Rabu, Juni 15, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Sudah Benarkah Wudu kita? ini Umi Mimi ambil dari Youtube Ahmad Zainuddin, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Sudah Benarkah Wudu kita? ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Sudah Benarkah Wudu kita?

Sudah Benarkah Wudu kita?

Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil anbiya wal mursalin wa'ala alihi washohbihi ajma'in Amma ba'du Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh telah hadir ke kita setempat Zainudin al-banjari untukku membawakan Taklim kajian hari ini dan insya Allah file tentang sudah sempurnakah kita karena sudah hadir kita mulai saja langsung that the sebelumnya menghampirinya winhomeware [Musik] Jangan nanti ditambah sekitarnya Jawa mungkin Sarjana 1715 adalah dan setiap masyarakat pada saat mereka bila rohmanir Rohim innalhamdalillah nahmaduhu wanasta'inuhu wanastaghfiruh wa na'udzubillahi Min sururi anfusina Jose ia Marina melihat diri laho pada mobil Ana mau meniup lilin para hadiah asyhadu alla ilaha illallah wahdahula syarikalah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warosuluh ya Aa menetap loh hakotukotih wala tamutunna illa Wa Antum muslimun ya ayyuhannasuttaqu rabbakumulladzi khrom nafsu Wahidah khalaqal minha zaujaha hobasta minhuma Riza lengket Irwan Isa Otaku loh lebih Tasya aloe nabi hiwal Arham innauloha karena alaykum rokiba ya ayyuhalladzina amanu ittaqullaha waqulu qaulan sadida usahlah Kumar malakum wayagfirlakum dunubakum home n NaOH warosulahu fakaza Faza Fauzan a54v naas lokal hadis kitabullah Ahsanul hati-hati Muhammadin Sallallahu Alaihi wa ala alihi Wasallam beserta lumuri muhdatsatuha waktu dilamar Dahsyat in the thank you aku lebih tajam dholalah wa Kullu Nawala latin Cina Alhamdulillah kita bersyukur pada Allah subhanahu wa ta'ala pada hari ini Sabtu sore 6 Al Muharram bulan Allah yang suci 1443 Hijriyah kita dimudahkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala untuk kembali duduk bersama mengkaji ayat-ayat suci al-quran dan hadis-hadis rasul Sallallahu Alaihi Wasallam dan dalam pertemuan ini boleh dibilang kita sekarang di dalam atau roh asyariyah kajian Islam intensif tentang Wook yaitu mengangkat tema sudah Benarkah wudhu kita atau sudah sempurnakah hulu kita shalawat dan salam semoga selalu Allah berikan kepada nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wa ala alihi wasallam pada keluarga beliau para sahabat serta orang-orang yang mengikuti yo sampai hari kiamat kelak dengan nama-nama Allah yang Husna dan sifat-sifat-nya yang mulia kita berdoa allahumma inna Nas aluka Ilman naafi'an wa rizqon thoyyiban wa amalan mutaqabbalan Wahai Allah Sesungguhnya kami memohon kepada engkau ilmu yang bermanfaat rezeki yang baik dan amal yang diterima Allahumma Amin akhir betul muslimuna akan ilahiyah Um kaum muslimin yang saya cintai karena Allah terutama para jamaah kamus-kamus itu keluarga muslim fakultas kedokteran Unpad 99 eh Pada kesempatan kali ini kita membahas tentang Bagaimana tata cara berwudhu atau menyempurnakan wudhu dan ada materi yang sudah saya sampaikan kepada panitia Gin panitia bisa melampirkan nya di grup dicat melalui mereka Zoom Ya Taiba adapun yang melalui Instagram Facebook atau YouTube saya maka saya akan bacakan materi yang sudah saya siapkan untuk tema ini jadi kita fokus kepada materi ini wudhu adalah syarat sahnya salat Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda latukbalu salatun Barry uhur yang artinya tidak diterima suatu shalat tanpa bersuci hadits riwayat Imam muslim kalau kita perhatikan wudhu adalah syarat sahnya salat dan ini berdasarkan juga dalam hadits dalam ayat terakhir Maidah ayat 6 ya ayyuhalladzina amanu idza pun tumit pada tafsir wujuuhakum audy-aku mineral sampai akhir ayat Wahai orang-orang yang beriman jika kalian bangun menjadikan shalat maka basuhlah wajah kalian dan kedua tangan kalian sampai siku dan sampai akhir-akhir begitu juga dalam surat Almaidah ayat 6 wa inkuntum jumlah Bang popol jika kalian dalam keadaan junub yaitu berhadas besar maka bersucilah ini Dalil yang menunjukkan bahwasanya wudhu adalah syarat sahnya salat syarat itu artinya adalah sesuatu yang harus ada dan tidak sah sesuatu kecuali dengannya sesuatu yang harus ada dan tidak sesuatu kecuali dengannya dan dia berada diluar sesuatu tersebut Hai kemudian juga berdasarkan hadits yang lain yaitu hadits riwayat Imam muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu Anhu Rasulullah SAW bersabda latukbalu salatun mana Ah dasar hate thawaf tidak diterima shalat apapun Siapa yang berhadas sampai dia berwudhu nah ini Dalil dari AlQuran atau hadis rasul Shalallahu San tentang wudhu adalah syarat sahnya salat begitu juga dalil dari ijma' dinukilkan oleh Abu Bakar Ibnul mundzir rahimahullahu ta'ala ulama Islam abad keempat Hijriyah beliau wafat pada tahun 381 Hijriah di dalam kita beliau cuma dia mengatakan ajma Ahlul lain Allah Annas solata la7t uilabel thoharoh Ira uji dan Meru ilaih Astaghfirullah yang artinya Hai para ulama baru cuma-cuma artinya adalah konsensus kesepakatan para ulama sepeninggal Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam permasalahan-permasalahan agama bahwa shalat tidak sah kecuali dengan bersuci jika seseorang mampu untuk mendapatkan kesucian tersebut nah ini adalah bahwa menunjukkan bahwa wudhu adalah syarat sahnya salat nah Apabila ada orang salat dalam keadaan dia masih berhadas dalam keadaan dia lupa maka pada saat itu dia wajib mengko bloknya Siapa yang salat tanpa dalam keadaan suci karena lupa atau karena tidak eh tidak mengetahui hukumnya atau karena tidak mengetahui dia berhadas maka wajib dia pulangnya ya wajib dia mengulangnya ketika dia ingat ini adalah ijma' para ulama akan hal ini diantaranya menukil ijma' adalah Imam an-nawawi rahimahullahu ta'ala di dalam Kitab beliau Al majmu' Syarah Al muhadzdzab dia mengatakan wajimaru ala an-nahl atas Who sawa'un inginkan ahli mandi hadas CEO jahe Danau Nations laki nemuin salah jahilan kau Nations pala Isma Ali dan para ulama beri cuma ingat yzma ini salah satu referensi hukum yang sangat kuat dalam agama Islam para ulama beri cuma bawa tidak sah shalat karena ada hadas baik itu dia mengetahui akan hadasnya atau dia lupa akan hadisnya atau dia tidak tahu akan hadas Akan tetapi jika dia dalam keadaan lupa dia berhadas atau tidak mengetahui dia berhadas maka tidak ada dosa atasnya nah ini ini berkaitan dengan wudhu adalah syarat sahnya Salat kita lanjut karenanya setiap muslim harus memperhatikan hal ini dan mempelajari Tata caranya yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam karena konsekuensi dari bersyahadat asyhadu anna muhammadan Rosulullah adalah Allah Yordan Allah lebih masyarakat yang artinya allah subhanahu wa ta'ala tidak diibadahi kecuali dengan apa yang disyariatkan kecuali apa yang disediakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kita harus belajar tata cara salat ada tata cara wudhu dan semua ibadah yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam taik kemudian kita masuk pada nomor satu jika so muslim hendak berwudhu yang pertama harus ia lakukan adalah berniat didalam hati berniat didalam hati akhir Beti hamil kumullahu ta'ala Ibadah harus ada niat jika tidak ada niat maka tidak sah ibadahnya Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda dalam Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim dari sahabat nabi Umar bin Khattab Radiallahu Innamal A'malu Bin niat wine nama likullimriin mana yang artinya sesungguhnya amalan-amalan tergantung niat dan Sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan baik kemudian setelah itu bener-bener disini Sebutkan lalu membaca basmalah sebagaimana tuntunan nabi slow Alaihi Wasallam Lawu doa 56 yerikho Risma Allah artinya tidak sah wudhu seseorang yang tidak membaca basmalah sebelumnya sebelum Basmalah berniat nya di dalam hati berniat nya di dalam hati nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam beliau shalat lima waktu bisa lama 12 tahun 2 tahun di Kota Mekah 10 tahun di Kota Madinah dan belum ada satupun riwayat Hadits yang Shahih yang menyebutkan bahwasanya beliau ketika hendak berwudhu mengucapkan niat nawaitu lo ayo rockville hadatsil Azwar lillahi taala aku berniat berwudhu untuk mengangkat hadas kecil karena Allah Subhanallah belum ada karena memang Nia itu adalah amalan hati pada Allah mengatakan dia tadi Wow Muhammad mengatakan Alni atuh azmu walau qosdu ya Walah isyarat yuk Eh anuku di laki-laki yang artinya niat itu adalah tekad dan maksud dan tidak disyaratkan dengan mengucapkannya tidak dishalatkan dengan melafadzkan nya ya jadi niat itu di dalam hati kemudian juga kita tidak perlu untuk memberitahukan Amalan kita kepada Allah subhanahuwata'ala Karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengetahui Amalan kita dan apapun yang kita kerjakan bahkan didalam hati kita Allah subhanahuwata'ala mengetahuinya Allah subhanahu wa ta'ala berfirman di dalam surat al-hujurat ayat 16 full atau Halimun Allah Abidin hukumullah ya Alaihi Wasallam allohul Yin Nadim Katakanlah wahai Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Apakah kalian akan memberitahukan kepada Allah tentang amalan kalian padahal Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada dibumi dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu di tidak ada syariatnya kita mengucapkan niat bahkan ketika Haji pun yang kita mengucapkan Allahumma Labbaik Allah akan Allah menebak hajan Ya Allah aku sengaja memenuhi panggilan engkau untuk menunaikan ibadah umroh untuk menunaikan ibadah haji itu diucapkan tetapi itu para ulama Fiqih mengatakan itu bukan Nia tetapi isyarat liduoliya muslihul tim masuk itu adalah searat untuk masuk ke dalam manasik haji atau manasik umroh Nah kita lanjut jadi disitu berniat didalam hati yaitu mengangkat hadats besar atau hadas kecil lalu membaca basmalah sebagaimana tuntunan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam yang artinya tidak sah wudhu seseorang yang tidak membaca basmalah hadits riwayat Imam Abu Daud dan hadisnya dishahihkan oleh Imam al-albani allohu Ta'ala hebati almuslimuna akan dilalui Agung pembacaan bismillah saat sebelum berwudhu hukumnya Sunnah Dan ini menurut jumhur ahli fiqih dari mayat dari mazhab Hanafi Maliki Syafi'i dan salah satu riwayat dari mazhab Hambali ya dan Dalil yang menunjukkan akan hal ini adalah yaitu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan muslim dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhuma Rasulullah Shallallahu Alaihi wa ala alihi wasallam bersabda lauan naah dokumen Ida Ata ah lahu Kalau bismillah Allahumma jannibnasy Elton John michell tonmol razaqtana jika salah seorang dari kalian mendatangi istrinya maka dia mengucapkan bismillah Sisi pendalilan dari di hadits ini adalah bahwa ketika seseorang dalam keadaan yang sangat jauh untuk berdzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala maka tetap disunnahkan untuk menyebutkan bismillah ya maka dalam keadaan-keadaan lain yang lebih utama untuk mengucapkan bismillah dalam keadaan kita berjimak saja dengan istri kita mengucapkan bismillah apalagi dalam keadaan-keadaan yang memang kita mau berwudhu kita mau mengerjakan amalan-amalan Mulia maka kita mengucapkan bismillah nah ini penjelasan diambilkan dari kitab umdatul qari yang ditulis oleh Imam Al Aini rahimahullahu ta'ala dan juga akhir peti habitat kumullahu taala para ulama mengatakan bahwa mengucapkan bismillah bisa lihat kan dalam kebanyakan perkara baik itu dadah atau selain ibadah maka disyariatkan saat makan disiarkan saat masuk kedalam rumah keluar rumah isyaratkan saat eh menggauli istri disaat kan saat mandi ya maka di Selain itu disyariatkan juga untuk mengucapkan bismillah diantaranya adalah mesangat berwudhu diantaranya adalah saat-saat berwudhu syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah ta'ala berkata Rich lillahi mesrur NV Awali lafal Al aziziyah kalau aku wes rubiono falaakh Seaworld ibadat Paula menyebut menyebutkan bismillah itu disyariatkan di awal-awal yang perbuatan-perbuatan yang merupakan kebiasaan manusia seperti makan minum tidur masuk rumah masuk ke dalam WC ini syariatkan untuk membaca itu maka yang disyariatkan di dalam awal-awal ibadah ini lebih utama sebagaimana katakan oleh syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu ta'ala dalam kitab syarah furom detil Set timer kita lanjut kemudian disunatkan bersiwak gosok gigi sebelum berwudhu eh Beti hamil kumullahu taala Salah satu hal yang dianjurkan ketika kita ingin berwudhu adalah kita dianjurkan untuk bersiwak ya dianjurkan untuk bersiwak mbok e-book dan bersiwak adalah salah satu dari sunanul Bid'ah sunnah Fitrah yaitu kebiasaan-kebiasaan yang memang merupakan fitrah manusia Fitrah dan juga ajaran dari Rasulullah Shallallahu Alaihi wa ala alihi wasallam dan hukumnya Sunnah hukumnya Sunnah dengan kesepakatan mazhab fikih yang empat ada Hanafi Maliki Syafi'i Hambali bahkan di hikayat kan ijma' atasnya seperti Imam Ibnu hazm rahimahullahu ta'ala mengatakan dalam kita marotibul ejima it avaqua an-najwa khaini Hasan para ulama bersepakat bahwa bersiwak untuk orang yang selain berpuasa ini adalah baik dan dari di antara Dalil yang menunjukkan bahwa siwab disunnahkan saat mau berwudhu diantaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari Hai secara mu'allaq kemudian Imam Ahmad secara sampai kepada Rasul Shallallahu alaihi wasallam dan juga Imam Imam Malik Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda Laura anasuka Allahumma di gila almarhum istiwa maha kulis salah kalau seandainya aku tidak menyulitkan atas umatku atau atau atau atas manusia maka Sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak disetiap salat di dalam riwayat yang lain yaitu the white Bukhori tadi dan di setiap wudhu di setiap wudhu partai kalau seandainya ada orang yang mengatakan Eh kenapa dia eh sunnah Maka kalau seandainya Xiaomi itu wajib maka niscaya Allah Subhanahu Wa Ta'ala Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam akan memerintahkan kepada umatnya sulit atau tidak sulit ya sulit atau tak sulit ini maka bersiwak dan Siwak itu adalah dilakukan dengan kayu Arok ya Siwak dilakukan dengan kayu-kayu Arab Hai nah ini dia Oh ya ini adalah Siwak yang dilakukan beberapa di digunakan dengan kayu-kayu Arok Dan Dia berasal dari pohon-pohonnya bisa pohon-pohon yang ada di tanah Arab lalu kalau seandainya sikat gigi Apakah dia pengganti atau tidak maka jawabnya iya sikat gigi adalah pengganti dari Siwak dan hukumnya sama 63 disunnahkan mencuci Kedua telapak tangan tiga kali sebelum berwudhu ya disunatkan mencuci Kedua telapak tangan tiga kali sebelum berburu bagi yang baru bangun tidur mencuci tangan tiga kali wajib hukumnya Thai eh ganti habitat kumullahu taala Hai termasuk daripada hai eh kesunahan berwudhu adalah melibas uh telapak tangan 3-an hal ini sebagaimana hai eh dan membasuh telapak tanganku sampai rusuk-rusuk itu ini ya ini rusuk ini ada tulang disini ini namanya urus membasuh kepala Pak tangan tiga kali ya Dan ini disunnahkan hukumnya ya disunnahkan hukumnya dan di sunnahkan hukumnya saat mau memulai wudhu bagi orang yang bukan bangun dari tidur adapun yang bagi bangun dari tidur maka hendaklah dia mewajibkan untuk membasuh Kedua telapak tangannya Dalil yang menunjukkan akan hal ini adalah yaitu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Utsman bin Affan Alfian lawan Dara Biwa Guin fatwa-fatwa secara kVA Gisel sama Roads ummama Western semoga Waalaikumsalam ndak wuih ada hai bos waktu Utsman bin Affan rodhiyallohu Anhu beliau meminta diambilkan wadah yang berisi air lalu Beliau berwudhu lalu Beliau membasuh Kedua telapak tangannya tiga kali Kedua telapak tangannya tiga kali lalu berkumur-kumur Kemudian beliau masukkan air juga ke hidung Kemudian beliau bersabda berkata aku telah melihat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berwudhu seperti wuku ini seperti wudhu ku ini begitu juga Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim dari Amr Bin Abi Hasan beliau bercerita sa'ala Abdulloh Ibnu Zaid bahwa Amr Bin Abi Hasan bertanya kepada Abdullah bin Zaid tentang wudhu Nabi Muhammad Shalallahu Alaihisalam rajaa Bid'ah uinma fatawa khovakh Alaihi Wasallam lalu Abdullah bin Husain radhiyallahu Anhu minta diambilkan air yang ada isi yang minta diambilkan bejana yang ada air halo halo beliau berwudhu di hadapan mereka yang bertanya Kemudian beliau membasuh Kedua telapak tangannya kemudian juga ijma' berdasarkan ijma' sebagai disebutkan oleh Imam Ibnu mundzir rahimahullahu ta'ala Ajumma hulu menahanmu Min ahli lain ala anak Ustad Zaini bibit-bibit tidak berwudhu sunnatun mustahabbat pun yang artinya telah bersepakat setiap orang yang kami hafal ilmunya dari para ulama bahwa membasuh Kedua telapak tangan dimulai di awal berwudhu hukumnya adalah sunnah yang dianjurkan Oke ini hukumnya adalah sunnah membasuh Kedua telapak tangan sebelum berwudhu terkecuali kalau orang yang baru masuk baru bangun dari tidurnya maka hukumnya wajib Ya Rasulallah SAW bersabda ide setelah aduk minomi pada yang misinya dahu Dina hate hosilah salah sampai Nauli Adriana batati Aduh jika salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya maka janganlah dia masukkan tangannya kedalam bejana sebelum dia masuknya tiga kali karena ketika dia tidur dia tidak tahu tangannya itu berada di mana saat dia tidur di malam hari ataupun di siang hari Thailand yang keempat wajib untuk maboh lihat kata-kata wajib-wajib untuk membawa mobil adalah memasukkan air ke mulut berkumur-kumur istinsyaq memasukkan air ke hidung membawa adalah berkumur-kumur yaitu masukkan air kedalam mulut lalu menggerak-gerakkan nya kemudian mengeluarkannya Sedangkan istri Shark adalah dengan tangan kiri ya insya adalah masukkan air ke hidung kedua kehidung kedalam hidung keduanya dengan tangan kanan dengan tangan kanannya jadi masukkan air baik itu berkumur-kumur ataupun masukan Kidul dengan tangan dengan tangan kan kemudian mengeluarkannya yang disebut dengan istilah Sar dengan tangan kiri jadi gini kemudian begini-begini Kemudian dikeluarkan ya seperti itu mengubah dan istinsyaq dilakukan dengan satu kali mengambil air dengan memasukkan sebagian air yang di tangan kedalam mulut kemudian memasukkan sisanya ke hidung disunnahkan untuk bersungguh-sungguh memasukkan air ke hidung kecuali jika sedang puasa saya jelaskan dulu ya jadi setelah kita berniat kemudian kita ucapkan bismillah kemudian setelah itu kita bersih wa kemudian setelah itu memasukkan dua telapak tangan kemudian setelah itu kita mengambil air dengan satu telapak tangan kami tangan kanan kita lalu dimasukkan air ke mulut dan ke hidung secara bersamaan masukkan air ke mulut dan ke hidung secara bersamaan ya kemudian dikeluarkan secara bersamaan nah dilakukan ini sebanyak tiga kali ya dilakukan ini sebanyak tiga kali 4 tipe mbok ngomong kita katakan tadi adalah Hai yaitu melakukan mabm Abah dan istinsyaq dan hukumnya wajib padanya kau internet ialah a Hai Sebagian ulama bahkan kesepakatan mantep fiqih yang empat bahwa hukum mogmog Oh berkumur-kumur dan istinsyaq masukkan air ke hidung adalah hukumnya Sunnah yang diperhatikan baik-baik kesepakatan mazhab fikih yang empat dari madzhab Hanafi Maliki Syafi'i Hambali bahkan di hikayat kan ijma' atasnya bahwa memotoh dan istinsyaq hukumnya adalah sunnah Ya seperti Imam Al Aini rahimahullahu ta'ala beliau mengatakan ilmu bakal tuh ilmu balaghoh viha sunnatun ijma' yang artinya bersungguh-sungguh berkumur-kumur bersungguh-sungguh masukkan air ke hidung itu saat berwudhu hukumnya Sunnah secara ijma' hukumnya Sunnah secara di Hai Dalil yang menunjukkan akan hal ini adalah yaitu hadits riwayat Imam Abu Daud Imam Tirmidzi Imam nasai Imam Ibnu Majah bahwa dari luka Ipin superhero Iya bahan mau Beliau berkata aku bertanya kepada Rasulullah SAW Ya Rasulullah akhirnya adhiluwuk wahai Rasulullah SAW memberitahukan kepadaku tentang berwudhu kemudian Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda SBY Riwu sempurnakanlah wuwah Khalil bainanalhabib wabash l' yang artinya sempurnakanlah wudhu dan sela-sela lah diantara jari-jemari sela-sela diantara jari-jemari dan apa namanya eh eh Hai bersungguh-sungguhlah di dalam memasukkan air ke hidung kecuali dalam keadaan berpuasa ketika Rasulullah SAW bersabda bersungguh-sungguh masukkan air ke hidung kecil dalam keadaan berpuasa ini menunjukkan kepada sunnahnya bersungguh-sungguh masukkan air ke hidung selain orang yang sedang berpuasa dan begitu juga dianalogikan atau dikiaskan berkumur-kumur ya kemudian juga kepada ikhwah berkumur-kumur dan juga memasukkan air ke hidung termasuk daripada penyempurna wudhu secara syariat penyempurna udu secara syariat nge-review tadi kita katakan dengan tangan kanan ya dengan tangan kanan Kenapa karena mengeluarkannya dengan tangan kiri istintsar baik itu mengeluarkan eh air kumur-kumur mengeluarkan air dari hidung dengan tangan kiri jadi begini kemudian dengan tangan kiri gini dengan tangan kiri ya Nah Dalil yang menunjukkan akan hal itu adalah hadits riwayat Imam Abu Daud Imam an-nasa'i dari Ali Bin Abi Thalib radhiyallahu Anhu beliau meminta datangkan bejana wudhu Fatah mobile wasting Syafa wanasara biebie heel Yusro rafaela harga salah Samsung makalah hadits huru nabi Ilahi Shallallahu Alaihi Wasallam belum minta air untuk berwudhu lalu Beliau berkumur-kumur masukkan air ke hidung lalu Beliau mengeluarkan air tersebut dengan tangan kiri disitu disebutkan dengan tangan kiri ya embrio lakukan itu sebanyak tiga kali dan beliau bersabda berkata ini adalah tatacara berwudhu nabi kalian ini adalah tatacara berwudhu nabi kalian nah ini akhir batik hafidzakumullah Taib kita lanjut ke 25 memasword membasuh wajah batasan wajah secara vertikal adalah pangkal tumbuh rambut normal ini pangkal tumbuh rambut normal awal kening ya sampai ke ujung dagu secara vertikal bagi yang tidak berjenggot atau ujung jenggot bagi yang berjenggot dan secara horizontal dari telinga kanan telinga kanan sini sampai ke telinga kiri tringa kanan sampai ke telinga kiri jika jenggot tidak terlalu tebal wajib membasuhnya hingga kulit seperti saya ini dari umur 42 tahun eh sampai 42 jenggot segini aja maka ini wajib sampai kulit yang ada di jenggot tersebut ya Adapun jika tebal cukup membaca bagian atasnya dan disunnatkan untuk menyela dengan jari Arya begini saja nya gini kemudian di sela-sela dengan jadi tidak perlu harus dikenakan air ke kulit yang ada di sini seperti itu Tauhid kita lihat dalil-dalilnya akhir peti Habil kumullahu taala Hai sekarang kita membicarakan masalah membasuh wajah ya membasuh wajah perhatikan penjelasannya eh membasuh wajah adalah Fargo salah satu dari fardhu wudhu membasuh wajah adalah Fargo salah satu dari fardhu jadi berdasarkan ayat surat Almaidah ayat 6 ya ayyuhalladzina amanu idza kuntu minaz Alafasy lu jual Wahai orang beriman jika kalian bangun mendirikan shalat maka basuhlah wajah wajah kalian begitu juga berdasarkan hadits yang banyak yang menyebutkan tentang sifat wudhu Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam diantaranya Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim dari Yahya khas ini dari bapaknya bahwa ada seorang laki-laki bertanya kepada Abdullah bin Zaid dan Abdullah bin Zaid ini adalah eh kakek dari Amor yay atas toshio anthuria Nikkei bahkan Rasulullah Apakah engkau sanggup untuk memperlihatkan kepadaku Bagaimana Rasulullah SAW berwudhu ini menjadi pelajaran bagi kita para ikhwah yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta'ala Kalau anda ingin belajar wudhu yang baik maka memang dipraktekkan memang dipraktekkan ini kebiasaan para ulama Salafus Sholeh ya para ulama Salafus Saleh ada yang bercerita hai yung Ustad sepertinya mirror tidak aktif mungkin saya dikira minum pakai tangan kiri Eh ini Iya ini tangan kanan ini saya tidak pernah makai jam kecut jam tangan dicuri tangan kanan ya Hai lumayan berarti bisa minum untuk memberitahukan ya saya walhamdulillah tidak pernah makan minum kecuali dengan tangan kanan jadi berhusnudzan saja ini tangan kanan ya itu mirror Iya betul ini dari Rohis rspi saroso ya Toyib proyek lain bernama Tiada Allah subhana wa taala kita lanjut kemudian Abdullah bin Zaid radhiyallahu Anhu minta didatangkan air Lalu setelah itu beliau menuangkan air lalu membasuh kedua tangan eh tangannya dua kali Kemudian beliau berkumur-kumur Kemudian beliau memasukkan air ke hidung dan mengeluarkannya tidak sebanyak tiga kali Kemudian beliau membasuh wajahnya sebanyak tiga kali Sumatera salah wajah uh Sanata muda beliau membasuh wajahnya sebanyak tiga kali ini Oh ya kemudian juga itu Dalil dari AlQuran dalil dari hadits rasul SAW dan juga dari dari ijma' bahwasanya membasuh wajah adalah fardu dalam wudhu membasuh wajah adalah fardu dalam dalam wudhu Imam ath-thahawi rahimahullah dalam kitab syarhul ma'anil Atsar mengatakan allahulladzi at-taqwa ada variety hasil goal wajhu anggota-anggota tubuh yang para ulama bersepakat membasuhnya adalah wudhu di dalam wudhu adalah wajah hal wajhu waliye dan dan kedua tangan warni Jalan warna dan kedua tangan kedua kaki dan kepala bahkan Allah Junction lukulo bakal dari kalian lain maka wajah dibasuh seluruhnya demikian pula kedua tangan demikian gua kedua kaki walam Yakun muslimin terkenal Shilla pun gila Fu hilafah opmin beach piye-piye eh Thailand kemudian batasan wajah kita sebutkan tadi kan batasan wajah secara horizontal dari ujung sini ke ujung sini dari secara vertikal dari sini ke sini ya OK Google nah kemudian tadi ada berdasarkan membasuh hukum membasuh jenggot hukum membasuh jenggot kita katakan kalau seandainya jenggotnya itu tipis maka wajib membasuh jenggotnya dan juga apa yang ada di bawah jenggotnya itu kulit dari yang tumbuh di atasnya jenggot Ya tapi kalau seandainya dia tebal bahkan sampai sini di tebal itu maka wajib membasuh permukaan jenggotnya wajib wajib membasuh urungkan jenggotnya ini dengan kesepakatan mazhab fikih yang empat mazhab Hanafi Maliki Syafi'i Hambali dan ini juga adalah pendapat jumhur ulama dari para sahabat para tabiin dari para sahabat dan para tabiin name Mbok dan dalilnya surat Almaidah ayat 6 kalau Sirojul kok maka wajah-wajah kalian karena wajah adalah sesuatu yang kita bertemu Kalau bertemu dengan orang mah kita menghadap melihat Wu orang tersebut ya melihat orang tersebut maka pada saat itu jenggot yang terlihat Maka itulah yang disebut dengan wajah ya itulah yang disebut dengan wajah Hai aku ngambek Toyib kita lanjut pada Eko yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta'ala 6 membasuh kedua tangan sampai siku dimulai dari jari-jemari sampai siku ya dimulai dari jari-jemari disini sampai siku ya sampai siku dimulai dari jari-jemari sampai siku Jadi bukan di sini mulainya tetapi disini mulai dari sini dari sini ke sini sampai siku ya disunatkan menyulai jari-jemari tangan disunatkan menyulai jari-jemari tangan ya nih kalau seandainya tidak online dan saya belum persiapan tadi apa namanya saya akan praktekkan karena memang begitu yang para sahabat nabi Robbi ya Allah melakukan kalau ingin mengajari para sahabat nabi robiyana anhum dan Eva mengajari kaum muslimin tentang salat KMU kita bicarakan dulu tentang tadi membasuh kedua tangan sampai siku membasuh kedua tangan sampai siku hukumnya adalah fardlu dari fardhu wudhu fardhu artinya kewajiban dari kewajiban wudu ya kewajiban dari kewajiban wudhu kemudian dalilnya sama surah al-maidah ayat 16 wujuuhakum waidi aku Melo roket maka basuhlah wajah kalian dan tangan-tangan kalian sampai siku kemudian juga berdasarkan ijma' dinukilkan oleh Imam asy-syafi'i dan yang lain-lainnya tentang ijma' ini beliau mengatakan dalam kitab al-umm 6 Ahlam mukholifah v60 Maaf ya Kak Mima your site aku tidak mengetahui bahwa PKU termasuk yang ditetapkan saya termasuk yang by dibasuh aku tidak mengetahui perbedaan pendapat diantara para ulama bahwa siku termasuk yang dibasuh ya ini pada Hendra mati ada Allah Subhana kemudian dia mengatakan keano usaha buy lahan nama nafas zuhaidi aku Mila Antum salon marocain wadzu virus lele ini abadan ilah muta'al lama Baina travel ashabi hilang untuk asal Maroko dan tidak sah membasuh kedua tangan sama sekali kecuali membasuh dari mulai ujung jari jemari tangan sampai ke siku tadi sampai ke siku tadi ini para ikhwah yang dirahmati Allah subhanahu wa ta'ala dan eh siku termasuk buzz wajib yang dibasuh dan ini kesepakatan detik empat madzhab Hanafi Maliki Syafi'i Hambali bahkan menukilkan ijma' atasnya siku termasuk yang wajib dibasuh Ya Termasuk yang wajib di bahwa Allah berfirman dari wa iyyakum Ilal marocchi api ya dan basuhlah tangan tangan kalian ilah kepada kepada itu artinya bersamaan juga inilah disini maksudnya adalah Maaf bersamaan juga ya bersamaan juga sikunya dibasuh ini sebagaimana dijelaskan di dalam kitab al mausu'ah hasyiyah al kuat qwerty insect levidia fiqih yang berasal dari negeri Kuwait Adapun dalil dari sunnah yang menunjukkan bahwa siku termasuk yang wajib dibasuh adalah yaitu Summer salah hadits Abu Hurairah beliau mencontohkan untuk Nabi Muhammad Samsung maka selesai dahulu nah at-tasyri labuh bahwa Abdul Hurairah radhiallahu Anhu membasuh membasuh tangan kanannya sampai ke apa ini ke otot-otot lengan ya sampai ke otot lengan di dalam hadits tersebut disebutkan seperti itu ini menetapkan pembasuhan Nabi Muhammad SAW asam sampai kepada dua siku sampai kepada 22 siku ya kifo Hai nah Taipei kemudian akhir batik hafidzakumullah hutaala eh eh Halo DII Ia tetap wajib untuk membasuh membasuh tangan atau jari jemari tangan yang lebih dari lima ya ini kalau seandainya ada jari-jemari tangan enam misalkan ya atau tangannya ada tiga misalkan maka tetap dibasuh ya tetap dibasuh ini pada Eva yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta'ala yaitu kesepakatan melatih yang empat Toyib 7 mengusap kepala dan telinga Satu Kali Saja Eh tadi kita katakan ada menyala-nyala jari-jemari ya menyela jari-jemari Thailand Dalil yang menunjukkan tentang menyala-nyala ini pada Eva yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta'ala yaitu diantaranya adalah Hai cewek eh eh Hai surat Almaidah ayat 6 tadi Allah Subhanahu Wa Ta'ala memerintahkan membasuh dan membasuh itu harus kena kulit ya dan tidak bisa kena kulit kecuali dengan menyela-nyela jari jemari maka ini menunjukkan bahwa wajibnya menyala-nyala jari-jemari ataupun disunnahkannya menyela jari-jemari 6 kemudian juga hadits yang kita sebutkan tadi yaitu wa holiday nasab dan sela-sela lah jari-jemari tahlil itu memasukkan sesuatu kepada sesuatu yang kosong ya dia begini masukkan sesuatu kepada sesuatu yang kosong ya dan menyela-nyela jari jemari kaki hai menyela nyari jemari kaki nanti kita akan bahas tentang kaki ya tetapi kita sebutkan sekarang kaki ini disunnahkan dengan sensor yaitu dengan jari kelingking jari kelingking dan ini adalah kesepakatan mazhab fikih yang empat Hanafi Maliki Syafi'i Hambali ya dengan kelingking Dan ini juga dijelaskan oleh Imam Ibnu Taimiyah rahimahullahu ta'ala dalam kita beliau syarhul mumti' bahwa menyala jelas jari jemari kaki dengan kelingking dengan kelingking jari kelingking itu nanti kita akan bahas Insyaallah Utara thaib kita lanjut mengusap kepala dan telinga Satu Kali Saja dimulai dari bagian depan kepala ke belakang lalu kembali ke depan kemudian langsung membasuh kedua telinga dengan air yang tak ditangan tanpa mengambil air lagi mengusap kepala dengan telinga Satu Kali Saja maksudnya ini air kita ini tangan kita basahi kemudian kita usap kepala kita ya dan dengan telinga sekalian Satu Kali Saja dimulai dari bagian depan ke belakang Lalu ke depan kemudian langsung masuk kedua telinga dengan air yang tersisa di tangan tanpa mengambil air lagi ya tanpa mengambil air lagi dan batasan dari kepala adalah ini ya dari ini sampai ke tengkuk sampai ke tengkuk kita batasan dari kepala itu dari mulai tumbuh rambut sampai ketemu dari depan kemudian ke yang kemudian langsung masukkan jari telunjuk ke telinga lalu jalankan ini saya beri contoh ya lalu jalankan nih Macet jadi telur kemudian jalankan jari jadi jempolnya jalankan ke atas sudah sekali saja Nusa ngikutin Ah nggak usah mengikutin Apa bentuk jari telinga dari telinga enggak usah ya misalkan enggak usah jadi masukkan lalu nah cukup begitu sih masukkan begitu ya seperti itu baik kita ambil dalil-dalilnya cukup ampuh Indonesia diantara dalilnya itu yaitu membasuh kepala perhatikan baik-baik hukum membasuh kepala dulu kita bahas tentang hukum membasuh kepala hukum membasuh kepala hukumnya adalah fardlu fardhu dari fardhu wudhu sebagaimana disebutkan oleh Allah dalam surat al-maidah ayat 6 ya wamsahu biruusikum dan basuhlah dan usaplah kepala kalian penyebutan penyebutan dari kepala di dalam air menunjukkan di adalah fardhu wudhu begitu juga dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari orang-orang Maula Utsman bin Affan bahwasanya tuannya Utsman bin Affan radhiyallahu Anhu beliau mencontohkan wudhu Rasulullah Sam dengan sum Mama sahabi roxie Kemudian beliau merupakan mengusap kepalanya Kemudian beliau mengusap kepalanya juga berdasarkan ijma' bahwasanya mengusap kepala termasuk daripada fardhu wudhu sebagaimana yang diinginkan oleh Imam al-mawardi dalam kitabnya al-hawi masyhur Roxy wajib bundle kitabi was sunnah Waljamaah mengusap kepala hukumnya wajib berdasarkan al-quran dan Sunnah Rasul Shallallahu Alaihi wa ala alihi wasallam ini kepala ini agak banyak permasalahannya ya the kemudian permasan yang lain Allah Apakah wajib mengusap seluruh kepala maka wajib hukumnya mengusap seluruh kepala dan seluruh kepala Ya wajib hukumnya mengusap seluruh kepala dan ini adalah pendapat yang masyhur dari madzhab Maliki pendapat yang shahih dari madzhab Hambali dan juga ini perkataan Imam al-muzani dari metode dari ulama madzhab Syafi'i bahwasanya Woi yang wajib dibasuh adalah seluruh kepala seluruh kepala dan ini juga dipilih oleh Imam Ibnu Taimiyah rahimahullah Imam al-albani Imam Ibnu Baz Imam Ibnu utsaimin dan yang lain-lainnya dalilnya surat Almaidah ayat 6 wamsahu biruusikum Adapun sisi pendalilan Nya adalah bahwa biruusikum usaplah dengan kepala kalian ini bukan untuk eh pembagian kepala atau sebagian dari kepala bukan tetapi maksudnya adalah apa saja dari kepala maka usaplah ya Apa saja dari kepala maka usaplah ndak kemudian juga dalam surat an-nisa ayat 43 vamsa hubby wujuhihim waalaikum artinya maka usaplah wajah kalian dan juga tangan kalian nah tata usaha di dalam ayat tayammum ini sama dengan kata ustad dalam ayat wudu ya apabila dalam ayat tayammum tidak menunjukkan bahwa mengusap sebagian ya padahal tayamum adalah gantian dari wudhu maka wudhunya juga lebih utama bahwa mengusap kepala bukan sebagian tetapi seluruhnya bukan sebagian tetapi seluruhnya kemudian juga hadir dari dari sunnah Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam bahwasanya banyak hadits banyak sekali hadits Rasul Shallallahu alaihi wasallam yang menyebutkan bahwa mengusap kepala seluruhnya tidak hanya lebih sini saja Misalnya ambil air ya tidak tetapi seluruhnya dan hukumnya wajib ya sebagaimana hadits Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam beliau dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan muslim dari Abdullah bin Zain huwa Mashabi Rossi fakta bahwa adzab beliau mengusap kepalanya Nia dari depan Kemudian dari belakang dari depan Kemudian dari belakang begitu juga tadi dari Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim dari femoral mau losmen bin Affan bahwa Utsman bin Affan radhiyallahu Anhu beliau Mas sahabi Roxy beliau mengusap kepala Jadi seluruh kepala diusap dan itu hukumnya wajib menurut pendapat yang lebih kuat wallahualam OK Google Map Hai nah kemudian pada Evo yang teramati oleh Allah subhanahuwata'ala berapa kali mengusap kepala ini berapa kali berapa kali mengusap kepala ini waktunya mau habis sudah mengusap kepala hanya satu kali dan tidak bisa Death kan untuk mengulang-ulang dan ini Meledak jumhur itu mas Hanafi Maliki dan Hambali mengusapnya sekali saja dan tidak diulang-ulang tidak disyariatkan untuk diulang-ulang jadi tidak tiga kali gitu ya tetapi cukup sekali saja dari depan ke belakang ya cukup sekali saja nih bazar jumhur akhirnya artinya mayoritas para ulama madzhab fikih Hai tipe M Hanafi Maliki Syafi'i Maliki Hanafi dan Hambali nah Hai dan dalilnya sudah kita sebutkan tadi ya bahwa di dalam hadits disebutkan dalam hadits riwayat Bukhari sama Sahara saufa Akbar Allahu Akbar oh Marathon Wahidah beliau mengusap kepalanya dari depan ke belakang dan dari belakang ke depan satu kali ya 1 kali Nah ini para ikhwan yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta'ala Porn Hub Mbok memang anggota-anggota di Sebagian ulama seperti Mazhab Syafi'i mengatakan bahwa karena wajah tiga kali karena tangan tiga kali karena kaki tiga kali kenapa kepala cuma sekali ya maka dalam sifat wudhu Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam disebutkan wajah tiga kali tangan tiga kali kaki tiga kali ya kecuali cuma kepala maka tidak disebutkan jumlah tertentu sebagaimana yang disebutkan pada anggota-anggota tubuh anggota-anggota wudhu yang lainnya maka berarti diketahui bahwa mengusap mengusap-ngusap ya Selain atau Membasuh anggota tubuh selain mengusap kepala maka ini hanya cukup sekali saja Yang lain-lainnya tiga kali wallahualam alaikum Hai Thai parahnya kau yang dirahmati oleh Allah subhanahuwata'ala sifat sedangkan sifat membasuh kepalanya Bagaimana jadi dimulai dari depan kepala ya sampai ke facfa itu ini tengkuk ya kemudian dikembalikan lagi dan ini adalah madzhab jumhur ahli fikih mazhab Maliki Syafi'i Hambali bahkan dinukilkan ijma' atasnya ya dari mulai depan ya kebelakang sampai ke tengkuk lalu dikembalikan lagi ya seperti itu cara mengusap kepala nah kemudian mengusap telinga nah ini permasan mengusap telinga para ulama berbeda pendapat tentang hukum mengusap telinga ada yang mengatakan mengusap ingat termasuk Sunnah Wudhu dan ini mantap jumhur ahli fiqih madzhab Hanafi Maliki dalam pendapat yang masyhur dari mereka dan madzhab Syafi'i ya disana ada pendapat yang lain bahwa wajib mengusap kedua telinga baik itu luarnya ataupun dalamnya dan ini mazhab Hambali dan Sebagian ulama dari mazhab Maliki ya Dan inilah pendapat Imam Ibnu baaz dan Imam IBN utsaimin rahimahullahu ta'ala dan kita lebih condong kepada pendapat in bahwa telinga wajib diusap sebagaimana kepala Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abdul Razak dalam kitabnya mushannaf bahwa Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma berkata aloez minor ras dua telinga bagian dari kepala dua telinga bagian dari dari kepala Hai kemudian juga berdasarkan kebiasaan yang selalu dikerjakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam bahwasanya beliau senantiasa mengusap kepalanya bersamaan dengan kedua telinga ini menunjukkan wajibnya eh mengusap kedua telinga tersebut Nah itu hukum mengusap kedua telinga ya Jadi ada terjadi perbedaan pendapat diantara para ulama rohimahulloh taala thaib kemudian Bagaimana sifat mengusap2 telinga ya disunnahkan dalam mengusap kedua telinga memasukkan memasukkan dua jari telunjuknya ke dalam telinganya ya dan mengusapkan kedua jempolnya di bagian luar telinga nah begitu saya beri contoh Nah setelah lagi Nah ya ini berdasarkan Hai kesepakatan mazhab fikih yang empat ya berdasarkan kecepatan detik yang empat tetap Hanafi Maliki Syafi'i dan Hambali Hal ini berdasarkan dalil yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi Imam an-nasa'i Imam Ibnu Majah dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhuma bahwa beliau bercerita Ana Rasul Shallallahu Alaihi Wa bisa batein walkhoff yay Mashabi Rohmawati nama bahwa Rasulullah SAW mengusap kedua Telinganya yang di dalam dengan dua telunjuknya ya dan menyertainya 22 jempolnya ya dari bagian luar telinganya maka beliau mah mustard bagian luar dan bagian dalamnya jadi jalan nah dua jalan2 Agus jalan ya seperti itu nah thaib kemudian tadi dikatakan mengambil air satu eh kali sekaligus dengan air yang digunakan untuk mengusap kepala ya disunnahkan mengusap kedua telinga bersamaan dengan mengusap kepala dengan satu air dan ini Madam Hanabi salah satu riwayat dari madzhab Ahmad dan ini adalah pendapat yang Imam Sufyan bin masruq Sauri dan ini adalah sebagian diriwayatkan dari sekelompok dari ulama Salaf diantaranya Imam Abu Hanifah Kyuhyun dan juga para sahabat para tabiin sebagaimana yang diucapkan oleh Imam Ibnu Abdil barr rahimahullahu ta'ala ya jadi apa mengusap kepala satu kali air dengan mengusap telinga dalil yang digunakan adalah tadi hadits riwayat Imam at-tirmidzi dari Abdulloh bin Abbas radhiyallahu anhuma kemudian juga dalil lain yang sudah kita sebutkan juga hadits riwayat Imam Abdul Razak dan kita Jalur sana bahwa Abdullah bin Marwan mengatakan Al udzunaini mineral yang artinya dua telinga termasuk dari bagian kepala nah Ayo kita lanjut ia membasuh kedua kaki hingga mata kaki ya membasuh kedua mata ingin apa namanya membasuh kedua kaki hingga mata kaki dimulai dari jari jemari kaki mata kaki harus ikut dibasuh dan disunnahkan menyela jadi jemari kaki 6 OK Google sekarang kita bicarakan tentang membasuh kedua di telapak kaki membasuh Kedua telapak kaki hukumnya fardlu fardhu wudhu dalilnya surah Almaidah ayat 6 kemudian Uzumaki Jumat dinukil oleh Imam Ibnul mundzir rahimahullahu ta'ala ulama Islam abad keempat Hijriah wafat Adjie mau adain ala Anda lazim halaman lava Alaihi Wasallam ada main ILK bank dan seluruh para ulama bersepakat bahwa wajib bagi siapa yang tidak memakai sepatu membasuh Kedua telapak kaki sampai kedua mata kaki ya Mbah suka dua telapak kaki sampai kedua mata kaki ini hukum dari membasuh Kedua telapak kaki ya Hai kemudian tadi di sunnahkan untuk melakukan apa menyela jari jemari kaki yang menyala-nyala jari jemari kaki dan kita katakan dengan jari kelingking jari kelingking dan jika bisa jari kelingking yang yang apa namanya yang kiri karena kaki ya bukan tangan name setelah selesai membaca setelah selesai wudhu membaca asyhadu alla ilaha illallah wahdahula syarikalah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warosuluh allahumajalni minat awwabin Ghazali Minal mutathahhiriin nih Hadits Shahih riwayat Imam muslim dan Imam tirmizi ya ini doa setelah berwudhu doa setelah berwudhu Mbok e ngomong taek para ikhwah yang dirahmati Allah subhanahu wa ta'ala dan Dalil keutamaan dari membaca doa ini Rasul SAW bersabda tidaklah salah seorang diantara kalian berwudhu lalu dia menyempurnakan wudhunya lalu dia mengucapkan Ashadualla ilaha illallah wa Anna muhammadan abduhu wa rohmatullahi wa rasuluh ilah putih atau abu-abu zannati zamaniyah ya dehulu mint ajiansyah ketika dia berwudhu dengan sempurna lalu dia mengucapkan asyhadu alla ilaha illallah wa Anna muhammadan abduhu warosuluh maka melainkan dibukakan untuknya pintu-pintu surga yang delapan dia diperkenankan untuk masuk dari mana saja pintu-pintu tersebut dari mana saja dia masuk dari pintu-pintu tersebut kemudian yang ke-10 wajib membasuh semua anggota wudhu dengan tertib dan urutan tidak boleh mengakhirkan satu anggota hingga anggota sebelumnya mengering tertib dimaksudkan disini adalah sesuai dengan eh apa namanya sesuai dengan yang disebutkan dalam ayat alquran atau hadis hadis Rasulullah Wasallam jadi mulai wajah kemudian Kedua telapak tangan eh kedua tangan sampai siku kemudian mengusap kepala kemudian kaki tidak boleh tidak tertib berurutan maksudnya disini adalah dia tidak boleh wajah kering kemudian baru dia basuh tangan membasuh tangannya jangan dibahas wajah dulu baru makan bakso ya kemudian dia masuk ini enggak boleh itu bedanya tidak sampai kering wajahnya baru dia basuh tangan India ini enggak boleh ya like comment Hai entar Dalil yang menunjukkan akan ketertiban ini ya Dalil yang menunjukkan akan tertipu Do ini adalah eh dan ini hukumnya fardlu dan Imam Syafi'i mazhab Hambali dan salah satu pendapat dari madzhab Maliki dan juga ini pendapatnya Imam Ibnu hazam Imam Ibnu Baz Imam IBN utsaimin rahimahullah yaitu dari tertib Yaitu sesuai dengan urutan yang sudah disebutkan oleh Alquran ini surat al-maidah ayat 6 ya surat Almaidah ayat 6 enam itu dalil tertib dan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam tidak pernah berwudhu membasuh kaki dulu sebelum membasuh wajah ini salah satu Dalil yang menunjukkan bahwasanya tertib termasuk daripada fardhu wudhu tertib termasuk daripada fardhu wudhu kemudian mualat yaitu akan mualat itu artinya tadi tidak boleh anggota wudhu sebelumnya kering sedang sedangkan dia belum membasuh setelahnya sedangkan dia belum membasuh setelahnya Dan ini juga hukumnya fardlu ya Dan ini dari masyhur dari madzhab Maliki Hambali dan pilihan pendapat dari madzhab Imam as-syaukani Imam Ibnu Baz jilbab ibrowse mint rahimahullahu ta'ala Adapun dalilnya yaitu hadits yang diriwayatkan oleh imam muslim anak rojulan tawa fatal kau mau dia wurin Allah fadani ada seseorang berwudhu Lalu dia tidak membasuh sekitar sebesar kukunya di mana ditelapak kakinya tidak termasuk lalu Nabi Yunus as a melihat Kemudian beliau mengatakan Irjen vaksin ngakak kembali engkau berwudhu di Habis itu kembali engkau berhubung ini menunjukkan bahwasanya mu adat yaitu berurutan jangan sampai sebelumnya kering dan sesudahnya dan sesudahnya belum dibasuh ya ini hukumnya fardlu ya ini hukumnya Fargo ngomong file-nya 11 disunnahkan mendahulukan anggota kanan ia dan sebelum yang kiri ya para ikhwah yang dirahmati oleh Allah subhanahuwata'ala ini mendahulukan karena hukumnya Sunnah saja tidak wajib Jadi kalau seandainya ada orang basuhkan ya tangan kiri sebelum tangan kanan sahutnya kalau dia ada membasuh tangan dan kaki kiri sebelum kaki kanan sah wudhunya karena hukumnya hanya Sunnah saja dianjurkan saja ya dan ini ijma' para ulama bahwa mendahulukan kanan dibanding kiri dalam berwudhu hukumnya Sunnah tidak wajib sebagai menukil oleh Imam Ibnul mundzir AJ mau ala an-nahlawi ada taala Man bada abiyasa Rifa bywalk para ulama bersepakat bahwa tidak ada mengulang wudhu Siapa yang memulai dengan bagian kirinya sebelum dan kanannya di dalam berwudhu ya ini hukumnya Sunnah saja Kemudian dalil-dalil hadits Rasulullah SAW riwayat Imam Abu Dawud Iza labistum izzata waktu vabeda ubi imanikum Audi ama bimaya minicom jika kalian memakai pakaian ataupun kalian berwudhu maka mulailah dengan bagian kanan Kenapa hukumnya Sunnah Ustadz karena dia bagian dari Adobe saja ya bagian dari adab saja disunatkan membasuh setiap anggota wudhu 2/3 kali kecuali mengusap kepala dan telinga Cukup Sekali saja karena banyak sekali dalil-dalil yang menunjukkan bahwasanya disunnahkan untuk membasuh apa namanya sebanyak tiga kali kecuali kepala dan telinga tadi maka itu disunnahkan sekali saja ya diantara dalilnya yang sudah kita sebutkan hadits riwayat muslim dari Utsman bin Affan bahwasanya beliau membasuh Woi wajah tiga kali membasuh tangan sampai siku tiga kali membasuh kaki tiga kali dan juga berdasarkan ijma' disunnahkan untuk membasuh ya wajah dan tangan sebanyak tiga kali Toyib 13 dilarang berlebih-lebihan dalam berwudhu ya kemudian 14 dibolehkan mengeringkan anggota wudhu dengan handuk yang lainnya Thai cukup Alhamdulillah Mohon maaf saya korupsi waktunya 15 menit ya karena biar menghabiskan materi baik Silahkan jika ada yang bertanya ada waktu 15 menit untuk bertanya wallahualam knack rezeki contoh dan gerakan dasar kandang Dalil dari AlQuran dan hadis dan tekanan dari empat madzhab ini sudah masuk beberapa pertanyaan Ustaz kukirim saya langsung membacakan seks dari dokter dari Nokia berapa kali membahas wajah boleh cuma sekali atau boleh empat kali bismillah Wal hamdulillah wash shalatu was salamu ala rasulillah wa ala alihi washohbihi waman wala dibolehkan sekali membasuh wajah dua kali membasuh wajah dan tangan dan kaki sekali wajah sekali tangan sekali kaki boleh dua kali wajah dua kali tangan dua kali kaki boleh tiga kali wajah tiga kali tangan tiga kali membasuh kaki ini lebih utama ya ini lebih lebih utama maka disunahkan eh Hai apa diperbolehkan satu atau dua atau tiga ya karena di dalam beberapa riwayat marotain marketing dua kali dua kali yang merupakan marotta dalam riwayat yang lain satu kali satu kali jadi diperbolehkan tidak mengapa nah bolehkah untuk melebihkan dari yang sudah eh ditentukan yaitu sebanyak tiga kali maka jawabannya tidak diperbolehkan dan ini diharamkan dalam agama Islam yaitu eh akan datang suatu kaum ia terjun api Lubuk yaitu orang-orang yang terlalu berlebihan di dalam berhubung lebih daripada tiga kali Siapa yang berwudhu lebih daripada tiga kali maka sungguh dia telah bermaksiat kepada Rosululloh Shalallahu asam dalam beberapa riwayat seperti itu wow alang2 otot dari buah mini dari Bandung nilai rohmanir Rohim barakallahufikum service tanya bagaimana mengusap kepala bagi wanita yang memiliki rambut panjang berwarna baik bagus ini pertanyaannya tadi kita tidak Sebutkan ya Eh cara mengusap kepala bagi perempuan yang berambut panjang maka basahi Kedua telapak tangan kemudian setelah itu letakkan di depan rambu di depan kepala di atas rambut kepala depan kemudian setelah itu terus kebelakang sampai tengkuk tetapi di atas rambutnya tetap di atas rambutnya sampai tengkuk ya baru setelah itu dia kembalikan lagi seperti laki-laki dia kembalikan lagi dia boleh juga mengambilnya dari bawah tank dari bawah kalau rambutnya panjang diambil kemudian dikembalikan saat Oh ya tidak mesti dia harus mengucap seluruh rambutnya misalkan rambutnya panjang sampai-sampai belakang udah dia produk susah enggak ya tidak seperti jadi tetap seperti dia mengusap sampai tengkuk lalu dia kembalikan boleh dia memasukkan dari bawah tak bawah rambutnya di tengkuk kemudian dia kembali ke depan seperti itu wallahualam nanti dari dokter jungkung pada senyum utama pada saat pemasangan Apakah harus jari-jari tangan sampai siku karena biasanya diawali wudhu sudah membasah jari-jari tangan kedua Bagaimana cara berkumur pada saat berpuasa yang tiga Apakah boleh cukup membantu sepatu menggantikan membasuh kaki pada saat dalam perjalanan naik kereta bagaimana caranya true Hai bismillah walhamdulillah usai rasulillah yang pertama adalah eh Apabila seseorang membaca Apa tadi yang pertama membasuh Hai tangan Apakah harus Royal membasuh tangan Iya meskipun kita di awal sudah membasuh ke telapak tangan maka ia dianjurkan dari jari-jemari kesiku ya dari jari-jemari kesiku bukan dari siku ke jadi jadi mari Enggak dari jari-jemari kesiku kayaknya yang begitu riwayat yang ada kemudian membasuh eh apa tadi berkumur-kumur saat berpuasa jawabannya hukumnya boleh berkumur-kumur saat berpuasa asal Jangan ditelan dan asal jangan terlalu berlebihan karena dikhawatirkan akan terasa di tenggorokan kalau kita berkumur-kumur kan disekitar sini saja sekitar mulut tetapi hati-hati jangan sampai tertelan ya kalau tertelan tanpa sengaja maka tidak batal tapi kalau disengaja batal wudhunya ya dan beda kalau seandainya sedang tidak berpuasa Hai tidak tidak terdapat sedang tidak berpuasa maka dianjurkan untuk mendalami berkumur-kumur nya ya di dalam kan berkumur-kumur nya baik itu berkumur-kumur ataupun masukkan air ke hidung Kemudian untuk dalam perjalanan ketika seseorang memakai sepatu atau memakai kaos kaki rata maka berapa namanya diperbolehkan untuk mengusap di atas sepatu diperbolehkan untuk mengusir diatas batu yang disebut dengan mashu ilmu Khair mengusap di atas sepatu diperbolehkan dengan beberapa syarat-syarat yang pertama yaitu kaos kakinya atau sepatunya menutupi dua mata kaki Hai kaos kakinya atau sepatunya menutupi dua mata kaki Nah kalau sepatunya biasanya tidak menutupi dua mata kaki saat tapi kaosnya Bagaimana nah Berarti Ustadz di atas kaos kaos kaki dan ada dalam hadits-hadits Rasulullah SAW mengusap di atas kaos kaki cara mengusapnya basahi Kedua telapak tangan eh sebelumnya sebelum dia mengusap di atas kaos kaki atau di atas sepatu maka dia wajib berwudhu dulu secara sempurna dengan membasuh kedua kaki saat dia berhadas di sebelum dia bepergian dia berwudhu dulu di rumah sempurna dengan membasuh telapak kakinya kemudian dia pakai kaos kaki atau dia pakai sepatu lalu dia dalam perjalanan nah ketika dalam perjalanan ini baru dia boleh untuk mengusap di atas kaos kaki atau dia Hai saya sepatu dan cara mengusapnya anggap ini adalah eh telapak kaki atas Dani telapak kaki bawah ini juga telapak kaki atas telapak kaki bawah Thai kita basahi Kedua telapak tangan kita lalu kita [Musik] Teh eh kemudian kita basahi Kedua telapak tangan kita kemudian kita letakkan di punggung telapak kaki kita secara bersamaan telapak tangan kanan ke punggung telapak kaki Kim kanan telapak quiet tangan kiri ke punggung telapak kaki kiri kemudian kita Usup Usup bersamaan kita ucap bersama satu kali saja Oh ya Bagi siapa yang sedang dalam keadaan mukim Tetapi dia memakai kaos kaki atau memakai sepatu dan dia tidak ingin untuk membasahinya atau membuka kaos kakinya karena mungkin musim dingin atau karena sedang sakit dan semisalnya maka dia batasannya satu hari satu malam misalkan sekarang jam 17 maka 17 besok baru dia lepas lagi berwudhu seperti sempurna yang baru dia pasang lagi baru di setelah itu dia boleh mengusap lagi hai satu hari satu malam atau Adapun orang yang musafir maka batasannya 3hari 3malam batasannya dari mulai dia mengusap pertama kali dari mulai mengusap pertama kali saya beri contoh saya berwudhu jam 1700 berwudhu secara sempurna membasuh Kedua telapak kaki saya Lalu setelah itu saya memakai kaos kaki memakai sepatu jamdeun 18 saya berwudhu untuk shalat maghrib dengan cara mengusap di atas kaos kaki atau di atas dua sepatu saya maka hitungannya adalah dari mulai mengusap untuk 1 kali 24 jam kemudian Oh ya dari mulai mengusap Adapun orang yang musafir 3hari 3malam dari mulai awal mengusak dari mulai awal mengusap kalau sudah habis waktunya wajib dilepas sepatunya atau pertamanya 28 namanya sempat kaos kakinya baju dilepas dan berwudhu seperti biasa baru setelah itu dia pasang lagi baru kalau dingin mengusap di atas dua kaos kaki atau sepatu sepatu lagi silakan dengan hitungan seperti tadi kecuali kalau dia dalam keadaan junub maka dia wajib mandi dan mengucap apa namanya sempat apa melepas sepatu dan kedua kaos kaki tersebut 6 teori asal ataukah membasuh muka bagian dan kiri dengan dua sangat adalah senang membasuh muka bagian kanan dan kiri dengan dua tangan maksudnya begini ya Iya jawabannya Iya membasuhnya dengan Kedua telapak tangan ya karena para sahabat seperti Utsman bin Affan Abdullah bin khaitsamah riwayatkan sifat wudhu Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam mereka mengusap wajah membasuh wajah dengan Kedua telapak tangannya bukan dengan satu tangan Wow louann nah Pertanyaan selanjutnya dari doktriner Bagaimana dengan mutunya orang yang sedang sakit dalam hal keterbatasan gerak sehingga gerakan wudhunya menjadi tidak sempurna crown jaga proyeksi dalam keadaan bagaimanapun maka gunakan selalu ayat Fattah pulaha Mustofa Aqil bertakwalah kepada Allah sesuai dengan kemampuan ke itu kaedah dasar ya Dan Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga berfirman waalnnajmu ajalikum video ini minhaj Allah tidak menjadikan bagi kalian dalam agama kesulitan kemudian juga Rasul SAW bersabda wanita amartukum diam stomachs jika Aku perintahkan kepada kaum dengan sebuah perkara maka kerjakan sesuai dengan kemampuan kalian sesuai dengan kemampuan kalian kita mengerjakannya sesuai dengan kemampuan apabila misalkan di sini ada perban maka berwudhu dengan air kemudian yang diperban diusap di tayamum i ya sesuai dengan kemampuan bagaimana dia berkemampuan kerjakan yang bisa dia kerjakan sesuai dengan aturan wudhu yang tidak dikerjakan sesuai dengan kemampuan wallahualam Hai online rii.net saat Ayah saya sudah pikun namun masih bisa wudhu hanya saja punya kebiasaan rezeki ikutnya membran satu tahun terakhir Budi wastafel dan kemudian melaporkan dan tangan sebelum pindah tempat untuk mencuci kaki dan sulit untuk diingatkan karena nanti lupa lagi dan tulang lagi seperti itu Apakah beliau mendapatkan keringanan karena pengikutnya bismillah Wal hamdulillah wash shalatu was salamu ala rasulillah rosulalloh SM bersabda dalam hadits riwayat Imam dari sahabat nabi Ali Bin Abi Thalib radhiyallahu Anhu riwayat Imam Ibnu Majah rupiah al-haram antara asas pena diangkat dari tiga orang anime HTC Ville Chairul Majnun al-ma'ruf biadabnya t-shirt dari orang yang tidur Sameh sampai dia bangun dari orang yang anak kecil sampai dia balik dari orang yang hilang akalnya sampai dia sadap nah Ketika seseorang yang pikun kadang datang akhir-akhir ingatannya kadang hilang ingatannya maka saat ingatannya hilang maka pada saat itu tidak ada kesalahan atas wudhunya artinya terangkat dosanya kalau dia melakukan wudhunya dalam keadaan salah kalau seandainya pikun ya terus berterus maka asal hukumnya Sebenarnya dia tidak diwajibkan untuk salat karena tidak ada akal dia tidak bisa berniat atasnya wallahualam kepo Lau Bagaimana jika Khan mundur di kamar mandi yang ada pepayanya Apakah sah baca bismillah dalam hati bismillah alhamdulillah wa sholatu wassalamu ala rasulillah ada kamar mandi Hai ada tempat WC ada tempatmu ya maka Kapan kita membaca doa wudhu Edo a masuk WC maka jawabannya adalah saat seseorang karena sekarang kan zaman modern sekarang kadang kamar mandi saja seperti rumah kontrakan tiga kali berapa gitu ya Kamar mandinya besar gitu nah ini apakah dia masuk ke kamar itu dia langsung baca Allahumma inni a'udzubika Minal khubutsi wal khabaits maka jawabannya tidak Dia membacanya saat dia duduk di tempat wudhu di tempat buang air besarnya baru dia membaca itu baru setelah itu dia membuang hajatnya Oleh karena itu maka ketika ada tempat wudhu di samping WC maka dia membaca Bismillah Disini oh ya ada tempat wastafel this disampingnya yang agak lebar uh tempat buang hajat dia di tempat wastafel boleh baca bismillah ya tanpa didalam hati tapi diucapkan tidak mengapa yang tidak boleh adalah saat dia mau berhajat buang hajat maka dia membaca Bismillah yang tidak diperbolehkan wallahualam Hai suaranya enggak kedengaran akhir dari umum karena staf yang dirahmati Allah bertanya apakah boleh nampaknya salat jika sedang Stafa trompet tanpa demi begini kita tidak salat di masjid walaupun kita melewatinya karena wajib dan jadinya setelah mobil dengan wudhunya tayamum tak aja Ulangin coba Jadi karena kondisi pandemic sebenernya dia naik kendaraan melewati masjid nuruzzaman mesinnya apa enggak Jadi apakah bismillah Wal hamdulillah wash shalatu was salamu ala rasulillah tayamum boleh digunakan saat satu tidak ada air dan waktu shalat sudah mau habis yang kedua tidak sanggup menggunakan air Apabila seseorang tidak salat di masjid karena dia ingin lebih menjaga keselamatannya nya lalu dia salat diisi selain masjid misalkan di mobil maka jawabannya adalah lebih baik kalau seandainya dia bisa turun di jalan maka dia salat di samping jalan ya Kalau seandainya tidak ingin ke masjid dia salat di samping jalan sebagaimana yang terjadi pada orang-orang dalam perjalanan dia salat samping jalan karena asal hukumnya salat tua farogho selalu dikerjakan oleh rasul salam diatas tanah ya kecuali dalam keadaan terpaksa saat di atas kendaraan ya sedangkan pakai Mobil bisa turun dia maka turunlah shalatlah di jalan ataupun di masjid yang dia lihat tidak terlalu banyak orang berkerumun di sana hadiah salat ya maka hai hai lalu bertayamum maka jawabannya jika tidak ada air dan waktu shalat mau habis atau jika tidak sanggup untuk menggunakan air baru boleh bertayamum Selain itu tidak diperbolehkan wajib tetap berwudhu dan berwudhu dia bisa mengambil atau membeli air mineral kemudian dia berwudhu ya you berwudhu diperjalanan wallahualam lebih besar terakhir ya terakhir dia Bagaimana amat berhijab yang muncul di tempat umum atau maksudnya tempat duduk kurang tertutup sempurna bagi Awas khawatir bagus ini untuk perempuan saya tidak terlalu suka untuk memakai kata-kata aku oke kita ini di Indonesia gitu kecuali kalau antum belajar lagi belajar bahasa Arab gede karena sebagian orang-orang yang apa agak antipati dengan Islam mereka itu the sangat benci dengan kata-kata aku af1 itu sedang kita punya bahasa Indonesia laki-laki dan perempuan maka pakailah Bahasa Indonesia tersebut ya untuk perempuan maka apabila dia berwudhu hendaklah dia tetap wajib untuk menutup auratnya baik itu tempat wudhunya tersendiri ataupun di tempat wudhu yang terbuka wajib menutup auratnya Sebagian ulama yang memperbolehkan untuk berwudhu dengan cara dia mengusap jilbabnya saat membasuh atau mengusap kepalanya maka jawabannya tidak lebih tetap dia wajib untuk mengusap rambut kepalanya yang lalu bagaimana terlihat laki-laki maka para perempuan bekerjasama Oh ya agar aurat mereka tidak terlihat dan rambut laurat yang terbuka dengan sengaja rambut perempuan membukanya maka itu dosa besar jangan didengarkan orang-orang apapun ditanya bagaimana pun dia kedudukannya di masyarakat yang mengatakan bahwa jilbab tidak wajib jejangan itu menyelisihi al-qur'an hadits rasul ijma' ya Wa jilbab itu wajib hukumnya bagi para perempuan dan yang tidak berjilbab dosa besar maka tetap wajib untuk menutup auratnya Bagaimana caranya berapa namanya berkerjasama antara para perempuan [Musik] hai hai Hai hehehe turret panen bocor Hehehe ya Jadi tidak penemuanya wajib untuk bekerjasama tidak ada keringanan untuk membuka auratnya dan ini harus diingatkan para perempuan saya pernah kejadian waktu itu umroh di Jeddah ya ceritanya begini kita sebelum ke bandara kita sehingga di sebuah tempat pasar di Jeddah bagi yang umroh tahulah dan disitu ada masjid keluar ibu-ibu dengan jilbabnya ditenteng di bahu kemudian rambutnya terlihat Hai orang-orang Arab pada lihat maka dan ibafah yang lain dari Indonesia biasa-biasa saja maka saya langsung hampir ibu mohon pakai jilbabnya haram kelihatan loh Saya kira nggak papa Thomas itu tidak bener ya ini tidak dibenarkan dalam hal seperti ini maka wallahualam hal yang seperti ini di haramkan seseorang membuka apa namanya Buat rambutnya saat berwudhu di tempat wudhu umum wallahualam ini yang bisa sampaikan semoga bermanfaat wasallam Nabi Muhammad walhamdulillahi rabbil alamin Hai hamdulillah sudah saya waktu kita bertambahnya kita terima kasih 80 mirror namanya memang Hollywood ini sangat apa sangat diperlukan hangat pelukan sama salah satu dalam mengerjakan Ibadah selanjutnya yaitu sekelompok minta close setiap menit setelah dengan doa penutupnya zat ya bismillah Wal hamdulillah wash shalatu was salamu ala rasulillah wa ala alihi washohbihi waman Walah Saya hanya ingin mengingatkan kepada kaum muslimin yang saya cintai karena Allah semoga Allah subhanahu wa ta'ala selalu memberikan nasihat kepada kita bahwa di dalam kehidupan seorang muslim ada konsep keberkahan dan salah satu yang mendatangkan keberkahan adalah wudhu Rasulullah SAW bersabda yuval woohyun namun tidak ada yang selalu menjaga wudhu kecuali orang beriman Hai dan dengan Wu ini maka diharapkan pikiran lebih fresh pandangan lebih nyaman mengambil keputusan lebih sesuai dengan petunjuk dari Allah subhanahu wa ta'ala dengan berwudhu ini maka jagalah selalu berwudhu karena dia mendatangkan keberkahan ya dia mendatangkan keberkahan mau mengerjakan sesuatu sebelumnya berwudhulah seperti para ulama-ulama terdahulu Imam Bukhari Setiap kali mau menulis hadits beliau berwudhu dapat menulis hari berwudhu di dalam Kitab Shahih Bukhari nya akhirnya berkah akhirnya memang Kitab Shahih Bukhari adalah satu-satunya kitab setelah Alquran yang paling Shahih dan baru setelah itu kitab-kitab lainnya dari kitab-kitab hadits yang besar wallahualam semoga bermanfaat wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ndri lah sudah selesai Divo jenazah Alhamdulillah jazakallahu khairon kasiron