Kamis, Juli 14, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Para Penerima Zakat ini Umi Mimi ambil dari Youtube Khalid Basalamah, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Para Penerima Zakat ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Para Penerima Zakat

Minhajul Muslim - Para Penerima Zakat

Hai assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillah wa shalaatu wa salaamu ala rosulillah segala puji dan Puja kantin Allah subhana wa taala juga selawat dan Taslim Balai Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wa alihi washohbihi wasallam lagi kamu dahulu kita teman-teman sekalian Minhajul Muslim ditulis oleh Syeikh Abubakar Zahir rahimahullah dan kita masih dalam kitab zakat kita akan masuk Insyaallah pada kesempatan siang ini materi keempatnya masalah penerima zakat dan sebelum saya masuk menjelaskan lebih jauh tentang delapan golongan penerima zakat yang Allah Subhanahu ta'ala sebut ke dalam surah at-taubah ayat 60 sering mengingatkan kembali kepada seluruh seluruh kita com ini di Indonesia sepatunya mengikuti acara kita nilai F ataupun siaran ulang ataupun bisa teman-teman yang mengikuti acara ini menyebarluaskan kepada teman-teman kerabat kenalannya agar memotong ini mereka menghitung haul zakatnya tenar maupun adalah bulan di pelipatgandaan amat dan sangat mudah untuk diingat jadi Caranya adalah anda niatkan tahun lalu ramma botolnya dalah awal haul dan Romadhoni berarti anda sudah tutup sudah tiba masa haul Anda hitung semua harta Anda yang anda investasikan yang anda tabung itu dan kemudian Anda lihat kalau dia mencapai nishob kadar minimnya 85 G Mas dikeluarkan Bos Tengah persen dan usahakan didistribusikan di ramma Bond ini Apakah anda secara pribadi membagi-bagikannya kepada orang-orang yang berhak yang kita sebutkan sebentar lagi Insyaallah atau anda melalui lembaga-lembaga amil zakat yang sudah ada Hai apakah itu pemerintah ataupun lembaga lembaga swasta yang ada di Indonesia maka itu satu hal yang sangat baik yang yang untuk bisa di dilakukan di rumah pohon ini dan semoga ini Allah semoga Allah mudahkan kami pun dari Yayasan sedekah kreatif menerima zakat tersebut Lalu kita atau kami mengalokasikan juga kepada mustahik nah ini teman-teman juga bisa kalau mau bergabung bersama kami bisa mendatangi itu medsos ya soundcard creative bisa Allah kami punya banyak sekali program sosial diantaranya lokasi zakat mal ini huala Baik teman-teman sekalian kita akan masuk kepada penerima zakat tepatnya materi keempat dalam Bab sejagat ini orang-orang yang berhak Hai menerima zakat ada 8 Golongan atau kelompok yang telah disebutkan oleh Allah azzawajal di dalam kitabnya dalam surah at-taubah ayat 60 yang bunyinya audzubillahiminasyaitonirojim innamas shodaqotu Lil fuqoro Iwal masagi World innamas shodaqotu Lil nama shodaqotu Lil fuqoro Iwal masa kini wala hamil inna ilaihi wala mualaf akhobah Oke Khori minum office bintang dua jenis Sabil for you faminallah wow Alimun Hakim artinya sesungguhnya zakat zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir orang-orang miskin pengurus-pengurus zakat para muallaf yang dibujuk hatinya Hai memerdekakan budak orang-orang yang terlilit Hutang orang untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah dan Allah Maha Mengetahui lagi maha bijaksana Ayo kita ganti merincikan ke-8 Golongan ini Sewu bakar rahimahullah mengatakan penjelasan tentang delapan kelompok penerima zakat yang pertama adalah orang-orang fakir orang fakir adalah orang yang tidak mempunyai harta untuk memenuhi kebutuhannya dan kebutuhan orang-orang yang menjadi tanggungannya yang meliputi makanan minuman pakaian dan tempat tinggal meskipun Ia mempunyai harta yang mencapai nishob ini saya ada orang dapat warisan Dia sangat miskin sekali susah keadaannya tapi tiba-tiba dapat warisan dan warisan ini ada tapi dalam bentuk fisik tanah tidak bisa buat apa-apa tanda juga kalau mau dijual butuh waktu yang lama mungkin dia berada disebuah perkampungan dan maka ini adalah Keadaan dia sekarang dan lebih tepat juga atau bisa kita bahas akan orang fakir ini teman-teman adalah orang yang tidak tahu mau makan apa pada hari itu apalagi besok susah sekali hidupnya dia pun susah bahkan kadang-kadang mungkin satu sepotong roti atau sepiring nasi di implement rame sama istri dan anak-anaknya atau mungkin mengambil makanan-makanan bekas dari sampah mereka kalau enggak logam tidak bisa makan ini orang-orang yang fakir mereka tidak tahu sama sekali harus bagaimana menjalani kehidupan pakaian cuma Hujan tiba dan makanan tidak ada hari itu tergantung dia dapat atau tidak Minuman pun seperti itu keadaannya sama pada kalau kita mau bicara tempat tinggal dan tunggangan mungkin sudah tidak ada sama sekali ini kondisi orang-orang yang fakir dan ini teman-teman dibedakan dengan miskin kita akan biasa menggabungkan fakir miskin ya sebenarnya dalam Alquran ini dibedakan sesungguhnya zakat zakat itu untuk orang-orang yang fakir koma kemudian orang-orang miskin makanya coba kemasukan golongan yang kedua orang miskin beda this dibedain siapa miskin orang miskin kadang-kadang kVA kiranya lebih ringan daripada orang-orang parkir tapi juga kadang lebih berat namun demikian ketentuan mengenai keduanya dalam segala hal ada adalah sama dan Rasulullah SAW telah mendefinisikan oleh miskin dalam beberapa hal beliau diantaranya laser miskinun lebih UFO adnasi tahu bulogmart waluk Macan Iwak tomorrow tomorrow walaupun miskin lebih hidup Ginan Yuni hiwalah you've Tanoe bytes of the Waring wilayahku muvies alumnas orang miskin bukan orang yang berkeliling kepada manusia yang bisa dihalau dalam forum setelah diberi sekepala atau 2kva roti sebiji tuh dua biji kurma tetapi orang miskin lah orang yang tidak mempunyai kekayaan yang dapat memenuhi kebutuhannya dan tidak diketahui bahwa dia membutuhkan sehingga bisa diberi sedekah serta tidak di tidak berdiri untuk meminta-minta kepada manusia ada siluet Bukhari nomor 1479 jadi orang miskin ini lebih luas sedikit dari orang fakir bisa juga di-zoom isikan mereka adalah orang-orang yang punya Hai punya ya pendapatan tapi kurang misalnya dia punya pekerjaan tetapi pekerjaannya itu gajinya bisanya cuma 500.000 per bulan sementara kebutuhan rumah kebutuhan dia sehari-hari saja dalam sebulan itu mungkin di SD sejuta mungkin rumahnya sejuta bisa 2 juta Minimal dia butuh decu mempunyai pendapatan 500.000 makanya dikategorikan miskin walaupun punya pekerjaan karena tidak mencukupi setiap bulan utang sana utams Ini bisa dikatakan miskin hanya saja dalam hadits tadi yang baru kita bacakan Hadits Riwayat Bukhari Dimana Nabi Shallallahu salam memberikan gambar hadits Bukhari nomor 1479 ya dimana disela menggambarkan kalau kalian mau dapatkan orang miskin yang sebenarnya bukan orang yang selalu minta-minta sana-sini demi mengatakan tapi orang yang betul-betul kebutuhannya tidak cukup tapi mereka tidak minta Mi sama orang lain nah ini yang musuhnya orang miskin yang paling tepat kalo ada guru-guru sekolah guru mengaji itu mereka semuanya tidak punya apa-apa bahkan mungkin tinggal di kontrakan yang sangat kecil yang mungkin lampunya juga cuman satu emangnya tidak pernah minta sama orang mereka bekerja mengajar apa yang mereka dapatkan mereka syukuri nah ini orang-orang miskin yang menjadi target utama kita tapi pertanyaannya Apakah dari hadits ini kita bisa pahami bahwasanya orang yang minta-minta enggak usah dikasih itu tidak kasih ya karena kalau ada orang minta-minta kejadian untuk memberikan terlepas daripada orang itu menipu atau tidak Tapi kalau mau cari orang miskin yang paling tepat adalah orang miskin yang kita kebutuhannya tidak terpenuhi dan dianya sendiri tidak minta-minta semua orang ada juga Subhanallah karena keadaan tidak bisa kalau tidak minta maka dia pun terpaksa keluar meminta salah sini nah ini juga boleh diberikan tetap dia masuk dalam kategori miskin yang tapi miskin yang terbaik yang paling tepat sasaran nelayan tidak minta sama orang tapi kita tahu keadaan dia susah seperti itu dan anda bagi yang punya kemampuan kami sarankan nya Semoga Allah Subhana mudahkan saya dan teman-teman mengamalkan ini nah artinya kalau kita sudah menemukan ada orang yang kita tahu keadaannya fekir nggak ada sama sekali yang bisa memenuhi kebutuhan diet atau orang miskin ada tapi pas-pasan mungkin sehari dapat makanan sehari tidak bisa maka jadikan mereka sebagai sumber pahala kita artinya kenali mereka kenali alamatnya itu dan maksimalkan sedekah kita pada dia jadi kayak misalnya kita biayai mungkin si bapaknya kita pekerjakan dikasih gaji mungkin ih kebutuhan rumahnya bra gula yang mendasar kita 10 yg anaknya kita sekolah kan jadi maksimalkan Mungkin tempat tinggalnya kalaupun usah kita coba perbaikin jadi maksimalnya disitu memperbaiki keadaan seorang muslim yang dalam keadaan kesulitan lebih baik daripada Anda bagi ke-10 orang yang tidak menyelesaikan permasalah mereka karena menyelesaikan permasalahan langsung sama zakat bisanya mana Lebih baik saya mau saya punya zakat Rp1000000 target saya ada 10 orang saya bagi kepada setiap orang Rp100 pada 10 orang tersebut tapi belum menyelesaikan permasalahan mereka karena sia punya utang 20.000 Anda kesimpulan bisa menyelesaikan utangnya kebutuhan j3ro 1000 belum bisa memenuhi kebutuhannya cyber juga begitu Jadi anda kasih satu juta pun zakat Anda ini walaupun ada dari sumber lain mungkin anda berpikir Oh mungkin bisa diperoleh Mungkin dia bisa dapatkan dari sumber yang lain ini belum tentu bisa dapat bisa ndak di mana Lebih baik saya bagikan 1000 kepada masing-masing belum menyelesaikan masalah mereka Atau saya fokus kepada 12 orang satu gitu saya berikan tapi selesai pemasaran mereka tentu lebih baik menyelesaikan dengan dua orang kena selesai bermasalah mereka semoga Insya Allah berikan dari sumber yang lainnya konde bisa selesaikan semuanya 10 orang bagus sekali ya jadi dalam membantu orang jangan setengah-setengah maksimalkan itu kemudian yang ketiga adalah Para pengurus zakat atau amil zakat ini lembaga-lembaga zakat boleh mereka memberikan gaji pegawainya dari situ Hai guys misinya ambil bunga atau pengurus zakat adalah pemungut zakat atau orang yang mengumpulkannya mengelolanya dan mengontrol ukurannya serta mencatatnya di kantor khusus sehingga mereka harus mendapatkan upah pekerjanya dari zakat tersebut meskipun Ia seorang yang kaya hal berdasarkan Sabda Rasulullah SAW mendatangi hidup sodakotun Yi Hamzah di Aminin alaiha Aura jujur Insyaallah Abi Malik Al warimin awaziem fisabilillah miskin Indofood dekade ini minha uh dia atau fahdan Yi sedekah atau zakat tidak boleh diberikan kepada orang kaya kecuali kepada 5 kelompok dari orang-orang kaya ini yang pertama petugas yang mengurusinya jadi walaupun ketua Yayasan dari sebuah lembaga amil zakat itu kaya tapi karena mereka khusus menerima zakat zakat dari umat ini maka boleh mereka keluarkan dari zakat tersebut Untuk gaji Untuk gaji mereka al-qur'an yang ke dua orang kaya yang membeli zakat itu dengan hartanya sendiri Hai jadi dia membeli hasil zakatnya orang jadi misalnya ada orang mendapatkan zakat kambing misalnya sudah pelajari kemarin kalau 40 ekor kambing dapat atau wajib mengeluarkan kalau salah satu tahun satu ekor kambing in Sekaran orang kaya datang membeli kambing yang zakat tadi yang ditekan untuk ekor berikan lebar orang Islam segini menjual bahan orang kayak dia membelinya dengan hartanya maka boleh dimakan mereka juga makan zakat namanya tapi dia membelinya yang ketiga orang yang terjerat utang tadinya dia milioner air layak tiba-tiba bangkrut usahanya semuanya tertipu orang apalah segala macam unless kebakaran tenggelam di lautan dan segala macam misalnya kontainer barangnya habis semua tidak ada uangnya lagi Hai contoh tadi kayaknya tiba-tiba jadi miskin sekali susah hidupnya terjerat hutang disini boleh dia menerima zakat ind3 yang keempat orang yang berjuang di jalan Allah Mujahid Walaupun dia kaya boleh ditunggangi unta muda ya yang dibeli dari uang zakat atau senjata yang kelima atau orang miskin yang mendapatkan sedekah dalam kurung bantuan dari zakat tersebut kemudian dia menghadiahkannya kepada orang kaya hidup saya orang miskin dapat disesuaikan dari zakat zakat harta Kak zakat hewan ternak kah dengan kemudian dia tahu ada orang kaya selalu berbuat baik sama Dede memberikannya kepada orang kaya tersebut maka ini teman-teman sekalian boleh dia menerima hadiah dari orang miskin walaupun dari zakat hadits ini shohih diriwayatkan Ibnu Majah nomor 1841 tentu amil zakat tidak boleh menghabiskan semua zakat itu Hai untuk mereka kebutuhan di kantor ya ambilnya ini tapi mereka membagi untuk semua kegiatan nah diantaranya adalah boleh amil zakat menerima sebagian daripada zakat tersebut boleh yang keempat mualaf Hai kamu orang-orang yang lemah hatinya kata-kata beliau yaitu orang yang lemah hatinya hai hai Hai yang baru saya menganut agama Islam Hai tapi masih bisa berpindah agama saya bacakan kata bio yaitu seorang muslim yang masih lemah keislamannya tapi ia memiliki pengaruh bagi kaumnya sehingga ia berhak mendapatkan zakat untuk menguatkan hatinya dan mengukuhkannya untuk memeluk Islam dengan harapan ia dapat bermanfaat bagi masyarakat disekitarnya atau dapat mencegah kejahatannya zakat juga boleh diberikan kepada orang fakir yang sangat diharapkan akan beriman atau kaumnya akan beriman Oleh karena itu diberikan atau Oleh karena itu ia diberi untuk menumbuhkan Gairah dan kecintaan mereka terhadap Islam kelompok penerima zakat ini dapat diperluas hingga mencakup seseorang atau setiap orang yang memiliki niat membumikan kemaslahatan bagi Islam dan kaum muslimin dia dari segi dakwah kepada Islam seperti para wartawan dan para penulis Jadi maksudnya yang di Point ke-4 ini muallafat globe maknanya luas bersihkan kita selalu mualaf itu selalu orang musuh Islam saja semoga diterima lebih perluas masalah itu boleh orang yang baru masuk Islam orang yang baru masuk Islam kemudian dia eh eh Hai dianggap mungkin masih lemah bisa berpindah agama lagi kena dengan musik Islam Ia diberhentikan di tempat kerjaan yang diikutsertakan oleh keluarganya ke dibantu dengan zakat Swedia bunyinya bisa hidup bisa juga orang yang memang baru masuk islam dia tokoh masyarakat dianggap dia juga masih guna hatinya walaupun tidak susah hidupnya tapi dengan dengan kita memberikan kepada dia sebagian harta zakat dia akan lebih cocok dengan Islam kasus contoh Abu Sufyan rudyawan pada saat masuk Islam di orang kaya ini muka tapi Nabi SAW telah memberikan dia dari harta rampasan perang yang sangat banyak sampai diserahkan pada saat itu dengan hari Roads 100.000 100.000 udah diberikan Sekian banyak yang emas dan perak oleh Nabi sorowajan dan Abu Sufyan dengan Mekkah D baru syahadat sehingga pada saat perang Hunain diberikan hadiah oleh Nabi SAW diberikan udah dia banyak untuk membuat delichoco dalam Islam bahkan didata meminta buat anaknya Yazid dminta buat anaknya Ya Muhaimin semua di karena bisa atau disini juga bisa bermakna orang kafir Tetapi dia kemungkinan besar dengan diberikan harta masih bisa masuk Islam sebagai kasus Nabi SAW selalu memberikan harta kepada seseorang di perang bunaim banyak di cuma minta satu ekor kambingnya bisa serem kasih banyak ambil sampai dia pulang ke kaum Yahudi mengatakan Hai kaumku masuk islamlah kena Muhammad mengajarkan ajaran yang tidak akan pernah membuat kita miskin jadi bisa ditarik mereka supaya masuk Islam karena ada orang mungkin dengan harta mungkin dengan pekerjaan dia mau masuk Islam menjadi kata di video disini adalah bisa diperluas demi untuk mazhab Islam dan kaum muslimin Hai orang-orang yang mungkin bisa membela Islam dari para wartawan para penulis Sabrina juga boleh diberikan dari zakat tersebut mungkin satu waktu mana dia tertarik dengan Islam itu golongan yang keempat golongan yang kelima muda yang ingin merdeka merdeka karena Allah subhanahuwata'ala Hai baik memerdekakan budak atau muka atap yang berarti budak yang menebus dirinya dengan cicilan kepada majikan kata beliau kelompoknya merupakan komplemen dari kalangan budak yang lemah sehingga uang tebusan untuk memerdekakannya dianggap diambil dari zakat atau seorang muslim yang menjadi hamba sahaya karena miskin sehingga ia harus diberi zakat untuk memenuhi tebusannya supaya dapat memerdekakan dirinya Jadi dua sisi kita saya bisa juga melakukan hal misalnya ke ambilnya di zaman sekarang tidak ada ya tapi zaman dulu ada itu teman-teman sekarang zaman dulu itu ada bagaimana Hai ehem seorang muslim bisa datang ke pasar-pasar perbudakan membawa zakatnya lu menebus setiap muda dengan zakat tersebut Kalau sekarang sudah tidak ada perbudakan ini atau misalnya ada Buddha hamba sahaya yang susah hidupnya maka kita biaya hidupnya dia karena majikannya Mungkinkah memberikan dia makan yang layak segala macam kita berikan dari zakat atau memang muka tetap tadi saya bilang buka tapi ini yang Nabi surowo Serang janjikan pasti akan mendapatkan rezeki ya adalah seorang budak yang negosiasi sama majikan sambil mengatakan saya mau bebas kira-kira Apa syaratnya bisa menjagai mengatakan kau tebus dirimu dengan 10 juta Rupiah baru kau bebas maka dia mengatakan Baiklah Izinkan saya mencicil setiap bulan 1010000 sepakat Nah maka pada saat dia lagi Sementara cincin boleh kita berikan pada zakat supaya lebih cepat dia menyelesaikan atau keluar dari perbudakan nya Hai ini bisa kembali juga kisah Salman Al Farisi odeon dan beberapa sahabat nabi yang lain memang menebus diri mereka kepada majikan sesuai dengan permintaan yang diajukan oleh majikannya untuk majikan Salman al-farisi seorang Yahudi jamin tashkent banyak pohon kurma maka Nabi SAW serta memotivasi para sahabat untuk menyumbang dan beliau sendiri serombongan Yerusalem ikut menanamkan bibit pohon kurma itu di tanah tadi kemudian yang keenam orang-orang yang terlilit hutang atau berhutang maksudnya rata beliau adalah orang-orang yang meminjam sejumlah uang yang akan dipergunakan untuk hal-hal baik digarisbawahi bahwa hal-hal buruk itu bukan untuk kemaksiatan kepada Allah dan rasulnya tetapi ia tidak mampu melunasinya karena sesuatu dalam kurung udzur syar'i sehingga ia layak mendapatkan zakat untuk melunasi utangnya sesuai dengan sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam latah yilmaz ada to Indah isyarat live Green wutuh kirim kau libur.men move wein Nauli Denim mujirin artinya meminta-minta tidak diperbolehkan kecuali oleh tiga orang-orang yang sangat fakir orang yang mempunyai utang yang banyak lalu lagi berat dan orang yang harus memiliki tanggungan dari darah yang tersakiti atau dia Diah ya Hai hari ini ada penjelasan dibawah pot nomor 100061 Ya maksudnya adalah seorang muslim yang harus memberikan ganti rugi atas peristiwa yang mengakibatkan kematian atau Luka berat tetapi ia tidak mempunyai harta untuk membayarnya Jadikan saya ada musim tabrak orang lain muslim atau yang lainnya gitu Saudi harus bayar dengan punya kemampuan boleh dibayar edisi hadits ini diriwayatkan Tirmidzi dan dihasankan oleh Beliau dan Abu Dawud juga meriwayatkan nomor 1641 ada juga itu pun boros-boros 1063 dibawa Kalau teman-teman temboknya orang yang menanggung ganti rugi adalah musim yang menanggung hutang yang harus dibayar sebagai dia bagi keluarganya sehingga ia harus dihukum mati karena kematian diakibatkannya Jadi kalau ada orang membunuh dalam Islam kan dihukum mati juga curi dia bayar dia bayar dendanya yang disepakati dengan keluarga korban itu Hai kalau mereka night tentukan nilai tuntuang harus dibayar lunas maka dari hukum qisos WIB maka di sini boleh dibayarkan zakat kalau orang ini pada saat mau tembus dirinya sebagai agak dibunuh enggak punya harta aja dimaksud disini masuk ada masalahnya juga tambahnya teman-teman scanner semua orang terlilit hutang selama di tidak mampu yang berputar jadi orang kaya raya sudah kita Jelaskan sedikit di pembukaan tadi Walaupun dia orang kaya raya tetap dia boleh menerima zakat dibayarkan utangnya zakat itu dibayarkan utangnya ataupun Kalau dia orang yang susah sekali hidupnya dia butuh untuk makan maka boleh digunakan untuk makan jadi Anda boleh mengkhususkan Zakat harta Anda yang mungkin yang melimpah Masya Allah bagi orang-orang yang mampu lelah mengikuti acara kita Allah buka endorse keyboard mereka makan docuscan cari orang-orang yang tinggi putangina doa melunasi utang-utang mereka Insyaallah juga termasuk pintu-pintu dan yang luar biasa dibayar Karena katanya bisa selam sampai mengutangkan orang memberikan tenggang waktu atau memaafkan maka dia akan dapat naungan Allah pada hari kiamat dalam naungan kecuali naungan-nya ini ada kisah dari saat dan Robby oleh-oleh yang sangat menarik beliau sancing pecahnya dengan sedekah ini dulu sambil berdoa kepada Allah harus mengatakan proyek khusus kendaraan doanya ya Allah mudahkanlah dan muliakanlah aku dengan sedekah demo saya diminta ke klien kepada Allah dia juga minta agar Allah berikan kantong-kantong pintu-pintu peluang-peluang untuk bersedekah itu maka beliau seringkali melakukan Sedekah Yang mungkin tidak umum orang lakukan seperti saja mengatakan kepada anaknya kaiz beliau anu juga seorang sahabat yang mulia ini gudang hartanya Ayah habiskan dengan sedekah maka dengan ayahnya atau dengan anaknya sibuk bersama dulu belum ada pengeras suara episode beliau media sama naik ke atas atas atas atap rumahnya sambil berteriak mengatakan Hai muslimin Siapa yang butuh Siapa yang butuh pinjaman uang Siapa yang butuh sedekah Siapa yang butuh kebutuhan pokok hariannya Silahkan datang maka ada yang butuh datang pinjam uang ada yang butuh minta bantuan saja ada yang butuh untuk diberikan kalau tidak mungkin sekarang sembako ya itu makan melakukan tapi yang unik adalah tiap hari elegan dan tiap hari India sama anaknya ini keliling bukan keliling untuk mencari investasi baru mereka keliling to bersedekah dan subhanallah gudang harta tidak pernah kurang tidak pernah kurang sekat dan lebih unik lagi dia juga membuka pintu untuk memutarkan orang sepakatnya bisa dibayar satu bulan nah dibiarkan orang itu dengan get hutang begitu dia datang di waktu yang disepakati akan membayar hutang maka dia mengatakan Kami tidak akan pernah mengambil apa yang sudah kami bukankan Allah kami sudah Maafkan maka disini dia mendapatkan dua pahala pahala mengutangkan orang dan juga pahala bersedekah dengan harta tersebut tambalannya pahala lain sebenarnya Balai ketiga yaitu memaafkan utama orang jadi ini luar biasa itu Bagaimana kejadian beliau melihat peluang-peluang paha lain yang ketujuh di jalan Allah yang dimaksud dengan jalan Allah adalah perbuatan yang dilakukan untuk mencapai ridho Allah dan pahala surganya n-nya besar kata ganti Allah terutama jihad untuk menegakkan kalimat atau agama Allah Oleh karena itu seorang pejuang di jalan Allah meskipun ia kaya ia dapat diberi zakat bagian ini juga mencakup seluruh kemaslahatan umum keagamaan seperti pembangunan masjid-masjid pembangunan rumah sakit luar rumah sakit pembangunan sekolah-sekolah dan pembangunan Panti Asuhan untuk anak-anak yatim Namun demikian yang harus didahulukan adalah jihad seperti mempersiapkan senjata perbekalan pasukan dan seluruh jihad dan perang di jalan Allah jadi mengisi lebih antara ulama ya tapi yang kami ketahui Sumenep pendapat ulama lebih cenderung mengatakan khusus untuk jihad maka yang lain pembangunan mesjid sekolah dan skema jam tidak boleh diambil dari zakat ada juga pendapat Sebagian ulama yang mengatakan boleh yang bertema Selalu seperti saya ubah ke daerah mulus bukan Sin tapi tetap diprioritaskan kalau ada Ji haji aja didahulukan dewasa jihad lagi tidak ada zakat lagi menumpuk maka celah ini masih bisa dipakai untuk maslahat ummat Islam yang ke-8 yang terakhir adalah Ibnu Sabil yaitu orang yang dalam perjalanan atau musafir yang telah jauh meninggalkan negerinya sehingga ia layak mendapatkan zakat untuk menutupi kebutuhannya selama perjalanannya walaupun ia adalah orang yang kaya di negerinya hal ini dilihat dari kondisinya yang dapat menyeretnya ke dalam kefakiran ketika dalam perjalanan the negeri-negeri yang ini bisa dilakukan jika ia tidak menemukan seseorang yang bisa meminjamkan uang kepadanya yang dapat memenuhi kebutuhannya Jika ia menemukan orang yang bisa meminjamkan uang kepadanya ia wajib meminjamnya dan tidak berhak mendapatkan zakat selama ia adalah orang yang kain negerinya dari oleh Ibnu Sabil kita bisa rincikan dua yang pertama adalah Ibnu Sabil orang yang jalan musafir terputus jarnet Maksudnya saya orang miskin maka bergabung parahnya dua hal dia miskin atau defek er dan juga Ibnu Sabil seperti orang berangkat dari Surabaya ke Jakarta misalnya pakai bus Demon saya orang susah bus pun mungkin diberikan tiketnya oleh dibelikan tiket oleh temannya pernah diberi Jakarta dirampok diambil bekalnya karena sama sekali Perindustrian terputus jangan Boleh bantu dengan zakat sedekah pun boleh tentunya tapi zakat di sini pintunya boleh terbuka putih atau tadi siang chelgas contoh orang klien kemudian dia jauh dari negerinya jadi lebih cenderung seperti perjalanan zaman dulu kalau zaman kita sekarang sangat minim sekali terjadi seperti ini karena memang fasilitas luar biasa pegawai transportasi zaman kita sekarang rata-rata pesawat kapal laut kereta api semuanya bagus-bagus ya dan aman gitu sama dulu orang mengeluarkan kuda unta bisa untanya kudanya mati di tengah jalan bisa dirampok walaupun orang kaya di negaranya kedua kita temukan orang terputus jalan Kalau dia orang kaya di negerinya maka dua opsi-opsi yang pertama telah dipinjam dulu dari orang disekitar situ nanti dia bayar kalau tidak bisa maka dia boleh menerima zakat yang dimaksud dengan Ibnu Sabil Kalau boleh mengatakan catatan Disini yang pertama seorang muslim diperbolehkan menyerahkan zakat hartanya kepada salah satu kelompok manapun diantara ke delapan kelompok penerima zakat di atas tapi hendaknya ia mengutamakan kelompok yang paling membutuhkan dan paling kebutuhannya jika zakat yang dikeluarkannya berjumlah banyak maka membagi-bagikannya kepada setiap kelompok dari ke-8 kelompok tersebut adalah Lebih baik jadi dari delapan kelompok boleh dipilih salah satunya orang miskin aja bisanya oleh miskin Ibnu Sabil Sabil aja ada orang temannya dikenal baik triutami Poltek bayar meledak bisa dipenjarakan dibayarkan Semoga kita boleh saja atau memang dia Boleh bagi kalau delapan golongan semuanya dan memang memungkinkan tuh dia bagi semua itu dipandang sah yang kedua seorang muslim tidak boleh memberikan zakatnya kepada orang-orang yang wajib dinafkahi nya seperti kedua orangtuanya anak-anaknya dan seterusnya ke bawah juga istri-istrinya kena ia berkewajiban memberikan nafkah kepada mereka ketika mereka membutuhkan nafkah jadi penerima nafkah wajib dari seseorang tidak boleh diberikan zakat Ibu Ayah terus ke atas kakek nenek dan seterusnya anak terus ke bawah cucu khususnya ini enggak boleh Terima jaket pasangan hidup istri gak boleh renang kita wajib sebagai suami memberikan nafkah dengan ini poin yang perlu digarisbawahi tapi saudara ponakan Paman boleh menerima zakat yang ketiga zakat tidak diberikan kepada keluarga Nabi Shallallahu salam karena kemudian mereka dan mereka adalah Bani Hasyim keluarga Ali keluarga Jafar keluarga Akil dan warga labas kejiwaan maju Naim berdasarkan Sabda Rasulullah SAW salam Innova Dakota bila tumbila tembagi di Ali Muhammadin Sallallahu Alaihi Ya Allah sah full Nas sesungguhnya zakat itu tidak layak diberikan kepada keluarga Muhammad Shallallahu salam karena saat itu hanyalah kotoran manusia riwayat Muslim nomor 1072 lalu apa yang diberikan kepada keluarga Nabi SAW selam hadiah aminuzal menerima hadiah kalau sedekah zakat left terima sedekah pun yang itu tidak diterima oleh Nabi Syuaib make dikatakan imnas foto kah disini bisa bermakna zakat bisa membalas sedekah secara umum yang maka Nabi Shallallahu salam pernah satu malam gelisah kalau ditanya oleh Ummu Salamah padahal Kenapa Andai Rasulullah ke Thaif serem tadi saya makan satu butir kurma dekat ranjang saham atau terendah sedekah Makasih hawatir kena itu jadi karena tidak tidak dihalalkan untuk beli dan keluarganya alaihimus sholatu senam yang keempat seorang muslim diperbolehkan membayar zakat hartanya kepada pemimpin muslim Walaupun dia seorang yang Bachdim dan dengan zakat itu maka kewajiban-kewajiban telah gugur berdasarkan Sabda Rasulullah SAW tentang zakat i'daad Aidah Aidah rasuli Pocket baik-baik caminha Falak ajruha wait semua alam membedah ha Jika kamu Jika kamu menyerahkan Jika kamu menyerahkan zakat kepada utusanku Ma Ungu terlepas dari kewajiban membayar zakat dan pahalanya untuk kamu sedangkan dosanya adalah untuk yang mengubahnya atau menyalahgunakannya hadis riwayat Ahmad nomor 11 1986 jadi boleh memberikan kepada pemerintah kemudian yang kelima zakat tidak boleh diberikan kepada orang fakir dan tidak juga kepada orang fasik Hai seperti orang yang meninggalkan shalat dan orang yang melecehkan syariat Islam berdasarkan sabda Nabi Rasul untuk volume akhirnya himbauan belida Vocaloid zakat itu diambil dari orang-orang kaya di kalangan mereka dan dikembalikan kepada orang-orang fakir dari kalangan mereka hadis riwayat Ahmad nomor 1395 dan musim Nomor 19 maksudnya adalah zakat diambil dari orang-orang kaya di kalangan kaum muslimin yang beriman yang baik dan dibagikan kepada orang-orang fakir dari kalangan muslimin juga bukan kepada orang kaya dan bukan pula kepada orang yang kuat yang mampu bekerja mencari nafkah hal ini sesuai dengan sabda Nabi Shalallahu byward dikawin muqtashid orang yang kaya tidak mempunyai bagian dari dalam zakat dan tidak pula orang kuat yang mampu bekerja hadits ini diriwayatkan Ahmad nomor 17511 yakni berusaha mencari nafkah sesuai dengan kadar kecukupannya saya juga poin penting untuk dibahas meneruskannya kalau zakat ndak boleh diberikan kepada orang yang sudah jelas-jelas ke fase Walaupun dia fakir nge-rap mabuk penjahat preman jalanan dakwah dikasih zakat kalau sudah pasti dia Kerjanya itu tapi orang-orang yang miskin Idul di pinggir jalan butuh sesuap makanan itu Anda kasih orang fasik ini enggak boleh Hai kalau orang kaya terus kita Jelaskan yang tidak boleh sama sekali kecuali memang ada Keadaan tertutup dibolehkan mereka di lima keadaan dari yang sudah kita Jelaskan yang keenam zakat tidak boleh dipindahkan dari satu negeri ke negeri lain yang jauh jaraknya sejauh perjalanan diperbolehkan melakukan salat qashar atau lebih ini berdasarkan sabda rasulullah shallallahu magmod urobilin khoirin zakat itu diambil dari orang-orang kaya dari kalangan mereka dan dikembalikan kepada orang-orang fakir dari kalangan mereka Hadits Riwayat Bukhari nomor 1395 dan musim Nomor 19 tema emo 19 para ulama mengecualikan bahwa apabila di satu Negeri tidak terdapat orang fakir atau lilin kebutuhannya lebih mendesak maka diperbolehkan memindahkan zakat negeri lain didalamnya terdapat orang-orang fakir yang dilaksanakan oleh penguasa atau dalam kurung Imam atau yang lainnya jadi misalnya di Indonesia masih banyak orang miskin zakat Indonesia jangan dikeluarkan ke di tempat lain Hai ke Malaysia misalnya tuh orang Malaysia Masih banyak orang miskin nggak usah dikeluarkan ke Indonesia kecuali memang kita temukan di lingkungan sekitar kita sudah sedikit Orang Miskin Dan orang-orang Kaya rata-rata menjalankan misi dan kita tahu sebenarnya di wilayah sana misalnya Indonesia lebih tahu di website suatu wilayah Malaysia ada yang butuh dua orang Malaysia tahun satu wilayah di Indonesia yang dibutuhkan atau Brunei dan Seterusnya saya tahu ada Indonesia butuh dibantu atau sebaliknya dan seterusnya maka itu dibolehkan dikeluarkan kalau emang kita tahu negara itu lebih membutuhkan contoh kasus misalnya Orang Indonesia orang Malaysia Asia Tenggara mengeluarkan ke Palestin jaketnya Dajjal untuk sana itu sangat bagus misalnya sementara di Indonesia mungkin sudah terpenuhi tapi kondisinya belum terpenuhi maka di Indonesia terlebih dahulu atau di negara kita kita keluarkan terlebih dahulu eh dimaksud Disini yang ketujuh orang yang mempunyai piutang pada orang fakir jika yang menghendaki menjadikan piutang tersebut sebagai zakatnya lalu diperbolehkan Jika dilihat dari segi bahwa jika ia menagihnya dari orang waktu tersebut maka ia akan membebaninya dan zakat itu dapat memenuhi kebutuhannya sehingga dianggap lunas tapi jika ia putus asa bagai tapi jika ia putus asa bahwa orang pakai tidak dapat mengasihi utangnya atau ia memberikan zakatek berpikir tersebut supaya ia mengembalikannya kepadanya Maka hal itu tidak boleh jadi disini orang kaya boleh menganggap piutangnya pada seseorang sebagai zakat tapi syaratnya orang yang punya utang itu memang tidak mampu kode tidak mampu di akhir biar miskin boleh kita berikan kepada diri kita anggap sudah ya ke utang kamu lunas dan si Angga Putra lokasi zakat Saya itu dibolehkan kemudian yang ke-8 zakat tidak dan tidak akan mendapatkan pahala kecuali dengan niatnya jika Halo mengeluarkan zakat tidak disertai dengan niat menunaikan zakat yang wajib maka ia tidak akan mendapatkan pahalanya sesuai dengan sabda Nabi Shallallahu salam Innamal A'malu binniyat wa innama di Kulim beriman bahwa sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niat dan setiap orang mendapatkan pahala sesuai dengan yang diniatkannya hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari nomor satu Oleh karena itu kepada pembayar zakat yang harus mengingatkan zakat yang akan dikeluarkannya sebagai zakat yang wajib dari hartanya dan memaksudkan nya untuk mendapatkan Ridha Allah Ta'ala karena Ikhlas adalah syarat diterima diterimanya setiap amal atau ibadah sebagaimana Allah berfirman dalam Surabaya FB mau Billahi minas syaiton nirojim mau ngirimin Dahlia bodoh mukhlishiina lahuddin dan mereka tidak diperintahkan kecuali menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-nya dalam menjalankan agama ini yang dimaksud dengan zakat ya Hai untuk penerima zakat kemudian teman-teman sekalian kita akan masuk ke materi selanjutnya spray kita selesaikan bab zakat ya yaitu masalah zakat fitrah masih 5-point ah hukum zakat fitrah zakat fitrah adalah suatu kebiasaan yang wajib atau sunnah wajib atas setiap individu kaum muslim hal ini didasarkan pada ucapan Abdullah bin Umar radhiallahu'anhu menjadi hukumnya wajib bagi yang mampu yang horor Rasulullah Shallallahu Alaihi trim Irmawan Nasa Amin Thamrin holsoan Yin al-muslimin Rasulullah SAW sebanyak satu atau kurang lebih dua koma 175 kg baik itu purba dan satu Soul the gandum atas budak maupun orang Merdeka laki-laki maupun perempuan anak kecil maupun orang dewasa dari kaum muslimin Hadits Riwayat Bukhari nomor 5 1512 dan musim 984 ini Kebetulan karena menjelang idulfitri ya Jadi ada bahasan kita berhubungan dengan masalah zakat fitrah ya Ini penting untuk diperhatikan dan setiap wilayah kata ulama boleh dengan makanan pokoknya ya kita brush yang kita boleh keluarkan beras kalau yang saya tahu kalau dikilokan sekitar dua setengah kilo ya atau tiga setengah liter itu beras makanan pokok yang kita keluarkan zakat fitrah itu hukum zakat fitrah hukumnya wajib karena dikatakan Nabi SAW some telah mewajibkan nya kemudian itu point a point b nya hikmah zakat fitrah diantara hikmah zakat fitrah adalah bahwa zakat fitrah membersihkan jiwa orang yang berpuasa dari segala sesuatu yang mengotorinya disebabkan pengaruh dan dan kata-kata keji sebagaimana zakat fitrah ini menjadikan orang-orang pakai dan orang-orang miskin tidak perlu lagi meminta-minta pada hari raya idulfitri Abdullah bin Abbas radhiallahu anhuma berkata for Rosulullah SAW serentak atau Fitri zakat alfitri tuh roton desain melalui Muhammad wafat waktu main sambil masakin Rasulullah SAW telah mewajibkan dalam wajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang yang berpuasa dari kelalaian dan kata-kata keji juga untuk memberi makan orang-orang miskin hal ini diriwayatkan oleh Abu Dawud di nomor 1609 Ibnu Majah no 1827 dan disesuaikan oleh al-hakim jilid 1 halaman 568b hai hai Hai kemudian juga ada pot nomor 1071 dikatakan terusan Dewa ini selanjutnya adalah hutan sambang semuanya adalah paman ada hakkoblogs salatifa ia zakkaten maqbula woman ada ba'da shalat istikharah sampai mengeluarkan sebelum salat Idul Fitri maka dihitung sebagai zakat fitrah dan siapkan mengeluarkan setelah salat Idul Fitri maka dia dianggap sedekah secara umum Rasulullah SAW juga bisa berhari slime Bu Nuhun Anis xuanyin bebas karena orang-orang fakir dari meminta-minta pada hari ini masih hidup Fitri Haris ini water Baihaqi di tempat halaman 175 Hai wc-nya ukuran zakat fitrah dan jenis-jenis makanan yang dapat dikeluarkan sebagai zakat fitrah ukuran zakat fitrah adalah satu sak teruse kita sebutkan kurang lebih tepatnya dua kilo 2,17 6 kg tapi dibulatkan biasanya dua setengah kilo Kya sedangkan satu Swag = 4 genggaman dua telapak tangan yang di dan dikeluarkan dari makanan pokok yang dimakan oleh Mayoritas penduduk setempat baik berupa gandum dalam bahasa Arab kamah ataupun syair kurma brush Kismis atau debit dalam bahasa Arab ataupun keju berdasarkan ucapan Abu Sa'id al-khudri radhiallahu Anhu pun naidha karena final Rasulullah Shallallahu salam nuklir Yogyakarta Fitri kyau Kabir how we now look so Amin pun also Amin akik mine-active dalam kurung adalah bandul muzaffar Al Khair ausa Amin Thamrin ausa amin slip ketika Rasulullah SAW sana masih ada bersama kami kami mengeluarkan zakat fitrah nih sebelum salat Idul Fitri untuk setiap anak kecil dan orang dewasa orang merdeka dan budak sebesar satu sak makanan satu soal kit atau susu kering keju tepatnya terus soal gandum 1xak kurma dan satu seanggun kering hadits ini diriwayatkan Bukhari nomor 1506 dan Muslim 985 jadi makanan pokok dia dimana ini sedang dimakan oleh masyarakat umum yaitu zakat fitrah poinnya zakat fitrah tidak dikeluarkan dari selain makanan zakat fitrah yang wajib dikeluarkan meneladani jenis-jenis makanan dan tidak boleh diganti dengan uang kecuali dalam kondisi darurat karena tidak ada petunjuk yang menegaskan bahwa Rasulullah SAW telah membayar zakat fitrah dengan uang sebagai pengganti makanan bahkan tidak ada satu riwayat pun yang menyebutkan bahwa para sahabat mengeluarkan zakat fitrah dengan uang kecuali Anda berikan uang cesan cesan itu menawarkan ini loh zakat Fitra bosnya kilo beras Ini jenisnya nilainya misalnya 20.000 30.000 satu kantong Anda berikan uang jadi mereka yang so siapkan Brasil nggak ada masalah tapi kalau anda jadikan uang anda kasih tangga Anda inilah zakat fitrah saya ini yang tidak boleh anjuran ulama tidak boleh karena memang tidak ada riwayat yang menjelaskan zakat fitrah diganti dengan uang yang ada makanan pokok zakat mal ada sendiri sudah kita jelaskan dari poinnya waktu wajib zakat fitrah dan waktu mengeluarkannya zakat fitrah wajib pada saat datangnya malam Idul Fitri sedangkan wakwak untuk mengeluarkannya waktu diperbolehkannya mengeluarkan sekali adalah satu hari atau dua hari sebelum Idul Fitri karena bluemint Umar bertobat radio anu Mak pernah melakukan hal tersebut waktu mengeluarkan zakat fitrah yang utama adalah sejak terbitnya Fajar Hendra idulfitri sampai menjelang salat ID kenal Rasulullah SAW telah memerintahkan agar mengeluarkan zakat sebelum manusia keluar untuk melaksanakan shalat Idul Fitri dan ucapan Abdullah bin Abbas radliallahu anhuma ia menyebutkan for Rasulullah Shallallahu salam zakat fithri tuh urutan yia work binal wafat waktu metanil masakin Manado hakkoblogs salatifa ya zakat Ummah mula Oman Adha ba'da sholat yosoroto minumsoda.con Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang yang berpuasa dari kelalaian gue selama puasa Dahlan yang lalai dimaafkan dengan zakat fitrah itu dan kata-kata keji juga memberi makan kepada orang-orang miskin barang sampai menunaikannya sebelum shalat Idul Fitri maka ia adalah zakat fitrah yang diterima dan barangsiapa menunaikannya menunaikannya setelah salat Idul Fitri maka ia adalah sedekah dari sedekah sedekah yang biasa selain zakat fitrah hadits ini diriwayatkan oleh Abu Daud nomor 1609 dan Ibnu Majah 1827 waktu coba atau mengganti untuk melakukan zakat fitrah yaitu dari slot Idul Fitri dan seterusnya zakat fitrah bisa dilakukan pada waktu itu dan telah mendapatkan pahala tapi hukumnya makruh hadits ini ini dikatakan para ulama berpendapat tentang mencoba zakat setelah sout Fitri setelah Idul Fitri sebagai mereka membolehkan dan selama Sebelum lewat hari raya idulfitri ketika dilaksanakan jadi misalnya ada orang lupa nih tiba Idul Fitri ya sudah niat zakat fitrah tapi Subhanallah habis salat dia baru perhatikan ada orang-orang miskin yang ikut salat menerima gantung-gantung Berastagi sebelum shalat Idul Fitri baru diiket Oh belum zakat fitrah saya design dia boleh mencoba tapi tidak berlaku bagi orang yang sengaja tidak mau mengeluarkan zakat fitrah baru dia mengeluarkan selesai Sholat Idul Fitri Oleh karena itu kalau anda bimbang tidak sempat nanti membagikan beras makanan pokok kita misalnya disaat sebelum Idul Fitri Anda berikan kepada lembaga-lembaga Amil yang bisa melaksanakan 7 lebih baik ya itu akan jauh lebih baik baik kemudian point esnya penerima zakat fitrah penerima zakat fitrah kelompok-kelompok yang berhak menerima zakat zakat lain pada umumnya tetapi orang-orang fakir dan miskin di utama untuk mendapatkan zakat fitrah daripada kelompok-kelompok lain berdasarkan Sabda Rasulullah SAW sebelum gunung hangyeryeong bebaskanlah mereka orang-orang pakai pada hari Idul Fitri ini dari minta-minta Oleh karena itu zakat fitrah tidak boleh diberikan kepada selain orang-orang fakir kecuali jika tidak ada orang-orang fakir kefakiran mereka yang ringan atau ada kelompok lain yang berhak menerima zakat yang lebih membutuhkan tadi dari 85 kelompok zakata dia tapi lebih ditekankan adalah orang fakir dan miskin catatan Disini yang pertama istri yang kaya boleh memberikan zakat fitrahnya untuk suaminya yang fakir sebaliknya suami tidak boleh memberikannya kepada istri karena memberikan Nafa Urbach istilah kewajiban suami sedangkan memberi nafkah kepada suami bukan merupakan kewajiban istri jadi zakat mal ataupun zakat Fitra boleh istri berikan kepada suaminya termasuk zakat malnya kalungnya suaminya termasuk dalam kategori orang-orang yang miskin tanya yang kedua Eza katrok tidak wajib dilaksanakan atau gugur atas orang yang tidak mempunyai makanan pada hari pelaksanaannya karena Allah tidak membebani hambanya kecuali sesuai dengan kesanggupannya yang ketiga orang yang mempunyai sedikit kelebihan makanan pada hari pelaksanaan zakat fitrah kemudian ia mengeluarkannya maka ia akan mendapatkan pahala karenanya sebagaimana firman Allah yang mahatinggi menyebutkan fotoku Muhammad SAW atom maka bertakwalah kepada Allah atau patulak warnanya semampu kalian atau rabun ayat 16 menjangkau ada orang tidak dia mau zakat fitrah tapi dia enggak punya dua setengah kilo brush hanya punya dua hidup boleh biasakan Fitrah dikeluarkan saja walaupun idealnya adalah dua setengah hidup Hai yang keempat zakat fitrah dari satu orang dapat diberikan kepada beberapa orang Demikian pula sebaliknya zakat fitrah dari beberapa orang dapat diberikan kepada satu orang karena perintah zakat fitrah dari pembuluh pembuat syariat adalah bersifat bebas atau mutlak dan tidak bersyarat ataupun terikat pasarab nyamuk Hai jadi saya lagi zakat fitrah dari satu orang dapat diberikan kepada beberapa orang bisa saya sekeluarga nih Saya mau istri sama anak2 misalnya berarti kan zakat saya bos Tengah kilo istri Shadow setengah kilo anak Shadow setengah kilo anak yang satu lagi dosanya kilo berarti kan 10 kilo Kami boleh ini dibagi dua setengah kilo per kresek misalnya saya berikan kepada tetangga saya sea yang ah istri saya berikan pada tanggal si B jadi kita bagi boleh juga sebaliknya semua itu 10 kita berikan kepada satu keluarga saja atau satu orang saja yang kelima zakat fitrah wajib atas seorang muslim dalam negeri gimana ia tinggal jadi nggak dikirim keluar dengan kecuali dari sudah kita bahas akan ada wilayah-wilayah muslim yang betul-betul mendesak dan dimulai kita sudah tidak lagi yang menerimanya yang keenam zakat fitrah tidak dapat dipindah dari satu negeri ke negeri lain kecuali dalam keadaan darurat keberadaan zakat fitrah sama dengan keberadaan zakat yang lainnya ini Bahasan tentang masalah Zak dan ini Alhamdulillah kita selesaikan