Rabu, Desember 15, 2021

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Antara Utang & Riba ini Umi Mimi ambil dari Youtube Ammi Nur Baits, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Antara Utang & Riba ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Antara Utang & Riba

Antara Utang & Riba | Ustadz Ammi Nur Baits, ST., BA

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil mursalin Nabina Maulana Muhammadin wa'ala alihi washohbihi ajma'in wa Asyhadu alla ilaha illallah wahdahula syarikalah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warosuluh Shallallahu alayhi wa'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam wataslimun katsiro sumabar Alhamdulillah kembali kita melanjutkan pelajaran kita membaca ada orang utang dan Insyaallah di kesempatan kali ini kita akan membaca tentang aturan antara hutang dan riba utang bisa menjadi pengantar terjadinya riba dan bahkan pengantar terbesar terjadinya praktek riba adalah akad utang piutang Oleh karena itu kita perlu tahu bagaimana batasannya Hai pembahasan ini sendiri kan mengingat beberapa tradisi piutang tradisi utang-piutang di masyarakat sangat rentan dengan transaksi riba Hai semoga pembahasan ini menjadi bagian dari upaya memerangi riba baik untuk pribadi maupun masyarakat pada bagian ini kita akan membahas 6 kasus pertama melunasi utang dengan ada kelebihan Hai yang kedua hadiah sebelum utang lunas Hai yang ketiga Hai kaidah bahwa utang tidak memutus silaturahmi Hai yang keempat hukum menerima hadiah dari bank yang kelima menggabungkan utang dengan transaksi jual-beli dan yang keenam masalah biaya administrasi dalam akad utang piutang Hai Kalau Anda misalnya menemukan kasus yang lain yang tidak ada di buku ini ya Eh bahwasanya 6 ini sifatnya tidak pembatasan sehingga 6 ini yang kami Sebutkan pertimbangannya adalah satu itu yang paling sering terjadi di masyarakat yang kedua itu yang muncul dalam diri saya ketika sedang menulis buku ini sehingga kalau anda menemukan kasus yang lain Anda bisa sampaikan dan jika Allah mudahkan kita bisa bahas di kesempatan yang lain syaa Allah baik kita akan bahas secara berurutan Hai sebagiannya telah kami bahas di buku Ada apa dengan riba Namun kami sarankan anda tetap membaca pembahasan ini agar tidak agar kita semakin memahami pertama melunasi utang dengan adanya kelebihan terdapat beberapa Dalil yang menunjukkan bolehnya memberi kelebihan ketika pelunasan utang Hai boleh memberikan kelebihan ketika pelunasan utang diantara dalilnya adalah yang pertama hadis yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah radhiallahu anhuma Hai bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam pernah memiliki utang kepada Jabir Hai dan hutangnya disebabkan karena nabi sela-sela membeli onta dari Jabir menurut sebagian riwayat Hai suatu ketika Jaber mendatangi beliau yang kala itu Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam berada di mesjid Hai dan itu bertepatan dengan waktu Dhuha kemudian Jaber mengatakan fakta oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda Sorry rokkatei kerjakan sholat dua rokaat buatkan Eli ilaihi ding dan ketika itu nabi selam punya hutang kepadaku lalu kata Jaber Bakauheni wazani beliau menambahkan beliau melunasi utang itu kepadaku dan memberikan tambahan Hai dan Jabir bin Abdillah ini termasuk diantara sahabat yang kurang lebih kondisinya sama seperti Abdullah bin Zubair Hai jadi saat Ayah beliau meninggal dunia dan ayahnya Jaber yaitu Abdulloh ia meninggal pada saat peristiwa Perang Uhud Hai dan ketika ayahnya meninggal ayahnya meninggalkan utang dan Jaber yang berusaha untuk melunasi utang ayahnya Nabi Sallallahu wasallam membantu pelunasan utang itu sampai akhirnya utang itu bisa lunas I know I rahimahullah mengatakan Halo Piye istilah bab istihbab Bu ada ide ini Zaidan dalam hadits ini terdapat anjuran untuk membayar utang dengan diberi kelebihan Hai dan hadits ini dishahihkan Al Bukhari Muslim dan ini ada di Syarah Shahih Muslim sehingga dianjurkan bagi orang yang berutang ketika mengembalikan berikan kelebihan-kelebihan itu sebagai bentuk apa sebagai bentuk rasa terima kasih ndak jadi ini tujuannya adalah berterimakasih Hai karena sudah dibantu Nah yang kedua hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu Hai Beliau pernah menceritakan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam pernah berhutang onta dengan usia tertentu ini kasusnya beda dengan Jaber tadi disini beliau utang barang berupa unta Hai dan karena utangnya onta makan nanti pengembaliannya dalam bentuk kontak Hai beliau utang unta dengan usia tertentu di samping kemudian orang itu datang untuk menagihnya Hai namun Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam meminta para sahabat memberikan onta beliau mereka mencari Onta yang seusia dengan Onta yang dulu pernah diutang oleh Nabi sama salah Hai karena onta itu kan ada banyak nama Ya ada apa onta musim nah onta janda Wah ada musim Nah ada bintu labun dan seterusnya ada tingkatan-tingkatan usia yang itu ada dalam tradisi masyarakat Arab kalau kita akan rata-rata kalau kambing tjempe atasnya lagi berarti kambing dewasa sapi pedet lalu atasnya lagi sapi dewasa sudah Powell kalau di masyarakat Arab unta itu ada banyak jenjang yang usianya beda-beda ndak bisa masa lam utang dengan usia tertentu saat orangnya enake beli minta kepada para sahabat Tolong carikan untuk saya yang seusia dengan ini ternyata enggak ada Hai namun mereka tidak menemukannya selain onta dengan usia yang lebih tua yang lebih dewasa dan tentu saja harganya akan lebih mahal antara percaya dengan sapi mahal mana Hai Mel sapi kemudian nabi salam mengatakan berikan saja yang itu permintaan nabi salam orang yang memberi utang merasa berterima kasih dengan sikap beliau Yoga karena beliau telah melunasi unta itu utang unta dengan nilai yang lebih mahal Oh ya kemudian orang yang memberi utang merasa berterima kasih dan mengatakan anda telah memenuhi pelunasan utang Anda semoga Allah memenuhi kebutuhan anda hai lalu Nabi Shallallahu salam bersabda dalam sebuah kalimat yang ini sering kita singgung untuk transaksi utang piutang indah ya rokum ahsanukum Allah Sesungguhnya orang terbaik di antara kalian adalah orang yang paling baik dalam melunasi Hai in Nah ya rokum ahsanukum kodoan berarti kita bisa buat kesimpulan sebaliknya Hai orang yang paling buruk di antara kalian ini adalah orang yang paling buruk ketika orang yang buruk di antara kalian adalah orang yang buruk ketika melunasi melunasi utang orang yang terbaik di antara kalian adalah yang baik ketika melunasi utang orang yang buruk di antara kalian adalah orang yang buruk ketika melunasi kepo karena dia tidak tahu rasa Terima kasih baik jadi saat orang melunasi hai berutang Hai itu kan statusnya apa Ia mendapat kebaikan Ia mendapat kebaikan Hai dari orang yang memberi utang Indonesia sehingga kalau Aa diberi utang oleh by hotbet888 disitu am dapatkan kebaikan dari dari rezeki seharusnya berarti di sini kan Ah berjasa ya atau berjasa pada Hai seharusnya sikap yang tepat adalah a berterima kasih Hai berterima kasih kepada B idealnya seperti ini nah bentuk Terima kasih itu diwujudkan dalam bentuk apa wujudkan dalam bentuk ketika membayar Iya nah dianjurkan untuk ngasih lebih atau serahkan dengan cara yang sopan atau sampaikan terima kasih Terima kasih sudah dihutangi besok lagi jangan lupa ya ya Sekali saja jangan terus-terusan ya Hai karena Nabi Shallallahu wasallam bersabda lah yaskurillah Hai nah yaskurillah h-men nah yes urineun kep Hai orang tidak akan bisa bersyukur kepada Allah Hai selama dia tidak bisa bersyukur kepada manusia sehingga kalau dia nggak bisa bersyukur kepada Allah berarti orang seperti ini tipenya tidak bisa bersyukur tidak bisa bersyukur kepada sesama manusia maka bagaimana dia akan bersyukur kepada Allah Subhanahu ta'ala yang kelihatan saja yang orang itu tahu asal-usulnya dia nggak bisa berterima kasih apa lagi nggak kelihatan Hai yang kecil dia nggak bisa berterima kasih apa lagi yang besar makanya sebagai Apa efek samping ketika orang tidak pintar berterima kasih kepada orang lain biasanya dia juga bukan tipe orang yang banyak bersyukur kepada Allah subhanahuwata'ala tauhid Hai dan itu terbukti di lapangan ya Ada model manusia yang dia ketika mendapatkan kebaikan dari orang lain tuh Eh ngapa ya dingin dia suasananya dingin tidak kemudian menunjukkan rasa Terima kasih ini biasa-biasa saja sama saja antara dikasih dan enggak dikasih tipe orang seperti ini biasanya Suka mengeluh kemudian isinya cuman Hai apa keluhan dari kondisi yang dialami maka model orang yang dingin ketika menerima Hai dan dia tidak ada rasa terima kasih kepada memberi utang ya biasanya orang seperti ini bersyukur kepada Allah itu sangat kecil Padahal kita diperintahkan untuk banyak bersyukur kepada Allah ta'ala Hai karena ada banyak nikmat yang Allah Subhanahu Wa Ta'ala berikan kepada kita Hai cuman dari dua kondisinya antara bersyukur dengan mengeluh mungkin dalam waktu sehari kita itu lebih dominan mengeluh Hai semoga Mohon untuk dipahami mengeluh itu tidak hanya sebatas menyampaikan ungkapan ke sepadat sama makhluk tidak hanya sebatas kita cerita derita yang kita alami musibah yang kita alami bisa jadi mengeluh itu muncul dari dalam hati meskipun tidak diungkapkan nyebut kali kok susah kerja kok susah banget tuh ini Kadang kita teringat ya dengan apa yang kita alami Masa Silam dulu saya kayak gini saya yang dan yang kita ingat tuh yang nggak enak gak enak semua dulu beratnya saya seperti ini kita teringat itu sehingga membuat kita itu sedih Hai singa bisa jadi kita Justru malah Banyak menampakkan rasa sedih di hadapan Allah Kayaknya masih banyak yang kurang dan rata-rata kita seperti itu makanya kalau kita bandingkan antara syukur dengan keluhan kita mungkin kita lebih banyak mengeluh dibandingkan bersyukur pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan perintah waskuruli banyaklah bersyukur lainsakartum kalau kalian bersyukur lazidanakum kalian akan aku tambahkan nikmatnya Hai karena itu mencoba dan belajar menjadi orang yang bersyukur adalah dengan kalau dikasih orang lain jangan jadi orang yang dingin kalau kita sedang mendapatkan kebaikan dari orang lain jangan dingin Hai dan Ibnu qayyim rahimahullah dalam wabilush menyebutkan bahwa orang yang hatinya dingin baru Idul Hai jadi memang istilah Orang dingin itu anda dalam bahasa Arab ternyata orang yang hatinya dingin baru Idul Kalbi dia enggak begitu memikirkan apa yang kira-kira bermanfaat bagi dia dalam kehidupannya biasanya orang seperti ini ketika beramal itu tidak maksimal Hai sehingga saat dia dikasih sesuatu dia dingin karena dingin gimana ya nggak ada respon Syukur nggak ada respon terima kasih dan seterusnya sama saja baik jadi mohon untuk diingat dikala anda sedang mendapatkan utang sadari bahwasanya hakekatnya anda sedang dibantu oleh orang lain jangan lupa untuk berterima kasih kalaupun itu tidak berkaitan dengan akad utang tolong diperhatikan habis ini layar skudin lah menangisku dinas tidak bersyukur kepada Allah orang yang tidak bersyukur kepada sesama manusia Hai Pevita lanjutkan di dalam kejadian diatas Onta yang diberikan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam untuk melunasi utangnya lebih berumur daripada Onta yang menjadi utang beliau Hai karena lebih berumur tentu saja harganya lebih murah harganya lebih mahal memberikan kelebihan semacam ini bagian dari sikap terpuji dalam melunasi utang Kemudian beliau memberikan motivasi orang yang terbaik di antara kalian adalah yang paling baik dalam melunasi Hai sikap semacam ini merupakan bagian dari bentuk berterima kasih kepada kebaikan orang lain nabi Saleh mengatakan layak kurullah amanah yaskurunnas tidak akan berterima kasih kepada Allah Hai orang yang tidak pandai berterima kasih tidak akan pandai mensyukuri nikmat Allah lebih baik lescor loha males kruna sini ada ilah diantara para ulama dalam mendefinisikan Hai ada yang Allah ini dikasih karo.kab domba layos kulahu Hai kalau yaskurullah u artinya allah tidak akan berikan balasan Ya Allah tidak akan mensyukuri Hai orang yang tidak bisa berterima kasih kepada sang manusia salah satu diantara nama Allah itu Syakir Hai salah satu diantara nama Allah adalah asyakir Hai pandai bersyukur loh nggak bersyukur bersyukur dalam arti pandai memberikan balasan dan Allah Ketika memberikan balasan atas kebaikan oleh kasih yang terbaik nge-rap Allah berfirman Ines oval marwata mint syairilla mentato Khairan Barang siapa yang apa melakukan amal yang lebih baik kemudian Allah akhiri di ayat itu inilah syakirun Alim Sungguhnya Allah Dzat yang pandai bersyukur artinya pandai berterima kasih memberikan balasan kepada hambanya yang beramal sholeh Hai nah Ketika ada seorang hamba yang dia tidak pandai berterima kasih kepada Salman usia maka alokasi balasan kalau tidak akan berikan balasan baginya Allah tidak akan bersyukur kepadanya hatinya tidak akan memberikan balasan yang baik untuknya nah Hai Karena itu jika ingin mendapatkan balasan yang terbaik dari Allah jadilah hamba yang pandai bersyukur Hai selanjutnya sampai disini kita hanya membahas bahwa memberikan kelebihan ketika melunasi hutang hukumnya dianjurkan bukan cuma mubah tapi apa dianjurkan kesimpulan dianjurkan dari keterangan an-nawawi rahimahullah dan itu merupakan kesimpulan beliau ketika membaca hadits Jabir bin Abdillah radhiallahu anhuma Hai selanjutnya kita akan membaca sarat bolehnya memberikan kelebihan Hai hanya saja melunasi utang dengan memberikan kelebihan tidak berlaku mutlak ada Beberapa syarat yang harus dipenuhi agar kelebihan ini dibolehkan Hai yang pertama Hai kelebihan tidak disyaratkan dan dismatau disepakati di awal Hai tidak disyaratkan atau disepakati di di awal baik Hai jika ada persyaratan atau kesepakatan di awal maka kelebihan itu riba Hai singa misalnya utang satu juta kesepakatannya nanti tolong dibayar 1000100 adanya kesepakatan itu menyebabkan transaksi ini menjadi apa riba Hai mbek yang kedua kelebihan murni Hai atau ini kurang ini kelebihan ini Hai itu memberikan kelebihan dalam transaksi utang murni atas inisiatif dan keinginan orang yang berutang dan bukan permintaan pemberi utang Hai jika kelebihan ini karena permintaan pemberi utang maka ia termasuk riba Meskipun tidak ada kesepakatan di awal Hai prinsipnya setiap Keuntungan yang diperoleh dari utang adalah riba Nda misalnya sia.mer hutang kepada CB senilai satu juta saya bayar satu juta atau dia bilang Sabar Hai lebih mengatakan kurang tolong kasih tambahan jadi tambahan itu atas permintaan Siapa yang memberi utang maka ini Hai baik yang ketiga Hai tidak terjadi tradisi di masyarakat tidak terjadi tradisi di masyarakat Hai jika memberi utang saat pelunasan Hai jika memberi kelebihan saat pelunasan Hai jika memberi kelebihan saat pelunasan menjadi tradisi di masyarakat statusnya sama dengan mempersalahkan di depan screen tradisi itu menyebabkan adanya kesepakatan sebagaimana dinyatakan dalam sebuah kaidah al-ma'ruf urfanicol masrul tirton apa yang menjadi tradisi itu sama sebagaimana kesepakatan eh salah satu contoh penerapan kaedah tradisi di atas adalah kejadian yang pernah diceritakan oleh Abu Burdah Hai beliau anaknya Abu Musa al-asy'ari ketika Abu Burdah berada di Irak beliau bertemu dengan sahabat Abdullah Bin Salam peradilan Hai yang telah Bin Salam Ini dulunya adalah pendeta Yahudi kemudian masuk Islam ndak dan beliau banyak memberitahu Nabi Shallallahu wasallam tentang Ada apa di dalam Taurat kadang beliau memberitahu kepada nabi salam hutang Ada apa di tahun sampai ketika Eh ada debat ya antara nabi salam dengan orang Yahudi Hai pakai hukum Apa kalian pakai hukum Taurat baik bawakan Taurat Hai nah Mereka ingin menentukan hukum bagi pelaku zina itu apa di dalam Taurat rezekinya disodorkan taurot tapi ditutupi ini Coba lihat sekarang ada nggak ayat tentang Rajab ditutupi dengan tangannya eh tentang raja Abdullah Bin Salam menyampaikan kepada nabi salam ya Rosulullah minta tangannya itu dibuka WAnya dibuka nah di bagian yang ditutupi tangan tadi ada ayat yang berisi hukuman bagi pelaku zina adalah dirajam baik dan kejadian ini setelah wafatnya Nabi Salam alburdah ketika di Irak bertemu dengan sahabat Abdullah Bin Salam Hai kemudian Abdullah Bin Salam menggandeng Abu Burdah dan mengajaknya kerumah sampainya di rumah Abdullah bin Sallam memberi nasehat kepada Abu Burdah Hai Inna coffee often are bakhshi kamu berada di satu wilayah satu daerah di mana riba itu tersebar dimana-mana wine Namina buah pir riba dan salah satu diantara pintu tak hanya hendak Um ya Cradle Kardo ilaha janin Hai ada diantara kalian yang memberikan utang sampai batas waktu tertentu Hai Faiza balaghoh atau ketika jatuh tempo sudah datang maka yang memberi utang yang memberi yang menerima hutangnya Saya ulang yang menerima utang itu datang atau ubi datang untuk melunasi wa bisa latin VH hadiyatun dan membawa keranjang isinya hadiah-hadiah Hai ini kebiasaan di masyarakat Irak Hai sehingga utang berapa misalnya 500.000 saat bayar bahwa 500.000 kemudian diserahkan lalu membawa sekeranjang hadiah-hadiah di kemudian Hai Abdullah bin Sallam menasehatkan 4taki tilka salah muhamafiyah Peter kitil Khazanah mafia bertakwalah kepada Allah atau hindari tilka salah hindari keranjang itu dan isinya Jangan kau ambil Hai sehingga keranjang itu jangan diambil hadiahnya juga jangan diambil karena itu termasuk riba ya udah Hai sekalipun pihak yang memberi utang tidak memperoleh meminta hadiah tambahan setiap hai ketika pelunasan utang dan sekalipun tidak ada kesepakatan di awal Hai namun menurut sahabat Abdullah Bin Salam ini tetap dilarang Hai karena Pemberian hadiah saat melunasi utang telah menjadi tradisi di Irak saat itu sehingga berlaku kaidah apa yang menjadi tradisi statusnya sama seperti kesepakatan Hai apa yang menjadi tradisi sama sebagaimana kesepakatan Hai berdasarkan kaidah tadi al-ma'ruf Urfan karena sruti sarfat kayaknya kita bisa terapkan dalam kehidupan sekitar sehari-hari misalnya begini Anda mengundang tukang hai lalu meminta tolong kerja di tempat saya selama sepekan ya ngapain Nanti renovasi rumah Benerin ini siap disitu tidak ada ucapan kesepakatan ndak ada ucapan kesepakatan nanti kerja dari jam berapa sampai jam berapa kemudian gajinya berapa hariannya Lalu ada makan siang ataukah tidak ada ucapan ndak ada kesepakatan depan Hai tapi sudah sama-sama saling paham ya sudah sama-sama saling paham kalau ngundang tukang seperti ini kerja dia dari Jamaah sampai jam bisa jadi 08.00 sampai jam lima misalnya satu Lalu nanti hari Ahad pasti libur sehingga tukang nggak datang di hari Ahad memang tradisinya kayak libur Kalau tukang datang Ahad Nah itu lembur terhitung kecil lembur yang ketiga misalnya Eh ada makan siang yang keempat gaji hariannya sekian itu apa itu huruf Hai yang mengatur itu adalah orang maka dengan adanya huruf jadilah kesepakatan ia biasanya kayak gini Mas biasanya kayak gini biasanya kayak gini biasanya seperti ini Apa itu work well Ma'ruf Urfan kalimat soroti serta dan apa yang sudah menjadi kebiasaan yang sama sebagaimana yang disepakati maka itu adalah huruf sehingga apa yang jadi huruf itu yang digunakan sebagai standar Hai Anda mengundang guru les privat datanglah dia ke rumah kemudian ngajar biasanya berapa jam rata-rata satu setengah Dia ngajar satu setengah jam sudah selesai ngajar pulang biasanya dikasih makan atau tidak biasanya sih nggak dikasih makan tapi ada snacknya kasih snack Hai terus biasanya upah satu setengah jam itu berapa Nggak nyebut di awal tapi ada huruf huruf yang dijadikan sebagai standar Hai sehingga Kenapa apa yang jadi orpes itu disebut sebagai kesepakatan Hai al-ma'ruf Urfan Hai Dalmas Rudy serto click to download apa yang menjadi kesepakatan apa yang menjadi huruf sama dengan kesepakatan sehingga disini orb sama dengan kesepakatan hal ini tidak hanya berlaku dalam transaksi utang tapi ini berlaku dalam semua Muhammad Hai apa yang sudah menjadi huruf itu sama dengan kesepakatan berlaku dalam semua bentuk muamalah Hai sehingga kita bisa jumpai dalam tradisi ABC yang itu diakui oleh masyarakat dan masyarakat melakukan transaksi itu dan mereka tidak mengingkari karena apa yang jadi huruf sama dengan kesepakatan Ayo kita lanjutkan mecari Hai kasus koperasi simpan pinjam eh salah satu yang menjadi kegiatan ekonomi di masyarakat adalah adanya koperasi simpan pinjam Hai Beb Hai dana yang dikumpulkan dari anggota dipinjamkan secara bergiliran kepada anggota yang membutuhkan Sesuai dengan kesepakatan bahwa peminjam akan memberikan kelebihan pada waktu pengembalian Hai peminjam dengan kesepakatannya peminjam akan memberikan kelebihan pada waktu pengembalian ada juga yang kelebihannya diberikan secara sukarela dari peminjam Hai baik sebagian orang mengatakan kelebihan yang sukarela ini bukan riba Hai mereka beralasan bahwa kelebihan ini sifatnya sukarela murni atas inisiatif peminjam dan tidak disepakati nominalnya di depan dan kami menemukan ini di koperasi simpan pinjam RT masyarakat utang 500.000 utang sekian ratus 300.000 sudah jadi kesepakatan disitu ketika melunasi yang ngasih Rp20.000 10.000 sukarela I have been lebih dari itu penghasilan koperasi dinikmati bersama dari rakyat oleh rakyat untuk pengurus untuk rakyat play Apakah benar dengan alasan Ini berarti bunga di koperasi itu menjadi mubah dan boleh Hai sekarang kita lihat pernyataan ini tidak benar Hai sekalipun kelebihan itu sifatnya sukarela atas inisiatif peminjam dan nominalnya tidak ditentukan akan tetapi kelebihan ini merupakan kesepakatan bersama Hai jadi memang sudah jadi kesepakatan masyarakat pinjam disini ngasih kelebihan meskipun nilainya mah sukarela Hai atau tidaknya sudah menjadi tradisi yang tidak terpisahkan dari koperasi simpan pinjam Hai namanya saja koperasi simpan pinjam party simpan pinjam Hai dan koperasi pasti akan mengambil margin keuntungannya dari mana Hai satu-satunya jawaban adalah Oh ya dari tambahan nasabah sedangkan apa yang menjadi tradisi statusnya sama dengan kesepakatan dengan demikian kelebihan itu adalah riba meskipun nominalnya tidak ditentukan karena bukan syarat ribah nominanya harus ditentukan bukan syarat riba nominalnya harus tertentu Hai kasih tambahan lapak nah berapa seikhlasnya Nggak papa Hai seikhlasnya ya kalau saya nggak ngasih jangan harus ngasih la seikhlasnya enggak papa setelah ini saya kasih 5000 ikhlas Hai ikhlas Kenapa karena diminta Hai Coba kalau nggak diminta jangan bakalan ngasih ada salah satu Bilbo Emangnya kalau di hotel itu ya Bil Boy Hai jadi kita sebagai tamu misalnya kemudian masuk ke hotel diantar tasnya itu nungguin di depan hai loh udah selesai tugasnya nungguin Ayo kita biarin aja tangannya begini tangannya begini oh nya dong ya kalau nya dong begini berarti minta sesuatu hanya dikasih Hai dan kalau ndak mereka nggak pergi ke Hai karena sudah menjadi tradisi bagi mereka bahwa ngantar tas tamu itu dibayar dikasih tips pada lem sebelumnya enggak boleh nungguin terus mah daripada ribut sama orang ini ya suruh pergi aja dikasih mungkin sekian ribu kecil ya yang nilainya kecil baik padahal seperti itu hukumnya tidak diperbolehkan Makanya eh bagi kaum muslimin tradisi ketika ini diteruskan itu bisa memberikan efek buruk satpam hotel yang sudah digaji oleh ya Otel kemudian Bilbo I yang ngantar tas ketam ke ruang tamu ke kamar tamu itu kan karena memang sudah jadi tugas mereka dan mereka dapat gaji dari itu Hai terus karena kebiasaan tamu itu ngasih ya kadang Rp20.000 10.000 akhirnya kalau nggak dikasih Hai Rasanya aneh Hai Rasanya aneh makanya Padang email kayak gitu ya ngemil ini yang paling menguntungkan bagi mereka Thailand Wow tanam walhamdulillahi rabbil alamin dan Insyaallah untuk pembahasan berikutnya kita akan membaca hadiah sebelum tanggal Unas demikian mushola nabiyyina Muhammadin wa ala alihi washohbihi wasallam Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kaum muslimin dimanapun anda berada saat ini sedang dibangun Sekolah Dasar tahfidzul Qur'an Madina Islamic primary school dibawah Yayasan amal Abadi Indonesia yang dibina oleh Ustadz ammi Nur baits hafidzahullahu ta'ala di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Alhamdulillah sampai saat ini sudah terpenuhi 79 persen dari total anggaran sebanyak 2,6 miliar kami berharap pada bulan Hai 1423 Hijriah ini anggaran tersebut bisa terpenuhi dan mencapai 100% karenanya kami mengajak kaum muslimin sekalian untuk bekerjasama dalam membentuk generasi menghafal Alquran yang berakhlakul karimah dan berakidah Shahih dengan memberikan donasi terbaik anda untuk proyek yang mulia ini jazakumullahu khayran Semoga Allah membalas amalan baik anda dengan balasan yang lebih baik wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik] Waalaikum salam warahmatullahi [Musik] Syaikh uh uh [Musik] Alhamdulillah selanjutnya kayak persilahkan seandainya mau bergabung Halo Assalamualaikum Waalaikumsalam warahmatullah barakatuh lagu Face that movie kemarau mau nanya misalkan Syiah berhutang 10 juta Kepada si B kemudian dicicil selama 10 kali di awal terjadinya hutang itu udah Dil bahwa ini minjam 10 juta bayarnya juga kembali 10 juta tapi detail satu juta selama 10 kali kemudian di cicilan yang pertama Cia memberikannya Hai danxia bilang kepada CB mungkin kedepannya Saya mau ngasih 1000100 terus Apakah seperti itu diperbolehkan Ustad atau menjadi riba titik ketika cicilan pertama itu siap bilangnya 1000100 mungkin tiap bulan kedepannya cecak boleh satu lagi saat baik silakan yang kedua misalnya saya sering mengunjungi saudara di perumahan anu misalnya kemudian saya sering bolak-balik hampir seminggu sekali Suatu saat saya memberikan satpamnya kayak makanan atau roti oke itu boleh stand-by udah cukup besar jazakallah Khairan jaza baik untuk yang pertama CB memberikan utang kepada Syiah senilai 10 juta danxia memberikan pelunasan dengan cara dicicil tapi yang dia bayar adalah 1,1 perbulan padahal kesepakatannya akan satu juta perbulan tapi dikasih 1,1 perbulan baik apakah ini diperbolehkan depannya boleh jadinya riba dong Pak janda tinggal faktor itungannya aja yang digeserkan ide 1,1 kali berapa kali x = 10 juta temukan nilai x Hai berapa esnya Hai tinggal ini aja yang di yang anda ubah kita kalau ini sudah sesuai dengan nilai 10 juta akan selesai Benz ndak Tapi maksudnya tetap 10 kali Nah kalau 10 kali begitu tolong bedakan dua ini ya di bedakan dua ini kelebihan utang tersebut Hai kelebihan saat bayar utang Hai ada dua yang pertama adalah saat melunasi Hai saat melunasi Hai yang kedua sebelum utang lunas kep kepo Kamu Yang Pertama kita sudah bahas tadi Nabi Shallallahu salam menghancurkan ketika melunasi utang berikan sikap yang terbaik dan tidak lupa ngasih kelebihan nama salah ngasih lebih Tapi saat melunasi namun kalau hutangnya belum lunas ngasih Hadiah atau kelebihan hukumnya dilarang Hai dan ini akan kita bahas di Hai pertemuan berikutnya Isya Allah hadiah sebelum utang lunas kalau tadi kan hadiah saat melunasi utang dari itu berbeda ya Sehingga utang 10 juta baru DJ 5000000 Terus ngasih hadiah kelebihan ini saya kasih kelebihan saya bisa ngasih kelebihan saat ini le Terus yang 5600000 bayar 5000000 ndak boleh kayak gitu hai tapi kalau begini cicilan satu juta terus sampai sembilan kali begitu cicilan yang terakhir kurang satu juta dia ngasih 1,2 juta satu jadewa 1200000 ngasih seperti itu boleh atas inisiatif Pribadi tidak ada tradisi dan bukan permintaan dari pemberi utang Ya udah kalau itu yang dilakukan tidak masalah Hai sehingga untuk kasus yang anda sampaikan ada dua pilihan ya 1,1 juta 1000100 kali berapa angkanya AKB48 hissatsu koma satu pak belum dihitung dari tadi ndak 9,0 9 tidak ada ya 9,0 sembilan kali Kanda daya ini berarti Anggaplah sembilan kali Hai kali 9 = 9,9 juta plus ini Rp100 Hai Beb plus Rp100 Jadi kalau semuanya kayak gini nggak jadi masalah berarti tetap 10 juta dan dada kelebihan ndak ada kelebihan atau yang kedua yang kedua satu juta kali 9 plus satu Dini plus-size sebut cicilan terakhir 1,2 juta kali satu ini jadinya sama dengan 10,2 juta tapi ini terakhir diubah Hai ini bagian yang paling terakhir di ujung-ujungnya kayak gini Tidak masalah karena dia di posisi yang terakhir sehingga kelebihan itu diberikan saat pelunasan terakhir Hai wallahualam Kemudian yang kedua dia untuk satpam kemudian juga untuk beberapa orang yang sudah menjabat mendapatkan gaji Insyaallah nanti kita akan bahas ini lebih detail tentang masalah suap tips dan seterusnya di kajian buku bedah buku pikir ASN Insyaallah kita akan bahas itu dan pulang memberikan rincian karena sebenarnya tips itu tidak satu hukum ada juga dipengaruhi oleh latar belakang apa Kondisi niat kemudian orang yang dikasih dan seperti wallohu a'lam hai hai hai hai Hai assalamualaikum Ustaz Waalaikumsalam warahmatullah izin bertanya apa boleh kalau kita pinjam barang tapi Bayarnya pakai uang tapi ini sudah jadi kesepakatan kedua belah pihak misalnya kita pinjam besi tapi bayar pakai uang senilai dengan harga saat ini khawatir kalau dibayar besi juga takut khawatir kalau dibayar besi lama-lama takut karatan apakah yang seperti ini dibolehkan Ustad jazakallah error pinjam barang dibayar uang Hai pinjam barang dibayar uang misalnya pinjam semen tapi dibayar pakai uang pertama begini banyak akad ya di masyarakat kita akan bahas ini Hai banyak akad di masyarakat yang salah nama Hai tapi secara hukum boleh atau tidak boleh karena itu penting untuk mengetahui satu kaedah pahami akad pahami hakekat akad pahami hakikat-hakikat berdasar Hai berdasarkan konsekuensinya Oh ya Hai karena kita bisa mengetahui ini akad anakbaru88 konsekuensinya bukan berdasarkan namanya ini pentingnya the same ada ulama yang beliau membuat satu buku judulnya lawazimul aktif konsekuensi-konsekuensi aka karena dengan mengetahui konsekuensinya kita bisa memahami hakikat dari akad itu ini akan Aini akan B dan seterusnya itu melihat apa konsekuensinya Hai seperti kemarin sudah kita bahas misalnya bank syariah menyebutnya Waqiah adalah hanya itu akan utang karena kalau melihat konsekuensinya itu lebih dekat kepada akad utang bukan lengkap Waqiah maka hakekatnya itu akan Waqiah bukan utang kemarin kita menyebut ada orang yang Hai masyarakat menyebutnya sebagai gadai ini wadiah Hai wadiah bank syariah Hai wadiah di bank syariah lagi kami adalah hutang I have in ia ditanya utang akad chord OK Google bukan wadiah Ayo kita juga mengenal ada gadai Hai gadai SK KMA no ini bukan akad gadai tapi akad kafalah Hai hebatnya angkat kapal Hai Bisa jadi ada orang yang dia bilang pinjam tapi hakekatnya jual-beli Hai sehingga untuk kasus yang tadi anda sampaikan pinjam barang yaitu pinjem besi dibayar uang pinjem Semen dibayar uang hakekatnya Apa itu Hai lagi chatnya adalah jual beli kredit meskipun ibunya apa pinjam sehingga akad itu tidak dilihat dari nama tapi dilihat dari hakekat dilihat dari konsekuensi the Meg yang kedua Hai pinjam Hai berbayar ogah itu ada S1 untuk barang yang tidak habis pakai Hai untuk barang yang tidak habis pakai Contohnya apa motor-motor dipakai habis nggak mood oriented kali separuh mobil dan seterusnya Anda datang ke orang yang punya mobil Mas saya pinjem mobilnya ya mau dipakai kemana pak mau saya pakai ke Solo Jogja Solo tapi nanti malam balik Pak Ya siap bakpao dulu ya silakan pinjem dong terus nanti gimana ini ya biasanya kalau sehari ya 250-300 Nanti jenengan mau pilih harga mana terserah ya konco dewe Oh ya teman sendiri berarti 354 larang ya Nah lalu dia pakai tapi ada kesepakatan nanti akan bayar 350 berarti di sini hakekatnya adalah dekatnya akad sewa-menyewa Hai Kakak pijar Hai baik yang kedua untuk barang-barang Hai yang habis pakai the lounge video untuk barang habis pakai Hai sudah Contohnya apa brush Hai bahan makanan kemudian apalagi apalagi tadi semen pesisir dan seterusnya sudah Kepo itu ada dua kemungkinan Hai jika dikembalikan jika dikembalikan dengan yang sejenis Hai dikembalikan dengan yang sejenis Hai maka itu akan nya Hai pinjem beras balik beras boleh nggak gitu boleh berarti utang beras kembali beras di sebagian masyarakat petani seperti itu rumah Syiah sudah panen CB panennya masih tiga bulan lagi tapi lumbung berasnya sudah habis lalu dia utang sia-sia utang misalnya satu kintal 100 kilo kemudian a-match beras ke sih b110 saat B panen Hai berasnya habis bank lunasi Keshia 100 kilo pula sebentuk umum di masyarakat petani mereka gantian utang beras karena panennya itu tidak seragam dan seperti ini diperbolehkan karena hakikat yang terjadi di situ adalah akad utang piutang yang kedua yang kedua Hai dikembalikan Hai dikembalikan dengan tidak sejenis Hai baik contohnya pinjem semen mau dipakai apa Ya tentu saja semen kan habis pakaian tidak mending good dipakai bantal ya pasti akan dikembalikan ada apa akan dipakai dan itu akan habis Terus eh pengembaliannya pakai apa tidak sejenis pakai uang kata apa maka ini statusnya adalah jual beli kredit Hai nah boleh nggak jual beli kredit kayak gini boleh asal harganya Jack jelas sehingga saat utang besi ini berapa harganya ya pakai harga yang berlaku ketika itu baik apa-apa berarti itu harganya jelas hukumnya diperbolehkan wow Hai silahkan Hai Terus lama Android jadi pertama bodoh Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh Hai pertambangsn tapi Kumar kalah apa Bapak Hai setelan cheese jenis pada saat kita pencet mobil atau tentang mobil lahir berarti lalu di situs yang diajak lama itu Hai yang diangkat kok yang diajak atas nama Hai saya atau dan memberikan C mobil sementara kami belum begitu jelas putus tadi Pak Anda bisa usia kredit mobil lalu Cia kredit mobil hai Hai nah Hai surat sore the temen2 testimoni Vi Syiah yg Hai surat-surat mobil atas nama Syiah atau CB atau CB CB ini penjualnya betul baik karena ada habis yang menerangkan bahwa hai eh nggak boleh ada akan bergabung kalau barang itu belum dibeli q-16 tidak boleh ada akan jual-beli kalau barang belum dimiliki Oh iya Nam nah baik yang jadi pertanyaan Hai yang jadi Pertanyaan pada saat kita Hai itu apakah surat itu apa STNK itu atas nama Jumat kau tidur Bye juga bapak advenger Teguh tentang masalah pomade tutup masalah shalat shalat Hai pada saat apa namanya makmum masbuk Hai itu pada akhir rakaat entah itu di shalat yang digerakkan magrib ataupun yang pada saat Hai itu pada saat bergerak kepegang tasyahhud akhir Hai itu kita mengikuti tutup batin posisi duduknya Imam atau kita dudukin maksud Hai baik Hai nama itu aja terima kasih Jono saya berdoa memohon pertolongan Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh baik untuk kasus yang pertama di bedakan antara kepemilikan dengan atas nama kendaraan sebagaimana bedakan atas kepemilikan lahan dengan atas nama di sertifikat karena yang kita ketahui sebatas atas nama itu tidak menunjukkan kepemilikan banyak orang dia punya mobil lebih dari satu karena takut kena pajak progresif akhirnya dia pinjam KTP tetangganya yang sudah mati soalnya dah mati ktp-nya kan masih masih hidup ktp-nya kan seumur hidup benda ini dan orang enggak tahu ndak tahu ya di dealer juga dia nggak tahu jalannya ini orangnya masih hidup atau sudah mati Ada nggak cek KTP ini masih hidup dan mati Oh ya Saya kira kau nggak ada seng Orange sudah meninggal dunia ktp-nya dipakai atas nama kendaraan Hai Terus gimana ini apakah berarti ketika dia pinjem KTP tetangganya itu sama dengan hibah mobil tetangganya Wah senang sekali tetangganya ya Hai sehingga kadang ada orang yang punya mobil lebih dari satu diatasnamakan tetangganya atas nama siapa karena khawatir nanti akan kena pajak progresif dan ini termasuk salah satu diantara titik sengketanya potensi sengketa ada seorang suami yang belimobilbaru atas nama istrinya dan itu mobil yang kedua mobil ketiga bgt atas nama istrinya begitu orangnya mati dan tidak pernah ada pernyataan itu di bahkan Destria Oh begitu orang ini mati wah itu jadi sumber sengketa istrinya menganggap Ini mobil saya Hai bukan mobil bapak karena itu jangan dijadikan sebagai objek warisan sehingga itu murni jadi milik istri ndak anak-anaknya nggak terima atau saudara-saudara suaminya enggak terima onta itu belum dihibahkan dulu bapak ping beli atas nama istri Karena kekhawatiran kena pajak progresif dan seterusnya itu hal yang umum di masyarakat maka yang kami ketahui sebatas atas nama huruf di tempat kita menunjukkan bahwasanya itu tidak menunjukkan kepemilikan Hai makanya administrasi seperti ini tidak mempengaruhi jalur aka baik adanya hadits yang menyatakan laut tapi Malaysia Indah jangan kau jual-beli jangan kau menjual barang tidak kau miliki hadits dari hakim bin Hizam Beliau pernah menjual barang yang belum dimiliki dan dilarang oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam Hai hadits ini Hadits yang Shahih namun memiliki itu tidak harus dalam bentuk seluruh atribut objek itu atas nama dia sehingga bisa saja orang memiliki mobil truk mobil itu atas nama orang lain sia beli mobil platnya nggak ganti-ganti di atas nama siapa malah dia mau balik nama katakan di tempat kita cukup mahal dia beli motor nggak ganti-ganti sehingga nanti pinjam KTP kadang nembak KTP nggak ganti-ganti itu hal yang umum di masyarakat dan itu tidak Berarti bahasanya belum pindah kepemilikan terutama mobil bekas mobil baru juga sama sehingga kalau B sudah membeli mobil itu dan sudah jadi miliknya mobil diantar ke tempatnya P lalu dilakukan akrab dengan Hai setelah Deal akad dengan cara kredit a.mom bayar DP mobil di bawah administrasi menyusul di belakang langsung atas nama a Hai boleh tidak ini Insya Allah tidak masalah selama B sudah memiliki mobil itu dan sudah menerima mobil itu karena syarat seorang trader mulai menjual adalah dia sudah memiliki barang dan dia sudah menerima barang tersebut wafer selanjutnya Hai Bagaimana sikap yang tepat makmum yang masbuk ketika imam duduk Tasyahud akhir yang disitu ada perbedaan cara duduk ada perbedaan cara duduk Apakah makmum mengikuti duduknya Imam sampai Hai yaitu sama-sama tawarruk ataukah makmum duduknya iftiros karena dia belum Tasyahud akhir gede Jadi kenapa iftiros dia belum kesedot Hai baik ada kilap diantara ulama dalam masalah ini sebagaimana menyebutkan makmum ikut imam-imam tawarruk makmum tawarruk lembek sehingga ketika itu duduknya makmum tawaro tapi harus diingat ya ini kurang satu jangan sampai gara-gara tawar rohingya salam quotes alam lupa karena yang kedua like pendapat yang kedua adalah bahwasanya makmum duduk iftirosy dan boleh ada beda dengan imam dalam masalah ini karena perbedaan ini tidak Bachir Hai perbedaan yang tidak diperbolehkan antara imam dan makmum adalah perbedaan yang bohir perbedaan dua yaitu Bagaimana perbedaan yang kalau dilihat dari luar nampak berbeda yang satu Cut yang satu berdiri yang satu duduk yang satu sujud misalnya nah itu enggak boleh imamnya sudah duduk Tasyahud akhir makmumnya masih sujud Kok lama sekali nggak bangun-bangun doa Oh ya Coba kalau pemahaman makmum seperti ini Hai menyebar ke seluruh masyarakat dan dipraktekkan oleh masyarakat hai imam Masjidil Haram sudah allahuakbar susu terakhir satu Masjidil Haram sujud semua hai imam Masjidil Haram sudah duduk di Tasyahud akhir satu Masjidil Haram sujud doanya kan beda-beda ada yang panjang ada yang pendek sehingga bangkitnya gak karuan ngerusak soal jamur Hai merusak kebersamaan sholat jamaah nge-rap atau membaca Fatihah makmum belum selesai karena dia masbuk imamnya sudah ruko salat duhur misalnya makmum sudah di ayat terakhir lem yalid walam yulad walam yakullahu kufuwan Ahad makmum baru datang dan menjadi dua lam yulad mendatang Allah kau blender syaiton nirojim Bismillahirrohmanirrohim Alhamdulillahirobbil maem Imam ruko Allohuakbar ini baru iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in ihdinas sirotol Mustaqim Hai selesai Fatiha baru allahuakbar ini bangkit samiallahulimanhamidah ini allahuakbar ini sujud allahuakbar ini samiallahulimanhamidah kalau itu terjadi di mesjid yang gede-gede dan makmum yang masbuq itu bergantian kira-kira gimana Hai merusak kebersamaan salat jamaah makanya nabi salam meminta indahmaju i5 multiutama B headache Biru by darkhan Wahida saja davas judul wedus Solo dulu fade ashlu jurusan ajmaun Imam itu dijadikan untuk diikuti kalau dia takbir takbir lah kamu kalau dia ruko-ruko lah kalian Hai kalau dia sujud sujudlah kalian Hai sehingga makmum harus mengikuti gerakan imam meskipun Hai bacaan dia belum selesai nah itu yang dimaksud mengikuti imam yang tidak boleh ada beda tapi kalau yang minor misalnya cara duduk dengan nggak kelihatan dari luar sama-sama duduk imamnya duduk membutuh cuman mungkin beda model yang satu tawarruk yang satu ikhtiraj seperti ini pendapat yang kuat diperbolehkan Wallahu A'lam wa Shallallahu Ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi washohbihi wasallam wa akhiru da'wana Anil hamdulillahi rabbil alamin subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaih Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh