Sabtu, Desember 25, 2021

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Merajut Kasih Untuk Generasi Qur'an ini Umi Mimi ambil dari Youtube Abdul Somad, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Merajut Kasih Untuk Generasi Qur'an ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Merajut Kasih Untuk Generasi Qur'an

MERAJUT KASIH UNTUK GENERASI QUR'AN แดดแดฐ | BENGKALIS - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

Bismillahirohmanirohim Halo assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh anak raja pergi menyelam pergi menyelam menangkap ikan mendengar Ucapan salam nampaknya muncul belum makan Hai Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil anbiya wal mursalin Sayyidina wa Maulana Muhammadin wa'alaa aalihii wa shahbihii wa mandang bidang worth wash dan lebih sunati Hai ilymh Semalam saya dari Dumai langsung ke kampung Jawa Sungai pakning Hai seller lah itu dibawa pulang ke SDIT SMPIT Wisuda Tahfidz quran masih di sungai pakning malam tadi pula ulang tahun desa batang duku setelah itu menyebrang lagu Pulau Bengkalis pagi tadi di masjid al-istiqamah lalu kemudian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Islam menggali setelah itu makan siang bersama Pak Kapolres diberi beliau Laksamana mengamuk Hai Laksmana tuh mengamuk saya tidur Hai begitu saya buka mata sampailah saya ke sebuah tempat Oh Iyong sulit saya untuk menggambarkannya Hai saya Buka handphone saya selalu kalau saya suara di satu tempat saya Buka handphone saya buka Google Earth untuk mengetahui posisi saya sedang di mana sekarang Saya buka Google Earth dia pun ternyata tak tahu juga ikut-ikut kali-kali tapi agak-agak nya dari gambarnya itu Bahwa ini adalah posisi paling ujung Setelah itu kita di pinggir laut lalu kalau hanyut Kita sampai keseberang Malaysia Hai betul-betul andaipun tidak tak salah saya handphone nih salah ini artinya ini adalah daerah terluar istilahnya atau daerah terujung daerah terujung ini Aman sangat rawan Kenapa demikian karena narkoba yang diselundupkan datang ke sinilah wafernya duluan Nah kalau lah tidak dibangun di sini peradaban Islam maka naudzubillah akan lahirlah generasi-generasi hai hai Hai kira-kira tepuk tangan marah atau seputaran setuju Hai Hah Ini ada tanah dua hektar wakaf sampai sekema Riza bank sejumlah it is ini tak terlintas dipikiran saya tak ada sedikitpun tercetus dalam hati sangat bahwa sampai di Palembang ini akan berjumpa dengan guru sekaligus sahabat sekaligus kawan sama-sama dulu di pakultas Ushuluddin fadilatul Ustad Doktor Abdul Wahid Mus dulu kami sama-sama mengajar di Ushuluddin dan beliau bersama ibu ketua Yayasan bersama Ustadz Doctor hari Sriyadi sahabat kami juga dulu sama-sama di Ushuluddin UIN Suska hari ini bersama kami disini berteman di UIN bersama dipambang mudah-mudahan kami bersama pula dalam surga betul Firdaus [Musik] Hai kami masuk surga Bapak Ibu ikut juga cuman agak lama Hai Adel bersama kita Bapak Bupati Bapak ketua DPRD Ibu Jaksa bapak Kapolres Ketua Majelis Ulama Indonesia tak dapat saya Sebutkan satu persatu yang beserta imbau gelar yang pencipta dapat disebut nama Insyaallah semua yang hadir di dimuliakan Allah subhanahuwata'ala orang yang paling cerdas diantara kita ini adalah yang mewakafkan Tanah ini dua hektar inilah tanah yang kekal abadi sampai hari kiamat Hai kalau mau melihat tanah yang abadi tidak bisa dirusak tidak ada yang berani mengganggunya inilah Dia tanah layu Hawu tah boleh dihibahkan wala yufuta boleh dijualbelikan Wahyu rasul tidak akan boleh siapapun yang mewariskan Nya kepada anak cucunya inilah Dia tanah dua hektar Kenapa Tanah ini sudah diwakafkan ke yayasan wakaf ambang Madani allahuakbar tuh tanah yang luas kebun kelapa Anda pemiliknya begitu pemiliknya meninggal dunia diambil anaknya anaknya akan membagikan ke cucunya dijual habis tu ada kebun karet botak akan dibagikan ke ahli waris dijual di tumbang habis tapi tanah wakaf Hai misalny misal ada orang Salamualaikum Pak Haji Waalaikumsalam ini saya mau jual tanah di Pak Haji berapa semester ya murah aja Rp15.000 Eh kenapa murah betul tanah wakaf di mana ada orang mau membeli tanah wakaf tanah waqaf waqaf artinya berhenti kalau kita baca Quran Bismillahirrohmanirrohim kulhu allohu ahad Allahu Somad lam yalid walam yulad walam yakullahu kufuwan namanya karena berhenti tapi kalau dia Sambong allohu Aduh nih waalnnajmu lam yalid walam yulad walam Yakun lahu kufuwan Ahad wafel namanya wasfal bersambung tak berhenti wakaf berhenti Kenapa tanah wakaf disebut berhenti karena selama ini ditanam karet hasilnya mengalir ke kantong selama ini ditanam Pinang buahnya mengalir ke kantong suami enam kelapa hasilnya mengalir ke kantong masuk kerekening tapi setelah dia menjadi wakaf dia tidak lagi mengalir kedalam kantong pemiliknya tapi kalau pemiliknya meninggal dunia mengalir ke alam kuburnya mengalir ke alam barzah nya mengalir sampai hari kiamat itulah yang dijanjikan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam hijrah mata linsan kalau manusia mati inkopal putus yang lain putus amalnya yang selama ini banyak rajin sholat dhuha putus Rajin baca Yasin putus rajin sholat tahajud putus rajin ceramah putus Angeles Mendengar orang ceramah karena masih hidup Coba bayangkan kalau protokol memanggil berikut ini Mari kita Panggil Gan jatuh Sri ulama setiap negara Profesor Doktor Haji Abdul Somad LC Ma PXD almarhum Hai untuk lagi semua Hai tapi ada yang tetap mengalir walaupun sudah mati apa dia Vodafone jadi ya Apa kata ulama arti sodakotun jadian sodakotun jadi ya adalah wakaf maka orang yang cerdas sajalah yang berwakaf makanya katanya bisa apa itu Orang cerdas atau cais orang yang cerdas mandana nafsahu orang yang menekan hawa nafsunya hilang selera nafsu mau jual tanahnya hilang keinginannya mau beli mobil baru mau beli rumah baru mau ganti pakaian baru dia tidak lagi berpikir tentang dunia kuat capkan Tanah ini lillahi taala dia mampu menekan keinginan-keinginannya Kenapa wamila 5 Badal maut dia berpikir apa yang akan mengalir kepada aku sesudah aku mati nanti nama pemilik tanah Nita ada disebut sayang bawa kaptennya tak ada disebut tapi Malaikat Tak pernah lupa dan Allah subhanahuwata'ala data huhuhu sinetron wallnau bahkan tadi keteplak Doktor Abdul Wahid Mus Ustad Somad baru saja kemarin dibeli orang Tanah ini begitu dipilih langsung diwakafkan begitulah semangatnya masyarakat kalau ada yang bertanya ini tanah apa pak ustad tanah wakaf pengelola warkopnya siapa Yayasan wakaf pambang Madani ini penting karena ada sebagian orang menerima wakaf pribadi Hai aku terima wakaf engkau 25 10 tahun mulailah berdiri rumah Nadya menentu dia cucu dia Cici Dea anak keponakan dia rumah bini dia bini pertama kedua ketiga Compaq Hai Bapak senyum ibu itu mengamuk hal ini jelas bukan pribadi tapi apa Yayasan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM Yayasan ada pembinanya Pembina tidak cukup ada pengawasnya pengawas tak cukup ada tiga pengurusnya ketua sekretaris bendahara sehingga kalau terjadi sesuatu tidak akan mungkin umatku berada sepakat dalam kesesatan itu janji Nabi Muhammad Shallallahu salam lataj miom mati halabala lazim tak mungkin umatku sepakat dalam suatu kesesatan pastilah my kelompok komunitas masyarakat itu ada Amar ma'ruf nahi mungkar lalu kedepannya Bagaimana ini itu bapak ibu sudah lihat ada gazebo gazebo apa Gazebo tupai Ustad pondok-pondok tempat anak-anak membaca menghafal Alquran diawali dari mbaca guru membaca murid mengikut guru menunjukkan makhorijul huruf yang sebelumnya umat tidak lagi peduli kepada masjid shalat Jumat pun ditinggalkan tapi Insyaallah dengan tegaknya tanah wakaf berdiri masjid ada orang mengaji kita sedang menguatkan syariat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam di Pulau Bengkalis Bil khusus dipambang ini Insyaallah Bagir Hai orang-orang yang mati masuk ke liang lahat ditanya oleh Allah ta'ala Hai orang yang mati hai mayat-mayat hai jenazah-jenazah kalau kukasih kau hidup lagi mau hidup apa tidak apa jawab jenazah itu Laura akhortani Ira aja link Qorib Ya Allah Kasihlah aku waktu hidup walaupun sekejap sebentar Sedetik semenit saja tambah umurku tambah usiaku yang jadi masalah umur ini tidak pula isi ulang APAR Ya seenggaknya umurny paket 2 giga umur nih bukan air galon bisa habis ditambah kalau sudah mati habis tak lagi ada masa tambahan tidak aja-aja lu om kalau ajal sudah sampai Bay Astagfirullah Selatan tak dapat ditunda walau sesaat Wallace stop timun tak pernah dapat dimajukan walau sesaat kalau sudah mati mati mati jangan dicari karena kalau dia sudah datang tunggu ajalah batuk mati ini banyak gadang orang di takut saya nih kalau menurut perhitungan manusia sudah mau mati Anda dokter di Batam itu tidak dibisikkan nya ke saya langsung dibisikkan nya ketimbang ya apa kata dia kalau Ustad Somad tumit in Jepang dalam awan tinggi Hai untung ciptaan Allah subhanahu wa taala Tapi kita tetap ada usaha dan ikhtiar Hai sebelum sampai ke mari tadi tetap ditembak tangan ini berapa Celcius 36 jalan tetap pakai masker tetap hand sanitizer kita ikut protokol kesehatan itu usaha itu ikhtiar kalau sampai kita meyakini mati kena copyright berarti bertambah rukun iman kita jadi 7 beriman kepada Allah malaikatnya itam hari kiamat the copied Hai ini kotak-kotak ini adalah kotak resmi Hai untuk sedekah Hai wakaf pembangunan masjid dan ruang-ruang kelas sekolah Tahfidz Hai coba satu kotak naik ke atas kenaikan ikan besar di atas Hai ikan paus ikan hiu lumba-lumba kalau di bawah nikah-nikahan pantau sama Tri aja nampak tapi 23 ton lumayan juga dapat fb-an dimuliakan Allah subhanahuwata'ala jangan ragu jangan takut kalau angkau punya dompet di dompetmu Ada sejuta kau masukkan Rp100 ke kota kau bawa balik pulang 900.000 sampai di rumah malaikat maut datang mati langkah yang kau bawa mati yang 100.000 yang 900.000 tinggal saya ulang sekali lagi kalau didompetmu ada sejuta kau masukkan ke kotak to Rp100 yang 930 dompet Hugo pulang kerumah takdir tak dapat ditolak untung tak dapat diraih Malang tak dapat ditolak mati maka yang Rp100 yang kau bawa mati adapun yang hai magazine tinggallah dia The Spot the legal ah aku udah ceramahnya gunita click to Hai saya mengasih 100 sak semen Hai maksud saya ngasih tahu 100 tak semen tumpukan supaya jamaah tepuk tangan kangen Kasihlah hehehe Hai partai piang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala teringatnya saya dipambang nih 100 tak berapa Hai kenang-kenang 5068 Um mahal 2060 ribu kali 100 sak 600 Hi Ho nam juta 800 ribu Nanti mentransfer berat sebenarnya Tapi kalau udah percakapkan awak software dimulai dengan 6800000 citizen6 merah-merah nampak mantap mainkan Hai Bale Wening muliakan Allah subhanahu wa ta'ala yang sanggup kasih tanah dua hektar mantap kuburnya di akhirat di padang mahsyar kuburnya sejauh mata memandang tenang dialam barzakh Hanya dua hektar bayangkan kalau punya rumah luasnya dua hektar Oh buka jendela due kita langsung ini Bapak Ibu pikir ruang kubur to sejauh mata cuman Nagita dalam liang kubur nih Saya mau kasih tahu anak-anak kalau memasukkan orang tua ke liang lahat wajahnya hadapkan ke dinding kubur buka kain penutup wajah hidungnya mencium dinding kubur anak-anak waktu masuk Oma ayah kalian ke liang lahat yang paling apel memasukkannya adalah kalian hadapkan wajahnya ke kiblat hidungnya buka penutup kain wajahnya tempelkan hidungnya ke dinding yang Lahat ini dinding liang lahat ini hidung inilah mata jadi mata orang di dalam liang kubur itu Cuman segini jarak pandangnya a Hai itulah makanya doanya lapangkan kuburnya sejauh mata mahondang Kenapa karena didalam liang kubur biasanya memandang setelah itu Pulanglah orang ke rumah Oh yes Wow menyita salazon yang mengiringi mayat itu ada tiga Mau orang kaya mau pejabat Siapapun dia yang mengiringi mayat cuma 3 jam pertama Mal hartanya mobilnya yang mewah duitnya yang banyak selimutnya yang cantik ikut mengiringnya tapi hanya sampai ke atas pelataran parkir habis itu mobil pulang ke rumah yang kedua ahluhu anak cucu menantu sahabat Handai tolan kawan sekolah orang sekarang pong ikut mengiringi sampai ke pemakaman Setelah itu mereka pun yarji Utsmani yang dua balik ke rumah kawan Bale anak bini Bale mobil cantik balik wayabqo wahidun yang tinggal cuma satu Siapa yang tinggal di alam kubur Siapa yang tinggal di alam barzakh Hai siapa yang tinggal di liang lahat itulah duit 2000 perak yang masuk ke kota adanya layang-layang lebih nge-review yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala Hai galau lah orang tahu tentang hakikat hidup maka hilanglah bakhil dan pelit nya kalau orang tahu tentang hakikat duit maka hilanglah takut dan cemas nya kalau orang tahu tentang hakikat bagaimana kita mati maka meneteslah air matanya tapi apa mau dikata kita memang tak nampak yang webwebweb malaikat maut kita tak nampak Kiraman katibin kita tak nampak mungkar Nakir kita tak nampak azab kubur kita tak nampak kalau nampak Kamulah yang Kunang Pagatan Abby pastilah kamu akan lebih takut kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala maka datanglah nabi-nabi menjelaskan kalian akan mati kalian masuk liang lahat harta kalian akan tinggal habis nabi-nabi datanglah sahabat habis sahabat datang cabin selesai tabiin tabiut tabiin datang para alim ulama sampai ke negeri Melayu samb jika bumi Lancang Kuning sampai ke Palembang sampai hari kiamat Islam tak akan putus Mana buktinya ada yang wakafkan tanah ada perempuan yang luar biasa memperjuangkan yayasan ini maka Insyaallah sampai hari kiamat dipambang ini tetap bergema lailahailallah muhammadurrasulullah loh tapi yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala janji Allah dalam Alquran wa mayar Da minggo mandi nih kalau seandainya kalian murtad tak ada kalian yang mau salat tak ada yang mau baca Quran seandainya mau menolong agama Allah mati kalian semuanya fasaufa Yakinlah diganti Allah becoming dengan sekelompok orang Bagaimana sifat orang itu yuk bohong Allah mencintai mereka ibuna dan mereka mencintai Allah mujahiduna fisabilillah mereka akan menolong agama Allah biamwalihim dengan harta mereka wampu SIM dengan nyawa mereka yujahidu Navy Sabilillah mereka tidak berperang dengan atas nama besar mereka tidak memperjuangkan nama mereka yang memperjuangkan hanyalah agama Allah subhanahuwata'ala yakhofuna Villa Laila hop udah pindah mereka tak takut sedikitpun menolong agama Allah subhanahuwata'ala tanah mereka ambela semen ambela tak sanggup kasih batu ambela tak sanggup kasih apapun ambil pasir itulah yang akan menjadi penolong pada saat yo malah yanfa'u malun wala Banun hari itu tak ada harta hari itu tak ada anak harta tak bisa menolong anak tak bisa membantu inilah manatau Habibal Qolbi Nissa Hai kecuali orang yang datang menghadap Allah dengan hati yang bersih dengan amal shaleh Ilal ladzina amanu hanya Iman saja yang bisa menolong Kyle syariah dan amal shaleh amal sholeh yang sudah beramal sholeh Alhamdulillah yang ragu-ragu sebelahku Gas habis mikrofonnya pun mantap pula Hai ini gara-gara Laksamana mengamuk tadi juga Ustad temen ikut mengamuk jadinya Gabriel dimulaikan Allah subhanahuwata'ala manusia nih ragu-ragu entah iya entah tidak entah iya entah betul entah betul entah tidak maka datanglah orang meyakinkan menguatkan bahwa alam ini hanya ilusi saja jabatan kekuasaan harta benda anak cucu persahabatan galau kematian sudah datang putus habis semua ustad Somad Tolonglah ustad ceramah kan tentang peduli kepada kubur Kenapa begitu Pak Hai ini di mesjid an-nur nih masjid an-nur Pekanbaru di depan tempat jual lontong Saya makan di situ dulu dulu selalu Saya makan situ sekarang tak bisa lagi asal makan Nah kamu orang minta foto Hai Ustad Somad yo Pak tolong ceramah akan tentang mengurus kubur Kenapa begitu pak aku baru ziarah ke makam Abangku tadi Pak Ustad Bruce lalangnya setinggi Toga Ustadz di mana bininya yang katanya buah hati belaian jiwa oh my sweet hai kenapa Kau biarkan makam.di suamimu setinggi Lang po gak padahal dulu waktu mereka memakamkannya mereka masukkan dia ke liang lahat Waktu mereka mau menimbunnya engkau kan yang menangis di pintu kubur to amat Hai sesudah mati tak ada kau tengok lah lihat Hai makanya saya kalau ikut acara pemakaman datang perempuan-perempuan menangis kebetulan yang meninggal tuh laki-laki datang istrinya menangis awam masuk ke dalam orang yang lain penahan jangan bobok dengan saya diam aja saya mau nengok betul tadi masuk ke Hai masalah Masuk Masuk Masuk Masuk tak ada masuk sandiwara jatuh guys Hai saya sebetulnya mau ngasih tahu bapak-bapak duit tuh Kasihlah untuk pembangunan masjid nih Hai untuk ibu bagus juga untuk ibu mantap juga Ustad Nita enak Hai dibilangnya pula kami ini tak mau ikut mati Oke kalau gitu kita balik Tadi Bapak tuh mati Ibu hidup Sekarang kita balik Ibu mati Hai kalau Ibu meninggal Bapak pun juga akan tetap hidup hai kenapa begitu karena dalam Islam orang tidak boleh ikut orang mati Hai yang boleh itu ikut orang hidup Hai tidak ada Islam menganjurkan kalau ada orang mati lalu kita ikut mati gak gelem agama lain mungkin ada ikut mati dibakar sama-sama masuk lobang sama-sama dalam Islam tidak kita akan mati sendiri-sendiri walau pada jitu munafuroda kau akan datang menghadap Allah furoda sendirian karena holaknakum awal amarah sebagaimana dulu kuciptakan kau sendirian kaupun akan mati sendirian kau akan menghadap aku sendirian apalah yang menemani kita kalau mati ini tanah dua hektar tuh Warkop Gazebo tuh wakaf Pondok tahfidz Quran yang sanggup mengasihi Quran 30 juz sampaikan ke yayasan wakaf pambang Madani tak sanggup mengasihi Quran Surat Yasin sampaikan ke wakaf Bambang Madani tak sanggup ngasih surat Yasin Al Fatehah gak usahlah bacanya sendiri ia tak sanggup ngasih tanah dua ektar sanggup ngasih batu bata antarkan batu bata satu truk untuk Yayasan wakaf pangbang Madani tak sanggup ngasih batu bata lebih kecil dari batu bata batu kerikil kasihkan krikil pun tak sanggup yang paling kecil lagi pasir kasihkan pasir Puncak juga sanggup mati Hai apalagi yang akan kita bawa menghadap Allah subhanahuwata'ala jabatan jabatan jabatan paling lama dua periode Itu pun kalau tak datang KPK Hai yang tercakap ke nih Betul apa fitnah selesai Hai apa itu yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala ini poin yang pertama saya mau menjelaskan tentang hakikat hidup hakekat hidup banyak kawan tertawa hakikat hidup banyak teman bersenda gurau hakikat hidup banyak teman bercita-cita tinggi tapi ketika sampai masa sulit berjengkal maka kita hanya saja berdua dengan awal yang menolong di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala maka Jakarta Allah dalam surat yang paling pendek seandainya Allah tidak menurunkan surat lain seandainya hanya surat ini saja lengkap apa kata Imam Syafi'i cukup surat ini saja surat apa itu walser Demi Masa Hai ada masa kaya ada masuk sehat ada masa punya jabatan ada masa kau masih hidup Inal himza lavir Kusno semua kalian rugi semua kalian tak beruntung semua kalian rugi yang kayak rugi yang miskin Rugi dua kali yang ganteng rugi yang jelek rugi 10 kali ndang ganteng aja Ruby ambil kita ganteng Hai Ilal ladzina amanu kecuali orang yang beriman wa amilus sholihati beramal sholeh watawa saubil Haq Ti mengajak orang kebenaran watawaasaw bisobri mengajak orang untuk sabar seringkali dikatakan sabar ini sabar sakit sabarmati sabar Fatah sabar Skiller sabar musibah itu sabar level paling bawah sabar yang paling tinggi adalah sabar menahan selera untuk beli barang baru sabar untuk tidak beli cincin baru sabar untuk tidak beli tas baru sabar untuk tidak ganti jilbab baru duitnya kemana duitku pakai Untuk berwakaf itulah sabar yang paling tinggi sabar untuk tidak ganti rice cooker baru sabar untuk tidak beli panci baru pancinya Hai pengen startnya mengarah ke ibu-ibu aja nampaknya nih Hai karena hampir semua iklan di TV itu ditujukan kepada I Ibu bukanlah Islam Ibu Bapak saya udah coba ambil kertas nonton TV saya tonton itu semua iklan sebagian besar ditujukan ke Ibu dari mulai alat kecantikan sampai alat masak semuanya ditujukan ibu-ibu supaya duit ibu habis terkuras anda tidak bisa beli cash kirim ke online transfer ke nomor berikut ini Hai betul-betul aku emoh mengaku berlebihan yang biarkan Allah subhanahuwata'ala ini pun yang pertama poin yang kedua anak-anak kita Yang lucu-lucu Yang imut-imut Yang cantik-cantik Yang baik-baik ini sekarang mereka ini macam api-api kalau kecil cantik api kalau kecil perlu api kalau kecil baik tapi kalau sudah besar dia akan menjadi ledakan letupan begitulah anak-anak kita ini sekarang kalau tidak kita dididik dengan pendidikan Islam mereka akan menjadi pecandu narkoba mereka akan menjadi pesina mereka akan kena lgbt mereka akan melakukan perbuatan maksiat Mereka akan ikut geng motor mereka macam-macam dan jangan lupa sekarang alam tak terbatas dengan apapun lagi karena kita sudah hidup di Hai fourpoint Zero di masa semua dunia ini udah macam kampung kecil saja jangan katakan karena kita tinggal di kampung lalu selamat dari maksiat belum tentu Jangan katakan karena kita jauh dari kota besar tidak dekat dengan Jakarta Bandung dan Surabaya ke anak-anak kita selamat dari narkoba bolum tentu Hai Betul sainsnya kepencet karena diam semua lama-lama ragu Plaza Ya sudahlah yang dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala maka dengan adanya Yayasan wakaf Pampang Madani ini sudah menyelamatkan generasi Islam yang ada di Palembang yang ada di bumi Lancang Kuning yang ada di Bengkalis maka datanglah pun Tuan Guru kemari itulah hikmah Barokah kalau orang kampung kita Anda yang ulama kebetulan dokter Abdul Wahid Mus dosen Ushuluddin UIN Suska ustad Hai hari Sriyadi Doktor dari kampung ini kalau orang belajar agama ia berhasil jadi orang balik dia pasti dia pelihara dia jaga kampungnya takkan dia biarkan orang kampungnya mati dalam keadaan kafir takkan dia biarkan orang kampungnya mati su'ul Khotimah sederhana silber hasilnya orang di perantauan tetapi rindu kampung halamannya pasti dia akan bawa Ustad ke kampungnya pasti dia akan bangun kampungnya Hai itulah beruntungnya pangbang Coba kalau orang Palembang nih sukses jadi artis sinetron Jakarta hai kya lenong Jakarta sukses aku pulang deh kemarin nih bawahnya bencong bencong bencong Hai artis terkenal tapi tak mengenal Allah hebat di Jakarta pulang ya ke kampung dibawahnya penyanyi dangdut pakai rok pendek pentasnya setinggi-tingginya atuk atuk yang di kampungku mabuk semua hai tapi kalau yang dari Palembang ini adalah ulama belajar tafsir al-qur'an dosen yg Ushuluddin mengajar di jurusan dan share takkan dibiarkannya orang kampungnya buta huruf Quran takkan dibiarkannya di kampungnya orang tak salat Jumat ada Rindunya dalam hatinya baliklah dia ke kampung orang percaya dikasih oranglah tanah wakaf dua hektar datanglah orang berduyun-duyun ramai datang Kenapa karena ada kelembutan Kerinduan Hati generasi mereka Habis selesai siapa yang akan melanjutkan Islam di Palembang ini inilah anak-anak yang mengaji di gazebo gazebo di pondok-pondok ini tapi Pondok minta tahan lama karena dari kayu maka perlu dibangun Pondok permanen Hai Naka Pondok permanen akan dibangun di sini tapi semua peradabannya musti dari masjid makanya tadi ke tempat Doctor Ustad Somad nanti kita akan Bangun masjid di sini Saya berharap meminta walaupun tak banyak pemberian saya 100 semen tadi saya minta supaya untuk Hai chord dasar masjid supaya kalau saya mati salat anak-anak tuh sini baca Quran dia disini mengalir terang-benderang lah makam saya Insyaallah Bapak Ibu doakan supaya saya mati husnul khotimah Hai jangan sekarang enggak jamaah tawa yang kepanasan nih pulang Doakan aku cepat mati lebih weaken Allah subhanahuwata'ala apa yang dicari jadi ustad ini ceramah kedua itu ramah ke sungai pakning ceramah ke Bengkalis ceramah ke Palembang yang mau dicari ini apa ada yang mau dicari ini cuman amal jariyah mudah-mudahan anak-anak Bambang nih menjadi anak sholeh dan Sholihah menjadi penghafal Quran menjadi orang yang menolong agama Allah sehingga Setiap anak Palembang yang baca Quran pagi petang siang malam di bulan Ramadhan mereka iktikaf nanti disini pada malam-malam Ramadan mereka tarawih nanti disini pada suhu subuh mereka beristighfar disini Mengalirlah makamnya menetes macam tetesan air di tengah gurun akhir-akhir yang panas ke makam almarhum Abdul Somad tahun 2050 India Hai saya emang gak lama mati 2050 kalo inget enggak link 2025 selesai kenapa ustad ceramah lama betul mati sampai 2050 terserah saya orang saya megang microphone Hai badai yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala Hai dulu saya berpikir akan mati Hai selalu saya berpikir begitu aku Abdul Somad lahir 1977 akan mati 2040 umurku waktu itu 63 tahun ikut nabi Muhammad SAW selalu begitu aku akan mati 2040 umur 63 akhirnya kawan saya satu kelas satu bangku sama-sama sarapan pagi di Panam Saya kuliah di IAIN 1996 sama-sama satu kelas di tarbiyah jurusan bahasa Arab sama-sama satu bangku saling berdekatan sama-sama hampir dilempar pakai penghapus gara-gara kami ketawa dikelas sama-sama sarapan pagi makan lontong itulah kawan Saya paling baik makan lontong minum susu minum teh manis minum kopi selama bekawan sama dia tak pernah saya membayar Hai meninggal diet Hai meninggal dia Bu Hai TV dulu saja itu berubah cara pikir saya bahwa aku tidak akan hidup sampai tahun 2040 bahwa umurku tak akan sampai 63 tahun kapanpun aku bisa mati besok pagi pun aku bisa mati maka saya tak lagi berpikir umur panjang saya melihat kawan saya kalau kawanku mati kenapa aku tidak aku pun bisa mati Kapan saja maka dia Allah Sayang lebih dulu dia meninggal sedangkan aku Allah juga sayang dibiarkan Allah aku hidup supaya aku bisa berawal Soleh kalau aku besok pagi masih hidup maka besok pagi pun aku akan ceramah juga kalau mati aku malam ini Hai Aam bisa Hai Febian dimulaikan Allah subhanahuwata'ala berobah pikiran saya berobat cara pandang saya setelah sahabat kawan saya meninggal bahwa aku hidup sampai hari ini karena Allah memberikan aku hidup karena Allah mengizinkan aku hidup bukan karena aku ingin hidup Nah kalau hidup bertambah mudah-mudahan amal bertambah kalau hidup bertambah mudah-mudahan amal jariyah bertambah tidak hanya Saya tidak hanya pengurus wakaf dan my semua yang hadir ini umurnya bertambah amalnya bertambah Insya Allah amin bapak-bapak polisi tentara yang mengawal kita hari ini maka mereka pun mengalir juga amal balasan pahala kebaikan mereka Insya Allah amin Hai yang mau masang masang tenda ini Kalau tidak ikhlas dia Mana ada orang mati bawa tenda kita Hai lama hidup banyak dirasa jauh berjalan banyak ditengok Entahlah saya tidak tahu mungkin dipambang ada tapi sepanjang saya menengok Saya pernah nengok orang mati di Mesir menengok menengok orang mati di Maroko pernah melihat orang mati di kampung belum pernah nengok orang mati bawa terpal LED nanti kita akan mati menghadap Allah langit terbelah idassama aoh barat langit terbelah wa-idzaal kawakibu Taubat planet bertabrakan wa ilmiah Rohul jerawat lautan dinaikkan itu lautan akan naik bergulung keatas darat ancur tsunami namanya tsunami datang ke Aceh tsunami datang ke Jepang tsunami menggulung hancur itu yang datang tuh baru yang perempuan tsunami yang lagi-lagi manpower Mohon maaf Pak semoga cantik sebenarnya hai wa-ilal woro-woro as-shirath ketika lautan meledak semua yang dikubur pun bangkit hidup lagi sulit bagi Allah menghidupkan kita innama amruhu idza aroda syaian ayyakulalahu Kun Fayakun tapi kita udah hancur bausad tapi kita sudah berkeping-keping dimakan cacing tanah pak ustad ketika digali kubur di PLTA kotopanjang pembangkit listrik tenaga air kotopanjang ditemukan kubur-kubur ada yang tinggal tulang paha tengkorak kepala hancur ada yang tinggal tulang macam-macam tapi ada jenazah yang tak hancur samasekali Halo Pak hancur yang melihat dengan mata kepala orang jujur amanah bersaksi kepada saya saya tengok Ustadz Abdul Somad dengan mata kepala kami sendiri wajahnya macam dikebumikan kemarin sore jangankan kulitnya kain kafannya pun tidak dimakan cacing tanah Ustad janji Allah subhanahuwata'ala Innallaha ar-rahman adzi Ya Allah mengharamkan Tengah memakan jasad para nabi dasar para nabi tak dimakan oleh tanah itu kan bukan Nabi mana dan nabi diutus ke PLTA kotopanjang dia memang bukan Nabi tapi nabi bersabda Allah ulama waratsatul Anbiya pewaris para nabi kalau pewaris para nabi dijaga Allah apalagi Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Bagaimana kalau tidak hancur pak ustad Oke Allah tinggal hidupkan dia dia tegak berdiri Lalu bagaimana dengan orang yang your yang tulangnya pun tak ada ada tulang yang tak hancur namanya Azzam tulang ekor paling ujung tulang belakang terus kebelakang ada tulang ekor paling ujung sebesar ibu jari jangan dicari sekarang nanti di rumah balik kau tanyalah dokter Puskesmas tanya dokter Rumah Sakit Umum Bengkalis tanya dokter spesialis itu cakap Abdul Somad betul atau hak bohong atau tipu Pak Dokter Apa betul badan manusia nih ada yang tak hancur Hai kalau dokternya mau dokter beriman mau tak beriman mau dokter kafir tak ada beda dia pasti akan mengakui karena itu bukti kebenaran medis bahwa ada satu tulang di badan yang tak hancur pulang ujung tulang belakang itulah yang ditunjuk Allah subhanahuwata'ala innama amruhu idza aroda syaian ayyakulalahu Kun Fayakun maka kita pun akan tegak berdiri hidup balik tumbuh tulang-belulang daging daging tumbuh kuku bulu mata lemak sumsum bangkit menghadap Allah berdiri menghadap Allah tidak pakai pakaian tak ada malu tak peduli melihat orang karena semuanya sibuk mengurus urusan masing-masing Yauma yafirrul marumi Nazi saudara kandung lari dari saudaranya wa ummihi lari dari emaknya Emak lari dari anaknya Wahabi lari dari ayahnya kayak lari dari anak-anaknya Wasshoi batih istri dari suami suami tak mempedulikan keluarganya waafani anak-anak lima orang saudara kandung tak peduli Omah Gandong tak peduli ayah kandung tak peduli saudara kandung ayah kandung ama gandum istri tak distrik anak-anak kandung link coolin rimin home ya Um air Insya Allah YME setiap orang sibuk mengurus urusan masing-masih ingin Hai Sesibuk apa kita sampai tak mengurus anak semua pak kita sampai tak mengurus saudara jangankan mengurus di akhirat saya mendarat naik pesawat sampai ke Simpang Tiga Pekanbaru begitu turun mengurus koper saya berdiri di belakang jamaah jamaah dikenal baik dengan site news sibuk ngurus kopernya lama saya berdiri di belakang haram dipedulikan itu Hai sampai sepukul tepuk bahu pak ustad baru-baru ngurus koper di airport sudah tak peduli disebut kita apalagi mengurus nanti di akhirat tentang berapa perbuatan dosa Sebesar apa pamai amal miskoladarotin hairan ya sebesar biji sawi sebesar tapak kaki semut yang hitam di atas batu yang hitam di tengah malam yang gelap kau akan dituntut di hadapan Allah subhanahuwata'ala menjadi Bupati menjadi anggota legislatif menjadi ketua DPRD menjadi Kapolres menjadi Dandim menjadi pejabat menjadi orang kaya mereka semua akan dituntut di hadapan Allah tapi yang paling banyak dituntut adalah man kasuro kalamuhu kasur rusak Tuhu Siapa yang paling banyak cakapnya dia yang paling banyak perhitungannya di akhirat diantara kita nih semua sampai yang paling banyak cakapnya Hai Pulang makanya saya tak lama lagi selesai Hai setiap katanya kan dihitung di akhirat mayaalv izuminka Ulin semua kata yang keluar dari mulut Ila ladaihi ROM Ibu nanti ada malaikat yang mengawasi ada malaikat yang mencatat Inna alaykum lah abseil bersama kalian ada malaikat-malaikat keeroman Hai kiroman katibin kiroman katibin mencatat ya'lamuna mata palun mereka tahu apa yang kau lakukan warna alam umat wis Sugih nafsu kami tahu apa yang berbisik-bisik dalam hatimu Abdul Somad kami tahu apa yang kau pikirkan Abdul Somad Allah tahu apa yang kita pikirkan bukan macem itu yang selalu bertanya ke kita Apa yang kau pikirkan Hai siapa itu kok facebook-an Hai itu aja yang ditanya Facebook tekan apa yang kau pikirkan sekali-sekali coba Ibu Balas pula dia eh Facebook Apa yang kau pikirkan lebih dimuliakan Allah subhanahu wa ta'ala itu Point yang kedua dalam paint abalihouse adpoint yang pertama hakekat hidup hakekat mati Woi yang kedua anak-anak yang lucu-lucu sekarang nanti berobah menjadi orang nakal jahat hantu Belau begu ganjang sundel bolong Nyi Blorong kalau tidak kita dididik dengan pendidikan Quran kalau kita jenis pendidikan agama makanya nanti di sini dibangun masjid setelah itu ada SD Quran sebelum SD Quran TK Quran setelah tamat tekad Quran paling tidak dia juz 30 ada di kepalanya sehingga kalau dia soalan ayatnya baik bagus setelah taman itu masuk di SD Quran SMP Quran SMA Quran SD Quran SMP Quran SMA Quran tamat SMA Quran kuliahnya Terserah dari Palembang ke Bandung ITB dari Palembang ke Bogor IPB teripang bangku Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dari pambang ke mcgill Kanada dari pambang ke Harvard University terserah Kemana dia jauh mata memandang Terbanglah nah sejauh mata memandang tapi dari petang kau akan tetap pulang kembali ke Palembang sejuk yang tak setuju tapi tetap pernah memaksa Bapak ini tapi tengok mengancam Biarkan Dia terbang Biarkan dia pergi kemanapun Nanti Pak Ustad Kalau anak kami SD Quran SMP Quran SMA Quran jadi apa hai kenapa kau takut dia jadi apa ini yang di depan nih taman-taman Pesantren semua Halo Pak Haji Syahrial Abdi Bupati Bengkalis tamat Pesantren Babussalam Pekanbaru bisa jadi Bupati sebut tangan sobat tamat Pesantren bisa jadi Bupati tamat Pesantren Bupati bisa baca Quran dengan bagus bisa bahasa Arab ganteng pula ini Udahlah tak ganteng Hai membaca Quran tak lancar tak pula Bupati hidup lebih Lailahaillallah Hai ketua DPRD Bengkalis [Musik] di taman al-azhar Kairo 1991 udah sampai dia ke Kairo tamat al-azhar Mesir Taman Pesantren Halah hafal Quran Hai ganteng juga bisa jadi ketua DPRD kabupaten Bengkalis ke hutan untuk pak betul itu undang-undang dengan tepuk tangan tuh mengalir sedekah sedekahnya Hai mereka anniken muda itu tangannya harga Dedek udah jadi menara tengok kemana arah tanda tangannya kalau ke bawah aw sih size dimuliakan Allah subhanahuwata'ala saya senang dan bangga Kenapa karena pejabat-pejabat kita nih muda pejabat-pejabat kita ini suka kepada agama kita doakan mereka Istiqomah Hai mudah-mudahan jabatan mereka makin tinggi makin tinggi makin tinggi sesuai dipakainya untuk menolong agama Allah amin takbir walau lohua ala Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam Hai wo ada Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Ya Nabi Salam ya Rasul salam alaika ya abibi salam alaika sholawattullah Alaika Saya ingin dalam lima waktu shalat menjelang adzan dari azan menjelang ekomed selesai membaca doa berdirilah menara mesjid di sini melaung ulang suara anak-anak itu bersholawat Shallallahu Alaihi Wasallam Mad masuk ke batang-batang Kelapa tuh gemuk lalu masuk ke pokok-pokok Sawit Woi tumbuhan brondol brondol masuk ke gotta gotta karet subur karet-karet itu aku tak percaya kami pak ustad nggak apa-apa tapi dalilnya Anda langsol Aya sholatan zat yang bershalawat kepadaku satu kali shallallahu alaihi wa ala balas 10 kebaikan pengobatan uang Solo saihat ditutupi 10 kesalahan walaupun lagu Azzahra darojat nilai ikan darojat tingkatan kemuliaan di atas tanah ini akan dibacakan Quran dibacakan Quran di ruang Rumah Sakit turun Rachman dibacakan Quran di dalam masjid turun Rahmat dibacakan Quran di atas tanah ini maka turunlah Rahmat ke Palembang dengan bacaan anak-anak penghafal Quran itu Nanti insya Allah amin Laila Korean ukuran kalau dibacakan Quran fastamiu lagu dengar baik-baik wa-an situ Diam alaikum turhamun kamu dapat Rahmat Bagaimana supaya pambang ini tetap turun barokah Allah Mudah saja janji Allah dalam Alquran walau Anna ahlal qura amanu Kalau penduduk Palembang ini beriman wattaqau bertakwa Allah Cuman minta dua meminta dari kalian Iman percaya Allah ada wattaqau takut kepada Allah jangan buat maksiat dan dosa apa balasan Allah lafatahna alaihim akan kami bukakan untuk orang Palembang baroga ten Barokah Barokah minassama dari langit walk out dari bumi tumbuhlah tanam tak Khan yang hijau berhasillah buah-buahan Walking kazabue tapi kalau mereka mendustakan ayat-ayat kami hafal Namun kami cabut nikmat Rahmat Barokah itu tak pernah bohong kami ganti nikmat menjadi laknat maka apa yang kita lakukan hari ini adalah untuk menjaga pambang untuk menjaga Bengkalis untuk menjaga Riau menjaga negara kesatuan Republik Indonesia dengan menumbuh banyakkan pondok pondok tahfidz Quran menghiaskan wakaf wakaf Om tempat beramal Shaleh maka Insyaallah Indonesia Tetap Menjadi baldatun thoyyibatun wa rabbun Ghofur Amin ya robbal alamin tadi saya mulai 1.55 sekarang 2.55 60menit tadi saya disuruh Pak Bupati ceramah supaya di dalam aja karena takut kepanasan sayang maju maju maju atau maju kemukaan begitu rupanya Kalau kita semangat menengok jamaah tuh tak terasa panas tapi keringat basah nggak ada I love you yang dimuliakan Allah subhana wa taala mudah-mudahan 60menit kebersamaan kita ini bernilai amal shaleh di akhir majelis Mari kita sama-sama berdoa kepada Allah al-hasyimiyah wakuli niatin Sholihah al-fatihah audzubillahiminas syaitonirrojim Bismillahirrohmanirrohim alhamdulillahirobbilalamin arrohmanirrohim Maliki yaumiddin iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in ihdinas sirotol mustaqim ladzina an'amta alaihim ghoiril maghdhubi alaihim walaa