apa yang dirasakan para sahabat para shahabat nabi shallal gak nunggu puluhan kali Baca ayat ini lebih begitu diturunkan langsung perasaan itu muncul dalam hati mereka yo yo udah ratusan kami baca dan garam santai aja i mebat Hai toh ada masalah yang mau stuck logo ada masalah ya dapat Hai menyentuh ini memang tidak maqom hadirin Hi honey di Amerika itu generasi yang benar-benar beriman dan takut kepada Rabbal Alamin Hai orang yang bener-bener fokusnya itu bisa Hai beramal beribadah sedekah Hai dan mengikir kan akhirat Hai Aam kira-kira hadir Hai Hah ngapa sayang jadi masalah bagi mereka dalam ayat ini hai hai Hai jamaah sekalian maksud mereka itu di penggalan yang mana I went to Bandung Navy amfusikum outdoor kholbihi lah itu jadi masalah Hai itu yang benar-benar berat bagi mereka dan jika kalian Perlihatkan apa yang ada di dalam hati kalian jiwa kalian atau keadaan sembunyikan Hai niscaya Allah akan hisap semuanya Hai ulama mengatakan Wahabi Saudi Datsun alaihim ini beratnya minta ampun bagi mereka kenapa lah hayuti kuatnya menahan nafsu roamed tahap tuhadditsu hubbihi Medan umur illallahu shiba Alaihisalam siapa diantara kita yang bisa mencegah Hai hatinya atau jiwanya untuk bicara Hai tentang hal-hal perkara-perkara kalau dihisap kita hancur hadirin Hai siapa diantara kita bisa mencegah diri kita atau jiwa kita apa hati kita ketika melantur gitu tapi hanya sebatas bisikan-bisikan jiwa Hai mikir kemana-mana nrawang kemana-mana Hai kalau kita disuruh tidak mengungkapkan kalau mengungkapkan aneh di hisab Insyaallah banyak yang bisa tapi kalau outdoor furch cybercomm bihillah Hi Ho Hai kau tuh fuchs ibuku bihillah Hai atau kalian Ungu atau kalian sembunyikan Allah akan buat perhitungan [Musik] oleh akan hisab jamaah hai hai Hai Kenapa demikian karena didalam jiwa kita dalam hati kita ini banyak pembicaraan Mbak kan bisa jadi Tanpa Batas sana dan siapa lagi kalau bukan bisikan dari syaithon yang bermain bersama hawa nafsu kepada Hai Chevron akan datang mulyohadi itu vinaship biasa imun Kara Wima cetokan datang ke hati kita ganti manusia lalu dia akan bisik karena hal-hal yang mungkar temukan 12 dan bukan kemungkaran kecil-kecil saja kemungkaran-kemungkaran besar hai hai Hai adek hai hai Hai ataupun waminha mayo taala combination akan bicara tentang diri kita nanti bisa Tarakan ganteng uang tentang harta Hai lontong status Hai tentang ambisi-ambisi nanti bisa nomor siapa Maaf siap B Masih Hai macam-macam nih hai macam-macam hai hai Hai ingin itu ingin ini yang kalau ternyata hancur hai hai hai ketika anda ketika kita kecewa sama seseorang atau merasa disakiti seorang udah macam-macam yang ada dipikiran itu di k kesehatan kamu Gini aja kamu gini Company doa-doa Hai atau sebaliknya ketika kita menyukai seseorang itu bisa dibawa ke yang haram kalau syaiton jadi ketika kita gue chisora melampaui batas pokoknya macam-macam lah dalam diri Hai Oke kita suka sama seseorang dan itu enggak halwat kita udah pengen ngobrol pengen curhat pengen blablablabla Hai itu semua dibisikin HD Rap hai hai di sekolah ini Hai semuanya 12 hilalah seringkali enggak ada batas sudah hai hai Hai ada hai hai Hai Tante gitu lho ketika kita misalnya sengaja melihat wanita yang cantik atau sebaliknya Ahmad melihat laki-laki yang yang membuat terpesona macam-macam pikirnya Nah itu gimana jamaah the lounge Hai itu ditakutkan para sahabat Hi Ho Hai itu dikawatirkan para sahabat yo yo The Mask lihat temen Kitab Amsal temen SMA kita ton kuliah kita apel dulu tuh dibawa kita enggak pernah bagus prestasinya nilainya tiba-tiba dia sekarang besok ketemu lagi apa setan menangis Ini mulai dari hasad Ya udah bisa begitu sih Hai dan jangan jongkok Chloe kutahu kemampuan dianggap begitu terus itu siapa yang bisa cegah itu hai hai hai hai I am Hai ini dipikirkan para sahabat telaah cuti pulang ia menahan afxaf seakan bisa mencegah dirinya atau jiwa yang mikir macam-macam Hai bicara macam-macam dalam diri yang kalau enggak mengungkap kalau masuk kalau poinnya adalah mengungkapkan banyak yang bisa diam aja tapi kalau udah main jiwa main diri Main Hati seakan bisa Fit yang dimaksud mereka dan kita santai-santai aja Hai bagaimanakah ini tuh lebih berat daripada salat Hai lebih berat daripada sepuas Hai puasa dalam Arab salat dalam update gerakan dan bacaan sama kayak shalat siapkan bisa bener-bener cegah jangan ada pembicaraan mosok ketika kita salat itu kan susahnya setengah mati kecuali ditolong oleh Allah subhanahuwata'ala ya mikir inilah mikir itu lepas sholat tuh gini hai kenapa enggak and Outlook fuchs Ibuku membela Hai jika kalian ungkapkan benci kalian semua atau kalian sembunyikan dihisap sama Allah Subhanahu Wa Ta'ala di Hisab oh no Hai ah Hai Lihatlah betapa dalamnya ilmu dan iman mereka dan betapa cetek dan dangkalnya ilmu dan iman kita kita biasa aja ada menken ada masalah apa-apa itu para jadi para sahabat udah ketakutan kita Mas santai-santai aja saat ini para sahabat yang khawatir hadirin nya Hai para sahabat yang perjuangannya sudah terbukti infak sedekah nya sudah terbukti solatnya sudah terbukti Hai puasanya sudah terbukti sabarnya dalam menghadapi celaan cacian bahkan siksaan sudah terbukti Hi Ho ini mereka khawatir autofollow hasyim.com berak Hai sedangkan kita yang masih belum terbukti disana-sini santai-santai aja dan santai santainya kita menunjukkan bahwa memang kita masih jauh dari mereka hai hai MP3 Hai Kenanga sekitar mikir gitu ketika hati kita lagi aneh-aneh nih ini dihisap ini dihisap ini dihisap ini besok Hai sebagaimana yang dikawatirkan para sahabat hai hai the lounge Hai teteh ditakutkan hai hai hai hai Hai jelas hadirin sekalian hai hai hai hai Hai kalau atau respon Nabi SAW wassalam Mari kita lanjutkan harus lo salah salah menjawab Hai atur I don't Hai antakulu Kama qanaah Lukita baein Min qoblikum Hai apakah kalian ingin mengatakan Hai sebagaimana yang dikatakan oleh dua Ahlul kitab atau pengikut dua kitab suci sebelum kalian the lounge hai ketika mereka mengatakan samiana worth nah hai ketika mereka mengatakan samean nah waafina kami dengar dan kami hai maksiati haitham Hai kami dengar lalu kami makasih ya teh Hai apakah kamu seperti mereka Karena besok salat di Simpang ajaran film Hello Kalian mau seperti mereka balok ulusan Mirna waktu Rana ghufronaka Robbana wa ilaikal Novi Hai lagi sosok mengatakan Hai Yang bener nih Ucapkanlah samikna wa atokna ghufronaka Robbana wa ilaikal Mesir Hai kami dengar dan kami taat ghufronaka Robbana hai hai Oh ya Allah Hi Ho Hai kami mohon ampunan-mu ooo Hai werok Fame wa ilaikal Mesir dan kepadamulah Hai kami akan kembali hai hai ia berkata habis alamat Hai yang harus kamu lakukan adalah kebersamaan awak warna kami dengar dan kami taat Hai ghufronaka Robbana Hai ampunilah kami web kami weilai kalau mau share Hai dan hanya kepada engkau tempat kembali hai hai OK Google jadi hadirin orang muliakan yo yo Hai lihat Bagaimana bisa mendidik para sahabatnya hai hai hai hai hai hahaha kata nabi salam 10 Satra lu jauh dulu 2 Hai tapi respon tulus samyana wa atokna samikna Hai kalau udah firmankan nih samean Nawala jadi jangan bilang nggak mampu nih aku nggak bisa jangan yang bilang ke sana Hai respon dulu Samyang now atau anda hai hai hai hai hai hai samikna wa atokna samikna Hai cewek hai hai Launcher dihadiri NATO muliakan hai hai hai hai cerah e-books Hai jangan bilang kami dengar lalu kami nggak sanggup lalu kami maksiati jangan kami dengar kami tapi kami nggak sanggup Jadi kami langgar jangan jangan bilang gitu janjian ke arah sana Hai tapi orang dengan the same enau atau enggak hai hai Hai Jaan bilang kami enggak kanggo ia berusaha dengar dan patuh dulu kita cendawan dengan sanggup coba dulu hai hai hai lalu minta ampun kalau ada salah ghufronaka Robbana yo yo lampu nih saya kalau saya salah woi like Almasih dan hanya kepada Engkaulah kami kembali gitu hadir Hai jadi Tunjukkan kesetiaan loyalitas dan komitmen dulu kepada Allah baru-baru yang kurang-kurang minta ampun hai hai Hai Dan Kita Hai harus buat statement polmark kita akan kembali kepada Allah Hai pernah itu jamaah sekalian hai hai hai hai Hai jadi gede Kita juga bisa nggak bisa ia masih ingat ketika Nabi Musa meminta pengikutnya masuk ke akhir-akhir di Palestin dan mereka nggak mau karena penduduknya kuat-kuat Hai dan langsung enggak bisa You and I Hai digitiket undang-undang Raja jamaah Hai C hai hai Hai Tante jelas Nabi Musa Solo masuk ke Baitul Maqdis e&o menjelaskan ceritain ke dalam surat al-maidah ayat 21 22 ya kau window hulba itu yakaumi nuklir Robbal muqoddas atleti kataballahu laku mendatar tanduk Anaconda baring ketongkol di Bekasi Rin orang2 yg akan memindahkan ular baru Contessa welcome Masuklah ke anak yang disucikan Battle magelis Allah tingkat Allahumma Ya Allah tetapkan untuk kalian Nah warna tertentu ala adegan ikom dan jangan kalian mundur Hai kembali kebelakang pattongko libur khosirin maka kalian akan rugi hai hai kata-kata mayatnya kayak ke 2122 disuruh masukkan Battle Maqdis diperintahkan yakaumi the club Aaron tol muqoddasah terlihat ikatab allohu lakuma wa later the nuala a whale tertenu ada-ada Baliku fatal khosirin Hai mereka engkau masuk Masuklah ke Baitul Maqdis yang telah Allah tetapkan Hai untuk kalian dan jangan kalian Hai kembali kebelakang Nanti kalian rugi Hai tanpa respon mereka Nia me a Hai how ya Musa AS Halo Ina fihak Kauman jabari by Hai Mereka bilang Woi Musa di dalam sana itu ada kaum yang sangat-sangat hebat dan kuat hai hai tolong semen Hai langsung pakai logika wine nada kolaha Chairul Juminah dan kita nggak akan masuk ke sana sampai mereka keluar dulu dari sana Vie yakhruju minhaa Vain nada hillun the kalau mereka keluar baru kita akan masuk Hai Bro Hai Kakak itu itu musuh yang beragama kamu nggak mau kamu Hai mereka keluar dulu kita masuk Eta akhir-akhir pelajaran bagi kita hadirin hai hai Hai jadi kalau kita berhadapan dengan perintah hai larangan-nya Hai atau apa yang Allah tetapkan dari takdir jalanin dulu dasami anak warna Hai asal kita berada di jalan yang lurus demi Hai Jaan dikit dari Allah Aduh aku masang Kok aku nggak bisa Hai itu yang diajarkan Nabi Shallallahu salam Hai hai hai Hai walaupun berat inginkan boraks anu sahabat rogero teleponkan ia bukan orang yang asal hadirin hai hai begitu Allah firmankan I am Hai maka jalankan hai hai Ya kalau emang lebih tahu kalau lebih tahu kekuatan kita dibanding kita sendiri hai hai Hai Man begitu hai juga Hai jangankan kekuatan fisik kekuatan fisik kita bangkit atau kekuatan fisik kita alat banyak alat lebih tahu daripada kita mesra Nikita atau saat orasi kita berapa Hai apa 96 97 98 sekitar gak tahu Hai pensil kita bangkit atau sekarang enggak tahu juga Hai kadar gula detik ini kita atau kadar gula kita berapa Hai paketannya banyak yang enggak tahunya tentang diri kita hadirin tuh Hai Na Allah Maha Tahu Hai maka ketika Allah sudah tetapkan oleh perintahkan orange respon positif dulu aja Hai nanti kalau udah salah salah Hai minta ampun sama Allah ghufronaka Robbana jangan dari awal ada kita bisa deh jangan di mana sama Ganggu Pacarku halo Hai aku nggak sanggup menjalani kehidupan seperti ini kalau belum dijalanin kode bilang nggak sanggup hai hai Hai kan begitu hadirin ndak ada hal yang sangat menarik gitu Coba kita lihat ayat ini lagi Al Baqarah 284 lihatkan lillahi Ma fissamawati wama fil hot dan hanya milik Allah seluruh yang ada dilangit dan seluruh yang ada di bumi Ini baru masuk wedo Maaf ya anfusikum autofollow hasil hukum bela negara nge-lag bagaimana keterangan Sebagian ulama tafsir semprot kalium ashadi HDX baru minumlah Andahmu lahuma fissamawati novel ini Hai semua berita dari Allah bahwa milik Allah Rabb seluruh yang ada dilangit dan seluruh ane bumi semuanya hai hamba-hambanya Hai Rizky mereka Hai maslahat dunia dan akhirat mereka itu ditangan Allah hai hai Hi Ho Hai Mbak Kita ini hanya hamba katakan ulama layar melengkung dari anfusihim brondolan Nafa yang harus bisa Hai Memberikan manfaat dan mudhorot pada diri kita sendiri Oh ya nggak bisa menentukan kehidupan kita dan kematian kita kecuali dengan pertolongan dan Taufik dari Allah subhanahuwata'ala Hai jadi ayat ini penggalan ini disampaikan oleh Allah bersamaan dengan a statement yang jelas dari Allah mau ini tuh punya Allah semua Hai Emang kalian nggak sanggup kecuali ditolong sama Allah t-shirt Hai kalau nggak akan bisa Nggak bisa apa-apa kok kecuali Allah bantu dan alat tolong dan alokasi Taufik Hai Nah kalau kondisinya seperti ini begitu dapat ayah begitu dapat ketetapan begitu dapat ketentuan begitu dapat perintah Udah senin awal tahanan dulu ini memang kan enggak bisa apa-apa Hi Ho lillahi Ma fissamawati wama fil waktu yang ada dilangit dan dibumi ini semuanya milik Allah Hai Kalau tutup ayat ini dengan firullah ada condition Qodir lama berkuasa atas segala sesuatu Apa susahnya lo buat kalian itu sanggup melewati hal yang sebelumnya kalian pikir kalian nggak bisa di mana condition Qadir Allah maha berkuasa atas segala sesuatu yo yo Hai Apa susahnya yo yo hai hai Hai tapi terima dulu dijalani dulu dengan sabar hai hai Hai semua perintah Allah dijalankan semua larangan Allah itu dihindari semampu kita Hai sesuai dengan upaya kita maksimal begitu ada kekeliruan mufrodnya karo panah minta ampun sama Allah Mobile9 get dulu Iya dulu the same Annawa apaan aduh Hai dan kita Yakin Allah ala kulli syain Kodir Allah maha berkuasa atas segala sesuatu hai hai hai hai Paul yang penting ini Tarbiyah yang besar dari nabi kita Solo salep hai eh jangan seperti Pomade Pomade sebelum kita yang ketika troso nggak bisa itu komen jabarin itu ada Hai orang-orang yang bisa hebat-hebat enggak kita nomor lo masuk lelaki lokasi pertolongan Memangnya enggak ngerti ya Pak siapa di sana Emangnya Allah enggak tahu seberapa kekuatan mereka Hai menyalahkan membiarkan orang-orang beriman hancur nggak ganteng ndak terbukti oleh tolong tolong tolong tolong tolong ada masuk aja Hai nama mereka hai hai Hai nah sama kayak kita emangnya kita enggak pernah ditolong sama Allah setiap hari kita ditolong Hai Spiky terhadap perintah ada larangan Hai Yang clear yang jelas dong kok Hai cara berfikirnya kayak orang yang gak pernah ditolong sama Allah hai ketika ada musibah hai kenapa cara berpikir kita seperti orang yang gak pernah ditolong sama Allah 10 Kalau kita teruskan dari kecil remaja Kalau ditolak kita ditolong kita ditolong kita ditolong kita ditolong akhir-akhir Samina waatona ngejalanin kalau selamat sabar-sabar di Kalsel Ridho dari toh Hai kalau sudah berobat berobat Hai kalau Solo jaga jarak jaga jarak akhir-akhir Rhoma Irama Jokowi Roro kamera ngasap Hai Rizal mengatakan menjauhlah dari orang yang kena penyakit menular sebagaimana engkau menjauh dari Hai seekor sehingga Oh ya udah Hai jalanin dulu aja hai hai Hai karaoke Hai cowok pakai lokasi pertolongan hai hai hai hai hai hai Hai Maya lillahi Ma fissamawati Wal hamdu lillahi Ma fissamawati wama fil Ahmad dan pengetahuan a Collision Qodir kalau maha berkuasa atas segala sesuatu Hai ini bisa disampaikan semoga bermanfaat Hai akhirnya hadirin Hai terakhir Hi Ho hai hai Ayo kita kembali ke hadiah tersebut Hai film nah hai hai Hai dan ketika para sahabat Hai dan ketika para sahabat hai hai Hai menerima dan tunduk Hai warna lebih alsina tuh Hai dan lisan mereka Hai merendah tolol tuh Tunduk Hai mereka merubah respon mereka sebagaimana yang diajarkan nabi salep sumirna wa atokna ghufronaka Robbana wa ilaikal Mesir pleno begitu mereka pondok Oh begitu mereka mengucapkan samyana wa Ana Hai maka Allah turunkan ayam Ya Allah turunkan hai hai Hai Aa Ya Allah turunkan ayam hai hai Hai mayat itu Hai dan apa dampaknya Hai sobat kita akan pasti pertemuan yang akan datang Insya Allah ta'ala ini bisa disampaikan nyesal Khairan tidak ada sesi tanya jawab masalah wassalamu'alaikum warahmatullahi water nyamain Robbana taqobbal Minna wa inna Nas aluka Ilman naafi'an Allah tapi kalau benar-benar Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selasa, Januari 11, 2022

Meraih Ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala Ketika Makan

351. MERAIH RIDHO ALLAH SUBHANAHU WA TA'ALA KETIKA MAKAN

351. MERAIH RIDHO ALLAH SUBHANAHU WA TA'ALA KETIKA MAKAN Riyaadhush Shaalihiin Bab 13 | Banyaknya jalan kebaikan Hadits ke 144 | Hadits Anas -Radhiallahu ‘anhu Dari Anas Radhiallahu ‘anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, الرَّابِعِ والْعشرونَ : عنْ أَنَسٍ رضي اللَّه قال : قال رسول اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : « إِنَّ اللَّه لَيرْضَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الأَكْلَةَ فيحْمدَهُ عليْهَا ، أَوْ يشْربَ الشَّرْبَةَ فيحْمدَهُ عليْهَا » رواه مسلم. "Sesungguhnya Allah meridhai seorang hamba, apabila dia makan satu makanan lalu dia memujiNya karenanya, atau minum satu minuman lalu memujiNya karenanya." (HR. Muslim) Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Halo Bismillahirohmanirohim Alhamdulillahirobbil alamin wabihi nasta'inu ala umuriddunya waddin indonesia-malaysia dua lailahailallah wahdahula syarikalah wa Anna muhammadan abduhu warasuluhu la nabiyya ba'dah unusual limonu Salim ala nabiyyina muhammad wa ala alihi washohbihi waman Faro adzanin ilaa yaumiddin obat Indonesia hadirin kalau melihat Alhamdulillah kita panjatkan puji dan syukur kita kepada Allah subhanahuwata'ala agar segala nikmat dan karunia yang Allah berikan dan melimpahkan kepada kita hai hai Indonesia hai nikmat yang tidak bisa kita hitung atau kita kalkulasikan wine wine tahun dunia menonton lahir atau soha dan Jika kalian ingin ia menghitung-hitung nikmat Allah maka kita akan mampu bisa menghitungnya hai nikmat yang sangat banyak jamaah sekalian khususnya nikmat bisa bertemu dengan hai nikmat yang kehabisan dinikmati oleh banyak orang hai hai Hai ah Oleh karena itu marilah kita bersyukur dan semua Kalau kita bersyukur benar-benar bersyukur Allah mudahkan kita bertemu dengan hari ketujuh Hadi ke-8 hari kesembilan dan seterusnya dan bukan hanya sampai nih hari-hari tersebut tapi bisa mengisinya dengan amal sholeh dan ibadah Jadi kalau Mbah simpel kalau performa kita bagus di hari ini Insya Allah akan mudahkan kita dihari esok nasional akan memudahkan kita di hari esok Hai Oleh karena itu marilah kita syukuri kebersamaan kita dengan hari keenam ini selanjutnya marilah kita tetap meminta pertolongan kepada Allah agar Allah berikan kita ilmu yang bermanfaat Allahumma inna Nas aluka Ilman Nafia w na'udzubika min min layar Va Ya Allah berikanlah kami ilmu yang bermanfaat dan Lindungilah kami dari ilmu yang tidak bermanfaat Hai karena ilmu itu butuh pertolongan selalu ingat hadit kursiku ya eBuddy kholun Hilman HD itu W hamba-hamba-ku kalian tuh semuanya gak ngerti apa-apa kalian semua itu enggak bisa nerima kebenaran kecuali orang yang aku kasih Hidayah maka Mintalah Hidayah kepada diriku yo wis Jaya aku akan kasih Hidayah bisa ya aku akan kasih Hidayah hai hai akhir-akhir ini yang perut kita yakini jamaah sekalian mau kita tuh dapat ilmu bukan karena kecerdasan bukan karena kepintaran bukan karena daya ingat tapi karena Taufik dan hidayah dari Allah tabaroka wa ta'ala sebagaimana terus jaga tauhid kita dan jaga loyalitas kita kepada nabi kita Shallallahu Alaihi Wasallam dengan senantiasa mengikuti tuntunan beliau dan juga senantiasa bershalawat dan mengucapkan salam kepada beliau Allahumma sholli wasallim wabarik Wahana adzabinnar Rasul Ina Sayyidina Muhammadin wa'ala alihi washohbihi ajma'in waman Saroh adzim kisan inilah yaumiddin obat hadirin untuk memuliakan kita akan masuk ke Hi Grade Solihin bersama al-imam an-nawawi rahimahullahu ta'ala eh jamaah yang lu muni akan nasi dalam Bab banyaknya jalan-jalan kebaikan Hai banyaknya jalan-jalan kebaikan dan kita sudah sampai hadiah yang ke-24 ke Hai Adit kali ini habis yang dikeluarkan imam muslim dari Anas bin Malik hadits yang simple Hai tapi ternyata enggak Mudah juga kita amalkan Semoga Allah tolong kita untuk memahami dan mengamalkannya Amin ya robbal alamin hadirin Allah muliakan ia berkata imam nawawi Semoga Allah merahmati beliau merahmati keluarga beliau akhir-akhir seluruh orang-orang mencintai dan Semoga Allah merahmati seluruh kaum muslimin Amin ya robbal alamin lu menyampaikan anashin roti Allah uttaran dari Anas radhiallahu ta'ala and I Indonesia hadiri no muliakan apa Kak Agnes call beliau menyampaikan the color Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda in Allah Allah ya Rabbal Alamin Abdi Ani aku lelaki Lata fahman hualaihi alias Robocar Mbah Hai payah nak Fahma dakwah lihat di Hai dari Anas bin Malik bin Anas bin Malik Hai Nabi sama Sallam bersabda Hai Sesungguhnya Allah subhanahuwata'ala Hai Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala meridhoi seorang hamba Indonesia apabila dia makan satu makanan hot hai lalu dia memuji Allah subhanahuwata'ala karenanya dia bertahmid kepada Allah fayah madu hai hahaha Hai Tania bertahmid kepada Allah subhanahuwata'ala the lounge Hai Jadi kalau makan semua makanan Kamboja I am dia bertahmid dia mengucapkan Alhamdulillah di Indonesia yang mengucapkan Alhamdulillah hai hai hai hai hai lalu atau ketika dia minum satu minuman kesehatan Hai diminum satu minuman kesehatan hai hai Kyuhyun yang tadinya pun lalu memuji Allah subhanahuwata'ala karenanya level memuja Allah subhanahuwata'ala karenanya foto-foto a Indonesia Kyuhyun Hai adek luar kenal imam muslim dikeluarkan oleh imam muslim hai hai kykuu hai hai a simple sederhana Hai tapi dalam jamaah sekalian pelajaran yang bisa kita petik dari hadits ini ada tidak memberikan pelajaran kepada kita bahwa Hai disunnahkan untuk memuji Allah bertahmid setelah makan dan minum Indonesia setelah makan dan minum hukumnya Sunnah Launcher paint albumnya Noah Hai member Tahmid adalah memuji Allah subhanahuwata'ala Hai yang lahir dari rasa cinta itu Tahmid jadi Hamdalah Italia atau fahami Dayak Mali itu memuji karena kita Mencintainya ngebut karena bisa jadi orang memuji musuhnya tak bisa jadi cinta enggak tapi dia akun musuhnya jauh banget ya Puji musuhnya dan itu banyak sekali kasus dan Hai sebelum pernah bertemu lawan seperti diet dia memang yang terbaik twice bisa Kalahkan dia kita rubah desain terbaik khasnya begitu Jadi diangkat download atau memang dia kalah ya singaku di dia memang yang Hai terbaik HBD misalnya begitu itu banyak di dunia olahraga di dunia bisnis dan seterusnya itu banyak orang yang uji lawannya hai hai Hai orang-orang yang jantung main yang mengakui yang kalau main fairplay kalau berhadapan seseorang itu sportif Junjung sportivitas ah ketika dia karena diakui atau dia menang dibilang Emang lumayan Hai jadi bagus Nah itu enggak dikatakan alhamdu lillahil hamdu itu kalau kita memuji seseorang Hai dengan rasa cinta dan Karena rasa cinta hai hai Hai pilih hdd0 muliakan hukumnya Sunnah hai hai Hai diucapkan setelah kita makan atau setelah kita minum setelah kita makan atau setelah kita minum hai hai Hai Mbak Hai dijemput lupa nih dan sebagaimana tadi kita katakan bahwa saat kita mengucapkan Alhamdulillah itu benar-benar Hai nihayati hadirin Chairul benar-benar dihayati Indonesia memang ini nikmat Allah subhanahuwata'ala hai hai di jalan ini PR loh bagi kita yang hidup di tanah sesubur Indonesia dan di negeri [Musik] seenak Indonesia ini yang itu tadi istilahnya lempar cabe kehalaman tuh beberapa waktu kemudian tumbuh pohon cabe pokoknya lem berapa jatuh tumbuh di tanah kita tepat ngalamin istilahnya orang dulu kayak gitu ya ah Hai dan air gampang air mudah volume dah kan Nah ini tantangan sama oleh kita atau tantangan bagi kita bisa kita tetap menghayati setiap kita mengucapkan Alhamdulillah Sehabis makan dan minum Hai karena semakin gampang akses semakin sulit menghayati Hai dan sebaliknya Semakin susah mendapatkan makanan dan minuman itu semakin mudah menghayati Hai tapi di waktu yang sama kita nggak ada yang mau kesulitan makanan kesulitan air itu enggak nyaman banget Jadi enaknya tuh gampang dapet makanan gampang dapat minuman dan gampang menghayati tapi agak-agak kurang ini kurang agak-agak ke Sule jodohkan ini dua hal ini Hai pengen ngasih Bagaimana penghayatan hajar gitu ya dalam bersyukur ketika air zamzam itu keluar air itu keluar setelah beliau berjuang bolak-balik Shofa Marwah sebanyak tujuh kali dan disaat Hai Ismail mungil Ismail kecil itu Hai Kondisinya sudah sangat sangat membutuhkan dan darurat sekali tiba-tiba muncul air tuh e-learning Indonesia kira-kira Gimana perasaannya hai hai Hai itu udah enggak berpikir panjang beda sama kita-kita samping gampangnya begitu masuk restoran waiters nya kasih air kita pegang kok nggak dingin sih ada yang dingin Enggak ah SMSnya dingin dong masih bisa request kita terus akibatnya pilihan Kitalah Yang rezeki es batunya dipisah Ya dipisah lagi lagi kmana aja request batu oleh sepatunya deh Gan tante knalpot wonge Hai di lembah tandus yang bernama bekah atau Makkah Hai atau di daerah-daerah konflik yang ada makanan hai juga pingin ada cerita diriwayatkan sampai di salah satu titik konflik itu sampai minta fatwa ke ulama boleh nggak makan daging anjing karena ada makanan kecuali anjing-anjing ada makanannya Hai atau misalnya orang yang terkatung-katung di tengah lautan oh itu kan Ironi ini dia terombang-ambing di tengah-tengah air yang berton-ton jumlahnya tapi kalian bisa diminum detik berharap banget tepat air tawar the way tube.to ketika dapat tuh ya alhamdulillah tuh beda belum ke-77 skornya play kalau sampai Pulau dapat es kelapa aduh eh kok selamat batok kelapa ngedrag badges0 pengen pengen tantangan bagi kita bilang nggak mudah lo kagak mudah bener-bener bisa Istiqomah mengucapkan Alhamdulillah ketika habis makan dan alhamdulillah setelah minum Hai dan ketika kita mengucapkan online kita benar-benar ucapkan itu dari Rafa cinta dan rasa syukur kepada Allah the lounge pai ingin beternak sih susah ada yang cabang gitu depan air minum aturnya Alhamdulillah ini nikmat hamil bener-bener kita kita the lounge I am jarang banget kg pelet hampir nggak ada beda hai hai Indonesia itulah Hai jangankan air putih minuman yang yang apa yang lebih beras salah itu ya the lounge Hai itu aja kita yg biasa aja Hai aplikasi milik semisal coklat biasa aja orang Alhamdulillah banget ini Island Alhamdulilah lu kenapa sih enggak lagi bersyukur kan jarang ya atau misalnya strawberry smoothies gitu ya kalau strawberry smoothies aja kok susah Bersyukur ya percuma dapat air putih dalam tanda kutip air putih paling sehat memang lebih Kanada rasanya Indonesia Sekolah Teknik pelajaran bagi kita jamaah Hai ternyata mengamalkan ini tuh butuh perjuangan bahkan butuh pertolongan dari allah subhanahuwata'ala Launcher Hai lain ketika kita tidak bisa menghayati suratnya Hai bener-bener lahir dari rasa cinta nanti kita juga nggak bisa menanamkan itu Kediri anak-anak kita vallkin usai layu aktif orang yang gak punya tuh gak bisa memberi Hai makanya wajar ketika itu anak-anak pun kesulitan untuk Bersyukur kepada allah subhanahuwata'ala karena memang nggak diajarin sama orang tua dan kalau dia jarinpon enggak ada ruhnya ndak cuman abis makan pecel panah hamdulillah Alhamdulillah udah selesai Hai kadang orangtua yang menjelaskan ini sampai meneteskan air mata air ternikmat Kalina Bentar deh aku Ayo kita akan mati kalau ada air ini Hai kakak pengen ke ada yg lama Rohimah mungkin ada kalian tahu juga jarang banget banget paling kita bersama Dedek bilang apa alhamdu lillah pintar anak mama udah hilang lebih Jadi tetep aja rohnya enggak ada lulus sampai ucapan ini baru sampai ucapan Hai padahal pesan besar dari ini karena baru lama Allahlah yang berhak dipuji atas segala kenikmatan walaupun sedikit walaupun sedikit hai hai Hai walaupun sedikit yo yo Ayo kita ini punya PR di situ sehingga Hai jangankan makan di tempat-tempat mewah dan Celine kita terbiasa di pinggir jalan aja opsi banyak hadirin Hai makanan map tempat-tempat Sederhana itu toh opsi kita tuh banyak benar masuk masakan Padang di Suku in semuanya itu kan susah bersyukur jamaah bukannya konsepnya salah bukan emang negeri kita ini luar biasa Hai menu semua masalah depan mata kita maka Hai Oke kita turun ini lagi warteg Hai banyak juga pilihan yg Hai resep maksudnya seringkali kan resep bubur syukur yang mendalam itu terdistract dengan banyak opsi sehingga kita lebih fokus memilih opsi dibanding mensyukuri yang yang ada Mungkinkah Hai dan udah biasa oleh banyak biasa melihat banyak Perlihatkan Hai itu mencegah yang telah Ok Google Hai mata ini kalau terbiasa ngelihat yang banyak-banyak kan agak susah bersyukur dengan yang sedikit karena udah terbiasa kelereng banyak-banyak Oh ya kasih bahkan waktu kita masih saja Hai dealer masuk ke mode banyak walaupun yang di yang dimakan tetep aja nasi sama kuah kalium itu Hai ambil cabe ijonya oha tapi tetep main ini tuh banyak Masya Allah emang nikmati negeri kita di Subhanallah begini PR bisa nggak kita bersyukur Halo bisakah kita bercokol di Hai cepat habis asal makannya kan adopsi kayak kita format paling oke begitu paha kambing anda I kept kesederhanaan Hai cetak dari kambing aja olahannya dapatnya nih bakar-bakar kambing Hai kambing guling HP Hai gule tongseng terus ok kambing bening tosca mint apalagi aab kambing bakar tak bersama lagi bila Hai stempel belakang sop kaki kambing Masya Allah sumsum Hai apalagi Euro sop kaki kambing deh yang pakai apa-apa gua susu itu ya Aduh Masya Allah tercinta yang segini lagi kita ngomongin gitu salah ngetik terus apalagi tuh banyak terbaru dari kambing loh Hai macam-macam ah Hai ayam ya Allah ayam juga ke variannya banyak banget ayam lebih banyak lagi ayam rica-rica la sambel ijo lah sambel merah lah bolehlah ayam pop pasca Hai hello biasa ndak ada 10 pertanyaan Bisakah kita bersyukur jamaah mbak Adis ini sih kalau dibaca selesai mbak enak aja Alhamdulillah iya Teh Bisa nggak tuh Hai makanya cepet ketika misalnya Kakak nih contoh ketika banyak opsi ini di depan kita ada ayam ayam bakar m panggang ayam gulai kalio Terus eh ayam rendang bumbu tentang sekali juga merendam terus tidak itu masih bisa manggil gue terus udah ayam pada enggak habis ya Habis banyak kata ia habis Subhanallah ya ABS lagi hah gimana sih Mas habis ini kan Bang jam makan siang Iya tadi ada yang borong itu bisa begitulah kita tuh pada depan kita tandang kali yuk ada yang cabe ada ayam cabe ijo cabe merah cabe hijau ayam gulai ayam rendam sadar lagi Hai mbak agar ayam goreng semua ide ayam komplit berjejer baris depan kita tuh bisa manggil ayam pada Enggak habis-habis lagi ya Allah bukan dibilang Alhamdulillah ini banyak yang kalimat yang terlontar habis lagi hah gimana sih nih Itu hadirin jadi ini bisa ngerasain Betapa sulitnya jadi orang Indonesia dalam tanda kutip ya karena sangking komplitnya kitanya Masya Allah oleh terbaik banget tapi ini tantangan bagi kita bisa atau bersyukur Hai susah lo kita harus saling mengingatkan kalau nggak lengket addict shubham hai hai kwetiau hadirin lah kalau terlalu Disaat itu kayaknya lah jadi Mbak Pujilah Allah dan bersyukurlah kepada Allah dan ini harus lahir dari rasa cinta bukan formalitas lisan bukan formalitas lihat hadirin Allah muliakan Hai berikutnya the lounge the lounge the lounge Hai pertanyaan simple prediksinya kayak gimana sih apa redaksi Tahmid yang kita baca knapa redaksi Tahmid yang kita baca Hai biasanya orang kita baca apa Hai kalau disuruh ah ah Hai baca alhamdulillah selesai gereja hai hai yo yo nggak makan ya gimana kita diajari nafas dari dulu Alhamdulillah I love you apa amanah wasaqona wajaalana Minal muslimin itu kan Kiranya yang ngasih Hai atau beda Mantap orang-orang tua kita kan itu ya kalau misalnya alhamdulillahilladzi at amana wasaqona waj'alna Minal Muslimin oleh2 ini hadir di keluarkan Abu Sa'id dan dilengkapi Imam Abu Daud Imam Tirmidzi t-shirt Hai hadirin Allah muliakan hanya saja hadits ini dilemahkan oleh Sebagian ulama Hai dilemahkan oleh Sebagian ulama Kyuhyun seperti saudaranya rohimahulloh tak hanya saja hanya saja ada keterangan menarik dari salah satu akarnya dan ulama besar abad ke-20 yaitu hai hahaha t-shirt Rashid Bin Baz rahimahullahu Ta'ala pairin belum mengatakan bahwa makan itu ditutup dengan memuja Allah Hai dan kita bisa membaca alhamdulillahirobbilalamin jadi kita bisa baca alhamdulillahirobbilalamin bisa makanya nggak ada alasan nggak hafal Hai kalau bingung baca alhamdulillahirobbilalamin bahkan sebagai nama itu salah satu yang paling afdhol karena download surat Al Fateha karena hadirnya balikan yang penting memuji Hai Icha tadi memuji kan Fahma fair madu hu atau five Mada hub k.h. Ahmad rumah makan habis makan memuji kayak Medan ini berarti semua redaksi pujian secara umum bisa kata para ulama jadi atasnya Bin Baz bisa dengan Advance lillahi rabbil alamin Hai atau dengan redaksi alhamdulillahilladzi atau amanah Alga warza kongyingyong kuahnya juga bisa kok Hai alhamdulillahilladzi Amani segala puji bagi Allah yang telah memberikan aku makan makanan ini Muara zacconi high dan telah memberikan aku Rizky minggu ini Haulin minni walaupun tanpa ada daya dan kekuatan dariku kita tanpa ada daya dan kekuatan benar nih atap ikannya Asep kerja keras saya enggak enggak bukan Hai Tante mau kerja keras seperti apa di padang pasir tetep aja nggak bisa dapetin rendang jamaah menafsirkan terendam udah ini nikmat dari Allah subhanahu wa ta'ala Hai episode kali ini halte journal Ayo kita mau kerja keras seperti apa aja e-learning Hai di gurun tetep aja nggak bisa dapetin sop buntut Hai mainnya dihayati tanpa ada dinner kekuatan dari saya terima seringkali itu tadi kita dikasih kita lagi main kerumah orang diet suguhkan makanan ini ingatnya doa aku ngelihat almanium harga rosok anyway Pauline miniwell Aqua hai hai Hai atau Hai Tasya Windows juga bisa pakai doa alhamdulillahilladzi at amana WhatsApp Koh wajah adalah khoroja ini juga doa yang menarik Hai juga Nabi Daud juga bahwa Nabi SAW Sam jika makan atau minum makan belum membaca serta makan dan minumlah baca alhamdulillahilladzi atau ama apa ama WhatsApp Koh Hai segala puji bagi Allah yang telah memberikan aku makan WhatsApp pong dan memberikan aku minum wash allohu dan memapah melancarkan pencernaan ku Hai wajah adalah mukhroja dan memberikan dia jalan keluar jalan keluar dari berupa urin dan berupa perak Maaf ya pupuk b a b Hai ada jalan-jalan keluar hal ini juga bisa dibaca lantaran aksinya lantai di itu ya dimasukkan ke sosmed color taala jadi hadirin Allah muliakan Indonesia segala puji bagi Allah yang telah memberikan aku makan dan minum dan bukan hanya mini dalam laut Coba Kita Renungkan ini bagus juga kalau kita baca wa Salwa gohu dan hai apa namanya memberikan amalan carkan pencernaannya dari masuk mulut Nolan lalu dicerna ya Allah Hai Nah itu salah satunya tuh nanyain Hai Kenapa kita harus kita harus apa namanya Kita Harus baca yang sebelumnya minbaini Haulin minni walla kuah ini dijelaskan oke itu apa itu ayam pop Anda yang masa dan enak masakan Anda atau misalnya nasi kecombrang itu tuh ada yang buat dan enak gitu loh soto mie itu kamu yang masak tapi emang bisa diolah di dalam di dalam perut kita ke dalam pencernaan kita dengan skill kita anggap semua Dikasih olah Indonesia Hai semua Dikasih otot pada busa kita sampai di rongga mulut aja yang bisa kita atur yang bisa kita atur maksudnya disuruhnya gini setelah nelen ada hitam ngatur semua ini Ya udah kalau buat nggak berfungsi aja usus kita Nur Waduh repot Yamaha hai hai ngebet Allah buat asam lambung kita naik aja ndak susah Ternyata hidup Hai jadi orang kasih WhatsApp gua udanh oleh mudahkan the dicerna ada yang kita lihat mungkin temen kita kederat kita Allah uji dengan kanker getah bening misalnya hamil dia Alfan mm kalau ummihi wa famela Nyalakan Ireng November lelaki memang kalau kotak Dila Asmaul jaga kita semua dan yang menderita itu semoga segera disembuhkan itu kenalannya aja susahnya minta ampun berlangsung tanya Minato Hai dari situlah kita benar-benar bisa mengerti dan meresapi alhamdulillah Hai segala puji bagi Allah yang telah memberikan aku makan dan minum wassalamu'alaikum dan memudahkan memudahkan semua dimudahkan oleh Allah dan bukan hanya dicerna wajah adalah rumah karoja dan alokasi saluran pembuangannya saluran pembuangannya Hi Ho Hai hadirin di lingkungan keep di sekeliling kita ini kita ada banyak orang yang yang karena penyakit itu mohon maaf anusnya Thor ditutup ini terjadi gimana dibolongin di perut Hai hingga kotoran keluar dari sana Ayo kita kan nggak pernah ngerasain begitu jamaah Hai maka bersyukurlah sama Allah halusnya ditutup Hai ada sebagian bye Hai baik yang tak tahu langsung maupun yang yang kita ngebantu itu enggak punya anus ketika lahir semua Masya Allah nih baik lucu cakep apa namanya Muppet pipinya Cabi banget montok dan setelah pokoknya perfect twitter-nya Tengah Janus ya yo yo lah hai hai ndak cerita sudah kita mensyukuri itu Halo dengan siapa di antara kita ketika ditanya apa nikmat Allah Subhanahu Wa Ta'Ala kepada anda sebutkan 10 adegan di 10 opsi itu kita gas lubang aanus coba disurvei Berapa orang yang Sebutkan lubang anus itu padahal kalau lubang itu enggak ada ialah jungkir balik kita jamaah jungkir balik dan mati keracunan MP3 Hai udah belum kita bersyukur sama Allah Subhanahu Wa Ta'ala jawab Ustadz Haku ini hidup 53 Tahun gak pernah bersyukur tentang lubang anus Aini baca doa ini wajah adalah Um makhroja dan Allah jadikan jangan keluar dari makanan makanan dan minuman tersebut the lounge Indonesia hai hahaha the lounge Hai itu yang harus kita oh no Hai kamu the lounge kyler England Hai kadang sosok velg kenal baik Kalau beliau HP baru lebaran itu pernah ngalamin kalo pipis sakit Hai dan susah tipis hadirin Hai tersakit banget itu Subhanallah ya ternyata adem bantu number nih eh di saluran itu the lounge Launcher pengen bantu bisa batu kecil Tommy mu sakitnya minta maaf badges0 hai oh itu dibilang ialah sakit sampai berdarah-darah cara membuat urin itu enggak bisa keluar dengan lancar sakitnya minta motor plugin the mirror Reza udah itu digital syukuri belum the saluran-saluran begitu Hai hitato enak-enak aja makan sambil ngobrol sambil ketawa-ketawa tuh panyol sebutin begitu habis makan pergi halo Hai Hotel hamil regional wassalwa Shalallahu wajah adalah mukhroja the lounge ngerti ini dalam doain aja ma ma I also membaca habis makan habis minum vagina itu setannya salat belum tu sakitnya gimana tuh ceritanya itu kata beliau yang bakal itu diurut jamaah sekalian sampai itu babi itu keluar jadi kayak ngurut apa sih pokoknya Sebatu Keluar kita pak kurang sakit kayak gitu tuh sakit loh biasa dan kita kurang bersyukur wujudnya ah ah Ya udah kalau kita nggak dikasih saluran pembuangan itu sama Allah kita mati keracunan Hai ini bolongin harus dibolongin kalau nggak bisa lebih halus lagi menikmati tatimushalihat Halo lebih dzalahu atau ja'alallahu mahroja Indonesia Hai Abu ah diantara yang lain kata si Abdul Aziz bin baaz rohimahulloh adalah doa Alhamdulillah niat amanah wasaqona wajangalna muslimin MB masukkan ini Hai ingin berarti menurut beliau ini bisa diamalkan jadi terjadi perbedaan di tengah-tengah para ulama tentang redaksional tentang valid jadi kalau bisa bebas ini bisa masih bisa digunakan hal yang lebih amanah otak Kona wajangalna muslimin segala puji yang telah memberikan kami makanan memberikan minum dan menjadikan kami sebagai orang-orang Muslim kita jadi orang muslim bersyukur kita orang lain menyerah kepada Allah yang tunduk kepada Allah Hai jadi makan itu ingat agama kita jamaah makan nih number depan kita lontong Medan tapi yang kita ingat agama coba itulah jangan cuman teri kacang nya doang sama mengambil daging tiga Masya Allah Hai tapi kita harus ingat Oh angrila ini nikmat dari Allah menjadikan aku Muslimin hai hai Hai atau juga lebih lam bisa Alhamdulillah dia amanah wasaqona wakaf Annawa awana Fahmi Melaka Vi Allahu ala makwe segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami makan memberikan kami minum mencukupkan kami cukup kalau kekurangan wawana dan memberikan naungan kepada kami dan betapa banyak orang yang tidak dicukupkan dan tidak punya naungan gitu Hai itu juga bisa kita juga bisa jam free download Hai adek ada banyak varian hai hai Hai ada banyak opsi lain Hai atau diantaranya juga kata simbah juga masih itu ya alhamdulillah Hamdan katsiron thoyyiban mubarokan Fih ya alhamdulillah bin Hamdan katsiron Alhamdulillah Khoir Hai cara download nah melromarc fine Wal amwat Dark welcome stagnan huruf ba na na Hai itu juga bisa dibaca pada cara tumbuh hari dan masih banyak doa-doa yang lain Launcher bekerja di dari banyak variannya tampil yang mana karena aku mobil yang paling oke alhamdulillahirobbilalamin gitu oke dari segi dihafal udah aku mah selengkapnya polstat Aduh Russel banyak lebih konyol hamdulillahi rabbil alamin Bagusan larutan tebal tetapi cuma Vallen yang lain Hai itu ini doa dan Jack dan lebih mudah dihayati karena ada redaksinya jadi penghayatannya lebih fokus ke redaksi enggak enggak enggak terlalu luas kan kita kalau luas juga agak bingung dan Salah satunya mereka lalu lebih apa Alhamdulillah dia tanah WhatsApp call wasahua ja'alallahu mahroja itu menarik itu salah satu doa yang bisa menjadi menu hafalan kita di hari-hari yang penuh berkah ini I haven't lele Awas akoh tawas Allah Hai wajah adalah Ummah Rodja Hai Kak Ngabang alhamdulillahilladzi atau ama wasaq Oh wow wow wajah alallahu mukhroja knalpotnya bagi Allah yang telah memberikan kita maka memberikan makanan minuman dan mempermudah memperlancar pencernaan kita dan memberikan kita jangan keluar ini komprehensif untuk untuk apa untuk kotak makan dan minum sampai keluar lagi kita bersyukur Oh ya Kabar Soccer Hai ini mulai dibaca nih Kapan acara dibaca pasar akan ini atau makan siang bagus ketika buka jangan terjebak Jadi pas buka coba calhaj lebih atau and was a call was Allah wajar adalah uh mahroja lalu hayati Allah di pencernaan bisa-bisa otomatis begini usus bekerja tanpa kita perintahkan paket monitor lambung bekerja tanpa kita perintahkan pergi termonitor harus begitu jamaah di luar biasa sampai kita membuangnya cara membuatnya Hai nenek Ajak anak-anak kita meresap ke ini Hai itu keterangan para ulama kita keterangan para ulama Gina Hai lelah hati ini lelah muliakan newbie Hai dan kalau kita benar-benar bisa ini terakhir blender akhir menjalankan ini semua maka kita akan mendapatkan gelar syukur dari Allah dan gelar syukur ini tuh mahal banget Hai kalau kita dapat gelar ini Allah akan tambah masih ingat surat Ibrahim ayat 7 lainsakartum laadzidanakum jika kalian bersyukur aku akan tambah oleh kan lambat makanya coba Kita Renungkan kita kita mungkin yang sekarang lagi sulit dapat makanan Hai jok bisa jadi penyebabnya karena waktu kita banyak makanan kita lupa bersyukur jamaah lupa kita bersyukur Ayo kita lupa bersyukur Hai cepat kita bersyukur Alhamdulillah dapat ini Ayo kita yang mungkin Bu kannya curang bisa sama korma doang sahurnya hanya bisa sama korma aja bersyukur e-letter tambah syukur alhamdulillah ngebet Cut ane yang jadi yang jadi masalah dalam hidup seringkali dan yang membuat kita gagal bersyukur karena hati dan fokus kita tertuju pada yang enggak ada itu Hai hati dan fokus kita tertuju pada yang tidak ada Hal itu membuat kita Merana Hai itu kayak ayam pop dan itu semua jenis ayam ada depan kita kita nanya ayam kodok Nah ada eh habis lagi nih Hai lupa mensyukuri para ayam-ayam yang udah baris depan kita itu Hai karena fokus kita ke yang enggak ada mencoba kita alihkan dari yang nggak enak yang ada lu Enak tuh yang nggak ada emang bukan rezeki kita pada saat itu Hai kalau nggak mungkin salah ngasih Rizky yo yo telah Ok Google ndak mungkin kalah Hai gosip pernah saya pesan itu dikirim ke alamat lain ya Secara penjara casing salah kirim Tapi secara takdir itu enggak salah Emang itu bukan rezeki kita Rizky itu Hai Rizkita orang yang Yang Duitnya ada di kita itu jadi kita jumpai seorang makanya kita bayare dikirimnya ke sana begitu Jadi mestinya dia the lounge Hai yang ada di kita hai hai Hai jadi fokus dengan yang ada dan fokus tengah dia nggak ada nggak akan selesai-selesai hadirin Indonesia enggak akan selesai-selesai launching fokus dengan yang ada rokok setengah yang ada fokus dengan yang aneh jangan fokus ke yang enggak ada Hai nanti kalau buat keluarga anak-anak diajak kanak-kanak begitu fokus dengan yang ada Jadi bukan permintaan mereka kita porotin semua kita yang ngerusak mental mereka kalau begitu akhirnya rasa haus pada yang enggak ada itu terus Dih dirangsang Harusnya itu anak-anak dididik untuk fokus ke yang ada jadi bersyukur hai hai Hai dan film Rizki Rizki dan takdir Allah enggak pernah salah dan ini lebih catat Hai sebelum penciptaan langit dan bumi hari ini kita menunya apa apa yang kita pilih dan apa yang datang ke kita bisa jadi ankit yang udah kita pilih hitungan datang ke kita mereka Hai jadi fokus dengan yang ada dan terapkan dalam hal-hal lain yang hai hai Hai dan terakhir jamaah sekalian tapi sosial bersabda tentang orang-orang yang bersyukur dalam konteks ini atau ilmu Syakir dimensi Ratih Hai poin Shoulders dalam hadits Tirmidzi Hai atau hadit rwb hal itu berbunyi apa emosi akhir orang yang makan dan bersyukur itu kedudukannya seperti orang yang puasa dan bersabar Masya Allah dari orang yang makan dan bersyukur kedudukannya seperti orang yang puasa dan bersabar Hai jadi kontesnya chloroma Bani jamaah Kalau kita ingin kedudukan kita diwaktu malam seperti kedudukan kita diwaktu siang kencang kita puasa maka syukuri Hai makanan buka kita Hai walaupun Hai cuma nebak dapat nasi bungkus isinya MP orange temen kita Buka isinya ayam goreng pada bungkusnya sama-sama ayam goreng sama tempe orek kita ayahnya enggak ada ternyata yang nyamperin lupa masukin ayam ke bungkusan kita Aldi Syukurin aja the lounge ciri-ciri usaha itu pokoknya enggak kode petak udah dapat ayam goreng ngomong another sekali itu berapa-berapa itu mpah hilang deh tekan ayam goreng ada tempe ada segala macem akhirnya enggak bersyukur Hai Emang elu takdirkan kita makan template doang malam itu udah nikmatin aja Hai gimana siang naro nggak adil loh orang lagi diomongin Yo what's Syukurin nah ketika kita mendapat makanan buka makan malem apapun itu kita syukuri maka kedudukan kita malam itu seperti siang Adik ada pada saat kita puasa Suzanne jadi siang dapat malam dapat paha Hai siangnya dapat malam ini dapet the lounge Hai sahabat itu hadir Inbox Indonesia Hai Kenapa demikian katak 5 APB karena iman itu secara garis besar terbagi menjadi dua G2 sisi-sisi yang pertama sabar dan Sisi kedua itu syukur Hai makanya sebagian pihak berfikir pahala orang yang makan itu lebih rendah daripada pahala orang yang berpuasa itu Bu Hai bisa diluruskan jika yang makan itu Bersyukur kepada allah bersyukur kepada Allah subhanahuwata'ala Indonesia dengan catatan sekali lagi bersyukur Hai dan orang yang bersyukur Taklim optimis melihat makanan itu tuh dari Allah dari Allah hai lalu tetap menanamkan cinta kepada Allah dalam hatinya lu diungkapkan dengan lisannya itulah yang mendapatkan pahala dan Rajab orangnya bersabar Hai ini bisa disampaikan jatuhlah kailan Wah ternyata waktunya habis lagi coba penting ada sesi tanya jawab lagi nih ya semoga Allah ampuni segala kekurangan dan ndak hai hai semoga ya alokasi waktu kita untuk bertanya jawab di kesempatan berikutnya semoga kalau udah kan ini bisa disampaikan jesolo heran dan kita dapat ilmu baru lagi Hai coba mulai perbaiki lagi keseharian kita akan rs-online sangat keseharian dan bisa langsung diamalkan dan ingat kalau ilmu kita mau berkah dan kuat baca-baca lagi di siang hari dibaca karena kan kita tiap hari ini dan go apa baca aja baca-baca terus dia Malin yang bisa diupgrade semoga ada keberkahan dalam diri kita kalau mainin as'aluka Ilman naafi'an menunggu mm wilayah Robbana taqobbal Minna Subhanallah nasional lailahaillaanta saver kutub nilainya Assalamualaikum warahmatullahi
Mp3 Al Quran Terjemahan Indonesia tanpa arabik