Sabtu, Oktober 16, 2021

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Bayar Utang Di Masjid ini Umi Mimi ambil dari Youtube Ammi Nur Baits, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Bayar Utang Di Masjid ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Bayar Utang Di Masjid

Bayar Utang Di Masjid | Ustadz Ammi Nur Baits, ST., BA

Hi Ho Hai Cantik Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh Kyle hamdulillahi rabbil alamin Hai washolatu wassalamu ala asrofil mursalin lebih Maulana Muhammadin wa'ala alihi washohbihi ajma'in wa Asyhadu alla ilaha illallah wahdahula syarikalah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warosuluh Shallallahu alayhi wa'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam atas dimengerti roh Alhamdulillah kembali di pagi hari ini kita melanjutkan kajian dengan membaca buku ada orang utang dan insya Allah kita akan membaca Bolehkah membayar utang di mesjid seperti yang telah kita pahami bahwa Hai terdapat larangan untuk melakukan praktek jual-beli di mesjid dan larangan itu disebutkan secara tegas dalam hadits dari Abdullah bin Amr Bin as Beliau mengatakan nah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam and Yin masjid kwazulu loh Shallallahu Alaihi Wasallam melarang praktek jual-beli disini beliau menegaskan Anis Siro Wahlberg lebih sela-sela melarang menyembelih maupun menjual kazrog membeli al-baik menjual film mesjid dilakukan di masjid hadisnya dirikan 15 m Abu Dawud dan dinilai Hasan oleh Tirmidzi serta an-nawawi dalam Riyadus Sholihin kemudian dalam riwayat yang lain dari sahabat Abu Hurairah radhiallahu anhu Hai Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah memberikan saran kalau sampai kalian menjumpai ada orang yang melakukan transaksi di mesjid Hai atau menawarkan barang di mesjid idroid Um meyabi Ungu ya betah ufeel masjid kalau kalian melihat ada orang yang menjual atau dia membeli di mesjid fakulu maka ucapkan lahar bahwa Allah tidak rata Semoga Allah tidak memberikan keuntungan untuk perdagangan mu Hai dan hadits ini diriwayatkan oleh at-tirmidzi dinilai Shahih oleh Syaikh Albani dalam Al irwa' Hai baik dan masih ada beberapa redaksi yang lain yang menunjukkan bahwasanya jual-beli di mesjid itu disamping dilarang juga mendapatkan hukuman bentuk hukumannya apa dalam bentuk doa buruk untuk orang yang melakukannya doa keburukan itu dengan maksud dalam rangka Lee ta'zir untuk memberikan hukuman ta'zir kepada pelakunya agar dia segera berhenti Hai dan tentu saja efek ini akan berpengaruh jika doa itu dibaca dengan keras sehingga misalnya kita melihat ada orang yang praktek jual beli mesin lalu kita sampaikan semoga yang jual-beli di mesjid ini enggak untung Hai Terus gimana berantem nanti ya mungkin penjualnya akan marah atau dia tersinggung atau ada faktor yang lain intinya orang didoakan keburukan enggak mau ke hai manusia kalau didoakan keburukan itu dia akan gak dia takut dia nggak mau apalagi ketika doa itu diucapkan diucapkan dengan latar belakang yang benar alasan yang benar Hai seperti orang yang didholimi ketika dalam posisi di tol ini dia boleh berdoa kepada Allah dengan suara sedikit dikeraskan agar didengar oleh orang yang menzalimi Hai dan itu akan membuat takut orang nonton Hai karena itu ketika orang melakukan tindakan kedhaliman Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam memberikan peringatan Hai hati-hati dengan faktaku dakwah termasuk hati-hati dengan doanya orang dzolim pain away sampai nah wabainal hijab karena tidak ada penghalang antara dia dengan Allah subhanahuwata'ala paint selanjutnya ulama berbeda pendapat apakah larangan ini larangan haram Hai ataukah larangan makro Hai baik Hai ada sebagian yang mengatakan buah larangan ini adalah larangan yang makruh sehingga transaksinya tetap sah namun mahal karoha namun perbuatannya adalah perbuatan yang makruh dan ini merupakan pendapat jumhur ulama ini merupakan pendapat jumhur ulama pendapat yang kedua Hai bahwa larangan ini bersifat haram dan karena haram sebagai konsekuensinya akarnya jadi bate kakaknya patah karena terdapat kaidah-kaidah hai aneh yogyakarta-denpasar the adanya larangan menyebabkan konsekuensinya batal dan ini merupakan pendapat mazhab Hambali al-hafi Timur Rajab rahimahullah pernah mengatakan Hai Waka attirmidzi pizza Mi Hee attirmidzi menyebutkan dalam kitab jami' nya jam intermitra adalah Sunan Tirmidzi karena sebenarnya nama aslinya karena semuanya kitab ini lebih cocok disebut sebagai kitab jami' cuman digolongkan oleh para ulama dengan sunan wahack tirmidhi V jamihi Kaula inilah Hilal minat tabiin Fika Rohatil baik film masjid attirmidzi menyebutkan dalam kitab jami' nya ada dua pendapat ulama di kalangan tabiin tentang makruhnya jual-beli di mesjid Walker oh atuh Paulus Syafi'i Ahmad Ishaq bahwa Indah Sabina crowd At Tahrim Hai dan makruh disini merupakan pendapat Imam Syafii pendapat Imam Ahmad pendapat Imam Ishaq bin rawiyah dan menurut kami yaitu para ulama mazhab Hambali taruh di sini adalah karoh dalam arti haram dibenci dalam arti sampai tingkatan pada tingkat sampai pada tingkatan Harom Winda kasih deminal fuqoha karohatun tenzin sementara menurut jumhur ulama sifatnya makruh tapi tidak sampai harum hai thayib hai hai Hai termasuk juga tidak diperbolehkan untuk menghadirkan barang dagangan di mesjid waktal baik saat transaksi when full by mazalika Hai kemudian dilaksanakan jual-beli dengan adanya Hai Ibnu hubairah rahimahullah mengatakan Hai Wah talafu Ibnu hubairah ini ulama mazhab Hambali wa taala fulfill by Aisy rockville masjid ulama beda pendapat tentang hukum jual-beli di Mesir pamannya asiha tahu wajah-wajah Ahmad menurut Imam Ahmad tidak sah dan tidak boleh the local Abu Hanifah albay UC sementara menurut Abu Hanifah jual belinya boleh namun makro untuk menghasilkan barang di mesjid Hai pada saat transaksi sehingga kalau transaksinya tanpa barang ditoleransi menurut pendapat Abu Hanifah Wayan full baik mazalika dan akadnya sah kalaupun terjadi dan ini biasanya kan ibu-ibu lagi pengajian ya ngumpul sambil lama transaksi kau ndak Ustad transaksinya lewat WA terus di kajian ngapain serah terima jabatan terakhir mah barang masih jadi barang diserahkan uang di serahkan wa jazaa malikun Syafi'i Man karoha sementara menurut Imam Malik dan Imam Syafi'i mereka menilai jual belinya sah tapi makruh nah wallahualam Hai Nah selanjutnya Hai bolehkah praktek muamalah yang lain selain jual-beli karena seperti yang kita tahu ya diantara praktek-praktek muamalah itu kan banyak dan empat praktek muamalah yang paling ribet itu jual-beli karena melibatkan dua objek barang dan uang sehingga kalau itu dilakukan di mesjid loh Masya Allah masih jadi Maldini sehingga karena praktek ini ribet maka larangan yang paling berlaku adalah di jual beli sekarang kalau muamalah yang lain apakah diperbolehkan seperti Hai coba kita baca Disini Hai diantara aturan yang berlaku untuk masjid adalah tidak diperkenankan jual-beli atau menawarkan produk menawarkan barang di mesin ia bahkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menganjurkan jika ada orang yang menawarkan barang di mesjid agar didoakan dengan doa buruk semoga dagangannya tidak laku semoga part semoga enggak untung semoga bangkrut satu hal ini sebagai hukuman baginya karena Mesir tidak dibangun untuk berjualan di dalam hadits Dari Abu Hurairah radhiallahu Anhu yang tadi sudah kita baca Ya idaarah itu man ya Buu ya betah ufeel masjid vakuola achjar otak kalau kalian lihat ada orang yang menjual atau membeli di mesjid ucapkan semoga perdagangan mu tidak Allah berikan keuntungan Hai dan dalam riwayat yang lain keterangannya adalah naha nabi sela-sela melarang dan ini riwayat Abdullah bin Amr Bin as kita langsung beralih ke sini Hai apakah utang termasuk jual beli Hai para ulama membedakan itu Insyaallah ya Sehingga utang dengan jual-beli itu dua hal yang berbeda tidak ada unsur komersil dari pelunasan utang sehingga hukumnya berbeda dengan jual-beli Hai sebagai konsekuensinya boleh saja dilakukan di masjid Hai walhamdulillah wa sallam ini apa para jamaah Ibu senenge sehingga tradisinya masih bisa dipertahankan tapi sekarang kita lihat dulu ya Apakah itu berlaku umum dalam mukhtasar Khalil ini ulama Fiqih Ma ini apa referensi dalam fiqih Maliki dinyatakan Hai wazabi masjid jin sukna lirojulin Hai Fajar dalil ibadah Hai waktu nikahin wakodo hudaini workout dulu akrab warna ungu Hai diperbolehkan untuk dilakukan di masjid beberapa kegiatan berikut yang pertama hai bagi orang yang tidak sedang beribadah dia brodec dia boleh tinggal di mesjid Meskipun tidak sedang beribadah Hai misalnya nginep di mesjid Hai kemudian boleh juga melakukan akad nikah jadi disini beliau membuat daftar kegiatan-kegiatan di luar ibadah yang boleh dilakukan di Mesir Boleh bagi orang berada di mesjid meskipun dia tidak sedang ibadah berarti Oh ya kalau itik akan jelas bahkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala perintahkan agar Masjidil Haram itu dibersihkan dalam rangka untuk memberikan layanan bagi orang yang tikaf photo Herbert yalid pagi fine awal activeworkbook dari sujud Allah perintahkan kepada Nabi Ibrahim Alaihis shalaatu was Salaam wa Thohir by tialit boivin bersihkanlah rumah-ku yaitu mesjidil haram klitori fine untuk orang-orang yang thawaf walkiefleet dan orang-orang yang etika Hai artinya begini orang etik aplikasi layanan dalam ayat ini kalau misalnya Anda diperintahkan ya Tolong Mas bersihkan jalan itu nanti ada Si Ayang mau lewat Masya Allah saya bolak-balik lewat seperti ini enggak pernah jalan ini bersin begitu sih mau lewat jalannya Solo suruh bersihin ada banyak orang yang lewat di sini enggak pernah jalan ini diperintahkan untuk dibersihkan itu tolong kasurnya digelar karena nanti ada tamu X yang mau datang ke Halo Masya Allah kita Yang bolak-balik tidur di kamar ini enggak pernah dikasih kasur ini adalah Hai suruh gelar kasur dalam rangka Wah melayani tamu X berarti orang ini adalah istimewa bagi Siapa pemilik rumah Hai makalah perintahkan kepada Ibrahim Alaihis shalatu was salam untuk membersihkan mesjid letak Ify nonaktifin warukin sujud sebagai layanan bagi orang tua orang yang e-kitap Nah kalau berdiam di masjid karena itikaf jelas Hai atau bisa juga tajar rada nilai ibadah adalah dia mengkhususkan diri untuk ibadah sehingga ada orang yang tinggal di dalam masjid karena ingin memperbanyak ibadah Hai kemudian boleh akad nikah kemudian wakodo Udin boleh juga melunasi Hai membunuh Kalajengking termasuk juga ular dan seterusnya lalu tidur Choirul tidur siang bagi orang yang ingin beristirahat Hai baik di dalam Kitab penjelasannya muhibbul Jalil dinyatakan yakni annahu yuzu kode adain I feel masjid liannahu Ma'ruf pun bihil Avail by Yosef ndang artinya boleh bayar utang di mesjid karena ini hal yang biasa Hai hal yang biasa ya berbeda dengan praktek jual-beli dan berdagang Hai atau disini soft adalah tukar menukar uang Hai nah hai wallahualam Hai hutang di mesjid bayar utang di mesjid atau menerima utang di mesjid tidak terlarang karena ulama membedakan antara praktek ini dengan praktek jual-beli yang terjadi di masyarakat cuman begini jamaah hai eh sebisa mungkin ya kita fokus ketika di mesjid untuk kegiatan yang lebih bersifat ibadah Oh ya Meskipun diperbolehkan melakukan muamalah yang lain Karena itu Ya Allah Subhanahu Wa Ta'ala memuji Hai para sahabat Nabi SAW wassalam rijalun Latul him hijau Rotun walabi aion Andik Rela Hai mereka adalah orang yang mereka adalah sekelompok orang yang betul high IM3 Rotun walabi untuk rela tidak di tidak terlena mereka tidak terlena tidak terpengaruh Hai tijarotan walabi perdagangan maupun jual-beli Andik rela sampai melupakan untuk mengingat Allah ta'ala Hai karena para shahabat nabi shallal selam begitu masuk waktu shalat aktivitas ditinggalkan lalu mereka fokus untuk ibadah saat Hai dan dipuji oleh Allah gereja rendah tulhikum tijarotan walabi untuk lihat padahal seperti yang kita tahu ya orang kalau lagi di puncak berkegiatan tiba-tiba datang waktu salat itu yang paling berat sholat apa Hai kasar Hai warna-warni lagi senang-senangnya masang keramik atau lagi apa pas lagi rame-ramenya orang datang tiba-tiba tutup yang ditinggalkan seluruh kegiatan Hai seakan terasa berat baik tapi itulah karakternya sahabat nabi Yunus atap Ndah Hai Nah selanjutnya jika utangnya besar hukumnya makruh Hai atur toshi dalam al-hadits Wal bida' menerangkan Hai atur those ini ulama madzhab malikiyyah dan beliau ketika salat itu mengangkat tangannya kemudian sedekat mengangkat tangan ketika Takbiratul Ihram ketika mau ruko ketika i'tidal Hai dan gara-gara itu sampai beliau pernah mau dibunuh Hai oleh Hai Aapa penganut mazhab malikiyah ndak blog'e usah diceritakannya ceritanya kita lompati dulu fokus ke sini Ok Google di dalam al-hadits lebih dari menerangkan roh Ibnu Qosim bin Malik Ibnu Katsir meriwayatkan dari Imam Malik Ibnu Qosim ini adalah murid seniornya Imam Malik salah satu diantara murid senior Imam Malik yang beliau belajar kepada Imam Malik selama 16 tahun nyet Hai beliau orang Mesir kemudian nikah Setelah nikah pada saat istrinya hamil anak pertama Hai imco sih ngomong kepada istrinya Hai saya sejak bujangan itu sudah punya tekad untuk mulazamah belajar bersama Imam Malik Hai dan saya pingin untuk menunaikan tekad itu kamu punya dua pilihan bersabar untuk menunggu saya pulang Hai ada yang kedua silahkan mengajukan gugat cerai Masya Allah dalam kondisi apa hamil Hai kira-kira pilih yang mana dua-duanya Nggak enak ya yang pertama janda dalam kondisi hamil yang kedua harus siap untuk nunggu sabar ditinggal oleh suami belajar kepada Imam Malik Hai dan wanita sholehah ini pilih yang kedua Baik saya bersama rekannya ini Causin Kemudian beliau belajar kepada Imam Malik Hai sampai dijemput oleh anaknya Hai yang hamil yang masih dalam kandungan tadi anaknya ketika lahir kemudian diusia 16 tahun Dia pengen sekali ketemu bapaknya hanya Bapak ibunya memberitahu Bapakmu ada di majelisnya magrib berangkatlah sang anak bersama rombongan jamaah haji kemudian Setelah tiba di Madinah banyak ketika di mesjid Nabawi dimana Ibnu Qosim Orang ditanya itu kenal di samping yang memeriksa Idul Kasep Hai saat kemudian dia menghampiri bapaknya Hai ini bapaknya yang tidak pernah ketemu ketika mereka bersalaman Hai bapaknya mengatakan sambil warna Saya mencium bau anak dan memang itu anaknya dan pengaruh besarnya adalah Imlek costume Ketika pulang itu jadi ustad Kibar ya di Mesir beliau jadi rujukan dalam menjelaskan pendapatnya Imam Malik sehingga madzhab Imam Malik tersebar di Mesir ke arah barat share kemudian Aljazair kemudian Maroko Libya dan sekitarnya mauritania dan sekitarnya negara-negara Islam yang ada di Afrika itu yang paling berkembang adalah mazhab malikiyah meskipun kemudian Mesir terjadi pergeseran madzhab ketika imam Syafi'i berada disana banyak juga orang yang mengikuti imam Syafi'i dan hai eh salah satu riwayat yang disebutkan bosannya Imam Syafi'i itu hai ketika berada di Mesir dan beliau punya mazhab yang berbeda dengan mentimun Malik sempat terjadi ketegangan dengan orang Mesir bahkan sampai ada orang yang memukul Imam Syafi'i Kalian mau Safi'i nama menyampaikan pendapat yang berbeda dengan mazhab malikiyah by Im Kosim dari Imam Malik pakai melihatkan dari membalik dalam Al majmu'ah Nda Baksa Ayah Kebyar rojul masjid daban Pakam memakan nabi magnet hijau longsor pada Oke book tidak masalah orang melunasi utang di mesjid melunasi utang emas dapat Hai Adapun jika sampai pada tingkatan berdagang atau transaksi serve tukar menukar uang kalau heboh Saya nggak suka Hai dan kalimat Falah uhibbu sebagai seorang ulama itu bukan hal yang ringan sehingga mereka kalau mengatakan akrohu Aku benci aku nggak suka Hai karena mereka itu takut mengatakan saya haramkan itu Takut kenapa kok takut Hai mereka khawatir ini Hukum Allah Hai sehingga kalau saya haramkan siapa kamu mengharamkan Mereka takut Hai kecuali yang jelas Alquran menegaskan babi haram minum khamr Homer Harom aku haramkan Hammer aku haramkan batik Kenapa karena aku beriman dengan ayat yang mengatakan itu Hai aku Hm kan darah bangkai dan aku beriman dengan ayat yang mengatakan harumnya darah dan bangkai hewan Hai sebagai konsekuensi Iman namun kamu gedean jika ini sifatnya hasil ijtihad maka tidak sayang pada tingkatan aku haramkan timer Eka mengatakan akrohu Aku benci aku tidak suka dan seterusnya tujuannya di dalam rangka untuk lebih apa lebih menjaga adab kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala baik karena itu kalau kita mendengar untuk ulama mengatakan makro itu bisa berarti bisa jadi maksudnya adalah haram Hai putus ya transfernya putus rezeki bisa jadi yang beli maksud adalah harap kira-kira sehingga makruh di situ Maksudnya adalah karena menghindari istilah aku haramkan Maka jangan malah dijadikan sebagai dalil kan masih makruh seperti kejadian kemarin seorang Dai yang turut serta meresmikan gereja Hai setelah mendapatkan banyak hujatan lalu dia ingin menyampaikan alasan dia mau menyampaikan Apology alasan untuk menguatkan mendukung tindakannya ketemulah pernyataan dalam mazhab hanafiyah dalam madzhab Hanafiah cuma dinyatakan makruh masuk ke gereja lokal makruh akhirnya Kalau kamu bicara Makruh dalam dunia Vega itu jangan diartikan makruh seperti orang yang merokok Hai orang rokokan makro ini kalau mau gimana kita biasakan Aduh Subhanallah kalau sudah tahu makro ya dihindari terus gimana Pak saya enggak kuat ya kalau anda tahu makruh ya kalau pundak kuat misalnya ditekan sedih mungkin jangan sampai dilakukan sehingga Jadinya setahun sekali Anjir Kenapa saya enggak kuat karena emas tapi ini masih mager Oh yes tahun sekali ndak baik kembali ke sini ya Hai kemudian atur tusi berkomentar yang belum maksudkan adalah pelunasan utang yang biasa terjadi sehingga tidak butuh banyak aktivitas dan nilainya sedikit namun jika nilai utangnya besar Butuh banyak dihitung banyak pekerjaan yang perlu dilakukan maka hukumnya makruh telah mati Imam Malik membencinya sehingga bayar utang bawa duit segepok waktu ini ngitungnya gimana mengundang teman-temannya eh kita hitung bareng-bareng Hai Ustaz nya kajian mereka ngitung duit Hai itu kan Tapi biasanya kalau ini Kotak infaq ya jadi kajian belum selesai Hai panitianya apa ngitung duit Hai baik Hai contoh praktek membayar utang di mesjid yang nilainya kecil adalah seseorang melakukan transaksi jual-beli di luar mesjid seperti membeli buku di luar masjid namun belum dibayar Hai kemudian pembayarannya dilakukan didalam mesjid pembayaran ini terhitung pelunasan utang jika nilainya kecil tidak masalah Masya Allah dan yang sering terjadi ya jadi transaksinya lewat WA nanti tak kabutnya saat kajian Hai sehingga sudah deal ini Putuh misalnya apa utuh klepon atau butuh ketuk getir transaksinya lewat WA kemudian saat kajian ketemu Terus serah terima barang Neng sampai itu dijadikan sebagai sumber pendapatan ada salah satu pedagang Hai kalau ndak salah informasinya di daerah Bekasi Hai sehingga dia hanya memanfaatkan momen-momen kajian-kajian Bukalapak kajian Bukalapak dan tadi situ bisa beli rumah Masya Allah Alhamdulillah demi Barakati kajian ini bagian dari keberkahan kasihan walhamdulillahi rabbil alamin Hai Toyib selesai kita pembahasan transaksi utang dan muamalah secara umum di mesjid plugin Hai kemudian dilanjutkannya Tema kita adalah utang dalam keluarga Hai namun Insyaallah untuk theme ini akan kita bahas biar lebih lengkap ya Dan kita basti pertemuan berikutnya insya Allah Wa Shallallahu Ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi washohbihi wasallam Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kaum muslimin dimanapun anda berada Sekolah Dasar tahfidzul Qur'an Madina Islamic primary school adalah sekolah penghafal Alquran tingkat SD di bawah Yayasan amal Abadi Indonesia yang dibina oleh Ustadz ammi Nur baits hafizhahullah di Sleman Yogyakarta saat ini pembangunan sekolah dasar Tapi dulu Qur'an Madina Islamic Preschool tahap pertama telah mencapai penyelesaian lantai tiga dan lantai atap gedung Hai kebutuhan dana untuk penyelesaian tahap pertama sebesar 346 juta 400 Rp95.000 kami mengajak kepada kaum muslimin untuk bekerjasama dalam mencetak generasi Qurani yang berakidah Shahih dan berakhlakul karimah dengan memberikan donasi terhadap pembangunan sekolah ini semoga Allah ta'ala membalas kebaikan Bapak Ibu sekalian dengan balasan yang lebih baik washallallahu ala nabiyyina Muhammadin wa alaa aalihi wa shohbihi was salam Waalaikum [Musik] Syaikh yuhu yuhu i [Musik] hai hai hai hai hai hai hai hai hai hai hai hai [Tepuk tangan] hai hai Hai assalamualaikum Hai Assalamualaikum Waalaikumsalam hai hai hai eh Allah yang nengok more ngopo anak Dewi tangela ora percoyo menu tak bayasa bayar neodo saiki aku akhiran Didit dengan moramo romo-romo Rona deh aku warnai hydro opo iki wes yo Assalamu'alaikum wa'alaikumussalam nah hai hai hai hai Hai mujko ranaji Christmas tak bayar Mas Mas prabayar Mas Mas Mas Mas Mas Hai hamdulillah selanjutnya kain persilahkan Bagi anda yang mau bergabung kedalam waalaikum Waalaikum salam warahmatullahi Silahkan jika ada tiga orang yang bermain dalam hutang-piutang misalkan a-pink jam uang tetapi karena darurat kemudian karena B tidak punya uang maka sih berinisiatif untuk pinjamkan uang ke c nah alhabsyi key mau dan langsung memberikan uangnya the pinjamannya juga ah nah kita hutang ini tidak terbayar siapa nanti yang terganggu jawab surat baik di akhirat secara syar'i nya diesel baik lagi apa hubungan B dengan sih a b dengan single temen baik selanjutnya oke satu lagi di luar tema hal bagaimana tahapan Memangnya bekerja di suatu perusahaan untuk karyawan ya jika perusahaan tersebut menjual emas lewat online dan tidak tunai sikap demikian Ustad Terima kasih unit usaha perusahaan ini apa saja ini apa namanya ecommerce dia jual beli online dan emas itu salah satunya ya masalah kakinya betul baik dominan atau tidak IM3 dominan tapi kalau dibilang konsepnya sekitar 30% dari jual-beli mascara tidak tunai Chung bye pengen bakso bapakne Iya terima kasih terjaga Allah mujizatmu heran baik-baik untuk skema yang pertama seperti yang Bapak tadi ceritakan yang kami pahami ini lebih kepada akad kafalah atau abdomen sehingga kurang lebih alurnya kayak gini ya A hutan ke b tapi B tidak punya uang sehingga alur yang pertama ini tidak terjadi kalau yang pertama tidak terjadi hai lalu B meminta kepada C agar saya memberikan uang kepada ah dan Saya bersedia maka Disini yang berutang tetap hai berutang Hai tetap a Hai baik posisi B sebagai apa posisi B sebagai cavill travel itu penjamin Hai ini sebagai kafir penjamin Hai sehingga by yang akan menjamin bahwasanya ah nanti akan melunasi di Thailand terus si nagih ke mana Say nagihnya ke ah ah Hai jika akhirnya ta enggak bisa bayar atau tidak bisa dipakai hilang kontak Makasih boleh nagih ke B karena dia sebagai penjaminnya sehingga awalnya Diana jika dulu kalau ada masalah dengan ah maka Diana kikopi maka yang saya pahami disini posisi B adalah sebagai cavill penjamin atau sebagai domain penjamin objek sehingga nanti kalau nggak bisa bayar makan piang akan melunasi sementara kemudian nanti amal nasinya ke b wallahualam selanjutnya Ayo kita beralih pada kasus orang yang bekerja di perusahaan dan perusahaan itu melakukan maksiat Hai Jaan Hai maksiat perusahaan sehingga dia Jadi ini bawah ya eh Hai karyawan hai hai Hai yang bekerja di PT kemudian PT ini melakukan maksiat saya sebut saja begitu Hai ada dua ya Hai maksiat yang dia tidak menambah revenue tidak menambah Hai hasil Hai Contohnya apa utang bank utangan tidak menambah hasil dalam arti ketika perusahaan itu utang bank justru dia ke beban dengan bunga yang resmi er bunga knalpot yang kedua maksiat PT yang menambah hasil menambah revenue I have contohnya deposito kan nanti jadi dari deposito itu PT mendapatkan bunga-bunga itu jadi apa revenue jadi pendapatan bagi perusahaan Nah selanjutnya jika kita bekerja ditempat seperti ini untuk yang pertama kita Hai tidak atau tidak mempengaruhi pendapatan atau gaji yang dimiliki oleh karyawan Hai kami ulang mungkin yang pertama tidak mempengaruhi gaji yang didapatkan oleh karyawan sehingga PT mau maksiat mau ngasih sogok suap kemudian apalagi punya bekingan di parat lebih membayari aparat itu itu urusan perusahaan karyawan tidak berkepentingan di situ Hai karena kalau seperti ini tidak boleh makan mungkin di Indonesia kita nggak boleh bekerja di pabrik manapun Hai tahu saya hampir tidak ada perusahaan yang kelas besar kemudian tidak main administrasi di belakang Oh ya Meskipun kita tidak tahu detailnya kayak gimana ya Sehingga yang sifatnya seperti ini maksiat bete Enggak ini dia Mendirikan perusahaan pake nyogok waktu pengeringan waktu pengeringan lahan disitu PT misalnya pake nyogok boleh nggak kerja di situ selama anda tidak bersinggungan langsung dengan kemaksiatan itu bukan di divisi bagian sogok Hai ada device khusus nanti kamu yang nyuci orang ya Hai Maka bekerja di devisi ini enggak boleh tapi dia bekerja di bidang yang lain bidang produksi atau maintenance atau yang lainnya yang tidak ada hubungannya dengan maksiat itu Insyaallah gajinya hal-hal Tidak masalah karena kita tidak bertanggungjawab dengan maksiat yang dilakukan oleh perusahaan apalagi tingkat perusahaan Enggak ada perusahaan yang Maksum Hai yang bebas dari dosa Meg Hai yang kedua maksiat PT yang menambah hasil maksiat PT yang menambah hasil ada tambahan revenue dari maksiat itu Contohnya apa tadi deposito misalnya misal bunga deposito Indonesia Halo halo apalagi Hai banyak Hai jual rokok biasanya Hai atau Hammer Hai tadi itu menambah penghasilan PT Hai nama saya Tini berpengaruh Hai kasih pengaruh kepada pendapatan Hai pengaruhnya gimana Berarti kamu Hai jadi PT dapat hasil ya ndak hasil ini Hai dibagikan ke sebagiannya adalah sekian persen jadi gaji karyawan Hai kan gitu ya hasil ini sekian persen gaji karyawan sehingga kalau hasil ini bercampur ada yang halal ada yang haram gitu maka gaji karyawannya juga kena pengaruhnya itu Hai sehingga diposisi ini karyawan mendapatkan cipratan dari harta haram it terus ngukurnya gimana ini perlu melihat harumnya berapa persen Hai harumnya persentase harumnya berapa ini sebagaimana keterangan Ibnu qayyim ya ketika beliau menjelaskan satu kaedah bahwa keberadaan uang yang haram itu tidak membuat uang halal harta Halo jadi haram saya biasa kasih ilustrasi kaya ini kalau saya punya daging sapi yang disembelih secara syar'i halal ya satu kilo kemudian ditempat yang lain ada daging babi satu kilo juga hai lalu kita dicampur di blender sempurna jadilah bakso dibuat bakso bakso bakso apa ini bakso sapi sapi babi campur ya Hai bisa Enggak misalnya ini kan satu kilo sapi 1 kg tapi sayang ambil satu bakso tak paruh setengahnya Halo setengahnya ROM bisa nggak gitu Hai Beb kenapa nggak bisa tercampur sempurna sehingga ketika di apa dibelah sekalipun Kamu bisa nggak mesti ikan ini yang babi yang mana yang sampai yang mana ndak tahu baik haram semuanya karena ini haram dan dan haram dak ketika dicampur menyebabkan haram semuanya Hai air murni dicampur dengan khamr atau di Cianjur dengan nomor hai lalu dia menjadi minuman yang memabukkan maka status minuman ini Harold ketika halal dan haram dicampur jadilah harum secara dzatnya tapi bagaimana dengan haram yang bukan zatnya Hai contohnya hasil pendapatan Hai jawabannya yang seperti ini berlaku kaidah tadi keberadaan yang halo ah yang harum tidak menyebabkan yang halal jadi harum Saya punya uang satu juta pecahan 100.000 hasil kerja dan ada uang satu juta pecahan Rp100 uang riba Hai kemudian saya blender sempurna muah cup blender ambil Rp100 ini Rp100 halal ataukah Rp100000 Bell Hai kembali kepada nominalnya kamu yang penting pokoknya ngambil satu juta sisa satu juta jangan diambil intinya Disitu baik maka seperti itu pula Ketika PT mendapatkan hasil ini ada hasil halal kemudian yang ini ada hasil haram Hai ini Akrom Hai yang ini halal Hai sudah apakah keberadaan yang haram ini menyebabkan yang halal jadi haram yang halal ikut harap tidak karena ini kita berbicara harta haram disebabkan cara mendapatkannya Hai Terus bagaimana hai kenapa lu diketahui ini berapa persen kalau menurut pertanyaan misalnya tadi 30 persen pak itu Hai dari hasil transaksi riba yaitu jual-beli emas secara online Oh berarti ini 70% Hai dari situ perusahaan dapat hasil lalu dibagikan disini berarti yang harum 30% sudah gaji karyawan juga kecipratan disini 30 persennya bermasalah Hai sehingga kalau anda bersabar bekerja disitu dalam arti Kalau Anda belum berani untuk keluar Hai Kemudian Anda tetap bekerja di situ maka setiap menerima gaji Hai Anda sanggup untuk menyisihkan 30% kwini hasil riba jual-beli emas online Hai kalau sanggup seperti itu sisanya yang 70% punya anda nikmati wallahualam I Max silahkan Assalamu alaikum salam wa rahmatullah putus Halo iya silakan Wars mohon maaf suaranya putus-putus mungkin bisa pindah posisi pupuk Iya suara Bapak putus-putus halo baik silahkan Via Hai ini tapi puasa yaitu pensiunan Hai aku mute blog kan sejuk uang pensiun Kemudian beliau dan meningkat Hai aku modem ini menurut Taspen ebipon pindsot bisa berhenti nanti takut aaamiiin kemudian kita spend jumlah gitu tada uang ah kemudian ansi kembiri dana surtron sulap trik nah kemih atau ragu it kedua dan ketiga Ustad kematian asuransi jadi takut ada ini tanyakan ke the pihak Apakah ada rincian atau rincian Hai tapi setelah Kabupaten Kertas Feat dari pihak tidak ada tidak ada pop kita gabungan Nah jadi ragu apa kok hukum dari asuransi Rp Hai by Hai Taspen ini dengan jadi ketika Bapak bekerja sebagai ASN tadi Kemudian pada saat masih aktif bekerja itu membayar preminya potong gaji atau bagaimana Iya Pak Wasted potong gajinya Iya sehingga yang ngurusin Oh iya cuman yang ngelola debm well yang mengelola adalah Taspen swasta yang melelahkan Taspen ya Bukan ini bukan lembaga swasta ya gmn punya pemerintah juga by Max tahu kami ini pemerintah ah ah begini Bapak sebenarnya pembahasan tentang masalah apa asuransi hari tua kemudian tadi pembahasan tentang masalah pensiunan ada pembahasan khusus yang Insyaallah akan kita angkat di kajian Vixion tapi agak bagian akhir Jadi kalau mungkin menunggu ya Butuh Waktu Sebulanan ya untuk bisa membahas bagian itu dan secara umum kesimpulan terakhir yang bisa kami hadirkan untuk saat ini bahwa bentuk pensiun itu berbeda-beda berbeda-beda skema akad nya berbeda-beda latar belakang kerjanya dan seterusnya Hai karena itu ulama berbeda memberikan penilaian yang berbeda-beda untuk satu pensiunan dengan pensiunan yang lain Indonesia dan ada sebagian yang menegaskan khusus untuk pensiun dari negara tropis di bagian pensiun negara ya untuk pensiun dari negara-negara Hai masyarakat itu tidak perlu tahu latar belakang bagaimana keuangan itu dikelola Hai sehingga itu dianggap sebagai hibah dari negara-negara Hai Nah selanjutnya negara dapat duit dari mana itu urusan negara Hai Deni pendapat jumhur ulama kontemporer Hai sehingga para ulama yang mendapatkan pensiun dan dari negara saudi mereka menerimanya Hai meskipun ada Sebagian ulama yang mereka tidak menerima Hai seperti Aceh Doctor abdurrazzaq Afifi beliau salah satu anggota haiah Kibar ulama Saudi sudah meninggal rahimahullah dan beli tidak setuju dengan prinsip pensiunan seperti ini sehingga ketika beliau pensiun beliau termasuk PNS di sauti ya PNS tapi kerja di bidang apa penelitian Islam ketika beliau pensiun Belitung sama sekali tidak menerima gaji pensiun knapp dianggap di sini ada goror besar dan itu tidak diperbolehkan menurut beliau rahimahullah dan insya Allah untuk penjelasan Detailnya nanti akan kita bahas pada saat kajian bedah buku Fiqih ASN insyaallah wallahualam Halo Assalamualaikum Ustad waalaikumussalam warahmatullah saya infaq uang sebesar 500.000 untuk dibelikan buku kepada salah satu panitia yang dimanfaatkan sebagai hadiah saat ada kajian Ustadz di masjid dan saya berikan uangnya kepada panitia saat kajian di masjid Bolehkah seperti itu jazakallah Khairan Hai beli bukunya di mana naik Hai cewek jadi kalau yang terjadi begini ya Hai panitia beli buku di toko pakai Oppa uang panitia Hai Kemudian Anda infaq ke panitia berarti statusnya adalah utang ke menggantikan utang jadi panitia beli buku di toko ditalangi dulu oleh panitia nilainya Anggaplah 500.000 Oh berarti anda utang ke panitia 500.000 lalu anda berhutang itu 500.000 ke panitia kalau pendekatannya kayak gini Insyaallah tidak masalah hai tapi kalau Bukunya ada di mesjid berarti barang dihadirkan Hai dan orang mendisplay buku itu di mesjid lalu anda jual-beli disitu kemudian bukunya diserahkan ke panitia tolong ini untuk dihadiahkan lain yang bermasalah karena tadi ada proses jual-beli di mesjid wallahualam hai hai hai ustadz Apakah ketika kita mendoakan keburukan orang yang diri dagang di masjid kita ucapkan di hadapan yang bersangkutan Tuhan jika melihat dari fungsi doa itu dua ini kita ucapkan di depannya karena tujuannya dalam rangka untuk hukum untuk ta'zir yang untuk hukuman biar dia segera menyelesaikan dan tidak melanjutkan transaksinya sehingga mungkin ya Hai sekali waktu begitu chatib sedang berkhotbah lalu masih ada para pedagang-pedagang di depan deh dan itu masuk dalam wilayah mesjid kemudian Hotel mengingatkan kepada para pedagang hentikan perbuatan kalian kalau tidak saya doakan keburukan hoah dibalang sandal Hai saya pernah gitu Alhamdulillah enggak ngefek dosa karena di sebelum situ ada angkringan Ya sudah saya sudah naik mimbar masih banyak mahasiswa yang makan ya Otomatis kan kalau makan bayar jadi transaksi diselesaikan Katanya kita sampaikan Allah melarang begitu adzan sudah dikumandangkan untuk melakukan jual-beli Tidak nurdialis fallacy miaomi cuma fas'au identik rillah whataround baik apabila sudah dikumandangkan adzan Jum'at maka bersegeralah menuju Dzikrullah dan tinggalkan jual-beli himekawa sip aktif jual-beli padahal gantinya itu berada di lingkungan masjid ndang dan Oh iya ngasih pengaruh di posisi apa jadinya konsumennya itu padat gusar deh Katanya pengen cepet-cepet segera selesai baik Hai dan anda bisa doakan sampaikan Semoga Allah tidak memberikan keuntungan pada dagangan mu biar dia segera menutup dagangannya Hai kecuali kalau begini loh saya akan dagangnya di luar masjid J.Lo Anda doakan keburukan wejangan itu nanti anda akan di balik doa keburukannya Hai sehingga pastikan dulu ini bagian Mesir atau tidak Oh ini bagian mesin dia Berdagang di sini Doakan it Hai atau kalau misalnya yang lebih sopan Ya sampaikan mohon maaf ya kami tidak membolehkan praktek dagang di sini kalau mau jualan silahkan agak keluar disebelah sana di luar mesjid nah masalah wallahualam baik silahkan cek Halo Assalamualaikum tes Waalaikumsalam Warahmatullahi Ta'ala ingin bertanya sedikit mungkin yang kalau keluar Dimas Hai Beberapa hari lalu saya beli barang lewat Hai tema online store jadi saya liat di webnya terlebih dahulu itu saya pilih beberapa barang kemudian digeser sebut itu ada mobil gitu kode barangnya adem saya di webnya ada-ada kode barang hidup saat nanti setelah saya pilih tangga wa yang penjualnya Apakah kode itu itu masih ada atau enggak itu kode barang tersebut dan jumlahnya Kemudian beberapa menit lalu ia walaupun penjualannya dalam perlu dia bilang kalau mau dicek dulu apakah masih ada stoknya atau enggak hai lalu sekitaran juga jam itu baru dibales lagi kalau stoknya masih ada dan terjadi percakapan lebih lanjut kemudian ps7 dan akan mengkonfirmasi untuk transfer cangcut Saya ingin bertanya apakah kalau modern seperti ini itu ada unsur jual-beli utang dengan utang Jusuf sutadji aspek baik permasalahan yang tadi anda sampaikan adalah di posisi penjual tidak bisa memastikan Apakah barangnya ada ataukah tidak video sehingga dia cek dulu dan butuh waktu Sekian jam baru bisa memberikan jawaban kalau barangnya masih ada available Nah selanjutnya Apakah ini termasuk diantara praktek jual-beli kali-kali jual-beli kali Abil kalau itu terjadi di udah sudah dilakukan akad penjual belum memiliki barang pembeli tidak bayar secara tunai terjadilah kali-kali tapi kalau sifatnya baru percakapan barangnya enggak senatural cek dulu saya nunggu siang jam ada tuh tadi kamu kenapa di statusnya Katakan orang lupa update-nya Hai di marketplace tersedia 10 tersedia sekian padahal sebenarnya lupa-lupa update tetapi kenapa kamu bilang ada 10 iya lupa aktif seperti ini yang kadang konsumen sudah transaksi duluan padahal Barangnya nggak ada Makanya mohon kepada para pedagang yang ada di marketplace ya jangan lupa update info keberadaan barang karena kalau konsumen seperti kalau konsumen tahu ya bahwasanya barang itu ada kemudian dia transaksi tanpa chatting Anda yang tanpa cat bisa dia langsung pakai mesinnya itu plafon klik transfer Indonesia tanpa chat dengan penjual tanpa tanya dulu berarti anda menjual barang yang belum sih miliki Hai karena mesin itu kan mewakili posisi anda karena itu tolong sekali lagi bagi para penjual online agar tidak terjadi orang yang membeli barang sementara anda tidak punya maka update jangan lupa Hai update stok Ya baik sementara kalau dia chatnya lebih Slamet kalau chat kan berarti tanya dulu ada ndak artinya belum terjadi akad sifatnya baru perbincangan untuk melakukan akad Hai dan cat yang anda lakukan tanya-tanya kode barang seperti ini tersedia atau tidak berapa stoknya sifatnya baru perbincangan akad dan belum akan karena itu tidak masuk dalam kategori kali Bell kali karena belum terjadi akan wallahualam di Indonesia a b kecelakan Hai assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh Hai Aa costed maaf kalau misalkan kayak kita akan ada kajian Tahsin di masjid Blade terus Oh ada temen-temen ini nanyain masuk Emang kita jualan baju tapi kan nggak dibawa cuman kita pakai gitu ke ada yang nanya Maksude baju-baju ini berapa harganya kayak gitu terus kita pesen misalkan ada yang pesen iki tombol Start ente misalkan bayarnya misalkan entar pesen Tarra di bawain dibawain ke masjid Bayern di masih kayak gitu Apa boleh state baik jazakallah Khairan assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh memang kandang itu bisa jadi modus ya ini dia pakai baju bagus terus dikasih bandrol disini ohhh 300.000 uh kadang dia bawa tas bagus kasih bandrol ya Hai sebagai info Ini dijual-jual yang mana ini orangnya bajunya jadi kalau seperti yang Ibu ceritakan tadi ada orang tertarik terus pesan maka status pesan disini adalah akad Istishna Hai pesan dibuatkan kan berarti akad Istishna Sehingga anda melakukan akad Istishna terhadap konsumen itu dan akad Istishna itu pembayaran bisa di belakang bisa di depan Hai mengacu kepada larangan praktek jual-beli dan Istishna bagian dari jual-beli Hai itna bagian dari jual-beli mengacu kepada larangan praktek jual-beli seharusnya seperti ini tidak dilakukan ya kalau ada orang yang tertarik nanti pembicaraan kita lanjutkan Oh ya Sehingga tetap fokus untuk belajar Tahsin Hai dan memang kadang seperti ini orang jadinya nggak sabar maka sebaiknya tahan dulu ini mesjid dan tujuan kita datang bukan untuk dagang fokus untuk kegiatan yang nilainya ibadah sementara bagian ini ditunda saja bisa komunikasi lewat WA atau yang lainnya wallahualam paijem Assalamualaikum segar Waalaikumsalam warahmatullah Hai rasterize bersatunya tetapi keluarga yang kemarin ada sepupu dia keterima di PT profit Ustad Nadia minjem uang ke saya untuk biaya kos dan makan karena dia besok trending gitu Hai Nah itu boleh nggak stat saya pinjemin saya nggak tahu soalnya secara kerja yang PT profit itu ada ribanya nggak ya soalnya kerjasama sama Bang kata dia gitu itu petani pertama Ustad Terus yang kedua Saya punya kakak-kakak ini minjem uang ke saya untuk membeli mobil mobil pick-up tapi mobil pick-up itu digunakan untuk dia pribadi dan untuk digunakan untuk usaha bersama gitu state usaha saya tapi yang diurut dengan dia gitu Nah itu saya mengambil untung dari piutang itu enggak ya Ustad gitu Soalnya dia tuh awalnya pas minjem ke saya billnya karena ya untuk usaha itu untuk Dia juga gitu tapi dia bayar pribadi karena hak milik dia gitu nantinya mobil itu bukan bukan jadi hak milik untuk usaha yang kecil-kecilan kita kerjain bareng itu hai gitu Ustad Syukron jazakallah Khairan Ustaz Norwich matullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh yang pertama saya tidak tahu ya saya enggak kenal PT profit dek Gimana Dan kalau utang untuk kos untuk biaya hidup selama selama rentang masa training ia pada asalnya berarti diundang untuk sesuatu yang mubah Cuman kerja di PT ini apakah boleh atau tidak Saya ndak ngerti sebatas punya kerjasama dengan bank hampir semua perusahaan tubuhnya kerjasama dengan bank apalagi yang gede-gede Hai sehingga kalau sebatas itu belum bisa kita jadikan sebagai alat penentu untuk menyatakan apakah boleh atau tidak boleh bekerja di tempat tersebut sementara untuk kakak yang utang mobil dan ya kemudian mobil dipakai untuk operasional kerja dipakai untuk operasional Hai unit usaha yang Anda bangun bersama Hai wallahualam begini jadinya ya ketika Kakak hutang mobil kemudian dipakai untuk beli pick up bekas pickup itu jadi milik pribadi Kakak Nah selanjutnya kok beliau menggunakan pickup itu untuk mendukung operasional kerja ditempat anda maka berarti dia ikut tanah modal dalam bentuk apa menggunakan pickup itu untuk mendukung operasional perusahaan berarti nanti pickup ini Kanada hasil sehingga misalnya begini ya unit usaha Hai Anda punya modal di sini hai lalu Kakanda urun pick up akhir-akhir kendaraan ini dilibatkan dalam usaha ini bisa dengan akad sewa atau pakai bagi hasil nah pick-up yang dipakai kakak untuk mendukung kegiatan unit usaha ini dihargai berapa yo yo Anggap saja perbulan 500.000 atau perbulan satu juta berarti nanti akan yang pakai sewa dikembalikan ke pemilik pick-up kakak yang dapat manfaat Hai baik selama ini terpisah dengan utang terbesar dengan utang dalam arti tidak ada kesepakatan Saya mau memberikan utang asal nanti piketnya dipakai untuk operasional kayak gini ndak boleh jadinya menggabungkan antara utang dengan apa akad komersil Hai Dan kita punya acuan hadis nah Rasulullah Shallallahu salam and salafynew baik nabi sela-sela melarang jual-beli Aa aku thank digabung dengan survei dan perluasannya adalah tidak boleh menggabungkan antara akad hutang dengan akad komersil karena itu yang kami pahami wallahualam selama ini terpisah dalam arti tidak dijadikan sebagai satu kesepakatan Insyaallah diperbolehkan Wallahu A'lam wa Shallallahu Ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi washohbihi wasallam wa akhiru da'wana Anil hamdulillahi rabbil alamin Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh the Wu wei hai hai