Tampilkan postingan dengan label Adi Hidayat. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Adi Hidayat. Tampilkan semua postingan

Jumat, Februari 04, 2022

Sifat Sholat Nabi

Aku suka 12 Ramadhan 1442H - Sifat Sholat Nabi [Rahasia Iftitah Dalam Shalat] - Ustadz Adi Hidayat

Bismillahirohmanirohim izaja zakly munafiqun akhol unasch aduin nakal Rosulullah wallahu ya'lamu in nakal Rasulullah Wow yasyhadu Innalillahi munafikin al-kazibu npu di ITC Ozu imanuhum joenathan Valco zhuhang Hai angsa Bill lillahi Inna humz Ahmad kamu ya'malun the light dari cabean nah Um Amang usum makholaq qulubihim foto-foto bengala qulubihim pohon layak kohun Woi rohaidah untuk Haji buka Azizah Muhammad wa iya kulut ashyim Kean nah Um khusubum musanadah ya sabunan khozin alaihim Ummul Khair room hotel allah' and nayub akun sodakowlohuladzim [Musik] [Musik] Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh alhamdulillah iwatate Saho saudara mualaf Suli lahir Mustofa Ahmad jiwa Fahmi hirohman dewasa saya bahwa rosulihi Shallallahu Alaihi Wasallam yuhyi WA iyyakum bitaqwallah ichfa data maupun Antum muslimun fahwal tak ada ia ayyuhalladzina amanu ittaqullaha haqqa tuqatih oleh tamutunna illa huwa Antum muslimun 11 dariku dimanapun anda berada berjumpa kembali Alhamdulillah dalam kajian Aku suka Ayo kultum sejenak untuk berbuka Alhamdulillah hari ini telah sampai kita di hari ke 12 di bulan Romadlon tak terasa sudah 12 adik menunaikan ibadah senyum bermohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa Semoga doa kita dikabulkan oleh Allah diijabah dengan cepat dan amal ibadah kita diterima dengan penerimaan terbaik Insyaallah siang kita salat kita rokok sujud dan amal-amal lainnya Amin ya robbal alamin Baiklah hari ini kita akan coba lanjutkan kajian kita seputar Sifat Shalat Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam di penting untuk kita Uraikan Seperti biasa saya sampaikan di pertemuan lalu bahwa ini menjadi pembuka gerbang kesuksesan kebahagiaan dunia akhirat yang membuktikan komitmen kita kepada Allah pembuktian iman kita merubah karakter kita menjadi lebih baik pun demikian pengatur kecepatan terkabulnya doa kita di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala serta banyak lagi kemuliaan lain yang bisa dihasilkan yang sumbernya bersumber dari sholat tapi tidak semua itu bisa diraih kecuali dihasilkan oleh orang yang shalatnya benar sesuai dengan ketentuan Alquran dan petunjuk dari nabi Shalallahu Alaihisalam untuk itu penting kita belajar materi ini agar shalat kita bisa lebih baik sesuai dengan petunjuk dimaksud dan mendapatkan apa yang dijanjikan kepada kita semua Insya Allah baik karena itu Mari kita coba lanjutkan pembahasan kita di pertemuan yang lalu saya izin mengingatkan dan praktekkan dengan singkat kita telah menyelesaikan sampai dengan cara bacaan dan hikmah pada meletakkan cek nih Dada yang kemarin kita sepakati di sini baik dengan begini ya begini ataupun begini ataupun bersama dengan pergelangan seperti ini atau juga sedikit melewatinya Begini Nah kita telah bahas bahkan dari awal jadi saya ingatkan dari mulai kita berdiri tegak hadis yang mengatakan ia berdiri menghadap ke arah kiblat tuh sampai kita tegak mantap betul ya tidak miring kanan miring kiri depan atau belakang kemudian dalam konteks menghadap kiblat ini pantas sudah kita bersiap nyaman kita mulai bertakbir bisa sejajar dengan bahu disini hadisnya sudah kami sampaikan juga bisa sejajar dengan daun telinga di sini naik ke atas jadi bisa di sini ya bisa juga disini kemudian jadi meledak begini kita turunkan tangannya yang telapak kanan ya menutup punggung yang kiri seperti ini bisa juga digenggam begini bisa juga pergelangan untuk pergelangan begini atau lebih sedikit begini ya dalam hal kita bertakbir sudah kita memulai maka ingat baik-baik Highway ingat baik-baik takbir ini disebut dengan ihram berarti mengharamkan menanggalkan tidak membolehkan ya apa yang tidak dibolehkan apa yang dilarang yaitu tidak boleh membawa segala hal yang tidak terkait dengan sholat karena itu pasrah kepada Allah Buang semua yang tidak terkait dengan salat ke belakang jangan dibawa sehingga mengganggu keadaan Salat kita lalu kita ucapkan Allahu akbar bersamaan dengan itu kita hadirkan niat didalam hati kita kan salat Apa yang akan kita tunaikan baik ketika Anda mengatakan allahuakbar maka yakinkan pada diri kita kita sedang menghadap kepada yang Maha Agung maha dahsyat maha segalanya maka tidak boleh ada yang lebih besar dibandingkan dengan Allah saat kita menghadap semua tinggalkan segala yang tidak terkait dengan apa yang kita kerjakan dalam salat kita maka itupun kita rasakan bahwa kita mengatakan Allah Maha Besar lima kali setidaknya dalam sehari membuka salat ini kita sampaikan mohon dan kita komitmen Allah yang mahabesar kita rasakan Kenapa kadang-kadang ketombe kebesaran dalam hidup kita ya banyak persoalan angkut adalah teman merasa hebat rasa besar pala banyak ilmu dibanding orang singa bersikap sesuatu yang tidak pantas dan kita akan menyesali itu kemudian kita berusaha untuk memperbaiki diri kita dan menyadari bahwa sepenuhnya sumber keburukan itu bersumber dari hati kita jadi qolbu kita di dalamnya dan nafas didalamnya ada fujur dan sering disebut dengan nafsu yang dengan nafsu yg memancarkan segala keburukan yang diawasi oleh syetan kedalam bagian tubuh kita sehingga alih-alih masuk ke lisan harusnya berkata yang baik keluar kata-kata yang kotor demikian pandangan buruk pendengaran tidak elok sampai ke ujung kaki itu sumbernya dari nafsu dari fujur Nah ada di qalbu tempatnya ada di soundtrack dada kita ini sumber kehidupan yang dimaksudkan bukan jantung secara fisikal ya ataupun hati secara fisik bukan ini sumber kehidupan tempat rokok ada dalam diri kita ya tempatnya disebut keadaan disebut dengan nafsun nafas di dalamnya nanti Ada Taqwa dengan fujur seperti pernah sampaikan dipertemuan lalu saya mohon izin yang baru tersambung coba cek di pertemuan yang lalu ya Anda tinggal buka bukunya itu yang catatan penuntut ilmu spesial Ramadan sesuai dengan sejak kemarin hari 11 kan langsung ya kalau nanti kita bisa simak scan dari situ keluar kemudian uraian yang bisa kita simak dan menyampaikan pada apa yang saya Terangkan ini untuk merujuk pada yang lalu jadi begitu Anda kemudian lakukan ini ya teman-teman sekalian mulai bertakbir akan bersedekap di ini memberikan gambaran kepada kita bahwa setan sering memanfaatkan keadaan diri kita melalui nafsu yang ada di dalam nafas ini kemudian tempatnya qalbu ya karena slow bergejolak seperti saya Terangkan dan ini ada di dalam saudara ya Bos pusat kehidupan kita maka digambarkan Bagaimana tangan kiri kita kemudian ini tergambar ia terpengaruh dan sebagainya bagian dari hal yang kurang baik ini bagian dari yang baik maka kita mengakui dalam kehidupan ditangkap mampu mengontrol keadaan Deni kita nafsu kita sehingga kadang berbuat banyak yang tidak baik maka rumusnya adalah jaga diri baik-baik jaga hati kita dan tutupi segala yang tidak baik dengan yang baik-baik dengan tangan kanan kita bisa saya Terangkan kemarin hikmahnya ya teman-teman sekalian karena itu orang-orang yang senantiasa menutup keburukan dengan kebaikan kemudian bisa mengendalikan hati Hai maka dia cenderung akan bersikap lebih baik dalam kehidupannya cenderung akan berubah cenderung akan mendapatkan rahmat Allah dan pancaran cahaya cahaya kebaikan ini yang dimaksudkan oleh Nabi Shalallahu Alaihisalam Inna Fil jasadi molten tidak salah asal jasa dukun www.vast.co.id 20 lahir qalbu dalam diri kita itu ada sekerat daging yang disitu melekat kemudian sumber pancaran dari segala hal yang kita lakukan dalam kehidupan disitu pula Anda sumber-sumber kehidupan kita ya syarohiyan baik teman-teman sekalian Apa yang terjadi jika itu bagus karena bisa salah maka akan bagus seluruh pancaran kehidupan kita yang memancur pada sebuah kota tubuh tapi itu jika jelek ya jika itu jelek maka yang terjadi adalah apa yang keluar dari respon anggota tubuh kita maka akan jelek bulat ada Wiro kalbu itulah kalbu dalam qalbu Anda apa dan apostello nafas Ada apa Ada bujur yang harus dikendalikan ada tak website tingkatkan dan Karena itulah kemudian orang-orang yang bisa menutup ya keburukannya dengan kebaikannya dengan Khazanah nya baik itu Hasanah maka itu akan menutup keburukan-keburukan dianya makanya bisa salam pernah menyampaikan ittaqillah haitsuma kunta What mission hasil data tamhuha ya bertakwalah engkau Dimanapun kau berada Taqwa tingkatkan taqwamu menjaga hatimu dengan tutup nafsumu tingkatkan Taqwa Wako kemudian tutupi yang buruk itu dengan kebaikan tamhuha maka yang baik akan menutup yang buruk-buruk hidup ya Jadi kalau kita terbiasa menutup terbiasa Taubat Maka insya Allah segalanya akan kembali menjadi lebih indah dalam kehidupan kita kalau perlu genggam makanya di redaksi salah satu hadis menggenggam kau bawain ke Batu seperti ini untuk menunjukkan kesungguhan kita dalam upaya mengendalikan hati dan sedikit menekan untuk bisa memberikan dorongan kekhususan pada diri kita nah tentunya yang mustahil bagi seseorang kemudian bisa merasakan dirinya menutup keburukannya dengan kebaikannya atau yang salah dengan yang sholeh kalau tidak mengetahui dan menyadari kesalahan yang diperbuat dalam kehidupan karena itu ketika seseorang sudah mulai bersedekap meletakkan yang tangannya itu yang telapak kanan di punggung yang kiri atau seperti yang dicontohkan di dadanya seperti ini Nadia harus mulai menyadari di harus mulai mengakui dan mulai dia ingat kesalahan apa yang dia bawa ya sebelum dia salat itu dosa apa yang dia bawa sebelum dia salat itu jangan Lukita berfikir yang meminta kepada Allah menuntut begini menuntut begitu karena ada orang sebelum salat kan sudah mulai berharap nih salat di waktunya kita minta waktunya kita memohon bikin waktunya kita menagih janji allah subhanahu wa ta'ala yang saat salat mengatakan ia apapun yang kau minta aku akan berikan dah itu kan belum selesai kalau benar shalatnya maka dari itu kita coba memperbaiki dulu harus Shalatnya jangan sampai keadaan kita penuh dosa kita penuh masalah hidrogen kemudian pengen minta sama Allah proses Kemarin saya ilustrasikan kan Laisa Kamis DC ya kita berikan contoh sederhana dalam kehidupan ada orang-orang yang punya masalah dengan orang lain Ya salahnya banyak kemudian tiba-tiba yg minta bantuan seketika tanpa ikat salahnya dekat mustahil bisa diberikan ya apalagi hubungan kita dengan Allah karena itu saat kita sedang boleh bersedekap kita akan memulai kemudian memohon kepada Allah dengan kebaikan-kebaikan maka harus ada adab Hai yang kita perhatikan apa diantara adabnya karena kita akan mencoba menutupi kekurangan nih ya dengan kelebihan-kelebihan menutupi yang salah dengan yang sholeh yang buruk dengan yang baik maka kita harus diingat kesalahan apa yang kita bawa dengan keburukan apa yang pernah kita kerjakan minimal sebelum salat nih seolah kita mau maghrib saya akan Ya setidaknya dari Ashar sampai dengan bakteri pada sesuatu yang kita kerjakan mungkin salah pandangan salah lihat kemudian teringat salah dengar atau fikiran saya salah berpikir dan sebagainya maka kita bahwa kemudian kepada Allah subhanahuwata'ala penyesalan kita itu atau kita buat situasi yang lebih umumnya banyak dosa dan sebagainya begini yang lalu kita ingin mengungkapkan kepada Allah kita menyesali itu semua ya kita ingin kemudian dibersihkan semua itu kita ingin meminta kepada Allah dalam keadaan yang baik dalam konteks ini bagaimana caranya seperti apa bacaannya dan Apa hikmah di balik itu semua step ini yang akan kita gali dari pembahasan kita pada edisi yang ke-12 ini seputar Amalia amalan Iya amal hai Oh ya setelah ini meletakkan tangan pasca takbir Apa yang harus dilakukan setelah kita meletakkan tangan pasca takbir ini bagian pertama sudah kita bahas takdirnya kemudian meletakkan tangan dan sampai ke hikmah sudah kita bahas Sekarangnya akan melakukan Amalan apa yang dilakukan dalam salat setelah meletakkan tangan pasca takbir baik itu yang terkait dengan ini cara ikan kemudian adakah Hai nah kemudian yang terakhir hikmah atau esensinya di selalu kita akan coba Uraikan mendoan sekalian ya Nah Mari kita lanjutkan dulu untuk menggali informasi Aduh ya kita selalu berusaha untuk mengarahkan kajian kita dari sumbernya dengan karena salat itu kan robot cepatnya harus mengikuti nabi Shollu Kama roaitumuni usholli salat lah kalian persis seperti melihat aku salat nah ini kita akan gak pernah lihat nabi ya dalam situasi kekinian yang mimpi pun belum tentu ketemu dengan habis wasallam maka cara terbaik adalah merujuk pada keterangan orang-orang yang pernah mendapatkan informasi itu dari debit ya lalu menyampaikan disampaikan lagi pada generasi setelahnya gerak salahnya bertanya sampai dengan ke kita urutan itulah yang disebut dengan sanad informasi yang disebut dengan Matan namanya dan sana beserta mantan hanya ditemukan dalam kitab Hadits karena itu kita akan merujuk pada kitab Hadits kitab hadits yang susunannya disusun berdasarkan urutan si Oke teman-teman kalian tuh disebut dengan sunan kadang kita dapatkan dalam kitab Sunan ataupun juga dalam kitab jami' yang secara umum membahas tentang kehidupan Nabi Shalallahu Alaihisalam seperti kitab sunnah Al Buchori dengan saya bakal itu kita Saya muslim kitab jami' bin sunan sunan Abu Daud Nasa'i dan juga beberapa stand yang lainnya kita lacak dulu teman-teman sekalian dan ini kita masih dalam pembahasan di dalam pembuka shalat masih dalam pembukaannya ya masih dalam pembukaan Pembukaan itu bahasa Arabnya itu disebut dengan Hai Naif kita atau juga disebut dengan istiftah nah istiftah ini ya kita Terangkan kalau disebut Iftitah itu Bagaimana istiftah itu seperti apa ya cuma secara singkatnya segala hal yang terkait dengan bagian pembukaan disebut dengan Iftitah atau istiftah ya kalau MC itu dalam satu acara sih mengatakan Hai ada setiap hal dan warga bisa lihat atau hanya standard bagi kita membuka ya acara ini tuh masih dalam konteks pembukaan nah ini kita dalam shalat masih pembukaan ya masih takbir baru meletakkan tangan masih dalam pembukaan kita untuk mengawali kepada inti sesuatu jelas ya Nah makan mari kita kita lihat dalam konteks istiftah atau Iftitah ini bagaimana ya petunjuk-petunjuk yang didapatkan dari nabi salam yang kita bisa kali dari kitab-kitab hadits baik kita dari segi sanad dulu ya urutan yang paling Shahih di ada soal bakar yang bersama kita saat ini ini kita punya seperti biasa Oh ya kita lihat dalam Baba istiftah atau istilah ini bagaimana petunjuk dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam baik Insyaallah ni ada di halaman yang kita bisa lacak nomor HDC saya ingat 744 Ya cuma ini di kitabnya halaman ke berapa kita akan lihat nah ini dia ayat 24 halaman 124 kitab-kitab yang ini yakni go kali di halaman 124 ini ya teman-teman sekalian Nah ini dia 124 nawar habisnya betul 744 yang ini 744 ya Nah baik Kita lihat nanti Hai babnya bab yang ke-89 kita bulatin ya di kita bola dan tuh kita bersepuluh ya kita bulat dan jadi ada PR Tema besar 97 tema lain teman-teman ngaji di Madrasah al-khoiriyah Insyaallah setiap hari ya antara 1.00 2.00 di selama Ramadhan dengan izin Allah kita tampilkan Madrasah Al Imam al-bukhari itu nanti anda 97 tema ya kalau diramalkan ini yang kita bahas kita bosom karena konteksnya seputar puasa Insyaallah diluar itu menemukan bisa diteruskan 97 tema itu nah ini tema yang terkait kita ada di tema yang ke-10 biasanya temanya disebut dengan kitab-kitab bulan dan di bawah tema ada subtema ini di kita buat Agan subtema yang ke-89 bab mayakulu banget detect diri nyebab mayakulu berdetak diri band itu subtema topik pembahasan tentang apa yang dikatakan setelah kita menunaikan takbir Jadi kalau sudah kita dikatakan Takbiratul Ihram bukan satu paket kirim dari mulai tangannya angkat sampai dengan meletakkan seperti ini dan mengucapkan allahuakbar sudah satu paket 1 paket yang disebut dengan apa Takbiratul Ihram Nah sekarang setelah kita selesai Takbiratul Ihram itu ya Apa yang harus kita lakukan Apa arti kata Gan Nah tadi dalam konteks kita sudah merasakan kita ingin bertobat kita ingin kembali kepada Allah dalam kebaikan ke itu tutup keburukan dengan kebaikan yang salah dengan yang sholeh apa yang setelah bukan di sini kisi-kisinya al-imam al-bukhari menyatakan bab mayakulu battletech diri ya adalah pembahasan spesifik dari Nabi Shallallahu salam seputar Apa yang harus dilakukan dikatakan setelah kita menuntaskan Takbiratul Ihram nomor habis 744 Bismillahirrohmanirrohim Anda tanam musain Ismail Kaulah Anda sana Abdul Wafi definisi ada Kora kagaz 600 Emil cover kaulah kaulah Abu Hurairah yang tersambung ke nabinya Edo sahabat Abu Hurairah semoga Allah meridhoi Kepada beliau nanti sahabat Abu Hurairah tadi ya ilmunya informasi diterima kesimpulan sih pulang sebulan sebulan sebelum sampai ke al-imam al-bukhari ini sampai kepada kita saat ini Jadi ini menarik sekali luar biasa istimewa segala sumber keislaman itu validitasnya tidak pernah ada sesuatu yang meragukan semua otentik dan bisa ditelusuri bahkan setiap orang ini bisa dilacak nanti ada kitab lain lagi yang menunjukkan Sisi pulang Siapa hidupnya Kapan bahkan perilakunya bagi hewan ha itu ada itu dahsyatnya referensi dalam keislaman yang memberikan gambaran kepada kita bahwa setiap informasi mesti dicek sampai keakar-akarnya sehingga kita betul-betul Yakin mengambil informasi itu sehingga bisa ditransfer kan biasanya dari data akan informasi detailnya di informasi-informasi dino-lite itu kan cara berpikirnya jadi kita terima data nih data dari sini terus berupa informasi jadi nulis pengetahuan dan tadi pengetahuan itu action apa yang setelah kukan implementasinya berupa tindakan lihat nah ini udah berupa informasi menjadi pengetahuan nanti ya baik apa yang diterima sahabat Abu Hurairah radliallahu Anhu dari Nabi Shallallahu kalau beliau menyampaikan ketabo heran kan Rasulullah Insyaallah next dapat adalah nabi pernah seketika ya rosulalloh salam yaskutu by latex b2b.com ya Beliau pernah terdiam sejenak terdiam antara takbir terlihat oleh RAM dengan kerah disini al-fatiha maksudnya karena dalam salat Walker ahli disebut dengan Alfatihah ya jadi atau al-fatihah sehingga diistilahkan dengan alkra karena bacaan ke Ratu bacaan Quran pertama yang dibacakan to al-fatihah nabi itu kan rasul-rasul sebelumnya sekutu bayi detect diri Walker Allah pernah beliau diam ia diam Hening antara takbir takbir level dengan bacaan al-fatihahnya kemudian iscalton ya Beberapa masa gitu Jadi diam sejenak bahasa enaknya terdiam sejenak ya kau ada aksi bingung ya Beliau mengatakan ya abore mengatakan aksi buah kuduga demikian dia jadi diduga kira-kira sejenak lah gitu beliau itu terdiam kalau udah uniyed Makanya Eh kau munajatkan makanya dia katakan Hening sejenak kita enggak enggak terlampau lama juga gitu kemudian Hai faqultu maka aku bertanya pada selesai salam setelah selesai salat jadi ini saya sering katakan kepada anda waktu menjelaskan tentang ilmu sanad dengan inspirasi dari para shahabat yang meriwayatkan hadits dari sela-sela bagaimana mereka merespon hadits dari nabi itu jadi dahsyatnya sahabat Abu Hurairah salah satu yang pernah Pembina saham itu selalu nalarnya cepat gitu Jadi kalau dapat informasi pengen cepet mengamalkan dengan baik gituin pengen cepet mempraktekkan Pengen meng-cover ifikasi seperti apa gitu kan Ini kebenarannya kalau ada sesuatu dan bagaimana mengerjakannya dan sebagainya ini cepat ya tidak-tidak tunggu lama jadi begitu beliau selesai salat nah ingin diklarifikasi ingin ditanyakan tadi waktu Nabi diam itu ada apa gitu kan Kalau bacaan misalnya ada yang Mustajab kalau ada sesuatu Bisa diinfokan sehingga dari info itu bisa diteruskan kemudian kepada kita bahkan sampai dengan saat ini maka apa Jawablah salam baik maka sebelum ini kita teruskan dulu Abu Hurairah kemudian faqultu maka aku saudara selam Bi Abi Umi Abi wa Ummi ya Langsung langsung demi Bapak dan ibuku kalau sudah begini ini artinya memohon dengan sangat Jadi kalau ada uspdi bahasa Arab babi wa Umi dengan ya atau misalnya kalau bahasa lebih dahsyat lagi kadang-kadang dengan menggunakan sumpah jadikan wallahi demi Allah misalnya Tom misalnya langsung Menggunakan sesuatu yang taklim ya Obladi acromag ramaikan demi Allah memuliakan anda akan bisa juga dengan Kalau bahasa dahsyatnya kadang membawa keadaan diri kita tekan Wow lebih misalnya lebih inepsy adegan atau kita balik walet inap sibya dihasilkan dan demi jiwaku yang digenggam oleh Allah subhanahu wa ta'ala untuk kalau sudah begitu Dahsyat sekali hadis ini babi wa Umi Ya Rasulallah ikan yang slow demi ibu dan bapakku itu masih pengen tahu banget eh gaya bahasanya pengen tahu banget is kartu Kabinet Dwikora aneh uang yang sebagiannya Anda ending Anda sejak tadi danding anda sejenak diantara takbir ingin bacaan al-fatihah Anda apa yang Anda katakan nah ini rumahnya teman-teman sekalian maka apa yang terjadi koala maka selesai menjawab sela-sela mudah menyampaikan aku Ono aku berkata Ya saat mening tadi antara Takbiratul Ihram dengan bacaan al-fatihah Allahumma baid baini wabaina khatayaya kemabangan trailer masyriqi Wal maghrib Allah menepi nelponnya ke dan allahummaghfir mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui doa ini atau sering dibaca Ini juga dihadiri muslim Sekalian nomor hadits 598 ya nomor habis lebat 598 nah ini rumusnya Hai Nah coba saya mau tanya pernah enggak kita setelah takbir allahuakbar Jangan mau kita baca Allahumma baid baini wabaina khatayaya kamu banget allahummaghfirlahu atau khotoyaya Barat nomor 144 jadi Hadits Muslim teman hd598 rawinya dari sahabat Abu Hurairah kalau kita saya atau Anda pernah baca ini pertanyaan terbesarnya paham yang dibaca ya jangan selama ini Dibaca tapi tidak ngerti apa yang dibacakan selama ini dibaca nggak paham apa yang dilakukan Edi sehingga sulit menghadirkan kekhusyu'an pada jiwa kita feedbacknya itu enggak dapet dari salat itu ya karena itu penting kita Jelaskan kembali teman-teman sekalian ya pada aspek ini Iftitah istiftah Hai ini kan masih dalam suasana pembukaan dalam salat ini Hai tapi bukan pembuka biasa Karena pembuka ini akan sangat menentukan nanti diantaranya adalah terkabulnya doa kita ya terkabulnya doa karena nantikan setelah ini selesai kita masuk mulai ke inti bacaan maka disebut qiroah inti bacaan pertama dalam salat yaitu al-fatihah al-fatihah nanti ada rahasia Kalau benar baca al-fatihah nya ya sampai di titik rahasia itu teman-teman sekalian itu Allah langsung mengatakan hal baini wabaina abdiwali besar ini perjanjian ntar aku dengan hambaku kalau hambaku benar sholatnya Sampai detik ini apapun yang dia minta sesuai kebutuhannya akan berikan Hai Nah jadi ini sangat menentukan kalau di sini kita salah dalam konteks Allah itu tidak mendapatkan esensinya tidak mendapatkan bagian prosesnya hanya sekedar formalitas bacaan untuk menguburkan hukum fiqih ya kalau kita sekedar salat menguburkan hukum PK ia kewajibannya tuntas Anda pahala sepuluh dituliskan tapi sayang maknanya nggak dapet dan tidak mendapat mana itu tidak memberikan pengaruh dalam kehidupan jadi apa-apa yang diharapkan Di Doa terkabul dengan cepat ya jadi jembatan kebahagiaan kesuksesan kemudian juga yang lain-lain yang pernah disebutkan ketenangan dalam jiwa dan sebagainya merubah perilaku Jangan harap dapat ya ya karena itu ketika kita memperbaiki ini Nah ada sesuatu harus kita bawa apa itu bersamaan dengan apa yang telah saya Terangkan kita merasakan banyak salah enggak mampu mengendalikan hati kita ingin merubah dengan kebaikan-kebaikan kita mengakui duet ya ada kesalahan saling kita bawa nah kesalahan itu teman-teman sekalian kalau satu tunggal dalam kehidupan kita menyebut dengan khotiah bahasa Arabnya hoti ahlus nulisin ya ini saya hapus dulu yang ini yang atas sebelah nah Hai jadi begini hope Anton Hai ah seperti ini hoti Anton akar katanya dari kVA Hai sotoun ah Hai latihan Woi kata kerjanya infinitive nya dari kata aspal Ini kata kerjanya ah Hai yakni kata kerjanya field dalam bahasa Arabnya filmafik kata kerja sekaligus bentuk infinitive untuk kata kerjanya kemudian ini dari kata apa namanya Master kata aslinya dan khotoun dan kemudian bisnis turunannya menjadi sifat yang salah kopiah Jadi kalau sekali salah Sofiatun satu kesalahanku hati-hati salah ya ah sifat salahnya keadaan salahnya kotak hadiah kota ini salah Tin sifat kesalahannya yang ini aku akui kesalahan saya Granada kopi antik Sofia baik jadi kalau kita katakan hop Iya satu kesalahan kalian kita akui kalau kita merasa banyak salah nih banyak salah maka jam akan bentuknya hot ia menjadi hot toys I hope ya ya Hai benjolannya banyak kalau kita mau ngaku banyak kesalahan saya Ini salah banyak saya lakukan mata saya salah lihat Telinga saya salah dengar lisan saya salah bicara sampai kaki salah melangkah maka tambahkan ya nisbah diujungnya untuk mengakui dinisbatkan kepada kita kita yang salah saya yang salah saya secara pribadi mengakui saya salah tambahkan ya kecil harganya kalo kVA ya Jadi kita katakan Hotel ia ya Hai Nah makanya ketika kita mulai di istithaah ini atau istiftah ini begitu kita mulai bertakbir mengarahkan tangan begini ya kita mengatakan mengakui untuk menutup kesalahan kita itu kita katakan Allahumma baid baini wabaina hope ya Iya adek kecilnya Awas yang harus ada yang kecilnya itu pengakuan Ya Allah kalau kita mau Terjemahkan secara tafsirannya Ya Allah Aku mengakui aku banyak salah aku menghadapi merasa aku hamba yang banyak salahnya ya Allah aku hamba yang banyak berbuat kesalahan dalam hidup waktu kalau sudah kita katakan gitu Bye bye ia mengaku terbayang kenang-kenangan kita sebelum shalat merasakan mungkin ada persoalan di rumah tangga ke dengan kerabat tetangga kehidupan gaya kanan persoalan itu menghambat mendapatkan rahmat Allah atau bahkan dengan Allah sendiri lagi orang mau tobat ikan ini selesai kalimat-kalimat tobat make sering katakan semua Taubat semua salat itu itu fungsinya salah satunya untuk tobat Ya semua salat itu fungsinya untuk tobat kita karena dalam shalat berkenan mengampuni dosa kita jadi begitu Andaikata Kenongo bye-bye bye-bye nakata ya Iya itu mana ya Allah Aku mengakui aku banyak salah mataku salah-salah liang telinga salah dengar sampai ke ujung kaki salah ya Allah itu rasakan setelah anda bisa menghadirkan suasana itu yang Masya Allah itu indah sekali ya Kemudian Anda memohon kepada Allah bahan baini wabaina khatayaya mohon jauhkan sejauh-jauhnya Antara Aku Dengan kesalahan itu yang aku sekarang pengen tutupi aku merasa banyak salah nih banyak berbuat salah parkir tertutup apanya asalkan enggak mengendalikan nafsu Insyaallah tapi aku ingin berubah aku itu pingin kebaikan Maka mohon Ya Allah mohon mohon Ya Allah jauhkan Antara Aku dan kesalahan-kesalahan itu lagi sehingga terjadilah dialog supaya nggak terbawa sampai hari kiamat ya bye ini pakai alif ba dahsyat itu Allahumma Hai ini saya hapus saja yang kesini ya supaya kita bisa lebih merasakan kenikmatannya nih ketika kita menggali ini Allahumma baid baini wabaina Ah ini saya Turun ke bawah ah Hai Allahumma setengah Terangkan Allahumma itu gabungan dari ya Allah ya Allah tapi Allahumma itu Kalimat yang ketika dibacakan itu penuh ketundukan kepasrahan penuh ketawadhu'an jadi ketika anda membacakan doa ini istithaah ini atau istiftah ini anda ketikkan Allahumma baid Anda pasrah kepada Allah penuh ketawadhu'an penuh pengharapan dengan bye itu hba ada alisnya bye itu ada Banyak Ada bait gini ada pakai tasydid ada pakai Alif ada pakai tasydid bar in Limba ada zubaedi teberau dan ada banyak ada pakai alis badayuang itu apa bedanya kalau secara lafadz Ini paket SD yang ini pakai Alif ya tapi nanti secara ini bulu hoah ini ada pemaknaannya kalau kita lihat maknanya disini teman-teman sekalian kalau paket SDN sesuatu yang dijauhkan ya tapi masih bisa dalam pengamatan kita bisa ini spidol ya spidol spidol saya minta ke teman-teman tuh kau kan center cabin misalnya ya oke banget Hotel kalau mandi Ani tolong jauhkan SBY dari saya jauhkan terus dia simpan misalnya di kursi yang sebelah sana ya Nah ini bisa disimpan di sinilah dengan seperti ini Airnya sudah mulai menjauh dari saya tekan tapi saya masih bisa mengamati masih bisa lihat tekan masih bisa lihat sebisa mengamati itu pakai tasydid bange tapi kalau saya katakan jauhkan sejauh-jauhnya saya enggak Pengen lihat lagi ya ya saya nggak pengen lihat lagi maka itu pakai Alif pakai Alif tidak pakai tested pakai apa Pakai Alif banget ya bye Wah Masya Allah pakai Alif ya Jadi saya nggak pengen lihat sejauh-jauhnya saya enggak Pengen lihat video ini sejauh-jauhnya skybay dan nih Bye dan lihat kisah katakan pada anda jauhkan pengen lihat lagi ya tadi karena katakan John pakai tasydid makanya simpen situ hehe kalo pengen jauh lebih jauh karena kan pakai Alif maka kita katakan Bang Hai jus Dahsyat maka kita bisnis Ketika menemukan kata Alif di habis tadi banged ingin menunjukkan sebuah kesungguhan yang kita sampaikan kepada Allah doa yang kita panjatkan Ya Allah aku mengakui banyak salah Ya Allah aku mengakui Allah banyak Silas dalam kehidupan ini Omah kita aku mohon kepadamu yang dalam penghambaan di penghadapan ini makna tafsir yeah luasnya Bain jauhkan aku ya Allah cincau hijau ya aku nggak pengen lihat lagi ya baini wabaina khatayaya ntar aku dan kesalahan telah aku perbuat Aku mengakui Allah tapi jauhkan itu karena banget Abai dalam Swag seperti engkau jauhkan saat timur dan barat yang tak pernah ketemu Jawa Timur dengan barat yang dapat diketemukan ujung-ujung kan Nah kita butuhkan begitupun kesalahan kita Ya Allah aku internet di timur selainku dibalik apalah ketemu sama sekali gak pernah lihat kenapa ya kita meminta dijauhkan sejauh-jauhnya supaya enggak nampak kali pada Deni kita dihapuskan jadi kita supaya di akhirat gak nampak link karena setiap kesalahan kita sekecil apapun akan ditampakkan saat di akhirat Ya lumayanlah center latin Sherly arah yang baik ditampakkan sama ia melihat kalender latin hayyi wa iya hati-hati teman-teman kalian jadi yang baik pun ditempatkan yang jelek pun akan ditempatkan sekecil apapun maka kita mohon kepada Allah sekecil apapun kesalahanku ya aku akui dan aku mohon jangan tampakkan kepadaku Ya Allah sampai hari kiamat jauhkan sejauh-jauhnya sampai aku nggak ketemu lagi Eh pernah nggak paham sampai di sini ya Allah mene ini melengkapai ya Abah mendaki Mi hope ya nah ini sudah ada al-islam jadikan ia ini disebut kita teman-teman sekalian ya kembali ke kita sebagai pengakuan kalau kita ingin menghilangkan ini Ya nya ya maka bisa diganti dengan alif lam kalau diketahui ya kalau sudah diketahui maka diledakkan keduanya lanjutannya allahummaghfirli Minal khotoya ya enggak muncul lagi Allah menepi nimel khotoya begini cukup Oh ya ya ini akan muncul lagi karena sudah di wakili oleh alif lam disini jadi kalau alif lam yang muncul ya ini hilang pedasnya untuk hal yang sudah ketahui maka redaksi yang keduanya kalau kita sedang aku uh ah karena sedang aku banyak salah dan kita tahu kesalahan kita kadang diantara kesalahan kita itu kita merasakan Melati misalnya nih Dulu sering banget ninggalin salat degan blushing banget maksiat Ya Allah kepada Allah ngaku kita itu kalau bener-bener yaitu bisa nangis tuh ya kita shalatnya benar kita apalagi orang yang kalau sedang banyak masalah hidrogen ya Banyak hal dalam hidupnya dan suasana nggak enak dan sebagainya itu kadang bertakbir aja sudah nangis hidden nah tapi bisa nggak kita menghadapi setiap waktu shalat dengan keadaan demikian membawa keadaan kita ini bayangkan bila bhayangkata dihisab di hadapan Allah itu rasakan keadaan itu mengindahkan wafat ke dalam shalat pun kita merasakan yang banyak salahnya nih Bagaimana kalau sekarang ini aku dihadapkan pada Allah dan wafat Bahkan dalam keadaan berdiri Allah memanggil kita Oh ya Siapa yang bisa menolong kita dalam kondisi itu apakah kedudukan anda bisa menolong Anda ya Bodyguard anda bisa membantu Anda Anda bersembunyi dibalik bunker yang sangat luar biasa misalnya mau keras dan sebagainya apakah tanda bisa nolongin deh kehebatan yang anda banggakan Irwanda tidak saat itu hanya antara kita dengan Allah dan Yang menentukan kita amal shaleh kita dan terhapusnya kesalahan kita pakai merasakan suasana itu kita mengatakan kita mengakui kadang-kadang dosanya itu begitu pekaten kita ingin dihapuskan dihilangkan ya maka Hah kalau itu sudah mulai teman-teman sekalian Oh kita merasakan salahnya itu agak kompleks dan sebagainya hidrogen sedang mulai kayak kotoran yang melekat nodanya pada pakaian noda itu kan ada noda biasa yang sekali kocak hilang Gedekan tuang air hilang ada yang harus dikutuk oleh Ucok begini kan Nah jadi kalau ada noda yang butuh kuucapkan nya agak lama dengan enggak enggak pernah enggak cepet ilang Itu itu disebut dengan dan Hai Andalas ya Danas teman-teman Sekalian tolong betul ya dipahami setiap Istilahnya ya anak jangan sampai nanti bikin apa namanya nama untuk anak nampaknya namanya dan es teh itu noda nanti ya dance Maggie nih indonesia4d haian baju disebut kaum atau kalau malabisu pakaian saw gitu baju di kalau ada noda melekat kepada baju itu namanya Danes ya dan AS sebagai disuruh Stop the needless lo sekunder ini mudanya wakaf sekali red dengan bajunya Nah kalau kita ingin bisa menyuci itu ya dengan baik misalnya kan Oh kemudian dikucek agak banyak sehingga itunya hilang hilang hilang hilang itu disebutkan Makiyah namanya Nok Ayu nak tyrannotitan penuh ya ya Hai anak kangen Bukan nacoya Naka kalau nako itu kaca jendela enak COD no call you next Titan kegiatan yunoki unit kinokaiyo n kiyonten Nokia j&t ya nah eh onok ta itu atau minat dana Saya sedang membersihkan ngucap ngucap nih ya kotoran yang dari dari pakaian dari baju itu kan kalau sesuatu yang telah dibersihkan terus dilakukan itu pakai bentuk pasif disebut Kinect Oh ya maka kita katakan redaksi berikutnya ditunjuk habisnya ya kita baca dari awal Allahumma baid baini wabaina khatayaya kembangkan teknologi Allah aku mohon Aku mengakui banyak salah dalam hidup Ya Allah aku mohon bersihkan Ya Allah jauhkan aku dari kesalahanku ya sebagaimana engkau jauhkan dari timbul dengan barat nggak pernah ketemu aku gak ingin lihat lagi oleh kesalahanku sampai dengan hari kiamat nah Allahumma anak lini Hai Minal khotoya Kama unit cost bawole abominations Nah kita mengakui kesalahan kita itu kadang-kadang enggak sih well Kompleks nih ya Kompleks salahnya banyak itu kan itu seperti noda pakaian yang susah harus di puncak begini dulu nih nggak bisa dia Line air diginiin dikit hilang harus diginiin dulu Bang kita kata kerja Allah aku menyadari mungkin diantara kesalahanku itu ada yang kompleks sifatnya Allah ada yang biasanya mungkin besar ya Allah tapi engkau maha pengampun Maha Rahman Rahim atau Maaf ya engkaulah Fu al-ghafur ar-rahim aku mohon Ya Allah kalau perlu ya Allah Puncak aja kesalahan itu maksudnya bersihkan Ya Allah sebersih-bersihnya mohon Ya Allah hilangkan Yo lo jangan sampai ada noda sedikitpun nempel ya dalam jiwa hamba dalam rok hamba dalam fisik hamba yang jadi saksi di hadapan wirausahawan sampai hari kiamat kamu mohon bersihkan semua itu ya Allah hapuskan semua itu yang tertutupi dengan seperti ya pakaian dibersihkan dari noda dan kadang-kadang juga ada yang udah Dik Mbak Susah juga Makanya Prodi baiklin atau airnya bedakan melacare dingin nih harusnya atau oleh anggota Doors ada yang air dingin dulu nih supaya turun-turun sendiri dulu baru bisa dikucek ya kenang-kenang pakai pemantik ya misalnya pakai deterjen tertentu Atau hal yang sebagainya makan kita katakan di akhir allahummaghfir Mei wortel jiwa atau roh maxhill hope ya ya bilma i.was LG bodoh banget ya Allah kalau memang itu begitu pekat yang luar biasa ya Allah ya Allah hilangkan di sepenuhnya kalau perlu dengan menggunakan seperti pakaian yang kotor digunakan dengan air yang sangat dingin ya dengan salju atau kalian sesuatu yang bisa menghilangkan semua hal kotoran itu Jadi intinya kita ingin memohon kepada Allah mohon Ya Allah mohon jawab hilangkan kesalahan kuhapuskan Ya Allah Subhana dan udah aku jangan terbawa sampai hari kiamat aku bertobat Ya Allah itu kalimatnya jadi ketika Anda mengatakan Allahumma baid baini wabaina supaya itu bukan terlibat formalitas itu nyambung-nyambung ya Jaka Sembung bawa galon ya John tidurkan dengan pembahasan kita sebelumnya dari Takbir ya dari kemudian apa namanya meletakkan tangan gitu sampai dengan kita mengucapkan doa di istithaah atau di Steve tahitu Jadi ada korelasinya begitu Anda mulai bertakbir meletakkan merasa ingin merubah baca tadi bukan sekadar dibaca ya bukan sekedar ribut ini begini begitu tidak ya Nah kemudian Ustadz apakah yang dibaca hanya itu saja anda teman-teman kita aku bacanya ada yang wajah tuh bukan allahuakbar kabiro ini bagaimana nyambung ke korelasinya kita cek lagi di Haditsnya tidak semua apa yang kita baja kita rujuk referensinya mana kemudian sumbernya darimana dan seterusnya sehingga nanti alih-alih kita melaksanakan dengan benar malah ada sebagian orang yang sibuk saling menyalahkan ini enggak bener yang bener yang ini lho yang ini tidak belajar dulu ya kawan kita mengatakan lomba ini dalil ini kawan kita yang mengucapkan yang lain mungkin ada referensinya dalilnya juga dan seperti apa ditempatkan Yuk kita lihat nah kita lihat yang familiar saja Hai yang familiar kan yang kita dapati di Indonesia Alhamdulillah ya kalau bukan umum abaikan yang wajah Tuhan What berkediaman family kefir Subhanallah ibukota wasilah bagian wajah tuh ya Mari kita lihat bismillah itu ditemukan Hai di Sunan Abu Daud Sunan Abu Daud naik kitabnya saya tunjukkanlah gini al-bukhari tadi saya sampaikan nah ini yang Sunan Abu Daud kitab nya Yuk kita lihat ya isinya ya segar Rahman Rahim ini kalau tidak keliru Di bab yang ke 123 123 yang paling kanan bawah ya Nah ini dia nih judul halaman 110 kita bisa ya ini ya teman-teman sekalian halaman 110 ya kemudian bab yang ke 123 ini ah Gampang buatnya paginya 123 123 hadits nomor 765 765 baik bab maju staf tauhid volume doa ah kalau yang di al-bukhari ledekan tenang Iftitah ikan ini redaksi istiftah bye bye Yusuf tahu ghoda tuh minat doa Yusuf tahu dari kata ichfa Renya dan bentuk majhul ya atau bentuk pasifnya you Hai Setahu saya mau terangin dulu ya teman-teman sekalian jadi Iftitah dengan istiftah dua-duanya benar nih Seperti yang saya Tuliskan Iftitah dengan istiftah ikan Nah nanti nanti ada kaidah bahasa Arab mengatakan gini ziyadatul Ma bentar dulu ada Z5 anak kalau bertambah bangunan hurufnya Apakah harokatnya itu berubah apalagi hurufnya bertambah maka menunjukkan maknanya lebih luas lebih panjang jadi kalau kita bacakan Iftitah hanya yang pertama Iftitah yang kedua istiftah dengan akan kita melihat nih yang ini lebih banyak huruf yang lebih panjang bacaannya dan ini 1234566 ini 12345678 Jang maka Biasanya kalau ada yang menggunakan kalimat lebih panjang katanya di menunjukkan isinya informasi lebih luas lebih panjang dibandingkan dengan kalimat yang sebelumnya jadi kalau kita bisa ambil disini kalau kita mau baca dengan pendekatan ilmu Oh bye bye Yusuf kholakto minat doa Hai ikan bakar pembahasan tentang doa yang dibuka dalam pembuka shalat yang doanya mungkin agak sedikit lebih panjang gitu Nah tapi di sini Kita lihat nanti kita lihat karena dan tim beberapa doa-doa yang lain juga akan memberikan gambaran yang pendek-pendek yang masih gabungan daripada ini kalau kita Satukan Jadi intinya ini masih dalam konteks bacaan kita dalam menunaikan salat Nanti ada kemudahan ya kemudian diantara kemudahannya boleh jadi yang panjang panjangnya kita bisa misalnya ambil sebagiannya seperti kita mohonkan bisa kepada Allah subhanahuwata'ala dalam beberapa kesempatan ada hadits-hadits juga yang kadang-kadang oleh para ulama diambil bagian-bagian tertentu Ya seperti peralihan hak di sini lo uh file-file ini out jagoan.com center helps keep Ken sungguh bau harum bau mulut orang puasa itu akan lebih harum dijadikan lewat subhanahuwata'ala dibandingkan dengan harumnya kesturi di hari kiamat nanti karena dia berhasil menjaga dari segala keburukan keburukan itu harus yang sangat panjang yang kadang-kadang dipotong ada yang dengan perisainya usiamu junnatun nervus oleh ajal dan seterusnya dengan kemudian itu kemudian pemberian pahalanya ya wasiah Muliawan azhie wash lebih SGM Tadi hanya itu ada sebagian-sebagian yang bisa kita kondisikan Joe kembali ke sini apa diantara doanya ya Bismillahirrohmanirrohim Alhamdulillah nama Baitullah Imo Advan Abby ada tenang Abdul Aziz Ibnu Ibnu bisa kami hellmagz ia bisa larangan Abdurrahman Ubaidillah Ibnu Abi Thalib karamallahu wajhah kalau yang tadi Allah byi itu dari admired sahabat Abu Hurairah yang ini dari sahabat Ali Bin Abi Thalib langsung dari menantunya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam ya ini pemuda yang sangat mulia dan status Hadits Shahih yang sadisnya Shahih yang ini apa doanya ya kita lihat Honda Brio menyampaikan karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam adalah wasallam itu apabila beliau akan menunaikan shalat dengan sempurna akan bawah beliau bertakbir dulu kemudian Fung makalah kemudian setelah beliau bertakbir itu tjetak.com karena pembuka shalat disebut dengan Takbiratul Ihram membuka sholawat takbir takbir sudah rampung berkata Berdoa apa doanya wajjahtu wajhiya lilladzi hanifam muslimaw wamaa Ana Minal musyrikin Muhammad awal muslimin atau bisa muslimin nah ini kita bacakan jadi itu dan Lia ada dan yang meriwayatkan siapa Oh Masya Allah yang paling mulia dan masih keluarga anak dari paman nabi Abu Thalib kan Makanya Ali Bin Abi Thalib ini Masya Allah langsung dilewatkan oleh A1 lingkar terdekatnya ini yang ingin saya tekankan ya jangan diberikan pemahaman bahwa Oh ini loh engkau lebay yang lebih sahih karena al-bukhari gitu kan nggak juga Anda berarti belum mengerti ilmu Hadis ia belum paham menerima hadits terkait setelah itu itu terkait dengan sangat telusuran nya di ini dia Buddha unit yang say banyak ya tetapi susunannya sesuai dengan susunan Teteh dan diperankan ini Haditsnya Shahih bahkan jalurnya dari sahabat Ali Bin Abi Thalib Jadi yang tadi pun pakai oleh itu benar Yang ini pun Benar Jadi kalau ada yang pakai wajah tuh dalilnya ini tapi yang penting saya ingatkan itu sebetulnya panjang istiftah nih istri tadi jadi ketika kita mengatakan wa Ana awwalul muslimiin atau Ana Minal muslimiin belum selesai harusnya doanya belum selesai ah Yang saya maksudkan belum selesai ada kalimat lain lagi ya apa kalimatnya ngelihat kalimatnya Allahumma Anta Lilik ya saya baca ya supaya nanti tidak diduga keliru atau ngarang sendiri kalau saya jadikan hafalan nanti ada nggak bener Di kita bikin nah Allahumma antassalam Malik lailahaila ya La ilaha illa Anta Allahumma Anta al-malik nih ya tolong sumiatun Lestari Ini dibawa nih ya Allahumma Anta el-malik ya nih lailaha Lia illa Anta pakaian Allahumma Anta balik lailahaillah lailahaillah illa anta anta Robbi wa Ana abduka ya modem tuneup sewa atau Restu MB Allahu Akbar Hai Allahumma Anta al-malik lailah Ali ntah laa ilaha illa anta wa Ana abduka Wa 6 ton opsi waktu allahuakbar paham arti Hai Allahumma Ya Allah dengan segala kerendahan hati kepasrahan jiwa Antal Malik engkaulah Raja Segala Raja engkau segala penguasa ya lailahaillaanta Tidak ada Tuhan tidak ada tuhan untukku ya Allah yang paling SMA aku sembah kecuali hanya engkau saja ya Allah antara lebih antara bengkok adalah Rabb yang merawat saya yang mengetahui segala hal tentang saya yang menyempurnakan hidup saya yang menyembuhkan saat sakit memberikan kebutuhan Ya Allah warna abduk dan kan aku hambaMu oleh metu tapi aku mengakui banyak salah a matter of tube dambi nih yang dari saya katakan ini yang paling kena uang atau roxtube tapi aku mengakui Awakku banyak dosa Aku mengakui dosaku malam Kenapa sih aku banyak berbuat salah aku boleh Mi Allah wantoro studed lebih engkau memberikan kepadaku segala kemuliaan kau menunjukkan kebaikan aku malah melanggarnya engkau bilang Jangan berdusta aku berdusta engkau bilang jangan berkata kotor aku berkata kotor engkau katakan jangan berselisih aku berselisih engkau katakan jangan bikin hoax aku bikin hoax walkthrough tubektomi aku aku salah Ya Allah aku salah lebih kepala sampai ujung kaki faghfirlii dzunuubii maka mohon ampuni segala dosa-dosaku tuh ini lagu layar film Dono bailan sesungguhnya tidak ada yang mampu mengampuni dosa kecuali engkau ya Allah dengan belum selesai Wah dinilai often overlooked lah yauw dan berikan aku kemampuan untuk memperbaiki dirinya Allah Perilaku tidak ada yang mampu merubah pil lebih baik kecuali engkau Allohuakbar wasripin Yiha layar 1000 saya hailla Anta dan pohon paling kan aku ya Allah dari keburukannya tidak ada yang mampu memalingkan keburukan kecuali engkau nyambung semua teman-teman jadi apa yang saya sampaikan bukan ilmu otak-atik ini semua pemanenan dari hadis jawaban saat kita baca Tertinggal gitu paham tidak itu jelas sekali jadi begitu kita mengatakan walabi dan muslimin wal muslimah jadi kalau kita mulai dari awal ini doa Ini nyambung saja pemaknaan pertama kali kita menghadap kepada Allah katakan wajjahtu wajhiya lilladzi torseba Wati walau Khalifa mesti muadzin jawabku pasrah saat ini pasrah Buang semua sekejap dunia yang tidak terkait dengan sholat belakang pasrahkan pada Allah hadapkan jadi kita wajah you ini wajah tuh Ya Allah aku pasrahkan diriku sepenuhnya kepadamu penguasa langit dan bumi Allah karena aku berikrar ya Allah aku tidak akan pernah mengingkari Mu ya Allah dengan terbuat musik ya Inna sholati kalaupun pesawat sampai hari ini jam ia aku hidup sampai sekarang Oh mati walaupun kua-kua feat Yok walaupun kau wafatkan aku saat ini walaupun aku wafat dalam shalatku saat ini Allah lillahi rabbil alamin Aku pasrah sering saya katakan jadi ayat yang mengatakan hadirkan kita menghadap Allah mungkin wafat maka kita katakan Allah mati dan mungkin mulai jadi aku wafat saat ini Allah dan matiku di leher berlalu hanya untuk-mu Ya Allah Rabb yang merawat seluruh alam semesta kalaupun aku wafat dalam shalat ini ya Allah aku pasrah karena engkau pemilik.net kemudian apa setelah itu aku berjanji akan lebih baik ya Wa Ana Minal muslimiin tua-anak walmuslimin indoslot York New York Aku tidak akan pernah menyekutukan engkau bitanic Alberto dan demi itu aku diperintahkan ya uang anda Minal muslimin bahwa awal musim dingin dan aku berjanji dalam shalat ini akan menjadi muslim yang lebih baik lagi patuh kepadamu tadi aku akan perbaiki diriku ya Allah aku memperbaiki dalam rangka memperbaiki diri Anda mengatakan Allahumma Amin terima udah ilahadil lantai Aku mengakui engkau Raja Segala Raja engkau Tuhanku ialah Aku mengakui tidak ada Tuhan untuk kecuali engkau yang aku sembah Ya Allah antara bingkai yang merawatku memberikan segala kebaikan untukku ya Allah antara bahwa abduk sedangkan aku adalah hambamu ya Allah bohlam tunai tapi aku mengakui kau berbuat baik padaku tapi aku banyak salah ya Allah engkau menunjukkan banyak manfaat aku banyak berkhianat Ya Allah Ya terus tudam diwaktu restui Aku mengakui dosaku aku dosa ya aku Pendosa yang sama Rohim aku berbuat banyak salah FarmVille 5,6 pun ia aku fainnahu laa yaghfiru dzunuba illa and sekarang nggak ada yang mampu mengampuni dosa kecuali Anda kecuali engkau ilmu kecuali engkau ya Allah tidak ada yang mampu mengampuni dosa kecuali engkau Hai itu indah sekali itu yang dimaksudkan ini maksudnya Jadi bukan sekadar dibaca apalagi yang kalau kita teruskan tadi Ya Masya Allah eh Dini elek Sahira akhlak kemudian Tunjukkan kepadaku perubahan dalam hidup dari maksudnya tutup yang jelek dengan yang baik begini terus kita merubah lebih baik lagi dan palingkan dari yang buruk-buruk ini ada ya Ya was funny Sayi ah dan jauhkan palingkan aku dari segala keburukan hal-hal yang aku bisa kerjakan dalam kehidupan sebelum salat ini jadi itu yang kita bacakan hai maaf Enggak cuma untuk menyingkat ini kanan para ulama memberikan kita pada inti pokok bacaan karena pada kalimat yang setelahnya ini wow film tuneup si hidrogen kemudian file itu semua tercakup pada kepasrahan yang dalam kalimat muslim menuai Minal muslimin atau awal muslimin makanya Sebagian ulama itu adek memberikan pokok doanya kepada kita cukup pada kalimat Apa warna awal musim atau Ana Minal muslimiin wajah to aja lele diperkosa bawah jual bahan informasi Mama ada Minal musyrikin inovation supiyo menghormati leher Abil lebih descricao bitlycom itu ada awal musim dingin karena dicukupkan sampai sini karena pokok kalimat yang setelahnya itu sebetulnya cukup pada kalimat wa Ana Minal muslimiin atau awal musim mendidih ketika Anda mengatakan warna Minal muslimin itu artinya Anda ngaku Anda pengen patuh pada Allah pengen hilang kesalahan pengen ada banyak kebaikan dan sebagainya Kalau Anda pengen mengerti kalimat itu tafsirnya jelas2 baca setelahnya tuh ya Allah manta5 League La ilaha illa Anta ya gan antar lebih warna abduka dengan badan nanti di hadits lain hal-hal antar Hai Deewana ogah elektronik ada yang sebelumnya begitu tapi ini disini langsung antara berwarna Abdul khalim tutup sih parah tuh ditambah file-file ini Hai ini Mana yang tadi saya sampaikan jadi enggak ada di sini salah-salah and yang bacanya ubaedy Muhammadiyah persis yang baca wajah tuh wah ini nunggak ada hubungannya zaman Nabi belum ada itu Mama Diah nukilkan dan itu kan Muhammadiyah n organisasi untuk memudahkan kita dalam berislam yang memudahkan kita dalam bersinergi membangun Harmoni ya bukan untuk saling berpecah ini dan sebagainya atau yang baca ini Salafi yang baca ini Wahabi yang baca ini begini bacain itu Sudahlah rekan pelajar lagi yang betul dan jangan kalau terbaca satu bacaan jangan saling merasa benar sendiri dan menyalahkan yang lain kita penting untuk belajar dengan baik ya supaya kita bisa merasakan kenikmatan dalam beribadah kita saling mendoakan tapi intinya ini warnanya ya Bahkan nanti ada bacaan malam ada bacaan siang kalau kita waktu lebih banyak kita bisa Uraikan nabi kalau tahajud baca yang mana iftitahnya Tapi kalau sedang shalat biasa baca yang mana Nanti solo-demi Raya dinilai di Mira lebih luas lagi karena kita ngajinya Pesantren of formality kita hal ini seluas-luasnya ngebacain kitabnya dari awal sampai akhirnya ya untuk eh pembahasan ini karena ini kita kultum aku suka yang penting aku sukanya dulu eh yang aku suka kamu punya kamu punya yang mana oh wait atau yakni wajah tuh dua-duanya ada pengennya allahuakbar kabiro juga ada dalilnya bahwa perkedel walhamdulillahi katsiro wa Subhanallah ibukota wasilah jikalau anda baca misalnya allahuakbar allahuakbar kabiro walhamdulillahi katsiro Subhanallah ibukota wasilah wajah tuh Itu namanya doa-doa digabungkan jadi satu doa-doa digabungkan jadi jadi satu ya Jadi kalau anda ingin bacakanlah by nih itu juga bagus benar shohih al-bukhori lagi menor habis berapa 744 dari siapa sahabat Abu Abu Hurairah jadi semuanya ada dari semua Mulia akhlak mulia Tibet paling mulia dan sumber rekan dari Nabi SAW shalat yang penting semua sumbernya dari nabi ya dan lebih daripada itu ini esensinya nih yang kita dapatkan jadi kalau kita sudah Taubat terus benar sholatnya baik dari awal terkena dengan menggunakan kesalahan biasa ilustrasikan yang dan Lisa Kamis DC Anda teman banyak salah dan sebagai tanda butuhkan diet anda tahu teman itu punya beberapa kemampuannya lo titipkan mungkin bisa ngasih solusi kepada anda karena datang di tiba kemudian perkatakan Saya minta maaf ya kemarin-kemarin saya banyak salah saya mengerti saya keliru ya saya mohon maaf itu mungkin Sisi klien sebagai manusia yang mungkin nggak bisa sebaik yang lain tapi itu jalan bagi saya untuk berubah Mohon berikan saya jalan ya gan Tunjukkan kalau ada kurang berkenan supaya saya bisa minta maaf kepada Anda saat ini tersedia begitu sudah enak kenapa pola ini kan gini-gini tetapi saya betul-betul saya tulis minta maaf ya dia katakan nggak papa nggak usah lupain aja sebagainya pasti makasih betul ya saya mungkin kesalahannya saya perbuat yang lalu eating menjadikan saya sekarang merasakan kesulitan untuk persoalan begini-begini yaitu ketika anda buka Begitu teman mungkin langsung merespon enggak usah begitu Ingin langsung kan bilang aja begitu keluarga Kenapa anda sampaikan saya ada kesulitan begini begini begini begini begini ya lebih daripada itu akan marah Man maharahim enggak ada bandingannya Lisa Kamis DC ya yang orang yang belum beriman saja sesuai hukum kehidupan ya hukum kehidupan yang universal masih dapat rezeki ya masih dapat kemudian bagian kehidupan dan itu mendorongnya supaya tobat dikasih waktu sampai dia tobat ya bukan untuk terus berbuat maksiat di cara berpikirnya diperbaiki jadi ketika Allah berikan itu sebagai hukum kehidupan sampai batas ajalnya dengan keadilan Allah itu diberikan batas ruang supaya dia punya kesempatan untuk tobat kembali ke jalan Allah yang benar ya kita juga bunyi demikian dapat kita beriman kita merasa banyak salah maka dalam shalat kita menghadap Allah kita bersihkan dulu yang aku banyak dosa aku banyak salah dan sebagainya minta ampun minta maaf dan sebagainya baru Setelah itu kita akan menyampaikan kepada Allah kebutuhan-kebutuhan hajat kita Nah sekarang pertanyaannya Bagaimana kita bisa menyampaikan kepada Allah hajat kita seperti apa membacakannya Bagaimana cara memohonnya itu nanti yang akan kita bahas di pertemuan berikutnya edisi yang ke-13 ya Insyaallah saat ini setidaknya kita paha duh apa yang kita pelajari ya kita baca dulu dan hal-hal terkait yang kita pelajari kita amalkan dengan baik ya eclos karena Allah subhanahuwata'ala saya kira ini teman-teman sekalian yang kita bisa sampaikan memohon kepada Allah segala Taufik persetujuan dari apa yang kita telah bahas dan dibimbing untuk bisa mengamalkan dengan benar apa yang telah kita pelajari itu permohonan terbaik kita dan Insyaallah sekali lagi detil yang lebih dalam lagi nanti Solo di Mira ya demi Rama Adi slave terakhir yang pernah Sudah saya sampaikan DC lonceng kan juga soal tanggal 17 ramadhan ini Fase ini ya 12 ini sampai ketujuhbelas pendataan semua jadi teman-teman yang sudah masuk yang sudah dapatkan paket itu datanya sudah dititip di Panitia admin Abby rancangan proses diproses langsung ditunda formulir-formulir untuk registrasi ulang ya daftar betuli Pesantren bukan asal masuk keluar ya seperti grup atau apa nanti ada absennya depannya seperti seperti anda sekolah lebih Anda pesantren berkuliah tapi lebih terbuka santet kehidupan sebelum kita kembali kepada Allah Insyaallah Mira makan Islam Raffi atletik diantara pembahasannya terkait dengan Salat kita dalami sampai spesifik terus ada ujiannya juga jangan dikira cuman belajar tidak ya Jadi anda nanti apa namanya ada ujian juga ada step untuk bisa menguji pemahaman kita untuk naik ke step berikutnya secreting disampaikan semoga Allah memberkahi kita semua merahmati kita menerima ibadah kita selamat berbuka Wow taqobbal Minna innaka antas sebelum Alim mutualindo tomorrow Yin Kwee tua band ya Allah hujan Indomarco men-download foreign Rasulullah Muhammad wa'ala alihi washohbihi ajmain subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaihi alhamdulillahirobbilalamin assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Hai bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillah wa shalaatu wa salaamu ala rosulillah wa ala alihi washohbihi waman awal lebat saudariku dimanapun anda berada Izinkan saya di Hidayah menyapa anda dan mendoakan kita semua semoga Allah subhanahuwata'ala menyayangi kita merahmati kita dan mengampuni dosa-dosa kita terlebih saat ini saat saya menyampaikan informasi Alhamdulillah ini berada di hari Jumat tanggal 11 sama Bang tahun 1432 Hijriah semoga Jumat ini lebih berkah lebih baik lebih mulia dibandingkan hari-hari sebelumnya izin untuk meraih keberkahan dimaksud kita berikhtiar di antara ikhtiar itu Alhamdulillah kita punya informasi bagus saat ini istimewa yaitu hadirnya Pesantren virtual dan mungkin pertama ya boleh jadi per yang disampaikan di Indonesia atau bahkan di dunia yang secara formal yang formal akan menghimpun teman-teman mengajak belajar Islam dengan konteks yang khusus masuk pesantren secara online kita perkenalkan Mira yang Bira Ma'had Islam rofiatul akhir yang diharapkan semua yang belajar di sini bisa meningkat keilmuannya kedekatannya dengan Allah dan berubah jadi lebih baik yarfaillahulladzina amanu minkum walladzina utul Ilma darojat ya kuntum Khaira Ummah ya jadi lebih bagus umat yang baik lebih mulia ilmunya banyak meningkat bila ini teman-teman sekalian Insyaallah akan menghimpun siapapun yang ingin belajar tentang islam tanpa batasan sepanjang dia bisa mengikuti dan belanjanya formal yang ada pembelajaran khusus ada materi materinya dari mulai aqidah sampai dengan fiqih muamalah bahkan sampai ke bahasa Arab yaitu akan dihubungkan lewat sistem yang khusus dan pengajar pengajar dari dalam dan luar negeri baik saya sendiri tentunya yang terlibat ada yang cantik dari al-azhar dari tempat-tempat lain juga terhubung dengan kita semua di dalam Pesantren birama anti-islam Rofiah akhirat Insyaallah ini akan diluncurkan secara formal 17-08-2018 kalian sederhana sekali ya sederhana sekali teman-teman bisa masuk melalui registrasi yang nanti admin kami akan menyampaikannya Melalui aplikasi waha corner jadinya dakwah accornet ya di-wa concealer itu nanti ada paket ini 5 buku yang memang kami siapkan untuk belajar Ya dibilang khususnya itu nanti ini penuntut ilmu catatan penuntut ilmu spesial ramalan karena nanti Mira akan kita launchingkan tanggal 17 dan persiapan belajar ya nanti ada di sini sebagian materinya kemudian khusus Bahasan tentang puasa dan selebihnya adalah tiga terkait dengan paket menghafal Alquran ya memang ada invasi dikit disini tapi itupun akan dikembalikan kepada Jariyah kita anda dapatkan lewat wall koroner dan yang telah mendaftar ada sekitar 4000 orang yang masuk sampai dengan hari ini kurang lebih itu akan otomatis oleh ageng nih akan dimasukkan di Input datanya Dan disampaikan formulir untuk diisi di teman-teman yang menerima formulir disitu teman-teman akan ditawarkan untuk bergabung Kalau anda berkenan silahkan Nanti secara otomatis akan terhubung di Mira menjadi santri online ya bila Ma'had Islam Raffi akhir dan semua akan format tanggal 17 ramadhan sampaikan informasinya secara detil Insya Allah mudah-mudahan ikhtiarnya diri dari Allah subhanahu wa ta'ala menjadikan basic Pesantren formal pertama yang hadir di dunia online dan nanti akan dikuatkan di of lainnya Alhamdulillah kami telah dapatkan skd Kemenkumham juga untuk pendirian of lainnya di tempat yang kami sedang khususkan saat ini dan udah-udah diberkahi oleh Allah subhanahuwata'ala demikian Adi Hidayat mengajak anda bergabung dengan wirahmah Islam wafiah ya assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Rabu, Januari 12, 2022

Rahasia Kata An-Nas dalam Al-Quran

Si Tama Episode #4 - Rahasia Kata An-Nas dalam Al-Quran - Ustadz Adi Hidayat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hai alhamdulillahil ladzi khalaq pernah sana takwim sahada naeil's Rowling mustaqim wa sholatu wassalamu ala rasulillahi sayyidina Muhammadin wa'alaa aalihii wa shahbihii wa ummati hai Ida yaumiddin beban Selaras dan ibu apa kabar kita berjumpa kembali dalam program sit amet Serupa tapi tak sama pada edisi yang keempat masih dalam pembahasan rahasia penamaan manusia dalam Alquran Hai seperti pernah diulas bahwa manusia seringkali disebutkan dalam terjemah mushaf dengan pemaknaan yang serupa sama-sama manusia sekalipun diksinya dalam bahasa alquran diungkapkan dengan kata yang beragam ada bazaar yang disebutkan 35 kali dalam al-quran itu dan satu kali dalam bentuk dua lembar cara ini ada install yang sering dipasangkan dengan jin tersebut 18 kali dalam al-quran itu ada al-insan yang disebutkan 65 kali dalam al-quran itu dan juga ada kata Anne's yang disebutkan 241 kali dalam Alquran tiga penamaan yang pertama telah kita ulas dalam edisi perdana kita dan Sekarang kita akan masuki pada rahasia yang keempat dibalik penamaan manusia dengan aneh Hai sehingga saking pentingnya pembahasan ini bahkan Allah memberikan satu nama suara sebagai penutup surah dalam Alquran dengan nama aneh dan menjadi soroh paling favorit bagi seluruh manusia di muka bumi main Anne's bertuliskan duyung Hai seperti ini Hai teman-teman sekalian kata Agnes seperti tadi saya Sebutkan setidaknya disebutkan sebanyak 241 kali di dalam al-quran j&t Hai umumnya dari segi pendekatan gramatikal tuliskan dulu Hai gak patikal kata ini ia menunjuk pada bentuk jamak jamak Hai Lurah Hai karena bentuknya zaman maka kita akan mencoba mengembalikan dulu pada bentuk tunggalnya mufrodnya muslimun jamaah tunggalnya muslim Mukminun jamaah tunggalnya Mukmin Reja nuwun jamak tunggalnya cone julut Nisa Unja Ma tunggalnya maratun an-nazh Jerman tunggalnya ah Kembalikan ke dalam bentuk asalnya tunggalnya adalah althinz penting saya Ingatkan Kembali kemudian fungsi yang menunjuk pada aktivitas tunggalnya Halo insert Hai fungsi yang menunjuk pada aspek lahiriyah yang memenuhi unsur-unsur nafsu tunggalnya baca-baca jadi kalau kita bicara Annas maka kita tidak akan melepaskan diri dari konteks Aliens dari pembahasan al-insan dari uraian Basyar alins yang menunjuk sifat penampakannya pun demikian dengan sifat lembut dan ramah nya Hai al-insan yang menunjuk pada totalitas aktivitasnya Hai kemudian bosen juga yang menunjuk pada tuntutan lahiriahnya keperluan untuk makan untuk berhubungan seksual ya untuk memenuhi hal-hal yang memang diinginkan oleh nafsu untuk membangun keragaman dalam kehidupan bentuk jamak dari semua ini jika kita sinergikan dalam bentuk jamaknya maka merubah kata-kata ini menjadi aneh G2 kita pahami dasar pembahasannya dulu bentuk jamak juga memiliki makna hai sesuai dengan sifat penekanan pada aspek sosial Hai Bukankah Jamal menunjukkan makna yang banyak gen1 tunggal personal dua orang dual tiga orang lebih jamaah Bukankah kalau sudah kita menyebutkan jamaah artiya jumlahnya semakin bertambah jumlahnya semakin banyak jumlahnya semakin terkomunikasikan ya semakin tergabung kan satu dengan yang lainnya yang dengan itu interaksinya bukan hanya menunjukkan pada interaksi secara personal tapi akan berhubungan satu dengan yang lainnya contoh satu orang laki-laki personal satu orang perempuan personal masih tunggal masih tunggal kita gabungkan menjadi dual dari hubungan ini dari penggabungan ini lahir misalnya keturunan ada satu anak dua anak tiga anak maka dari 11 plus 32 + 3 menjadi lima bentuknya zaman sudah komunal sudah berkomunitas sudah kumpul dalam satu interaksi sosial bukan hanya personal laki-laki saja perempuan saja tapi sudah muncul interaksi sosial satu dengan yang lainnya nah jika telah bergabung keseluruhannya ini maka dia disebut dengan hanas manusia yang berkumpul satu dengan yang lainnya sekaligus berinteraksi secara sosial dengan meneruskan sifat-sifat personal yang dimiliki dengan tiga penamaan ini Masya Allah jadi setiap orang yang berinteraksi secara sosial yang berkemul Al sudah pasti akan memiliki tuntutan-tuntutan personal yang dengan itu akan diinteraksikan satu dengan yang lainnya tentu setiap orang yang berinteraksi akan tampak satu dengan yang lainnya akan diperlukan dituntut kelembutan keramahan Adam dalam berkomunikasi adab dalam adab dalam berinteraksi tentu akan ada tuntutan secara total dalam beraktivitas dalam kaitan interaksi sosial dari bangun tidur sampai dengan tidur kembali pun demikian akan ada tuntutan interaksi Bagaimana bekerjasama untuk dapat memenuhi kebutuhan pokoknya untuk makannya untuk minumnya dalam hal kebutuhan biologisnya dan seterusnya seterusnya secara singkat jika disebutkan kalimat Annas dalam Alquran maka bisa dipahami nama ini lebih menekankan pada penekanan interaksi manusia secara komunal yang membangun sifat-sifat sosial dalam kehidupan Hai dari sini penting kita memiliki pedoman petunjuk secara komunal dalam konteks berinteraksi sosial antara satu dengan yang lainnya tentunya bukan petunjuk biasa petunjuk yang bisa melahirkan Harmoni petunjuk yang menampakan toleransi karena jika petunjuk ini biasa-biasa saja petunjuk ini dirancang secara sederhana zat maka kita tidak bisa membayangkan bagaimana setiap orang akan menuntut dengan sifat personalnya dan boleh jadi akan muncul kerusakan-kerusakan dalam hubungan satu dengan yang lainnya secara sosial Untuk itulah menjadi penting uraian yang kita akan bahas kali ini dengan konteks pembahasan Annas sesuai dengan pedoman Alquran al-karim hai kenapa mesti Alquran saudara-saudariku sederhana Bukankah Kalau Anda membeli handphone maka anda akan membaca petunjuk pedoman penggunaan handphone itu dari pembuatnya mustahil anda akan berinteraksi dengan handphone anda anda akan menggunakan handphone anda tapi yang Anda gunakan petunjuk dari pembuat kulkas petunjuk dari pembuat televisi kan tidak ada konektivitas di dalam interaksi itu di dalam mengambil pedoman yang dimaksudkan maka demikian ketika kita akan bicara manusia lagi-lagi setiap petunjuk kehidupannya setiap langkah yang akan kita lakukan setiap aktivitasnya akan kita bangun jika membutuhkan petunjuk untuk mengerjakan itu semua kita harus kembalikan semua itu pada sang pencipta sang maha segalanya yang menciptakan manusia dari ketiadaan menjadi ada sampai tiada kembali dan kembali kepadanya hai Hai sampai di sini bila kita mengerti maka kita telah menemukan pencipta kita adalah Allah subhanahu wa ta'ala dan pedomannya dijelaskan dalam FirmanNya yang terkumpul dalam Alquran untuk itulah penting bagi kita untuk mengaji Alquran dan mengeluarkan petunjuk interaksi sosial dalam konteks kehidupan komunal dengan bahasa Alquran an-nazh seperti Apa hubungan itu diatur baik Mari kita kembalikan kepada al-quran satu persatu sehingga dengan itu menjadi lebih lengkap bahasan yang kita Uraikan mari kita mulai teman-teman sekalian a personal menjadi komunal tadi kita sepakati bila jumlahnya telah bertambah dan terjadi pergabungan ya yang melahirkan interaksi sosial satu dengan yang lainnya saya contohkan tadi laki-laki bertemu dengan perempuan Rin Kemudian dari hubungan keduanya Muncul lagi ada anak Muncul lagi ada cucu Muncul lagi ada cicit demikian seterusnya maka dan CD perlu adanya aturan hubungan antara lelaki dan perempuan perlu adanya hubungan interaksi sosial satu dengan yang lainnya yang diatur secara jelas oleh sang pencipta kita turunkan Bagaimana Allah memberikan aturannya satu Quran surah keempat an-nisa ayat yang pertama Oh ya ayyuhannas kalimatnya menggunakan Nash memberikan isyarat kepada kita bahwa apa yang akan disampaikan bukan hanya sekedar menjadi hukum personal tapi akan menjadi petunjuk bagi kehidupan komunal dengan konteks interaksi sosial ya Yohanes Hutagalung robbakumulladzi kholakokum minus wahed Wahana Kwangmin h.zai jahat wabata minhuma Rizal lengket yoanisa wattaqullaha lrytas search Luna by waltham Innallaha karena alaykum rokiba Hai semua manusia bertakwalah kepada rabb-mu yang telah menciptakanmu Hei bukan sekedar mencipta lampunya sifat Robbi ya yang merawatmu memberikan kebutuhan yang memaafkan kalau salah menyembuhkan kalau sakit mengampuni Kalau engkau berbuat dosa apa dengan semua pembelian itu belum cerita untuk menyembah gugat Allah belum sadar ke untuk menuhankan aku karena itu ketika Allah mengambil komitmen dengan kita Sebelum kita lahir ke dunia kalimat yang menggunakan kata rambut ukuran salah ketujuh ayat 172 without alarm buka mim Bani Adam admin khozim Surya tahun wa Ashhadu Kumala anfusihim alastu birobbikum kalau kalian sehingga ROM ya dan diantara sifat alam ini allahuakbar memberikan tadi segala bentuk perhatian dan kebutuhan bukan sekedar dengan sifat personal tapi juga dengan sifat sosial seakan-akan lain mengatakan Hei Walaupun engkau berkehidupan salep komunal bergabung satu dengan yang lainnya berinteraksi secara sosial aku tetap tidak akan meninggalkanmu aku tetap akan memberikan kebutuhan musyarakah modal aku tetap akan memperhatikanmu aku tetap akan menyembuhkanmu kalau sakit aku tetap akan Hai akanmu kalau salah jika engkau mau kembali kepadaku untuk mengambil pedomanku maka kata Allah aku ciptakan kau dari jiwa yang satu ya Adam alaihissalam maksudnya kemudian digabungkan dipersatukan itu dingin pasangannya wahala comment h.zai jahat Adam laki-laki dipasangkan dengan pasangannya perempuan wabatam minhuma rejaning Kelvin orang wanita dari hubungan ini kemudian laki-laki dan perempuan lahirlah keturunan-keturunan baik lelaki lagi ataupun kemudian perempuan kembali ayat ini memberikan kesan bahwa kebutuhan lahiriyah manusia Ia yang menunjuk pada aspek komunal nya dan melahirkan interaksi sosial bagian pertama adalah hubungan yang mengatur antara laki-laki dan perempuan Hai Bukankah hubungan keduanya ini pertama adalah tuntutan lahiriyah secara biologis Hai karena itu saya katakan tadi ini punya tuntutan lahiriyah secara personal bacot ini punya tuntutan lahir ia secara personal baca satu Basyar satu Basyar bertemu keduanya menjadi Annas ketika ini dipertemukan tentunya mesti punya pedoman Bagaimana mengatur hubungan keduanya menjadi Harmoni Kalau tidak ada aturan tentu akan berantakan satu dengan yang lainnya karena itulah ketika kita bertanya kepada Allah ya Allah saya akan menyalurkan hasrat biologis saya ya kebutuhan lahir yang saya maka saya akan mencari pasangan saya Bagaimana saya bisa mendapatkan pedoman sehingga kehidupan berkomunitas berkeluarga ini bisa berjalan dengan harmoni mendapatkan ketenangan kenyamanan dalam kehidupan dengan keturunan-keturunan yang telah engkau isyaratkan tadi baik lelaki atau perempuan maka disinilah kemudian Allah turunkan ayat tentang rumah tangga ya bukan hanya mengatur urusan rumah dan tangga tetap dapur sejak awal hubungan itu diikat hingga Bagaimana menjalani kehidupan dalam konteks berumah tangga yang dimaksudkan Hai disinilah kemudian turunnya Roan sorah ke-30 ayat 21 Quran surah keempat ayat ke-34 sampai dengan 35 nya bahkan sebelumnya Quran surat keempat di ayat yang keempatnya secara singkat saja sebelum kita masuk pada turunan pohonan detailnya teman-teman sekalian Anda bertanya ya Allah saya akan membangun hubungan komunal berinteraksi awal secara sosial dengan menyalurkan hasrat biologis saya Saya laki-laki ingin bergabung dengan perempuan Bagaimana caranya apa aturannya maka Allah turunkan aturan yang legal berupa pernikahan Hai Kalau engkau suka kalau nggak cocok datangi berikan maharnya ya koran surat keempat ayat yang ke-4 setelah itu Hei jangan lakukan hubungan secara bebas itu akan melahirkan banyak keburukan dalam hidup berhubungan seks kok seksual berhubungan seksual tanpa aturan bisa melahirkan penyakit bisa melahirkan wabah to sudah banyak diingatkan dari dulu ya sekarang orang mengeluh menangani HIV menangani Kids menangani wabah tertentu Allah sudah mengatur dari awal jangan kamu lakukan secara bebas jangan kamu hidup tidak mau diatur jangan kamu lakukan hubungan sesukanya persis seperti hewan-hewan punya aturan sendiri manusia punya aturan sendiri jangan sampai aturan hewan dipakai oleh manusia aturan manusia dipakaikan dan dipaksakan kepada hewan mustahil hewan dalam hidup tidak berbusana manusia dalam hidup berbusana sekarang anda ingin tukar anda pakai aturan hewan-hewan dipaksakan Pak Khan manusia silahkan kalau nggak percaya sapi pakaian daster Bagaimana perasaan sapi bagaimana dia beraktivitas tentu akan gerah dan tidak nyaman beraktivitas demikian manusia nah sekarang secara personal saja sudah tidak nyaman apalagi dipaksakan menjadi aturan sosial Maka akan muncul Ma barat yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya karena itu kata Allah kalau Anda punya ada kecocokan maka lakukan pernikahan diatur lah kemudian pernikahan dimaksud sampai dijelaskan ini loh hasilnya Kalo Anda mengerjakan pedoman ini secara sempurna Wamin ayatihi ankholaqolakum Min anfusikum azwaza litaskunu ilaiha wajah anda bainakuma wandern wa Rahmah Inna feat Adikara ayat ini home data Vector MOD allahuakbar katalog Kalau Anda mau berpikir kalau anda mau merenungkan saya berikan pedoman dari pedoman ini ada petunjuk ada tanda-tanda kalau anda mau memikirkan semua itu merenungkannya apa diantara Ketika anda mengikuti pedoman dari al-qur'an ini itulah yang anda sering Tuliskan dalam bentuk samaran sakinah mawaddah Rahmah pertanyaan saya dari mana Samara itu muncul cek dari semua referensi bacaan kitab yang pernah ada di bumi dan dialah si Katakan tidak akan pernah muncul kata Samara kecuali terambil dari Alquran sorak ke-30 ayat 21 Sakinah ketenangan yang anda dambakan itu kita segunung wilayah Sakinah bahasa alquran Mawaddah maksa Nah ya wajah anda bainakum Mawaddah wa Rahmah wa Rahmah Samara hanya bisa diwujudkan jika anda kembali kepada pedoman Allah subhanahuwata'ala Sekarang Anda berharap Samara Anda Tuliskan bahkan dari kartu undangan yang anda Kirimkan Anda Tuliskan Bahkan dalam buku catatan yang anda siapkan Anda bangun komitmen dengan istianda dengan calon Anda Bahkan sebelumnya ya Anda ingin berumah tangga untuk dan Samara tapi anda tidak belajar perlu menit tapi anda jauh dari pembuat pedomannya Bagaimana mungkin Anda bisa mendapatkan Samara Kalau Anda jauh dari Allah subhanahuwata'ala Bagaimana mungkin Anda mendapatkan Samara kalau anda tidak membaca pedoman kehidupannya maka bagian yang pertama penting bagi setiap orang yang berkeluarga berumah tangga seharusnya sebelum berumah tangga ngaji dulu ayat-ayat rumah tangga karena itu dalam tipe itu muncul fiqih munakahat ya fiqih munakahat pedoman yang mengatur dalam kehidupan pernikahan interaksi komunal dengan batas-batas kekeluargaan yang melahirkan hubungan-hubungan sosial kelihatannya sederhana tapi ketika dijalani akan jadi tidak mudah kalau tidak mengerti pedomannya jelas Oh ya apalagi kalau sudah ini dijalani dalam kontek berhubungan kekeluargaannya setelah menikah maka kata Allah boleh jadi nanti ada orang-orang yang tidak mengerti kewajiban dan haknya perannya masing-masing saya tanya kepada anda kalau tidak mengerti tentang pedoman kehidupan berkeluarga Bisakah seorang laki-laki menentukan apa kewajibannya dalam berkeluarga apa haknya Hai apa kewajiban seorang istri apa haknya apa tugasnya Hai kalau tidak mengerti pedoman jangan-jangan keduanya bisa tertukar ingat teman-teman yang menciptakan kita Allah telah menetapkan Fitrah kehidupan Fitrah laki-laki seperti ini kita perempuan seperti ini potensi laki-laki begini potensi perempuan begini dari potensi dan Fitrah itu diberikanlah peran yang sesuai bagi suami bagi istri bagi lelaki bagi perempuan jika kemudian peran ini tidak diketahui tertukar satu dengan yang lainnya maka dapat diduga kuat akan terjadi persoalan-persoalan yang tidak mudah diselesaikan di sinilah kemudian muncul Quran surah keempat ayat 34 bahkan sampai 35 Hai Rizal qowwamuna alannisa Bima foto laku bahwa ada bahwa dimaem saku Min amwaalihim laki-laki kata Allah saya tetapkan dengan sifat kelaki-lakian Nya makanya disebut dengan Rizal yeah dari keterangan Julun punya kemiripan makna dengan kata rijalun kaki kokoh kuat tegak penopang ya dalam tubuh kita penopang dalam aktivitas kehidupan kita demikian pula laki-laki penopang dalam kehidupan rumah tangganya kokoh kuat sifatnya punya melindungi ya karena itu diberikan oleh Allah kekuatan untuk mencari nafkah wabi maanfaat comment amwalihim tugasnya karena itu diberikan kekuatan untuk melindungi kepada istri dan keluarganya dan seringkali diilustrasikan dalam Alquran seperti halnya matahari karena itu Ketika Nabi Yusuf Alaihissalam bermimpi dan melihat ini roaitu akhada asyaro kaukaba webcams walqomaro roaituhum lii sajidin aku melihat 11 gemintang matahari dan bulan Oh ya keseluruhannya sujud hormat kepadaku dan diartikan oleh Nabi Yaqub Alaihissalam matahari itu adalah ayahandanya kemudian Komar bulan adalah ibundanya bintang gemintang adalah saudara-saudara Yusuf tentunya arti itu takwil Itu atas petunjuk allah subhanahu wa ta'ala matahari dilekatkan dengan laki-laki dalam tugas ke rumah tangganya matahari seperti laki-laki ya menyengat menyinari menyengat setiap orang akan mengganggu keluarga menyinari memberikan jalan perang dengan usaha nafkahnya dengan bimbingannya dengan arahannya Tapi saat yang bersamaan dia bisa mengeringkan air mata yang mungkin mengalir pada anak-anaknya dia mengeringkan air mata yang mengalir di pipi istrinya demikian seterusnya itulah matahari Hai bukan karena bulan hanya akan kita lihat di malam hari dengan keindahannya dengan penampakannya dengan kecantikannya Anda kalau ingin lihat keindahan mustahil lihat matahari pasti akan Anda lihat rembulan demikian perempuan SD diilustrasikan untuk selalu tampil Indah tampil memesona tampil dengan kelembutan Bukankah bulan ketika Anda lihat penuh dengan kelembutan penuh dengan pesona kebaikan maka Jadilah istri yang lembut Jadilah istri yang baik jadi Lex yang perhatian Jadilah istri yang enak dilihat oleh pasarkan enak dilihat oleh keluarga bau disebutkan 12 permisalan maknanya demikian dalam ia tak tahu pedoman ini maka peran bisa bertukar yang bahaya istri jadi matahari suami jadi bulan maka di sini sering muncul kemudian perselisihan yang tak bisa dituntaskan dengan kekuatan bulan aku akan menghukummu Uh tidak pernah selesai sehingga muncul salah komunikasi k salah pemahaman ke hubungan yang tak cocokkah Bagaimana menyelesaikannya sampai setiap persoalan-persoalan rumah tangga pun itu sudah kemudian diinformasikan oleh Allah kemungkinan-kemungkinannya kepala akan ada kemungkinan salah komunikasi Ada kemungkinan salah persepsi Ada kemungkinan masalah yang sulit disatukan sehingga mungkin melibatkan orang lain untuk bisa mendamaikan mengislahkan Bagaimana cara mencarinya Ada lagi di sini semua teman-teman sekalian sampai dia ke-35 nya ada semua Hai Mas sekarang problem ia bahkan muslim saat ini walaupun ayat ini berlaku umum sesungguhnya ya artinya non-muslim pun kalau ingin belajar dari al-qur'an ini petunjuknya universal pasti akan mendapatkan kedamaian di rumah tangganya apalagi bagi kita yang beriman kepada Allah dan memang Alquran kita jadikan petunjuk hidup kita Seharusnya seharusnya sebelum menikah pedoman ini telah tuntas dikaji yang terjadi sekarang setelah menikah Bang dipelajari itu Alhamdulillah masih ada kesempatan yang lebih bahaya sudah menikah masih belum mau belajar tentang pedoman ini maka saya juga dengan kuat tidak akan mudah mengentaskan persoalan walaupun beli menggelar dan harta telah didapatkan dengan seizin Allah subhanahuwata'ala ini baru bagian yang pertama Hai Coba kalau kita gabungkan keluarga satu dengan keluarga lainnya jadikan baru satu keluarga Hai apakah yang berkeluarga cepat Anda saja tidak orang lainpun berkeluarga yang lainnya berkeluarga lagi yang lebar keluarga lagi nah kalau kita ingin gabungkan keluarga ketemu keluarga ketemu keluarga ketemu keluarga Bukankah kehidupannya menjadi semakin luas Hai Bukankah komunitasnya menjadi semakin beragam Hai Bukankah interaksi sosialnya menjadi semakin kompleks Hai the Hai Maka kalau kita Satukan keluarga-keluarga keluarga-keluarga keluarga dengan tempat yang kemudian semakin luas dengan komunitas yang beragam interaksi sosial yang semakin Kompleks maka kalimatnya oleh Alquran dirubah yang memberikan penamaan berupa diksi yang mengakomodir semua makna tadi kalimatnya berubah menjadi Chung Ungu band she hapus sejenak segala Wow bekerja Ma tadi kata Sya'ban seperti ini yo yo Come jamak dari kata sabun hai hai Hai kalau kita turunkan ke bawah lagi sini ada Ayla Hai atau usrah nanti namanya bisa banyak Nah Iyalah bisa usrah masing-masing nanti punya nama sendiri tadi kita bahas dalam edisi yang berbeda kemudian kelompok kelompoknya disebut dengan Ahlul disini Anda mendengar kata ahli bait head baik fokus teman-teman nanti lain waktu kita bahas perdamaian ini agar kita fokus pada bahasan utama kita terturunkan disini ahlun setiap personelnya Hai menyatu ini menjadi keluarga maka dinamakan aelah atau disebut juga dengan usah ini ahli dah usah bergabung dengan yang lainnya ada keluarga lain keluarga lain keluarga lain ini aksi metalik B ini C ini Dek kemudian kesini lagi misalnya ada e ada f sampai dengan terkumpul keseluruhannya ini dalam batas tertentu ya di sebuah tempat batas tertentu satu pulau saja Dua pulau saja 30 saja ya ada yang mencoba mengenal dengan pulau yang lainnya ya dua kali tiga Mendayung ya 12 Pulau terlampaui Jadi bukan hanya terlampaui tapi juga berinteraksi disitu sehingga membentuk misalnya satu hubungan dengan batas-batas tertentu disebut dengan sabun namanya Hai yaitu dari sini diartikan dalam bahasa Indonesia dengan kehidupan berbangsa Hai spakat kehidupan berbangsa itu membentuk sebuah batas-batas tertentu aturan-aturan tertentu maka muncullah sebuah negara Hai kalau negara ini Ya dengan kehidupan berbangsa yang menggabungkan ya keluarga-keluarga ini ya dari suku-suku yang berbeda-beda bahkan kalau kita selagi di sini ya antara pertengahan dari keluarga menjadi bangsa jadi negara ya Ada kemungkinan juga interaksi di Pulau ini dengan pulau ini punya karakter yang berbeda-beda yang membentuk ciri khas tertentu maka muncul kemudian satu kecenderungan yang bisa berbeda dengan yang lainnya disebut dengan suku Ya baik di sini ada suku Sunda misalnya baik disana ada semua porak di sana lagi ada Kalimantan punya karakter khas masing-masingnya makan di tengah-tengah ini ada suku misalnya dengan budaya yang berbeda-beda Hai boleh jadi tidak sama jelas membentuk satu ranah keistimewaan keragaman dalam kehidupan berbangsa bernegara kalau dijama akan dicabut maka jamaknya medis umum apakah yang hidup komunitas ini cuma satu batas negara saja tidak barangkali komunitas yang lain punya sifat tersendiri dari kebangsaannya bahkan memberikan nama dengan negara tertentu maka kita akan temukan kehidupannya lebih luas dalam konteks hubungan komunal interaksi sosial antar negara-negara negara yang kumpul di benua Asia misalnya maka akan penghubung antara hubungan negara-negara di Asia yang di Eropa negara negara di Eropa yang di Amerika ya demikian yang juga di Afrika demikian bahkan konteks lebih luas lagi pula hubungan komunitas kumpulan hubungan interaksi sial dalam konteks lebih luas dunia di dunia Hai Di sini ada berita di sini ada berita di sini ada masalah di sini ada masalah muncul Dunia Dalam Berita Hai bukan satu keluarga lagi bukan dua keluarga lagi tapi lebih luas pembahasannya sekali pertanyaannya ya Allah kalau saya ingin mengembangkan hubungan interaksi sosial lebih luas lagi Bagaimana pedomannya Hai apalagi sukunya bisa banyak kehidupan berbangsa Bisa kompleks Benarkah tidak mudah apalagi mengatur hubungan antar negara maka Allah sangat maha tahu tentang jalan kehidupan kita Sebelum kita bertanya sudah turun Quran surah ke 49 ayat Hai Chak Oh ya ayyuhannas do lihat kalimatnya universal hukumnya setiap orang bisa belajar dari pedoman ayat ini dan dia tarik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara apapun konsep yang akan dia buat apapun nama yang akan dituliskan ya Republika ya ataukah kerajaan kah atau sistem umumkah silahkan tarik nilainya praktekkan dalam kehidupan maka anda akan temukan harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sifatnya universal tapi sifat ini sekaligus memberikan isyarat bahwa hanya Allah yang maha mengetahui tentang jalur kehidupan setiap hamba Justru dengan konsep inilah seharusnya kita berpikir kata Allah untuk mengenal rob yang sesungguhnya mengenal Allah yang sesungguhnya kalau bukan pencipta kita mustahil mengetahui dan mengatur dengan detil jalur kehidupan kita sampai kehidupan yang sangat kompleks Hai makan apa yang lo sampaikan ya ayyuhannasu Hai semua manusia tanpa kecuali Inna kholaqnakum nih bakteri Ungu Hai Inna karena kehidupannya sudah Kompleks sudah luas berbangsa-bernegara bersuku-suku ya maka kalimat yang menggunakan kata ina membawa tahu Bremen opsi Taufik musyrik yang masih ingat pembahasan yang sering saya tekan kan disini kata Allah dengan segala keagunganku aku sampaikan informasi yang sangat besar kepada kalian semua Inna holaknakum mitrakarawang tak kami ciptakan kalian manusia semua manusia tanpa kecuali dari Nabi Adam sampai kehidupan berakhir dengan dua tipe dua jenis saja satu dekat laki-laki kedua otak perempuan yang Hai tadi kan Bye jadi hubungan Hai yang akan dibangun secara sosial dalam bentuk kehidupan komunal baik itu dikeluarkan naik kepada hubungan suku antarbudaya sampai dengan kehidupan berbangsa dan bernegara sampai interaksi negara antarnegara di dunia itu tidak akan pernah terbangun hubungan yang harmonis yang selaras kecuali unsur utamanya adalah laki atau perempuan Hai ini yang bisa dipersatukan hai awas ini yang dipasangkan Jangan pernah dirubah Jangan pernah di balik balik ya ingin dirubah laki-laki menjadi perempuan perempuan jadi laki-laki kemudian berinteraksi pasti muncul masalah kalau gak percaya silahkan lihat maksudnya fenomena yang ada saat ini bukan Anda merubah diri sendiri silakan lihat fenomena yang hadir orang-orang nekat keluar dari aturan Allah sang pencipta bikin aturan sendiri lihat apa yang tampak laki-laki pengen jadi perempuan secara fitrah saja secara fisikal tampilan fisiknya sudah tidak memenuhi ciri-cirinya sudah laki-laki suara yang keluar uh nama siapa ini Apa nama siapa Nia nama Kurniadi I have enggak usah di lembut lembut kan memang suara anda itu tebal memang suara anda itu dibuat untuk berwibawa jadi jangan pernah menurunkan kewibawaan Anda ya Rahim sudah tidak punya mau dipaksa-paksa bikin lahir mau sewa mau seperti apa karena secara fisikal saja konstruksi tubuh manusia sudah tidak memenuhi tanda-tanda fisik yang lainnya laki-laki semua ya janggut ya jambang kumis Anda mau make up sampai kiamat kurang dua hari tidak akan pernah menghilangkan nilai-nilai ini karena memang status hormon yang berbeda Anda mau ganti dengan apapun tetap akan Anda rasakan kegelisahan dalam jiwa sepanjang hidup anda akan gelisah tidak tenang pun demikian dengan perempuan dengan harus dipaksa-paksa menjadi lelaki karena ketika diinteraksikan satu dengan yang lainnya muncul persoalan Hai saya baca berita beberapa hari ini betapa banyak pernikahan kemudian hancur lebur bukan sekedar hancur tapi membawa nestapa yang mungkin tidak akan pernah terlupakan Sepanjang Hidup ketika diketahui ternyata saat menikah pasangan yang terbukti sesama jenis gagal bukan hanya masalah satu dengan yang ini keluarga ini punya persoalan keluarga ini jadi berita ramai sukunya ya mohon maaf komunitasnya masyarakatnya jadi penuh persoalan semua karena hanya merubah satu hal yang sudah oleh tetapkan pedomannya jelas pun demikian Saat berinteraksi lebih luas bagi bangsa negara akan melibatkan hubungan ini dengan lebih kompleks lagi artinya apa Allah memberikan peluang kepada laki-laki perempuan tuh punya peran dalam kehidupan yang lebih luas silakan ya ya Hai kepada lilit wajah alnakum khoba Il kami tetapkan dari laki-laki dan perempuan ini sungguh berat nih akan ada yang hidup yang membangun hubungan interaksi sosial antar negara negara satu dengan negara yang lainnya Masya Allah perempuan di Amerika akan punya hubungan dengan laki-laki di Indonesia yang mungkin saja dalam konteks yang dibenarkan perempuan dengan perempuan saling belajar ya kuliahnya mungkin sama orang Indonesia ke Amerika ketemu perempuan Amerika ya Atau ketemu misalnya dia Arab laki-laki dengan laki-laki lain belajar lagi tapi ketika menikah mungkin saja terjadi orang Indonesia laki-laki menikah dengan perempuan mp3ya orang Arab perempuan menikah dengan laki-laki Indonesia bisa terjadi Dan ini sudah dijelaskan oleh Allah dalam Alquran termasuk juga isyarat ini memberikan jalan kepada kita untuk mengambil peran dalam kehidupan lebih luas divisi yang dibangun jadilah manusia yang unggul Hai yang bisa menembus batas-batas dan lintas lintas kehidupan yang luas ayo Bangga Jadi orang Indonesia dalam saat yang bersamaan kebanggaan itu pupuk dengan pengetahuan yang hebat pengalaman yang luas wawasan yang terbuka dan ambil peran dalam kehidupan internasional yang lebih luas kehidupan bernegara ya antarnegara kalau bisa Prananda itu jangan sekedar dibangun di keluarga naikkan lagi tingkat RT naikkan lagi tingkat RW tingkat kecamatan ya tingkat kabupaten provinsi kehidupan bernegara sampai negara lainpun bisa berinteraksi dengan anda itu peluang ketahuilah celaka jadi apapun Ya anda mau jadi dokter silahkan perempuan boleh boleh jadi dokter zaman Nabi banyak perawat-perawat perempuan Ya silakan jadi perawat boleh ya jadi dokter boleh mesti ada dokter perempuan untuk mengobati penyakit khusus bagi perempuan ini yang hamil perempuan yang melahirkan perempuan masa yang periksa laki-laki Hai laki-laki silakan mau jadi dokter pengusaha Jadi birokrat jadi diplomat ya sampai tingkat paling atas mau jadi menteri jadi presiden jadi raja di konteks tertentu Silahkan terbuka perannya Oh ya dan dalam konteks itu Membangun hubungan satu dengan yang lainnya bagaimana cara membangunnya lita'arofu so bawah coba ilah kata Allah mungkin ada yang hidup dalam konteks kehidupan bernegara konteksnya sudah dunia Wako Tail mungkin baru konteks suku-suku di provinsi di kabupaten di kecamatan Boleh silakan ambil peran Kecamatan jadi camat di desa jadi Kades ya jadi lurah menjadi Bupati kemudian berinteraksi mengatur hubungan di daerahnya masing-masing anda dan uniknya menariknya Allah berikan pedoman nanti seperti ini membangunnya sistemnya mau dibangun namanya silakan bebas mau namanya Kabupaten mau distrik mau federal di beberapa tempat tertentu ya mau sistemnya mau pakai misalnya Republik mau pakai kerajaan gua pakai macam-macam namanya boleh pedomannya dikasih oleh-oleh lita'arofu Hai toh Hai ditaroh udah diketahui Alfa dan disini muncul ma'rifah ma'rifah bisa diartikan pengetahuan yang luas arofan saling mengenal tak Rafa satu dengan yang lainnya berkenalan dengan dasar pengetahuan yang luas jadi kalau ingin membangun Ya baik kehidupan berkeluarga skala kecil maka harus punya wawasan harus punya pengetahuan maka biasakan hidup berilmu berpengetahuan dalam lingkup keluarga anak mesti tahu ilmu tentang jadi anak ajarkan kepada anak Ibu harus tahu ilmu tentang menjadi Ibu menjadi Ayah menjadi keluarga ya baca kumpulkan pengetahuan baca dengan luas tajamkan ilmu tajamkan wawasan setelah paham bahwa dalam kehidupan yang lebih luas membangun kehidupan berbangsa bernegara tahuan butuh wawasan ya tidak usah dalam ready fairizza kalau satu perang diberikan pada orang yang tidak kapabel karena dia tunggu saja tunggu masanya Hai masa-masa Ya kegelisahannya masa-masa kekhawatirannya masa-masa mungkin yang DX lagi kehancurannya ya kegagalannya dan sebagainya tapi kalau kita ingin semua itu berhasil menjauhkan sifat-sifat tadi maka bangun dengan dasar pengetahuan yang baik dari situ saling berkenalan Indonesia juga berkenalan dengan negara lainnya bangun persahabatan sekarang Muncul ASEAN ya lebih luas lagi nanti muncul hubungan-hubungan antar dunia bangun dari sini pentingnya kitab yang diplomatik memang hebat belajarnya Hebat ya kalau perlu kuasai berbagai bahasa jangan sampai di tugas menjadi diplomat jadi dubes tapi nggak bisa komunikasi jadi dubes di Arab gak bisa bahasa Arab Bagaimana bisa berkomunikasi dirubah di negara Eropa nggak bisa bahasa Inggris hidup saya di negara Afrika nggak bisa bahasa lokalnya Bagaimana bisa berkomunikasi Karena itulah kemudian penting punya diplomat yang hebat punya guru-guru yang handal punya pengusaha yang hebat untuk membangun Sinergi kehidupan berbangsa-bernegara dengan konteks di luas daging bahkan Alquran mengisyaratkan kita mesti punya tatanan dasar dasar kehidupan dalam konteks berkomunikasi ini untuk mengatur hubungan interaksi sosial dengan dasar-dasar yang sangat kuat sekali lagi bersyukur kita kepada Allah bahwa para pendiri negeri ini Indonesia yang kita berbahagia bersyukur bangga bisa menjadi bagian dari negara yang kita cintai ini kita jaga dengan baik ini kita sayangi kita rawat kita makmurkan sekali lagi penting saya sampaikan Ketika bangsa ini dilahirkan semua bersinergi berkumpul mempraktekkan konteks taaruf ini saling berkenalan saling bersinergi masing-masing membawa wawasan masing-masing saling menyempurnakan masing-masing saling menguatkan sehingga membentuk dasar-dasar negara yang kuat bangunan-bangunan yang kokoh dasar-dasar undang-undang yang mengatur hubungan antar sosial satu dengan yang lainnya dan Bukankah yang banyak memberikan peran pada saat itu ulama-ulama kita yang paham tentang Alquran sering katakan Bagaimana peran seorang Kyai Haji Abdul Wahid Hasyim peranan Ki bagus Hadikusumo ya peran orang-orang Islam yang lainnya ada peran di perjuangan medan perang seperti Bung Tomo muslim dengan teriak Allahu akbar nya yang sangat luar biasa Bukankah Bung Karno juga muslim ya Bukankah yang merumuskan Pancasila juga banyak para ulama kita karena itu banyak nilai-nilai al-qur'an itu tersemat dan tersemai dalam Pancasila Coba lihat Bukankah sifat komunal ini telah muncul dalam sila ketiga persatuan Indonesia Bukankah semua mesti bersatu dalam konteks ini koran hanya memberikan satu kalimat saya shobahul Khoir kobalt itu jamak dari kata qobilah di Indonesia itu banyak suku-suku nya Anda bisa bayangkan berapa suku banyak di Indonesia Kalau suku disatukan jadi coba Ilkom bilang the file Hai Satukan kau Bela jadi coba yuk cobain Jadi cabut zamanya cuap persatuan Indonesia satu kep Hai ini kumpul bikin aturan ya Bahkan muncul live Alquran surah as-syura untuk bermusyawarah ya rumuskan musyawarah cari mufakat dari situ keluarkan hukum-hukum yang mengatur secara adil satu dengan yang lainnya kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan Bukankah wakil kita yang mewakili setiap masyarakat ada di legislatifnya DPR nya sampai dengan KM pr-nya Pernahkah anda mengkaji dalam bahasa Arab Bukankah parlementer disebut dengan mad disuap bahasa Hai yeh Hai yang terakhir apa keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia keadilan sosial ini negeri saya katakan keadilan banyak konsep dalam Alquran bahkan menjadi dasar utama dalam prinsip kehidupan berbangsa bernegara 5 ini dirumuskan jadi Pancasila ketuhanan yang maha esa kemanusian yang adil dan beradab persatuan Indonesia kerakyatan dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia makanya Ketika sering ditanya Ustad Kenapa di Indonesia tidak diterapkan syariat Islam saya selalu mengatakan Pancasila itu ya dan dasar-dasar negara kita di undang-undang itu Itulah rumusan syariat Islam yang diterapkan di Indonesia karena itu negara memberikan peluang kepada kita untuk mengamalkan nilai-nilai keyakinan dalam kepercayaan kita dalam iman kita Dalam Islam kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara langsung dicantumkan di Pasal ke-29 Ayat ke-2 negara lihat bahasanya Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadah menurut agama dan kepercayaannya itu Nah tinggal sekarang bagaimana kita mengaktualisasikan nilai-nilai itu dalam kehidupan silakan kita praktekkan kami itu negara memfasilitasi jadi umat Islam nih motif mau salat bikin aturan silahkan Izin Mendirikan masjid ya Ada petunjuk-petunjuk Bahkan dalam kondisi Corona pun pandemi pun ikut dipikirkan ya begini caranya begini solusinya mau Haji Mawaddah zakat mau Idul Fitri bahkan enggak tanggung didirikan misalnya Kementerian Agama bukan kan Di situ ada aturan-aturan juga yang memberikan aturan petunjuk pada umat Islam Oh ya silahkan tinggal kita maaf polisikan dalam nilai-nilai kehidupan karena itu saya ingin berikan pesan penting kepada seluruh bangsa Indonesia keluarga negara Indonesia dengan panah apapun yang sekarang dititipkan oleh Allah kepada kita ingat itu amanah itu hanya titipan mungkin ada peran saya Anda kita sebagai rakyat ada peran sebagai pengelola stakeholder bangsa ada yang di eksekutif dari pemerintahan dari Presiden sampai ke bawahnya ya sampai ke RT ada yang di legislatif ya ada yang DPR perwakilan dari pusat sampai dengan ke daerahnya ada yang berpartner dengan MPR nya ada yang yudikatif nya ya ada Ma ya dengan turun dan turunannya dan seterusnya dengan lembaga-lembaga yang serupa nah masing-masing membangun peran untuk memakmurkan tempat yang kita pijak ada pesan tegas dalam hadits yang disampaikan nabi semoga hadir Mbak dalam satu riwayat Muslim bahwa setiap kita mesti punya pedoman yang kuat yang saling bersinergi untuk bisa membangun kemaslahatan dalam berkehidupan bahkan nanti tegas mengatakan lahan allohu aman Laura Manarul orbit Allah akan melaknat orang yang sengaja itu mengubah haluan haluan di bumi di sini ada yang mengartikan secara standar secara pokok yaitu batas kepemilikan satu tempat ya Ada Si Fulan punya Roma Si Fulan punya rumah masing-masing ada tanah Bahkan dalam konteks yang lebih luas depannya fasum misalnya ya tiba-tiba dirubah batasnya yang ini ngambil tanah Si Fulan yang satu ngambil tanah fasum diklaim sebagai miliknya itu dilaknat oleh Allah subhanahuwata'ala merubah haluan kepemilikan sehingga dengan haluan itu kepemilikan jadi tidak jelas ya bayangkan merubah haluan serat personal saja Hai dilaknat oleh Allah maka Bagaimana dengan orang yang ingin mencoba merubah haluan negara untuk membawa itu menjadi kepentingan-kepentingan pribadi yang dengan itu bisa melahirkan mafsadat dalam kehidupan berbangsa bernegara atau kehidupan yang luas lagi maka pertanggungjawabannya bukan hanya melahirkan kegelisahan di dunia tapi juga bisa mendatangkan kecemasan saat kembali kepada Allah subhanahuwata'ala Annas membangun pedoman kehidupan secara komunal dengan interaksi sosial dalam konteks kehidupan yang lebih luas maka jadilah keluarga yang tangguh bangsa yang hebat negara yang kuat dan niatkan semua untuk beribadah kepada Allah subhanahuwata'ala Karena setiap peran ini pasti akan berakhir dengan pertanggungjawaban yang akan kita bawa ketika kembali kepada robbul ada di in Hai wafirlana Adik hamdulillahi rabbil alamin Adi Hidayat Subhanallah wabihamdihi subhanallahil anta astaghfiruka wa atubu ilaih assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
Mp3 Al Quran Terjemahan Indonesia tanpa arabik