Sabtu, Oktober 30, 2021

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian 7 Gologngan Yang Mendapatkan Naungan Allah ini Umi Mimi ambil dari Youtube Abdul Somad, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian 7 Gologngan Yang Mendapatkan Naungan Allah ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

7 Gologngan Yang Mendapatkan Naungan Allah

7 GOLOGNGAN YANG MENDAPATKAN NAUNGAN ALLAH แดดแดฐ| WANGI-WANGI WAKATOBI | Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

hai hai [Musik] Halo Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hai Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil Ambiya Iwal mursalin wa'ala alihi washohbihi waman tapi aku ilaa yaumiddin mohon izin Bapak ketua DPRD kabupaten Wakatobi kemudian ketua wilu Insyaallah semua yang hadir malam ini dimuliakan Allah Subhana buat anak saya sampai di Wakatobi banyak dikejutkan dengan hal-hal yang luar biasa diantaranya yang punya acara ini adalah bilulu anak muda tapi tadi malam saya diundang oleh Bapak Bupati makan dirumah beliau tadi sore di rumah Ibu Wakil Bupati malam ini di rumah anggota di rumah ketua DPRD berbeda dengan tempat lain tempat lain Kita diundang oleh pejabat di udah oleh kepala daerah lalu kemudian anak mudanya sebagai pelengkap penderitaan aja tapi di Wakatobi justru yang punya acara adalah anak muda jadi ini perlu ditiru oleh daerah-daerah lain Bagaimana anak muda yang punya acara lalu kemudian disupport oleh orangtua disebagian tempat pula anak muda punya acara yang tua tidak mau tahu karena tersinggung sakit hati tapi di Wakatobi ternyata kerjasama yang luar biasa ini semua saya kira adalah berkah kelembutan hati orang-orang Wakatobi dilembutkan Allah hatinya sehingga tanahnya boleh Sekeras Batu tapi hatinya Lebih lembut dari bolu lalu kemudian malam ini selain terakhir dengan bapak ketua DPRD Wakatobi Masya Allah tabarakallah di kampung halaman saya cuman makan ikan gurami di sampai di sini makan ikan dari Perancis 6 dong setelah makan saya pakai celana panjang biasa dimana-mana saya pakai celana panjang lalu kemudian diberikan kain dan musik dipakai saat itu juga dan ini kain adalah tenunan tangan langsung dari Wakatobi wangi-wangi dan yang paling membahagiakan adalah kain ini hanya dipakai oleh para bangsawan bangsa yang hidup di awan yang nemoke kain ini adalah orang yang kata ibu tadi darahnya biru satu sisi membahagiakan saya tapi disisi lain saya susah hati karena kalau saya kekurangan darah payah mencari donor darah biru bye bye yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala Hai ada lima poin yang ingin saya sampaikan pada kesempatan yang baik dan mulia kita berada di malam yang baik kita berada pada bulan yang mulia bulan Syawal mudah-mudahan kemuliaan Syawal ini memberkahi hidup kita sampai hari kiamat Insyaallah Syawal artinya meningkat Syawal artinya naik ke atas Hai apa yang meningkat Bapak apa yang meningkat Ibu Alhamdulillah Ustaz yang naik berat badan kolesterol bukan yang meningkat adalah persaudaraan ukhuwah islamiyah kita sudah dipersaudarakan saat shalat tarawih bersama dilanjutkan dengan shalat witir bersama dilanjutkan dengan etika bersama bila julukan lagi dengan salat Idul Fitri bersama maka di bulan Syawal ini dipersatukan lagi dalam momen-momen kebersamaan termasuklah pada malam hari ini kita dipersatukan oleh anak-anak muda maka sesungguhnya masalah muda dan tua itu bukan usia tapi muda dan tua adalah semangat Berapa banyak anak muda yang terjebak di tubuh orang tua ilah malam ini yang hadir hadirin mereka adalah anak-anak muda yang kita kawatirkan adalah orang-orang jompo yang terjebak di tubuh anak muda casing yang mudah tapi diajak untuk beraktivitas le ambil Sule toilet lunglai loyo kalo ada anak muda yang seperti ini tidak perlu khawatir karena kita tinggal di tepi laut oh maksudku tak campakkan aja kalau sudah lagi yang dimuliakan Allah subhanahu wa ta'ala pada kesempatan ini poin yang pertama ingin saya sampaikan adalah saya amat sangat terkesan dengan Persaudaraan yang ada di Wakatobi masyarakatnya tinggal di beberapa pulau-pulau yang tersebar pulau besar ada empat pulau-pulau kecil kecil tapi kemudian ketika mendengar Ustaz Somad datang bukan hanya Wakatobi dari bau-bau Bunda tangkuman bertemu bersahabat karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala bukan karena jabatan bukan karena kekuasaan bukan karena harta benda bukan Kenapa Bun maka diantara Tujuh golongan sabar pun Tujuh golongan yuhu ada pernah mengenal Allah ya Allah lailahailallah hari itu tak ada tempat bernaung hari itu tidak ada atap paling tidak ada tenda hal itu tidak ada gedung Semuanya hancur berkeping dan yang mendapatkan naungan adalah rojul ini dua orang tahap bila Berkasih ngalah visitama Alaihi bertemu karena Allah Warfare rafale berpisah karena Allah mudah-mudahan Kami bertiga yang ada di depan ini bersaudara karena Allah subhanahu wa ta'ala dengan bapak ibu juga demikian seumur-umur saya berceramah Baru Malam inilah saya didampingi dua orang pak hamirudin Hai Lulu menang sudah 44 tahun umur saya sudah seluruh tempatnya saya datangi dari mulai Sabang sampai Papua sampai keluar negeri beberapa tempat baru malam inilah ini bagaimana bisa mensettingnya seperti ini Insya Allah tabarakallah ini semua persaudaraan di musik kita jaga saya diminta tausiyah ceramah subuh tadi sekira judul ceramahnya untuk mengajak shalat subuh berjamaah share obat judulnya karena mencuri itu malah tidak muat saking penuhnya berjamaah dan saya dapat bocoran bukan cuman subuh tadi sungguh-sungguh berikutnya Kalau tidak percaya nanti ambil foto kirim ke font saya ini semua dalam persaudaraan yg musti kita jaga karena kalau tidak maka hancurlah Kita Belanda masuk bukan karena kita lemah Tapi karena kita hancur berkeping devide at impera jangan sampai tapi wilayah dan yang dikuasai oleh Kesultanan Buton itu tidak bisa ditembus oleh kekuasaan Belanda allahuakbar maka sampai kapanpun penjajah dari negeri mana pun tak bisa menjajah Kenapa karena negeri ini persatuannya amat sangat kuat dipersatukan oleh negara kesatuan Republik Indonesia dalam bingkai kebangsaan dipersatukan lagi oleh kalimat tauhid yang dibawa Sampai Mati menghadap Allah lailaha Illallah Muhammadur Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam inja akun pasti pun inja Agung kalau datang kepada kamu fase pun orang fasik binabain membawa suatu berita fitnah hop fatabayyanu maka klarifikasi lah Jangan sampai kita termakan isu termakan buah silakan termakan kelapa muda silakan termakan jeruk silakan termakan isu jangan kenapa karena ini hanya akan menghancurkan kita berkeping-keping Khan kita hancur maka orang mudah masuk ke dalam filosofi shalat Imam sebelum mengangkat tapi Rasul ratakan Sawo suhu ruskan sap-sap Dulcolax tutup celah karena begitu ada celah di situlah setan setan akan masuk Nah kita Satukan soap kita rapatkan innalillahiwainnailaihirojiun bisa milih Allah suka melihat hamba-hambanya itu berbaris lurus sopan karena bumbunya nomor shoes mereka seperti bangunan yang kokoh ada dinding ada tiang ada atap ada lantai terpisah tidak akan menjadi bangunan apa-apa tapi ketika dia menjadi satu bangunan yang kokoh dan kuat maka kita akan menjadi kekuatan yang luar biasa ada ibu-ibu komunitas ibu-ibu mensuport program anak muda anak mudanya ada ibu-ibunya ada Bapak DPRD ada pejabat Bupati ada Walikota wakil bupati ada maka Kepala Dinas pula petang tadi ada maka semua menjadi kebersamaan kita yang luar biasa ar-rayah rakyat mengikut agama penguasa-penguasa nya kalau sudah kepala kepala sukunya ini bersatu bersama maka Insyaallah kemenangan kebaikan perbaikan umat mudah dimasa akan datang tidak selesai dengan ceramah Bapak Ibu tidak sesuai dengan purba manusia dan kebersamaan yang luar biasa Saya melihat itu mudah-mudahan ini tidak hanya ketika kita bersama di dalam majelis ilmu tapi juga dalam pembangunan Wakatobi kedepan Insya Allah Amin bagaimana dimuliakan Allah subhanahuwata'ala Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Kalau dia mau apapun yang dia inginkan dikasih Allah subhanahuwata'ala walasaufa yuantika rap bukan faktor bahwa apapun yang kau mau mudah ya Muhammad Shallallahu salam Allah pula memberikan jaminan untuk diet innama amruhu idza aroda syaian ayyakulalahu Kun Fayakun tidak ada yang sulit cukup dengan tongkat Nabi Musa selesai tapi kemudian Allah ingin menunjukkan kepada kita Nabi Muhammad itu berjamaah bekerjasama bersama-sama ada perempuan yang membawakan makanan ke atas Jabal Nur Jabal Tsur tempat persembunyian perempuan itu bernama asma ada perempuan yang menyelimuti Nabi di saat ia kedinginan perempuan itu bernama Khodijah ada perempuan yang menjelaskan sesuatu yang malu disampaikan nabi perempuan itu bernama Aisha ada anak muda yang gagah perkasa berotot tegap disegani laki-laki itu bernama Umar Bin Khattab ada anak muda yang otaknya cerdas pintu segala ilmu dia adalah Sayyidina Ali bin Abi Tholib ada orangtua yang santun lembut hatinya Abubakar sinding ada orang kaya yang dermawan yang wakafkan hartanya bisa bilang Utsman bin Affan mudah-mudahan semua elemen ini ada di Wakatobi insyaallah Hai yang dikhawatirkan ada orang kaya pelitnya minta ampun Fahrul ada penguasa Sombongnya minta ampun Firaun kiamatlah dunia kita tapi Insya Allah acara sebesar ini bisa terwujud ini bukan karena anak muda tapi karena ada support dari berbagai macam elemen bukan sekedar rapat langsung saya lihat dengan nyata dan ini merupakan acara satu sebelum terakhir karena acara berakhir tinggal subuh besok nanti malam kami langsung check out langsung ke mesjid habis mesjid langsung ke airport dari airport Wakatobi langsung ke Kendari transit dari Kendari ke Jakarta dari Jakarta ke Pekanbaru Riau saking jauhnya sampai lupa rutinitas mana-mana tapi saya tidak merasa asing doa Katolik Setiap saya pergi ke mana-mana suhu orang Melambaikan tangan Hai tentang tuh saya atau sekolah walau tapi yang jelas diangkatkan tangan yang tua yang mudah tadi ketika makan di rumah ketua DPRD ketika sedang makan di pintu penuh-penuh mak-mak ibu-ibu nenek melihat dari jauh dia mau lihat macam mana bentuk Abdul Somad itu semuanya merindukan tidak terlintas dipikiran saya seperti ini saya pikir saya disambut orang di Sumatera akan akan satu pulau kampung halaman saya saya pikir ini tempat jauh mungkin mereka tidak kenal dengan saya mungkin mereka tidak tahu dengan saya tadi begitu Kami naik dari laut dibawa menyelam naik ke atas freeway jamaah anak-anak muda sudah siap mengawal Saya minta kepada sahabat jamaah relawan kan yang membawa mobil 9 buka kaca buka kaca mungkin kita tidak bisa sambut 11 karena ini kita sedang wa mah fitnah intim kita tetap jaga protokol kesehatan tetap buka kaca Kenapa karena ada orang-orang yang selama di berdoa setiap malam untuk kita untuk saya mereka hanya ingin melihat lambaian tangan ini melambangkan persaudaraan keramahan orang Wakatobi yang luar biasa tidak saya buat-buat bukan pemanis mulut bukan lipstik bukan basa-basi bukan mujamalah ketua orang Arab tapi yang saya rasakan selama dua hari malam yang kedua pada malam hari ini sebelumnya kami berada di Kendari besok akan kembali ke kampung halaman di pulau Sumatera cerita ini akan saya sampaikan kepada keluarga kepada sahabat kepada jamaah saya katakan kalau kalian mau melihat orang ramah dan baik Pergilah kalian ke Wakatobi tiket kalian tanggung segini olahraga yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala ini poin yang pertama yang ingin saya sampaikan adalah Innamal mukminuna ikhwah orang-orang yang beriman bersaudara kalau ada yang berkonflik bertikai berkelahi fokusriau Baina akhawaikum Damaikan karena ada tah Xiaomi yang lebih besar yang lebih hebat di masa akan datang kita musti jaga Wakatobi supaya tetap menjadi baldatun thoyyibatun wa robbun Ghofur ada yang baldatun toyyibatun negerinya bagus tapi Allah tak berikan ampunan ada yang Allah berikan ampunan tapi di dalamnya Negeri tidak baldatun thayyibatun tapi yang kita harapkan adalah baldatun thoyyibatun wa robbun ghofuur poin yang kedua wa ama bini amatir rabbika Fatis nikmat Tuhanmu nikmat rabb-mu nikmat Allah Ceritakanlah Hai Abdul Somad nikmat apa yang sudah kau lihat di Wakatobi nikmat di atas daratan sudah kulihat Ya Allah aku dibawa ke sebuah pulau kecil yang diberi nama Noah ko pergi kemanapun tempat kembalimu tetap knoa disitu apa yang kau lihat Abdul Somad di bawahnya ada air laut yang asin di atas air laut yang Asin itu ada batu yang sangat keras batu karang tepi diatas batu karang itu bisa tumbuh pohon beringin yang subur dan hijau setannya itu pohon beringinnya sudah laut sudah lama usah sama siapa yang nanam tumbuh sendiri saya selama ini merasa bahwa tanah di kampung halaman saya yang paling subur di atas minyak di bawah minyak di atas ada minyak kelapa sawit dibawa ada minyak bumi di atas ada pohon karet di bawahnya ada batubara di bawahnya ada minyak dibawahnya ada sumberdaya Tapi kali ini saya ingin ditunjukkan Allah ta'ala kau menyiram dengan air asin mati k.h. Abdul Somad tanah yang ditanam musti Subur tapi hari ini kau dinampakkan diperlihatkan di kelopak matamu Bagaimana diatas batu yang keras bisa tumbuh kalau di Batu yang keras saja di Wakatobi bisa tumbuh tanaman yang subur demikian indah apalagi seandainya Tanah ini lembut maka banyak sekali yang bisa kita lakukan dan itu nih atas daratannya lalu kemudian saya dibawa pulang masuk ke dalam begitu masuk ke dalam lautan Saya melihat Masya Allah tabarakallah apa yang terlihat susah untuk diungkapkan dengan kata-kata kalau kalian mau menyelam sendiri-sendiri Hai bersama Bapak Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Wakatobi didampingi oleh Ustadz hamirudin turunlah kami ke bawah Sway pun macam di film-film itulah Wow Zain lihat wasen lihat cantik sekali untuk karang ikan-ikan itu Masya Allah tabarakallah saya merasa sudah Hebat betul saya menyelam tadi sore baru dikirimkan videonya rupanya saya dipegang dari belakang ada instruktur yang megang dari belakang Tapi waktu mengirim gambar ke kawan-kawan saya cari gambar yang kira-kira pasti nggak dipegang Nah itu tolong diwaktu mau mengupload yang ceritanya Gak disimpan sedikit rasa olahragalah Ustadz Abdul Somad kalau kau sudah menyelam diving di Wakatobi maka 2/3 dunia sudah kau lihat dari bawah laut baru dimulai di laporannya batu karangnya sampai kepada tadi saya masuk ke dalam Apa nama lokasinya di Pak ini namanya adalah script Garden create rahasia Garden taman taman rahasia takut pula saya ini yang masuk ke sini musti Aquaman ternyata Masya Allah tabarakallah tak terjadi apa-apa hanya beberapa kali naik ke atas rupanya Kalau mau naik ke atas itu begini Hai sangka begitu mantap rupanya begini naik ke atas kalau mantap begini Alhamdulillah sekarang tidak musim Pilkada langsung Pilkada bahaya untuk nomor tiga Alhamdulillah sudah melihat yang diatas sudah melihat yang dibawah pagi tadi habis salat subuh selesai shalat subuh dibawa oleh anak muda pakai motor pakai kain sarung puntung pakai celana panjang naikkan kain sarung pagi semua panjang keliling pergi ke pelabuhan melihat Pasar Melambaikan tangan ke jamaah berputar-putar di bawah polisi Saya tidak khawatir nyasar karena dia ada di depan apa yang usah lihat bersih di atas kursi diatas kursi di pasar kursi di Jalan Bersih di pelabuhan dan di lautnya juga bersih Saya melihat ada satu iklan di salah satu kota besar di Indonesia bagaimana seekor ekor penyu terjebak dalam plastik menelan plastik terjebak dalam plastik ternyata di mata seekor penyu dia melihat Itu plastik seperti ubur-ubur makanan yang lezat yang enak dilihatnya plastik yang bergelombang di dalam laut itu seperti ubur-ubur makanan yang renyah yang enak dikunyah begitu biar telan ternyata plastik Berapa banyak matilah penyu-penyu ini tapi di Wakatobi ketika kami menyelam tadi kursi sebersih-bersihnya naik kalau diatas maka Insyaallah ini ajaran Islam atau khursatul Iman kesucian kebersihan bagian dari setengah keimanan tetap perlu mengajari orang Wakatobi tentang kebersihan kesucian hanya sedang menceritakan apa yang saya lihat maka musti kita jaga sampai anak-cucu kita kita ajarkan ketika tadi ada botol satu yang jatuh dari perahu kami maka langsung Satu orang ada botol botol botol akan ke atas Masya Allah saya mau rekam handphone saya entah kemana tapi cerita ini musti dibawa musik kita Tunjukkan bagaimana mereka menjaga kebersihan di darat begitu juga menjaga kebersihan di laut wahama bini'mati rabbika nikmat Allah ini musti kau ceritakan wahai Abdul Somad Inna Fi khalqis samawati dalam penciptaan langit waal-ardhi dalam penciptaan bumi dan lautan yang ada di daratan yang ada di lautan yang ada di pantai waktu lafley warna Heart perputaran siang dan malam lah ayat itu semua adalah ayat-ayat tanda-tanda kebesaran Allah maka tanda kebesaran Allah musti kita jaga bersama Alhamdulillah generasi anak muda sudah menjaga Alhamdulillah generasi ibu-ibu bapak-bapak nya sudah menjaga yang kita kawatirkan muncul generasi penikmat setelah generasi penikmat datang generasi perusak dan penghancur inilah yang mesti kita selamatkan dimasa akan datang kalau bisa ini kita Khan maka sampai hari kiamat kita akan mendapatkan pahala amal jariyah nya Insya Allah amin amal jariyah bukan cuman Bangun masjid amal jariyah bukan bunga bangun Pesantren tahfidz Quran menyampaikan menjaga alam semesta juga bagian dari amal jariyah manfaat paas hidrotani Siapa yang memotong sebatang pohon sidr sobahul Khair Nar pisung Qur'an kepalanya dalam api neraka tak ada angin tak ada hujan pergi ke bukit pegunungan ambil kampak ambil sinso potong satu batang pohon pisang Qur'an kepalamu delaphira k mohon di atas laut pohon di atas Danau pohon diatas tanah pohon di atas pulau tapi ternyata di dalam laut dan juga ada pohon-pohon yang indah-indah macam-macam bentuknya ada yang seperti meja disebut dengan table ada seperti dinding disebut dengan Wow ada yang berwarna-warni ini juga adalah tanam-tanaman di dalam lautan yang mesti dijaga kalau dirusak maka di-zoom Qur'an Allah juga kepala perusak itu kedalam api neraka jahanam hari ini terjaga Sudah berapa lama nih pak kepala ketua dewan DPRD Wakatobi ini dimunculkan sebagai wisata sudah lapan belas tahun 17 tahun 18 tahun 2003 sekarang 2021 tetap terjaga terpelihara sampai anak cucu kita nanti Insyaallah tetap terjaga terpelihara Jangan sampai kita cuman cerita ke anak cucu kita ada namanya terumbu karang mana dia kek dulu sekarang mana almarhum pada namanya ikan berwarna-warni warna hijau warna merah cantik ada nama mana dia hanya ada dalam film saja mana dia filmnya Nemo Hai tetapi hari ini Abdul Somad melihatnya secara nyata nampak dengan mata kepalaku sendiri Fotonya mana Ustaz nantikan di Instagram Abdul Somad official legenda dimuliakan Allah subhanahuwata'ala ini kenikmatan kenikmatan yang diberikan Allah ini Bapak Ibu kalau datang ke kampung halaman saya di jantungnya pulau Sumatera di atas ada Aceh dan Sumatera Utara Medan dibawa ada Jambi Palembang Lampung dan Bengkulu kami di tengah Riau Alhamdulillah tabarakallah tanahnya lembut tanahnya Luna tanahnya menumbuhkan karet tanahnya menumbuhkan sawit tongkat dan batu jadi tanaman tapi kalau pergi ke tepi lautnya airnya hitam tapi disini saya melihat di tepi laut Masya Allah Allah begitu adil disini tanahnya dibuat keras tanam-tanaman tak tumbuh bahkan tadi saya mendengar berita di beberapa tempat jenazah pun di atas batu bukan di dalam Hai Chuggington kerasnya tapi Allah Maha Adil boleh jadi Tanahnya keras tapi di dalam ada keindahan alam yang luar biasa disitulah letak keadilan Allah Subhanahu Wa Ta'ala kita hidup ini ada masanya bisa memilih dan ada masanya tak bisa memilih contohnya Malam ini saya bisa memilih antara makan buah atau makan tahap yang ada di dalam ini ini pilihan terserah saya Oh Masya Allah yang dibuka dulu saat hilang bahan Selamat malam ini saya berada diantara dua pilihan Allah kasih saya mata untuk melihat Allah kasih saya tangan untuk mengambil Allah berikan sekehendak keinginan Kuturan kemampuan irodat keinginan untuk ingini nih atau ingin ini tapi menjadi orang Wakatobi atau menjadi orang Sumatera itu bukan kehendak kita pintu semuanya lah kehendak Allah Subhanahu ta'ala Ketika saya dalam rahim ibu saya 40 hari dalam bentuk cairan 40 hari dalam bentuk darah 40 hari dengan bentuk dan Hai 120 hari malaikat datang membawa catatan amal tidak ada malaikat waktu itu suruh pilih Abdul Somad Kau mau jadi orang mana orang Riau torang Wakatobi Ini semua adalah pilihan Allah subhanahuwata'ala kita Ridha menerima ketetapan Allah wahai Ustadz hamirudin kau menjadi orang Wakatobi wahai Abdul Somad kau menjadi orang beli datang dari pulau Sumatera semua kita syukuri dengan ucapan alhamdulillah alhamdulillah kita bisa saling suruh sharing kunjung mengunjungi kita bisa saling muslim datang mendatangi dan ketika saya datang kemari Lalu nanti sudah selesai datang kunjungan balasan maka terhitung sebagai amal shaleh sudah bersila tuh fragmen habaibul satu lalu Christy Siapa yang dilapangkan rezekinya W Insyaallah Goofy Azhari modif panjangkan umurnya falyafrohu maka hendaklah dia menyambung tali silaturrahim semuanya ada hikmah semuanya ada kebaikan sub manik-manik yang diberikan Allah ngusir syukuri apa kata Allah lainsakartum ladzi dan nah kita ini menghadapi yang datang dari Allah ini dua saja kalau datang yang indah yang cantik yang adem yang ayam yang tentram yang menyenangkan hati katakan Alhamdulillah kalau datang yang menyusahkan hati yang membuat galau yang membuat sulit menderita cukup katakan innalillahi wa inna ilaihi rojiun kita terbang dengan dua sayap sayap yang pertama syukur sayap yang kedua sabar mana yang lebih hebat pak ustad sabar atau syukur Hai orang bersabar banyak anaknya meninggal salar rumahnya kebakaran sabar penyakit kopi datang sabar usahanya bangkrut sabar tapi tak banyak orang yang bersyukur banyak orang numpak bersyukur kepada Allah maka Malam ini kita ingin saling nasehat menasehati mensyukuri nikmat Allah cara mensyukuri ni'mat Allah ini adalah kita jaga alam yang ada di atas kita jaga alam yang ada di bawah piton Tunjukkan ini kepada orang yang belum nampak yang sudah menyelam maka dia melihat dengan mata kepalanya yang belum dia melihat video dan gambarnya semua itu menjadikan kita orang bersyukur sedikit orang yang bersyukur ketawa kholiludin eBuddy syukur sedikit hamba yang bersyukur paling lama taskurun sedikit hambaMu yang bersyukur kita berharap kita termasuk kelompok yang sedikit yang bersyukur itu insya Allah amin kita ajak tetangga sahabat kerabat untuk mensyukuri ni'mat ini mensyukuri Jangan buang sampah sembarangan mensyukuri jangan rusak alam semesta sampai menangkap ikan yang hanya untuk sebagai tidak ada tujuannya sama sekali suatu ketika sahabat nabi mengambil anak burung dari sarang burung lalu kemudian dia bawa pulang maka apa kata Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam Nanti pada hari kiamat anak-anak burung ini akan mengadu kepada Allah subhanahuwata'ala ya Allah orang ini mengambil aku dipisahkannya aku dengan ibuku dan tidak ada uh urusan makanan sama sekali bukan untuk disembelih bukan untuk dimakan hanya untuk menyalurkan hobinya sama sekali ketika dalam satu musafir perjalanan ada seorang sahabat menyalakan obor dalam nomor itu dia Nyalakan dia bakar sarang semut memakan nabi marah Apakah tadi layu aznar kilabunnar tidak boleh merusak sarang semut dengan api kecuali Allah pemilih api kalau ada tujuan karena binatang berbisa karena dia mengganggu boleh tapi kalau dia tidak mengganggu Kalau yang binatang hewan serangga diatas tanah demikian Begitu juga dengan ada di dalam laut ikan dibunuh diledakkan rusak terumbu karang untuk memperbaikinya perlu sampai puluhan ratusan tahun maka kita sudah merusak alam semesta Apakah tahulah Subhanahu ta'ala tentang nikmat yang dirusak Wah oral fashadu film Barry wall Bali soal pasar sudah nampak kerusakan file Barry diatas daratan wall Bakrie di dalam lautan Bima kasabat aidinnas akibat dari efek perbuatan tangan manusia alhamdulillah Yang diatas bisa terjaga dengan baik saking suburnya Wakatobi sampai di atas pentas ini pun rumputnya hijau Hai saking Ken karangnya tetap terjaga tadi dalam ke arah itu pun naik ke atas mirip karang juga lampu-lampu yang ada di atasnya yang diatas bisa dinaikkan ke atas itu melihat yang dibawah naikkan ke atas yang di laut bisa dinaikkan ke darat Masya Allah tabarakallah Ini semua adalah nikmat yang Ussy kita diceritakan kepada anak anak kita supaya mereka tetap menjaganya supaya mereka tetap memeliharanya mati Abdul Somad ceramah di Wakatobi ini diperdengarkan kepada mereka ditontonkan kepada mereka didengarkan melalui radio melalui televisi Insyaallah mengalir ke makam Abdul Somad di Riau Insya Allah amin Hai banyak juga yang setuju saya mati-mati bukan kemauan kita sampai masanya kita akan berakhir tadi ketika matahari akan tenggelam Sunset Ustadz Abdul Somad nanti kita berdiri sejenak di tengah di tepi laut untuk melihat matahari tenggelam ini matahari tenggelam terakhir yang dilihat Abdul Somad di Wakatobi wangi-wangi besok entah matahari mana yang akan dilihatnya di pulau Sumatera saat melihat matahari tenggelam sempat kami membuat video Abang Ustaz katakan matahari tenggelam tadi pagi dia terbit siang dia terang beneran Sampai masanya dia akan redup dan dia akan hilang Apa maknanya Hari Ini Kau boleh terang-benderang hari ini kau boleh masa muda hari ini kau boleh punya kuasa kau sedang matahari trik diatas sampai masanya kau akan tenggelam sampai masanya kau akan hilang sampai masanya gelap akan datang ketika gelap itu datang apa yang sudah kau lakukan ini penting sekali karena kalau tidak kita akan menyerang lupa Valley betapa matahari pun memberikan pelajaran kepada kita ikan-ikan dalam lautan pun menjadikan pelajaran kepada kita Afala tatafakkaruun Kenapa tidak mau berpikir apalah tak tidur Kenapa tidak menggunakan akal apa latatata karun Kenapa tidak mengingat nikmat Allah Subhanahu Wa Ta'ala diantara tujuan kita berkumpul malam ini adalah untuk mengingatkan lagi tentang Nikmah Nikmah wafiroh Ingatkan mereka biaya Nila tentang nikmat-nikmat Allah subhanahuwata'ala epoin yang kedua poin yang ketiga saudara Grand dimuliakan Allah subhanahuwata'ala Mengapa Kesultanan Buton bisa berhasil mengislamkan mayoritas saudara-saudaraku adalah pomade yang menyembah Allah dan mengakui Nabi Muhammad Rasul hamba Allah utusan Allah subhanahuwata'ala kenapa Salah satu unsur keberhasilannya adalah karena dakwah itu dari atas dakwah dari bawah ini sulit bapak-ibu yang dimuliakan Allah seperti istana pasir di tepi pantai kita buat istana pasir yang cantik indah di tepi pantai ada pintu nya ada jendelanya ada atapnya ada istananya ada menaranya cantik lalu kemudian datang ombak habis rusak dibangun lagi tumbang lagi didirikan lagi tumbang lagi tapi kalau dia dengan kekuasaan ini salah satu perhatian yang saya lihat dalam kesultanan-kesultanan di Jawa juga demikian Begitu Kesultanan Demak berdiri dan Walisongo bersama para sultan-sultan menegakkan agama Allah maka peran ulama begitu ringan Kenapa karena ada backup dari penguasa-penguasa yang beriman kepada Allah subhanahuwata'ala jadi kalau dari belajar dari Wali Songo belajar dari Kesultanan Buton maka saya optimis kedepan pemerintahan kabupaten Wakatobi juga termasuk yang mensupport dakwah Insya Allah amin full pusat tahu dari mana Ya sudah ketemu dengan orang-orang ya ketemu dengan Ibu Wakil Bupati ketemu dengan bapak bupati malam ini bertemu dengan Bapak Kepala ketua DPRD kabupaten Wakatobi Tadi pula bertemu dengan Bapak Kepala Dinas semuanya Alhamdulillah tabarakallah mengajak menyelamatkan Ummat sehingga mudah kalau lakusa Abdul Somad saja yang berceramah Mari kita kumpulkan Brass Mari kita selamatkan fakir miskin Abay Talent yukazzibubiddin taukahkamu Siapa itu Pendusta agama fadzalikal ladzii yadu'ul yatim mereka yang menyia-nyiakan anak yatim susah bagi saya untuk mengajak umat ini untuk mengumpulkan beras Bapak Ibu apalagi fitnah hop sekarang luar biasa mengumpulkan uang untuk Palestina eh difitnah untuk makan lontong sayur pagi-pagi Hai nanti kalau saya mengajak jamaah ngumpulkan beras entah fitnah apalagi yang datang tapi kalau orang yang punya kekuasaan mengumpulkan beras untuk fakir miskin Mudah Saja Dia tidak perlu dia berteriak tidak perlu dia berceramah cukup dengan satu kata bapak bapak ibu ibu saudara sekalian mari kita kumpulkan satu kaleng susu brush untuk fakir miskin anak yatim yang ngomong bupati yang ngomong wakil bupati yang ngomong Kepala Dinas langsung semua pegawai mengumpulkan satu karung beras begitulah mudanya berdakwah dengan kekuasaan kalau ada orang pernah berkuasa tapi tidak sempat untuk menggunakannya menolong agama Allah menolong orang susah menolong anak yatim menolong fakir miskin itulah orang yang paling rugi di hadapan Allah subhanahuwata'ala betul masalah terserah mau bilang salah juta apa-apa Hai sibuk kalau mau bilang salah nggak ketahuan orang pakai masker Apa itu yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala jadi kalau Abdul Somad mengatakan Selama Engkau berkuasa berapa mesjid yang kau bangun Selama Engkau berkuasa Apa keputusannya mu yang sudah menolong agama Allah selama kau punya kekuasaan betapa fakir miskin berapa orang anak yatim berapa Pondok tahfidz Quran berapa Quran wakaf yang sudah dibagikan sesungguhnya Abdul Somad tidak ada kepentingan apapun Saya bukan orang partai Saya bukan orang politik Saya hanya ingin supaya orang-orang yang diamanahkan Allah kekuasaan di tangannya di ujung jarinya ditandatangan nya dia tidak menyesal di hadapan Allah hari ini mereka mulai tersinggung dengan saya tidak apa-apa hari ini mereka boleh marah dengan saya tidak apa-apa tapi nanti Dr syarat dia akan berterima kasih terima kasih Abdul Somad aku dulu Memang termasuk haters mu Hai tapi berkat kudengar beberapa ceramah mukena ingin mencari kesalahanmu kau katakan waktu itu dengan ujung tanda tanganmu kau tandatangani surat SK ini berdiri satu masjid berdiri pondok pesantren berdiri Rumah Tahfidz diam-diam kudirikan satu Rumah Tahfidz mengalir pahalanya mengalir sampai hari kiamat Insya Allah amin kita doakan penguasa-penguasa kita dileburkan Allah hatinya Amin kita doakan bukan hanya hatinya yang lembut tanda tangannya pun lembut juga Hai tapi jangan asal doa saja nanti minta mushola proposal dia kasih Minta Masjid dia kasih minta sekolah Tahfidz dia kasih setelah itu hilang di mana tangkap KPK kita tidak mau itu kita juga mau selamatkan mereka bakal di tengah malam kita doakan wahai Imam Ahmad bin hambal Imam Hambali ya Seandainya doaku makbul dan doa itu cuman satu kata Imam Ahmad bin hambal seandainya doamu mahol dijamin diterima Allah doa itu dikabulkan Allah Mustajab Tapi doanya cuman satu saja Doakanlah minta pemimpin yang adil Kenapa karena kalau pemimpinmu Adel 1 negerimu akan merasakan nikmat keadilannya sampai ikan-ikan dalam laut pun akan mendapatkan keadilannya bukan ceramah kampanye karena kita bukan Pilkada saudaraku yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala seekor semut memerintahkan bala tentara semut yang lain masuklah kalian ke dalam sarang-sarang kali Hai semut Kenapa karena pasukan Sulaiman akan lewat aku hawatir sepatu tentara Sulaiman akan menginjak perut kalian sehingga pecah dan Matilah kalian waisun Apa pelajaran pemimpin yang adil dan amanah tidak ada semut yang mati diinjak tidak ada semut yang pecah perutnya Kenapa karena dia mendengar suara pasukan Panglima semut fatabassama bawah ikan tersenyum Sulaiman mendengar ucapan itu kenapa karena dia mampu menyelamatkan umatnya Insyaallah pemimpin Wakatobi amanah maka ikan-ikan pun akan selamat karang-karang pun akan selamat pohon-pohon yang ada di atas pun selama kalau ikan dan Karang saja selamat apalagi masyarakatnya juga Insyaallah selamat amin 125-130 ribu masyarakat yang ada di PT sekitar Rp70.000 pustaka kok datanya lengkap tadi sambil saya tanya pak ketua dewan nah 170.000 ia akan diminta tanggung jawab di hadapan Allah subhanahu wa taala tapi Insya Allah Allah Maha Adil sekecil apapun yang kita buat kita lakukan akan dipertimbangkan Allah famaiyakmal miskoladarotin hairan yaroh sebesar biji sawi perbuatan baikmu maka itu akan dibalas Allah subhanahuwata'ala sebesar biji sawi perbuatan dosa mu itu pun juga akan ditutup di hadapan Allah subhanahuwata'ala babi yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala dakwah menjadi ringan kalau orang-orang yang punya tanda tangan kalau orang yang punya kekuasaan ikut mensupport dakwah ini bukan kata-kata Abdul Somad ini belajar dari pelajaran Islam di Indonesia sejak zaman Wali Songo di Pulau Jawa sampai di pulau Sumatera Bagaimana Kerajaan Samudra Pasai Aceh sampai di Wakatobi di Baubau Kesultanan Buton sampai di Raja Ampat ketemu dengan raja-raja diantaranya saya datang bertamu ke rumah Raja patipi Ketika saya berkunjung ke Papua Barat mereka masih menyimpan Alquran Alquran disimpan oleh sultan-sultan raja-raja dan mereka sampai hari ini memegangnya bertebaranlah Islam padahal hari ini kita begitu sulit dan susahnya untuk menempuh padahal sudah ada pesawat bagaimana para ulama dulu tapi berjalan ini begitu ringan Kenapa karena ada kekuasaan ada orang kaya ada alim ulama ada anak muda bekerjasama maka muncullah Islam di negeri Kesatuan Republik Indonesia dan negeri ini sampai hari ini dalam undang-undang negara kita undang-undang Dasar 1945 pasal 29 menjamin kebebasan beragama pasal 1 dan pasal 2 ayat 1 dan ayat 2 pasal 29 itu semua bersumber dari Pancasila sila yang pertama ke tahanan yang maha esa tidak dibenturkan antara agama dengan kebangsaan dalam satu busan nafas para ulama berkata Allahu akbar mereka juga berkata merdeka dalam Setumbu San nafas mereka menyelamatkan anak bangsanya dari penjajahan Belanda dalam satu membosan Avast menyelamatkan umatnya dari menyembah kepada selain Allah Subhanahu Wa Ta'ala kalau pada sila pertama ketuhanan yang maha esa maka pada sila berikutnya dia katakan persatuan Indonesia keadilan itu semua sejalan maka ulama founding father pendiri bangsa ini sudah merumuskannya merumuskan dasar agama merumuskan dasar bernegara yang diambil dari saripati inti daripada agama Maka jangan sampai kita termakan isu Jangan sampai kita termakan hop apalagi membetulkannya karena kita tinggal mengisi kemerdekaan ini Insya Allah Allahu akbar wa yang keempat ingin saya sampaikan adalah bahwa ketika kita sudah hidup di atas dunia apa yang kita perjuangkan kedepan Abdul Somad pergi ke sono pergi kemari ceramah tausiyah habis setiap zaman ada pokoknya setiap tokoh ada zamannya berakhir selesai tamat sodakowloh innalillahiwainnailaihirojiun yang Ustad cari ini Apa sebetulnya tidak ada yang dijadikan kecuali ingin mendapatkan amal jariyah Ustadz Abdul Somad ini anak saya doakan menjadi penghafal Quran Allahumma faqqihhu fiddin wa allimhu takwil bukakan pintu agama bukakan pintu hatinya untuk menerima agama Ya Allah Ustadz Abdul Somad ini istri saya ambil Tolong doakan Rabbana hablana Min Solihin tujuannya pak anak-anak ini nanti akan menjadi penghafal Quran selamat dari narkoba selamat dari zina selamat dari PlayStation selamat dari gadget selamat dari game online cuma ketika mereka berhembus oleh mereka menjadi pemimpin masa depan Mengalirlah pahalanya ke makam orang-orang yang baik-baik semua yang hadir malam ini Insyaallah akan mendapatkan amal jariyah Amin yang kaya bangun mesjid cetak kayak Fauza tak bisa bangun mesjid sholat ke mesjid ke mesjid pun saya tak bisa Pak ustad banyak-banyak dzikir-dzikir pun tak bisa juga Pak Ustad laut dekat Hai hehehe saudaraku yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala saya Burung matanggap autad Saya tidak punya apa-apa untuk bersedekah pusat punya suami punya ajak suamimu untuk membebaskan tanah ada tanah di sana dua hektar satu ekornya 500.000 eh softlight 500.000 satu meternya 500.000 telepon Assalamualaikum waalaikumsalam Saya lihat tadi di baliho ada pembebasan tanah satu meternya 500.000 Rupiah kami ambil lima meter saya lima meter suami saya 5 m 10 m 5500000 takok bangunkan untuk rumah lima miliar go bangunkan tinggal tapi 500001 m anak-anak akan baca Quran di atas itulah akan menjadi amal jariyah di hadapan Allah subhanahuwata'ala amin Alhamdulillah sudah berdiri masjid-masjid az-zaitun di wangi-wangi Wakatobi prasastinya dibuat atas berkat rahmat Allah Subhanahu Wa Ta'ala masjid az-zaitun di wangi-wangi Wakatobi diresmikan tandatangan Abdul Somad datang anak cucu saya 50 tahun akan datang ke Wakatobi dicarinya masjid az-zaitun Meleleh air mata mereka melihat tanda tangan Abdul Somad Kenapa mereka sedih karena yang tanda tangan itu sajalah yang punya Abdul Somad semennya punya orang Wakatobi tanahnya punya orang Wakatobi tapi orang Wakatobi memuliakan Abdul Somad dimuliakannya disambutnya Dr pot dibawanya ke tempat penginapan dibawanya ke Balam lautan diselamatkannya disematkan nya tanda tangan di situ untuk apa untuk mengajarkan anak-anak kita semua bahwa ada amal yang mengalir walaupun kita sudah mati dimakan cacing tanah lari kesana lari ke mari berjalan kesana berjalan kemarin sibuk dengan dunia pergi pagi pulang petang mengurus ruko pergi ke laut mencari rezeki rezeki dijamin Allah Subhanahu Wa Ta'ala wa mendapatkan viral di semua yang melata berjalan diatas muka bumi ini dijamin Allah subhanahuwata'ala rezekinya Allah tak ada yang menjamin tapi musti kita cari gimana pusat dijamin tapi tetap dicari Buahnya sudah matang di atas tapi tetap kita diperintahkan untuk menggoncang batangnya sesuai jatuh buahnya ke bawah Dari mana Ustaz Affan ini pada saat Maryam mengandung anaknya bernama Isa Alaihissalam dalam surat Maryam ada satu khusus untuk ibu Nabi Isa apa kata Allah subhana wa taala wujud yigit enak latih goncangkan pundakmu Hai Maryam Maryam perempuan lemah baru melahirkan anak disuruh menggoncangkan pundaknya ke batang pohon kurma itu sakit aneh himbauan jadinya supply gugur buah korma dari atap rumahnya sudah matang itu memang dikhususkan Allah tapi perempuan yang lemah sedang menyusukan anak tetap disuruh Lencang kanan batang kurma sesuai jatuh buahnya ke bawah ada usaha rezeki dijamin Allah tapi musti ada ikhtiar ikan-ikan yang ada di tengah lautan itu memang sudah tertulis atas nama mau tapi kalau tidak kau ambil dia tidak akan datang tapi kalau sudah ditetapkan Allah untukmu dia akan datang ke mulutmu walaupun harga ikan itu berapa ikan Napoleon to sekilo entah enaklah pak haji yang ngasih ngasih Nantilah kita cari di tapi saya Kiram Saya pernah lihat seri pernah lihat cerita ikan Napoleon itu di internet tapi saya tidak terlalu peduli karena saya pikir tak terbeli saya tahu selesai tonton anggap aja lah harganya satu kilo satu juta amin Hai orang Wakatobi setuju ikan ini mahal lalu kemudian ketika telur ikan ini menetas satu perut ikan itu ada 100.000 ikan tapi diantara 100.000 ikan itu ada satu ikan yang tertulis di situ tertulis milih Abdul Somad limited edition dipancing oleh orang Wakatobi dipancing oleh siapapun tetap itu milik Abdul Somad begitu tukang pancing menangkap mau dimakan sama anak istrinya apa kata dia nggak usah kita makan kita jual aja bagus untuk bayar uang sekolah anak-anak kita begitu sampai ke pasar Abdul Somad tidak membelinya istri Abdul Somad tidak membelinya di Pekanbaru yang membelinya Siapa yang membelinya adalah staf rumah tangga Hai Bapak ketua DPRD Wakatobi Cut tulang dimasak dengan gulai yang enak luar biasa bintang kan di atas mangkok yang mahal diletakkan di atas meja makan diletakkan diatas mejanya lagi ada meja makan ada lagi meja yang bisa berputar itu kalau terlalu banyak putarnya sampai tujuh kali bisa pusing kepala kita dan begitu kami sudah duduk semua tamu maka yang dipersilahkan makan duluan siapa saya Hai Ustadz Abdul Somad silakan ikan itu langsung datang ke depan saya yang tertulis atas namamu Abdul Somad takkan mungkin diambil oleh orang lain betul-betul ya tapi cerita ini harus lengkap didengarkan kalau tidak ini efeknya negatif besok orang Wakatobi tak ada yang mau carikan pas ditanya Awang tidak pergi carikan kalau sudah tertulis atas nama kita akan datang ke meja kita ada usaha dan rtr apa kata Syekh Muhammad mutawalli as sya'rawi Ayo mafa Taka sesuatu yang luput darimu lebih uh laka berarti tidak diciptakan untukmu mafa Taka yang tidak dapat olehmu yang tidak tertangkap oleh MU yang luput darimu lebih laka berarti tidak diciptakan Allah untukmu ayam itu punya engkau telurnya menetas di kandang punya engkau pitanah engkau yang mengasihi makannya engkau yang memberinya padi engkau yang memberinya beras engkau tapi ternyata ikan itu ayam itu diambil oleh pencuri sedih engkau tidak kenapa karena berarti dia tidak diciptakan untuk engkau ini bagi orang yang punya ayam yang punya kambing pokok berlaku juga demikian yang punya rumputnya engkau yang punya kandangnya engkau yang membawanya ke Padang rumput engkau apa yang terjadi ternyata kambing itu ditabrak oleh bus ini berarti bukan diciptakan untuk aw berlaku juga bagi yang sedang tunangan sudah tunangan sudah tukar cincin sudah paruh sudah kenal keluarga Malang tak dapat ditolak untung tak dapat diraih dilarikan pelakor lebih lega me pataka lem unit laka yang luput darimu berarti tidak diciptakan untukmu lalu masalahnya sudah selesai Polsek blue background putih masih koma lagi Hai maf'ul Kolaka lain ya putaka kalau memang diciptakan Allah untuk engkau maka dia tidak akan mungkin luput dari engkau itulah aqidah itulah tauhid orang kalau matang tauhidnya seperti ini dia tidak akan merampas dengan cara korupsi tidak akan merampas dengan cara dusta itu akan merampas dengan cara Bohong dia tidak akan mengambil hak orang lain Kenapa karena dia tahu kalau memang diciptakan untukku pasti akan dekat kepadaku tapi jangan gara-gara ini anak muda lalu tidak mau kenalan sama perempuan kau tidak mau dekat sama anak Pak Haji Kalau memang dia Tercipta Untukku dia pasti akan mendekat kepadaku saudaraku yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala hidup ini Kadang banyak orang salah jalan gara-gara aqidahnya tidak kuat gara-gara keyakinannya tidak kuat ahlussunnah Waljamaah seimbang antara ikhtiar usaha dengan keyakinan orang yang hanya berdoa saja tidak berusaha bukan Ahlussunnah Clan orang yang perusahaan saja tidak mau berdoa juga orang yang angkuh dan sombong Kita ahlussunnah Waljamaah Imam Abu Hasan al-asy'ari musti ada al-khas buat FBR ada usaha ini termasuk usaha kita menjaga Wakatobi pada malam hari ini berkumpul bersama bicara berdialog ada anak muda ada ibu-ibu ada bapak-bapak ada bisnismen ada pengusaha bersaudara diikat dalam bingkai Persaudaraan apa namanya saya mudah menghafal beberapa kali dia penghafal Sahe Solo saling wahai saudaraku yang dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala kami ketika di Jogja tulisannya di pji sedulur saklawase sampai ke Wakatobi sesulu saling Oke bersaudara selamanya bersaudara di Wakatobi bertetangga di surga Insya Allah ya Hai saya Insyaallah nanti di surga tetangga sebelah kanan Pak hamirudin sebelah kiri pak hamil dinilai lalu kami Pak ustaz insya Allah kita semuanya bersama di syurga bersama Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Hai tidak pakai transitin raga Booster Tidak kenapa begitu karena kita tiap hari diajarkan do'a masuk surga tanpa transit Rabbana Atina Fiddunya Hasanah wafil akhiroti hassanah wa qina Adza Wakina azabannar itu artinya tidak pakai transit di neraka ini dia sama-sama jamaah masjid Saya sama-sama dari Wakatobi sama-sama dengar ceramah Ustad Somad Kenapa dia tidak ada di Surga Ustadz dia transit dan Raka gara-gara apa Sombong anehnya Golem makan riba maka kita Selamatkan diri kita jangan cuman mulut kita berkata Rabbana Atina Fiddunya Hasanah wafil akhiroti hassanah wa qina Adza Bannar wa Kina Adza Bannar wa Kina Adza Bannar tapi perbuatan kita makanan kita haram Ayo melek mint setiap daging di badan nabata Minna waminkum tumbuh dari yang Arab vanarus Aulani tempatnya adalah api neraka Jangan sampai kita mendoakan anak kita Rabbana hablana Min khoirin selamatkan dari api neraka Ya Allah tapi kita memberikan menyebabkan makanan haram ke mulut dia uh bilawal anak-anak yang disebabkan makanan haram ke mulutnya a nice saja bulan apakah mungkin doa kita dikabulkan Allah subhanahu wa taala tapi Insyaallah semua makanan yang ada di kau bihalal halal semuanya Saya biasanya tiap malam makan nasi Bapak Ibu sampai di Wakatobi makan keladi sudah dua malam saya menyangka kemarin malam ketika makan keladi ini nampaknya nanti malam menggigil Kelaparan sampai pagi tadi nggak lapar lapar luar biasa juga keladi luar biasa nanti sampai di Pekanbaru seolah lagi ke lagi macam itu juga Sulawesi yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala masyarakat kita ini kita tidak mau mereka hanya sebagai konsumen saja mereka musti mengolah kita belajar dari Yogyakarta bagaimana mereka begitu efektifnya pohon jati dari mulai daunnya sampai batangnya sampai akarnya bisa dikelola bisa dibuat meja bisa dibuat kursi bisa dibuat gantungan kunci bisa dibuat souvenir Waka di tempat kita banyak sekali yang bisa dari mulai sampah-sampah kulit-kulit kerang pun bisa kerajinan sehingga kalau dibuatkan Pelatihan Masyarakat kita tidak hanya sebagai produsen tapi juga sebagai sebagai produsen tidak sebagai konsumen tidak sebagai pemakai tidak sebagai penjual saja tapi sebagai memproduksinya maka Insyaallah kalau kita jaga ini semuanya maka ekonomi umat akan bangkit poin yang terakhir poin yang kelima adalah ditengah hebatnya program wisata walaupun Terpukul terpuruk akibat dari konflik naintin mudah-mudahan copied berakhir wisatawan segera datang lagi ke Wakatobi insyaallah Hai Anda cemas di hati orang tua nanti kalau bisa tawon datang dengan budaya-budaya nya bagaimana Pak Ustadz bagaimana mereka akan merusak pak ustad maka disinilah pentingnya kita kuatkan lagi akidah anak-anak kita ada TK Quran SD Quran SMP Quran SMA Quran Rumah Qur'an magrib mengaji dari maghrib ke Isya anak-anak ngaji handphone mati TV mati gadget mati sore Jumat ibu-ibu wirid Yasin pengajian kajian wajibnya 3A tidak agusnawar jamaah sifat wujud Qidam baqa mukhalafatu lilhawadisi KMU binaswadaya Putra ilmu hayat sama' Bashar dalam mengkaji tentang masalah fiqih fiqih shalat fiqih zakat bikin puasa fikih Haji fikih umroh mengkaji tentang masalah akhlakul karimah Bagaimana menutup aurat berhijab tidak sempit tidak bicara limbah tidak angkuh ndak sombong setelah hatinya bersih diisi dengan dzikir tiba tawakal qanaah Maka kalau bentengnya kuat wisatawan masuk justru wisatawan itulah yang akan lembut hatinya dan dapat Hidayah ketika dia pulang dari Wakatobi Insya Allah amin Hai anak-anak kita musti menjadi para penghafal Quran Bapak Ibu anak-anak kita musti menjadi orang yang berhijab panjang menutup aurat berdakwah bukan hanya sekedar ceramah apa kata Sayyidina Umar Bin Khattab kunu duet Daniel Oh Jadilah kamu orang-orang yang berdakwah ke jalan Allah Waalaikumsalam itun tapi mulut kamu diam berdakwah tapi diam gimana berdakwah kan ceramah perawakan tausiyah Pulau akan kultum kunu duet Ani loh Jadilah kamu orang yang berdakwah mengajak orang ke jalan Allah waktu suami turun tapi mulut kamu diam khazalik Bagaimana berdakwah diam itu Hai Umar biak lacticum berdakwah dengan akhlak budi pekerti kejujuran kebersihan awan Nah itu menyentuh hati orang Berapa banyak orang tersentuh hatinya bukan kalian ceramah kita tersentuh hatinya Kenapa karena budi pekerti kejujuran kebaikan Hai ini yang akan menjadi daya tarik Wakatobi dimasa akan datang Insya Allah amin Apa yang kau lihat di Wakatobi bersih apa yang kau temukan di Wakatobi alamnya subur Apa Yang Kau Dapatkan di Wakatobi orangnya jujur dan amanah Ketika saya beli barang tiba-tiba berlebih uang saya lupa datang dia mengejar saya untuk mengembalikannya berapain dikembalikannya 2000 perak kalau 200.000 dibaliknya juga inilah Ungu orang tersentuh hatinya sehingga terkesan Ayah dialog publik rojulan wahidan satu orang dapat hidayah karena engkau Khoiroh Minho me-rename lebih baik daripada engkau memiliki seekor unta yang merah unta merah adalah kendaraan termahal pada zaman Nabi Muhammad Shallallahu salam seekor unta yang merah kendaraan termahal kalau sekarang kira-kira unta merah itu apa Pak Ustad Ferrari berwarna merah yang pintunya cuman dua harganya 5000000000 ternyata mobil ini makin sedikit pintunya Mak file-nya di Tahun 2022 itu tidak pakai pintu sama sekali pembalap yang dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala maka berdakwah dengan wisata religi kalau Thailand Thailand punya wisata religi ada namanya hal road strip road satu jalan itu halal semuanya wisatawannya alat orang-orang yang ada tangga dari Kuwait yang datang dari hobi Arabia ingin liburan takut maka sudah disediakan hal roh saya pulang dari Kairo tahun 2002 pulang dari Kairo 2002 pesawatnya dari Kairo ke Bangkok dari Bangkok ke Kuala Lumpur naik pesawat pailen airlines Royal Pain kerajaan Thailand sampai di atas pesawat Saya tidak jadi makan Kenapa tak jadi makan karena Isinya sosis yang tidak ada label file-nya tak jadi saya makan sampai Kuala Lumpur baru saya makan tapi tahun lalu saya naik pesawat Royal toilet Apa yang terjadi ketika mau makan pramugarinya nanya muslim food Hai kamu mau makanan Muslim dia kasih makanan muslim tertulis muslim food betul label Halal padahal Thailand tidak negeri Islam padahal itu sudah saudara kita beragama Buddha tapi mereka membuat wisata halal kenapa kita tidak membuat wisata halal Berapa banyak orang yang mau berbulan madu halal Berapa banyak wisatawan datang dari negeri Islam ingin halal gitu ingin campur dengan orang yang tidak mangrove dingin makanan yang halal nanti Insyaallah kemana orang mau berwisata halal kita musti memunculkan icon wisata halal silakan datang ke Wakatobi hubungi nomor kontak berikut ini sebagai bank dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala Maka kalau ini kita jaga benteng yang kuat siapapun yang datang justru kita menawarkan Hidayah kebaikan pendapatan daerah naik masyarakatnya ekonominya bagus maka Insyaallah negeri ini terjaga sampai hari hai lalu Abdul Somad dapat apa Wi dulu Dapat apa Pak angkut2 dewan dapat apa semuanya mendapatkan kebaikan Barokah Negeri Ini anak cucu kita menjadi orang-orang yang sholeh dan Sholihah Insya Allah amin ya robbal alamin saya mulai tadi jam-jam nih Saya mau sejati karena jam saya masih jam Riau saya mulai jam 09.00 09.00 Pokoknya saya udah ngomong 60menit dimana-mana saya bicara 60 Mei sesuai yang tertulis di botol 600 ml baik di timur maupun di barat tetap 60menit itu yang dapat sampaikan pada kesempatan yang baik dan mulia ini Saya yakin dan percaya banyak tutur kata saya menyinggung perasaan tidak berkenan dihati mohon maaf beribu maaf kita tetap jaga proses protokol kesehatan cuci tangan Hai jaga jarak pakai masker Ustad mengatakan cuci tangan Ustad sendiri tak cuci tangan sudah di rumah pak ketua dewan sebelum makan lebih tangan hutan mengatakan Hai jaga jarak pusat seni tak jaga-jaga Kami tetap jaga jarak pusat mengatakan pakai masker unsur cerita pakai masket kan kau lihat masker kuning Kenapa usah pakai kalau pakai tak jelas tanpa peng kubilang saudaraku yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala jangan ada fitnah Jangan Ada Dusta yang ada hop itulah lima poin yang disampaikan oleh Abdul Somad mudah-mudahan bermanfaat kita tidak pernah berpisah walaupun Besok saya akan pulang meninggalkan Wakatobi menuju kampung halaman saya di Sumatera maka Insyaallah kita tetap bersama dalam doa-doa akan Abdul Somad supaya mati Husnul Khotimah jangan sekarang saya masih ada janji ke Wakatobi ketika masyarakat Wakatobi bertanya Kapan Ustad datang lagi saya janjikan saya datang ke Wakatobi dalam acara wisuda anak-anak tahfidz Quran Hai yang tepuk tangan dulu nanti kalau ada undangan dari Wakatobi Salamualaikum Waalaikumsalam Ustaz Abdul Somad betul bisa datang ke Wakatobi bisa kapan Ustaz Kapan wisuda tahfidz Quran pada saat Wisuda Tahfidz musti 30juz puzzle yang penting ada 36 maksudnya Polsek juz 30 aja dulu kita buat wisuda tahfidz Quran Juz 30 anak-anak TK kita kumpulkan Beat Tampilkan anak-anak ke depan wajah mayat assalut bapaknya pemabuk sakau ibunya juga mengunggah Hai Poppy melihat anaknya baca Quran hmm Aya Tasya anu Anin nabail adzim meneh airmatanya selama ini kalau dia mendengar ceramah Ustad dia marah di sakit hati Jin tersinggung tapi begitu melihat anaknya baca Quran di atas ternyata anaknya diam-diam ikut ke rumah tahfidz Quran itu dakwah yang luar biasa 73 Abdul Somad akan datang ke Wakatobi dalam acara wisuda tahfidz Quran anak-anak Wakatobi juz 30 syukur-syukur 30juz saudaraku yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala saya mau datang ke suatu daerah kalau ada tujuan visi misi tidak hanya sekedar datang ceramah tabligh akbar selesai tidak kita ingin berkesinambungan hai saudaraku yang kaya-kaya yang tanah zamannya buat Rumah Qur'an Hai kalau punya uang banyak berpikir rumah besar mobil mewah bagus tapi itu semua akan tinggal yang kekal abadi mana rumah tahfidz Quran TK Alquran SD Quran SMP Quran SMA Quran datang nanti ke mesjid Az zaitun hubungi ketua pengurus Masjid tanya mana tanah yang untuk pendirian TK Quran berapa meja kursi yang perlu diberikan berapa batu bata krikil dan semen yang perlu bahwa bantu ketosa Somad tanya aja dulu selesai yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala boleh jadi 2-3 butir kerikil itu akan menjadi bukit uhud di padang mahsyar tapinya gara-gara Ini bukti betul-betul Kerikil yang dibawa saudaraku yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala mudah-mudahan ada manfaatnya Terima kasih atas segala Perhatian mohon maaf atas segala kekhilafan dan kesilapan saya kembalikan ke Ustad hamirudin Wassalamualaikum itulah wabarakatuh