Minggu, Juni 26, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Ketika Ada Sengketa Utang ini Umi Mimi ambil dari Youtube Ammi Nur Baits, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Ketika Ada Sengketa Utang ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Ketika Ada Sengketa Utang

Ketika Ada Sengketa Utang | Ustadz Ammi Nur Baits, ST., BA

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil mursalin Nabina Maulana Muhammadin wa'ala alihi washohbihi ajma'in wa Asyhadu alla ilaha illallah wahdahula syarikalah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warosuluh shallallahu alaihi wa ala alihi wa shohbihi wa sallam atas lima khatiroh ya alhamdulillah kembali kita lanjutkan pelajaran kita membaca buku ada orangtua dan di kesempatan kali ini kita akan mempelajari Bagaimana solusi ketika ada sengketa dalam akad utang piutang sengketa itu bisa berupa pengakuan terhadap utang yang satu mengakui yang satu menolak tidak mau mengakui misalnya yang memberi utang menyatakan siap punya utang tapi dibilang yang lain Syam mengatakan tidak punya utang Hai termasuk juga sengketa berlaku ketika mereka lupa jumlah utang cenit yang cukup sering terjadi di masyarakat kemudian ada juga yang bentuk sengketanya adalah masalah berapa atau kapan Harus dilunasi dan aneka senjata yang lainnya ini kita sendiri kan karena terkait masalah sengketa ini cukup banyak ragamnya ada banyak potensi sengketa dalam transaksi utang piutang di sini disebutkan diantaranya bagi Anda yang punya bukunya silahkan dibuka di halaman 207 pertama adalah ketika lupa jumlah nominal utang hai Sebelumnya kita akan mempelajari bagaimana cara yang diajarkan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dalam menyelesaikan sengketa di Indonesia disebutkan dalam hadits dari sahabat Abdullah bin Amr Bin al-'ash radhiallahu anhuma Hai Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda al-bayyina tua ilmu Dai Wali amino al-muta'allim Hai bukti itu menjadi tanggungjawab mudaim orang yang menuntut kwali amino al-muta'allim sementara sumpah menjadi tanggungjawab yang dituntut terdakwa muda alaikal bahasa kita terdakwah orang yang terdakwa yaitu yang dituntut oleh orang lain atau oleh Hakim hai hai yang baik hatinya Dea tirmidhi Hai daruquthni dan dishahihkan oleh Syaikh al-albani dan hadits ini ada di Arbain Nawawi karya Imam an-nawawi Hai pelajaran yang bisa dipetik dari hadits tersebut di dalam sebuah sengketa terdapat dua belah pihak Hai pihak yang pertama adalah pihak yang menuntut Hai yaitu mood Daeng Hai yang kedua adalah pihak yang dituntut muda Alik Hai ada mood dari ada mutiara deh saya berharap para jamaah Bapak Ibu membuat apa ya mengakrabkan akad mengakrabkan istilah ini mood dari dan muta'alliq karena ini banyak dibahas oleh para ulama dalam kajian seputar masalah sengketa di muamalah maupun di fiqih Ushul fikih jual beli fikih jual beli maupun videvi keluarga istilah muda ini dan megah Alaihi muda ia adalah orang yang menuntut muda Alaihi orang yang dituntut Hai untukmu dari orang yang menuntut dialah yang mengajukan claim ada ini dia adalah orang yang mengajukan klaim dalam hadits di atas nabi sama salah menyebutnya dengan sebutan muda yg Hai yang kedua adalah orang yang dituntut yaitu orang yang diminta untuk memenuhi di dalam hadits di atas nabi sela-sela menyebutnya dengan mudah alay memenuhi clime artinya menerima klaim yang disampaikan oleh muda yg sehingga mudhayyaq ngomong apa misalnya mudah ngomong ah ngomong deh dia menerima status orang ini adalah muta'ali diminta untuk menerima pernyataan muda yg tapi dia tidak harus menerima dia bisa menolak baccara dia menolak adalah dengan bersumpah Hai baik kewajiban dan tanggung jawab masing-masing berbeda Hai untuk pihak yang menuntut yaitu muda yg dia diminta untuk mendatangkan bukti atau saksi ini dia diminta untuk mendatangkan bukti atau saksi dan saksi bagian dari bukti-bukti Hai sementara untuk pihak yang dituntut muda Alley ada dua kemungkinan posisi janin Hai yang pertama jika muda yg bisa mendatangkan bukti yang bisa diterima maka dia bertanggung jawab memenuhi tuntutannya Hai jika muttaqi bisa mendatangkan bukti sehingga dia dianggap benar maka muda Alaihi harus memenuhi tuntutannya Hai sebaliknya jika muda yg tidak bisa mendatangkan bukti yang dapat diterima maka muda Alaihi minta untuk bersumpah dalam rangka membebaskan dirinya dari tuntutan Hai Jika dia berani bersumpah maka dia bebas dari tuntutan Hai misalnya baik kita kasih misal ya biar lebih gampang untuk dipahami Hai misalnya sia datang kepada Hai lalusia mengatakan wahai B tolong bayar utangmu senilai satu juta sementara B mengingkari Hai menurut by saya enggak punya saya tidak Merasa punya hutang senilai satu juta mu Hai saya tidak Merasa punya utang senilai satu juta Hai sehingga disini terjadi sengketa antara mudah dan muda aneh antara adzan dan b maka ada yang berstatus sebagai muda yg yaitu yang menuntut dan ada yang berstatus sebagai muda aneh yaitu yang dituntut hai hai Hai maka disini Siapa yang diwajibkan untuk mendatangkan bukti Hai jawabannya Hai Syiah karena dia menutup Kalau saya tidak bisa mendata kalau saya bisa mendatangkan bukti apa buktinya kalau punya utang ini saksinya I have cuit sampai z ini semuanya pernah jadi saksi kalau kamu punya utang ke saya teh begitu dia bisa mendatangkan bukti berupa saksi Atau lainnya catatan saya kamu tanda tangan di sini b tanda tangan waktu utang ini tak pegang berarti status B dia punya utang dan ini belum lunas Mbak diterima tapi kalau kemudian anggap bisa mendatangkan bukti makabe diminta bersumpah ia bersama demi Allah bahwa bahwa saya tidak pernah utang kepada maka menang B dan dia bebas dari tuntutan KMI salah dipahami dan itu berlaku dalam semua fiqih yang menyangkut muamalah dengan orang lain dalam pernikahan misalnya kadang terjadi sengketa Apakah suami sudah menceraikan istrinya untuk belum menurut suami sudah menurut istri belum Hai tentang masalah nafkah suami menganggap bahwasanya dirinya telah menunaikan kewajibannya memberikan nafkah kepada istri istri mengatakan belum suami tidak menunaikan kewajibannya akhirnya terjadi sengketa dalam masalah warisan ada yang mengklaim dulu saya sudah dikasih Hiba ada yang mengatakan Oh belum Papa nggak pernah ngasih hibah ketiak dalam masalah fiqih muamalah jual-beli Masya Allah banyak sekali sehingga paham teori muda Idan muta'allim Masya Allah bagi saya yang pertama kali memahami Teori ini luar biasa Hai dan saya pertama kali mendapatkan Teori ini menjadi penjelasan ini dari Al Ustadz Anas Burhanuddin hafizhahullah ta'ala pada waktu dawrah tentang ada urah Arbain Nawawi di masjid kampus UGM yang waktu itu diisi oleh sekitar tujuh atau delapan ustad dari Madinah ada Ustad Arifin Badri Ada ustadz Nur Ihsan ada Ustaz Ana so Zain dan beberapa asal tidak yang lainnya aduk safir Anda juga di tahun 2004 kalau ndak salah ketika mendapatkan penjelasan Masya Allah jadi ilmu yang luar biasa yang menurut sebagian orang itu nggak penting tapi bagi saya ini sangat penting Hai dan kemudian pemahaman itu selalu terkenang sehingga setiap kali ada satu kasus tertentu Kita bisa menentukan mana muda I menemukan Andai Siapa yang bertanggung jawab untuk mendatangkan bukti dan siapa yang cukup untuk bersumpah baik kita lihat sebuah kasus kita akan melihat kasus diatas lebih dekat ketika lupa jumlah nominal utang sebagai ilustrasi Hai Rudi berutang ke Wawan Hai dan pernah dicicil sekian ratus ribu Hai suatu ketika keduanya lupa tentang berapa nominal nilai utang dan berapa kekurangan cicilannya Hai dulu utangnya berapa yang sudah dibayarkan berapa sementara keduanya tidak memiliki bukti Hai kalau ada bukti biasanya lebih ringan ya ini sudah ada bukti ada catatannya itu lebih ringan kalau nggak ada buktinya itu yang kemudian menimbulkan sengketa berkepanjangan Hai bagaimana penyelesaiannya penyelesaian kasus baik Rudi maupun Wawan mereka yakin bahwa Rudi pernah berhutang ke Wawan ini buktinya apa dalam contoh soal tadi Rudi pernah utang ke Wawan namun mereka lupa Berapa nilai utang sehingga yang yang lupa Bro apanya nilai utangnya dan berapa yang sudah dicicil Hai bukan lupa utangnya tapi lupa berapa nilainya artinya yakin punya utang cuman lupa saya saya itu yakin saya punya utang cuma saya lupa berapa nilainya baik Hai baik Rudi maupun Wawan mereka yakin bahwa Rudi pernah utang ke Wawan Hai hanya saja mereka lupa berapa nominal utangnya hai hai Hai Sehingga dalam kasus ini yang dijadikan acuan adalah keterangan debitur yaitu Rudi Hai karena uang itu terakhir dibawa oleh Rudi Hai dan terdapat kaidah yang mengatakan al-ashlu Fi kulli khairin takdir uhu beach Krabi zamanin hukum asal untuk semua kejadian takdir uhu asumsinya adalah biak Rabi zamanin di kembalikan kepada waktu yang paling dekat Hai Sehingga siapa yang terdekat membawa uang ini jawabannya Hai Rudi pelatih Rudi yang dianggap lebih tahu Hai Toyib kami itu para ulama mengambil pengakuan yang disampaikan oleh debitur Paula mengambil pengakuan yang disampaikan debitur dalam ensiklopedi fiqih dinyatakan tidak setelah fakta in-wall Madin walabi Hinata bainahumaa falcowl Madin main yishmael hai ketika terjadi perbedaan pendapat di antara yang memberi utang dan yang berutang Hai maka yang diterima sementara keduanya tidak punya bukti walau bainahumaa keduanya tidak punya bukti maka yang dikuatkan adalah keterangan yang berutang debitur KYT Hai Dik yang dikuatkan dengan keterangan debitur terkait kriteria kemudian kuantitas barang yang diutang berapa Nominal uang yang dihutang ma ayam ini disertai dengan sumpah I Max Hai sehingga misalnya begini ya Hai tadi Rudi dan wawan nya mereka yakin pernah punya utang Hai tapi mereka lupa Berapa nilai utangnya Ndah terus Wawan meminta kepada Rudi baik Rudi gini saja kamu harus lunasi kekurangan utangmu senilai satu juta Hai Rudi ndak mau Hai menurut Turki Honda enggak sebanyak itu Hai kewajiban saya tinggal 500-an QNet seingat saya Saya sudah pernah melunasi misalnya hutangnya satu setengah ya Saya sudah pernah melunasi satu juta tinggal ndak menurut Wawan Oh tidak mungkin baru melunasi Hai kamu harus bayar satu juta terjadilah sengketa antara Rudi dan wawan di Hai nah kemudian ketika terjadi sengketa seperti ini siapa muda yg siapa mudah link by Hai sebelum kita bahas pembahasan kita baca dibawah ini Ayo kita akan menjelaskan terlebih dahulu tentang cara menentukan siapa muda Idan muda Alaihi Rp Hai cara menentukan siapa mudah dan muda aneh tadi dalam sengketa di dalam sengketa ada dua pihak dalam sengketa ada dua yang pertama I must die Hai muzaik yang pertama Hai yang kedua muda-mudi Hai muda Hai ini boleh saya ringkas dengan pendakwah Indonesia yang ini terdakwa ada hanya enggak ndak Hai pendakwah atau pendakwah the dakwah atau terdakwa enggak ada hanya ya Setahu saya enggak ada hanya nanti pemirsa bisa koreksi Hai baik Hai jadi ada pendakwah ada terdakwa nah sekarang yang jadi pertanyaan adalah tadi kita sudah membicarakan tugasnya kalau ini wajib datangkan Hai kali ini wajib sumpah hai Sebelumnya siapa yang lebih berat tanggung jawabnya Hai yang mendatangkan bukti ataukah yang cukup hanya bersumpah Hai siapa yang lebih berat tanggung jawabnya Indonesia Hai saat kami sampaikan ini di forum kajian ya di beberapa kajian ini Pernah kami sampaikan Lalu saya tanya antara yang berkewajiban mendatangkan bukti dengan yang bersumpah itu lebih berat yang mana tugasnya Faiza menjawab bersumpah yo yo Kenapa kok bersumpah Iya kan bersumpah itu berat Hai Terus kalau mendatangkan bukti itu lebih ringan hai kenapa mendatangkan bukti lebih ringan yang butuh iPod lebih besar yang butuh tenaga dari besar harus mengeluarkan sesuatu yang mana Hai yang saya maksud bahwasanya dia lebih berat adalah dia butuh tenaga lebih besar jawabannya ini Hai yang mendatangkan bukti dia butuh tenaga lebih besar Karena dia harus mencari bukti kemudian meyakinkan kalau bukti ini valid Hai kemudian setelah itu juga meyakinkan kalau bukti ini bisa diterima baik sehingga butuh apa tenaga yang lebih besar untuk iPod butuh kerja lain halnya dengan sumpah sumpah ini tingkat ringan modalnya cuma lisan modal lambeta Dia kemudian demi Allah saya tidak selesai menang deh sehingga dia bebas tuntutan Hai kalau dia dusta Pak semua juga berpeluang dusta baik mudaim maupun muda Alaihi Hai sehingga pertimbangannya bukan pertimbangan Sisi akhirat ya kita pembahasan Disini dari gajian siapa yang akan di menangkan sengketa ketika di dunia ini bukan masalah dusta dan tidak dusta Hai karena hukum asal ketika kita membaca membahas masalah muamalah default manusia dalam kondisi jujur dan amanah Hai jadi manusia diasumsikan standarnya adalah dalam kondisi jujur dan amanah Hai saat kajian tentang masalah jual beli kredit selalu tentang akad musyarakah mudharabah ada jamaah yang tanya itu kalau terjadi penumpukan gimana Oh ya nggak perlu Mbah seperti ini kalau terjadi penipuan setiap muamalah manusia berpotensi terjadi penipuan Anda nikah pun sangat mungkin terjadi penipuan Hai waktu lelaki ini menikah Anda menikah dengan istri-istri Anda yakin kalau misalnya dia masih gadis Oh ya percaya saja kalau kamu ditipu gimana Coba buktikan rencananya jadinya bukan masalah penipuan dan tidak penipuan kakak karena penipuan itu ranah kajiannya diranah pembahasan kriminal.di fiqih Virgo dowel jinayat sedangkan pembahasan muamalah pembahasan tentang akad nikah peda bike nikah itu default-nya ya asumsi utamanya manusia dalam kondisi jujur dan amanah kep Hai makanya ketika ada potensi pelanggaran itu dimasukkan dalam kajian hukum masalah hukum kodok dan kriminal pikul kodok Waljinah Ya baik Hai sehingga pertimbangan Kenapa kok Sumpah itu lebih ringan dibandingkan mendatangkan bukti karena Sumpah Orang nggak butuh modal banyak tidak perlu tenaga tidak perlu keluar apapun cukup dia ngomong demi Allah saya tidak melakukannya bebas dari tuntutan Betapa mudahnya dan dia tidak diminta untuk mendatangkan putih Hai Nah berarti kita sepakat posisi pendakwah lebih ringan dibandingkan yang terdakwa Hai maka yang jadi pertanyaan lalu Bagaimana cara menentukan ini mudah dan hutan-hutan Hai Bagaimana cara menentukan Hai muda yg udh Hai dan muda Alaihi Hai susah ya mungkin gampang pendapat terdakwa gitu Hai Bagaimana cara menentukan muda Idan muda iley muda Alaihi I Max Hai ada dua pendekatan yang disampaikan oleh para ulama dalam menentukan muda yg dan muda aneh Hai yang ini dijelaskan oleh para ulama di Sarah Arbain Nawawi seperti yang dijelaskan oleh Ibnu Rojab di jami'ul Ulum Wal Hikam Syarah Arbain Nawawi udah pendekatan yang pertama perhatikan yang pertama anda Hai siapa yang jika meninggalkan sengketa dia dilepas Siapa yang jika meninggalkan sengketa dia dilepas maka statusnya sebagai muda yg Hai siapa yang jika meninggalkan sengketa Hai maka dia dilepas artinya tidak dituntut untuk diselesaikan maka statusnya adalah muda yg Hai dan sebaliknya kalau dia meninggalkan sengketa tidak dilepas Oh ya setelah saya ikhlaskan saja saya nggak mau ikut campur Honda bisa Pak selesaikan dulu tapi saya nggak mau terlibat gak bisa Pak Bapak harus selesaikan hingga diam ketika meninggalkan sengketa tidak dilepas maka statusnya mudah naik Hai contohnya gimana contoh ya si anak hutang ke si B wahai wahai B utang kamu satu juta bayar sekarang tetehnya sampai bulan depan untuk Hai kemudian B mengingkari ndak usah nggak merasa punya hutang saya nggak pernah punya utang ke kamu satu juta loh kamu lupa Ndak Saya ndak lupa-lupa ndak lupa Anda akhirnya ayahnya Hai terus dari kasus ini ada NBE Siapa yang jika meninggalkan sengketa dia dilepas atau Hai nah tapi hai hai add a comment kalau bilang Insyaallah saya lupakan apa tuntutan saya cabut tuntutan saya saya cabut maka Selesai masalah sehingga B tidak dikejar ah juga tidak dipecat Lain halnya kalau B yang meninggalkan senjata ndak saya nggak mau ikut campur Saya ndak ndak berurusan dengan ini saya sudah lepas ndak bisa selamat tuntutan A belum terbuktikan benar dan salahnya B akan tetap di dikejar maka di kasus ini siapa yang meninggalkan sengketa dia dilepas maka di Amuntai dalam hal ini siapa Ah ini pendekatan yang pertama Hai ada pendekatan yang kedua Hai pendekatan yang kedua adalah Hai siapa yang tidak sejalan dengan kondisi normal maka di Amuntai hai hai Hai siapa Hai yang tidak sejalan dengan kondisi normal Hai maka dia muda yg hai hai a text paint the lounge Hai siapa yang tidak sejalan dengan kondisi normal diamuntai ini berarti Siapa yang sejalan dengan kondisi normal maka statusnya muda Ale diperhatikan disini saya arsir kata tidak biar lebih jelas ya Siapa yang tidak sejalan dengan kondisi normal maka diamuntai Berarti siapa yang sejalan dengan kondisi normal Diamond tangani kasus tadi a dan b anak hiu tangkep WB lunasi utang mau satu juta dengan sendok punya utang I Max jadi kasus ini siapa yang sejalan dengan kondisi normal atopik Hai anakku utang ke pipi mengingkari merasa gak punya otak Hai siapa yang sejalan dengan kondisi normal Hai atau b Coba lihat dikomen ada yang jawab sih Masya Allah ya Hai baik acuan tidak sejalan dengan kondisi normal adalah tidak sesuai dengan kaidah umum Hai tidak sesuai dengan kaidah umum contohnya gimana Pak Hai contohnya baik dalam kasta dia ataukah B yang tidak sejalan dengan kondisi normal jawabannya Hai cewek hukum asal orang tuh punya utang atau enggak sih Hai hukum asal orangnya tengah-tengah tidak sehingga orang ketika lahir dibumi ini punya utang atau tidak tidak ke kejut katanya kecuali Indonesia ndak juga ya nggak juga jadi hukum asal manusia itu tidak punya utang Ayo kita lahir dalam kondisi tidak punya utang Hai padati hukum asal manusia Dia bebas utang sehingga jika tiba-tiba ada orang yang Nagih utang ke kita maka orang itu tidak sejalan dengan kondisi Hai tidak selendang hukum asal berarti dia tidak jalan dengan kondisi Hai dan ini pendekatan yang dipakai oleh Imam Ibnu utsaimin rohimahulloh makalah falada powermud dering Siapa yang menyalahi kondisi normal tidak sejalan dengan kondisi normal maka di Amuntai Hai Sehingga dalam hal ini Hai yang menjadi eh apa munday adalah akarnya dia tidak sejalan dengan kondisi normal Masya Allah sudah ada yang jawab ya alhamdulillah Japan Bapak Ibu betul ya Berarti enggak tidur Bye selanjutnya terkadang dua pendapat kedua pendekatan ini bisa sejalan Hai tapi terkadang tidak bisa sejalan Hai terkadang bisa sejalan dalam kasus tadi Adan B dimana anak hutang KB pendekatan pertama maupun pendekatan yang kedua sejalan ada enggak kasus yang lainnya enggak jalan saya kasih contoh bagi jadi bingung ya karena tidak segala saya berada di ruangan ini ini tuh di ruangan Studio di depan saya ada HP tiba-tiba orang masuk Hai seorang masuk lalu ngambil HP ini kemudian dibawa pergi ke Hai maka saya kejar orang itu Hai dan saya bilang Pak kembalikan HP saya Hai orang tadi yang ngambil HP saya sia saja sih masuk ngambil HP saya ngambil HP ini bukan saya tidak ngomong HP saya Syiah masuk ngambil HP ini Hai kemudian dia bawa pergi Saya kejar wahai itu HP saya kembalikan kok kenapa kamu ambil Hai kabilang Honda ini HP saya saya ngambil HP saya bukan HP kamu Hai Nah sudah pertanyaannya siapa muda yg siapa muta'ali Hai siapa Muntai Sewu dari Hai baik kalau kita pakai pendekatan yang pertama Siapa yang jika meninggalkan sengketa dilepas maka itu muda yg Hai siapa yang jika meninggalkan sengketa dilepas maka itu muda yg siapa dari saya dan a-yong jika meninggalkan sengketa dilepas Hai saya ya saya sehingga jika ada tangga ambil HP kemudian dia pergi Saya kejar Hai terus saya bilang Itu HP saya membina bilang Honda ini HP saya Hai teruslah itu ya sudahlah daripada ribut wajah seperti saya meninggalkan nama sengketa dan saya dilepas Hai sudah di posisi ini saya sebagai mutai Hai pamit tapi kalau meninggalkan sketa daripada ribut buat saya saja saya ndak mau ndak bisa selesaikan dulu Bang ya berarti kalau meninggalkan sketsa dianggap dilepas lain dengan saya Hai bengkok kebanyakan kata saya rezeki kalau saya meninggalkan sketsa dilepas saya nggak nuntut Ya sudahlah daripada repot wajah tapi kalau yang meninggalkan yang mengambil hp tadi mendengarkan gini aja daripada ribut ini tak bawa saja kamu nggak usah nuntut Oh ya saya nggak mau tetap akan meminta sampai masalah ini selesai saya akan untuk sampai masalahnya selesai Berarti diposisi ini saya sebagai muted MP3 Lau pakai pendekatan yang kedua payment ikatan yang kedua Siapa yang tidak sejalan dengan kondisi normal dalam kejadian tadi siapa enggak sejalan dengan kondisi normal saya atau KH Oh ya saya toh ini siapanya ah kenapa karena hukum asal yang namanya benda itu milik orang yang berada di dekatnya Oh gitu ya hukum asal yang namanya benda adalah milik orang berada didekatnya hp-nya ada di depan saya dan saya menganggap ini HP saya Hai maka yang lebih dekat adalah ini milik saya yang sejalan dengan kondisi normal normalnya ini milik yang ada di meja orang yang ada di meja karena tiba-tiba datang ambil berarti dia tidak sejalan dengan kondisi normal maka diposisi ini yang tidak sejalan dengan kondisi normal adalah a&d sebagai muda yg Hai Terus yang bener yang mana Hai Yang bener Yang mana Hai contoh-contoh yang lain Hai terjadilah sengketa suami-istri Hai istri tidak mau mendekat ke suami Hai suami pingin mendekati istriku Hai lu kenapa memang menurut istri suami telah menceraikan dirinya sebanyak tiga kali Hai menurut suami menyusu Ami ndak saya belum pernah menceraikan istri saya Hai sebanyak tiga kali Hai sehingga terjadilah sengketa sudah Hai baik siapa muda ini siapa muda aneh Hai yang udah suami ataukah istri yang udah Alaihis Hai hak suami atau istri hai hai Oh ya habis muda-muda Hai siapa pendakwah siapa terdakwa Coba kalau pakai pendekatan yang pertama Siapa yang jika meninggalkan sengketa dia dilepas suami atau istri Hai istri di atas suami Hai coy melepas istri-istri mereka suami Hai menurut istri suami telah menceraikan saya tiga kali maka dia enggak mau mendekat Hai Nur suami belum baru dua kali sehingga masih boleh rujuk masih bisa mendekat Hai Neni yang jadi yang di menangkan karena nantikan keduanya harus mendatangkan bukti salah satunya rendahkan bukti Kita tentukan dulu siapa yang harus mendatangkan bukti Hai suami atau istri berarti perlu menentukan siapa mutain siapa muda aneh Hai siapa yang jika meninggalkan sengketa dilepas Hai suami atau istri a text Hai jawabannya istri Hai diposisi ini istri aja banyak Suami Ati posisi ini ketika suami meninggalkan sengketa ia dilepas dalaman timbulnya Sudahlah ca1 tidak mau sengketa sayang Allah jadi pisah maka jadi lepas beda dengan istri ketika istri meninggalkan sketsa suami gandoli it is dalam Mas tadi pada nanti kita ribut Anggap saja cerai tiga Honda bisa menurut saya kamu masih istri saya suami akan kejahatannya sehingga diposisi ini siapa yang meninggalkan sekitar dia dilepas suami ketika meninggalkan skate aja dilepas Hai karena ketika suami bilang ya sudah daripada ragu dan bingung sehingga Pinisi re3 terpisah mereka gratis Wali melepas dan dia dibiarkan Hai suami meninggalkan sengketa dan diet dibiarkan lain dengan istri kalau istri meninggalkan sketsa Ya sudah diakui saja cerai Hai tenses dan nggak ikut campur lagi urusan ini bagi suami tak bisa kau masih istri saya Hai sehingga saya masih bisa rujuk tidak pula akan nikah baru tidak perlu kau harus nikah lagi dengan lelaki yang lain sampai terjadi hubungan badan enggak Ridho suaminya tak bisa kayak gitu Pokoknya kita masih suami istri KYT istri ketika dilepas Mbak ndak bisa maka pendekatan yang pertama yang menjadi Mozaik adalah suami kalau pakai pendekatan yang kedua yang menjadi muda istri Hai kok bisa yang tidak sejalan dengan kondisi normal tuh siapa Hai istri kenapa hukum asal pernikahan itu Hai hukum asal pernikahan itu tetap bertahan sampai ada Hai bukti terjadi perubahan Hai sehingga yang tadi kaidah yang kedua Siapa yang tidak sejalan dengan kondisi normal diamuntai yang tidak sejalan dengan kondisi normal istri Hai karena hukum asalnya nikah ini belum sampai-sampai ada bukti Bang Di Sini Hai baik Insyaallah tidak bingung Hai sampai 6.16 mudah dan muta'ali tapi kalau kita paham ini jamaah nanti turunan untuk sengketa apapun itu sangat mudah ini dan secara pribadi aku Hai Kalau saya bilang secara pribadi berarti ini tarjih dengan pertimbangan pribadi ya saya lebih memilih pendekatan yang kedua Hai siapa yang tidak sejalan dengan kondisi normal dia muda IQ Hai karena nanti kita akan gunakan banyak sekali hukum asal hukum asal hukum asal hukum asal itulah yang sejalan dengan kondisi normal karena siapa yang keluar dari hukum asal tidak sejalan dengan kondisi normal sehingga untuk banyak kasus ketika terjadi sengketa maka hukum Asal itu yang kita gunakan sering sekali terjadi sengketa antara mudharib dengan shohibul maal di dalam akad kerjasama menurut mudharib pengelola tidak ada untung bahkan rugi Hai menurut sahibul Mal pemodal usaha muntung kita bagi hasil akhirnya akan mereka sengketa Hai pemodal minta bagi hasil enggak dikasih pengelola merasa saya kalau ngasih bagi hasil saya tekor rugi enggak ada hasil akhirnya terjadilah sengketa Siapa yang harus di menangkan nah anda perlu mempelajari lihat siapa muda Ih siapa muta'ali dan siapa yang harus mendatangkan bukti kalau gini Pak dua-duanya aja Suruh mendatangkan bukti itu salah dari awal karena Bisma selain tidak membimbing seperti itu yang mendatangkan bukti itu salah satu kalau dia nggak bisa mendatangkan bukti maka yang satunya cukup bersumpah Sehingga dalam kasus tadi suami istri Hai menurut istri sudah cerai tiga sehingga nikah kita sudah pisah ndak bisa rujuk menurut suami belum baru dua masih bisa rujuk Hai sehingga mereka masih suami istri yg Hai di masa iddah bisa rusuk Hai kalau kita menggunakan pendekatan Yang kedua bahwa yang tidak selain kondisi normal adalah istri maka istri diminta mendatangkan bukti Hai wahai istri Apa buktinya kalau suami sudah pernah cerai Hai nah ketika istri bisa mendatangkan bukti-bukti satu HP ini menyatakan catatan cerai satu tanggal sekian bulan sekian bukti2 suami wa satu lagi tanggal sekian bulan sekian jadi waktunya sudah beda Hai terhitung seri2 bukti yang ketiga barusan dia ngomong Hai barusan dia ngomong Saya mendengar dia ngomong diceraikan baik menangis Tri Oh baik bisa mendatang bukti-bukti 12 dan apa yang diucapkan oleh suami barusan Hai maka dalam hal ini ketika istri sudah bisa mendatangkan bukti menang hai tapi kalau istri enggak bisa mendatangkan bukti ya kalau saya enggak salah ingat kalau saya enggak salah ingat suami itu sudah pernah ngomong Kayaknya sih nyerempet-nyerempet gitu Pak nyimpan Jerman gitu kok mirip-mirip seperti cerai nggak yakin kayak gini nah itu sudah beberapa kali saya itung sudah tiga kali kalau enggak salah ingat dulu ya Ya sudah kalau kayak gitu bukti anda tidak begitu kuat hai eh sifatnya Kalau tidak salah ingat dan itupun masih sifatnya nyerempet-nyerempet cerai Hai kembali kepada suami gimana Mas Menurut kamu apakah kamu sudah menceraikan istrinya tiga kali atau belum belum yang saya yakini Baru dua yang ketiga saya masih ragu-ragu Hai atau Saya berani bersumpah saya belum menceraikan istri saya baik sumpah demi Allah saya belum menceraikan istri saya tiga kali sudah hai ketika dia bersumpah menang sudah Hai singa jadi nggak jadi minta buktinya mana Kalau kamu belum menceraikan istri kamu tiga kali gimana mendatangkan bukti karena hukum asal orang itu tidak menceraikan I have Hai Di sini ada banyak suami Pak Buktikan kalau kamu belum pernah menceraikan Indah ada buktinya Um belum belum ada kejadian itu udah ada Bu hai tapi kalau Buktikan kalau kamu sudah nikah nah ini ada suratnya Hai surat nikah yang disahkan oleh KUA Hai Fani salah Hai sehingga kalau tidak ada kejadian dada bukti Buktikan kalau kamu nggak punya utang Bagaimana buktinya pamit karena utang itu kejadian berarti kalau buktikan kamu tidak punya utang pastikan tidak ada kejadian enggak ada Hai ini pertanyaan yang salah yang bener Buktikan kalau siap punya utang ke kamu Nah itu betul-betul Hai karena utang itu kejadian Kalau tidak ada kejadian ndak ada Hai buktikan Hai Kalau kamu tidak punya utang ya ndak ada bukti tidak jauh tengok Hai sehingga dirunut dada kertas apapun yang menyatakan tidak ada utang namanya tidak ada utang nggak perlu dicatat Hai lain kalau ada utang Nah itu perlu bukti I make Siapa yang tidak sejalan dengan kondisi normal jalamu tahi sehingga dia harus mendatangkan bukti baik pelajaran di sini dulu yang akan kita matangkan baru nanti kita akan beralih ke beberapa sengketa utang Dengan menggunakan teori ini untuk menyelesaikannya demikian washallallahu ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi washohbihi Wasallam the lounge Rp Hai assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kaum muslimin dimanapun anda berada di sekolah dasar tahfidzul Qur'an Madina Islamic primary school adalah sekolah penghafal Alquran tingkat SD di bawah Yayasan amal Abadi Indonesia yang dibina oleh Ustadz ammi Nur baits hafizhahullah di Sleman Yogyakarta saat ini pembangunan sekolah dasar tapi berukuran Madina Islamic primary school tahap pertama telah mencapai penyelesaian lantai tiga dan lantai atap gedung kebutuhan dana untuk penyelesaian tahap pertama sebesar 346 juta 400 Rp95.000 kami mengajak kepada kaum muslimin untuk bekerjasama dalam mencetak generasi Qurani yang berakidah Shahih dan berakhlakul karimah dengan memberikan donasi terhadap pembangunan sekolah ini semoga Allah ta'ala membalas kebaikan Bapak Ibu sekalian dengan balasan yang lebih baik washallallahu ala nabiyyina Muhammadin wa ala j&w shohbihi was salam mualaik ilov ampun Syaikh Muhyiddin Wow khozim alhamdulillahirobbilalamin Selanjutnya kami persilahkan Bagi anda yang mau bergabung Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh start mengenai pertanyaan waris yang kemarin yang anak meninggalkan ibu Hai itu masih ada cetakannya lekas Max Sayang kameranya anak meninggalkan ibu yang gitu Bagaimana yang porsi Hai persentase per orang-orangnya gede karena saya akan baca dibuku besok cukup rumit Black ini catatannya yang apa yang mengenakan nenek dan kakek dari ibu dan ayah ibu dan ayah kemudian saudara laki-laki dan perempuan Hai ayo aadat Apakah kalau ada paman itu terhitung their hijab gak dari Paman dari mayat itu aja aman dari mayat berarti saudaranya saudaranya ayah saudaranya Ayah ya masih ada itu baik pakai terhijab dengan Polisi bagian seperti itu baik pertama begini negara ulama beda pendapat apakah kakek dan nenek itu mendapatkan warisan dengan keberadaan saudara mayit ataukah tidak Hai ada yang mengatakan dapat ada yang mengatakan tidak dapat Hai dan ada yang tak waqaf sampai sebagian sahabat itu mengatakan Kamu jangan ngurusi warisan antara kakek dengan Hai sehingga sampai dia itu ndak mau ngasih jawaban apapun Hai ini kelas sahabatnya Baiklah sahabat nah kalau kemudian pendekatan Kita Adalah Coba ditarjih diantara dua macam itu siapa yang lebih kuat lalu kalau kemudian kakek dan nenek dapat jatahnya berapa saya buka buku ini Pak ya Pengantar Ilmu waris barangkali bapak punya buku ini silahkan dibuka di bagian tabel Hai di bagian tabel Hai mungkin di halaman 100 mulai 181 ambil jatah warisan disitu ada kakek Hai aljac kakek dari ayah Halo Kakek dari ayah dapat asoba kalau dia dapat ashobah saudara enggak dapat saudara enggak Dark dapat sehingga ketika kakek Ini dapet hai ketika kakek dapet di mana Di mana wae dapat nanti Z dapat ye dapat maka ini langsung terhijab ini enggak dapat yang dia maksud dengan kakek nyak maka disini perlu ada penjelasan mana yang lebih kuat saudara ataukah kakek menurut pendapat Sebagian ulama kakek lebih kuat sehingga kakek dapat sementara q&r nggak dapat ini dia terhijab dengan keberadaan kakek hai tapi kalau kita mengatakan q&r dapat Oh berarti konsekuensinya kakeknya dapat nanti ashobah nya diambil oleh q&r oleh Hai Nah makanya kemarin kita tidak Sebutkan presentasinya berapa Karena saya biarkan di Posisi pasnya di sini ada kilaf Apakah kakek dapat ketika ada saudara mayat atau ketika Hai kalau kita menguatkan pendapat bahwasanya kakek dapat berarti saudara enggak dapet Hai makan di posisi ini ada Hai Kak Eh nanti B Hai karena saudara enggak dapat makabe dapat sepertiga ya karena B sebagai ibu itu dapat sepertiga jika mayat tidak punya anak tidak ada saudara yang lebih dari satu dan ketika dia dapat seperti dia dapat seperenam ketika mate punya anak dan punya saudara lebih dari satu dan disini tidak ada anak sementara saudara tidak dihitung karena ada kakek maka disini b dapat sepertiga hai lalu Hai nenek ya nenek untuk iye tertutup Advan ya kemarin berarti ini enggak dapet Hai Yeh nggak dapet karena mah Cup dengan Hai ada Ibu Neneng gak dapet lama2 nya Nenek mah Cup termasuk dengan keberadaan ibu dah Z juga dapat karena Caca Selama ada B nggak dapet Hai sisanya 2/3 ke Hai karena dia menjadi ashobah setelah Pembagian warisan jadi Affan Kemarin saya keliru B masih hidup ternyata ya b masih hidup maka keberadaan ibu menghalangi posisi para nenek Hai Selanjutnya Ibu dapat sepertiga sisanya diambil oleh W sebagai ashobah hai tapi kalau kita mengambil pendapat bahwa kakek nggak dapet Halo Kakek tidak dapat berarti diposisi ini sepertiga tidak dikasih 2/3 tidak dikasihkan ke Kakek tapi dikasihkan ke saudara dan nanti Ibu terkoreksi jadi seperenam Hai karena ada saudara yang lebih dari satu berarti di sini berapa Mad 5/6 dibagi untuk dua saudara ini q&r Hai jadinya ada kilap Hai Nah karena disini menyangkut hilaf Hai maka ada dua metode yang bisa digunakan ya Hai tapi ini sifatnya hanya saran mungkin Bapak nanti bisa bertanya kembali kepada para asal tidak yang lebih senior dalam masalah ini mungkin ustadz Erwandi atau zat Arifin saran yang pertama diselesaikan ke pengadilan Hai dan ketika diselesaikan ke pengadilan hukmul Hakim yarfa'ul khilaf keputusan hakim itu menutup peluang hilang sehingga dianggap semuanya kembali keputusan hakim meskipun ini butuh iPod yang lebih banyak ya Jadi butuh tenaga butuh keluar biaya dan seterusnya karena kalau sudah masuk pengadilan kan enggak gratis yang kedua diselesaikan secara kekeluargaan dengan bimbingan orang yang paham dalam masalah pembagian waris lu disepakati bersama keluarga sepakat bahwa diposisi ini kakek nggak dikasih Hai warisan diserahkan kepada saudara kalau sudah diputuskan demikian berarti kakek tidak dikasih dan ibu dapat seperenam sisanya dikasihkan kepada saudara Maya wallahualam Hai banget Mei Indonesia silahkan Waalaikumsalam warahmatullah bertanya masa-masa ikhlas istri yang ditinggal Tengah suaminya itu larangan-nya tuh sebatas apa aja ya Misalnya kaos di siang hari sore malam hari jelas di siang hari lalu Safar kondisi darurat misalnya dalam keadaan dia harus bekerja dan ada panggilan hasilnya dari pusat ke luar provinsi ke dia nggak bisa diwakilkan lagi Jadi dia memang ada anak laki-laki tapi dia harus eh Memang hadir gitu Anak laki-laki sebagai macromedia diperjalanan Nah itu gimana Ustad safarnya itu Sedangkan itu tidak bisa digantikan Hai yang kedua boleh Neng Neng halo halo blackpink masih tersambung Ibu silahkan Bila seorang suami itu meninggal menjeda orangtua istri itu tidak ada lagi tapi ada saudara rezeki dan anak tunggang satu perempuan ada menemukan satu laki-laki Rio ini ke untuk kehidupan selanjutnya bertanggung jawab atas pilihan itu siapa usaha sedangkan saudara laki-lakinya itu seperti tidak peduli atau apa gitu sudah dikasih pemahaman tapi jangan makan anaknya kami yang bertanggungjawab pen itu kami yang ngurusin sekaligus satu jangan nelpon pagi kan masih tanggung jawab suami jadi Selanjutnya bertanggungjawab atas ibu itu kehidupan dan lain-lainnya hati pesan keseluruhan itu yang eh Thailand baik Jokowi Christy Hai dengan bisa kabar Faisal salamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh Bolehkah wanita Indah melakukan Safar hukum asalnya tidak diperbolehkan lalu Bagaimana jika kondisinya taurot sebenarnya takaran dhorurot itu Hai ah kembali kepada standarnya Siapa itu disebut darurat karena kalau sifatnya masalah ini untuk urusan pekerjaan tidak bisa digantikan saya agak sangsi dengan kalimat seperti itu karena kalau sifatnya urusan pekerjaan dan tidak bisa digantikan ada banyak sekali sarana elektronik yang bisa digunakan untuk komunikasi tanpa harus melibatkan keluar dari rumah sehingga bisa enggak diselesaikan dengan Zoom artinya begini Kenapa pihak kantor tidak mentoleransi hukum Allah yang berlaku bagi wanita ini untuk tetap tinggal di rumah Hai tapi yang dibalik yang dilakukan adalah Hai memaksa hukum Allah ini tidak diberlakukan dalam rangka untuk menghargai aturan hai pangya Hai jadi disini masalah prioritas Hai kalau kemudian masyarakat Indonesia paham dengan syariat di sini ada aturannya lu ya Hai kali ini dilanggar ya ini pelanggaran terhadap aturan Allah bisa enggak dikasih toleransi hai bagi seorang muslim yang paham semua itu bisa diatur sebelumnya tinggal Apakah dia mau untuk berikan toleransi ataukah tidak Hi Ho ini bisa bisa digantikan bisa kaisarnya ke dipilih Yang itu cuman kadang kemudian orang merasa menyerah di awal dengan alasan bosannya ini Doro dan seterusnya kyb Hai disini saya bacakan keterangan para ulama ya Hai Beb Hai Sebagian ulama malikiyah menyatakan diperbolehkan bagi wanita yang sedang menjalani masa iddah baik karena talak atau karena wafatnya suami untuk keluar dari tempat tinggalnya di siang hari Romadhon Pi kodok hawaiji Ha dalam rangka menunaikan kebutuhannya Hai dan batasnya adalah kurbel Fajri wakefield guru by Ilham agfa batasannya adalah ketika sudah mendekati waktu subuh sampai hilangnya per megabyte berwarna merah sampai masuk waktu Isya sehingga siang itu profile nah Ardi ujung-ujung siang mulai subuh sampai maghrib yang diperbolehkan dalam rangka untuk menunaikan hajat OK Google buaya dzuhur Uchiha naharon walau Idih aja Dan kalau siang benderang siang terang dia boleh untuk keluar Meskipun tidak ada kebutuhan yang signifikan misalnya hanya sebatas main ke tetangganya tanah sepi di rumah atau karena dia merasa sedih terus mainkan saudaranya yang tidak sampai pada jarak Safar dan seterusnya Hai mereka berdalil dengan hadits Jabir bin Abdillah Hai Jaber mengatakan Tulip khalati PBU diceraikan Halo Pak rodat Anta jeda Nahla Faza rojulun entah Roja Bibiku diceraikan dan dia ingin ke kebun kurmanya tapi dimarahi oleh seseorang Fatin Nadia Shallallahu Alaihi Wasallam kemudian pipiku mendatangi Nabi SAW wasallam dan beliau mengatakan balava judi nah laki paint nah kiasahan tas sop daki out of Ali Ma'ruf ah silakan kamu datangi ke kebun kurma Mung bisa jadi mungkin kamu bisa sedekah dengan hasil kebun kurma muat au melakukan hal yang baik lainnya ndak hati setiap muslim baik walet tapi itu I love by namun tidak boleh menginap kecuali di rumahnya sehingga jangan sampai keluar 20 malam terus nginep di luar Hai sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma Nabi Shallallahu Alaihi takkan lah tapi itu mutawaffika NH zuha waluma betul tatuil lavey teh roh Malik tidak boleh bagi wanita yang ditinggal mati suaminya atau wanita yang sudah ditalak betah ditalak bertambahnya ditalak tiga ilafi baitiha tidak boleh menginap kecuali dirumahnya hadits riwayat Malik Hai karena itu tidak diperbolehkan bagi wanita yang sedang menjalani masa iddah untuk keluar rumah dalam rangka Safar a text Hai sehingga memang saya begini ya tolong Hai kalau orang sedang mengalami sakit korona ditoleransi kwetiau seafood and kamu harus berangkat keluar kota untuk ngapain disana ada rapat yang tidak bisa digantikan Sekarang saya sedang korona kira-kira dipaksa enggak eh Hai apa pertimbangannya Wah nanti membahayakan orang lain nanti mengulang si fulanah sedang menjalani masa iddah selama empat bulan sepuluh hari karena ditinggal wafat oleh suaminya kamu harus datang rapat ke kota ini melakukan Safar ndak ada mahram sedang masa iddah pokoknya harus gak bisa digantikan Kenapa nggak ada toleransi OK Google apakah karena gara-gara itu penyakit Hai yang apa yang bahayanya terukur secara duniawi lalu ditoleransi sementara yang ini karena dia tidak terlihat hukumnya di dunia kemudian boleh dilanggar Hai jadikan ini toleransinya gimana ada orang misalnya Ok Google ini dia punya wudhu hai ketika diajak salaman dengan lawan jenis yang bukan mahrom dia enggak mau Mohon maaf saya punya wudhu hai kenapa tanda orang mah dan masyarakat menghargai itu oh dan apa-apa karena mereka menganggap ini kalau salah Man batal wudhunya kasihan nanti betul Hai Lain halnya kalau dia diajak salaman nggak mau kenapa Afwan saya takut dosa muasal sombong lu sok suci Hai apakah hanya sebatas takut batal wudhu terus kita mentoleransi orang yang menghiasinya sementara orang takut dosa lebih tanggap sebagai orang yang sombong Ya sok suci dan alasan yang lainnya ini hukum apa kayak gini Hai Seharusnya kan kita hargai Jenny sedang menjaga diri biar tidak melanggar aturan Allah kita hargai Hai sehingga seharusnya Semuanya bisa diatur dan gede kayak gini bisa diatur Kenapa ini nggak bisa diatur makanya tinggal kuat-kuatan pengaruh saja kayak gitu Hai teman-teman yang mereka dianggap Awas kalau jenggotnya enggak dicukur melanggar disiplin cukur dia cuma bertanya kekuatannya sana ngasih pengaruh saya saya kasih pengaruh ke dia hidup Ikan sebenarnya saling menggoyang aja siapa yang kuat goyangannya Hai maka dia akan menang dan siapa yang ketika digoyang dia bertahan santai saja nggak usah digubris bisa jadi akan menang kurang lebihnya seperti itu dan itu berlaku di semua dunia pekerjaan instansi apapun ndak salah satu temen dokter pilih kemudian dia bilang di rumah sakit kami ada peringatan dokter yang berjenggot dianggap ini berbahaya meskipun sudah pakai masker nanti apa enggak maksimal Ketika pakai masker karena tertahan dengan jenggot Kya sampaikan aja mas kita kuat-kuatan aja Hai kamu yang ngeluarin saya karena tetap dalam posisi prinsip tidak mau syukur Biarkan saja dikomentari apapun kuat-kuatan karena orang komentar juga capek Hai jadi kita Capek dengar komentar yang ngasih komentar juga capek mau sama-sama manusia hai sama-sama manusia Hai Sehingga dalam masalah saling memberikan influence pengaruh itu terukur artinya dia yang ngasih pengaruh ke saya Dia akan capek kalau dia nggak bisa bertahan saya yang tetap bertahan juga capek cuman saya akan bertahan tinggal sejauh mana kekuatan untuk bertahan maka kami sarankan kalau bisa tidak berangkat tidak berangkat Hai sehingga yakinkan saya enggak mau Safar ini belum begitu kebutuhan yang mendesak hai eh kecuali kalau misalnya berjalan dalam satu kota sehingga dilakukan di siang hari 1 Kota tidak perlu Safar Insyaallah Enggak masalah wallahualam Indonesia black hai hai Hai silahkan Waalaikumsalam enggak usah dan tim sendiri sedangkan sangob Amin 4 mau bertanya jika ada a lakukan pembelian rumah diatas sebidang tanah dari Phillip kemudian kedua belah pihak ini sudah meninggal Adan benue sudah meninggal setelah belasan tahun terjadi transaksi tersebut rumah tersebut ditempati oleh anaknya A3 tiba ada salah satu anak angkat dari B yang menyatakan bahwa rumah yang ditempati oleh anaknya ia tersebut itu berdiri di atas tanah yang sudah diwakafkan oleh almarhum by round tuk jalan padahal pada waktu ah membeli rumah tersebut pernah tidak ada pembicaraan dari si B Kalau tersebut berdiri diatas tanah yang sudah diwakafkan untuk jalan nah kemudian si penuntut ini cipendak wah ini yang kerabatnya pipi menyatakan bahwa anak dari sial harus membayar dan Kimchi kepada ahli warisnya CB nah pertanyaannya Apakah tuntutan seperti ini bisa diperoleh ditindaklanjuti dan pertanyaan yang mendasarnya adalah Apakah jika seseorang sudah mewakafkan tanahnya untuk jalan kemudian ke akhirnya anaknya di wakaf ini menganulir bahkan meminta pembayaran atas sebidang tanah tersebut Apakah itu bisa lebih penuhi begitu Hai apakah hidup jelas nyatanya enggak sabar kafan Ustadz hai hai Hai gimana Nda masuk-masuk ya suara kami terdengar baik kata dengan b sudah selesai jual belinya sudah selesai nanti enggak ada utang ya enggak ada hutan akan jual-beli sudah selesai kemudian ada klaim dari C bosannya tanah yang disitu ada rumah yang ditempati anaknya adalah tanah yang sudah diwakafkan oleh B baik Apakah saya mendatangkan bukti kalau ini adalah tanah wakaf Hai kala itu tidak ada bukti transfer Kak dari pihak-pihak juga belum melihatnya tanpa ketaqwaan tersebut mereka masih kalau nemu yang dibesarkannya hal ini bisa digunakan tipe-tipe itu memang bertahun-tahun berpenghasilan lebar ada ini kasih saya dengerin baik-baik juga ibu Iya waalaikumussalam warahmatullah wabarakatuh Thailand baik yang saya pahami seperti ini jika a&b sudah selesai melakukan akad berarti terjadi perpindahan hak milik karena terjadi perpindahan hak milik maka status tanah itu plus rumah itu adalah miliknya 100% karena sudah selesai Hai berikutnya Kalau ada pernyataan dari keluarga b bahwa ini pernah diwakafkan oleh b maka disitu ada dua kemungkinan yang pertama B mewakafkan Setelah dia menjual dan itu kesalahan berarti dia mewakafkan yang bukan miliknya wakaf yang batal Hai saya sudah menjual Motor sudah dapat duit kemudian saya bilang motornya saya wakafkan itu kan Tidak Dianggap kamu sudah jual kok ngomong diwakafkan ini ucapan Yang Tidak Dianggap dan menjadi wakaf yang batal Karena dia mewakafkan sesuatu yang bukan miliknya kemungkinan yang pertama pesawat Hai kemungkinan yang kedua B sudah mewakafkan itu sebelum terjadi akan jual-beli Hai guys udah mau kafan sebelum terjadi akad jual-beli Setelah wakaf coba di transisinya Hai jadi ini adalah sebidang tanah yang ditempati ada di setelah wakaf B menjual tanah itu Hai ini juga membatalkan jual belinya ini batalkan jual belinya karena objek wakaf tidak bisa di perjualbelikan baik terus bagaimana kalau jual belinya sudah terjadi sudah selesai dan sudah dibayar terlebih ndak perlu ada bukti betul enggak B pernah wakafkan sebelum jual-beli karena kalau sudah sampai eh perpindahan sertifikat dan seterusnya disitu kan BBM pasti akan memeriksa ini apakah tanah wakaf ataukah tidak Nanti jadi jalanan tuh tidak Sebab di negara kita jalan itu tergambar dalam sertifikat bagian ini jalan artinya terlaporkan ke BBM sehingga kalau dia Jadi tanah untuk tempat tinggal terlaporkan di BPN dan terbit sertifikat tanah tempat tinggal maka pasti itu ganjalan Hai karena kalau jalankan tergambar di sertifikat sehingga diposisi ini status wakafnya tidak berlaku apalagi ini adalah klaim yang datang belakangan sehingga C wajib mendatangkan bukti ketika seini tidak bisa mendatangkan bukti Hai maka ucapannya tidak berlaku ah cukup mengatakan demi Allah tidak pernah wakaf di sini Hai Jaan justru sebaliknya Hai Andaikan feat usah pernah wakaf Pak ini buktinya Hai ini pernah diwakafkan untuk jalan B sudah berwasiat ini buktinya kemudian sudah pernah lapor ke BPN dan ini terbit sertifikat yang baru bahwasanya Tanah ini adalah jalan Hai maka kewajiban saya mengembalikan uang ke Aa Hai tapi saya sudah beli berarti B menjual AB mewakafkan apa yang sudah kami pilih kalau begitu Mana uangnya Hai sehingga bukan malah Sayang minta duit seharusnya akal aus ah sebagai wakaf a minta ganti rugi niat Hai karena berarti itu adalah panahnya B yang diwakafkan kemudian dijual lalu ketika diwakafkan lagi ditarik maka berarti B harus mengembalikan Pak Mohon maaf Pak ini enggak jadi saya jual saya kembalikan duitnya kan seharusnya seperti itu maka kalau sebagai ahli warisnya yang masih hidup seharusnya dia yang bayar bukan malah yang minta bayaran sehingga aneh Kalau ngomong itu wakaf tapi semalam minta bayaran sehingga yang saya pahami tidak perlu dikasih dan gak perlu digubris Wallahu A'lam wa Shallallahu Ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi washohbihi wasallam wa akhiru da'wana Anil hamdulillahi rabbil alamin Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh