Senin, Agustus 22, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Tafsir Ibnu Katsir | Surah Al-adiyat ini Umi Mimi ambil dari Youtube Oemar Mita Syameela, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Tafsir Ibnu Katsir | Surah Al-adiyat ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Tafsir Ibnu Katsir | Surah Al-adiyat

SYAMEELA SERIES WEBINAR : TAFSIR IBNU KATSIR | SURAH AL-ADIYAT

hai hai e-blue dan ummahat di masjid al-maghfiroh kota yang yang sama kala Rahmadi eh komunitas pecinta sunnah yang Semoga Allah berkahi hamdulillah tentunya kita senantiasa bersyukur kepada Allah atau seluruh nikmat yang Allah telah berikan pada kehidupan kita karena tanda keberkahan yang Allah berikan kepada kita bukan bertambahnya harta dan finansial tapi keberkahan yang Allah berikan kepada kita salah satu cakupan maknanya yaitu adalah ketika kita dimudahkan untuk mencari ilmu karena tanda Barokah itu adalah bertambahnya ilmu kita tentang akhirat dan kita bersyukur walaupun di masa yang sulit dan terbatas pada hari-hari ini selama empat bulan kita merasakan bagaimana keterbatasan dan segala macam kondisi yang tidak sesuai dengan apa yang menjadi harapan kita tapi alhamdulillah Allah mudahkan kita untuk bersumpah pada kesempatan hari ini walaupun yang sangat berapa bulan kita tidak bersua secara fisik tidak bertato tidak bertemu secara offline tetapi Allah masih berikan kesempatan kepada kita bertemu dalam kajian virtual dan online dan ini merupakan bagian dari sesuatu yang sangat amat kita syukuri karena banyak orang itu mereka pada gajian bukan pandemi dan pandemi mereka tidak pernah datang dan duduk di majelis ilmu tapi ternyata Kita betul-betul berterima kasih dan bersyukur kepada Allah ternyata kita termasuk orang-orang yang diwaktu sebelum pandemi dan diwaktu Man Demi Kita dimudahkan untuk tetap tersambung dan tetap terikat dengan taman surga dan siapapun yang tersambung dengan taman surga maka sesungguhnya Allah memilih dia untuk tersambung di taman surga itu pasti karena kebaikan dan keberkahan dan inilah yang kita syukuri karena banyak orang yang diberikan harta belum tentu Barokah didalam hidupnya banyak orang yang kita dan financial merk merk branded yang dia miliki Dan dia hadirkan dirumahnya tapi belum tentu Barokah hidupnya karena barokah hidup itu salah satu cakupan maknanya adalah dimudahkan untuk mendatangi dan tetap mereka dengan taman surga dan sesungguhnya ini adalah taman surga dan semoga tidak ada niat yang kita miliki ketika kita bertemu secara virtual pada kesempatan hari ini dan secara online kecuali semata-mata untuk membebaskan kebutuhan kita di hadapan Allah karena siapapun yang dia malu butuh di hadapan Allah terhadap poros akhirat maka Insyaallah kehidupan akhiratnya akan mudah karena surga identik dengan ilmu sebagaimana ikan identik dengan airnya Makanya kalau kita sedang membayangkan kalau kita pengin ditolong melewati shirath yang sangat mencekam Karena setiap manusia ketika melewati shirot dia tidak ingat siapapun dia tidak ingat ibunya dia tidak ingat bapaknya dia tidak ingin anaknya tetapi yang hanyalah kiri mereka sendiri siapa pun yang tahu bahwasanya suasana mencekam ketika melewati shirath dan dia pingin ditolong ketika melewati shirot perhatikan Apakah dia termasuk orang yang memudahkan langkah kakinya menuju ke taman sorga yaitu Taman ilmu ataukah tidak karena orang yang senantiasa memaksakan diri mengkondisikan hidupnya untuk tetap terikat dengan taman ilmu berarti dia sedang merancang sebuah desain bagaimana dia melewati surat dalam kondisi mudah dan diberikan keringanan oleh Allah makanya Rasulullah Shalallahu Wassalam menyampaikan Man salaka thoriqon yaltamisu fihi ilmansyah Allaahu thoriqon Ila Al Jannah siapapun yang memudahkan jalannya hidup di dunia untuk mencari ilmu maka Allah akan memudahkan jalannya nanti untuk mendapatkan surga kata Jalan disebut oleh Allah di dalam hadis ini disebut oleh Rasulullah Dalam hadits ini dua kali Jalan pada penyebutan yang pertama artinya ketika kita berkomitmen untuk mendatangi Majlis ilmu ketika hidup di dunia itu artinya jalan yang disebutkan di dalam hadits tersebut kata jalan yang disebut oleh Rasulullah yang kedua pada disini artinya adalah sebagaimana para ulama menyebutkan adalah syarat maka siapapun yang ingin ditolong oleh Allah ketika melewati shirot jembatan yang mencekam hendaklah dia berupaya betul bagaimana dia selalu mendatangi taman surga karena siapapun yang mendatangi taman surga sampai dia paham tentang pemahaman akhiratnya grafiknya semakin mengerti tentang kehidupan akhiratnya berarti dia adalah orang-orangnya akan dimudahkan untuk mendapatkan surganya Allah semoga ibu-ibu di masjid al-maghfiroh ibu-ibu pencernaan sunnah termasuk orang-orang yang nanti akan dimudahkan ketika melewati jembatan yang sangat mencekam yaitu adalah serat Semoga dengan itu memudahkan kita untuk menapakkan kaki di surga kepada Allah kita bersyukur dan kepada kita menggantungkan segala urusan kehidupan kita hamdulillah pada kesempatan hari ini kita berjumpa di suasana bulan Syawal yaitu setelah kita melewati berbagai macam peristiwa dalam beberapa waktu yang terakhir ini Tentunya saya menasehati diri saya sendiri dan tidak bosan saya menasihati yang diri saya yang begitu lemah dan penuh dengan kesalahan dan menasehati semua yang ada di antara orang-orang yang beriman saya menasehati supaya kita tetap menganggap atau tetap memiliki sebuah komitmen bahwasanya Romadhon itu bukan nama bulan sesungguhnya sejatinya Romadhon itu adalah pola hidup ideal seorang muslim siapapun yang Romadhon nya usaha apapun yang hidupnya sebagaimana di Roma gone Maka itulah orang-orang yang akan dicatat namanya di dalam pintu Arroyan dan sesungguhnya pintu Arroyan akan memanggilnya kelak pada waktu hari akhir Oh makasih apapun yang di bulan Syawal hidupnya gak Romadhon itulah orangnya Insyaallah dipanggil pintu Arroyan siapapun yang dibelanjai kok dia Zulhijjah Muharram sebagaimana pola hidup yang dia jalani ketika Romadhon itulah orang-orang yang akan mendapatkan kenikmatan surga dengan gemericik air yang mengalir di bawahnya karena sekali lagi pola hidup ideal setelah mukmin itu ya Rhoma untuk sebelum subuh melakukan aktivitas dengan mudah tilawah dengan begitu Gampang itulah pola hidup ideal seorang mukmin sebagaimana tercermin ketika dia melewati Romadhon Semoga saya dan seluruh para ummahat dan seluruh kaum muslimin mereka bukan menempatkan Romadhon itu nama bulan semata tapi semoga mereka juga menempatkan penonton adalah pola hidup ideal seorang mukmin dan semoga kita termasuk orang-orang yang telah menjadikan Romadhon pola hidup dalam kehidupan kita apapun bulan yang nanti kita akan datangi semoga di bulan drop ada hidup kita tetap ROM nonton sampai nanti kita di bulan Roman sampai kita nanti di bulan Muharram kitapun pola hidupnya sebagaimana Roma dan kepada Allah kita beribadah dan kepadanya kita meminta pertolongan saya juga baru mendengar dari Ungu AC ini merupakan hewan gajian pertama onlinenya komunitas pecinta sunnah yaitu ummahat di Maghfiroh Pekayon yang mana sebelumnya belum pernah mengadakan kajian online dan baru pada kesempatan hari ini mengadakan kajian online dan pada kesempatan yang perdana bersama dengan anak di hari Rabu karena memang saya secara rutin hari Rabu pekan ketiga mengajar kepada komunitas ummahat hamdulillah moga-moga niatan untuk memulai kajian walaupun secara online ini baru dimulai tapi tidak ada kata terlambat dalam setiap kebaikan yang terpenting tetap istiqomah tetap mengatur dengan cara yang baik dan pastikan bahwasanya kalau Allah menutup satu pintu pastikan kita tidak pernah berhenti untuk mencari pintu-pintu yang sedang dibukakan oleh Allah untuk kita kalau kita tidak bisa gajian secara offline bertemu dengan fisik dengan berhenti terus bagaimana Para pengurus mengadakan upaya untuk membuka pintu-pintu lain yang sedang dibukakan oleh Allah karena gayanya Allah itu secara secara sederhana kita fahami Allah menutup satu pintu oleh itu sedang bukakan pintu-pintu yang lain dan semoga kita termasuk orang yang paham apa yang Allah Sedang mudahkan dan semoga keberkahan kepada para pengurus yang berkomitmen untuk mengadakan kajian online webinar pada kesempatan hari ini secara perdana bagi mereka dan semoga Insya Allah Istiqomah di masa-masa mendatang Sampai kapan kita akan kajian online semacam ini Ustaz nya saya juga tidak tahu Sampai kapan tapi yang jelas tidaklah kesulitan kecuali disertai dengan dua kemudahan tidaklah malam sudah terlalu gelap kecuali Fajar itu akan datang menyingsing Dan tidaklah ketika terik matahari sudah membakar kecuali sore hari yang senja senja yang menyejukkan akan datang menyapa kita berarti sebentar lagi insya Allah kita akan mendapatkan jalan keluar dari setiap masalah yang kita hadapi dalam empat bulan yang terakhir kita akan lanjutkan gajian kita yaitu kajian tafsir yaitu tafsir Imam Ibnu Katsir kita tentunya faham para ulama merekomendasikan kepada setiap para pemula ketika mereka mencari ilmu setidaknya ada tiga rumpun ilmu yang mereka harus ketahui dan mereka harus mengerti rumpun yang pertama bagaimana setiap orang harus belajar tentang aqidah dan tauhid karena aqidah dan tauhid to merupakan bagian dari pokok perkara yang penting yang menunjukkan kepada kita benar dan salahnya kehidupan kita di hadapan Allah ketika ditunjukkan dengan Tauhid tidak mempelajari tauhid ini fatal ini sebagaimana orang yang terjun dalam dunia mekanik tetapi tidak pernah belajar tentang otomotif ini kan bahaya makanya pertama yang paling penting ketika kita belajar yaitu adalah kita harus belajar tauhid karena tauhid itu bukan hanya menjelaskan baik dan buruk tapi menjelaskan yang hak dan yang batil menjelaskan iman dan kufur karena di dalam ranah Islam tidak hanya butuh definisi baik dan buruk Tetapi kita butuh sekali dijelaskan yang benar dan yang salah yang iman dan mana itu yang sirik Karena manusia banyak terjebak kepada terminologi baik dan buruk tapi justru mereka tidak tahu mana yang benar dan mana yang salah dan ini kita kuatir kalau kita tidak belajar tauhid yang benar akhirnya kita cuma terjebak pada terminologi baik dan buruk tapi kita tidak faham mana itu Iman Mana itu sirih dan itu sebuah kesalahan fatal makanya kita harus belajar tauhid halus belajar aqidah Hai harus betul-betul mengerti pokok-pokok yang disepakati para ulama terdahulu tentang pokok keyakinan kita di dalam kita berislam yang kedua yang kita harus pelajari tazkiyatun nafs tazkiyatun nafs ini merupakan metode ilmu atau satu ilmu dengan metode Untuk menyucikan hati kita menyucikan jiwa kita supaya seiring kita belajar tauhid sering kita belajar aqidah hati kita bersih hati kita botol-botol pada kondisi diridhoi oleh Allah karena mengikuti sunnah itu bukan hanya mengikuti sholatnya bukan hanya mengikuti puasanya tapi termasuk di dalam komitmen kita ketika mengikuti sunnah yaitu komitmen kita untuk menempatkan hati dan jiwa kita sesuai dengan posisi yang diridhoi oleh Allah subhanahuwata'ala banyak orang yang belajar lama tetapi hatinya penuh dengan hasad banyak orang yang belajar lama tetapi hatinya tidak sabar banyak orang yang sudah duduk di majelis ilmu secara kurun waktu yang lama ternyata dia suka su'udzon terhadap takdir Allah ini yang kita kuatirkan padahal ibadah kita pada penghambaan kita kepada Allah terbagi menjadi dua ibadah hati dan ibadah lahir dan ibadah hati Maka objek dari ilmu Tazkia ton nafas makanya saya juga merekomendasikan untuk diri saya untuk semuanya supaya kita ini belajar tentang tazkiyatun nafs supaya seiring dengan aqidah yang kita pelajari mengetahui yang baik dan yang mengetahui yang benar dan yang salah maka kita menempah hati kita supaya berada pada pusaran yang diridhoi oleh Allah hati dan jiwa kita yang ketiga yang kita harus mengerti yaitu adalah tentang Tafsir Kenapa topsin ini penting kita belajar jadi ketika kita menjadi pemula di dalam kita mempelajari Islam karena tafsir ini akan membatasi kepada kita mana pemahaman-pemahaman yang harus kita berhati-hati ketika kita mempelajari tafsir mengambil perkataan nyataan para ulama ketika mereka menafsirkan AlQur'an pada setiap ayat yang Allah turunkan di dalam Alquran akan menjadikan kita terjaga supaya pemahaman kita tidak sampai melampaui batasan yang telah disampaikan oleh Rasulullah dan para sahabat makanya orang itu akan belajar tafsir karena ketika kita belajar tafsir bukan hanya membaca ayat tapi kita kembalikan setiap ayat bagaimana maksudnya dan bagaimananya kepada Apa yang dijelaskan Rasulullah Apa yang dijelaskan para sahabat kita akan tahu bagaimana pemahaman yang benar ketika kita mengikuti jejak-jejak tafsir pada setiap ayat yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad karena kesalahan itu terkadang bukan karena tidak pakai dalil kadang-kadang dalilnya ada tetapi tafsir yang dia datangkan ketika memahami ayat itu ternyata topset nya salah karena tidak sesuai dengan apa yang dijelaskan para sahabat nabi dalilnya betul kadang-kadang tampaknya Betul tapi ternyata namanya berantakan inilah yang menjadikan setiap orang memahami mempelajari tafsir itu penting karena imun imunisasi ilmu supaya kita tidak terjebak kepada pemahaman yang menyimpang yaitu pastikan setiap dari kita ketika menjadi pencari ilmu setiap dari kita kalau menjadi tholibul Ilmi harus punya tafsir siapapun yang ngomong tentang ayat kembalikan kepada tafsirnya kembalikan kepada perkataan para ulama terdahulu yang mereka bersambung sanadnya kepada Rasulullah ketika mempelajari tafsirnya itulah nya akan menjaga kita dari segala macam musibah karena musibah agama itu lebih besar daripada musibah dunia dan salah satu musibah agama itu apa yaitu ketika kita terkena pemahaman berlawanan dengan apa yang dipahamkan Rasulullah kepada kita selaku umatnya naudzubillahimindzalik dan itulah yang menjadikan kita mempelajari tafsir sekarang kita belajar tentang surat al-adiyat surat yang ke-100 yang Hai dari 11 ayat surat yang ke-100 maka ini merupakan surat makkiyyah surat yang diturunkan setelah sebelumnya suloh Shallallahu Alaihi Wasallam melaksanakan perjalanan Um perjalanan hijrah ke Madinah ayat ini bercerita tentang kuda perang yaitu bercerita tentang kuda perang sebelum kita membaca satu persatu ayat-ayat yang Allah sampaikan pada setiap ayat pada 11 ayat pada surat al-adiyat maka setidaknya kita pingin mengetahui poin yang pertama poin yang pertama yaitu adalah di sini disebutkan al-adiyat yaitu Allah bersumpah dengan kuda perang yang berlari kencang kita bicara sebentar tentang masalah kosam kenapa Allah bersumpah dengan kuda hai pertama Kenapa Allah bersumpah dengan makhluk ini poin yang pertama kita harus paham dulu kenapa Allah bersumpah dengan makhluk bukan kaulah Itu adalah sang Khalik Kenapa sang Kholik itu bersumpah dengan makhluk-nya maka jawaban yang kita harus pahami Sebenarnya ada beberapa uraian dari pertanyaan itu jawabannya jawaban yang pertama layuzalu ama yaf'alu aku mushallun Allah tidak pernah ditanya tentang apa yang Allah perbuat tapi Kitalah yang ditanya jangan suka nanya-nanya sama Allah kenapa ya Allah engkau bersumpah dengan makhluk bukankah Engkau kedudukannya lebih tinggi karena engkau adalah sang Khalik nya begitu jawabannya yang pertama Allah itu nggak bisa ditanya oleh tidak pernah ditanya tapi Kitalah yang ditanya sama Allah telah pada waktu hari kiamat jangan suka mananya nanya karena orang yang bertanya-tanya tentang sesuatu yang menjadi hak prerogatifnya Allah itu disifati oleh Allah dengan kata butuh sayakulus di paha makanya Allah ketika mendapati ada orang bertanya kenapa kiblatnya kok berubah-rubah dari Baitul Maqdis diarahkan kembali ke Masjidil Haram orang yang suka bertanya-tanya itu oh maka DC Pati oleh Allah sayakulus shofaha Itulah orang-orang yang Xavi orang yang bodoh Makanya kalau kita mendapati tentang hal-hal yang sifatnya sudah menjadi wilayahnya Allah maka sesungguhnya tidak perlu bertanya pada sesuatu yang sudah menjadi wilayahnya Allah hak prerogatifnya Allah karena Allah sebenarnya tidak ditanya tentang apa yang Allah perbuat tetapi Kitalah yang akan ditanya oleh Allah pada waktu di pengadilan kelak hari kiamat di hari mahsyar Itu jawaban yang pertama jawaban yang kedua Kenapa Allah bersumpah dengan makhluk padahal Allah itu menjadi sang Kholik karena Allah ketika bersumpah dengan makhlukNya menunjukkan kepada kita keutamaan Hai yang dijadikan oleh Allah untuk bersumpah dengannya oleh ketika bersumpah dengan waktu Ashar karena keutamaan waktu Ashar Makanya jangan dianggap remeh sebelah mata waktu Ashar itu walau Sri Allah bersumpah dengan waktu Ashar makanya salat ashar Ketika engkau meninggalkan tidak pernah sama dengan engkau meninggalkan sholat dhuhur karena sama-sama dosa besar plus kalau kamu meninggalkan shalat Ashar maka Rosululloh sudah bersabda mantaroka solata laser barcode habitak Maluku siapapun yang sengaja meninggalkan shalat Ashar maka amal kebaikannya pada hari itu dihapuskan oleh Allah anak2 itu sholat asar berarti waktu asalto memiliki kedudukan yang besar memiliki kedudukan yang besar memiliki kedudukan yang agung sampai Allah bersumpah dengan waktu Ashar dan waktu Ashar termasuk salah satu waktu yang cepat dilipat oleh Allah sebagaimana waktu pagi cepat dilipat oleh Allah Coba pagi ini hari ini kita mikir baru saja tadi kita Sebelum subuh Bangun kemudian Tadi kita ke mesjid kemudian duduk berdzikir kemudian kita pergi contohnya tadi saya ke rumah dakwah pagi-pagi kemudian saya pulang sebentar terus kemudian duduk di sini tahu-tahu sudah setengah sepuluh cepet waktu dilipat oleh Allah di waktu pagi makanya Allah memberkahi orang yang diwaktu pagi ketika Allah cepat melipat waktunya ketika mereka berada dalam kebaikan burack all County bukuriha Allah memberkahi 1.com diwaktu baginya sama di waktu Ashar itu juga waktunya cepat makanya orang kalau di waktu Ashar sampai dia berpikir Setia berdoa lalu dia mengilhamkan dan konsisten dengan kebaikan di waktu asar berarti sesungguhnya mereka itu berada di dalam kebaikan Allah kalau bersumpah dengan makhluk menunjukkan keutamaan dan keagungan makhluk yang dijadikan Allah bersumpah dengannya Allah bersumpah dengan waktu Ashar Allah bersumpah dengan waktu subuh karena waktu subuh kita atau merupakan waktu yang utama sampai salat yang disaksikan dua malaikat sekaligus adalah waktu subuh makanya malaikat malam sebelum dia balik menuju kepada Allah dan Malaikat siang yang baru turun menggantikan malaikat malam mereka bertemunya diwaktu shalat subuh Makanya shalat subuh itu disaksikan dua malaikat dari malaikat-malaikat dan Malaikat siang Makanya kalau kita menghadiri rumah-rumahnya Allah diwaktu subuh memiliki keutamaan yang besar makanya anak-anak itu kalau bisa dihadirkan pada waktu subuhnya di masjid sebagaimana itulah yang dilakukan punya Imam Ahmad yang selalu memandikan Imam Ahmad Jauh sebelum subuh itu datang menggendong Imam Ahmad kecil dan belia dari rumah menuju ke mesjid dan mendudukkannya di mesjid dan ternyata segala ikhtiar yang dilakukan oleh ibunya Imam Ahmad berujung manis yaitu ketika putranya Imam Ahmad menjadi ulama besar yang disebut dengan ulama atau Imam Ahlussunnah Wal Jamaah dengan satu juta hadits yang beliau hafal itu waktu bagi Allah bersumpah dengan waktu bagi Allah bersumpah dengan waktu Dhuha nah ini waktu ha Allah juga menunjukkan keutamaan waktu Dhuha yang Allah bersumpah dengan jiwa yang kemudian membersihkan Kenapa Allah bersumpah dengan jiwa Karena siapapun yang jiwanya bersih batin yang bersih maka sesungguhnya dia selalu akan berada pada keberuntungan ketika jiwa kita bersih sampai Allah bersumpah 11 kali 11 cair pada orang yang membersihkan hatinya kota Praha menggosok mahkota Fulham mengucap KH Wah kemudian mengatakan telah beruntung orang yang senantiasa membersihkan hatinya dan jiwanya semua makhluk yang hakekatnya dijadikan oleh Allah menjadi sumpahnya yang bersanding dengan nama makhluk-makhluk itu maka sesungguhnya menunjukkan keutamaan pada perkara-perkara itu supaya mendapatkan perhatian dari kita selaku hamba yang beriman jadi kalau kita mendapati contoh analogi sederhananya kalau kita mendapati ada orang demi Allah Ya sudah bersumpah Biasanya kita langsung tersentak karena omongan kalau sudah mendatangkan kosam omongan kalau sudah mendatangkan sumpah mendapatkan perhatian lebih dari orang yang menjadi objek bicara sama Allah itu ketik Kita bersumpah dengan makhluk Allah bersumpah dengan waktu tuh Allah bersumpah dengan waktu Ashar Allah bersumpah dengan waktu subuh Allah bersumpah dengan mereka yang membersihkan hatinya dan jiwanya sebagaimana hati dan jiwa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW mandi wasallam supaya ketika Allah bersumpah dengan itu setiap orang itu langsung terbelalak norang itu langsung membangkitkan perasaannya langsung penasaran dengan apa yang Allah bersumpah dengannya supaya mendapatkan perhatian dari kita sampai Allah bersumpah itu berarti ndak main-main makanya sampai Allah bersumpah dengan waktu Ashar karena memang waktu Ashar itu tidak remeh oleh bersumpah dengan waktu subuh karena memang waktu subuh itu tidak remeh Allah bersumpah dengan orang yang membersihkan hatinya dan jiwanya kota Praha mencegah memang orang yang membersihkan jiwanya itu tidak remeh Allah bersumpah dengan kuda perang itupun Juga sesuatu yang sifatnya tidak remeh semua yang dijadikan sandaran oleh Allah ketika loh berkosan sampai merampau berkosan dengan nama makhluk-nya maka bukan menunjukkan bahwasanya makhluk itu lebih utama daripada Allah ta'ala Bukan tapi menunjukkan keutamaan dan Allah menekankan dengan bersumpah dengan karena mana makhlukNya supaya mendapatkan perhatian dan keseriusan kita selaku Manusia itulah jawabannya kita berikan jadi Allah itu maha berkehendak atas apapun yang Allah perbuat yang kedua Kenapa Allah bersumpah dengan makhluk sampai kita membaca Wal adiyati yaitu Allah bersumpah dengan udah perang Kenapa kuda Bukankah cuma kuda bukan cuma kuda tapi pasti ada sesuatu yang Allah pingin memahamkan kepada kita tentang udah sampai Allah bersumpah dengan kuda perang Surabaya Kita paham dan kita mengetahuinya setelah kita paham tentang masalah kosan bagi Allah sekarang kita bahas tentang kosam lah manusia boleh nggak bersumpah dengan makhluk maka sesungguhnya manusia itu tidak boleh bersumpah dengan makhluk Karena pada dasarnya manusia juga makhluk karena apa kita itu tidak diperbolehkan bersumpah dengan makhluk karena Sumpah itu kontennya di dalamnya itu pasti ada pengagungan dan siapapun manusia yang mengagungkan sesuatu pada makhluk selain Allah maka itu bisa termasuk Syirik bisa menjadi Syirik kecil bisa menjadi Syirik besar seri kecil Kalau hanya mengagumkan tetapi tidak meyakini bahwasanya apa yang diagungkan itu bisa memberi manfaat dan menahan motor tapi bisa menjadi Syirik besar kalau ada seorang makhluk bersumpah dengan makhluk lalu menganggap makhluk yang dia bersumpah itu bisa mendatangkan manfaat dan motret persis selayaknya of Allah ketika bisa memberi manfaat dan mengatur itu Syirik besar Apa bedanya Syirik besar dengan Syirik kecil Ustad bedanya ada beberapa item Syirik besar mengeluarkan seseorang dari agama Allah jadi kecil tidak mengeluarkan seseorang dari agama Allah Syirik besar itu membatalkan semua kebaikan Syirik kecil hanya membatalkan amal yang terselip dengan Syirik kecil itu Syirik besar mengekalkan pelakunya didalam neraka Syirik kecil tidak mengekalkan pelakunya didalam neraka tapi walaupun Syirik kecil itu tetap Syirik Dan tidaklah sesuatu yang besar kecuali kumpulan dari sesuatu yang kecil maka kemudian makhluk tidak boleh bersumpah dengan nama makhluk karena kita sebagai seorang muslim hanya diperbolehkan secara hukum untuk bersumpah Dengan nama Allah semata dan tidak boleh bersumpah dengan nama selain Allah tidak boleh dengan Nabi Adam tidak boleh dengan Nabi Nuh tidak boleh dengan Nabi Musa tidak boleh dengan Rasulullah walaupun semua nama-nama yang tadi saya Sebutkan adalah orang-orang yang mendapatkan kedudukan istimewa di sisi Allah Betul tapi tetap kita tidak diperbolehkan untuk bersumpah dengan nama makhluk karena dalam setiap kosam dan setiap sumpah ada pengagungan dan pengakuan itu hanya diberikan kepada Allah dalam tauhid dan akidah seorang muslim Boleh nggak saya bersumpah dengan nama Rasulullah demi Rasulullah walaupun kita mencintai Rasul ah orang yang paling kita cintai setelah kita mencintai Allah betul walaupun kita mencintai Rasulullah tapi kita tidak boleh bersumpah dengan nama Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Kalaupun kita bersumpah Dengan nama Allah itupun melalui beberapa lafadz-lafadz yang pertama dengan Wow Loji Billahi taulo high demi Allah wallahi Billahi Allah Maka itulah kemudian ketika kita bersumpah dengan huruf-huruf kosam namanya huruf-huruf yang dijadikan menjadi huruf sumpah barulah itu menjadi sumpah makanya hati-hati sekali lagi tidak diperbolehkan bagi seorang muslim terutama mereka yang sudah menjadi penonton ilmu untuk bersumpah dengan nama dengan makhluk makanya Abdullah bin Mas'ud sampai berkata pada salah satu perkataan beliau Sesungguhnya Aku bersumpah Dengan nama Allah wa so pun aku tidak penuhi Sumpah itu bagiku itu lebih ringan daripada Aku bersumpah dengan nama selain Allah walaupun aku tepati Sumpah itu seorang kembali seolah kembali bagi Abdullah bin Mas'ud sampai berkata Sesungguhnya Aku bersumpah Dengan nama Allah yang tidak aku tepati itu bagiku lebih ringan bagiku lebih ringan daripada Aku bersumpah dengan nama selain Allah walaupun aku tepati Sumpah itu bukan berarti mengajak berikan kepada kita satu menggampangkan sumpah dengan Allah lalu tidak menepati dan bukan menjadikan kita akhirnya menggampangkan Kalau bersumpah Dengan nama Allah dengan nama selain Allah Tapi perkataan Abdullah bin Mas'ud menjelaskan kepada kita kalau engkau sudah pingin bersumpah pingin menegaskan kepada lawan bicaramu objek pembicaraan mukamu pingin menekankan apa yang saya sampaikan jangan sekali-kali Mbah Kecuali Kamu bersumpah Dengan nama Allah dan sesungguhnya dosa ketika kita bersumpah Dengan nama Allah lalu tidak memenuhi sumpah kita dosanya itu lebih ringan daripada kamu bersumpah dengan nama selain Allah walaupun kamu tepati Sumpah itu hal ini menunjukkan betapa besarnya kedudukan Sumpah Di dalam Islam Kenapa kok sumpah masuk dalam pembahasan tauhid Ustadz Kenapa sumpah masuk dalam pembahasan aqidah kok gak masuk pembahasan fiqih sebenarnya kosam itu masuk pembahasan fiqih tapi sebenarnya dia masuk pada pembahasan aqidah Kenapa karena kalau orang sudah bersumpah berarti menonjolkan pengagungan kepada Apa yang dijadikan dia untuk bersumpah dan pengagungan itu bahasa aqidah Pengakuan itu bahasa pahit dan itulah yang menjadikan seorang muslim betul-betul wanti-wanti botol-botol dikondisikan untuk waspada Sumpah itu hanya betul-betul kepada Allah semata dan tidak boleh dijadikan sumpah kepada selain Allah karena siapapun yang bersumpah kepada selain Allah kerusakan dari dosa dan kemaksiatan yang sangat besar makanya betah dengan tema aswet dengan tanda jari sumpah where kalau saya dulu waktu kecil Kiting berkata orang Jawa semua teknologi semua kultur kultur itu sebenarnya harus mulai kita tinggalkan kalaupun Kita terpaksa untuk bersumpah maka sesungguhnya janganlah kita bersumpah kecuali dengan nama Allah itu yang kedua poin yang kita harus pahami yang ketiga yang kita harus pahami sebelum masuk dalam pembahasan tafsir jangan sekali-kali untuk mudah bersumpah Hai orang yang gampang bersumpah itu adalah ciri khasnya orang munafik itu khoi mana bergabung Jun Natal password doang Sabilillah innahum saham akan Uya melulu on orang munafik itu orang yang mereka itu mengambil sumpah untuk memalingkan orang dari jalan Allah itu orang yang bersumpah makanya orang-orang munafik itu orang yang paling cepat mudah bersumpah terutama menutupi kebohongan dan kedustaan iman mereka Ida aja al-munafiqun aqollu nasyithin nakal Rasulullah wallahu ya'lamu innnayah Rasulallah ya jatuhin munafikin Al Ghazali buruan kalau datang kepadamu orang munafiq mereka akan berkata Sesungguhnya kami beriman Sesungguhnya engkau adalah Rasulullah Allah tahu bahwasanya Muhammad itu Rasulullah dan Allah menyaksikan orang munafik itu berdusta dan orang munafik itu kalau berdusta mereka menutup dengan sumpah tonton nih banyak orang karena kadang-kadang yang saya baca di dalam kitab-kitab dan kadang orang kalau di dalam hatinya ada zindiq benci sama syariat mereka akan ngomong saat itu begini begini begini begini ujung-ujungnya diakhir pembicaraan dan narasi yang dia sudah buat ketika habis mendiskreditkan Islam ujungnya akan berkata demi allah ya walaupun saya ngomong kayak gini sini tetap muslim nih nah I kampang tersumpah walaupun kemudian didalam hatinya mendustakan Allah dia mendustakan Allah dia mendustakan Rasulullah tapi dia nanti akan berkata Shahih Muslim gitu kadang-kadang kita jumpa ya naudzubillahi mindzalik Nah ini supaya kita waspada banyak orang tuh kadang-kadang membuat narasi dibumbui dengan berbagai macam hal ilmiah sifat dari semua narasi yang dia bangun untuk mendiskreditkan tentang syariat Allah untuk mendiskreditkan tentang apa yang pernah disabdakan Rasul Setelah dikritisi semua ayat-ayat Allah dan hadits-hadits Rasulullah ujung-ujungnya dia akan santai berkata di akhir narasi yang baru dia buat ketika dipublish walaupun saya kayak gini sini muslim sebenarnya Jangan salah sangka lo ini muslim selalu begitu Demi Allah Yasa ini seorang muslim Hai maka disitulah kita akhirnya menjumpai tentang sebuah perkara penting sesungguhnya Jangan mudah bersumpah karena siapapun manusia yang seru yang kemudian dia kulturnya gampang bersumpah dia menyerupai dengan gaya kehidupan orang munafik gimana orang munafik itu motornya ke mangtok bersumpah tapi orang munafik itu ketika bersumpah yaitu sumpahnya mereka untuk menutupi kebohongan dan kedustaan iman pada kondisi hati dan jiwa mereka yang sama ekologi tak kita sebagai seorang muslim pun Selayaknya Untuk tidak banyak bersumpah jangan dikit-dikit bersumpah apalagi pada sesuatu yang sifatnya remeh sesuatunya sifatnya recehan sesuatu yang sifatnya temeh jangan gampang bersumpah kadang-kadang suami-istri berbicara ketika saling menyelidik jangan cepet-cepet bersumpah di jalan suami istri baru diperjalanan udah ditutup belum pintunya sudah demi Allah yang nutup pintu aja bersumpah Dengan nama Allah ya buat apa dan jangan Hai dan jangan suka kemudian bagi kita dan jangan suka bagi kita untuk meminta sumpah dari orang lain Hai ini termasuk hal yang harusnya kita jaga betul janganlah menjadi laki-laki janganlah menjadi seorang wanita dimana seorang laki-laki itu kemudian meminta sumpah dari pasangannya Janganlah gampang untuk meminta sumpah dari teman dan sahabatnya Aku tadi makan mie enggak enggak demi Allah yang cuma makan mie aja harus bersumpah Dengan nama Allah dan itu seharusnya tidak perlu terjadi maka di situlah akhirnya kita memahami sebelum kita membahas tentang tafsir surat Al Adiyat secara detail maka kita fahami dulu tentang hukum yang berkaitan tentang huruf pertama pada surat al-adiyat karena huruf pertama pada surat al-adiyat itu adalah tua WAnya itu bukan mau lantas bukan wow yang artinya dan tapi huruf pertama pada surat Al Hajj yang artinya walk Adya tuh Edward biyati dop ha yaitu adalah huruf kosam huruf sumpah dimana kalau sudah ada kata sumpah setidaknya ada tiga poin yang harus kita pelajari satu Allah bersumpah dengan makhluk Kenapa Allah bersumpah dengan makhluk karena pada hakekatnya Allah berkehendak dan Allah tidak berhak ditanya dan Allah Maha berkehendak tentang apa yang telah berbuat dua kita tidak diperbolehkan kau bersumpah dengan nama makhluk karena sesungguhnya siapapun yang bersumpah dengan nama makhluk maka sesungguhnya jatuh di dalam kekufuran cukuplah apa yang disampaikan Abdullah bin Mas'ud menjadi renungan buat kita Aku bersumpah Dengan nama Allah tapi aku tidak penuhi itu lebih ringan dosanya daripada Aku bersumpah dengan nama selain Allah walaupun aku penuhi Sumpah itu dan yang ketiga yaitu adalah jangan gampang bersumpah dan jangan gampang meminta sumpah dari saudaramu Hai kalau orang sudah bersumpah Ustad maka hukum yg orang secara dhohirnya kalau dia berbohong itu antara dia dengan Allah dan itu masalah besar hati-hati orang yang sudah bersumpah Dengan nama Allah lalu dia berbohong dan di baru setelah kita telah menyertakan Allah dalam setiap kedustaan kalau sampai orang sudah berdusta atas nama Allah subhanahu wa ta'ala dan itu tidak harinya Hai mayaalv itu Menthol inilah lahir Oakley pun edit tidaklah satu ucapan yang keluar kecuali akan disaksikan oleh para malaikat Raqib dan Atid untuk menjadi saksi atas apa yang telah kita ucapkan long sudah bersumpah demi Allah demi Allah demi Allah demi Allah sudah makanya orang kalau sudah bersumpah Dengan nama Allah maka Cukuplah kita memegang ucapan itu Kalaupun dia sudah berdusta Allah yang akan memberikan pelajaran atas apa yang dia dustakan ketika berani mendatangkan nama Allah dalam Gusta yang dia sampaikan makanya sampai kita mengenal perkataan dari Nabi Isa Nabi Isa itu beliau Nabi Isa itu pernah berkata kalau ada orang yang sudah bersumpah Dengan nama Allah aku dustakan mataku Hai aku dustakan mata walaupun hari ini kita tentunya sedia kita berada pada zaman ketika para pembohong pembohong itu dipuja pembohong pembohong itu yang Pendusta Pendusta itu diangkat dan dimuliakan dengan kedustaan kedustaannya maka sesungguhnya mereka tidak akan pernah beruntung berhadapan dengan Allah ketika mereka sudah bersumpah dengan nama selain Allah teks ketika mereka sudah bersumpah dan bersoda Dengan nama Allah ketika mereka Sebutkan daringan itu ya jangan sampai kita mempermainkan nama Allah dalam ucapan kita jangan bersumpah dengan sesuatu yang selain dari Allah janganlah kita kemudian bersumpah atas nama Allah Subhana lu kemudian kita meremehkan Sumpah itu tuh hai hai Hai itu yang kemudian kita apaan nih sekarang mereka kemudian kita membahas ayat yang pertama walau adiyati dobha dan demi kuda perang yang berlari kencang dengan Tengah ini menunjukkan bahwasanya yang disebutkan oleh Allah di dalam ayat ini bukan sembarangan kuda tetapi Allah sebutkan di dalam pembahasan ayat ini adalah kuda perang yaitu tidak semua Kuda itu mendapatkan kedudukan istimewa di sisi allah subhanahu wa ta'ala Memang betul Kuda itu binatang yang Gesit lincah tangguh menjelajah dalam berbagai macam permukaan diatas muka bumi karena penciptaan Kuda itu memiliki keistimewaan dan beban yang Allah tidak bebankan kepada hewan-hewan yang lainnya beban yang dipikul oleh Kuda itu tidak sama dengan beban yang dipikul oleh kucing bentuknya kita Farm Hai beban yang Allah bebankan dan Allah pikulkan kepada kuda terutama kuda perang itu tidak sama dengan beban yang Allah pikulkan kepada burung semua makhluk tentunya sama Allah yang menciptakan tapi ada beberapa makhluk yang Allah lebihkan dengan beban-beban yang Allah pikulkan kepada mereka Terutama ketika hewan-hewan itu dimiliki oleh orang yang beriman untuk menunjang kebaikan orang beriman ketika memiliki hewan-hewan Istimewa Itu makanya Allah ketika bersama di sini Wal adiyati dobha yaitu adalah dengan kuda perang yang tengah berarti Allah bersumpah nya dengan kuda perang dan kuda perang tidak sama dengan kuda Wisata Kuda perang itu tidak sama dengan kode hias kuda perang tidak sama dengan kuda piaraan yang hanya kita pelihara untuk kesenangan semata tapi yang dimaksudkan oleh Allah sampai Allah bersumpah karena keutamaan yang dimiliki yaitu adalah Wal Adiyat Wallace yaitu kuda perang yang nah ini merupakan salah satu tanda keberkahan hidup saya seorang mukmin yaitu adalah ketika mereka telah ketika mereka memiliki kuda perang yang Gesit lincah karena beban yang Allah bebankan kepada kuda perang ketika mereka membantu menegakkan kalimat Allah Makanya kalau ada seorang muslim dalam hidupnya kok tidak ikut serta menegakkan agama Allah berarti dia lebih buruk daripada penciptaan kuda karena kuda pun Allah ciptakan Kuda itu dalam kondisi mereka itu membantu agama Allah malu kepada setiap muslim yang hari ini sudah ngaji tetapi tidak pernah peduli tentang agama Allah tidak pernah mengambil peran untuk kemudian memenangkan agama Allah tidak pernah mengambil posisi ketika mereka tidak berjalan menuju kepada Allah karena apa Karena sesungguhnya mereka berarti lebih buruk dalam hidupnya daripada Fitrah penciptaan kuda perang ketika Allah ciptakan kuda perang untuk memikul beban berat agama ini karena sesungguhnya banyak buminya akhirnya mengenal tentang olah disebabkan kuda-kuda yang tertambat ketika mereka berlari kencang Tengah tidaklah ditaklukkannya Mesir kecuali salah satunya karena kuda-kuda perang yang Kemudian ditambahkan oleh Amru bin as sampai ke Mesir dan memenangkan peperangan melawan Romawi di Mesir tidaklah kemudian tersebarnya Islam diaman tidaklah tersebarnya Islam di banyak tempat membebaskan segala macam ke-25 di atas muka bumi kecuali salah satu kontributor kemenangan agama Allah di atas muka bumi itu karena kuda perang kuda perang yang tertambat sampai Allah bersumpah dengan kuda perang itu di masa oleh makanya Betul kata Rasulullah Shalallahu Wassalam albarokatu Chairul makanya Rasulullah melibatkan dalam Hadits Riwayat Bukhari Barokah itu terletak pada ubun-ubunnya di dalam Hadits Riwayat Bukhari dan diperkuat dalam Hadits Riwayat Muslim dan Imam an-nasa'i maka sesungguhnya Barokah itu kata Rosululloh albarokatu Vietnam akhsa solonya Barokah kehidupan agama ini terletak kepada ubun-ubun kuda-kuda yang mana kuda-kuda itu melesat dan Bahkan mereka tidak memiliki rasa takut untuk menerjang musuh-musuh Allah kuda dilatih dikondisikan ketika mereka les ketika mereka kemudian melesat ketika mereka menjadi binatang yang the seed lincah tangguh maka sesungguhnya dia melesat dan tidak ada ketakutan mereka di hadapan musuh-musuh Allah berapa ribu orang yang sudah diterjang oleh kuda-kuda perang semasa dalam sejarah Islam berapa ratus ribu orang-orang yang mereka benci sama agama Allah itu ketakutan ketika mereka melihat kuda-kuda perang yang ditambatkan oleh orang-orang Mukmin ketika mereka itu menaiki kuda kuda itu makanya kuda dalam Islam itu bukan satu makhluk biasa Hai tapi Kuda itu memiliki keistimewaan yang tidak pernah sama dengan kuda-kuda yang lainnya makanya sampai Allah itu berlebihan manual ediati Bab udah itu Hai makanya Kuda itu kalau dimiliki oleh seorang muslim udah itu beruntung betul karena hewan itu kalau dimiliki seorang muslim selalu berujung kepada kebaikan-kebaikan dan tidak pernah bersifat untuk menggali my Hatta sampai seekor anjing pun sekalipun telah dimiliki oleh seorang muslim maka anjing pun kemudian akan mendatangkan kebaikan atau seorang muslim yang lainnya karena apa karena apapun yang dimiliki sama orang yang beriman kepada Allah itu pasti akan mendatangkan kebaikan seluruh para sahabat yang mereka diberikan kelapangan harta mereka itu memiliki Kuda itu para sahabat nabi siapa seorang sahabat yang paling piawai ketika berkuda saat bin Abi waqqash salah satunya Hai kemampuannya luar biasa di dalam berkuda dan rata-rata para sahabat itu mereka selalu berkuda mereka berkuda dan mereka memiliki kuda karena mereka mengimani apa yang disampaikan oleh Rasulullah albarokatu vinavince file sesungguhnya berkah itu pada ubun-ubun kuda itu ini sekaligus ini menyentil saya ingin negur sini Saya belum punya kuda Kapan kita punya kuda ini sebenarnya ibu-ibu juga harus ngomong sama suami api Ayo kapan kita punya kuda dan termasuk salah satu diantara keberkahan yang tadi saya Sebutkan dalam masalah kuda kita juga belajar bahwasanya berkuda itu merupakan salah satu diantara olahraga sunnah yang harus kita ajarkan kepada putra-putra kita ada tiga macam olahraga yang harus kita ajarkan kepada anak-anak kita berkuda memanah dan kemudian berenang jangan sampai bapaknya ndak bisa berenang bapaknya Anda bisa mana bapaknya ndak bisa berkuda Lah terus anaknya Bagaimana makanya bismillah sampai kemudian kita menjumpai pada perkara ini menunjukkan keutamaan untuk memiliki kuda barangsiapa yang memiliki kuda dengan niatan bahwasanya kuda-kuda ini akan bermanfaat untuk membantu agama Allah berarti dia mendapatkan keberkahan dia mendapatkan nilai pahala dia mendapatkan nilai kebaikan dalam setiap apa yang dirawat dari kuda-kuda yang dia miliki makanya Masya Allah saya terus terang kagum sama para Ustadz yang mereka hari ini sudah diberikan kemampuan untuk bisa berkuda dengan luar biasa dan Saya mengakui saya termasuk orang yang belum bisa Bermuda tapi moga-moga ilmu ini memberikan kepada kita sebuah nasehat kebaikan untuk kita Wal adiyati dobha Sesungguhnya Allah itu bersama bahwasanya Kuda itu termasuk salah satu hal yang istimewa binatang Istimewa karena beban pikul yang Allah berikan kepada kuda tidak sama dengan beban pikul kewajiban yang Allah berikan kepada hewan-hewan yang lainnya Oh ya makanya sampai awal Sebutkan bukan hanya dalam satu ayat tali dalam beberapa ayat kita juga membaca pada surat al-anfal ayat 60 way to love mastatho'tum yang kuat iwami ribathul khail dan persiapkanlah untuk menghadapi orang-orang yang mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan kekuatan apa saja yang kamu miliki walaupun dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang ini menunjukkan kepada kita bahwasanya kuda-kuda itu disebutkan oleh Allah selalu beriringan dengan kata perjuangan jadi kalau Allah menyebut kata perjuangan Allah kalau menyebutkan kata jihad itu selalu beriringan dengan kata-kata kuda sebagaimana Allah sebutkan di dalam surat al-anfal ayat 60 Rasulullah Dalam riwayat yang lainnya dari Al dari urwah albariqi mengatakan sesungguhnya alkohol maupun Vina wasyiat mahal ajru hazrul magnam Rasulullah mengatakan kebaikan itu kepada ubun-ubun kuda hingga hari kiamat pahalanya tetap Allah berikan di kelak di akhirat dan conima itu Allah berikan ini menunjukkan keutamaan yang besar pada kuda dimana Kuda itu memiliki filosof bahwasanya keberadaannya ketika mereka telah dididik maka mereka itu akan mendatangkan manfaat untuk agama Allah sekali lagi kalau boleh kita sampaikan apa filosof seorang mukmin Kalau boleh mengambil itu dariku dari hewan n jadikanlah dirimu selayak kuda yang tidak pernah gentar tidak pernah takut menghadapi apapun yang ada dihadapannya dan mereka adalah orang yang ikut membantu agama Allah walaupun mereka tidak dikenal oleh manusia namanya satu persatu Hai Makanya kalau ada seorang muslim Sekali lagi saya sampaikan saya pertegas ada seorang muslim hidup kok mereka tidak ikut berjuang untuk membantu menegakkan agama Allah tidak perduli ketika agama Allah direndahkan tidak peduli ketika agama Allah dikoyak-koyak dan dipadamkan cahayanya Hai makan nilai hidupnya lebih buruk dan lebih rendah daripada nilai kuda yang dia mengerti Kalau dia mendapatkan majikan orang yang beriman Kuda itu akan berada di medan perang dan Kuda itu tidak pernah kuatir dan takut untuk menajam siapapun yang berusaha memadamkan agama Allah yang telah tentang udah Makanya Allah sampai menyampaikan Wal adiyati dobha falmuriyati kota falmughiiraati syubhat pasar nabi hina fawasatna bihi jamaah demi kuda perang yang berlari kencang dengan Tengah makanya masalah ya orang yang mereka ikut berjuang di jalan Allah itu baru kudanya saja sudah disebut oleh Allah kemuliaannya apalagi seorang manusia yang mereka itu sampai berjuang dijalan Allah Hai kalau kuda yang berlari kencang terengah-engah di dalam peperangan ketika mereka membantu agama Allah dipuji oleh Allah disebutkan dalam surat An Naziat apalagi seorang muslim yang mereka ikut Tengah ketika mereka membantu agama Allah Hai itu pasti kemuliaannya besar gitu dan pastilah mereka menempati posisi yang paling dekat dengan para nabi dan para rasul makanya sampai para ulama terdahulu berkata tidak ada derajat yang paling dekat dengan derajat kenabian kecuali adalah orang-orang yang mereka ditakdirkan mati syahid Dalam Peperangan Dan tidak ada niat yang mereka miliki kecuali adalah Allah semata makanya Masya Allah maka falmughiiraati syubhat udah itu Mencetuskan api dengan pukulan artinya kuku-kukunya itu betul-betul tertambat di dalam tanah tanah jihad ketika mereka membantu agama Allah mungkin ada yang bertanya Rasulullah punya kuda Ustad semua Rasul Opponya udah sebagian besar para sahabat memiliki nyampe kemudian vassar nabihi napam lalu kemudian kuda-kuda itu di luar biasa menyerang fawasatna bihi jamaah maka dia kemudian menerbangkan debu lalu kemudian dia menyerang dengan tiba-tiba Fauzan nabi-nabi wawasan nabi hijamah dan Mereka menerbangkan debu dan mereka menerjang kepada kumpulan musuh-musuh maka itu menunjukkan bahwasanya udah itu memiliki keistimewaan yang luar biasa makanya sampai debu-debu jihad yang mereka injak itu kemudian menjadikan mereka diabadikan oleh Allah sampai Allah kemudian menceritakan bahwasanya ketika langkah kaki Kuda itu menerbangkan Debu Debu Debu yang beterbangan itulah yang mengangkat kedudukan mereka di sisi Allah Itulah Hai itulah Hai kayaknya masalah ya apalagi seorang muslim yang apabila kakinya berlumuran dengan debu-debu jihad itu selama dia melakukan itu karena Allah maka debu-debu yang menempel pada setiap kaki mereka yang berjuang di jalan Allah debu-debu Itulah yang akan memadamkan api neraka bisa jadi ada orang yang begitu mulia di hadapan Allah tapi belum tentu belum ke ambil jadi ada orang Mulia dihadapan manusia belum tentu dia mulia di hadapan Allah tapi bisa jadi ada orang yang tidak dikenal mungkin rambutnya acak-acakan mungkin kakinya berdebu tetapi didalam debu-debu perjuangan maka sesungguhnya itulah yang akan memadamkan nerakanya Allah kelak pada waktu hari kiamat itulah dahsyatnya memiliki kuda di dalam Islam makanya memiliki kuda termasuk diantara bagian sunnah dan Allah bersumpah sampai 5 ayat pada surat al-adiyat menunjukkan keutamaan dan kemuliaan serta keberkahan yang besar pada kuda itu Wal adiyati dobha falmuriyati kota falmughiiraati Subhan yaitu adalah menyerang diwaktu pagi pasar nabi Hinata Audia menerbangkan debu wawasan nabi hijamah lalu kemudian dia menyerang ke tengah-tengah musuh tanpa rasa takut itulah kuda makanya sampai Allah bersumpah dengan kuda ini inilah yang menunjukkan kepada kita tentang softball Club 5 ayat yang pertama memberikan kepada kita tentang Software pelajaran besar satu bahwasanya udah menempati kedudukan yang besar di sisi Allah karena Allah beban dan kewajiban kepada kuda yang Allah tidak beban kewajiban itu kepada hewan-hewan yang lainnya walau tidak bebankan kewajiban itu kepada kura-kura kepada ikan kepada kucing kepada tupai tapi Allah bebankan Kuda itu kewajiban besar yaitu ketika mereka telah dimiliki oleh seorang muslim maka kuda-kuda itu akan dilatih untuk memenangkan dan ikut berjuang Hai dan kuda-kuda itu menempati posisi-posisi Mulia kaki-kaki mereka yang berkuda itu ketika menerbangkan debu mengangkat kedudukan mereka di sisi allah subhanahu wa ta'ala makanya kuda termasuk salah satu hewan yang nanti dihidupkan kembali di surga dalam satu riwayat Muslim Ketika ada seorang sahabat bertanya ya Rasulullah Apakah nanti di surga ada kuda Rasulullah berkata Nam balla betul di surga itu ada kuda Cuma bedanya kuda di dunia dengan kuda di surga godaddy surga itu mereka memiliki sayap yang akan memindahkan kamu dari sudut surga ke sudut-sudut berikutnya dari satu tempat ke tempat tempat yang lainnya yang kedua yang disitulah kita fahami filosof seorang mukmin tuh harusnya sebagaimana kuda dimana barokahnya itu tergantung sebagaimana barokah kita itu tergantung pada ubun-ubun kuda berarti seorang mukmin itu filosofinya sebagaimana kuda berjuang untuk membantu agama Allah membantu untuk menegakkan agamanya lalu Laura untuk memadamkan agama Allah maka siapapun yang mereka memiliki konsep hidup yang semacam ini maka merekalah orang yang akan mendapatkan kedudukan di sisi Allah kuda saja yang haq yang pada hakekatnya tidak terkena beban hukum tapi ketika mereka maju terdepan di Medan peperangan tanpa rasa takut dan meregang Muso sampai Allah abadikan di dalam Quran Bagaimana dengan seorang muslim yang mereka di front terdepan ketika mereka menahan dari musuh-musuhnya Allah kemudian yang ketiga yang kita dapatkan debu debu yang diterbangkan oleh kuda ketika di Medan jihad itu mengangkat derajat mereka di sisi Allah dan itulah menjadikan kita akhirnya mau hormati kuda ketika Kuda itu dipakai sebagai kuda berperang dan kita harus mewariskan salah satu diantara tak diisi sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah maka ajarkanlah kepada anak-anakmu tiga peperangan tiga hal berkuda memanah dan kemudian berenang dan semoga termasuk orang yang mampu menghancurkan itu kepada anak-anak kita dan kita disunnahkan pula Wanto memiliki kuda Doakan kita punya rezeki kita nanti bisa memiliki kuda berlatih kuda dengan para santri Insyaallah dan mungkin berbeda juga bersama dengan masa Thomas atau siap berkuda Insya Allah moga-moga kudanya tidak terlalu penting Insya Allah dari itu satu sampai akhir yang kini ayat yang ke-6 ini link sana lirobbi hilangkan Hai sesungguhnya manusia itu sangat tinggal dan tidak berterima kasih kepada robbnya ini artinya apa Inilah yang akan kita bahas pada pertemuan kita selanjutnya Insyaallah Barakallah fikum kita baru membahas 1-5 yaitu tentang surat al-adiyat kuda perang yang berlari kencang Semoga Allah senantiasa memberikan kepada kita kebaikan dalam segala ilmu yang kita peroleh dan semoga Allah memberikan petunjuk kepada kita dan Saya mengakui bahwasanya memang saya belum memiliki kuda dan saya juga belum terampil untuk naik kuda tapi pembahasan surat al-adiyat pada hari ini memberikan kepada saya pencerahan diingatkan kembali telah ilmu itulah barokahnya ngajar kadang-kadang kita menasihati diri kita sendiri sebenarnya dari apa yang belum kita lakukan Semoga kita semuanya nanti diberikan keberkahan memiliki kuda karena Rasulullah mengatakan albarokatu Vina wasil hair final hasil-hasil sesungguhnya berkah itu Hai tergantung pada ubun-ubun kuda Semoga kita memiliki kuda yang kita pegang ubun-ubunnya itulah tanda keberkahan sebagai seorang muslim Olla a'lam bishowab ini yang kita saya sampaikan pada kesempatan hari ini Semoga Allah merahmati dan memberkahi atas apa yang kita gaji dalam kajian tafsir kita Insya Allah dan semoga kita akan bertemu kembali dalam kajian tafsir berikutnya bersama dengan ummahat pencinta sunnah di masjid al-maghfiroh Pekayon senang sekali berjumpa walaupun secara online dan semoga Allah segera pertemukan kita dalam kebaikan Kalaupun kita tidak bersua secara offline moga-moga selalu ada kebaikan dalam setiap sekat yang sedang menghalangi kita untuk berjumpa dan bersua ini ada Pak saya sampaikan selebihnya saya serahkan kepada Mas Sapto untuk memimpin acara selanjutnya I love you