Tampilkan postingan dengan label Muhammad Nuzul Dzikri. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Muhammad Nuzul Dzikri. Tampilkan semua postingan

Rabu, Oktober 13, 2021

Jangan Terburu-buru Menyimpulkan

435. JANGAN TERBURU-BURU MENYIMPULKAN | Riyaadhush Shaalihiin

435. JANGAN TERBURU-BURU MENYIMPULKAN Riyaadhush Shaalihiin Bab 17 | Kewajiban tunduk kepada hukum Allah, dan bagaimana sikap seseorang yang diajak kembali kepada hukum Allah dan diperintah kepada kebaikan atau dicegah dari kemungkaran Hadits ke-172 | Hadits Abu Hurairah Radhiallahu 'anhu Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'anhu, ia berkata عن أبي هريرة، رضي الله عنه ، قال: لما نزلت على رسول الله، صلى الله عليه وسلم : { لله ما في السموات وما في الأرض وإن تبدوا ما في أنفسكم أو تخفوه يحاسبكم به الله} الآية ((البقرة:284)) أشتد ذلك على أصحاب رسول الله، صلى الله عليه وسلم، فأتوا رسول الله ، صلى الله عليه وسلم، ثم بركوا على الركب فقالوا: أي رسول الله كلفنا من الأعمال مانطيق: الصلاة والجهاد والصيام والصدقة، وقد أنزلت عليك هذه الآية ولا نطيقها. قال رسول الله، صلى الله عليه وسلم: ”أتريدون أن تقولوا كما قال: أهل الكتابين من قبلكم: سمعنا وعصينا؟ بل قولوا: سمعنا وأطعنا غفرانك ربنا وإليك المصير” فلما اقترأها القوم، وذلت بها ألسنتهم؛ أنزل الله تعالى في إثرها: {آمن الرسول بما أنزل إليه من ربه والمؤمنون كل آمن بالله وملائكته وكتبه ورسله لا نفرق بين أحد من رسله وقالوا سمعنا وأطعنا غفرانك ربنا وإليك المصير} فلما فعلوا ذلك نسخها الله تعالى؛ فأنزل الله عز وجل: {لايكلف الله نفسا إلا وسعها لها ما كسبت وعليها ما اكتسبت ، ربنا لا تؤاخذنا إن نسينا أو أخطأنا} قال: نعم { ربنا ولا تحمل علينا إصراً كما حملته على الذين من قبلنا } قال: نعم { ربنا ولا تحملنا ما لا طاقة لنا به} قال : نعم {واعف عنا واغفر لنا وارحمنا أنت مولانا فانصرنا على القوم الكافرين } قال: نعم” ((رواه مسلم)). "Ketika turun ayat kepada Rasulullah 'Milik Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kalian menampakkan apa yang ada di dalam hati kalian atau kalian menyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kalian tentang perbuatan itu.' (Al-Baqarah: 284). Hal itu terasa berat oleh para sahabat Rasulullah*. Maka mereka mendatangi Rasulullah kemudian mereka berlutut seraya berkata, 'Wahai Rasulullah, kami dibebani amalan-amalan yang kami sanggup; shalat, jihad, puasa, dan sedekah, dan kini telah turun kepada Anda ayat ini, kami tidak mampu untuk melaksanakannya.' Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, 'Apakah kalian ingin mengatakan sebagaimana yang di-katakan oleh pengikut dua kitab sebelum kalian, 'Kami mendengar dan kami membangkang?' Tetapi ucapkanlah, 'Kami mendengar dan kami menaati. AmpunanMu yang kami mohon, wahai Rabb, dan kepadaMu tempat kembali.' (Al-Baqarah: 285).' Maka tatkala mereka membacanya dan lisan mereka telah tunduk kepadanya, Allah menurunkan sesudahnya, 'Rasul (Muhammad) telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (al-Qur'an) dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka rnengatakan), 'Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasulNya, dan mereka mengatakan, ' Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, wahai Rabb kami, dan kepadaMu-lah tempat (kami) kembali.' (Al- Baqarah: 285).' Ketika mereka melakukan itu, Allah Ta’ala menasakhnya, maka Allah menurunkan, 'Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), 'Wahai Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami, jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan.' (Al-Baqarah: 286). Dia berfirman, 'Ya.' ‘Wahai Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami.' (Al-Baqarah: 286). Dia berfirman, 'Ya."Wahai Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami pikul.' (Al-Baqarah: 286). Dia berfirman, ‘Ya.’ ‘Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkau-lah Penolong kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.' (Al-Baqarah: 286). Dia berfirman, ‘Ya’.” (HR. Muslim) assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bismillahirrohmanirrohim Alhamdulillahirobbil alamin wabihi nasta'inu ala umuriddunya waddin Hi Ho nasional Lailahaillallah wahdahula syarikalah wa Anna muhammadan abduhu warosuluh nabiyya ba'dah [Musik] Hai monopsoni ono Salim ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi wa shahbihi wa man saara ala Nazi BSA nyetir Ayo bikin obat hadiri memuliakan Alhamdulillah jaza Bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas segala nikmat dan karunia yang Allah limpahkan dan Allah berikan kepada kita hai nikmat yang enggak bisa kita hitung dan semakin terasa sangat mewah di hari-hari ini hai hai hai hai Hai khususnya nikmat ilmu dan iman ilmu yang bermanfaat Hai yang akan menjaga kita [Musik] Hai jika kita benar-benar menjaganya Hai sebagaimana yang diriwayatkan dari Al Imam As Syafii malamnya Suneo Ilma the lounge10 ilmu barangsiapa yang tidak menjaga ilmu Maka ilmu akan jaga dia di makam Hai bukan hanya belajar kita harus menjaga ilmu tersebut hai hai Hai dan itulah ilmu yang bermanfaat Hai yang bisa memberikan manfaat kepada kita di dunia maupun di akhirat Hai dan bisa kita manfaatkan di dunia ini diamalkan oleh Nabi SAW meminta selalu Allahumma inna Nas aluka Ilman naafi'an wa na'udzubika Minal Minul layarqq Oh ya Allah berikanlah kami ilmu yang bermanfaat dan Inilah Kami dari ilmu yang tidak bermanfaat hai lalu jaga syahadatain kita Lailahaillallah muhammadarrasulullah [Musik] lalu perbanyak Shalawat kepada nabi kita Muhammad Hai Allahumma sholli wasallim wabarik Wahana album al-hanabilah Rosalina Muhammadin wa'ala alihi washohbihi ajmain obat hadirin Allah muliakan Masih bersama imam nawawi rahimahullah dan kita berada di kesimpulan hukum dalil-dalil yang ada dalam bab ini Hai kemarin kita sudah menjelaskan Hai tentang bagaimana Allah dan rasulnya mendidik Ayo kita mulai dari para sahabat sampai kita Sampai detik ini untuk senantiasa menghadapi sesuatu Hai dengan doa Hai dengan hai hai Hai dengar nurut lalu berdoa Hai jangan Hai dibantah dilawan dengar nurut sama Allah lalu Hai berdoa Hai episode kita Jelaskan dan itu penting di hari-hari ini hai hai hai Hai apalagi di 10 hari ini ya jamaah ini waktu yang sangat bagus untuk berdoa yang sangat kuat untuk berdoa I cannot doa salah satu amal saleh yang terpenting dan terbesar dan Nabi SAW bersabda mamina iya mana Ah males soale fiihinna Abdul Ilham Ilham wilayah tidak ada satupun tidak ada satupun amal sholeh yang paling oleh cintai dibanding amal shaleh di 10 hari pertama ini hai hai Hai dan doa salah satu amal shaleh hadirin agak perbanyak doa di hari-hari ini sebagaimana perbanyak dzikir di hari-hari ini perbanyak takbir di hari-hari ini Hai lampu Pada kesempatan kali ini ulama menjelaskan kepada kita atau Sebagian ulama menjelaskan kepada kita bahwa diantara kesimpulan dari ayat-ayat diatas hai hai Ayo kita itu dinding untuk tidak terburu-buru Hai menyimpulkan sesuatu Hai tidak terburu-buru menyimpulkan sesuatu Hai sebagaimana para sahabat itu diarahkan oleh Nabi SAW salep hai ketika Allah berfirman waintubdu mafia anfusikum autofollow hasil.com deh indah Hai dan apabila kalian ini memperlihatkan apa yang ada dalam diri kalian yang Hai atau apa yang disembunyikan Hai atau apa yang kalian sembunyikan youzeek.com Ya Allah akan hisap luka mereka para Selamat datang penulis asam dan merasa berat lalu diarahkan Samina waatona dulu Hi Ho Hai jadi hadirin atau memuliakan hai hai hal ini memberikan pelajaran penting kepada kita Hai Kalau Anda yang membuat kita risau Hai atau ada berita ada sesuatu maka kata para ulama waladika tadi Bun clear muta'allimin another Robin ada muharotin Mualim masuk alihi ama yuriduna Suarakan huh ini adalah LP pendidikan dan pengajaran adab bagi murid atau bagi umat ya Hai agar kalau ada sesuatu yang Hai diskusikan dulu dengan ahlinya tanya sama gurunya Hai diskusikan sama gurunya atau sama pakarnya muharotin Mualim Mualim Hai dan tanya di sini penting oleh taqobbal waalaikum waalaikum pembalap murabbi almarhumah tidur n hilsen Laha dan jangan pernah seseorang itu menerima atau mudah menerima berita Hai informasi tanpa disensor tanpa diteliti tanpa di kroscek bahkan double cross check Hai kepada guru atau ahlinya Hai makanya para sahabat ketika Hai turun ayat yang membuat mereka berat mereka langsung datang ke rosulillahi shollallahu alaihi wasallam Hai mereka menyampaikan Hai bagaimana kondisi dan perasaan mereka hai hai hai lalu Nabi SAW telah menjelaskan bau ini ujian dari Allah hai eh diarahkan sama lesson ini toh ujian dari Allah agar kalian tidak seperti umat-umat terdahulu yang belum apa-apa Udah nolak belum apa-apa udah bilang same 6 Afina Hai coba respon hal tersebut dengan samikna wa atokna samikna Hai agak Samina waatona sampai Allah angkat ujian tersebut akhirnya layukallifullah hunafsan heels ah ah hai hai Hai ini pelajaran penting apalagi hari-hari ini Hai hari-hari ini hadirin kondisi Hai sebagaimana kita semua ketahui hai lalu ditambah lagi banyak sekali Hai berita-berita yang belum jelas kebenarannya yang masih simpang siur Hai britabrita atau info-info itu seringkali membuat gak nyaman kita Hai memberikan rasa takut di atas sebaliknya memberikan harapan yang begitu luar biasa tapi pertanyaan Apakah itu benar-benar harapan atau itu PHP kita atau itu harapan palsu Hai Bagaimana sikap kita jangan buru-buru membuat kesimpulan Apalagi langsung menshare hidup hai hai klub-klub Hai para sahabat itu datang ke rosulillahi shollallahu alaihi wasallam micro cek dulu tanya pakarnya Hai tanya ahlinya the lounge Hai Mbak Hai atau para ulama value rojer Hai hendaknya dia itu mengangkat massal ini ke ahlinya cara mengecek dulu hattaya Alif Aulia terbaik Yana haqqo humminbird Hai sampai dia tahu sampai clear sampai jelas mana berita yang valid mana Yang Hai Aa Ayo kita di mana Yang Kok mana yang fight Ayo kita hadir hai hai Hai kakak Hai ini cocok banget dengan kondisi hari-hari ini Hai begitu dapat berita yang kira-kira sesuai dengan harapannya langsung share Ayo kita hadiri hai hai yo yo kroscek dulu Hai hitung Jalan semut kesimpulan Apalagi langsung Mansyur kita nih tanggung jawab nanti Hai Kalo itu bener kali itu salah lalu Hai ada orang yang ngikutin karena percaya sama kita-kita yang share Hai Terus ada masalah dengan dia itu tanggung jawab di akhiratnya [Musik] Hai jelek Hai apalagi sekarang mudah sekali Hai Phong mencatut nama orang aja muda sekarang lalu dibuat berita berantai apalagi enggak ada narasumbernya seringkali enggak ada narasumbernya pokoknya muncul video aja Hai muncul artikel aja Hai ada narasumbernya aja produk mengkroscek Bener nggak ini benar enggak Profesor ayang bilang demikian benar Enggak ini pakar beya mengatakan demikian jangan di beliau menelpon lebih cara tiba-tiba namanya kemana-mana hai hai the right para sahabat Begitu adanya mendatang Rasul Solo Solo The Fast anu ah lalu Fikri inkuntum lah ta'lamun Hai ini Ken terbesar di dalam Islam di dalam surat Al Anbiya ayat 7 atau berfirman fast anu ahli cryin' pun tumna ta'lamun bertanyalah kepada orang-orang yang berilmu jika kalian tidak tahu jarak kalau enggak suruh kita buat kesimpulan atau guru guru membuat kesimpulan dalam hal yang kita enggak tahu atau yang bukan bidang kita bukan expertise kita hai hai Hai tapi tanya kepada ahlinya Ayo kita para ulama likulli maidan infosat likulli Maiden forzano di setiap bidang itu ada pendekar nya masing-masing hadirin di setiap bidang itu ada ahlinya masing-masing Hai maka serahkan kepada exportnya kepada ahlinya jangan kita loh ini bener ini bener bahkan seringkali banyak masalah ahlinya aja berbeda pendapat Hai itu beda lagi Bagaimana cara menyikapinya hai hai Hai ini hal penting sekali dalam masalah ini Hi Ho hai hai Hai tanya kroscek minta arahan Hai riano kodya colorfy Maslahah layar FH revolog Duo wajah Lupus sababan libur mandi Hai Mila mintil Kalau manfaat di karena bisa jadi dalam hal yang kita gak tahu itu ada Man pada maslahat ada manfaat hai hai Oh ya kita enggak tahu akhirnya kita tolak langsung atau tadi kan langsung SR ini langsung ditolak udah dengan anak laki Tamen Talk Hai akhirnya gara-gara kebodohan kita dan ketidaktahuan kita lalu kita tolak Kita tidak mendapatkan manfaat dalam hal tersebut dari sebaliknya Niaga tesisnya kalau tadi langsung kesimpulannya menerima langsung dishare atau sebaliknya langsung ditolak tergantung Hai nah di kroscek bisa jadi itu bener hadirin hai eh kita enggak dapat manfaat dari berita tersebut kita nggak dapat manfaat dari artikel itu akhirnya merugikan kita ia menilai 3-color ulama lainnya ulama memberikan kaedah catat baik-baik nikahnya menarik bingkai.doc kehidupan hadirin menjahili syai-an ada menjahit Russian ada Ho barangsiapa yang tidak mengetahui sesuatu yang bodoh terhadap sesuatu cenderung membenci hal tersebut yang cenderung itu memusuhi Hai cenderung Mama Say kalau kita enggak tahu manusia itu kalau nabau cenderung Hai cenderung jaga jarak cenderung Mask kecenderungan Simpati cenderung Hai Aapa memusuhi atau membenci Oh gitu hadirin Hai kalau atau sesuatu Hai walaupun ini bukan aku mutlak ini Hai Apa hukum di banyak kasus ya Hai makanya kan ada istilah Tak Kenal Maka Tak Sayang itu loh yaitu begitu maksudnya jadi kita juga punya Qaeda itu sebenarnya Tak Kenal Maka Tak Sayang ini menjahili Sena Hai kalau kita belum mengenal baik seseorang itu kita cenderung enggak kalau enggak ada orangnya baik banget Hai atau cepat jantung termakan isu tentang dia Hai aku masukkan banyak orang bilang dia begini kau anda udah kenal belum eh belum sih ah nge-rap kenal dia dia enggak begitu hadit Samsara begitu hai Hai ini yang perlu kita tanamkan Maksudnya fase-fase kita jangan lupa buat kecenderungan diri kita itu begitu kalau kita belum kenal kita bulan ini kita cenderung Hai nah suka atau musuhi atau oh nggak nggak respek gitulah jadi jangan gampang buat kesimpulan microsecond dulu Hai makanya katanya bisa sama alasan lalu Ilham ta'lamu al-lail nasyi soal Kenapa Kenapa mereka nggak bertanya kalau mereka nggak tahu ketahuilah obat kebodohan itu bertanya masih ingat hadits ini Pernah dulu kita bawakan a definite jamaah Kenapa Nabi sampai mengatakan gitu karena ada seseorang yang terluka Hai cukup serius Hai terus Hai istirahat atau tidur di malam hari mimpi basah orang ini Hai bangun di pagi hari mau salat hai hai Hai agak bingung ini orang anak punya luka yang serius Hai ini harus mandi nanya lah sana teman-temannya saya boleh tayamum gak ya Kata temen-temennya membolehkan ada air Hai kamu harus mandi Kanada akhir kecuali kalau ada airnya ada air saya mau minta untuk nada Air ini ada air Hai akhirnya orang ini mandi pakai fatwanya temen-temen ini suruh mandi habis mandi mati ini orang hadirin ndang Utopia mati habis at the Hai maka berita Academy sampailah ke telinga Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam marah besar lebih kita Shallallahu Alaihi Wasallam Hai Karena nabi kan sangat sayang sama umatnya kau bisa five kejadian begini hai lalu Nabi SAW bersabda kota Duo qotalahumullah kota duhu qotadah humullah mereka telah membunuh sahabat mereka dengan fatwa mereka ini hati-hati Hai maka Allah akan membalas perbuatan mereka Hai lihat bahkan Abi tuh sangat tajam mereka telah membunuh dengan fatwa tersebut paint ikan hati-hati hadiri Hai jangan massal syarat-syarat Sunshine itu kalau benar kalau salah terus orangnya menerapkan eh drop kondisinya orangnya menerapkan meninggal Hai karena itu fake itu palsu Hi Ho Hai jangan sampai kita termasuk kedalam sablonnya Kota Luwuk qotalahumullah Hai mereka telah membunuh orang itu dengan arahan keliru mereka dengan fatwa keliru mereka dengan arahan yang salah yang mereka sampaikan Hai karena Allah yang benar dia orang boleh tayamum adhered oleh Hai kenapa kamu itu bisa kan enggak ada air atau nggak bisa menggunakan air atau kalau nggak kalau menggunakan air bisa memotret dan dia maka boleh tayamum hai hai Hai Luna bisa menggunakan alas Salu Ilham tak lo kenapa mereka Anda bertanya kalau nggak tahu kenapa berfatwa kalau nggak tahu kenapa nggak rahim orang kalau nggak tahu hai kenapa enggak share kalau bahasa kita kalau dia enggak tahu infalet apa nggak kenapa di-share Aneh Inna syifai soal ketahuilah obat dari kebodohan itu bertanya Hai bukan yang oleh organizer dulu hati-hati lo hadirin Kalau salah terus kita taruh di grup dangdut kita ada 100 Ayo kita baru secara 6.56 lewat enam itu salah satu dari grup ya Kak Naswa lagi ke grup yang lain udah berantakan ada Hai dari itu salah dan fatal kadang-kadang kan kita nggak mikir sebagai PHD need to Hai Vira main kirim-kirim ayat itu hati-hati hadirin sekali tak bisa saja Kota Luwuk qotalahumullah mereka telah membunuh basah nabi itu membunuh Padokan mereka nganu Sopo Hai mereka enggak ngegemukin tuh orang-orang Itu temen mereka tapi mereka kasih arahan yang menyebabkan Hai orang ini meninggal dunia Hai Nasa lolos fauna asia Oh makanya hati-hati banget hadirin hati-hati hai hai Hai kalau dalam agama atau hati-hati dalam berfatwa Hai dan semoga Allah menjaga lisan kita dan kalau dalam masa lalunya hati-hati dalam memberikan arahan memberikan eh apa-apa hai oh masukkan hati-hati dalam menshare Hai jangan sampai ketika fatal Aduh maaf ya aku tuh nggak tahu aku cuman sekedar copy-paste doang Hi Ho Oh iya kalau cuman ringan tapi kalau fatal gimana Hai hati-hati hadirin Hai ne pelajaran berharga Hai dari para sahabat Nabi SAW wassalam dan bagaimana Nabi SAW mendidik para sahabat Hai Jaan kita butuh konsep seperti ini khususnya di hari-hari in the Hai semua bisa akses Ya udah ada salah satu pakar spiritual hai hai Hai Itu menjelaskan bahwa fenomena hari ini hai hai Hai atau apa fenomena sosial media sosial media itu banyak sekali manfaatnya dek wong kita jadi pakai sosial media Ayo kita sangat banyak manfaatnya tapi Hai sama dengan hal-hal yang bermanfaat lainnya dan halo halo salah di atas Allah digunakan itu bisa berakibat fatal dan salah satu pakar mengatakan bahwa salah satu yang harus diwaspadai dan kita harus ekstra hati-hati adalah hai hai I am Hi Ho Hai kalau kita tidak diberi Taufik organik basah saya bukan Apakah itu kalau kita diberi Taufik oleh Allah Hai dan kita tidak bersikap tepat itu bisa membuat menghilangkan spesialisasi cara menghilangkan spesialisasi ini maksudnya apa karena semua orang bisa bicara Hai moyang pagar ya enggak pakar bisa bicara ia bahkan seringkali kekuatan yang bukan pakar dalam menyebarkan berita itu lebih kuat daripada kekuatan pakar yang pakarnya dalam menyebarkan berita yang benar semakin bisa bicara Kak kalau dulu mungkin enggak hal yang pakar harus reda semua sekarang bisa sekarang hadir Hai Nah kita harus minta pertolongan sama Allah hai hai Hai jadi bayangkan Coba kita Noah kita nih buka sosial media atau baca sebelum baca minta pertolongan enggak sama Allah ini kadang-kadang kita suka lupa baru bisa jadi tuh merubah hidup seseorang loh yo yo Hai makanya minta pertolongan sama Allah habis minta pertolongan semua allah terapkan sunnah Nabi SAW salam kalau berita kroscek sama pakarnya tanya kepada ahlinya gitu adek Hai ini hal yang sangat penting hai hai eh salah minta pertolongan kepada Allah Hai minta pertolongan kepada Allah dan kalau kita sedap terlanjur mungkin ada kelihatan salah jangan pernah ragu untuk minta maaf hai hai Hai atau klarifikasi kemarin yang saya kirim tuh ternyata tidak falid tolong di inikah hai hai hai aduh Kemarin saya salah menyampaikan Hai sama salah hadir Hai orang yang minta-minta Maaf itu mulia Hai mulia Hai yang mengakui kekalahan itu mulia dan kita banyak salah Kok diread kalau banyak Adam couple Setiap anak Adam banyak melakukan kesalahan hai hai Hai jadi tidak perlu kita camkan bersama-sama hai hai Hai itu poinnya dan terakhir hadirin Hai khususnya di hari-hari ini perbanyak berpikir kepada Allah terbanyak bertakbir Hai dan jangan menerima berita kecuali dari ahlinya Hai seringkali karena terlalu Hai nikotin akhirnya kita jadi Hai mengurangi waktu berpikir kita kepada Allah Hai akhirnya kita memangkas waktu bertakbir kita kepada Allah Hai padahal tiket dan parkir jelas manfaatnya ala bidzikrillahi tathmainnul Qulub ke Thailand dengan mengingat Allah hati jadi tenang I hate jauh lebih dinomorsatukan Ayo kita harus ditekankan Hai Persela itu tak hanya terima berita dari ahlinya unkl347 cek tanyakan jangan cepat-cepat buat kesimpulan Hai kalau ajalah tuh minasyaiton terburu-buru itu dari syaithon Hai terburu-buru Dari saya Pak Hai dan tahan nih minallah hati-hati matang dan perhitungan itu dari Allah jamaah tapi kalau ajalah hal-hal Jannah minasyaiton elektro jatuh minasyaiton terburu-buru itu dari syaithon Hai ini bisa disampaikan kita buka sedikit waktu untuk sesi tanya-jawab dan manfaatkan 10 hari ini hadirin manfaatkan kita udah ada di tengah 10 hari ini enggak ada waktu lagi untuk melalaikan autolock salam warna bin Muhammad e-club kita buka sesi tanya jawab hai hai Hai Subhana yo yo hai hai hai hai hai hai hai hai Hi Ho MP3 hai hai Hi Ho the lounge hai hai Hai assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh ustadz semoga Allah selalu merahmati menaungi dan melindungi merahmati ustadz dan keluarga juga tim jamaah semuanya amin ya robbal alamin izin bertanya Ustadz Syekh sedang berusaha untuk selalu Istiqomah dengan Alquran hamdulillah membaca dan menghayati artinya sedang membaca tafsirnya di setiap selesai sholat fardhu tapi sering suami saya keberatan jika saya baca Alquran seperti itu Hai kadang beliau bilang kok ngaji terus beliau ingin ditemani tidur hai oh iya beliau sudah sampai sudah hampir 10 tahun stroke Hai jadi hanya di kursi roda dan tempat tidur saja mohon tausiyahnya Ustadz manakah yang saya dahulukan tetap membaca al-quran atau memenuhi panggilannya termasuk juga jika sedang pikir habis sholat maupun dzikir sore Syukron atas perhatiannya just now akrab Hai terima kasih atas pertanyaannya semoga Hai suami yang bertanya diberikan kesembuhan atau diberikan yang terbaik Hai digugurkan segala kelasnya dan diangkat derajatnya dan semoga yang bertanya diberikan kesabaran dalam berkhidmat kepada suami dalam kondisi seperti ini pahala besar dan bersyukurlah bisa berkhidmat kepada suami ini NASA Hai ada banyak istri itu ingin berhemat kepada suaminya nggak bisa hai hai Hai jadwal hai kenapa Kan ada suami kita artinya sebelum menikah Hai atau suaminya ndak suka sama dia Ayo kita Hai suaminya jahat sama dia Hai jadi ya kasus banyak seperti itu hadiri makanya bersyukurlah kalau kita nih sebagai istri nge-rap bisa berkhidmat kepada suami kita Ok Google Hai itu nikmat dari oleh harus kita syukuri dan itu bukan beban itu nikmat hai hai Hai yang kedua di mana Yang Hai didahulukan tetap membaca al-quran atau memenuhi panggilannya pada dasarnya kan kaidah menyatakan al-jamal Hairun minat Arji atau al-jam'u AlaMina tarji al-jam'u awal laminator JYJ In amkan Edo usul Fiqih itu ya menggabungkan dua dalil itu lebih didahulukan daripada mendahulukan yang satu dan eh eh Hai menomorduakan yang lain Jadikan semua ini bisa hadirin Hai kalau Waktunya tidur dan bersama beliau udah kita bersama beliau itu palanya luar biasa itu pahala wajib Hai ribosom itu kunci surga Hai selama bukan dalam perkara maksiat untuk saja yang kedua kan pada dasarnya ya saya enggak gembel beliau menjelaskan kondisi detail pada dasarnya kan soalnya butuh enggak 24jam enggak lompat jauh detik-detik ajak tidur aja kan nggak jadi di waktu-waktu yang lain itulah kita gunakan untuk baca Quran untuk berdzikir Ayo kita lah Hai atau dzikir pagi atau kekangnya sambil nemenin suami istirahat di kasur gitu loh di tempat tidur bisa akan jadi dua-duanya berusaha diatur waktu ini minta pertolongan pada Allah keberkahan waktu Makanya jangan lupa bacakan Hai asbahna Wa ashbahal mulku lillaahi rabbil alamin Allahumma inni as aluka khairaha kalium fatkhu anak Rahwono roh wabarakatuh tahu bahwa udah kita minta keberkahan waktu di hari ini nanti kalau malam fatahal nuroh wabarakatuh Wah udaha kita minta keberkahan waktu di waktu malam yang tak keberkahan sama Allah subhanahuwata'ala Hi Ho yo yo hai hai hai hai Hi Ho hai hai Hai orgasme hai hai Hai assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullah Semoga Allah merahmati imam nawawi Ustad keluarga tim dan seluruh kaum muslimin amin ya rabbal alamin hai hai the world saya beri saya nasehat Saya punya masa lalu yang sangat buruk dan kotor Ustad Allah telah memberikan Taufik untuk berusaha meninggalkan kemaksiatan tersebut dan Saat ini saya sedang berusaha menghafal Alquran dengan Segala kelemahan dan keterbatasan aneh namun sulit sekali Ustad sehat lupa lagi sehafal lupa lagi ke sadar ini efek dosa-dosa di masa lalu beri saya nasehat Ustadz jazakallah Khairan wa barakallahu fiikum hadirin untuk memuliakan Hai tidak diperoleh Hai Tidak diragukan lagi hal ini Hai dipengaruhi juga oleh dosa-dosa kita jadi salah satu faktornya adalah dosa-dosa hai hai ia masih ingat ucapan Hai apa Ucapan waqia kepada Imam Syafi'i hai ketika imam Syafi'i merasa hafalannya sedikit berkurang padahal berkurangnya havenshop itu masih maksimalnya kita adhered to Hai qwetu Ira Waqiah suaeb Farsya Deni Ira terkecil maafin Hai aku Hai curhat sama Imam waki Guruku Hai tentang menurunnya hafalanku lalu gagal beliau Hai beliau Arahkan aku untuk meninggalkan atau beliau Arahkan untuk meninggalkan maksiat padahal dirawat norsafe nggak sengaja Hai nah sengaja melihat Hai yang tersingkap dan sengaja Ayo kita kalau hai hai Hai itu aja dampaknya demikian Hai dan nasehatnya tinggal pokoknya tinggalkan Maaf ya hai lalu Imam waki melanjutkan bahwa ilmu itu cahaya Wow nurullahi lahir Tali Asih dan cahaya Allah tidak Allah berikan kepada ahli Maaf ya enggak memberikan maka perbanyak istighfar dan Taubat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala yo yo Hai merah mah kalau yang nggak sengaja aja mempengaruhi hafalan apalagi yang sengaja Hai apalagi bukan sengaja bukan sekali bertahun-tahun Hai apalagi yang bukan hanya sekedar ngeliat tu hai naudzubillah tsumma na'udzubillah Hai negara itu Taubat taubatan nasuha lalu coba lagi coba lagi coba lagi hai hai Hai Jadi pertama istighfar dan Taubat adere istighfar dan taubat Hai kali yang kedua Hai para ulama Quran itu ketika ditanya atasi resep menghafal Hai beliau mereka menjawab secara teknis maksudnya setelah minta pertolongan kamu Allah obat ya Hai kuncinya cuman satu hadirin Atik horor mengulang mengulang mengulang mengulang lulus hai ketika roh Hai mengulang hai hai Hai jadi segera istighfar Taubat minta pertolongan sama Olla terus diulang diulang diulang Hai semua hai hai Ayo kita nih kurang-kurang semuanya kurang tobat kura minta pertolongan Allah terus kurang ulet pulangnya aku udah ulang composted berapa kali hai hai Hai ada banyak penghafal Quran yang hafalannya sekarang hebat-hebat itu satu ayat diulang 100 kali Hai saat sekali adek udah selesai sekali belum di belakang Hai setiap ayat 100 kali Hai dan itu bukan satu-dua orang yang lakukan hal itu hai hai Hai terkena itu ini Taubat minta pertolongan ulang Hai kalau 20 kalau 10 kali masih lupa 20 kali 20 kali 40 kari 40 kali 60 kali terus atau akan Kekasih Terhebat kita Hai tolong tolong Bishawab hai hai hai maaf hai hai Halo assalamualaikum warahmatullah wasallam warahmatullahi wabarakatuh semoga kalian manfaat menjadi penambah keimanan kemuliaan imam nawawi dan semoga keberkahan selalu Allah berikan kepada ustadz dan tim dan jamaah semua Amin ya robbal alamin Bagaimana cara menasehati teman dekat yang perlu diuji dengan kesehatannya boleh baru berusia tiga puluh tahun namun diuji dengan beberapa penyakit seperti obesitas stroke dan divonis dokter sisa hidupnya enggak sampai tiga bulan lagi saat ini pun sedang covert untuk ketiga kalinya Alhamdulillah rafani motor hobi memotret dan merekam Oh ya sudah pernah ikhtiar untuk kirimkan buku doa dan wirid memberikan hiburan dengan kiri makanan dan nasehat dan mendoakannya penuh juga kirim links sosial media ustadz dan beliau sudah menyimak Tapi kemarin beli update status seperti putus asa dengan mengucapkan Tuhan dimana ya Lagi sibuk kali ya kalau saya dicuekin Saya sedih banget bacanya tapi bingung gimana nasehatin takut salah ngomong mohon nasehatnya Ustadz jazakallah Khairan Hai Waalaikumsalam warahmatullah karya Waalaikumsalam yang pertama untuk kita semua ingin dengar banyak-banyak bersyukur kepada Allah Hai banyak-banyak Bersyukur kepada allah subhanahuwata'ala nikah sini pak kita banyak sekali banyak-banyak bersyukur kepada Allah Hai yang kedua hadirin hai hai Hai Letakkan semua pada porsinya Hai vonis dokter Hai dudukan sesuai dengan porsinya juga banyak Hai dokter tidak memastikan tapi menganalisa sesuai dengan ilmu yang lokasi Kepada beliau dan mereka Hai dan bukan berarti ke sok Papa bukan berarti Harapan itu Pupus enggak Ok Google Hai Saran saya pertama Bagian bertanya bersyukurlah kepada Allah yo yo kita diberikan nikmat Hai oleh Allah subhanahuwata'ala [Musik] Hai yang kedua doakan Hai sahabat kita itu atau teman kita itu tuangkan Jangan hanya mengandalkan nasehat kepada Hai teman kita pingin kuatkan cc doa apalagi di 10 hari pertama gereja ini doa-doa doa-doa Hai yang berikutnya Hai tanam bertanya seperti ini out di dampingin dia Hai Alone untuk dampingi dia dan ajak dia kembali kepada Allah subhanahuwata'ala jumping nya Hingga tim terus diingetin kasih perhatian hai hai Hai dan salah satu hal yang perlu disampaikan bahwa status seperti ini hitungan menyelesaikan masalah Coba tanya sama dia setelah kamu update status seperti ini hati kamu tenang apa enggak hai lalu yang kedua kalau nggak tenang tambah BK pertama buruk pasti tambah board dan enggak pernah akhir-akhir ini itu berarti salah Hai itu berarti salah katakan salah satu indikator kebenaran itu apa asedo tuma'ninah Hai kejujuran dan kebenaran itu adalah ketenangan Hai Olga Timur ibah Hai dan kebohongan kedustaan Hai dan kesalahan itu Hai kegalauan Hai ketidaktenangan kita Hai jadi sensornya the simple aja Hai Emangnya kamu tenang dengan cara begini hai hai Hai kok biasanya kotoran difensore atau pilih nih kamcar sikap kamu gini aja menunjukkan ini Carens Allah mau sebanyak debat pakai rumus-rumus apapun Ayo kita sama kalau salah obat Hai tubuh itu bereaksi hadirnya Ya udah langsung stop aja tempatmu seribet ribet salah obat itu Hai Kak kalau makan cabe rawit itu tubuh bereaksi langsung kepedesan gimana terhenti root pedes-pedes Stasiun banget terus sama cabenya gimana sih Ya udah kalau aku enggak mau kepedesan oleh berhentiin aja itu ya Solo lebih akan membaik sebelumnya bahkan cabenya Hi Ho Hai kalau ingin enggak putus asa rumah polanya gitu aja rubah pola berarti pola ini sudah terbukti gagal pola Andani hari-hari ini terbukti gagal Hai dan merusak buktinya kamu putus asa Hai output itu tergantung input gitu output tergantung input Hai cocok merubah pola kembali call tapi aku udah setor Palapa Lahir Batin apa enggak Hai ditempel kita camkan serasa cukup sampai disini dan terus tuangkan beliau dan seluruh kaum muslimin Semoga mendapatkan Taufik Hidayah dan dijaga oleh Allah tabaroka wa ta'ala ke-10 oleh Agan Robbana taqobbal Minna kalau mainin as'aluka Ilman Nafia udah-udah bikameral wilayah Va Subhana kelebihan nikah Shadow La ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaih Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar Lailahaillallah uang allohu Akbar Walillah Ilham Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar

Jumat, Oktober 08, 2021

Sebaik-baik Ucapan Adalah Firman Allah

448. SEBAIK-BAIK UCAPAN ADALAH FIRMAN ALLAH ﷻ | Kajian Kitab Riyaadhush Shaalihiin

448. SEBAIK-BAIK UCAPAN ADALAH FIRMAN ALLAH ﷻ Riyaadhush Shaalihiin Bab 18 | Larangan bida' & Muhdatsaatil Umur (hal-hal yang baru) Hadits ke-174 | Hadits Jabir Radhiallahu 'anhu Dari Jabir Radhiallahu ‘anhu, beliau berkata وعن جابرٍ ، رضي اللَّه عنه ، قال : كان رسولُ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم ، إِذَا خَطَب احْمرَّتْ عيْنَاهُ ، وعَلا صوْتُهُ ، وَاشْتَدَّ غَضَبهُ ، حتَّى كَأَنَّهُ مُنْذِرُ جَيْشٍ يَقُولُ : «صَبَّحَكُمْ ومَسَّاكُمْ » وَيقُولُ : « بُعِثْتُ أَنَا والسَّاعةُ كَهَاتيْن » وَيَقْرنُ بين أُصْبُعَيْهِ ، السبَابَةِ ، وَالْوُسْطَى ، وَيَقُولُ: « أَمَّا بَعْدُ ، فَإِنَّ خَيرَ الْحَديثَ كِتَابُ اللَّه ، وخَيْرَ الْهَدْى هدْيُ مُحمِّد صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم ، وَشَرَّ الأُمُورِ مُحْدثَاتُهَا وكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلالَةٌ » ثُمَّ يقُولُ : « أَنَا أَوْلَى بُكُلِّ مُؤْمِن مِنْ نَفْسِهِ . مَنْ تَرَك مَالا فَلأهْلِهِ ، وَمَنْ تَرَكَ دَيْناً أَوْ ضَيَاعاً، فَإِليَّ وعَلَيَّ » رواه مسلم "Apabila Rasulullah berkhutbah, kedua mata beliau memerah, suara beliau tinggi, dan amarah beliau memuncak, seolah-olah beliau adalah orang yang memperingatkan kedatangan pasukan musuh yang mengatakan, 'Awas, musuh akan menyerbu kalian di waktu pagi dan sore hari.' Beliau bersabda, 'Aku diutus, sementara rentang waktu antara aku dan kiamat adalah seperti ini.' Beliau menggandengkan jari telunjuk dengan jari tengahnya. Beliau bersabda, 'Amma ba' du, sesungguhnya se-baik-baik perkataan adalah Kitab Allah, dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad serta sejelek-jelek ajaran agama adalah ajaran agama yang dibuat-dibuat, dan setiap yang bid'ah adalah sesat.' Kemu-dian beliau bersabda, 'Aku lebih utama terhadap setiap Mukmin daripada dirinya sendiri. Barangsiapa yang meninggalkan harta, maka itu untuk keluarganya, dan barangsiapa yang meninggalkan hutang atau tanggungan , maka urusannya diserahkan kepadaku dan menjadi tanggunganku." (HR. Muslim) assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bismillahirrohmanirrohim alhamdulillahirobbilalamin nahmaduhu wanasta'inuhu wanastaghfiruh wa na'udzubillahi Min sururi anfusina momen saya Ati al-madinah menjadi hilang oval mudhillalah wa menu grill kalau hadiah masa2 Lailahaillallah Hai wahdahula syarikalah Wa Anna muhammadan abduhu warasuluhu Hai tidur Hai celana biaya pada 10 sholli wasallim ala nabiyyina Muhammad wa ala alihi washohbihi waman Sara oleh Nazi bisa nilai minum obat hadirin Allah muliakan Alhamdulilah Irak panjatkan puji dan syukur kita kepada Allah subhanahuwata'ala atas segala nikmat dan karunia Allah uraikanla limpahkan kepada kita Hai Girls sebagaimana Halo selamat dan salam Semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita nabi kita Muhammadin sholallahu Alaihi Wa Sallam beserta para keluarga para sahabat dan orang-orang yang istiqomah berjalan dibawah naungan sunnah beliau sampai hari kiamat kelak hadirin Allah muliakan selalu minta kepadaMu ilmu yang bermanfaat allahumma inna Nas aluka Ilman naafi'an wa na'udzubika Min layan Ya Allah berikanlah kami ilmu yang bermanfaat dan Lindungilah kami dari ilmu yang tidak bermanfaat Hai Karena melakukan Yi itu bukan maklumat kata para ulama bukan sebatas konten bukan sebatas hafalan walaupun semua itu penting tapi Imam Syafi'i rahimahullah mengatakan ilmu Minerva oleh sama fulfill ilmu itu yang bermanfaat bukan yang hanya sekedar dihafal Hai walaupun hadirin hafalan itu sangat penting Hai untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat itu ah kita harus terus minta sama Allah lalu kakak para ulama bukan hanya ikut kajian bukan sebatas mengkaji kitab para ulama seperti riyadusholihin tapi kita pun juga harus memuliakan ilmu hai hai Hai ulama mengatakan nan layu creamer kelima layu krim mohon ilmu Hai gede barangsiapa yang tidak memuliakan ilmu maka Allah akan memuliakan dirinya dengan ilmu tersebut hai hai Hai jadi kalau kita tidak memuliakan ilmu Hai maka kita nggak akan dimuliakan Hai karena al-jaza minjinsil amal balasan itu tergantung jenis perbuatan balasan memuliakan dimuliakan balasan memuliakan Hai itu dimuliakan Hai Jaan Hai Oleh karena itu hadirin orang muliakan marilah kita berusaha bukan hanya belajar tapi memuliakan Hai dari segala aspek dari segala aspek di mulai dari cara duduk mulai dari mencatat memperhatikan menyimak nggak ngobrol atau sibuk dengan yang lain kecuali kalau kondisi tidak memungkinkan ya Hai jauh lebih kalau masih bisa ditunda atau eh hanya terpancing dengan wayang masuk itu enggak memuliakan teh kalau disuruh suami nyampein sarapan ya udah sekalian karena kita di waktu pagi atau anak yang harus diurus maka kata para ulama setelah mastatho'tum bertakwalah kepada Allah shampo kalian Hai tapi memuliakan itu penting namun yakin itu sangat penting Hai ini yang perlu kita tanamkan bersama-sama Hai hadirin yang kami muliakan Hai dan terus jaga syahadatain kita Hai nekat tauhid kita jaga semangat kita mengikuti nabi kita shallallahu alaihi wasallam dan perbanyak shalawat dan salam kepada rosulillahi shollallahu alaihi wasallam kita kembali kepada atau kita kembali dengan Imam an-nawawi rahimahullah Semoga Allah merahmati beliau keluarga beliau orang tua tapi Semoga Allah merahmati seluruh kaum muslimin dimanapun berada I am beliau masih mendidih kita dengan hadits Jabir hadis ke 175 hai hai Hai Mari kita langsung masuk karena kita sudah berada eh sudah beberapa hari bersama adik Jaber ini hai hai hai hai Hi Ho Evercoss hamdulillah Hai yakni kalau SMA com hai hai the milk and Jabir radhiallahu ta'ala Anhu dari Jabir semoga Allah meridhoi beliau karena Rasulullah Shallallahu'alaihi Dakota ba eh main akho tubuh beliau jika berkhotbah makal at Hai Natal beliau merah suara beliau tinggi dan beliau berapi-api atau kehendak umum hiruzen seolah-olah beliau adalah orang yang atau Panglima yang memperingatkan pasukannya akan kedatangan musuh mereka yang mengatakan Sabah aku masa Om hati-hatilah dan waspadalah Moskow akan menyerbu kalian diwaktu pagi dan sore hari yocool lalu Beliau menyampaikan waktu wanawasa ataukah hate ini aku diutus sedangkan jarak aku dengan hari kiamat seperti jari telunjuk dan jari tengah Wow cool anime Bandung halo halo Hai Rasulullah SAW bersabda ngebadut Chairul hadit kitabullah dan hai hai Hai sesungguhnya sebaik-baik ucapan sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan akhir-akhir manalah Hai al-qur'anul Karim hai hai hai hai Hi Ho Ayo kita Berhenti sejenak di penggalan ini Hai karena penggalan ini itu sangat dalam hadirin sekalian MP3 j&t hai hai I am kuncian ya kuncian dari hai hai Hai respon kita dan sikap kita Hai hadirin yang mulia akan Hai Rasulullah SAW menyampaikan Hai bahwa sebaik-baik ucapan Hai sebaik-baik ucapan adalah Firman Allah ini Tentu saja Ini bukan semua retorika yang diucapkan leluhur menguap begitu saja hai hai Hai ini adalah prinsip ini adalah keyakinan ini adalah iman kepada kitab suci Hai rukun iman yang ketiga Hai ini enggak main-main added it hai fahimna khoirol Hai sesungguhnya sebaik-baik perkataan file nah Chairul hadit kitabullah dan hai hai Hai sebaik-baik ucapan perkataan adalah kitabullah dan Hai firman Allah di dalam al-quran al-karim hai hai hai hai hai hai Hai hadirin sekalian Bukankah kalau kita mau mengevaluasi diri ini Hai bahwa Hai salah satu penyebab terbesar Mengapa kau hai hai Hai Hah seseorang sulit untuk mengamalkan Alquran Hai atau bahkan enggan untuk menjalankan apa yang ada di dalam Alquran organik Halo ada orang nggak langsung terima hai hai Hai sebagian yang lain Lebih bangga dengan Hai ucapan-ucapan tokoh-tokoh besar dunia tercatat Hai dan lebih banyak menukil ucapan mereka Hai Crush the lounge yo yo Hai andrina ngetik nulis lebar ok yo yo Hi Ho Hi Ho Hai dari banyak tuh fase hadirin berkata a mereka tobe berkata C bahkan hafal Hai tapi Hai tanpa disadari dianggap Ana nukil al-qur'anul Karim MP3 enggak pernah mengangkat semua ayam ini tentu saja AD Hai harus Dengan pemahaman yang benar ya sudah kita Jelaskan nggak boleh main oke Mungkin aja Hai Jadi kalau Hai nama besar dunia disemprot Hai pada dasarnya kita tahu konser ulama alhakku balon Mukmin hai hai Hai kebenaran itu seperti harta yang hilang bagi seorang mukmin siapapun yang mengucapkannya bahwa ah Aku lebih maka dia lebih berhak untuk itu Hai ini di Luke ucapannya nukilkan dari Sebagian ulama klasik dan diantaranya Adi bin Abi Thalib radhiallahu'anhu AD Hai akhirnya siapapun yang bicara tentang kebenaran dan hikmah dan itu benar-benar Ayo kita terima tapi yang jadi tanda tanya kenapa ya Hai kok hai seseorang itu lebih tertarik ia mengangkat ucapan manusia dibanding hai hai Hai firman-firman Allah subhanahuwata'ala Hai sadar atau tidak disadari ini sangat berkaitan dengan prinsip yang disampaikan Rasulullah Shalallahu dalam khutbah-khutbah beliau file nah airheaded kitabullah sesungguhnya sebaik-baik ucapan adalah Firman Allah Hai karena kalau kita Yakin atau seseorang yakin Bos sebaik-baik ucapan sebaik-baik kalimat sebaik-baik keterangan adalah apa yang love mantan di dalam Alquran maka seseorang itu secara otomatis menjadikan Alquran sebagai prioritasnya hai hai Hai ada sebagian orang nggak mau ikut kajian Hai tapi dipotong sama Hai hobinya baca buku Hai macam buku abacha mebaca buku C tapi tak punya waktu untuk mengkaji al-qur'anul Karim hai hai Hai dana tertarik hai hai Hai maka sadar atau tidak sadar ini berkaitan dengan prinsip ini file nah Khairul Paddle kitabullah dan Hai sesungguhnya sebaik-baik ucapan adalah Firman Allah Hai sebaik-baik ucapan adalah Firman Allah hai hai The Mask hobinya apa aku baca buku a minimum dua minggu sekali itu harus hatam sebuah buku jadi kak baca buku itu Oh Hai selesai itu setiap dua minggu sekali ia Hai cowok ini berarti kalau Alquran 3 hari sekali domas Oh kalau Alquran 6 Oh ya adalah Adalah gitu hai hai Hai seringkali cuma setahun sekali faktor mohon hai hai Hai aku makan jugalah Khattab Hai dan kalo bacaannya baca aja ndak ngerti maknanya dan enggak mempelajari maknanya Hai Mungkinkah bagi orang yang hobi baca yang lebih belajar lalu dia dapat rekomendasi yang nge-rap Hai buku terbaik di dunia Hai dan mendapat Nobel penghargaan lima tahun berturut-turut Aku maunya ini juara bertani matang Toronto aku mungkin 10 tahun nurtures buku ini selalu menang Nobel Hai kira-kira adek pengen baca nggak e&o banyak baca Hai hobinya apa Mas belajar Hai secepat Infinite bobotel ini mau pemenang Nobel lima tahun berturut-turut Hai kira-kira secara naluriah apa yang akan dia lakukan Dia kan cari buku itu hai hai the discharge bobok itu hai hai hai eh ternyata ketika dia dapat tubuhku berjuang tergoda mercenary cakep toko online ataupun anbe terus hunting sana hunting sini udah kamu cari lagi kenapa ini mau kok ngebel lima tahun berturut-turut asli bagus ini buku terbaik Saya pengen punya nih CPNS baca Saya pengen belajar hai kya GT dampak setelah berjuang Hai Nah pas dia dapet ternyata Hai buku ini ditulis dengan bahasa India nggak ngerti Hai misalnya buku ini ditulis pakai bahasa apa pakai bahasa panas Hai pakai bahasa Zimbabwe Nih misalnya enggak tahu yang ada di pundak situ aja hanya susah ya Hai pakar-pakar bahasa Indonesia mungkin juga jarang banget yang bisa bahasa itu kira-kira dia akan putus asa Atau Dia akan cari siapa nih ahli bahasa Zimbabwe ada kasih kalau Mbah Google Nana Indonesia Zimbabwe kita nggak deh di Indonesia Inggris Kanada banyak Hai kamus bahasa nyata Ya pokoknya itu lah bye Hai ndak kencar itu siapa Neng pakar bahasa ini hai hai Fairuz bisa ane harus ngerti gitu loh Hai rugi banget Hai aku bacem buku beratus-ratus Hai dan mayoritas buku itu enggak pernah menang Noble bukan buku terbaik tapi aku halte masa ini enggak hitam jangankan Hotel masa Muqaddimah atau pendahulunya saja aku nggak ngerti apa pasal pertamanya aja aku nggak ngerti ini maksudnya apa sih Mbak pertamanya Jangkungan ngerti apa maksudnya Hai maka dia akan terusik hadirin ini akan cari tahu apa Hi Ho hai hai Hai apalagi kalau dia belinya mahal Berapa harga buku Misalnya 500 dollar timah ratus dollar masa buku 500 dollar ya kan buku menu pemenang Nobel nih gimana ton berturut-turut 500 dollar ya udah mau beli ini beli itu Hai akula.in orang yang ngerti bahasa buku tersebut diterjemahkan the hai hai Hai sudah nengok bisa Hai kok bisa Dedes kalian memuliakan yo yo hai hai Hai seorang muslim hai hai hai lalu dirumahnya ada Alquran Hai di rak bukunya tuh ada Alquran hai hai hai lalu kalau kondisi sekarang buka YouTube toada keterangan tentang ayat-ayat al-qur'an dikaji Hai seperti ini rossonero Solihin kita tahu setiap dimulai dengan ayat-ayat al-quran Hai ataukah cinta John Pak sedangkan yang menjelaskan dengan benar tahu gak tertarik itu loh Hai kok nggak tertarik hai hai Hai kok enggak tergerak Tapi udah baca karya Aa udah kebaca karya B udah baca karya Sel udah kalian baca kalian Hai kalau baca berita di sosial media berjam-jam Hai ini kan karena Apakah kita yakin Hi Hain na Khairul Hadi kitabullah sebaik-baik ucapan adalah Firman Allah dalam al-quran untuk yang itu keyakinan-keyakinan apa kita Hai negeri Hai itu tadi Kalau ada yang hobby belajar Bukopin baca buku terus ada buku menang Noble lima tahun berturut-turut ternyata bukunya pakai bahasa Zimbabwe Hai juga bahasanya sendiri aja kita baru denger ada bahasa Sona ada sosa Anda Fenda ada warna pokoknya pernah denger NATO bener-bener kayak kita di pasar pernah dengar tetap ada bahasa font enggak ada Fenda ada pewarna Hai ini Quran pakai bahasa Arab dari dulu kita dengar Hai ye telah hai hai Hai dari dulu denger ane Ente aja udah katam gitu ane ente Hai yang lain nah mulut alarm Hai banyak Kosa katanya itu sudah jadi bahasa sarapan di Indonesia musyawarah internet Hai memahami kan fahima yafhamu Ayo kita lah Hai ilmu-ilmu Islam Halo bagaimana kabarnya kabar khobar Itu banyak banget Hai iklan pengumuman earland Gan banyak banget hadir itu Hai aku nggak mau diterusin itu untuk dikaji Hai apa kendalanya yakin Kabau Ini adalah ucapan terbaik kok gak punya waktu untuk belajar Hai kok nggak pengen tahu gitu loh nggak pengen tahu hai hai Hai sedangkan kalau yang ngantuk bu bisa Hai cantik hai hai the set tahu ada-ada ada beberapa orang itu yang saya tahu apalagi yang sangat lebih banyak lagi Kak Ayo kita orang-orang Hai yang keluar negeri selalu beli buku Hai bangunkan Hai Mbak khusus pakai koper semakin banyaknya Hai makan khusyuk luar negeri untuk beli buku juga anda Hai punya lain Belanja apa selalu book store selalu toko buku blanja.com bling-bling kemanapun hai sang cari buku bahkan khusus melakukan perjalanan ke beberapa negara untuk beli buku hai hai Hai Om bukannya bagus Kak bagus Hai tapi seharusnya sesuai dengan logika yang terbaik harus diperoleh taskan file-file hadis kitabullah maka sebaik-baik ucapan adalah Firman Allah dalam al-quran organik Hai karena ini yang enggak ada keraguan semua buku tuh bisa salah bisa benar Hai muhassir riset bertahun-tahun pun bisa atau pasti ada kesalahan namanya juga buatan manusia tapi kalau Alquran keto the baca di awal al-baqarah Alif Lam Mim dzalikal kitabu la raiba Fih hudalil Muttaqien Adiklah negara di kalau kita bola roibafi kitab ini enggak ada keraguan sama sekali tidak ada keraguan kan kita udah hafal ayatnya there Ya udah Dek Alkitab laroybafi kadang ramuan mudah lemon t**** sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa Hai gak ada keraguan pasti Hai cuman kita percaya apa enggak ia Bahkan bukan enggak ada kram Koya ada keraguan Hai dan ini petunjuk Hai petunjuk the lounge hai hai Hai petunjuk bukan orang bisa beli buku yang isinya hanya menghibur saja hanya membuat dia tersenyum ketika Hai atau hanya seru-seruan Hai fiktif ia bahkan sebagian enggak ada pesan moralnya juga tapi kalau kita ke rumahnya itu koleksinya banyak banget Hai teknik radikal kitabo laroybafi hudallilmuttaqin ini kita tidak ada keraguan di dalamnya sebagai petunjuk-petunjuk jamaah Hai siang kenapa kita dengan ayat ini Hai dan bukan hanya Hai petunjuk ke arah yang tepat Hai ke hal yang baik bukan Hai Coba kita buka surat al-isra ayat 9 Inna hadzal qur'ana ia delete Ihya aqwam Ushul mukminin Ali bin Ahmad Syaikhon kefir oh oh Hai sesungguhnya Alquran ini memberikan petunjuk ke jalan yang terbaik terlurus tersohor High hai hai Oh iya dilatih Iya aku Om Hai G Hai ini Alquran memberikan petunjuk kepada jalan yang paling lurus paling baik Hai paling bagus paling tinggi Hai Jaan Hai paling sempurna Hai YouTube Hai Cinta Hai dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang yang beriman yang beramal sholeh andalah rumah aja Ron kabiro mereka akan mendapatkan pahala yang sangat besar jadi al-qur'an itu menggembirakan bukan menyedihkan hai hai nggak ada ceritanya orang yang bersama al-quran beriman beramal saleh tersedih tunggak Hai kecuali sedih Rahmat sedih kasih sayang sebagaimana Nabi SAW menangis ketika Ibrahim meninggal tapi bukan nangis terpuruk nangis itu nangis Rohmah Hai sifat sayang Hai dan Allah yang perintahkan kita untuk mengungkapkan sifat sayang tersebut hirha momen Villa robbirhamhuma nvis sama sayangilah yang ada di bumi niscaya engkau akan disayang sama yang ada di atas langit dan gitu The Beatles ini al-qurannya menggembirakan Hai di orang tua happy aja itu kalau sama Alquran asal diimani dan beramal soleh Hai cerewet dan apa yang diarahkan di dalam Alquran dijelaskan itu selalu lilet Ihya aqwam Hai jadi ketika Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjelaskan dilaporkan tentang konsep hidup maka itu konsep hidup yang aqwam yang paling lurus paling baik paling bagus ketika Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjelaskan tentang konsep keimanan dan keyakinan maka itu lebih yakin dan bukan hanya baik tapi yang terbaik hai ketika Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjelaskan tentang sikap at itu etika akhlak dan adab di dalam al-qur'anul Karim Apakah itulah sikap etitude akhlak adab Hai yang terbaik hai ih Hai yang terbaik hai hai Hai Nita hadirin Oh ya contoh simpelnya aja ya masih ingat nggak cerita Allah Subhanahu Wa Ta'ala tentang Nabi Ibrahim ketika menjamu tamu Nabi Ibrahim ketika jam utama sembelih apa sapi hadiri siapa diantara kita selalu tahu datanya melihat sapi dan hai hahaha Hai Um kasih menu buntut Save The mikir-mikir Kita cuman buntutnya doang ya toh tapi mahal pa Ustad Iya ngerti tapi bisa pilih Rohim sapi yang meleleh Hai khusus untuk tamu datang dan tamunya nah dikenal Hai dan ternyata malaikat kan kita tahun begitu Itu tabungan dikenal sapi hai hai yo yo siapa kita begitu artinya apa itu kan hai hai Hai cara tertinggi dalam Hai menjadi tuan rumah Hi Ho Hai jadi itu contoh simple aja Hai dan masih banyak contoh lain Hai pokoknya level tertinggi udah di Alquran itu level tertingginya kebaikan di level tertinggi kebaikan Hai melalui the berlatih ya akan balaslah yang buruk dengan yang baik kan gitu di dalam forsila orang-orang buruk sama kita balas dengan yang baik Hai itu kan level tertinggi dalam kebaikan dan berinteraksi Oh my God kemarin kita bahas tentang surat al-isra juga eberapa 53 tentang bicara Hai oleh ibadi Aku letih ya Ahsan katakan kepada hamba Allah kalau bicara gunakanlah bahasa yang Ahsan terbaik Hai bahasa yang terbaik yang kulatih ya Hai gunakan bahasa yang terbaik Hai ayam Hai dan meningkat dan apa sandingkan dengan ayam kesembilan tadi lelet nih ya akpom yang diarahkan oleh dalam Alquran itu selalu yang terbaik Hai selalu yang tertinggi hai hai hai hai Hai selalu yang terbaik dan selalu yang tertinggi Hai Gan demikian hadirin orang muliakan hai hai hai hai hai ketika Allah subhanahuwata'ala Hai apa Hai berbicara tentang atau berfirman tentang berbakti sama orang tua Hai Siapakah tokoh dalam surat al-isra ayat 2324 Hai mukhabarah bukaal Natal mulailah Iya mobil walidaini ihsana dan Allah perintahkan atau rokmu memerintahkan kalian untuk tidak beribadah kecuali kepada Allah dan berbuat baik kepada orangtua IMEI Brown aing dakal kibaro ahaduhuma Audina Huma falatakullahuma off hai kenapa bilang Hai mereka sudah tua atau salah satu dari mereka sudah tua dan berada disisimu Hai baik salah satu maupun keduanya falatakullahuma move Maka jangan mengatakan off Hai dan of adalah hai eh merespons Hai negatif atau respon ketidak Setujuan yang paling halus yang paling halus yo yo Hai makanya sering diartikan oleh sebagian Ah tapi sudah tumpukan yang lebih Bapak mulut alam ya it Hai bukan atau Pilpres phone yang paling halus tapi enggak setuju Hai respon negatif tapi yang paling halus itu aja nggak boleh falatakullahuma huft the whale tanharhuma Hai pukul lahuma qaulan Karima Hai dan katakan kepada mereka berdua kaulan Karima dengan bahasa yang bukan yang baik Karim yang mulia Hai ini Ken tinggi banget hadirin Hai cuma siapa diantara kita kalau bicara sama orang tuh begitu Hai dan sebaliknya kalau kita bisa mengamalkan ini Bagaimana kualitas kita ketika sama orang tua nggak pernah bilang Hai bener-bener ngomong tuh dijaga sejagat jagain hai hai di situ kamu Hai falatakullahuma Wolf Hai makan jangan mengatakan off Hai itu kakak Allah ketika Allah berfirman tentang orang tua hai hai Hai jadi sangat-sangat tinggi Cleveland nya tuh Hai levelnya sangat-sangat tinggi Hai bukan hanya eh apa hai hahaha bukan hanya Oh jangan-jangan apa Jangan bentak orang tua ya jangan bantah orang tua ya jangan hardik orang tua ya Jangan enggak sebatas itu Hai jangan mengatakan off Hai banyak kalau kita cek ucapan atau keterangan al-imam Ibnu kefir of itu Hai adenoma roti Bell caulis thayib kata-kata negatif yang paling halus yang paling halus padat harus hai hai Oh gitu adek Rindu Hai dan penonton banyak banget para hadirin sekalian hai hai yang sangat-sangat banyak Hai channel Iya Mama nggak boleh ya Mama tuh Hai tapi kan gak ada tapi ini saya akan mengajarkan anda Ya Allah subhana wa taala dalam Alquran Hai jangan mengatakan off Hai dari Jamaah memuliakan ini ada banyak ada banyak ada banyak ada banyak contoh Hai makan semua Ayah gitu contoh di bawah yang ada di dalam al-qur'anul Karim itu sebaik-baiknya ucapan sebaik-baik petunjuk Hai sebaik-baik arahan Hai menuju konsep terbaik Hai terbagus hai projective Hai dan banyak banget hadirin hai hai hai ketika kita lagi kesel sama orang apa arahan dari Allah subhanahu wa ta'ala ingat surat al-maidah Hai walaa yajrimannakum sana Allah amin ala-ala Cak dulu ya diluwwa Acropolis Taqwa Hai jangan sampai hai ketika jangan sampai ketidaksukaan kalian kepada sebuah kaum Kalau mungkin kita benci seseorang nggak suka sama seseorang kesel sama seseorang Hai jangan sampai itu membuat kalian tidak bersikap adil Hai tidak bersikap objektif Hai yang sampai kita lepas kontrol ya Dirut Adillah objektif lah karena keadilan dan objektivitas itu lebih dekat kepada ketaqwaan itu kan al-maidah 8 itu Hai dibayangkan kalau seseorang itu ngejalanin apa yang di dalam al-qur'anul Karim Hi Ho yang sangat-sangat tinggi value-nya hadirin nilai-nilainya tuh yang terbaik bukan Baiklah yang terbaik di mana sering kita kalau baik aja ada orang aku bisa ngerti sih Kenapa kamu jegal dia Kalian Emang dia itu selama ini kelewatan ngomongin kamu nyerang kamu dan seterusnya hai Hai aku bisa ngerti kenapa kamu lakukan itu Hai jadi ngebales yang itu tuh atau mungkin ada sedikit ke gol iman Hai apa di jengkel Itu Banyak masyarakat bisa ngerti kalau pihak yang dicegah itu memang nggak baik jahat burung tak al-qur'an Allah dalam Alquran meminta kita berada di level yang jauh lebih tinggi Yadi luwak Romli Taqwa objektif dong kalau mereka layak Hai berikan objektif adil dongkal itu hak mereka Kasih walaupun kita enggak suka Hai kitab itu hak mereka kasih Hai kasih Oh iya di lu wakorambu littaqwa Hai berlaku adil dan objektif lah Hai kanan itu lebih dekat kepada ketaqwaan Hai itu dalam hadirin Hai sama seperti tadi surat fushilat ayat 34 itu dong infaq billati Hiya Ahsan Hai balaslah keburukan itu Hai dengan kebaikan Hai pengantin Oh my God balaslah keburukan itu Hai info pelatihan akan dengan yang lebih baik dan keburukan dengan kebaikan akhir-akhir Innova muliakan Hai file-file hadit kitabullah Hai sesungguhnya sebaik-baik ucapan itu firman Allah dalam al-quran Hi Ho kita yakini maka kita akan senantiasa kembali ke Alquran merujuk Alquran Hai mau membaca dan mempelajari al-qur'an Karya I hope hai hai Hai dan kita nggak keluar kotangen hai hai hai maaf khususnya yang mengklaim suka baca suka belajar hobinya apa Mas hobinya belajar Ya udah belanja sampai sholat apa seorang Maksud lo Alquran belum Hai ini perlu dipertanyakan ini yang terbaik di dalam kehidupan Hai G Hai share rasa cukup sampai disini adherent Semoga Allah mereka antose kepo mereka untuk selalu kembali kepada al-qur'an Nur Karim dan Sunnah habis sama salon Hai dan semoga memberikan ilmiah pemanfaatan melindungi kita dari ilmu yang tidak bermanfaat dan jangan lupa ini hari-hari mulia hai hari-hari Hai Mulia kita masih berada di di bulan-bulan haram Hai Sampai Akhir al-muharram Hai jadi jangan sampai lalai kali ini Marathon hadirin ini Marathon Hai terus ingat dan saling mengingatkan setiap amalan pahalanya dilipatgandakan oleh Allah dan dosa pun dilipatgandakan oleh Allah dihari hari ini Saya rasa cukup sampai disini aja sama Oke Ron Subhana konon Dik saudara Ilahi Rantas sekutu milik Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mp3 Al Quran Terjemahan Indonesia tanpa arabik