Selasa, April 19, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Adab Rasulullah Saat Minum ini Umi Mimi ambil dari Youtube Rizal Yuliar Putrananda, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Adab Rasulullah Saat Minum ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Adab Rasulullah Saat Minum

Adab Rasulullah Saat Minum - Ustadz Rizal Yuliar Putrananda

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh audzubillahiminasyaitonirojim Bismillahirohmanirohim Alhamdulillah ya Allah Islam justru Rahwana Sofifi mungkin wajhun lailahailallah wahdahula syarikalah otak Firmansyah nih wa Asyhadu anna nabiyyuna Muhammad dana baduhu warosulahu dari ikhwani Allahumma sholli wasallim wabarik Alaihi wa ala alihi wa azwajihi wa ashabihi wa ichwani The Comment istana bisunnati Hai Wahda bihadyika ammabadu Allahumma salimna Mayan pronoun Vina Bima allamtana zidna Ilma Allahumma inna Nas aluka Ilman Nafia wa na'udzubika Min ilmin ya Hayyu ya qoyyum birohmatika story of syrian akun lahuwal acak ilna gila ampuh chinapor PKI allahumma inna Nas alukal Huda waktu kowe Paulina kaum muslimin dan muslimat rohimakumullah dimana saja berada akhi Ukhti saudara-saudariku sahabat-sahabatku yang kami Cintai Karena Allah subhanahuwata'ala hamdulillah kita bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala Untuk yang kesekian kalinya kita dikumpulkan kembali oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala di dalam bersama-sama belajar belajar ilmu agama yang dengan ilmu itu diharapkan agar kita semakin mendekat kepada Allah subhanahuwata'ala semakin mengenal Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan semakin tepat di dalam meniti jalan sunnah yang telah diteladankan oleh Rasulullah alaihi wasallam shalawat serta salam Semoga senantiasa tersampaikan ke haribaan rosulillahi shollallahu alaihi wa ala alihi wasallam untuk keluarga beliau para sahabat beliau dan semoga juga sampai kepada Ummat beliau yang konsisten di atas tuntunan sunnah dan bimbingan keteladanan beliau hingga akhir zaman Nanti para pemirsa sekalian rohimakumullah sahabat-sahabatku yang kami Cintai Karena Allah subhanahuwata'ala Ayo kita lanjutkan kebersamaan kita dalam mengenal lebih dekat figur keteladanan dan kepribadian rasulillah Shallallahu Alaihi Wa Alaihi Wasallam agar dengan semakin kita mengenal beliau kita dapat semakin mencintai beliau dan dengan semakin besarnya cinta kita Kepada beliau kita pun akan semakin lebih mengikuti tuntunan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang beliau teladankan kepada kita sebagai umatnya masih mengkaji kitab sama Ilu nabi atau akshanine karya besar salah seorang diantara ulama umat Islam al-imam Abu ring saat kirim ini rohimahulloh hutaala dan hamdulillah kita telah sampai pada bab yang ke-30 masih terkait dengan apa yang dikonsumsi oleh rasulillah Shallallahu Alaihi Wasallam baik makanan ataupun minuman jilbab yang ke-30 ini A5 kirimi rohimahulloh uttana membawakan penjelasan tentang buah-buahan yang dimakan oleh rosulillahi shollallahu wasallam setelah sebelumnya kita mengkaji Bagaimanakah dahulu Rasulullah alaihi salatu wassalam melakukan wudhu yang menyertai aktivitas beliau makan atau minum yang kita sudah bahas pada pertemuan yang lalu sebelumnya Maka selanjutnya kita bahas kali ini Insyaallah tentang buah-buahan yang dahulu dikonsumsi atau dimakan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan pembahasan ini bukan berarti hanya buah-buahan yang disebutkan dalam tuntunan riwayat-riwayat tentang beliau yang halal dan bisa dimakan oleh kita oleh Kepala sebagai umatnya bukan hanya ini karena hukum asal makanan dan minuman mubah selama tidak ada hal-hal yang menjadikannya Terlarang agak berbagai bentuk buah-buahan boleh kita konsumsi namun setidaknya dengan mengkaji bab ini kita jadi tahu apa sajakah yang sejatinya dimakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam diantara buah-buahan tersebut dan tentu berbagai hal yang dilakukan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam tidak keluar dari tuntunan tuntunan hikmah-hikmah mulia yang kita bisa Galih darinya dalam pembahasan bab tentang buah-buahan yang dimakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ini Imam at-tirmidzi rohimahulloh membawakan beberapa riwayat diantaranya yang pertama adalah riwayat Abdullah Ibnu jakfari rodhiyallohu ta'ala Anhu beliau menyatakan kanan Nabi Yunus shallallahu alaihi wa ala alihi wasallam Aya cool kita abirupa B dahulu Nabi Shallallahu Alaihi wa ala alihi wasallam makan kita kita adalah jenis mentimun tapi relatif besar mbok ya kalau di Indonesia umumnya mentimun itu kecil atau ya ada yang di yang yang besar begitu ya tetapi Tita adalah jenis yang sama yaitu mentimun namun dia panjang dia lebih panjang dahulu kata Abdullah Ibnu jakfari Robbi ya Allahu Anhu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam makan mentimun bersamaan dengan lupa dan rupa adalah kurma kurma segar ya yang sudah bisa dikonsumsi dengan nikmat dan dia tidak tidak seperti balok atau malah yang relatif Masih sempat teh atau rasanya masih seperti mentah kalau orang tidak tahu maka Rooftop setelah itu yang sudah mulai manis dan bisa dikonsumsi dengan nikmat kemudian parutan Ia menjelaskan bahwa diantara hikmah makan mentimun dengan Rooftop atau kurma adalah karena kita atau mentimun adalah jenis buah-buahan yang relatif dingin artinya dingin di tubuh mulai dari tenggorokan dan lesbi itu dingin sementara ruthob atau format membawa sesuatu yang panas sehingga dengan dimakan dua jenis buah-buahan ini disatu waktu yang bersamaan ada eh ada proses netralisme atau menetralisir kepanasan yang ada pada output sehingga bisa menjadi lebih dingin dengan kisah Namun demikian sekali lagi disampaikan bahwa bukan berarti buah-buahan yang lain yang tidak disebutkan dalam pembahasan ini berarti tidak boleh tidak tetapi kita bisa mengambil pelajaran Khan bahwa Nabi Shallallahu alaihi wasallam yang selalu dijaga oleh Allah subhanahu wa ta'ala nabi shallallahu alaihi wasallam yang selalu mengajarkan terbaik bagi umatnya beliau bahkan sampai tentang buah-buahan sekalipun terjaga kesehatan beliau dengan mengkonsumsi jenis buah-buahan ini dua jenis buah-buahan dimakan di waktu yang bersamaan yaitu mentimun dan kurma karena mentimun dapat menetralisir kandungan panas yang ada pada buah kurma Kemudian pada riwayat berikutnya dibawakan oleh Imam Tirmidzi dari Aisyah radliyallahu taala Anhu beliau menyatakan Anda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam akan Aya coolbit khobir rupa B dahulu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam sungguh makan betis eh semangka ya semangka dengan kurma yang ternyata juga disebutkan para ulama bahwa semangka merupakan jenis buah buahan yang membawa dingin bersifat dingin sementara rupa korma ada nuansa panas padanya sehingga semangka yang dimakan bersamaan dengan kurma diharapkan dapat menetralisir nuansa panas yang ada pada kurma kemudian ada riwayat yang lain yang dibawakan oleh Anas bin Malik al-fari apabila Allah ta'ala Anhu Beliau berkata kita tahu bahwa Anas copy Allah Anhu adalah pelayan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak kurang dari 10 tahun lamanya sementara yang tadi adalah Aisyah istri Nabi Shallallahu alaihi wasallam yang pasti mengetahui dengan baik apa saja kebiasaan yang dimakan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam diantara buah-buahan an-nas bercerita menyatakan kalau itu Rasulullah Sallallahu Alaihi wasallama ya cuma bainal sirbin worth it aku pernah melihat Rasulullah alaihi salatu wassalam menggabungkan antara melon dan kurma melon dengan kurma kirby's melon yang yang berwarna oranye sih dalamnya walaupun tidak harus seperti itu tetapi yang jelas melon adalah buah buahan yang membawa dingin seger sehingga dimakannya melon bersamaan dengan kurma dapat menetralisir bawaan panas yang ada pada kurma jadi Subhanallah dari tiga riwayat berbeda ini riwayat Abdullah Ibnu Ja'far riwayat Aisyah riwayat Anas apabila huanhu zamian menjelaskan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam makan kurma dengan campuran kita sejenis mentimun kemudian juga semangka dan melon ia kemudian kalau kita ingin meneladani Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Alaihi Wasallam dalam hikmah tergabungnya dua jenis buah-buahan ini akan menjadi bayi pertanyaan Ustadz Apakah boleh kita makan kurma saja tanpa buah-buah pendampingnya penyertanya boleh tidak masalah atau kita makan buah-buahan penyerta itu tanpa korma tidak masalah kalau kita memakan semangka saja Makan melon saja makan netita saja mentimun saja tidak masalah sebagaimana kita makan kurma saja tanpa campuran tersebut juga tidak masalah tapi kalau kita gabungkan maka kita tahu bahwa sesungguhnya ada riwayat-riwayat yang menggambarkan bagaimana dahulu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam makan dan menggabungkan dua jenis buah-buahan tersebut yang salah satu hikmahnya adalah bahwa buah-buahan pendamping atau penyertanya berupa kita mentimun semangka dan juga melon menetralisir bawaan panas yang ada pada kurma Hai kemudian perlu kita ketahui bahwa buah-buahan lain juga disebutkan dalam al-qur'an seperti misalnya ular berfirman wedding ytun Allah bersumpah dengan buah tin buah zaitun ini juga buah-buahan yang baik tidak mungkin Allah Subhanahu Wa Ta'ala bersumpah dengan sesuatu diantara makhlukNya kecuali karena pada makhluk tersebut pada buah-buahan yang tadi disebutkan itu buah tin dan buah zaitun terdapat keberkahan terdapat kebaikan yang tidak didapatkan pada buah-buahan yang lain maka bagus sekali kalau kita makan akting kita makan az-zaitun apakah dahulu Nabi Shallallahu Alaihi Wa Alaihi Wasallam akan tinggal zaitun Meskipun tidak disebutkan oleh Imam at-tirmidzi dalam bab ini bukan berarti Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam tidak makan ya oleh jadi Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam makan tim makan zaitun Tapi belum sempat riwayatkan yang jelas buah tin buah zaitun adalah buah-buahan yang baik untuk ia bahkan pohonnya juga pohon yang baik ya pohon zaitun sebagaimana disebutkan dalam al-qur'an bahasa Jawa Timur bahwa getting zaitun etil sr3d walabi wedding website demikian pula diantara buah-buahan yang disebutkan oleh nabi oleh Allah subhanahu wa ta'ala di dalam Alquran adalah eh selain buah kurma juga buah rumah delima Ya Allah subhanahu wa ta'ala berfirman misalnya viha fakihatun PH Faqih atau anak keluar rumah di surga itu terdapat buah-buahan juga terdapat pohon kurmanya buah kurma rumah dan buah delima maka disebutkannya oleh Alquran jenis buah-buahan yang ada didalam surga menunjukkan buah-buahan ini adalah buah-buahan yang memiliki kebaikan keberkahan dan boleh jadi tidak ada pada buah yang lain dan sekali lagi sebagaimana kami sampaikan dimuka tadi bahwa hukum asal dan sesuatu meminum sesuatu termasuk buah-buahan adalah mubah selama tidak ada larangan atau tidak mengandung unsur larangan dalam Islam seperti apa contohnya larangan ya Misalnya buah-buahan yang ternyata terbukti ada unsur racunnya atau ada sesuatu yang memabukkan atau sesuatu yang dapat mendatangkan bahaya maka jelas ini tidak boleh yang mengandung unsur Hammer misalnya atau membawa racun misalnya atau berbahaya bagi tubuh misalnya maka ini tidak boleh selama tidak seperti itu Insyaallah termasuk sesuatu yang mubah dan boleh kita konsumsi para pemirsa yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala sahabat-sahabatku sahabat hijrah dimana saja berada rohimakumullah selanjutnya masih di bab tentang buah-buahan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah Ami satu kisah yang dibawakan oleh Abu Hurairah radliyallahu taala Anhu Abu Hurairah bercerita Keenan Nasution awesammerch jauhi Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam feira akhone dahulu para sahabat itu kalau mereka melihat buah-buahan sudah mulai masa sehingga mereka petik ingin mereka konsumsi maka terlebih dahulu mereka membawa dan memberikannya kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Subhanallah bagaimana mereka mencintai Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bahkan pada perkara yang mubah sekalipun Mereka ingin sekali ada keberkahan yang Allah Subhanahu Wa Ta'ala berikut berikan limpahkan kepada mereka dengan mereka terlebih dahulu memberikan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam hamba Allah yang paling dicintai olehnya maka para sahabat ketika mereka mulai panen buah-buahan ada buah-buahan Mas yang pertama kali mereka lakukan adalah mereka hadirkan buah-buahan ini sebelum mereka konsumsi sendiri mereka hadirkan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa ala alihi wasallam dan manakala Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengambil buah-buahan tersebut maka beliau mengajarkan doa membacakan doa apa doanya para pemirsa yang barangkali mengikuti kajian ini dengan kita langsung maka bisa Insyaallah mulai menghafalkannya yang belum juga tidak masalah nanti bisa searching atau bisa mengikuti kajian ini dan nanti kalau Mungkin ada yang terluput bisa melihat kembali rekamannya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kalau beliau mulai mengkonsumsi buah-buahan yang baru dihadirkan oleh para sahabat saat panen maka Rasulullah alaihi wasallam berdoa allahumma bariklana Fima Rina Ya Allah berkahi untuk kami pada buah-buahan kan Wa baarik lanaa FII medinadinaaa berkahi kami pada kota Madinah bingung wabariklana viewpoint of imut Dina berikan keberkahan kami pada takaran satu sore dan satu mujhko adalah takaran yang terdiri dari empat mod 1 MOD adalah satu tangkap sepasang tangan seseorang dengan ukuran yang sedang tidak terlalu Mini tidak juga terlalu big size Tapi orang yang sedang yang terkemudian para ulama di dalam disiplin ilmu fiqih misalnya seperti dalam penghitungan zakat dan lain sebagainya mereka menjelaskan dengan konversi berat game tertentu tapi yang jelas mood artinya adalah takaran dengan satu tangkap sepasang tetep telapak tangan seseorang dengan ukuran yang sedang tidak terlalu kecil tidak juga terlalu besar yang sedang nah satu soal adalah takaran 4mod 4 tangkap telapak tangan telapak tangan empat menjadi satu sac.aka Rosulullah Alaihi salatu Wassalam menyatakan Ya Allah berkahi kami pada sport ukuran Fort kami dan ukuran mujtami Allahumma inna ibraahiima Abdul Kholil kawan Nabi Yunus nabi melanjutkan Ya Allah Sesungguhnya Nabi Ibrahim adalah hamba angkau kekasih engkau dan nabi engkau wine nih abduka wa Ana Biu dan aku kata nabi adalah hamba-mu dan juga nabimu artinya diutus sebagai nabi olehmu wa inna hudaa p5k Ya Allah Sesungguhnya Ibrahim telah berdoa kebaikan untuk Mekkah wa ini Arum ajru kalian madinati be muslim ada akabei Mekkah wangi selimbau maka aku ya Allah berdoa memohon kebaikan kepada engkau untuk Madinah sebagaimana doa kebaikan nabi untuk Mekkah dan yang serupa dengannya bersama itu artinya semua doa kebaikan yang pernah Nabi Ibrahim panjatkan untuk kebaikan Mekkah nabi mintakan kepada Allah agar kebaikan serupa juga dilimpahkan oleh Allah kepada kota Madinah maka kota maka menjadi berkah dengan doa kebaikan Nabi Ibrahim Alaihis Salam untuknya dan demikian pula Madinah menjadi baik dan berkah dengan doa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam untuknya sehingga jadilah Kota Mekah dan kota Madinah dua kota suci yang lebih istimewa dengan berbagai keistimewaan tidak ada di atas Apakah fungsi instruktif keduanya maka semua yang ada di Kota Mekah semua yang ada di kota Madinah secara umum mendapatkan keberkahan dari doa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan juga doa Nabi Ibrahim Alaihis shalatu was ia dan keteladanan doa ini bisa kita contoh Meskipun mungkin tidak sepenuhnya ya karena kita sedang tidak sedang mendoakan kebaikan untuk tempat-tempat tinggal kita seperti keberkahan yang ada di Mekah dan Madinah tapi setidaknya kita bisa berdoa allahumma bariklana V5 Rina Ya Allah berkahi kami pada buah-buahan kami allahumma bariklana Fima di natina boleh ya Allah berkahi kami pada kota tempat tinggal kami ini betina allahumma bariklana FII khairin umur Dina pada takaran takkan Kami Insya Allah itu juga tidak ini adalah doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kemudian setelah Nabi ambil buah-buahan yang disajikan oleh para sahabat Tani dengan doa ini kemudian pasti nabi Panggil dulu yang paling kecil Pada momen itu di majelis itu kalau ada yang paling kecil usianya dipanggil oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam file dehidrasi kastamer maka pasti Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memberikan buah-buahan tersebut kepada yang paling DC ini adalah tawur kerendahan hati Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam kasih sayang beliau Shallallahu Alaihi Wasallam kepada yang lebih kecil sekaligus keindahan beliau di dalam memberikan keteladanan bagi para sahabatnya dan kita semua sebagai umat jadi tidak mumpung mumpung tidak kemudian setelah dihadirkan untuk beliau tidak kemudian tuh saya yang disajikan duluan mereka nggak lupa sama saya tidak ini justru akan menghadirkan rujuk Wali agenda setelah dialirkan beliau beliau ambil tapi bukan untuk beliau dulu beliau ambil untuk bertemu dengan beliau berikan kepada yang paling kecil disitu ya betapa teduhnya keteladanan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam Dalam pendengaran dan sekaligus dalam hati kita betapa sejuknya keteladanan Indah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam untuk kita ikuti e-book maka Rosulullah Alaihi salatu Wassalam memberikan keteladanan tersebut para pemirsa yang dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala itulah beberapa hadits yang posisi dibawakan oleh Imam at-tirmidzi rahimahullahu ta'ala di dalam bab tentang buah-buahan yang beliau konsumsi selanjutnya Rosulullah Shallallahu Alaihi Wasallam diriwayatkan dalam berbagai jalur tentang bagaimana beliau minum apa yang beliau minum dan etika apa yang dulu jalankan ketika di dalam bab ke-31 tentang sifat minumnya Rasul Alaihis shalatu was salam Imam at-tirmidzi hoah membawakan beberapa hadits yang pertama adalah Hadits Aisyah radliyallahu taala Anhu Beliau berkata mengisahkan sekaligus menunjukkan kepada kita bagaimanakah tuntunan dan keteladanan nabi Alaihi salatu Wassalam dalam hal ini kata Aisyah klo NH karena absorbsi iler rosulillahi shollallahu alaihi wasallam al-huwairits dahulu yang paling disukai untuk Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam minum adalah yang manis dan dingin yang manis disini bisa berupa nabi-nabi itu air mineral kemudian dicelupkan di dalamnya berkurang maka atau potongan anggur ke atau potongan apel atau yang lain sehingga ada air putih air mineral ini kemudian membawa ekstrak buah-buahan tersebut kalau kita sekarang seperti usia minuman ya infus dimasukkan potongan buah-buahan kedalamnya sehingga ada nuansa buah-buahan tersebut ada-ada ekstraklasa dari buah-buahan tersebut dahulu itulah yang Rasulullah Shallallahu Alaihi aku gak Nabi Ya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam minum dari yang manis kalau kita sekarang bisa saja kita campur dengan sirup misalnya atau dengan gula diaduk misalnya dan dingin Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam minum yang dingin dan manis dingin dan manis bisa juga misalnya dicampurkan dengan madu dan lain sebagainya maka ini dingin sekaligus manis pusat kalau manis dengan hangat boleh tidak Tidak masalah Tidak masalah tapi kalau kita ingin tahu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dahulu minum yang manis dan dingin disebutkan oleh para ulama bahwa gabungan antara yang manis dan yang dingin-dingin disini bukan terlalu dingin yang dingin biasa dingin biasa kalaulah dinginnya itu lebih dari pada umumnya maka karena mungkin dia menginap di malam hari dingin kita celupkan dua mahal misalnya di minuman tersebut kemudian kita tutup semalaman kemudian digosokkan hari kita minum apalagi kalau di dalam kendi kendi yang tembikar terbuat dari tanah liat dan seterusnya itu Masya Allah segar atau Palar ulama dengan Gabungan dua hal tersebut maka itu bagus buat eh buat badan beliau Syaikh abdurrazzaq hati bahwa Allah menyatakan Pal mau lebih jamak Jumiati hainawati wuda Minan Vie mayakunu Lil badan waktu habis minuman atau air yang tergabung didalamnya manis dan dingin adalah minuman yang paling bermanfaat bagi tubuh dan paling enak untuk dinikmati allahualam selanjutnya pada hadits yang lain masih di dalam bab ini dibawakan oleh Imam Tirmidzi hadits dari Ibnu Abbas rodhiyallohu anhuma Beliau juga mengisahkan double thu'mah rasulillahi Alaihis shalatu Wassalam Ana Khalid Ibnu Walid gua maimuna dahulu aku kata Ibnu Abbas bersama Khalid Ibnul Walid masuk menemui Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan diriku Maimunah ini mereka semua masih memiliki hubungan kekerabatan satu sama lain mahal Raja Adnan by Nain Min Laban kemudian Maimunah apabila hwanhee srinadi Alaihis shalatu Wassalam menghadirkan satu tempayan air susu atau tempayan susuk Laban susu yang diperah entah mungkin dari kambing atau yang lain syariba Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam wa Ana ala yamini waktu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam minum Posisiku kata Ibnu Abbas sepupu nabi yang terpaut usia jauh posisi Ibnu Abbas di sebelah kanan Rasulullah alaihi wasallam wahai dengan simali sementara holidin al-walid berada di sebelah kiri nabi alaihimus shalatu Wassalam tentu dari sisi usia Khalid lebih berusia Abdullah Ibnu Abbas lebih muda daripada kali tokolele kemudian Rasulullah alaihi wasallam bersabda berkata kepadaku asyur betulan minuman ini setelah Nabi minum untukmu artinya dikedepankan yang berada di sebelah kanan beliau meskipun lebih mudah daripada yang di sebelah kiri minuman ini untukmu vincita aktor tapi khalidan kalau Engkau kehendaki Tidak apa-apa kah engkau mendahulukan hal ini jadi dengan kerelaan hati yang berada di sebelah kanan kalau dia merelakan hati Maka tidak Masa tidak mengapa untuk diberikan kepada yang di sebelah kiri tapi dari sisi urutan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengedepankan orang yang berada di sebelah kanan beliau Meskipun mungkin Anda daripada yang berada di sebelah kiri beliau karena biar nih shalatu Wassalam asyur betul minuman ini untukmu karena di sebelah kanan Ternyata apa respon atau reaksi dari Abdullah Ibnu Abbas Beliau berkata nah kuntu di usaha ada super Ika ah dan rasul Aku tidak mau mendahulukan orang lain untuk mendapatkan bekas ludahmu untuk siapapun artinya Abdullah Ibnu Abbas betul-betul menunggu bisa bertabarruk mengharapkan keberkahan kepada Allah subhanahuwata'ala dari bekas minum Rasulullah alaihi salatu wassalam mati di bagian tempat yang tempat minumnya eh susu tadi berarti Bisa dibayangkan bahwa mangkoknya ya lambangan begitu tempayan yaitu bencananya sesuatu dan mereka minum secara bergilir Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam minum terlebih dahulu kemudian eh Abdullah Ibnu Abbas ketika dipersilahkan dan juga disampaikan Kalau engkau ingin dahulukan Kholid juga boleh pakai kata Blend Abbas gak mau Rasul Aku ingin bekas minuman yang padanya terdapat liur atau ludah engkau aku tidak akan berikan kepada yang lain aku tidak akan dahulukan orang lain mendapatkannya Aku ingin mendapatkannya artinya Abdullah Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma ingin sekali mendapatkan keberkahan pada bekas minuman Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Alaihi Wasallam dan tentu ini adalah kekhususan pada diri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam Semasa Hidup beliau Adapun setelah beliau wafat sudah tidak ada lagi apalagi di zaman sekarang yang terbukti dinyatakan sebagai bagian dari bekas Rasulullah alaihi sholatu wassalamu sehingga kita bisa mengharapkan keberkahan darinya saat ini yang periwayat kan secara valid loh alam sudah tidak ada tapi zaman dahulu karena kita sudah lebih dari empat belas abad yang terpisah dari Rasulullah alaihi sholatu was salam kemudian ketika Abdullah IBN Abbas menyampaikan responnya tadi maka Rasulullah alaihi salatu wassalam tidak menyalahkan Abdullah Ibnu Abbas dan tidak juga merasa harus menghiburkan Khalid menghibur Khalid Karena itu adalah sesuatu yang terjadi spontanitas ya tidak ada tidak ada skenario sama sekali maka kemudian Rasulullah alaihi salatu Wassalam bersabda Man apaan hula-hula aman falyaqul allahumma bariklana Fi hijau Open nah karyawan Minho barangsiapa yang diberikan oleh Allah Rizki berupa makanan Hendaklah ia berkata Ya Allah berkahi untuk kami pada makanan ini dan berikan itu kami makanan yang lebih baik darinya allahumma bariklana FII wa akrimna Khan Minggu Allahumma bariklana FII wa akrimna Minho sekali lagi yang ingin mencatat Saga pelan allahumma bariklana Fi hijau wap Inna wa akhwatuha inna Khan Minho allahumma bariklana FII Khoir Minho kemudian nabi melanjutkan woman sahhalallahu Azza wajalla labanan falyaqul dan barangsiapa yang telah diberikan karunia Rizki minuman oleh Allah berupa susu artinya yang diberikan Rizki oleh Allah berupa susuk baik dia miliki sendiri atau mungkin dihadiahkan oleh orang berupa susu Hendaklah ia berdoa allahumma bariklana FII edgina Minho ya Allah di berkahi untuk kami pada susu tersebut dan tambahkan untuk kami dari susu itu Allahumma bariklana hihihi wajib dengan Minho Allahumma bariklana FII dengan doa makan tadi sama allahumma bariklana FII tapi kalau pada makanan tadi wavlink navaron Minho tapi kalau pada susu edgina Minho tadi pada makanan dan berkahi dan tambah berikan kami makanan yang lebih baik sementara kalau susu tambahkan kemudian Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menegaskan kenapa kalau makanan minta yang lebih baik kalau minuman minta ditambah Isuzu saja Kalau minumannya susu maka Mbak minta tambahan susuknya karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda laisal ymakana fawri karena bihamdihi Wassalam tidak ada sesuatupun yang dapat memberikan kecukupan makanan dan juga minuman selain susu artinya satu susu susu itu bisa memberikan kenyang serta hanya makanan sekaligus menghilangkan dahaga yang biasanya menjadi peran Iman jadi makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh tubuh sudah ada pada susu sehingga doanya wajib denah nih kutambahkan kami pada para pemirsa yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala selanjutnya pada bab berikutnya bab yang ke-32 adalah Bagaimanakah dahulu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam minum ada beberapa riwayat yang dinukilkan oleh Imam Tirmidzi dalam bab ini diantaranya adalah jalur riwayatkan Britney badge hobi Allahu Anhu Beliau berkata itu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Rabu Hai hoi manuwa corrida aku telah melihat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam minum waktu itu beliau duduk dan waktu itu juga Beliau pernah terlihat minum berdiri artinya beliau melihat dua kondisi itu sekaligus nabi pernah beliau melihat minum sambil duduk nabi juga pernah terlihat minum dalam keadaan berdiri selanjutnya yang kedua hadits ini Abbas rodhiyallohu anhuma Beliau berkata Waktu itu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam Amin Zamzam pas hari bahwa kata Abdullah IBN Abbas aku telah memberikan kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam air zamzam dan Nabi meminumnya dalam keadaan berdiri demikian yang lain adalah dari sahabatan nazal bin saboh allohu allohu Ali Ibnu Abi Thalib dikisahkan oleh Nazi Nusa Bro Halim ngopi Anglo Anhu pernah dihadirkan satu bejana air saat beliau berada di Ros Bah Wahbah itu bisa bermakna satu diantara dua makna yang pertama Rohmah itu artinya tempat yang lapang yang luas itu disebut dan ternyata juga Wahbah merupakan salah satu kota di wilayah kufah di negeri Irak ya di wilayah hufadine Negeri Irak apapun maknanya Apakah itu adalah nama tempat atau Rohmah itu adalah memang satu tanah yang lapang maka Ali Ibnu Abi Thalib radliyallahu taala Anhu pernah dihadirkan air kemudian Ali Ibnu Abi Thalib mengambil satu tangkap tangannya Kemudian beliau mencuci tangannya Kemudian beliau berkumur membawa kemudian beristinsyaq menghirup air tersebut wa masih wajah dan dengan air itu beliau usap wajahnya weary dan Sam air sampai dan dengan air itu beliau cuci sampai kedua sikunya kemudian kepalanya tanpa mencuci kaki tomma syariba minhwa KM Kemudian beliau minum dari air tersebut dalam keadaan berdiri di ulangi jadi Ali Ibnu Abi Thalib dihadirkan air Kemudian beliau ambil satu tangkep air ya di beliau cuci tangannya beliau berkumur-kumur beliau masukkan hirup ke hidung eh Kemudian beliau mengusap wajahnya sampai juga ke siku kedua tangannya kemudian mengusap wajahnya apa namanya rambut kepalanya tapi bila tidak mencuci kakinya Kemudian beliau minum dari air zam-zam tersebut dalam keadaan berdiri kemudian dia berkata harga woman yiddish ini adalah cucian air bagi yang tidak batal wudhunya Hi hatnya ingin cuci tangannya seperti ini enggak papa bukan Wooyoung artinya seperti halnya kalau kita bakal Wu ingin shalat maka ada tata cara tertentu yang kita tahu selama ini tapi Ali IBN Abi Thalib menunjukkan Bagaimana membasuh memanfaatkan air untuk membasuh bagian-bagian tertentu meskipun tanpa mencuci kaki sambil kemudian Beliau berkata ha Kagawa itu Rosulullah begitulah Aku lihat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melakukannya jadi kalau kita di sedang di tempat luas boleh seperti itu ya kecuali kalau kisah kita misalnya di dalam masjid ada karpet misalnya kita seperti itu ya Tidak sepantasnya karena nanti mungkin ada becek air disitu ada ada-ada percikkan air yang membasahi tapi kalau kita sedang berada di Tanah Lapang maka boleh melakukan seperti itu wallahualam kemudian dari Anas bin Malik apabiala huanhu beliau menyatakan and kanan Nabi Yusuf bahwa Alaihi Wasallam ya Ce nafasku Vina istana sanida Syarif dahulu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam nafas pada bejana airnya tiga kali saat minum wayakulu sambil nabi bersabda tua ambrauw arwah itu yang lebih bisa menghilangkan dahaga itu yang bisa mengenyangkan dan menghilangkan dahaga maksudnya adalah Misalnya kita angkat anu apa namanya gelas atau mangkok atau tempat yang kita minum kemudian kita nafas terlebih dahulu ini Um lagi Kemudian nafas lagi kemudian minum lagi tiga kali Nah pas tidak-tidak nafasnya bukan di airnya tapi kita bernafas di luar airnya dan itu adalah sesuatu yang lebih tidak tidak menimbulkan rasa jijik bagian lain melihat ya kalau saat tempat ini adalah tempayan besar misalnya India beliau minum kemudian nafas minum kemudian nafas minum kemudian nafas tiga kali menerima bahwa Allah ta'ala anhuma eh Ibnu Abbas berkata kanannya Nabi Yunus alami tasyri bahkan nafas sama poteng nabi itu ketika minum nafasnya dua kali tapi hadits ini atau riwayat ini waifiyah di white ini waif dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam juga pernah minum dari verba irbah itu Eh tempat air yang terbuat dari eh apa namanya kulit hewan yang sudah disamak kemudian dijahit kembali sehingga menjadi tempat air tempat penampungan air dan biasanya digantungkan di dinding kata capsahoki Allahu ta'ala Anhu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam pernah masuk ke muka rumahku Kemudian beliau mendapatkan adat irbah tempat air yang Kemudian beliau minum sambil berdiri minum sambil berdiri kemudian setelah aku melihat ternyata Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Alaihi Wasallam setelah minum sambil berdiri buru-buru hapsah memotong bagian corong airnya ya untuk apa diambil beliau ingin tabarru' mengharapkan keberkahan dari bekas minuman Rosulullah Alaihi sholatu was salam Hai dan yang terakhir dalam pembahasan bab ini dari Aisyah radhiyallahu anha dan dari Aisyah bintu saat bin Abi waqqash dari bapaknya berarti dari sa'ad bin Abi waqqash radhiallahu ta'ala Anhu Beliau berkata Anda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam karena yasyrabu kooiman Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dahulu minum sambil berdiri ada penjelasan yang menarik dari eh al-hafizh Ibnu qayyim rahimahullahu ta'ala pada kita berjudul ma'ad dijelaskan oleh para ulama dalam kitab zaadul ma'ad dan dinukilkan juga sebetulnya oleh Syeikh Abdur razzaq hafidzahullahu taala bahwa yang demikian ini ada penggabungan kata al-hafizh Ibnul qayyim dahulu Hai tuntunan nabi Shallallahu Alaihi Wasallam adalah bahwa beliau minum sambil duduk inilah kebiasaan beliau tapi memang ada riwayat fasih lainnya yang menunjukkan bahwa beliau minum sambil berdiri maka kata Ibnu qayyim para ulama itu silang pendapat sebagian diantara para ulama menyatakan bahwa yang menyatakan bahwa riwayat tentang Nabi minum sambil berdiri itu menghapuskan hukum keharusan duduk pada saat minum menghapuskan keharusan minum dengan keadaan duduk Sebagian ulama menyatakan seperti itu artinya boleh kemudian Sebagian ulama yang lain menyatakan bahwa Hai riwayat yang menunjukkan bahwa nabi minum sambil berdiri merupakan penjelas atau pengurai makna bahwa larangan minum sambil berdiri itu bukan sampai kepada derajat haram tapi untuk menunjukkan saja bahwa sebaiknya duduk ya sebaiknya Duduk kalau nabi pernah diriwayatkan juga secara sahih melarang minum sambil berdiri maka ternyata nabi juga minumnya berdiri maka minumnya Nabi SAW salam sambil berdiri menunjukkan bahwa larangan yang pernah beliau sampaikan sebelumnya larangan yang tidak sampai pada derajat haram tapi kalau duduk itu lebih baik dan Sebagian ulama yang lain mengatakan tidak ada masalah sama sekali dengan dua riwayat bahwa nabi minum sambil duduk nabi juga minum sambil berdiri tidak ada masalah bisa digabungkan Bagaimana cara menggabungkannya mengkompromikan dua hari wayat ya secara sekilas kontradiktif Dengan memahami bahwa umumnya dengan duduk tapi kalau ada hajat keperluan maka bisa berdiri ini wallahu ta'ala a'alam ada satu pertanyaan sudah masuk waktu Isya kebetulan nya ada satu pertanyaan istri seorang wanita hamil 7bulan qodarullah belum sempat mengganti hutang puasa dibulan Romadhon Canary Bagaimana cara menggantinya dihitung sampai Lebaran tahun ini belum terlunasi allohu ta'ala a'lam kalau memang menu3 puasa yang lalu belum sempat terbayar tapi kemudian sudah mulai hamil Kalau tidak ada kesengajaan untuk menunda-nunda dan seterusnya maka dia bisa ganti di waktu yang akan datang wallahu ta'ala alam para pemirsa yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala demikian saja kajian kita di kesempatan malam hari ini singkat padat namun syaa Allah kita bisa memahaminya dan bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan kita Billahi Taufiq walhidayah wakru dakwahnet hamdulillahi rabbil alamin kebenaran hanya datang dari Allah subhaanahu wa ta'aala kekeliruan adalah keterbatasan manusia semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita semua jumpa lagi di kesempatan yang akan datang salam hormat untuk segenap anggota keluarga untuk Antum semua di rumah subhanakallahumma Rabbana wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaih Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh