Senin, April 25, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Masjid Tempat Mendamaikan ini Umi Mimi ambil dari Youtube Abdul Somad, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Masjid Tempat Mendamaikan ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Masjid Tempat Mendamaikan

MASJID TEMPAT MENDAMAIKAN | WANGI-WANGI WAKATOBI แดดแดฐ | Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh alhamdulillah wa shalaatu wa salaamu ala rosulillah wa ala alihi washohbihi waman tebing hamdu wahuwa ala robbisrohli sodri wayassirli Amri wahlul uqdatam millisani yafqohu qouli Man shalat subuh alfiza maatin Siapa yang salat subuh berjamaah fakaannama southland Akulah dapat pahala seperti shalat sepanjang malam Manson lest subhani jamaah jin Siapa yang shalat subuh berjamaah khanafi dzimmatillah maka dia di dalam tanggungan Allah dalam jaminan Allah dalam tanggung jawab Allah subhanahuwata'ala mudah-mudahan kita sampai hari kiamat dan hidup kita Istiqomah shalat subuh berjamaah audzubillahiminasyaitonirojim Innamal mukminuna ikhwah tua aslinya Oh Baina akhawaikum Sesungguhnya orang beriman itu bersaudara maka damaikanlah diantara dua saudaramu yang berkonflik yang berpikir yang bermasalah maka dimana orang beriman mendamaikan saudaranya tempat mendamaikan saudara beriman itu adalah di masjid July 5 muni utang Mami Imam itu diangkat kuntu diikuti kalau sudah Imam berkata Allahu akbar ruko maka semuanya ikut rukuk walaupun bacaannya belum selesai masuk ke mesjid Imam fast di ujung ayat valval Ilham BK one are in nesyri auwalin about ntar tak sempat baca al-fatihah walaupun makmumnya Valentino Rossi allahuakbar Bismillahirrohmanirrohim alhamdulillahirobbilalamin Allahu akbar maka dia tetap ikut saja Imam tapi dia belum baca Al Fatihah Ustadz Zuhair Al Imam Uni utama by Imam ya gan untuk diikuti waktu rohatul Imam qiroatul makmum bacaan Imam sudah menjadi bacaan makmum itulah maka bacaan Imam itu musti paling baik paling lengkap paling sempurna tajwid yang bagus makhorijul huruf nya tepat sifatul huruf nya mantap Kenapa karena bacaan Imam menyan menjadi penanggungjawab mengcover Semua bacaan makmum Tapi kalau dalam kasus berbentuk imamnya makmumnya masbuk Hai kalau dalam keadaan normal seperti tadi makmum tetap baca bukan berarti dengan saya sampaikan ceramah Subuh ini Lalu besok makmum tak ada yang baca wow Akbar diam aja pas selesai sholat tanya Kenapa kau diam aja bacaan Imam sudah meng-cover bacaan Mahmud begitu maksudnya saya sebetulnya di beberapa masjid kalau saya ceramah tanpa menjadi imam yang jadi imam itu Imam tetap saja tadi begitu sampai disuruh jadi imam Hai segar Zainal Lala Zainal maju kedepan Kenapa saya disuruh jadi imam warna orang wangi-wangi menganggap saya sebagai saudara mereka karena kainnya sudah kain Wakatobi Zain maju sebagai Imam persaudaraan orang beriman dijaga di dalam masjid kalau sudah salat dalam masjid bersaudara sakit dia tahu dari mana dia tahu bahwa saudaranya itu sakit dia cek subuh tengok subuh hadir berarti sehat Kalau subuh tak hadir Berarti sakit Oh berarti orang wangi-wangi ini sehat apa sakit wa sesungguhnya datang semua di masjid lain yang sehat cuman Imam sama muadzinnya Allah yang lebih parahnya lagi dia muadzin dia iqomat Dia Imam dia makmum segalanya yang lain sakit semuanya kena copy semua di wangi-wangi sehat Zero roll tak ada orang kena kopi Kenapa copy tak sampai ke wangi-wangi pertama Karena orang wangi-wangi imun yang kuat Kenapa imunnya kuat karena dzohir dan batin sohir menjaga protokol kesehatan cuci tangan abeli kalau cuci tangannya pegawai air garam sakit mata copy [Musik] kemudian makanannya sehat ikannya segi dan ternyata kalau di Kendari itu ikannya mati sekalian kalau di Wakatobi ikannya Baru mandi Baru mati bahkan setengah mati segar sehat bukan di kulkas sudah seminggu sampai pakai kacamata ikan yang kedua batinnya sehat hubungannya antara persaudaraan sesama manusia habluminannas hubungannya dengan Allah What Nana buktinya nih sampai tak muat masjid ini nanti kalau saya pulang ke Sumatera ditanya seorang Riau dari mana Ustaz dari Wakatobi jauh pak ustad usah kotanya dari Pekanbaru ke Jakarta transit menunggu pesawat ke Kendari 03.00 malam baru ada pesawat dari Kendari naik pesawat lagi faktor pesawatnya panas karena kipasnya di luar panas sekali pesawat mulai benteng Kenapalah panas tengok di jendela Uh banyak kipasnya di luar tak masuk ke dalam sampai di sini saya diperlakukan sebagai saudara yang lama tak jumpa saudara yang ditunggu-tunggu kedatangannya kata jamaah Ustaz yang merasa begitu kita bisa merasakan perasaan saudara kita kalau sudah lama kita berkenalan lama kita bersahabat dari tatapan matanya pun kita tahu perasaan dia betul sakit2 badan ibu pasti tahu saudara kandung sahabat tetangga kawan sekolah baru nengok matanya udah tahu ah Tahu dari mana Sok tahu lama bekawan tak perlu dikatakan apa yang dalam hatinya dari tatap matamu aku juga tahu bahwa kau mau minjem duit lebih yang dimuliakan Allah ta'ala ustad dari mana Dari wangi-wangi dimana itu Wakatobi Avenue San lihat di sana salat subuh di Wakatobi tak muat mesjidnya Apakah setiap subuh kosan aku tak tahu banget kalau sudah saudara tidak ku cek lagi tidak bertanya-tanya lagi tak ada saya tanya kepada Ustadz Amiruddin ustad ini tiap subuh gini atau tubuhnya aja tak ada karena saya husnudzon kepada saudara saya tapi saya tetap doakan supaya kita semua Istiqomah masjid kita ini ramai sampai hari kiamat dan di Wakatobi ini Aman Mana buktinya awan jendelanya tidak pakai jeruji besi [Musik] Aman damai padahal hai Hai jam dindingnya mahal jam yang pakai running text ini mahal Aman damai naga dimana kita jaga persaudaraan kita di masjid subuh dia tidak datang habis salat subuh langsung Ketuk pintu tanya Salamualaikum Waalaikumsalam kemana si anu Kenapa dia tidak datang sholat ke mesjid Rupanya dia sedang sakit izzam Ariel bahwa kalau saudaramu sakit PAUD uh kunjungi dia orang yang sakit itu kita bawa Kenapa Pak Ustad orang sakit bawakan doa Bismillahirrohmanirrohim rabbal Arsyil adzim eyes feat Dengan nama Allah yang Maha Agung dan mulia pemilik alas kekuasaan Allah eyes feat semoga engkau disembuhkan Allah bismillahilladzi rabbil adzim azhibil ba'sa isyfi antasysyaafi Blaze kyfa Uga layu Ajun usah komen birohmatikaya arhamarrohimin Kalau doanya hafal kalau tak hafal Doakan aja tapi nggak usah kuat-kuat karena ketahuan doanya pakai bahasa Indonesia Hai boleh mendoakan orang pakai bahasa Indonesia pak ustad bagus minta air putih kepada istrinya kepada anaknya ada air putih ada tuangkan bacakan al-fatihah tujuh kali full Wow loh tiga kali pengambil Falak satu kali Pulau Amru bin as satu kali ijazah dari guru saya Syekh Omar Al Ma'ruf Ali dari Sudan saya ijazahkan kepada seluruh jamaah yang hadir sungguh Kalau diberi ijazah jawabannya mobil tool ijazah aku menerima ijazah Fatihah tujuh kali mengambil Falak qulhuallah saat tiga kali mengambil Falak satu kali mobil nah satu kali gembus dan ke air saya datang ke rumah Syeikh Umar al-ma'ruf Edi Ketika saya sedang datang tiba-tiba ada orang sakit Hai datang Syekh Umar Abdul Somad kau bacakan puluh Allah kau bacakan Fatihah tujuh kali mobil Purwa tiga kali uang Falaq sekali mobil nah sekali bacakan kepada orang yang sakit langsung saya disuruh punya mendoakan setelah itu orang juga pulang entah sehatta meninggal Kedaton penting kita hanya berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala setelah saya bacakan Fatihah tujuh kali Purwa tiga kali wangi Falaq sekali waafina sekali orang itu pun mengambil duit dari kantong dikasihnya duit kepada Syeikh Umar almarhum adik Si Umar pun mengambil duit itu dibagi-bagikan nya kepada seluruh mahasiswa Indonesia yang hadir yang ada pada saat itu habis semua kamipun makan daging kambing Hai banyak orang takut makan daging kambing katanya berkunang-kunang sehatkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala maka Ini semua adalah usaha kalau saudaramu sakit kunjungi dia apa yang kau bawakan doa ini yang jadi masalah sekarang banyak orang sekarang kalau saudaranya sakit dibawakannya jeruk Hai saudaranya sakit dibawakannya pisang tidak perlu karena orang sakit enggak bisa makan kalau mau membawakan makanan waktu saya kalau udah sakitnya bawakan makanan bawakan doa walaupun air putih Karena kalau cowok makanan yang makan orang sehat hai tuh jadi kalau gitu nggak boleh bawa makanan silakan kata najis wasallam tahan saling berbagi hadiah lah kamu sahabat kamu akan berkasih sayang kalau kamu saling berbagi hadiah maka kamu akan berkasih sayang ketika Hadiah itu kita lihat kita akan teringat turun kalau saya lihat kain ini kain ini akan saya bawa ke Riau saya akan salat pakai kain ini setiap melihat kain ini saya akan ingat Wakatobi seingat saudaranya kemarin ada orang ngasih cincin saya pakai Setiap saya lihat seingat dia Saya doakan dia tapi bukan berarti saya mau minta cincin lemahnya sekali udah tak terhitung itung lagi banyaknya celah review dimuliakan Allah subhanahuwata'ala sedikit tanda teringat banyak dibagi sama banyak juga orang berkata ini ada aku kasih sedikit teringat kalau banyak memakan sendiri jangan kita timnar walau Mizuki tamra Jaga dirimu dari api neraka walaupun dengan sebelah cornoan Anda korma sebutir dibelah dua sebelah masuk ke mulut sendiri seblak masuk ke mulut kawan sebelah format to yang akan menjadi dinding antara kita dengan api neraka tidak fakta kalau masak Fathir Maha banyakkan kuahnya untuk apa banyak kan kuat masukkan ke mangkok bagi ketetangga ke kawan sahabat tapi jangan gara-gara ini selalu Somad pulang semua Wakatobi menyerahkan puas saja Hai banyak ikan mulai ikan-ikan bagikan kepada tetangga sahabat kerabat menetes kuah gulai dilehernya begitu pula lah rahmat Allah turun kepada kita menjolok Rahmani badan buah yang sudah matang mau jatuh digoncang batang pohon menjolok pakai bambu Bagaimana menjolok Rahmat itu seturun dengan berbagi kepada sahabat kerabat tetangga Jiran bisa membagi yang besar baik tak sanggup memberi yang besar perkecil berawal dari sesuatu yang kecil La taksiran Namin al-ma'ruf isaiah jangan menyepelekan perbuatan baik walaupun kecil remeh-temeh and Turkey achsin Falken jumpa dengan saudara dengan wajah yang cerah bisa kasih ayam kasih ayam tak bisa kasih ayam telur ayam Hai tak ada telur ayam telur puyuh enggak ada telur puyuh telur ikan sabisa juga ngasih apapun jumpai saudaramu dengan wajah yang cerah Alhamdulillah yang wajahnya tak cerah sekarang tertolong dengan adanya masker tinggal mata jalur clipboard aba maksud berjumpa dengan orang wajah yang cerah tunjukkanlah wajah yang cerah senyuman jangan Jumpai orang dengan membawa wajah jeruk purut dipijak gajah Ustad Somad kenapa jarang senyum memang setelan saya begitu kamu kalau jumpa saya jangan paksa-paksa saya senyum Kamu mesti memahami saya salah Kitalah yang mengikut sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Kenapa tadi waktu Ustad lewat enggak senyum-senyum kepada laki-laki yang senyum sama bini orang senyum sama perempuan atau laki-laki kalau sama ibu-ibu cukup angkat tangan selama alaikum Bos sehat Waalaikumsalam alhamdulillah ini semua bagaimana kita berinteraksi sosial kalau jumpa sama orang bawaannya takut cemas ngeri galau gundah suuzon Bagaimana supaya pertemuan awal kita itu baik maka mendoakan saudara kita doa yang paling Abdul didoakan di hadapan dia assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Ruhay ia tidak mau datang ke Wakatobi tiba-tiba orang Wakatobi semua menyambut saya mengatakan welcome well bagus comment data datangnya bagus pulangnya saya disambut dengan Assalamualaikum assalam selamat alaykum untukmu Abdul Somad selamat badanmu semawan akalmu dari narkoba selamat hatimu dari musuh hati selamat keluarga yang kau tinggalkan dirumah selamat hartamu selamat ilmu selamat duniamu selamat akhirat salam warahmatullah semoga rahmat Allah senantiasa tercurah untukmu wahai Abdul Somad wabarakatuh Barokah Hai Barokah apa itu warokah anda Bapak gajinya cuman lima juta Tapi dia bisa nabung pergi haji bisa Anaknya sekolah bisa istrinya pakai jilbab baju panjang tapi ada tetangga yang gajinya 50juta istrinya pakai baju yang belum selesai dijahit taala barokahnya anaknya makan haram sabu-sabu narkoba anak Bapak makan lontong anak dia makan shabu-shabu tak ada barokahnya Idul makanya kita selalu minta 3 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh coba ingat-ingat selama kita masuk mesjid nih Sudah berapa kali mengucapkan salam tadi waktu di pintu saya ucapkan salam Assalamualaikum waalaikumussalam warahmatullah wabarakatuh sampai ke dalam Saya salat tahiyatul masjid hai attahiyatul mubarakatus solawatut toyibatul lilla ke-4 serahkan kepada Allah attahiyatul segala penghormatan Kenapa semua penghormatan diserahkan kepada Allah supaya jangan sampai Abdul Somad menghilang hormat sampai di Kendari disambut di airport sampai di wangi-wangi disambut Depot dikalungkan sorban dikasih bunga gila hormat sampai di mesjid dikasih kursi duduk di atas gila hormat maka serahkan penghormatan hanya milik Allah bukan milikmu peleko dihormati orang sekarang itu karena Allah masih menutupi air cacat kekurangan-kekurangan dirimu mengembalikan kepada Allah attahiyatul mubarakatu sholawatu toyibatul Hai setelah itu bersih dari gila hormat ini barulah kita ucapkan salam kepada Nabi Muhammad Nurul di kota Al Madinah almunawwarah dari Sumatera ke Madinah 9000 KM kalau dari Wakatobi makin dekat atau makin jauh makin jauh mundur lagi ke belakang dari Wakatobi dari wangi-wangi ke kota al-madinah al-munawwarah salam kita langsung assalamu'alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullahi wabarakatuh untuk apa mendoakan dan Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan Muhammad sudah dijamin masuk surga Nabi Muhammad Yusuf yang memberikan syafaat kepada kita kenapa kita masih mendoakan salam untuk Nabi Assalamualaikum Warahmatullahi Assalamualaika ayyuhannabiyyu warahmatullah wabarakatuh kita mendoakan nabi bukan lebih perlu doa kita di Jangan sampai salah paham kita ucapkan salam kepada nabi karena kita ingin dapat balasan dari Nabi orang wangi-wangi yang mengucapkan salam kepada nabi Assalamualaika ayyuhannabiyyu warahmatullah wabarakatuh Nazi langsung menjawab waalaikumussalam warahmatullah wabarakatuh salam kita mungkin tidak makbul Tapi kalau salah nabi pasti makbul Siapa yang mengucapkan salam kepada nabi makan Nabi membalas salamnya dan salam itu dikabulkan Allah subhanahuwata'ala oh saya nggak percaya pak ustad buktinya kawan saya pulang dari shalat subuh ditabrak mobil mati inilah orang yang otaknya cuman sejengkal tapi mau dipakainya mengukur laut kata pepatah orang Melayu kalau galah panjang sejengkal jangan laut hendak diduga slang bambu panjangnya sejengkal ngomong ukur laut Wakatobi mana bisa Adakalanya orang dimatikan Allah Justru dengan itu Allah mau menyelamatkan dia dari fitnah-fitnah dunia ada orang di sakit kenalah nyusul dengan sakit itu Allah ingin menghapuskan dosa-dosa Kita memandang dengan cara pandang Allah bukan dengan cara pandang kita seorang anak umur lima tahun minta Pisau ke emaknya yang sedang memotong ikan ke-4 berita dikau ikan tuh ikan banyak di sini Oh Minta bisa Winta pisau minta pisau Ibu tidak akan kasih Pisau ke anak ibu yang umur lima tahun kenapa kena pisau berbahaya Apakah si anak merasa senang tidak anak merasa marah berarti Mak tidak sayang yang tidak kasih pisau padahal allah merasa sayang kepada seorang hamba tidak dikasihnya hamba itu sesuatu yang dapat mencelakai dirinya berbeda cara pandang seorang anak dengan seorang ibu apalagi cara pandang seorang hamba dengan seorang hamba dengan pandangan Allah Subhanahu Wa Ta'ala bisa dipahami ceramah saya di beberapa masjid saya ceramah jamaah tak paham pesertanya kenapa kenapa belum sarapan Jawa yang dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala maka sesungguhnya ketik kita dalam masjid kita sedang menebarkan keselamatan selesai salat yang keluar dari mulut kita juga salam Allahumma antas Salaam wa minkas Salaam wa ilaika ya'udussalam wahyi naroba Nabi Salam wadz salam-salam keselamatan mudah-mudahan kita diberikan keselamatan katanya minta keselamatan kemarin minta keselamatan tetangga saya pulang dari masjid enggak selamat pusat enggak selamat Bagaimana nyebrang jalan ditabrak mobil Pak Ustad Takdir Allah Subhanahu Wa Ta'ala Mungkin dia tidak selamat dari kecelakaan accident Lalu Lintas tapi dia selamat dari mati suwun itulah yang paling penting kita inginkan ada orang mati di atas tempat tidur Hai tapir justru matinya su'ul Khotimah umur tujuhpuluh tahun mati di atas tempat tidur maaf maaf Maaf beribu maaf dalam keadaan berzina abis makan pil obat kuat Hai sama seperti sepeda motor kap 70 dikasih minyak pesawat menentu mati ada orang yang mati di atas tempat tidur justru berdoa menangis kepada Allah kenapa kau matikan Aku diatas tempat tidur Mengapa aku tidak mati berdarah-darah di Medan jihad fisabilillah Siapa itu Khalid bin Walid Khalid bin Walid ke lebih ukur badannya setiap jengkal nya ada bekas tebasan pomba ada bekas tusukan pedang Kenapa aku tidak mati jihad fisabilillah Hai sekarang jihad fisabilillah sedang memanggil di Palestina set takut menyampaikan ini saya takut selesai ini semua orang Wakatobi naik pesawat ke Palestina kalau sanggul tolong Palestina dengan darah kalau tak sanggup transfer dengan duitmu tak juga sanggup doakan saudara saya tidak pernah meninggalkan satu kali khutbah Jumat pun melainkan lembut Bah itu saya sampaikan berapi-api Ustad Somad di atas mimbar mengajak allahumansur Ikhwan Al Mujahidin Al Musthofa Alfina vivalo Strange tolong saudara kami yang sedang lemah teraniaya di Palestina Ya Allah Ustadz melelehkan Air Mata Di atas mimbar jamaah melelehkan air liur dibawah hai hai Hai hello say khutbah Jumat baru ditebang Innallaha ya'muru Bil Adli Wal Ihsan berbisik bulan Tunggu kawannya Pendek kali pun banget sudah Green dimuliakan Allah subhanahuwata'ala inilah pentingnya persaudaraan Apa hubungan saya dengan Palestina Palestina Arab saya indonesia-palestina negara Palestina berdaulat saya Negara Kesatuan Republik Indonesia apa peduli saya pada Palestina untuk peduli pada Palestina kau tak perlu menjadi seorang muslim untuk peduli pada masalah Palestina kotak perlu menjadi seorang mukmin cukup menjadi manusia copas di peduli pada masalah Palestina jadi yang tak peduli pada balama masalah Palestina Baduy bukan manuk bukan kata saya kata orang wangi-wangi [Musik] Palestina adalah masalah kemanusiaan Andai Kau bukan seorang muslim masalah Palestina adalah masalah yeomanry hak asasi manusia andai kau seorang muslim maka sesungguhnya Nabi Musa Alaihissalam hijrah dari Mesir ke di Palestina Hai Nabi Musa membelah laut merah di bawahnya orang Yahudi menyebrang sebanyak 600.000 orang dua kali jamaah haji Indonesia dari Mesir menuju Palestina tapi Nabi Musa tak sampai ke Palestina dia meninggal di gurun pasir dataran Sinai dikuburkan di gurun pasir selanjutnya mereka melanjutkan perjalanan dipimpin oleh murid Nabi Musa Namanya Yusuf namanya Yusak sampai ke Indonesia jadi Joshua Yusuf wuih Nabi Musa Alaihissalam Begitulah kalau kita punya murid mati kita Insyaallah perjalanan dakwah akan berkelanjutan Insyaallah Ustadz Abdul Somad punya murid di wangi-wangi Hai tapi user tidak pernah mengajar ajarku cuma satu tatap muka Memang sekarang ngajar tidak pakai tatap muka namanya murid online melalui YouTube namanya jamaah YouTube Ustadz Akuilah kami sebagai murid Ustadz Kami belajar melalui YouTube semua yang punya keterikatan hati hubungan emosional tak putus doa guru dengan murid mengamalkan AJB hukum Jamia marwiyah jiwamu albaro jiwa mualaf Ati aku ijazahkan semua pengajian-pengajian riwayat-riwayat ad dzikir dan doa semua buku-buku semua ceramah-ceramah kepada seluruh jamaah yang ada di wangi-wangi kita amalkan mudah-mudahan kita sama-sama ditolong Allah subhana wa taala diambil mahsyar Nanti insya Allah berapa banyak yang punya ilmu yang mendengar ilmu boleh jadi yang mendengar yang mengamalkan lebih dulu masuk surga daripada yang punya ilmu Hai untung tak diambil ganteng my god sebelum boleh jadi yang mendengar lebih murah Amin jamaah dulu surga Ustad Somad belakangan kalau kau punya murid Mungkin dia tidak pintar Mungkin dia tidak juara Tetapi dia hatinya lembut boleh jadi tangan-tangan yang lemah itu yang akan menarik tengkoh menuju Pintu Surga Allah subhanahu wa ta'ala ibu-ibu yang dirumahnya ngajar Iqro abad-abad Abatasa guru mengaji di Surau dilanggar yang tidak dihormati tidak dimuliakan Jangan berkecil hati boleh jadi murid-murid mu itu yang membaca Quran sehingga terang alam kubur mula Fang alam barzakh mu karena yang kita harapkan adalah balasan dari Allah subhanahu wa ta'ala dikasih penghargaan dari manusia diletakkan di lemari 2-3 bulan copot tanggal lemnya lepas dimakan matahari besar tahu dari mana Banyak penghargaan yang saya simpan di lemari copot lepas tapi doa yang dikirimkan Jamaah itu yang membuat kita masih sehat walafiat sampai hari ini yang pernah putus doa Ustadz Abdul Somad Besok subuh pengajian habis pengajian langsung ke airport dari airport langsung ke Kendari dari Kendari terbang ke Jakarta dari Jakarta pulang ke Pekanbaru tak tahu tah KapanLagi akan datang ke wangi-wangi Wakatobi tapi saya tidak merasa bersedih Kenapa karena seluruh jamaah yang ada di Wakatobi mendoakan Abdul Somad petang pagi siang dan malam betul Assalamualaika ayyuhannabiyyu kepada Lalu setelah Nabi barulah kepada seluruh orang beriman wassalamu'alaikum Nawala ibadillahis beri sekali keselamatan dunia keselamatan akhirat keselamatan usaha keselamatan kebun keselamatan sampan dan perahu keselamatan anak-anak dan istri keselamatan Negeri wa'alaihissalam Yin kepada saudara-saudaraku yang sholeh begitu kalau bersaudara doakan dia ini bersaudara bawaannya suuzon saja menengok tetangga ganti atap rumah demam melihat Tetangga punya mobil baru diabetes naik ditanya orang itu tetanggamu Iya kenapa dia punya rumah baru tuyulnya banyak padahal kita muslimnya merasa senang Intan sascorp adzan and Two of Us Who ada jenis manusia kalau kamu dapat nikmat dia susah hati wine possible gom syaikho Diah Anda jenis manusia kalau kamu dapat musibah dia senang Bukan main Si Anu kenapa dia anaknya mati Alhamdulillah mustinya kau datang meringankan bebannya Sabar ya walaupun ketika ujian itu datang kepada kita mungkin tangisan kita lebih kuat mungkin air mata kita lebih banyak tapi datang saudara kita yang terbakar tidak akan mungkin utuh kembali yang mati takkan mungkin hidup sekali lagi tapi kedatangan dia menjadi setawar sedingin menenangkan hati kita kurang hebat apalagi Iman Umar Bin Khattab tapi Ketika Nabi Muhammad SAW meninggal dunia maka dia marah ya cabut pedangnya sampai mengatakan Muhammad masyarakat pancung kepalanya datang Abubakar membacakan ayat menyabarkan hati yang marah Wow mualaikum Ibu Nila Rasul Muhammad hanya seorang rasul dia bukan Tuhan ya Manusia Biasa padahal seminggu lebih rasul-rasul Rasul sebelumnya sudah meninggal faim Mata Kalau dia mati kau kutila atau dibunuh orang yang kalau betul aakho Apakah kamu akan murtad kembali kepada agama yang Lawang sabar Umar Bin Khattab mendengar bacaan ayat yang dikumandangkan segina Abubakar subprogram Wangun musti ada saling tolong-menolong menyabarkan orang watawa saubil Haq watawa Wow besok begitu kalau bersaudara dulu kita bersaudara sabarkan saudara kita pulang teman dari sekolah dari kampus wajahnya pucat Kau kenapa helmku hilang Sabar saya baru aja baca berita Cianjur motor Minang kau helm ngilangin udah susah senang jangan diri susah-susah kok kenapa helmku hilang Ma besok kepala kau hilang kesabaran tapi kalau dia orangnya teledor hilangnya karena kurang usaha kasih dia nasehat besok kau beli gembok 5 sama rantai besi helm itu kau rantai kau ikatkan ke pohon kayu supaya lebih hati-hati motornya di kunci-kuncinya tiga ada kunci stang ada kunci roda depan ada kunci roda belakang diikatkan ke pohon kelapa habis pengajian keluar pohon kelapanya tuh Bang pelatih takbir keles udah takdir berarti rukun iman yang ke enam antu'mina bila beriman kepada Allah MIPA dari Hai rihwa sarihi takdir baik dan Takdirmu akhir-akhir boro Ibu beruntung ya Bu ya dapat suami Bapak Iya itu takdir saya itu takdir Baik bapak juga berkata begitu saya beruntung pak ustad dapat takdir baik istri saya ini ibunya menjawab yang lain Saya justru dapat takdir buruk nikah sama dia poster yang penting kita Istiqomah iman dan DC setelah itu akan kita bawa menghadap Allah subhanahuwata'ala al-ashlah orang-orang yang bersaudara berkawan berteman bertetangga di dunia ini nanti di akhirat akan saling salah menyalahkan yang akrab sama-sama sakau sama-sama mabuk sama-sama ngrumpi sama-sama menggosip sama-sama buat dosa sama-sama bicara aib orang lain di akhirat saling menyalahkan gara-gara Kamulah saya cerita air cianum gara-gara kamu lah Kan kamu juga yang ngajak saya waktu beli kangkung buat ikat ngomongnya dua jam ketemuan Hai soale menyalakan iril al-muttaqun kecuali orang bertaqwa orang bertaqwa di surga saling memuji gara-gara Kamulah Saya salat berjamaah gara-gara Kamulah saya ikut pengajian gara-gara Kamulah saya pakai jilbab panjang Padahal kemarin saya sudah pakai rok Setengah Tiang gara-gara Kamulah saya tahu rupanya membicarakan aib orang itu pantang gara-gara Kamulah saya rajin salat berjamaah gara-gara kamu saya jadi pandai baca Quran gara-gara kamu saya masih ikut yasinan tiap Batam gara-gara kamu saya bersaudara karena Allah persaudaraan kita bukan karena uang persaudaraan kita bukan karena politik persaudaraan kita bukan karena materi persaudaraan kita bukan karena jabatan persaudaraan karena telah Ilaha Illallah Muhammadur Rasulullah alaihi Ayah dengan itu kita hidup waalaikum waktu dengan gitu kita akan mati wangi Hanum baju dengan itu kita akan dibangkitkan di padang mahsyar menghadap Allah Subhanahu Wa Ta'ala kenapa Beda jam saya sengaja menciptakan Oh ini yang betul sedang jangan aja bisa kittila apalagi kita betul setengah jam saya 40 Sutikno busana baru 20 Jadi kalau terjadi konflik antara jam tangan dengan jam dinding kemana kita musti kembali Kembalilah kejang masjid 41 the mesjid tidak akan mungkin berbohong begitu juga kalau terjadi konflik antara tetangga jamaah maka kembalilah ke masjid ke masjid ikhtilaf antara kita jangan kita putuskan sendiri menurut kita-kita yang paling benar sekitar tanya ke masjid ke masjid maksudnya siapa mesjid dipimpin Imam tanya kepada imam-imam Apa masalah saya nih Pak Imam tolong Damaikan antara kami berdua akan diputuskan fas'alu ahla Zikri tanya kepada ulama ingkuntum lah ta'lamun kalau kamu tidak tahu masalah lalu lintas di jalan raya nanyanya ke Java ke Pak Polisi Hai kamu kenapa lewat sudah tahu itu lampu merah saya lihat tadi belum terlalu merah Pak punya Hai ada yang memberikan keputusan kalau mobil rusak Motor rusak dibawa kebengkel serahkan ke bengkel kalau rumah rusak serahkan ke tukang Kalau AC rusak serahkan ke reparasi service AC tapi kenapa hubunganmu rusak tidak kau serahkan ke bengkel kemana kepada alim ulama supaya didamaikan Allahnya sama nabinya sama kiblatnya sama mesjidnya sama tapi hatinya macam-macam yang bagus alat yoojung yang setuju irak-iran blok barat blok timur masuk salat musti dilihat dulu dimana dia unisono usai disini jadi sini saya bisa bagaimana kita bisa membangkitkan ramai jamaah Muji kirim kalau kita tak sabun Agung janjian Kamu sangka mereka berjamaah 20 fakta aki mereka pecah hancur berkeping back aja tuh kebanting makanya mesti kita jaga persatuan diri dengan salat berjamaah setelah shalat berjamaah bersatu dalam bersedekah aroaitalladzi yukadzibu biddin taukahkamu Siapa itu Pendusta agama fadzalikal ladzii yadu'ul membiarkan anak yatim tidak makan ibu sambil masak pakai kaleng susu Masukkan satu ke dalam rice cooker Masukkan satu dalam periuk belanga Masukkan setengah ke dalam kresek hitam setiap mau masak ambil satu untuk Priok setengah untuk kresek hitam 10 hari 20 hari 30-an di Wulung masukkan serahkan ke komunitas sahabat-sahabat yang bergerak keliling menjadi anak yatim fakir miskin dan dhuafa tidak sanggup setengah kaleng susu satu genggam sehari Segenggam masukkan ke kresek Segenggam masukkan ke kresek 30 genggam satu genggam mengisi perut anak yatim satu genggam mengisi perut panti jompo satu gagah mengisi perut orang yang lapar mandi azzaraan Muhajirin Siapa yang memudahkan urusan orang dalam kesulitan di dunia dimudahkan Allah Urusannya di akhirat dilapangkan Allah umurnya dimudahkan Allah mati Husnul Khotimah dimasukkan Allah ke dalam surga satu butir beras yang kauberikan menjadi amal yang luar biasa disimpan itu beras banyak-banyak mati ada orang mati bawa karung beras Enggak ada Jangan menjadi Krista agama usaha bersama cerita bagi-bagi beras Memangnya Ustadz di Pekanbaru sudah buat Rini kami di Pekanbaru membuat yayasan tabungwakaf umat bagi beras setiap hari Jumat pekan kedua berikut ini penyerahan brush secara simbolis yang akan diserahkan oleh almukarrom Ustadz Abdul Somad kepada fakir miskin photo share berasnya punya siapa punya orang besar Abdul Somad bersama sahabat mengumpulkan yang bisa bawa beras bahwa berat enggak bisa bawa beras bawa uang ya nggak bisa bawa uang transfer transfer nggak bisa juga nggak tahu lagi cuma bicara begitu MP3 lawak beras ke masjid kumpulkan ada relawan yang datang dari pintu ke pintu anak-anak sekolah remaja mesjid Salamualaikum ibu salengkong bapak ada beras yang bisa kami bawa Jangan Datang Lagi sebab melihat wajahmu aku ingat beras kau jangan datang kerumah ini lagi anak muda ini tidak pernah melawan mereka tidak pernah marah diancam Jangan Datang malah besok pagi datang lain Assalamualaikum Minggu ada berasnya kau jangan datang lagi kalau datang lagi Tengoklah besok datanglah dua kali pagi datang sore datang lama-lama si Ibu ini bosan diambilnya satu karung ini jangan kau datang lagi ia ibu kami sudah dapat kami datang bulan depan dah jadi anak-anak remaja mesjid ini kita ajak ke mesjid bukan cuman dengar pengajian pulang tapi dedik asyik kegiatan-kegiatan Selesai acara pengajian subuh hari Aat pilih hari Ahad hari libur pengajian khusus anak muda yang kuat jangan tikut Hai bapak-bapak ibu-ibu yang tua jangan ikut ya ini terlalu berat bagimu Pak ini memangnya apa yang berat itu bapak sanggup memang ikut pengajian pengajian kalian Memangnya apa kan cuman dengar pengajian ustad memang pengajiannya pendek Pak 15 menit tapi abis ini kita akan Miku 50 kilo banget Ayolah kalian ajarannya anak-anak muda disebar mereka tidak dikasih duit mereka tidak dibelikan bensin mereka tidak digaji mereka dilatih untuk berjihad jihadnya bukan mengangkat senjata untuk membunuh Israel karena Israel terlalu jauh jihadnya adalah mengenyangkan perut perut yang kosong bapak ibu stuju stuju malah yang kuat dua orang tua memberikan semangat anak muda terus bergerak maka ini penting kedepan kami sudah melakukannya Saya yakin dan percaya bapak-bapak di Wakatobi sudah mukanya tapi belum berjamaah 123 brush Tiki tapi kalau dikumpulkan menjadi banyak-banyaklah anak yatim yang tertolong yang mengumpulkannya Bapak kan yang punya uang Bapak tapi yang menyerahkannya ke tempat anak yatim anak muda anak muda nggak sanggup yang menyerahkannya ibu yang membawa beras itu ke anak yatim Ibu jangan Bapak nanti kalau bapak ibu curiga apalagi Mbaknya cantik menjadi masalah setelah Abdul Somad pulang nanti yang disalahkan Abdul Somad inilah gara-gara ceramah Abdul Somad kemarin padahal bukan saya yang salah bapak yang datang lebih loh Subhanahu Wa Ta'ala maka bersaudara ini selama di dunia kalau kita mati menghadap Allah pizza mata galau saudaramu mati PAUD uh fakta bingung kalau diamati iringkan jenazahnya kalau sanggup ikut sampai jenazah di mesjid ikut sampai salat jenazah tak sanggup sampai shalat jenazah doakan dari jauh sanggup sampai ke liang lahat lebih bagus nanti kalau sangat meninggal saya yang turun menyambut Ustadz di liang lahat ya jangan Ustad Somad ketika lauser meninggal Aku ingin menyambung Ustad liang lahat jangan kenapa kau tak karena kau lebih dulu masih daripada nanti kita tidak ada yang tahu kalau ada niat orang baik kemarin teman saya wa Ustad Somad kalau aku mati nanti kau yang akan menjadi imam salat jenazah ku dan Habib bulannya akan memandikan jenazah ku terjadi sudah ditulisnya di WhatsApp kalau aku mati yang memandikan jenazah ku Abi pulang yang menjadi gimam salat jenazah kuambil sholat saya bilang kalau mau mati nanti gagal lama-lama dikit melihat hebatnya dengan copied banyak kawan sahabat tetangga teman sekantor meninggal dunia ingat dia pada mati dipesankan ya saya begitu sebalas WAnya kalau aku mati kau jangan datang Kenapa karena tanganku tak bisa menghapus airmata itu dari hadis Fauzan bukan dapat dari grup WhatsApp saudara qingyin Allah subhanahuwata'ala berpisah dengan orang-orang Yang Baik tu luar biasa sayap banyak punya teman yang baik ngomongnya enggak pernah menyinggung perasaan kalau ketemu di rumah makan dia yang bayar terus meninggal Hai ternyata orang menit orang baik nih Cepat nikah tapi jangan gara-gara itu baju tobat jadi orang baik sebelum tidur orang baik-baik terus saya mau jadi orang jahat orang jahat pun mati juga Firaun mati Qorun mati jadi orang baik Mas jadi orang jahat maka tinggal memilih mau jadi orang baik atau orang jahat selama saya di Wakatobi di Kendari belum pernah ketemu sama orang kenalkan pusat Nama saya Firaun itu menunjukkan bahwa orang jahat tidak pernah dikenang abadi sampai kapan pun walaupun piramid yang tetap tegak berdiri tapi namanya tidak mau dipakai orang sampai orang tidak mau malu najis faktor Nista hina Kenapa demikian karena yang dikenang adalah yang baik baiknya saja hukuru mahasina mau tak kau kalau saudaramu itu sudah meninggal maka sebutlah yang baik baiknya saja nanti kalau Abdul Somad meninggal kalau mau sebut yang baiknya saja Hai mencari manusia yang tak bersalah itu Bagaimana mencari gading yang tak retak Bagaimana mencari ikan yang tak bertulang Bagaimana mencari sungai yang tak bersampah maka liku-liku lu Bani Adam fakta unik semua manusia di pernah lupa silap dan salah wa khotbah in attawwabun sebaik-baik orang yang salah adalah orang yang mau memperbaiki dirinya bertaubat kepada Allah subhanahuwata'ala makanya orang yang tobat jangan lagi dicongkel congkel Taubat ya hijrah ada datangnya ke masjid adzan Ya huakbar tatonya dari ujung telinga sampai ketemu jangan lagi dipermasalahkan orang bertato sudah hijrah sudah mau azanda mau salat dan menjadi imam pura-pura tak nampak tapi saya tetap nampak pakai kacamata kab Hai yang tanam yang lagi dicongkel congkel masa lalunya Kenapa karena attacking Min adzaabi Kamal azab Allah orang yang bertobat sama seperti orang yang tak berdosa Allah aja udah melupakan salahnya masa kau masih mengingat Allah aja sudah menghapuskan dosanya masa kau masih nampak nampak Kanya maka ini semua yang bisa memperbaiki hubungan baik kita Insyaallah semua yang hadir ini dibersihkan Allah segala dosa-dosanya Hei itu Ustad hanya ingin menyenangkan hati kami atau ada hadisnya pak ustad membuat rumah di tepi sungai mandi di sungai itu lima kali sehari Subuh mandi dzuhur mandi Ashar mandi magrib mandi Ishaq mandi nabi bertanya hai sahabat Andai ada orang buat rumah di tepi sungai dia mandi sehari lima kali masih adakah tersisa noda-noda di badannya tak ada ya Rasulullah bersih sebersih-bersihnya Rosulullah begitulah kamu kalau salat berjamaah nanti mesjid lima kali sehari bersih tapi yang bersih itu dosa kepada Allah dosa kepada tetangga piring yang dipinjam belum pulang rantang yang dipinjam malah hilang pinjam tiga pulang dua Bagaimana mau minta dosa kepada tetangga Kawan minta ampun kepada Allah tidak bisa maka utang-piutang muslim dibayar Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin hutang lunas nggak bisa guys ini kepada manusia musik kita bayar selesai salat waalaikum warahmatullah wa'alaikumussalam warohmatulloh nabi langsung kekamar sahabat heran kenapa Nabi begitu salam langsung selesai salat sahabat bertanya kenapa tadi selesai salat tidak zikir tidak doa kau langsung kekamar ya Rasulullah ada harta rampasan perang amanah yang aku lupa belum terbagi kan aku cepat mati nabi aja takut menyimpan nyimpan amanah begitu nanti Ingat langsung pulang dia bagian selesai begitu juga sekarang banyak jamaah selesai sholat langsung pulang Kenapa pulang sakit perut kau tak boleh panjang-panjang cukup 60menit 60menit di Sumatera 60menit juga di wangi-wangi mudah-mudahan 60menit ini bernilai amal shaleh dia dapat nomornya ya robbal alamin Terima kasih segala pelatihan mohon maaf segala kesilapan dan kekhilafan al-hasyimiyah waktu Lini pistol ya al-fatihah Audzubillah himinas syaiton nirojim Bismillahirrohmanirrohim