Minggu, Agustus 14, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Utang Rakyat Ditanggung Pemerintah ini Umi Mimi ambil dari Youtube Ammi Nur Baits, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Utang Rakyat Ditanggung Pemerintah ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Utang Rakyat Ditanggung Pemerintah

Utang Rakyat Ditanggung Pemerintah | Ustadz Ammi Nur Baits, ST., BA

Alhamdulillah puji syukur kita haturkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala kembali di kesempatan ini kita akan melanjutkan pelajaran kita membaca buku ada orang utang dan insya Allah kita akan membaca mulai dari halaman 44 untuk edisi yang terbaru Hai di halaman 44 kita membuat satu judul pemerintah bertanggungjawab atas utang rakyatnya di zaman Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam kebijakan tidak menshalati jenazah karena utang kebijakan dimana beliau tidak mau menshalati jenazah karena utang itu hanya berlaku sementara sehingga kalau kemarin kita berkali-kali membaca hadits dari sahabat Jabir bin Abdillah tentang kejadian pamannya Abu qotadah radhiyallahu Anhu Dimana Nabi Shallallahu salam tidak mau menshalati jenazah yang memiliki utang ini tidak berlaku selamanya tapi berlaku sementara setelah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam berhasil menaklukkan daerah Kalbar dan negara memiliki goni Mayang besar karena ketika khaibar ditaklukkan Hai kaum muslimin mendapatkan goni mah yang jumlahnya sangat banyak baik berupa binatang kemudian juga uang termasuk juga kebun-kebun kurma yang itu dulunya dimiliki oleh penduduk Kalbar yang mereka dikalahkan oleh kaum muslimin sehingga negara memiliki pemasukan yang banyak Setelah itu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam menjamin siapapun yang mati meninggalkan utang maka negara yang akan melunasinya dan itu konsekuensi yang berimbang sebagaimana rakyat memberikan dukungan kepada negara dalam bentuk misalnya dia ikut berjihad rakyat ikut mengamankan negara ikut berjuang mendukung Hai maka rakyat juga punya hak terhadap negara sehingga rakyat boleh untuk menerima dana dari Baitul Mal Abu Hurairah radhiallahu Anhu bercerita 6 rasulullahi Shalallahu Alaihi Wasallam Ana yuk tabir rojuli ilmu tawaf alaihim bosnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam satu ketika pernah didatangkan orang yang baru wafat oleh Intens sementara dia punya utang dan sahabat melakukan itu kita bisa paham tujuannya adalah agar nabi salam mau untuk menshalatinya kayak puluh lalu beliau bertanya eltoro kali daimin kodoin Apakah dia punya harta yang bisa dipakai untuk melunasi utangnya paint hot bisa anda Hut Arok awafa and solali kalau jawaban paint hoodies jika beliau diberi jawaban anak hutan Oka Wafa jenazah ini punya harta untuk melunasi utang Shallallahu Alaihi makanan bisa menyelam mau untuk menshalatinya wa Ila jika tidak Holil muslimin maka beliau sampaikan kepada kaum muslimin dan kaum muslimin ketika itu adalah para sahabat Shollu Ala Shahih bikin kalian saja yang menyolati teman kalian disini Nabi Shallallahu salam tidak maunya latih jika orang itu punya utang sementara dia tidak meninggalkan harta yang cukup untuk melunasi utangnya Panama fatahallahu alaihil foto ketika Allah ta'ala membukakan berbagai macam daerah ketika Allah memberikan kaum muslimin berhasil menaklukkan berbagai macam daerah OK Google Oma nabi selam berkhutbah di satu kesempatan beliau berkhutbah berdiri koma mesin yang berdiri untuk berkhotbah vakuola lalu Beliau dalam khutbahnya menyampaikan satu pernyataan anak Aula Bil mukminin Amin al-husein Aku lebih berhak untuk mengurusi kaum mukminin dibandingkan diri mereka sendiri aku lebih berhak untuk mencukupi kebutuhan kaum mukminin dibandingkan diri mereka sendiri karena seperti yang kita tahu posisi Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam itu ibarat apa ibarat orang tua kita dan bahkan Beliau pernah menyatakan Annabi menjilati labinak Um Waldy mungkin aku putus seperti bapak kalian tanahku yang mengajarkan agama kepada kalian dan ah memiliki hak terhadap anak memiliki hak yang besar terhadap anak sehingga Nabi Shallallahu salam di hadapan umatnya beli mengatakan aunan Aula Bil mukminin Min anfusihim aku yang lebih berhak untuk mengurusi kaum mukminin dibandingkan diri mereka makanya Rasulullah Shallallahu salam berhak untuk menjadi wali bagi seluruh wanita yang menjadi umat beliau Sallallahu Alaihi Wasallam sehingga ketika ada seorang wanita yang dia datang kepada Nabi Shallallahu salam menghibahkan dirinya tapi nabi salam tidak tertarik untuk menikahinya lalu datang seorang sahabat Ya Rasulallah Kalau Anda Nggak tertarik nikahkan aku dengannya sampai akhirnya Setelah dia diminta untuk mencari mahar dan dia nggak nemu apapun walaupun hanya besi Hai about walaupun nya cincin dari besi lalu Nabi SAW wassalam menikahkan sahabat ini dengan hafalan Qur'an yang dia punya Sehingga dalam hadits ini Apa hubungan wanita tersebut terhadap Rasulullah Shallallahu salam wanita itu menawarkan diri untuk dinikahinya bisa masalah ini kok malah nabi semasa menjadi walinya padahal Wali secara umum adalah mahram dengan seorang wanita Papa akeh saudara laki-laki anak laki-laki atau cucu laki-laki Wali secara umum adalah punya hubungan mahram dengan wanita kemudian pamannya pakdenya atau Paklek Nya sehingga Kenapa Nabi semasa menjadi wali padahal wanita ini menawarkan diri untuk dinikahi beliau karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam lebih berhak Hai terhadap kaum mukminin dibandingkan siapapun sehingga Andaikan abis masalah masih hidup ada seorang wanita mau menikah dengan ah misalnya mau menikah dengan A1 walinya nggak setuju sudah tapi habis mesra menghendaki dia harus nikah dengan nah Rasulullah SAW salam bisa menggantikan posisi walinya dan beli lebih berhak terhadap Wali wanita ini Ini salah satu diantara hak khusus yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'Ala kepada sang Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam yang itu tidak berlaku bagi yang lain cuman seperti ini ditiru oleh sebagian jamaah jamaah Islam sehingga ada diantara mereka yang punya prinsip bahwasanya imamnya itu lebih berhak terhadap apa bawahannya terhadap penganutnya sehingga kalau pernikahan walinya nggak setuju tapi imamnya setuju Maka nanti menjadi wali imamnya memang imamnya ini siapa apa dia nabi apa dia punya hak khusus sehingga dia eh apa bisa menggantikan Wali yang utama pada Lia Imam dalam jamaahnya yang kalau kemudian diurutkan statusnya paling tinggi hanyalah seorang guru bagi para jamaahnya Itupun kalau diterima dia sebagai guru cuman Sangat disayangkan jamaah seperti ini imam yang mengaku lebih berhak terhadap Wali yang asli beberapa jamaah Sufi penyair yakin seperti itu termasuk tidak jauh adalah kelompok yang apa dia menggurita di berbagai macam desa-desa lalu kadang ada plakat nya ya Disini ada sekian ratus meter ada ini dan seterusnya pembantu fiemil muslimin kemudian Nabi Shallallahu salam mengatakan siapa diantara kaum muslimin yang wafat atau rok adain lalu dia meninggalkan utang atau beliau aleya kaledo uh akan menjadi tanggungjawab ku untuk melunasinya momen Taro gamelan dan siapa yang meninggalkan harta Awali waras atihi maka harta itu jadi milih warisnya sehingga setelah ditaklukkan berbagai macam daerah yang dulunya dikuasai oleh Yahudi dikuasai oleh kaum musyrikin dan disitu ada banyak kebun disitu ada banyak goni mah yang didapatkan negara memiliki pemasukan yang besar sampai siapapun katanya bisa menyelam yang mati dan dia punya utang-utangnya dilunasi hartanya silahkan dibagikan ke ahli waris Masya Allah baik dan ini diantara kebijakan yang diberikan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Karena itulah funny monkey keterangan para ulama bahwa syariat ini berlaku untuk semua Pemimpin kaum muslimin seharian ini berlaku tidaknya bagi nabi salam tapi untuk seluruh memimpin kaum muslimin sehingga jika negara mampu untuk memutihkan utang rakyatnya yang meninggal maka pemerintah wajib mengalokasikan dana itu untuk melunasi utang Raya ke idealnya seperti ini negara menanggung utang rakyat meskipun realnya gimana rakyat menanggung utang negara yang relnya dibalik idealnya kebal Hai jangan kita bicara teori ideal us on any rahimahullah menuliskan Hola ilmu bakpao ilmu bakal mengatakan waha kata ia azzamul mutawalli Amril muslimin ia falahu piment masa waalaikum seperti inilah idealnya Seharusnya orang yang mengurusi urusan kaum muslimin para pemimpin hairfall huffman Machale ialah Firman mazawa alaihim hendaknya dia melakukan kebijakan seperti diatas menutupi utang rakyat bagi orang yang mati sementara dia punya utang Pak Ilham ya fall Coba kita perhatikan pakai lemnya file Jika ternyata dia tidak melakukannya alis mualai dia yang nanggung dosa Masya Allah jadi berat jamaah menjadi pemimpin itu Masya Allah tanggung jawabnya berat orang kalau jadi rakyat dan dia tidak punya keluarga misalnya maka tanggung jawabnya adalah tanggungjawab dia saja saya bertanggung jawab kepada diri saya sendiri dan dia tidak berurusan dengan yang lain yang lain melakukan pelanggaran yang lain misalnya melakukan tindakan kedholiman Dia tidak punya apa tanggung jawab untuk menyelesaikannya karena dia bukan orang berwarna lain halnya ketika orang jadi pemimpin dia bertanggung jawab terhadap perbuatan dia sendiri dan bertanggung jawab terhadap perbuatan bawahannya sehingga kalau dibawahnya itu ada kedholiman dia tahu dan dia punya kemampuan untuk mengubah itu Hai sementara dia diamkan ada dia pemimpin maka dia ikut berdosa karena dia membiarkan soliman dibawa hanya ada dia punya wewenang untuk mengubahnya jadi kira-kira orang jadi pemimpin itu ke beban dan dengan tanggung jawab orang lain makanya bisa masalah menyebut keputusan pemimpin itu khas Arwana damai kerugian dan akan menjadi sumber penyesalan ngapain Saya harus menanggung beban orang lain orang ketika tidak jadi pemimpin maka dia hanya bertanggungjawab terhadap perbuatannya saja bukan perbuatan orang lain maka zaccaro Rofi'i di akhir hadits gila Ya Rasulallah waalaikum 5min badaka disebutkan oleh Rofi'i Raffi ini salah satu ulama madzhab Syafi'i Hai di salah satu riwayat hadits di bagian akhir hadits ada sahabat yang bertanya ya Rasulullah waalaikum 5min Mbak data Apakah aturan seperti ini berlaku untuk semua pemimpin setelah anda koala jawab nabi sama salam Waalaikum 5 Min ba'di kebijakan seperti ini menjadi tanggung jawab seluruh pemimpin setelahku Masya Allah betapa beratnya jadi pemimpinnya tapi sungguh aneh ketika diperebutkan oleh masyarakat maka mereka yang memperebutkan kepemimpinan ibarat mencari beban Padahal kalau dia tidak memiliki tampuk kepemimpinan hidupnya lebih lebih ringan lebih kenapa diperebutkan tentu saja Kita semua paham adalah terbelakang dunia disana baik-baik Rasulullah SAW telah menyebutkan dalam hadits ini jika duet ini adalah riwayat yang shahih ini disebutkan oleh Sony dalam Subulussalam ketika menukil perkataan Ar rafii ada sahabat yang bertanya Apakah kebijakan ini berlaku untuk semua pemimpin setelah anda dapat nabi salam berlaku untuk semua Pemimpin kaum muslimin setelah ku sehingga siapapun yang menjadi pemimpin maka dia kedapatan beban nanggung utang rakyat yang mati sementara utangnya belum lunas kalau kemudian negara punya khas yang cukup dan dana yang cukup untuk menutupi itu baik sebagaimana dulu waktu hidup rakyat ini ikut Nyumbang nyumbang untuk negaranya tentunya apa Pak aja ajak kendaraan kemudian pajak Hai bumi dan bangunan belum lagi pajak-pajak yang lain kalau dia punya usaha diam bayar pajak maka giliran ketika dia punya utang negara punya tanggung jawab untuk apa menyelesaikan utangnya wallahualam Apakah dengan cara disediakan dana tertentu Atau Dia membuka suntuk sosial Kotak infaq sosial yang nanti bisa digunakan untuk menutupi orang-orang yang mati punya utang makanya disini saya nyatakan Subhanallah betapa besarnya beban bagi seorang pemimpin Tapi anehnya hal tersebut diperebutkan jadi kadang orang yang memperebutkan kepemimpinan tentu saja enggak gratis nyawang itu Minimal berapa Hai minimal art satu kejual atau apa misalnya sawahnya harus dilepas jual begitu dia kalah stres betapa Banyak orang ada orang yang kemudian jadi gila gara-gara kalah ketika nyaleg ketika nyalon jadi calon bupati atau Gubernur tapi dia #pada dia sudah keluar banyak harta selanjutnya kita akan melihat hutang negara Siapa yang menanggung Nah sekarang kita balik ya Kalau tadi utang rakyat ditanggung oleh negara dan pemimpin bertanggungjawab terhadap kebijakan itu Mas sekarang Maka sekarang sebaliknya utang negara Siapa yang menanggung satu pertanyaan yang akhir-akhir ini sangat sering disingkat jika negara punya utang Siapa yang harus menanggungnya Hai dan jika rakyat meninggal apakah dia akan ditagih di akhirat kemarin ada salah satu orang yang wa saya ya kalau saya mati sementara utang negara membengkak seperti ini nanti Apakah saya ikut ditagih di akhirat ada satu keterangan yang disampaikan oleh Syekh waliyun usher-yeah Walid saw pun Nasa beliau salah satu muridnya Syekh Albani rohimahullah saya menyampaikan pertanyaan Kepada beliau melalui wa ya Siapa yang berkewajiban melunasi utang negara dan Apakah rakyat juga ikut bertanggungjawab terhadap utang Negara berikut jawaban beliau adain ladzi yahul marhum I want Lady Who has Abu Ali utang yang diambil secara pribadi oleh seseorang utang yang diambil secara pribadi utang saya sendiri utang Syiah Sendiri itulah hutang dimana dia akan dihisab dengannya ia akan dipakai dengan utang itu paint ah.ad Aula to do you mean dan jika negara itu mengambil utang byleth itu Seperti dukun maka negara itulah yang harus melunasinya wine Ahmad Zainal minat Daulah allaha Faizal Reza muka Sada do who what hasabu alaiha white fakta dan jika kamu mengambil utang dari negara atau yang lainnya maka kamu berkewajiban untuk operasinya buat WhatsApp what bahasa bunga laiha dan utang itulah yang akan ditagih kepadamu Bayu Adi Lady alaihil hak Wali atoillah Abah karena itu tunaikan amanah kepada yang berhak dan bertakwalah kepada Allah Rabb kalian baik sehingga utang yang menjadi tanggung jawab kita adalah utang yang sifatnya pribadi baik kita ambil utang dari negara atau utang dari perusahaan yang lain atau utang dari lembaga yang lain lalu Beliau melanjutkan amazing karena alat daulat itu Yunan arjiyah dia Jiraiya Adapun jika negara itu punya utang luar negeri dia utang tapi dari lembaga luar negeri misalnya dari Bank Dunia atau ya ini lihat Jelly rohiyah untuk kepentingan rakyatnya Wal jamat hukum dan pemerintah mewajibkan kepada rakyat bisa Dadi ha untuk melunasinya wayajibu al-jami' maka wajib bagi semuanya ia tak warna untuk bekerjasama Maaf hukum atihi bersama pemerintahnya liajlih some motto ahli waliyul Amr dalam rangka untuk mendengar dan taat kepada waliyul Amr tinggal misalnya negara punya kebijakan semua pengusaha yang penghasilannya 10 juta perbulan ia harus membayar pajak dan ini proyek khusus untuk menutupi utang misalnya seperti itu maka mereka semuanya harus saling membantu dalam rangka untuk taat Hai tunduk kepada keputusan pemerintah nah kemudian pertanyaan yang semisal juga saya ajukan kepada Syaikh Doktor Abay Muhammad beliau berasal dari mauritania beliau peneliti materi muamalah dilembaga fatwa syabakah Islamiyah dan doktoral beliau itu sekampus dengan saya di media Madinah International University dia mengambil doktoral di bidang fiqih muamalah dan sekarang bekerja di sebagai peneliti materi muamalah di lembaga fatwa syabakah Islamiyah di Qatar ini saya sampaikan teks pertanyaan individualistis sorot bisnis batil itu unit Daulah wajib mati ha tidak karena atau latido Yunho rizia pahala al-ra'iyah tasdi Mbak kepada Syeikh Abi Muhammad yang kami hormati saya ada pertanyaan terkait utang negara yang diambil dari luar Apakah ada kewajiban bagi rakyat untuk melunasinya atau an-nahl hukum mati pakai ataukah itu menjadi tanggung jawab pemerintah saja Aa nih maksud saya adalah Idham itu ada kau glass ada di hack akun to matluban behavior akhirnya apabila aku mati sebelum saya sempat melunasinya Apakah aku juga akan dituntut di akhirat abiduna jazakumullah Khairan kemudian jawaban dari Dr Abi Muhammad ada salah satu kawannya yang beliau kerja di lembaga fatwa ini dan saya minta Kepada beliau ada nggak kira-kira ulama yang bisa saya jadikan sebagai rujukan untuk menjawab ini dan beringas Hai nomornya chb Muhammad tetap beliau bisnis batik halte soal hak ekonomi makro build waswasah sebenarnya pertanyaan ini lebih dekat kepada Penyakit was-was ini pertanyaan karena was-was liane do Yoona Ala ya kudu Anda ya kudu tahulah ia alat tahu lah nih ada-ada typhonii alladzi yang lebih tepat disini al-razi karena utang yang diambil oleh oleh negara maka itu menjadi tanggung jawab negara Wali Israel parodi dan bukan tanggung jawab pribadi ahni Alvaro Anil Baal fardhu maskulin hama mau Azza Wa Jalla yang saya maksud pribadi itu bertanggungjawab di hadapan Allah ntar saya kata beliau itu yang tahun Saya pribadi dan yang saya maksud pribadi itu tidak harus mempertanggung jawabkan dihadapan Allah tanah almuhim yang penting Disini anda humasoli atuh taulah puasanya utang itu menjadi tanggung jawab negara buah mawar yg berdaulat Siwalan al-walid kasir dan harus ditutupi dengan pemasukan negara dan sekarang pemasukan negara itu banyak Kemudian beliau melanjutkan ph5 Ida azizati daulatul Ani standart dalam kondisi ketika negara itu tidak mampu untuk melunasinya karena mawaridussalam takfi Lian nama walidah letak Vi karena pendapatannya enggak cukup di sini bunali dawla entu fredo Xeon moyan berkode aja ada lima Watin maka disini negara berhak untuk mewajibkan Hai senilai tertentu sesuai dengan tingkat kebutuhannya al-mawat in kepada para penduduknya Woi dvaoru Naila Daulah mahfudzot alaihim dan mereka menyerahkan nilai itu kepada negara sesuai dengan apa yang diwajibkan kepada mereka lagi nah Um malah Um dilakaukan Beat duyung tapi mereka tidak punya hubungan dengan utang negara itu al-khodijiyyah utang luar negeri wabbit uyunil dachshund dawla dan dengan utang yang diambil oleh negara white fauna ilah mah poru.ru bihaqqin dan Rakyat hanya menyerahkan kepada negara senilai yang diwajibkan oleh negara secara lisan artinya kalau mewajibkan kepada seluruh rakyat kalian harus bayar pajak kemudian cara perhitungannya seperti ini maka tanggungjawab rakyat hanyalah menyerahkan sebagaimana yang diminta oleh negara tapi dia tidak bertanggungjawab terhadap utang negara terus kewajiban dia untuk menyerahkan kepada negara ini sebagai apa sebagai bentuk ta'awun untuk mewujudkan negara yang baik dan sebagai bentuk taat kepada Ulil Amri sehingga terkait hutangnya rakyat tidak bertanggungjawab dunia dan akhirat maka dia tidak akan ditagih ketika di akhirat Kamu dari mana Indonesia dulu Indonesia punya utang ini belum lunas sekarang kamu tak tuntut di padang mahsyar tidak terjadi seperti kamu berasal dari mana kamu saya di perbatasan batasnya mana sama Malaysia k besok masih Malaysia garing mana yang bener kamu dari daerah mana indonesia-malaysia Wah kalau dituntut saya Malaysia saja Ndak bisa seperti itu enggak ada demikian sehingga rakyat tidak akan dituntut oleh Utang negara ketika di akhirat namun kalau Negara mewajibkan kepada rakyat pada rakyat harus membayar pajak dengan cara perhitungan sekian dalam rangka membantu negara untuk melunasi utang atau beliau rakyat harus bantu seperti itu Kemudian beliau memberikan catatan untuk pertanyaan diatas laukana soal.um asalan hal Ana altazimuth David doraeiga ilati farodho dawla Andaikan pertanyaannya tadi yang disampaikan adalah Apakah aku berkewajiban untuk membayar pajak yang diwajibkan oleh negara Hatta soal lebih akun waktu yg Mungkin pertanyaan ini lebih sesuai dengan realita lebih realistis amnes soal Halo and admitted to saus aloe Andrew unit Daulah agama Allahu iraka Adapun kalau pertanyaannya Apakah kalau aku mati seakan ditanya terkait utang negara ini nggak ada hubungannya sehingga kesimpulannya bahwa ketika kita meninggal dunia dan negara punya utang rakyat tidak bertanggungjawab terhadap hutang itu Hei berdasarkan Japan diatas kita bisa mendapatkan beberapa kesimpulan yang pertama bahwa tanggungjawab terhadap utang di akhirat berlaku untuk utang pribadi bukan utang negara satu sehingga kalau negara punya utang rakyat berkewajiban untuk melunasi utang itu rakyat juga tidak berkewajiban untuk eh atau terhadap utang itu menjadi tanggung jawabnya baik didunia maupun diakhirat yang kedua rakyat tidak dituntut di akhirat terhadap utang luar negeri yang diambil oleh negara yang belum terbayarkan sampai rakyat itu nanti kemudian yang ketiga negara dibenarkan untuk berhutang dalam rangka memenuhi kebutuhan rakyatnya secara proporsional sangat proporsional gimana Pak Ya kebijakan para ekonom Indonesia atau para atau kebijakan apa pemerintah dalam memberikan dana kepada rakyat itu proporsional tidak boros dan juga tidak terlalu pelit tapi sifatnya proporsional Hai jika negara tidak mampu menutup utangnya dari pendapatannya negara dibenarkan untuk meminta kepada rakyatnya baik dan yang kelima jika Negara mewajibkan rakyat untuk membayar pajak atau kewajiban finansial yang lainnya rakyat harus memenuhinya dengan mengedepankan prinsip keadilan dalam rangka kerjasama tadi menutupi utang tapi ini tidak ada kaitanya dengan beban utang sehingga kalau misalnya saya sudah bayar Kemarin negara minta Reka misalnya 500.000 saya sudah mulai 500 tapi ternyata ke utamanya tetap belum lunas Apakah nanti saya akan ditagih di akhirat jawabannya tidak karena out negara bukan tanggungjawab rakyat-rakyat hanya bertanggungjawab terhadap perintah yang diberikan oleh negara allohu ta'ala alam ini yang bisa kita simpulkan terkait masalah utang rakyat dengan utang negara idealnya jika rakyat meninggal dunia dan negara punya khas yang cukup atau punya pemasukan yang lebih maka negara yang harus menanggung utang rakyat dan sebaliknya ketika negara punya utang yang besar rakyat tidak bertanggungjawab terhadap utang negara itu tapi negara dibenarkan untuk minta kerjasama dari rakyat dalam rangka melunasi utang itu wallahu ta'ala alam demikian yang bisa kita bahas dan di pertemuan berikutnya kita akan membahas Mengapa Nabi Sallallahu wasallam punya utang padahal beliau sendiri menekankan agar Hai orang yang tidak mampu menahan diri untuk berputar Lalu kenapa beliau punya utang Insyaallah akan kita bahas di bab utang itu halal yang tidak dianjurkan demikian asolole nabiyyina Muhammadin wa ala alihi wa shohbihi was Salam [Musik] Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah was shalatu was salamu ala rasulillah wa ala alihi washohbihi waman wadah ammabadu kaum muslimin dan muslimat para pemirsa di mana saja Antum berada Saya sekarang berada di lantai dua pembangunan sekolah Islam yang dibina oleh Ustadz ammi Nur baits dibawah Yayasan amal Abadi mereka sedang membangun sekolah SD yang rencananya Insyaallah 3 lantai dan sekarang para pemirsa dan promosiin bisa Oh ya di sebelah kanan saya dan kiri juga terlihat ya ini sedang pembangunan untuk membangun lantai yang ketiga dan dibawa masih juga tahapnya pembangunan lantai dasar lantai dua tentunya pembangunan yang memakan biaya membutuhkan ya donasi yang luar biasa Oleh karena itu saya memanggil kita semua saya atas nama Muhammad reaction salah seorang anggota dewan fatwa mengajak kita semua Mari kita bersama-sama meringankan beban saudara kita membantu saudara kita untuk ya kelangsungan pembangunan sekolah dasar dia Islam yang dibina oleh Ustadz ammi Nur baits dan tentu apa yang saudara dan kaum muslimin infaq di jalan tidak akan sia-sia kalau Solo subhanahuwata'ala Selatan yang baik untuk kita berinvestasi akhirat mari bersegera Hai Ridha Allah dan menginfakkan sebagian harta yang Allah titipkan bagi kita dan itulah sesungguhnya ya akan menjadi bagian untuk kita demikian mudah-mudahan bermanfaat mudah-mudahan kita senantiasa lindungan Allah Subhanahu wa ta'ala dan mudah-mudahan kita senantiasa dijaga adalah dengan menempatkan sebagian harta yang Allah titipkan bagi kita Allahumma Amin demikian wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh mulai [Musik] ini Uh wipe clean hamdulillahi rabbil alamin Selanjutnya kami persilahkan Bagi anda yang mau bergabung bismillah Assalamualaikum Ustaz Waalaikumsalam warahmatullah gimana terkait penjelasan soal utang negara apakah berarti pajak menjadi halal karena pajak yang ditarik negara saat ini juga digunakan untuk membayar utang luar negeri jazakumullah khairon Masya Allah Barakallah fiik baik kita tadi telah menyinggungnya dari keterangan yang disampaikan oleh Syekh doctorabbit Muhammad bahwa ketika Negara mewajibkan rakyat untuk membayar nilai tertentu secara proporsional dalam rangka untuk menutupi utang negara makaraya diharuskan untuk melakukan itu sebagai bentuk ketaatan kepada pemerintah demikian pula yang difatwakan oleh Syekh walet savviness er Syaiful Nasa muridnya Syekh Albani dimana Beliau juga menyebutkan bahwa jika negara meminta kepada rakyat untuk saling membantu dalam rangka melunasi ngakak maka rakyat harus membantunya bait ini teori umum sekarang jika rakyat diwajibkan untuk bayar pajak Apakah rakyat harus bayar pajak datanya dalam urusan pajak tolong bedakan hukum yang berlaku bagi rakyat dengan hukum yang berlaku bagi penariknya tolong bedakan dua hal ini eh untuk hukum yang berlaku bagi rakyat rakyat itu sama sekali tidak disalahkan ketika dia bayar pajak sehingga dia tidak dianggap kamu telah tolong-menolong dan bantu membantu dalam urusan maksiat urusan riba usul urusan goror lebih banyak dimana golnya dimana dia tidak melakukan Soko diabar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga Anda kalau membayar pajak pilih membayar pajak kendaraan mobil atau motor atau PBB dan seterusnya sama sekali kita tidak disalahkan kenapa Karena di posisi sebagai rakyat kita ketika membayar itu jika satu itu dilakukan dengan cara Ridho Baik saya bayar dan saya Ridho menyerahkan ini maka statusnya sebagai hibah untuk negara dan rakyat boleh saja memberikan hibah kepada negara yang kedua jika rakyat membayar pajak itu dalam kondisi tidak di bawah dalam kondisi tidak Rinto berarti posisi rakyat sebagai sebagai apa orang yang didholimi karena dia tidak Ridha dengan harta yang diambil Hai baik yang jadi masalah di Pajak itu yang mana yang jadi masalah adalah yang menarik Ada apa dengan yang menarik ketika ada orang menarik pajak lalu yang diambil itu tidak rewel misalnya ada salah satu perusahaan yang diaudit hanya telah ketemu nilai tertentu ditarik lah pajak senilai misalnya 5 m dan pemiliknya nggak punya duit segede itu adanya aset akhirnya untuk menutupi 5m itu dia jual perusahaannya jadi perusahaannya tutup sekalian begitu dia mau bayar 5m sehingga setelah dia bayar pajak Dia enggak punya sumber pendapatan lagi karena perusahaannya sudah dijual ada gede dalam realitanya ada baik mungkin dia merasa sedih dia langsung bangkrut enggak punya pendapatan perusahaannya hilang hai kenapa sudah diambil untuk bayar pajak atau dijual membayar pajak di posisi ini bisa jadi dia itu ndak terima dia enggak Ridho nah ketika enggak Ridho ini dia nanti punya kemungkinan untuk nah GTA akhirat dan Allah subhanahuwata'ala menjadi saksi bagi semuanya karena itu ketika pajak itu dilakukan secara proporsional maka ada pajak yang memang dia dianggap sebagai bagian dari prinsip keadilan ini dalam rangka untuk ta'awun untuk menjaga keutuhan negara karena negara punya utang yang jumlahnya banyak karena itu Doctor Sulaiman ar-ruhaili rahimahullah yang beliau beberapa kali datang ke Indonesia untuk mengisi Dauroh ya Doctor Sulaiman ar-ruhaili mengatakan tentang masalah Doraemon tentang masalah pajak dikatakan semuanya haram ini tidak benar karena Dalam pertimbangan pajak itu lebih kepada pertimbangan keadilan selama itu dilakukan secara proporsional mengedepankan prinsip keadilan dan tidak sampai membuat rusaknya aturan di masyarakat maka rakyat punya kewajiban untuk membayar sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga kesimpulannya dalam hal ini ada banyak faktor untuk bisa menilai Bagaimana tradisi menarik pajak tersebut dan pertimbangannya terkait utang negara keluar negeri maupun utang negara di dalam negeri wallahualam baik silahkan dana alaikum waalaikum salam warahmatullahi silakan Allah Ana mengko di Canggu motor telepon akan cat mau apa Bapak mengkreditkan berjalan mengkreditkan motor keponakan Hai as ditengah jalan R Love mp3 Bulan Jalan ia sang datang bayar lagi sakit karena dia terlalu banyak hutang enggak keterima kutang jadi dia ingin memulangkan kembali motornya Aa Apakah aneh mengembalikan Dana yang sudah dibayar sangat kecil yang sudah diraihnya tangan saya ikut mengembalikan baik juga trik yang kedua tak dia kan apa namanya eh iya Pantene ad banyak hutang takdir ponakan ane Ini tadinya anak seringkali hampir tiap bulan itu tapi udah berjalan enam bulan sering minyak Hindia uang itu cuman atanana lihat stand Nadia jadi kecanduan berhutang eh apa Apakah anda betul catat menyetop apa Pinjaman minus karena ngelihat ya udah-udah menggampangkan takut berhutang yups hanya juga karena kasihan tapi karena sikap dia yang terlalu segampang pengen Didik diajak dia cukup dengan gaji yang dia punyai kepada di masih bujangan atau dia bekerja Iya dia bekerja bekerja baru bekerja cuman ane liat dia terlalu menggampangkan hutang ya dia dengan alasan ingin membantu orang tua itu mana-mana lihat orang tuanya eh agak ekonominya agak kurang cuman eh orangtuanya juga emang sudah terbiasa berutang itu menggampangkan hutang itu banyak sudah step serentak tidak air sekarang waalaikum warahmatullah wabarakatuh waalaikumsalam warahmatullah Nah untuk kasus yang pertama Bapak menjual barang kepada keponakan secara kredit jadi bisa gambarkan a credit kan barang ke hai lalu ketika B tidak bisa membayar barang itu dikembalikan ketika biar itu dikembalikan itu sama dengan dia membatalkan akad saat motor dikembalikan ada dua kemungkinan Sebenarnya ada dua kemungkinan kemungkinan yang pertama jual kembali kemungkinan yang kedua membatalkan akad dan dua kemungkinan ini diperbolehkan selama tidak disepakati di awal kedua kemungkinan ini diperbolehkan selama tidak disepakati di awal sehingga boleh nggak pembeli itu menjual kembali barang yang dia beli kepada penjual siapanya ndak masalah dan semuanya kembali kepada kerelaan bapak semuanya kembali kepada kenalan Bapak artinya Bapak boleh menerima boleh juga tidak menerima sehingga sia kalau mengatakan saya enggak seng belum bisa menerima mohon maaf karena saya Barang saya udah banyak motor saya udah banyak buat apa saya terima motor lagi misalnya boleh saja anda tidak menerima tapi kalau anda menerima ini bagian dari ikolah di-call adalah menerima pengembalian barang tanpa alasan yang dibenarkan atau tanpa alasan yang diatur oleh syariat karena membatalkan akad batalkan akad itu ada yang beralasan yang diterima secara syar'i dan ini diatur dalam hak siar ini diatur dalam hak siar yang kedua tanpa alasan Kalau hari ini wajib diterima misalnya karena ada cacat atau karena masih dalam rentang perjanjian atau karena misalnya apalagi Eh ada unsur penipuan lalu dibatalkan angkatnya saya nggak mau karena kemarin saya ditipu seperti ini wajib untuk diterima yang kedua tanpa alasan membatalkan akad tanpa alasan Ini namanya ikolah dan Nicola ini tidak wajib paksa Nggak jadi beli Pak barangnya tak kembalikan penjual boleh menolak mohon maaf Mas barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan sah dia menolak seperti itu dan ini diatur dalam ikola dia mau terima hamdulillah dia mau tolak juga boleh karena itu kalau bapak merasa Ridha motor itu dikembalikan silakan Bapak Terima sehingga Bapak boleh menerima karena bentuknya membatalkan akad maka pembayaran yang sudah disetorkan dikembalikan Pak saya mau kembalikan barang pak Hai saya kayaknya keluarga saya enggak cocok dengan barang ini saya minta tolong uangnya dikembalikan maka penjual ketika menerima itu dia harus mengembalikan uang tadi Nah Bolehkah ada potongan Bolehkah ada potongan dalam hal ini ada kilap diantara ulama dan wallahualam pendapat yang kuat boleh sehingga Anda misalnya mengembalikan uang itu tapi tidak utuh Mas tapi ini saya potong ya saya potong sekian nilai potongannya kembali kepada kesepakatan kedua belah pihak sesuai dengan yang berlaku dimasyarakat artinya nilainya tidak terlalu apa yang tidak terlalu jauh tapi proporsional wallahualam Kemudian yang kedua Bolehkah anda menghentikan pemberian utang kepada keponakan karena dia Hai terlalu hobi dengan berhutang untuk tujuan pendidikan silakan dan bisa jadi pengaruhnya pada dia dan kedua orangtuanya barangkali jika memang dia dan orangtuanya punya hobi yang kurang baik seperti ini Sehingga Insya Allah tidak masalah dan yang penting adalah dia dikasih peringatan ini berbahaya ada mungkin bisa bacakan beberapa hadits yang kemarin sudah kita bahas di buku ada orangtua sehingga dia sadar kalau utang itu sangat berbahaya bagi kehidupannya apalagi kalau dia nggak mau melunasi atau tidak bisa melunasi sampai mati wallahualam baik silahkan Salamualaikum Waalaikumsalam warahmatullah izin betul i6x masjid jika diem bae ngopi dia akan Google hai ketika dimana banyak waktunya yang telah Waktu 34 Baik saya meraba yang suara-suara ibu putus-putus ada orang punya utang kepada ibunya dan dia akan bayar jika warisanya sudah turun Iya mau warisan dari siapa jadi akik kami dari kakeknya ayahnya dari Ayahnya baik selanjutnya tahu nah sedangkan sedangkan rumah watch rumah warisan umur di tempat ibunya selanjutnya Nyi masuk punya usut Oh baik nah Ibunya belum cukup umur Hai ibu-ibunya bagaimana belum belum belum mau membagi waris nya angkuh ayah saya sudah dengan alasan apa mau alasannya lebih masih suaranya hilang mohon maaf ya kami tidak mendengar apapun selain hanya utusan xuav potongan-potongan suara yang sulit untuk kami tangkap Yaelah monyet ibunya maksud menempati Maaf baik alasannya karena Ibu masih menabrak tapi itu berkumpul wajahmu hananah baik pertama yang perlu kita Ingatkan satu ya bahwa ketika ada ahli waris yang berhak untuk dapat warisan Hai dan dia butuh terhadap warisan itu maka terlarang Bagi siapapun diantara ahli waris yang lain untuk mencegahnya jangan dibagi dululah tolongin hargai orang tua ini masih baru tiga bulan sepeninggal Bapak ini Barus tahun Tunggu dulu sampai 3 tahun maka terlarang Bagi siapapun yang menjadi anggota ahli waris tersebut untuk melarang Ali Waris yang lain mendapatkan haknya pandangan banyak terjadi kayak gitu ya Misalnya ahli waris ketika ini x&y suami istri punya misalnya empat anak ABCD X meninggal dunia yang tinggal adalah ibu y ibu tinggal di rumah itu sini punya utang Hai dan dia ingin segera melunasi utangnya dan andalan dia adalah warisan dan dia berharap agar warisan X ini dibagi yang nilainya bisa jadi miliaran tapi she nggak bisa mendapatkan Hai itu kenapa ditahan oleh y warisan bapak yang dibagi dulu tunggu sampai Ibu mati kemudian juga ditahan sama anak pertama anak pertama melarang Jangan gitu enggak sopan ini Bapak baru meninggal warisanya sudah dibagi kalau sampai terjadi seperti ini maka dosa ditanggung oleh y&a Kenapa Pak dia berdosa dia melarang orang yang berhak untuk mendapatkan haknya nah terus solusi yang benar gimana kalau memang seini butuh dan dia mau mengambil haknya berikan hanya caranya pak ikan utuh warisan itu dalam bentuk rumah atau properti warisannya dalam bentuk rumah dan ini dimiliki oleh abcd y milik lima orang ada di sini Terus caranya gimana caranya satu seluruh warisan seluruh warisan dinilai baik warisan X apa saja umma sawah di sana beli juga punya pekarangan baik sekarang dinilai semuanya rumah plus pekarangan Ini harga berapa oh ini 1m sawah-sawah 500500 500000000 larangan di sana uh sekitar 600-an reda berarti total duit yang dimiliki oleh anda yang ditinggalkan oleh X total disini adalah 2,1 Hai nah kemudian dibagi ye dapat seperdelapan sisanya 7-8 diberikan kepada anak-anaknya Anggaplah saya laki-laki semua karena laki-laki semuanya maka menyetujui 8 dibagi rata 78 dibagi empat sehingga semuanya dapat dengan nilai yang sama sudah Nah disitu kan ketemu prosentase seperdelapan prosentasenya sekian persen lalu abcd dapat sekian persen sudah 11 berapa persen 0,125 11 berapa 11 eh tetap saat 185 12,5 persen Hai 0,125 4 12,5 persen by sisanya minus 100% dibagi empat berapa 87,5 dibagi empat enggak bulat betul telusuri 21 koma 872 1,96 masing-masing punya dua 1,9 persen semua punya sekian 21 koma sembilan persen udah telah masing-masing punya sekian jadikan bisa diukur tuh berarti haknya sih berapa ya 21 persen anggap 22 persen dari nilai 2,1 nilai 2,1 m ini berarti setelah itu Say dapat berapa Nah disini berarti yang kedua setelah seluruh warisan dinilai lalu dihitung waris hitung jatah warisan setelah ketemu jatah waris bisanya Say tadi dapat 21,9 persen tali 2,1 m lewat berapa ya dapat xxx saya dapat sekian rupiah sudah saya berhak atas biayai atas nilai ini saya beratas Dana ini Terus duit ini dari mana Pak Oh ini semuanya utuh aneh pekarangan sawah duit ini bisa apa diwujudkan dengan cara salah satu ahli waris mengakuisisi ahli waris mengakuisisi warisannya C Hai atau mereka bisa iuran a-b-d-e iuran kita iuran yuk untuk nebus ini misalnya anggap lain ketemu ke 20 persennya berarti berapa itu 400-an juta 459 koma 946 460 juta ch16 460 juta kita tebus ini hakse senilai 460 ditawar sih sih jatahmu Tak beli dengan harga 450 aslinya 460 tapi kan nawar boleh ditawar Jadi turun di harga 450 ya sudah siap dibeli oleh De atau oleh b atau oleh dibayar sehingga sih mendapatkan harta itu lebih cepat dan selanjutnya hak waris C sudah dibeli yang baik sehingga pindah ke yang lain lalu oleh Sinilah ini dipakai untuk melunasi hutang silahkan mau dipakai untuk bayar utang ke ibunya juga silakan karena seperti ini yang bisa dilakukan agar warisan itu tetap bisa dibagi dalam waktu cepat jika ada ahli waris yang membutuhkan dan dia sudah minta sehingga jangan sampai ada harta orang lain yang tertahan disebabkan karena dihalangi oleh ahli waris yang lain tapi kalau jika semua liore sepakat saya belum begitu butuh wes Biarkan aja dulu ndak papa sehingga warisan itu penyerahannya tertunda pembagianya sudah dilakukan dengan perhitungan sederhana mereka sudah tahu Oh saya dapat jatah sekian saya dapat jeda sekian persen kapan ini akan diserahkan ke saya Hai kok nunggu om anda juga enggak terlalu butuh mereka sepakat dah biarin aja nah ketika mereka sepakat Biarin aja berarti semuanya berhak untuk menunggu sesuai dengan yang mereka sepakati wallahualam baik silahkan Waalaikumsalam Waalaikumsalam warahmatullah Saya seorang ASN jadi kalau mau naik pangkat ini di-install sumpah gitu ya sama pihak nah instan segitunya dengan mengusapkan demi Allah untuk menjalankan intinya sedangkan jabatan dengan integritas dan profesionalitas sesuai peraturan-peraturan yang berlaku namun kan pasal pada waktu pelaksanaannya akan kalau dari internal pribadi yang mungkin banyak kekurangan gitu ya Hai tender eksternal pun kadang-kadang meminta untuk apa ya sedikit melenceng dari peraturan gitu Apakah boleh gitu ya pas sumpahnya itu kita ya Secara pribadi lisannya mengucapkan demi Allah dan di akhirnya pakai Insyaallah gitu supaya tidak terlalu berat YouTube baik karena itu maksudnya gimana Jadi Musa eksternal itu dari luar ke dalam waktu bagi saya misalnya dari atasan ataupun atasan lah dari orang lain meminta untuk bisa manipulasi apa Data akan biasanya cuek gitu ya Ya gitulah mesinnya masa Makasih ini jadi kalau handset mukjizat Muhammad waalaikum warahmatullah wabarakatuh waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh baik jadi orang yang bersumpah lalu dia melanggar sumpahnya ada konsekuensi ada dua konsekuensi Hai yang satu konsekuensi di dunia yang pertama dan konsekuensi di dunia ini lebih ringan apa bentuknya cukup membayar kaffarah sumpah misalnya orang bersumpah demi Allah saya tidak akan makan apel atau dia bersumpah demi Allah saya tidak akan makan kambing karena dia mungkin punya sentimen dengan kambing Abby diseruduk kambing langsung dia bersumpah demi Allah saya tidak akan makan kamu kemudian satu ketika dia makan kambing ah dan b bermusuhan Lalu Allah mengatakan demi Allah saya tidak akan masuk ke rumahmu selamanya b punya hajat punya hajatan punya aja punya hajat punya hajatannya punya acara kemudian mengundang semuanya padahal ini tetangga sampingnya dan Acaranya ada di dalam rumah bukan di luar Hai ah sudah bersumpah tidak akan masuk ke rumahnya MB saat mereka sudah akur terus gimana UASnya sudah pernah bersumpah enggak masuk ke rumahmu kalaupun ama sok ke rumahnya B konsekuensinya hanya satu yaitu yang konsepnya yang pertama yaitu apa dia wajib untuk bayar kafaroh begitu dia wajib merek dia begitu dia sudah bayar kafaroh maka eh sudah pukul Sumpah itu sehingga dengan masuk rumah tadi dengan batalkan tadi sudah gugur apa yang pernah dia Sumpah kan baik kemudian ada konsekuensi yang kedua yaitu konsekuensi di akhirat jika Sumpah itu berkaitan dengan amanah maka konsekuensi di akhirnya nih berat Hai dibandingkan konsekuensi dunia konsekuensi dunia hanya cukup dengan bayar kafaroh selesai sumpahnya gugur tapi berkaitan dengan masalah Amanah ini tidak bisa hilang di dunia sampai dia tunaikan dan akan dituntut di akhirat sesuai dengan tingkat amanah dia seberapa jauh dia tunaikan karena itu kalau Sumpah itu berkaitan dengan urusan pribadi tidak tahu dengan urusan amanah seperti tadi saya tidak akan makan apel lalu dia makan apel Saya tidak akan makan kambing lalu dia makan kambing cukup bayar kafaroh selesai sudah dan tidak mau masuk ke rumah kamu tidak akan masuk ke rumah kamu demi Allah selamanya Begitu dia masuk ke rumah itu cukup bayar kafaroh selesai dan ini sumpah yang tidak ada hubungannya dengan amanah tapi kalau itu berkaitan dengan amanah demi Allah saya bersumpah saya akan menjalankan abcd ketika orang yang sumpah ini melanggar diam biar kafaroh dan disaat yang sama dia punya konsekuensi berat yaitu dia tidak menunaikan amanah itu dan dia berhak untuk dituntut di akhirat sana itu sebenarnya Bapak terkait masalah sumpah yang dilakukan oleh siapapun baik pejabat kemudian aparat ASN maupun yang lainnya aparat sipil maupun penegak hukum termasuk juga para karyawan perusahaan sebenarnya itu bukan sebatas sumpah biasa sumpah yang diucapkan itu sumpah berkaitan dengan amanah profesi tertentu misalnya dokter disumpah sebelum diangkat jadi dokter lalu dia punya kode etik tertentu dia Nyatakan dalam sumpahnya akan berusaha memenuhi kode etik yang berlaku di belakang yang melanggar dia melanggar sumpah bayar kaffarah Sumpah Dan dia melanggar Amanah ini dosa yang kedua Hai yang ini akan ada tuntutannya di di akhirat karena itu apakah kemudian ini ditoleransi sumpah di Tenggara nabi selam pernah eh apa melanggar sumpah beliau ketika beliau melihat ada pilihan yang lebih baik dibandingkan mempertahankan sumpah maka beliau link langgar Sumpah itu dan bayar kafaroh tapi tidak berkaitan dengan masalah amanah namun ketika Sumpah itu berkaitan dengan amanah yang berat yang keduanya ini Allah ta'ala dan baik demikian yang bisa kita sampaikan Semoga apa yang kita bahas ini bermanfaat usah lohu adzina Muhammadin wa'ala alihi washohbihi wasallam wakru dakwaan alhamdulillahirobbilalamin subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaih Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh