Jumat, Februari 18, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Zakat Utang Piutang ini Umi Mimi ambil dari Youtube Ammi Nur Baits, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Zakat Utang Piutang ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Zakat Utang Piutang

| Ustadz Ammi Nur Baits, ST., BA

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hai Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil mursalin Nabi Yunus Maulana Muhammadin wa'ala alihi washohbihi ajma'in wa Asyhadu alla ilaha illallah wahdahula syarikalah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warosuluh Shallallahu alayhi wa'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam atas lemon kasirotun nabrak ya alhamdulillah puji syukur kita haturkan kehadirat Allah Azza wajalla Hai di pagi hari ini kembali kita melanjutkan kajian kita membahas buku ada orang utang dan di bagian Penghujung buku kita mengutip tentang masalah zakat utang piutang pada pertemuan Sebelumnya kita telah membahas sebagian dari kajian seputar masalah zakat utang dan mengulang dari kajian sebelumnya bahwa terkait utang zakat [Musik] Hai pendapat yang kuat bahwa utang tidak bisa dijadikan sebagai faktor faktor pengurang nilai zakat dalam arti Hai Di pembukuan di pembukuannya utang itu tidak dijadikan sebagai pengurang komponen yang akan dijaga tiga kecuali jika utang itu sudah dibayarkan kepada pemberi utang sehingga bisa kita sebut disini bahwasanya utang ada dua yang pertama adalah utang yang telah dibayarkan di internet telah dibayarkan Hai sebelum membayar zakat Indonesia sebelum bayar zakat untuk jenis utang seperti ini bukan komponen zakat yang bukan komponen zakat saya sebut komponen zakat adalah harta yang hitung untuk dizakati Kenapa dia bukan komponen zakat karena ketika utang itu sudah dibayarkan maka dia pindah hak milik menjadi milik orang lain bukan lagi milik yang mendapatkan utang tapi sudah dikembalikan kepada yang memerintah Hai karena itu tidak dihitung sebagai komponen zakat ini yang pertama yang kedua adalah utang yang belum dibayarkan belum dibayarkan Hai saat bayar zakat Hai keren sehingga ketika ada orang yang zakatnya misalnya di bulan ini bulan apa bulan shofar Hai ada orang yang bisa kakinya dibulan sofa Hai kemudian dia punya utang dan utang nya belum dibayar sampai akhir bulan shofar maka ini masuk bagian dari komponen zakat Hai sehingga dia dihitung Hai ternama karena ketika harta itu berada di tempat kita maka status harta itu disamakan sebagaimana harta kita maka kita yang harus membayarkan zakatnya Hai Karena itu jika ada kondisi ketika ada orang punya utang Hai dan dia juga punya tabungan kemudian saat dia bayar zakat hadiah bayar utang ternyata saldo dari hartanya kurang dari 1 nishob maka diposisi ini dia tidak wajib untuk bayar zakat nah yang paling sering terjadi kejek Asusnya adalah ada orang yang punya utang KPR Hai jadi utang disini mencakup umum baik hutang dalam bentuk utang eh apa pinjem uang Hai kemudian juga bisa bentuknya utang dalam bentuk apa jual-beli yang belum selesai Hai jual-beli yang belum selesai Hai deh kemudian utang dagang Hai ada orang yang nyetok barang lalu barang itu belum laku terjual sehingga duitnya belum bisa dikembalikan kepada pemilik semua utang ini dimasukkan kedalam komponen zakat apabila pada saat pembayaran zakat dia belum dikembalikan Hai kasus yang sering terjadi adalah masa lainnya pinjem uang atau KPR atau jual-beli yang belum selesai ada orang punya utang KPR ini dia punya hutang KPR senilai misalnya Anggaplah 300juta Hai hutang KPR senilai 300juta Hai kemudian dia punya tabungan Tabungan yang dia punya untuk tahun ini adalah 250000000 bye Hai pertanyaannya berapa zakatnya Saya tidak membahas KPR itu pula ataukah tidak ya yang kita bahas ada satu kasus dimana orang punya hutang KPR 300juta karena Harga rumahnya 700 baru dia bayar 400 sisa 300 dia punya tabungan Hai yang jadi pertanyaan adalah Berapa nilai zakat nya the Meg ini tentu saja yang namanya KPR inikan mengikuti sistem bank Hai ikut sistem bank Hai di mana Bang itu pembayaran cicilan nasabah itu sudah dijadwalkan sehingga cicilan bulanan Hai cicilan bulannya dibuat terjadwal Ayo kita terjatuh Wall artinya nasabah tidak bisa menutupi secara langsung Hai tapi dia diminta untuk membayar secara tertib sesuai dengan angka yang ditetapkan anggap misalnya cicilannya adalah 10 juta perbulan the Meg Hai Terus bagaimana cara perhitungan zakatnya Hai kalau nasabah mau menutupi 300juta biasanya Bang nggak mau malah kena penalti Hai sehingga misalnya nasabah menyerahkan 200juta ini total sudah saya serahkan 200juta sehingga utang KPR saya tinggal 100 Mungkin Bang nggak mau malah kena penalti Bapak ikuti saja prosedur kami esoknya adalah Bapak bayar 10 juta perbulan Hai Bang tidak mau dia diberi melebihi shop dengan harapan agar tidak mengurangi nilai apa nilai bunganya hai Hai betul kayak gitu ya lebih betul yang punya pengalaman service hamdulillah Ya udah deh kalau misalnya Anda bisa membayarkan 200juta atau 150 lansani yang 53 dijadikan sebagai apa tabungan yang 150 dipakai untuk membayar hutang KPR kalau itu bisa silakan dilakukan hai tapi kalau misalnya enggak bisa bang Peter minta Pak silahkan bayar sesuai dengan jadwal cicilan sehingga kalau jadwal Bapak perbulan itu 10 juta bayar 10 juta perbulan Hai Keh terus gimana perhitungan zakatnya kita perlu lihat komponen zakat The Comment zakat dalam hal ini adalah tabungan Hai tabungan senilai berapa 200juta baik apakah perlu dikurangi utang ini siapanya tidak Kenapa kok tidak dikurangi hutang karena utang 300juta ini tidak ditutup Hai utang 300juta ini tidak ditutup kalau ditutup kalau ditutup jadi faktor pengurang Hai dipahami ya beban ini kan tidak ditutup artinya uang 200juta utuh ada di tempat anda Hai uang 200juta utuh di tempat anda mungkin dikurangi dengan cicilan ini mungkin kalau saya Urutkan disini dikurangi dengan cicilan senilai Hai nah sementara untuk dikurangi utang hai 1300000000 Hai ini tidak dihitung di bagian terakhir ini tidak dihitung kenapa enggak dihitung Karena ini belum ditutupi sehingga 200juta itu utuh A200 juta utuh Hai selain ini ya yang cicilan 10 juta sehingga perhitungannya adalah karena ini tidak dihitung maka jadinya komponen zakat = 200juta tabungan dikurangi 10 juta cicilan a = 190000000 berarti nanti zakatnya adalah minus dua setengah persen baik Hai Lebak Kenapa ini enggak dihitung sekali lagi tadi Anda belum bayar Kanya Hai Kalau Anda bayarkan intinya mengurangi bagian ini mengurangi bagian tabungan berarti uang yang ada di tempat anda tabungan yang ada di tempat anda berkurang kalau tabungannya tidak berkurang maka dia tetap dihitung sebagai komponen zat yang utuh teh Semoga bisa dipahami kita lanjutkan Hai utang yang belum dibayarkan saat pembayaran zakat sehingga saat Anda menyerahkan zakat Hai utang itu belum dibayar berarti utang tidak mengurangi saldo tabungan Hai apakah utang yang belum dibayar bisa dijadikan sebagai pengurang nilai zakat sebagai ilustrasi di bulan Syawal tahun 40 Hijriyah paidjo memiliki utang senilai Rp100 dia gunakan untuk usaha dan dia juga memiliki tabungan senilai Rp100 pada bulan Syawal 1434 H bungan Paijo 200juta saya boleh usul untuk penyebutan angka tahunnya untuk penyebutan angka tahun kalau ada orang yang lahir tahun 1980 maka ketika ditanya kamu lahir tahun berapa Hai ibunya apa tahun 80 Indonesia merdeka tahun 45 gitu ya 1945mf Misalnya terjadi reformasi tahun 1998 nyebutnya reformasi tahun berapa tahun [Musik] Hai sehingga orang itu nyebut tahun hanya di angka belakang yang 2000 ini belum baku makanya masih jarang Tahun berapa tahun 12 ribu satu Kayaknya masih masih lengkap 2001-2002 kamu Angkatan berapa 2013-2015 jadi dia masih belum baku disebut bagian akhirnya tapi kalau setahun 1900-an itu sudah nyebut akhirnya baik tahun Hijriah biar lebih gampang kita itu di angka 40-an di depan dan ini masih panjang ke-14 41 42 43 44 masih sangat panjang maka untuk memudahkan penyebutan itu kita semarakkan di masyarakat sebut bagian akhir Hai sekarang Tahun berapa tahun 41 tahun 42 besok tahun kep sehingga dengan cara seperti ini akan menyemarakkan orang untuk memudahkan penyebutan tahun Hijriah biar nggak kerepotan sebagaimana Ketika kita menyebut tahun masehi tahun 80 tahun 70 dan seterusnya baik kembali ke sini Hai di bulan Syawal tahun 40 hijau memiliki utang 100000000 digunakan untuk usaha dan dia juga memiliki tabungan 100000000 pada Syawal Hai total tabungan Paijo senilai 200juta pertanyaannya adalah Berapa besar zakat Paijo jika utangnya tidak segera dilunasi karena ini utang usaha dan piutang usaha Kan biasanya rata-rata orang nunggu sampai barang laku dulu atau sampai dapat untung baru dibayarkan utangnya Hai Mbak jawabannya ada dua kemungkinan Hai kemungkinan yang pertama jika utang Paijo dijadikan sebagai pengurang zakat utang Paijo dijadikan sebagai pengurang zakat berarti harta PC yang wajib dizakati adalah 200 minus 100 yang statusnya hutan sehingga = 1 juta sisanya maka nilai zakatnya dua setengah persen dari 100 juta dua setengah juta Hai nah jika utang Paijo tidak dihitung sebagai pengurang zakat maka harta paidjo yang wajib dizakati 200juta yang utuh sehingga nilainya dua setengah persen kali 200 yaitu Hai baik Hai yang jadi pertanyaan perhitungan mana yang digunakan Mohon diperhatikan ini utangnya belum dibayar kalau hutangnya sudah dibayar ya kita apa pembahasannya seperti yang pertama kemarin yaitu bisa mengurangi saldo tabungan sehingga zakatnya berkurang ini hutangnya belum dibayar perhitungan mana yang digunakan nomor 1 atau nomor Hai ulama berbeda pendapat dalam masalah ini pendapat pertama mengatakan utang mengurangi zakat meskipun belum dibayar Hai utang mengurangi zakat meskipun belum dibayar Hai alasannya utang adalah harta orang lain Hai bukan harta milik Muzakki utang adalah harta milik orang lain bukan milikmu Zaki ini merupakan pendapat imam Syafi'i dalam qaul qadim pendapat lama beliau Hai dan pendapat lama Imam Syafi'i ketika beliau rohimahulloh itu berada di Baghdad dan disaat itu beliau ketemu dengan muridnya Abu Hanifah yang bernama Muhammad Bin Hasan asy-syaibani lalu Imam Syafi'i belajar dari Muhammad Bin Hasan sehingga hubungan Imam Syafi'i dengan Abu Hanifah adalah cucu murid Muhammad Bin Hasan Muhammad Bin Hasan asy-syaibani murid dekatnya Abu Hanifah mood dekatnya buah Hanif akan ada beberapa dan yang menonjol itu empat diantaranya adalah Abu Yusuf kemudian Muhammad Bin Hasan asy-syaibani kemudian zufar zufar Bin hudhair dan beberapa yang lainnya Hai dan Muhammad Bin Hasan asy-syaibani ini termasuk murid seniornya Abu Hanifah dan beliau gurunya Imam Syafi'i Hai sehingga Imam Ahmad muridnya Imam syafie Imam Syafi'i muridnya Imam Malik Muhammad Bin Hasan Hai gurunya Imam Syafi'i dan Muhammad Bin Hasan adalah muridnya Abu Hanifah Hai dan ini pendapat imam Syafi'i dalam qaul qadim ketika beliau berada di Baghdad Hai Kemudian yang kedua adalah Pendapat yang menyatakan utang tidak mengurangi nilai zakat Ayo kita bicara yang belum dibayarkan ya utang tidak mengurangi nilai zakat hal ini merupakan pendapat mayoritas ulama diantaranya adalah pendapat kedua Imam Syafi'i dalam khotim terkejut colgate kita ulang pendapat imam Syafi'i dalam could edit al-qur'an al-jadid berarti Hai pendapat beliau ketika beliau sudah keluar dari bagdat pindah ke Mesir dan Blade tinggal di Mesir telah ketika beliau berada di Mesir beliau ketemu dengan Imam laits bin sa'ad live in saat ini sejaman dengan Imam Malik ahli hadis Oki dan sangat kaya ulama besar di Mesir bahkan Imam Syafi'i rahimahullah pernah meletakkan Alley akhohum in malikin Laila an-nasuha bahu layuk allohu Lais itu lebih Faqih dibandingkan manik Hai cuman hanya saja murid-muridnya tidak melestarikan pendapatnya sebagaimana yang terjadi pada Imam Malik karena itu pendapat al-laitsi medley ini tidak bertahan sebagaimana mazhab Maliki Hai dan keberadaan manggap yang bertahan itu adalah atas peran dari para murid ulama tersebut sehingga Apakah mazhab di dunia ini cuma 4 jawabannya tidak ada banyak Hai ada madzhab Al laitsi ada madzhab al-syafi'i yang dulu pernah berkembang di daerah andalus namun kemudian tidak bertahan kemudian ada madzhab zhahiriyah ada madzhab yang lain Jadi mantap cukup banyak Hai Andaikan yang dominan dulu dan kemudian bertahan adalah pendapatnya Imam laits bin sa'ad mungkin kita akan mengenal mantap Malaysia Hai al-jazariyah dari Imam al-auza'i atau atau Ria dari Sufyan ATS tauri namun Hai karena pendapat mereka tidak Lestari sehingga banyak ditinggalkan orang akhirnya tidak nampak sampai sekarang paint kita lanjutkan hai imam asy-syafi'i rahimahullah dalam call jadi mengatakan bahwasanya utang tidak mengurangi nilai zakat know.who berkata adain u-haul yang naudzubillah Jaka pilih salah satu aku Al utang itu apakah menghalangi Hai wajibnya zakat di situ ada tiga pendapat asah uh andalas4d yang paling kuat menurut Al azhab mesti adalah ashabus safi'iyah Hai yang paling kuat menurut ashabus Safiya menurutpara ulama' Syafi'i Wow Naswa edan itu keterangan Imam Syafi'i radiallahuanhu p-mu Gomi kutubihi Al jadidah dalam mayoritas apa dari mayoritas kitab-kitab beli yang baru adalah tajibu bahasanya utang wajib dizakati utang wajib dizakati sehingga dia dihitung ketika belum dibayarkan ndak kemudian Nawawi rahimahullah melanjutkan Hai alhasil under Marhaba wujuhu zakati sawah ungkal malu bauty nanau tohiron kesimpulannya bosnya dalam madzhab Syafi'iyah ini adalah wajib membayar zakat baik harta itu adalah harta yang batin atau Thohir Hai jadi ada istilah Harto terhadap istilah harta batin OK Google apa yang dimaksud dengan Harto Hirata batin Hai ada harta yang statusnya Thohir dan ada Harley statusnya batin Hai harta Zahir ndak dan ada harta batin Hai hk.hr itu yang nampak Hai oleh orang lain Hai jadi kita bisa melihat Hai orang lain bisa melihat tetangganya bisa melihat sehingga orang lain tahu kalau itu adalah harta Fulan yang wajib dizakati Contohnya apa atau Thohir yang wajib dizakati dan kelihatan contohnya Hai Contohnya apa ternak ya kalau ada orang punya sapi 100ekor saya bisa tahu nggak mungkin gue simpen di lemari Yandi deh Apalagi dimasukkan kedalam kulkas kurang Hai sehingga saya tahu orang lain tahu dan seterusnya maka saya bisa katakan kepada pemiliknya Pak sapi Bapak sudah 100 ekor Ini wajib untuk dizakati ada orang punya kambing misalnya 200 ekor saya bisa tahu ini wajib dizakati karena dia Harto air contoh yang lain kartohardjono yang lain Hasil panen Hai ini harta dhohir sehingga harta seperti ini bisa dilihat oleh orang lain Hai Mekar Thohir saat ini pihak apa ambil itu berhak untuk memaksa pemiliknya agar bayar zakat Hai Kemudian yang kedua adalah harta batin Hai harta yang tidak nampak Hai oleh orang lain Rp Hai sehingga kita nggak tahu berapa simpanannya ia punya tabungan orang punya emas orang punya perhiasan itu kan semuanya disimpan dan satu orang tidak tahu berapa Siemens harta orang lain bahkan satu orang tidak tahu Berapa gaji orang lain kecuali kalau dia PNS ya bisa diketahui ini golongan 3a Alya gajinya kurang lebih sekian bisa ditebak Rini aparat-aparat gajinya kurang lebih sekian sehingga orang bisa nebak Kenapa karena negara membuka itu hai tapi kalau cv-nya saya enggak tahu ini beda lagi Ini urusan pribadinya nah harta seperti ini disebut dengan harta batin dimana orang lain tidak tahu hai Hai apa apa perbedaan antara harta dhohir dan bathin sehingga ini dipisahkan siapanya adalah terkait wewenang Amil wewenang Ami Hai Amel itu punya daya paksa sehingga kalau ada orang yang nggak mau bayar zakat Amin bisa maksa Hai untuk harta yang mana yang boleh dipaksa oleh amil yang dhohir sedangkan yang batin Amin Nggak tahu Hai maka yang batin ini kembali kepada kesadaran masing-masing pribadi Hai di sini wewenang Amil memaksa Rp Hai orang untuk bayar zakat harta play-doh Hai harta yang terakhir Hai karena itu yang kau sedangkan harta batin Aamir tidak berhak untuk melakukan pemaksaan makanya zakat itu semuanya lebih semut dibandingkan ngene kok bisa pakai itu audit wah di komputernya dipinjem bahkan kandang komputernya dibawa ke kantor oh ya ada salah satu teman yang cerita komputernya disita Comment di sana diaudit ternyata dikembalikan kadang Laptopnya disita diaudit dikembalikan Hai itu pacar Hai kejang-kejang sama seperti sehingga bagian yang tidak diketahui oleh orang lain amil zakat itu tidak berurusan kembali kepada kesadaran pribadi mereka untuk harta batin kembali kepada kesadaran pribadi Hai maka tidak ada yang disebut dengan audits zakat blue hai tapi kalau misalnya ada orang yang dia meminta bantuannya pada Hai Tolong bantu itung kan zakat Saya netto otomatis yang bantu ini harus tahu keuangannya sehingga harus dibuka tabungannya berapa emasnya berapa peraknya berapa harus dibuka agar bisa dihitung zakatnya hai tapi kalau dia tidak diminta hukum asalnya orang enggak boleh kemudian saya pinjam laptopnya ya tak hitung zakat bapak nggak bisa Mas Tapi tidak semua Keuangan saya ada di laptop yang paling lengkap mana HP saya pinjem HPnya mau jangan yang sifatnya pribadi seperti ini kembali kepada kesadaran pribadi selanjutnya hai Hai baik harta batin maupun harta bohir semuanya wajib dizakati Amin Zain amauri baik yang sejenis dengan harta utang maupun tidak sejenis misalnya utangnya berupa emas kemudian tabungannya berupa perak Jati tidak sejenis ya yang satu emas yang satu perak tapi nanti dinilai dengan pendekatan Hai kolak sabuna para ulama madzhab kami mengatakan Hai sawa'un Zainul Azami bainallah Azza wajalla baik itu utang sama manusia maupun utang kepada Allah utang kepada Allah Apa contohnya the Bear kafaro bayar diet Terus apa lagi ya bayar-bayar yang diwajibkan oleh negara termasuk orang ketika bernazar untuk memberikan sesuatu yang dia miliki maka itu menjadi Dino loh yang wajib untuk ditunaikan Hai kazakh seperti zakat tahun lalu zakat sebelumnya yang belum dibayar kemudian bayar kafaroh Nazar atau yang lainnya Hai kalau ada orang misalnya zakat tahun lalu 10 juta belum dibayar tabungan sekarang berapa Eh 500000000 maka zakat tahun lalu tidak dijadikan sebagai faktor pengurang kecuali kalau diambil dulu terus dipakai untuk menutupi foto bugil Imam Ibnu Taimiyah rahimahullah juga menegaskan yang semisal Wal ladzi oerahu pendapat yang lebih aku kuatkan annaza kata wajib batun mutlak on zakat itu kewajiban mutlak Hai walau Kana Alaihi daimon Yongki Sun episode meskipun dia punya utang yang mengurangi So I ladaina wajah bak qoblahu liz ak kecuali utang yang wajib untuk dilunasi sebelum menunaikan zakat sebelum waktu Jaka wayajibu ada uh uh maka wajib untuk ditunaikan Tumai Muzakki membagi abadah lalu dizakati yang tersisa Hai dizakati yang tersisa wabidzalika sabar adziima dengan itu maka dia lepas tanggung jawab Hai baik Insyaallah sangat jelas dari penjelasan ini sehingga ketika orang itu bayar zakat mohon sekali lagi utang Jangan dijadikan sebagai faktor pengurang dalam tulisan dalam perhitungan zakat kan dibuat perhitungannya faktor kurangnya utang karena pertanyaan gini ini sudah dibayarkan belum belum Kalau belum dibayarkan Jangan jadikan faktor pengurang Hai kecuali kalau dibayarkan kali dibayarkan Ya sudah berarti harta kamu berkurang dan nanti zakatnya juga lebih sedikit paint Hai dan Insyaallah pendapat kedua inilah yang lebih mendekati kebenaran dengan beberapa pertimbangan Hai setiap orang yang memiliki harta satu nishob Maka Ia terkena kewajiban zakat Hai Cukup jelas ya termasuk pula harta hasil utang karena harta yang didapatkan dari hasil utang telah pindah hak milik Hai dan itulah yang membedakan antara utang dengan wadiah Hai sudah pernah kita bahas dulu ya alat-alat Hai sehingga Apa perbedaan antara utang dengan wadiah salah satunya adalah pindah milih utang itu pindah Mini Hai maka ketika Aa utang kepada B nilai Hai clubbing ngasih 10 juta ke maka 10 juta itu media makanya sebagai konsekuensinya Hai AB bas menggunakan harta 10 juta itu apapun yang dia inginkan mau untuk kepentingan konsumtif ini dia gunakan untuk beramal digunakan untuk usaha kita karena 10 juta itu sudah menjadi haknya nah beda dengan Waqiah kali ini tidak pindah hak milik Hai tidak pindah hak milik sehingga karena tidak pindah mile maka wadiah tidak boleh dimanfaatkan oleh orang yang membawanya kecuali atas seizin orang yang menitipkan nah sehingga saat saya menerima utang maka harta itu jadi milik saya meskipun bisa jadi nominalnya sudah ndak ada karena sudah berubah berubah wujud jadi yang lain Hai Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam mengutus beberapa sahabat sebagai Amil untuk memungut zakat dari Hai sementara tidak ada perintah untuk merinci apakah dia punya utang ataukah tidak Hai namun yang dilakukan adalah menyarankan kepada mereka bayarkan hutang dulu harus sisanya dizakati kwaci penjaga terkait harta yang ada wajiban zakat itu terkait harta yang ada main Ullman ndak sementara utang terkait tanggungan sedangkan keduanya tidak saling menghalangi Hai jadi Ainul di tengah-tengah Hai artinya adalah harta yang ada Hai kalau utang itu tanggungan Dimah Dandim ah dengan apa yang ada itu tidak saling bertentangan sehingga kalau tidak dibayarkannya hukum asalnya wajib dizakati xxx yang kedua yang berikutnya adalah riwayat dari Utsman radhiallahu Anhu Beliau mengatakan ada Syahrul zakatek Um Ini adalah bulan zakat kalian memang karena Alaihi Day non-value-added haihata tuh rizzo Atuh Reza kata amwalikum karena itu siapa yang punya utang maka tunaikan utangnya lalu sisanya silahkan dikeluarkan zakat untuk hartanya nah Hai Sehingga dalam hal ini kalau utang belum dikeluarkan maka dihitung sejak kedalam red yang lain Paman karena Alaihi Dino Usman mengatakan Siapa yang punya utang Fadli aku lebih maka hendaknya dia apa lunasi wajahku baqiyat amwalikum dan zakati sisa saldo dari harta kalian pernyataan Utsman radhiallahu menunjukkan bahwa harta utang yang belum dibayarkan dihitung sebagai harta yang wajib dizakati sebaliknya jika harta hasil utang itu masih dipegang bahwa gym dihitung saatnya dalam arti Kembalikan ke saldonya Oh ya Jadi bukan begini ya bukan tabungan n****** plus utang bukan Hai mimpi ini tidak diperhitungkan kita maksudnya bukan tabungan penumpang tapi utang tidak diperhitungkan Hai sehingga misalnya dalam kasus tadi Eh utang KPR 300 tabungan 200 berapa zakatnya 200 plus 300 bukan begini a = 502 setengah persen kali 500000000 Ayunda tapi ini tidak diperhitungkan cukup lihat berapa saldo tabungannya kita Hai sehingga utang tidak plus maupun minus 200 tidak plus 300 tidak pula minus 300 karena dia tidak dihitung dalam proses ini sehingga yang dimaksud utang dizakati tewasnya adalah di saldonya ini di saldonya ini disitu ada uang utang kalau dia kembalikan maka tidak wajib dizakati tapi kalau tidak dia kembalikan wajib di zakati wallahualam walhamdulillahi rabbil alamin dan insya Allah untuk pertemuan berikutnya kita akan bahas zakat piutang Blend tentang nampaknya zakat piutang ini adalah sesi yang terakhir ya dari kajian ada orang utang Hai nanti bisa kita selesaikan dalam sehari atau dua hari Insya Allah ta'ala baik demikian yang bisa kita sampaikan semoga bermanfaat must Allah ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi wa shohbihi was Salam Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kaum muslimin dimanapun anda berada Sekolah Dasar tahfidzul Qur'an Madina Islamic primary school adalah sekolah penghafal Alquran tingkat SD di bawah Yayasan amal Abadi Indonesia yang dibina oleh Ustadz ammi Nur baits hafizhahullah di Sleman Yogyakarta saat ini pembangunan sekolah dasar tapi berukuran Madina Islamic primary school tahap pertama telah mencapai penyelesaian lantai tiga dan lantai atap gedung Hai kebutuhan dana untuk penyelesaian tahap pertama sebesar 346 juta 400 Rp95.000 kami mengajak kepada kaum muslimin untuk bekerjasama dalam mencetak generasi Qurani yang berakidah Shahih dan berakhlakul karimah dengan memberikan donasi terhadap pembangunan sekolah ini semoga Allah ta'ala membalas kebaikan Bapak Ibu sekalian dengan balasan yang lebih baik washallallahu ala nabiyyina Muhammadin wa alaa aalihi wa shohbihi was salam mualaikum [Musik] Syaikh Muhyiddin [Musik] [Musik] hai hai hai hai hai hai hai hai hai hai hai hai hai hai hai hai [Tepuk tangan] hai hai Hai assalamualaikum Hai Assalamualaikum Waalaikumsalam hai hai hai eh Allah yang nengok more ngopo anak Dewi pangelak ora percoyo menu tak bayar tak bayar Neng ojo saiki aku akhiran Didit dengan orang-orang morona DHL aku warnai hydro opo iki wes yo Assalamu'alaikum wa'alaikumussalam nah hai hai hai hai Hai Mujhe balama sub Christmas tak bayar Mas Mas prabayar Mas Mas Mas Mas Mas Ya udah wis hamdulillah Selanjutnya kami persilahkan Bagi anda yang mau bergabung waalaikum Waalaikum salam warohmatullohi di masa aneh kan ada menjemukan ada bersaudara data teman utang setelah itu kan ada yang 1500008 kaitu dapat dimasukkan dalam item jakarta-peking pertama Terus yang kedua start diposisi dapat memberi memberi utang ya Betul kata berikut angin karena satin apa Banyaknya kenangan eh lupa save Aduh ada berapa kita pakai termasuk item zakat tetep dekat Mall Terus yang kedua Tapi Adian akan mereka suami istri kerja nah terus dia kadang suka bingung mau zakat malnya itu tanah harta itu dan bercampur karena yang yang ngatur yang ngatur kan istrinya Adiana ini setelah terus kadang dia suka bingung rasanya karena kecampur Nah itu apa diangkatnya suami-istri dijadiin satu atau dipisahkan karena mereka dua-duanya masing-masing punya penghasilan tetap konsep tiga Choir assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh baik [Musik] Indonesia Hai saya Tampilkan ini dulu biar Indonesia I love bird kita bahas ini dunia untuk yang pertama anda memberikan banyak utang kepada beberapa orangnya ke b c dan seterusnya dengan nominal yang berbeda-beda semoga ini jadi amal shaleh membantu banyak orang yang membutuhkan selanjutnya Apakah ini masuk dalam komponen zakat Insyaallah kita bahas besok karena ini masuk dalam ranah kajian zakat piutang bukan zakat hutang kita masuk dalam ranah kajian zakat piutang Hai baik selanjutnya kita beralih ke Jakarta suami-istri Zakat harta Hai gabungan Hai suami istri Hai YouTubers di sini Ada fatwa yang diterbitkan oleh shabaka Islamiyah zakatul Mal al-musytarak Zakat harta gabungan antara suami dan istri bahkan serta anaknya dalam fatwa ini ditegaskan Hai Palm Adul must Arok harta gabungan antara suami istri dan anaknya Inna Mataji Buffy Fancy bikulli Wahidin minhuma alenxi rodin zakatnya itu wajib untuk masing-masing harta dari pemiliknya sendiri-sendiri sehingga perhitungannya harta suami dihitung sendiri harga istri dihitung sedih Ida balgownie soban apabila mencapai nishob wahana air hold dan sudah haul Hai sementara yang belum mencapai nishob sikat tabungan salah satu dari mereka belum mencapai nishob maka tidak ada zakat Hai sehingga misalnya suami punya tabungan satu nishob tapi istri tabungannya belum satu nishob maka tidak ada zakat Hai Wahyu bom malu Hum Mbak tahu ilah ba'din vitamin Yusuf dan harta masing-masing tidak digabungkan agar bisa mencapai nishob sekarang ni Sob Anggaplah 70juta nishob anda bisanya Hai nah lalu suami punya harta 40juta istri punya 30juta 14013 Alquran kecuali punya 50 aja lo punya 50 istri punya 40 kalau ini digabungin 90 karena zakat tapi di sini dinyatakan tidak digabungkan agar bisa mencapai nishob 250 hal toh wairu mu'tabaroh Karena campuran itu tidak diperhitungkan rizaka dalam perhitungan zakat fairisya Imah untuk selain binatang ternak Kalau binatang ternak itu digabungin jadi misalnya dalam satu kandang di situ ada 50 kambing Hai tapi 50 kambing ini milik lima orang 10 10 10 10 Hai totalnya 50 Kambing ampul kami sudah nisab dizakati ataukah tidak kali ini mi5 orang jawabannya dizakati Hai karena al-fil toh campurkan harta Mal mukhtalaf harta yang bercampur antara mix1 dengan milik orang lain apakah itu mempengaruhi zakat untuk selain binatang ternak tidak mempengaruhi zakat tapi untuk ternak mempengaruhi zakat Kyle Kyle menurut pendapat mayoritas ulama dalam masyhur takbir di referensi Made kembali dinyatakan lah tua Chairul howto fairish Hai adanya campuran harta itu tidak berpengaruh untuk selain binatang ternak kazabri wolfis dohwa Zoro wes timer wujud ijaroh baik emas perak pertanian kemudian aasimar buah-buahan urut tijarah barang dagangan dan yang lainnya wayakulu hop mu home hukmil munfaridin hukumnya itu hukum untuk Pemilik harta masing-masing sehingga perhitungannya sendiri-sendiri Wa hadza kau lihat tarian Ilmi dan ini adalah pendapat kebanyakan atau mayoritas ulama MP3 mudian Hai bagaimana kalau misalnya sudah terlanjur bercampur dan tidak diketahui punya suami yang mana punya istri yang mana ya sah-sah saja ketika suami itu suami istri itu mencampurkan hartanya oleh karena masing-masing kembali kepada kerelaan keduanya Hai meskipun pada asalnya Hai kepemilikan masing-masing itu dihargai dalam Islam sehingga suami punya harta dihargai istri punya harta dihargai Hai dan posisinya dipisahkan artinya pasangannya tidak boleh mengambil harta suami atau mengambil harta istri kecuali atas kerelaan yang memiliki sehingga suami punya harta istri nggak boleh ngambil sesukanya istri punya harta suami juga tidak boleh ngambil sesukanya ndak ada orang yang bertanya kepada Ibnu Abbas radhiallahu anhuma wanitanya Hai wanitanya kepada Ibnu Abbas Hai kemudian pertanyaan wanita ini apa hak yang boleh saya dapatkan dari suami saya hai lalu Ibnu Abbas menjawab kamu berhak untuk mendapatkan nafkah berupa makanan dan pakaian lalu wanita ini bertanya outdoor rahim Boleh nggak saya ngambil uang suami Hai Im nafas kemudian balik tanya atuh ih Bina Ayah udah kuliah tik hai hai aku udah kuliah tak kamu mau nggak kalau misalnya perhiasan kamu diambil oleh suamimu ndak mau maka seperti itu pula lalu juga nggak mau kalau duitnya diambil kamu Hai sehingga Ismanto menghargai kepemilikan suami punya sendiri istri punya sendiri dan Islam menghargainya dengan cara satu sama lain tidak boleh mengambil kecuali atas kerelaan dari pemiliknya kalau pemiliknya Ridho silahkan kalau pemiliknya tidak tidak boleh bye makanya istri ketika belanja dan itu diluar kebutuhan pokok ya harus izin harus pamit beli baju beli kerudung beli apalagi beli perabotan harus parents dulu ya izin dulu kepada suami saya mau beli ini kalau diizinkan silakan kalau diizinkan Napoli Mei selanjutnya I am Bagaimana kalau misalnya sudah terlanjur dicampur dak Papa dicampur asal saling Ridha jadi istri Ridho suami juga itu terus cara ngitungnya gimana Waida kanula ya'lamuna Mia kotoran assabiqul liwahidin minhuma kalau tidak mereka tidak tahu berapa nominal masing-masing berapa saldo masing-masing pala mana suaminya takdir What is dead Hai gua kagak idalam yuk lam mitral Mali vs sanawat ilmadya halaman also minat tak terlihat walau yukallifullahu nafsan illa wus'aha maka tidak ada ruang untuk melakukan perhitungan prediksi tidak ada ruang untuk melakukan perhitungan prediksi artinya tidak perlu dilakukan prediksi Hai demikian pula ketika tidak diketahui harta dia di masa silam halaman asam letak dewan istirahat dan Allah tidak akan memberikan beban diluar kemampuannya credit card maka diposisi ini di posisi ini ada ini dia bisa lakukan pendekatan Hai sebisa mungkin jadi artinya kamu gak perlu gabungin yang sudah yang sudah digabungkan hujan digabungkan untuk dihitung zakatnya tapi kamu lakukan pendekatan kira-kira berapa Harta suami dan berapa Harta istri Hai Kak memungkinkan Meskipun tidak tepat ndak papa di dalam arti ia kurang lebih ya pakai tentang suami itu kurang lebih hartanya sekian puluh juta istri kurang lebih sekian puluh juta baik itu jadikan acuan Hai kalau ternyata tidak memungkinkan Pak sudah campur-campur sudah jadi yang lain ia Hai Coba lihat sumbernya gede mana istri sekian suami sekian berarti kalau pakai persentase dari total itu oh yang ini sekian persen yang miskin persen Anggaplah misalnya Hai total gabungan itu mengikuti sumbernya Insya Allah itu juga bisa dijadikan sebagai acuan walau tak dalam ini yang disarankan oleh para ulama sehingga kesimpulannya gabungan itu tidak mempengaruhi zakat karena zakat itu dipisahkan atau suami tidak ganti sendiri harta istri dizakati sendiri allohu paint t-shirt silahkan mampir Hai Asalamualaikum salam Waalaikumsalam warahmatullah marketing Jelaskan pertanyaan dua hari lalu Setiadi saya ini penjual sepatu bahwa ada stok juga video dasiad ingin beli sepatu Sayang ramai 200.000 tapi karena saya belum punya bank syariah dan biasanya saya menggunakan bank konvensional salah satu keluarga saya di saya menghindari untuk uangnya ke bank konvensional jadi saya pakai cara saya cari barang 5.sd Hai jangan tanya sama atau kurang lebih yang kurang 1000-2000 kalau saya saxon itu kan terkeluar kode seksual account tegorokan itu bisa dibayarkan Enggak cuma oleh saya atau banget sesuai orang lain juga bisa jadi tagihannya saya tagihan ke dia itu Setu yo yo yang ada di yang Inggris percaya Oh belum belum paham saya Pak Hai iseng-iseng sayap jual sepatu santai Iya mau jual sepatu ada stoknya juga lalu lalu siap dia melihat saya yang Hai padahal Bapak belum punya sepatu itu Hai gimana ton Bapak belum punya sepatu itu yang dibeli oleh Sira udah-udah Dastan kredit dari desktopnya ya ah kita ingin pengen beli Umpama 200.000 adanya kekerasan Saya belum punya bank syariah Gunakan cara yaitu dari barang di Marquez umpamanya makanan atau baju yang not all there 200.000 baik jadikan keluar tagihan-tagihan itu saya kasih ke yang ada di sebagai pembayaran termasuk tagihan Oh gitu ya Satu lagi baik terkait bahagia ya bank syariah itu lebih murah dibandingkan bank konvensional kalau saya xvideosapp yang lalu itu ada yang bertanya fasilitas bangsa Irak alat masuk tiga terusan membandingkan dengan Akatsuki Hajar I have a apabila biaya biaya-biaya Cut di bank syariah itu lebih murah dibandingkan bank konvensional ataukah tidak hosted baik Oh yes jangan lupa instan penceng Herman Barus Hai Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh baik untuk kasus yang pertama Bapak jadi Bapak menjual sepatu lalu apa Bapak belanja sesuatu di market place dan konsumen bapak yang bayar berarti di sini statusnya adalah partner ya bahwa melakukan baik yang disebut dengan baik muka Ya Allah artinya jual beli barter sehingga Bapak serahkan sepatu Tapi tolong pembayarannya berupa makanan boleh-boleh saja makanannya ada dimana di toko air tolong belikan makanan Toko A dan nanti serahkan ke saya antar ke saya sah-sah saja agaknya namanya akad barter sehingga disini terjadi jual beli barter melepas sepatu mendapatkan makanan klip Kemudian yang kedua tentang posisi biaya bank syariah yang lebih murah dibandingkan convert2 Pak ah ini tidak termasuk riba Hai yang saya pahami tidak karena begini ya e-commerce keberadaan sistem yang disediakan oleh bank itu sudah ada baik kita punya akun di situ maupun tidak punya akun di situ artinya Pada saat kita punya akun di situ terus kita daftar ya Saya daftar Karena saya butuh untuk keamanan Putu Transaksi dan seterusnya itu tidak membebani sistem mereka Hai sehingga keberadaan sistem ini tabe mengikuti dari apa transaksi utama antara kita dengan pak transaksi kita yang utama dengan Bang apa saya menyerahkan duit ke bank dengan aku thank hai lalu hartasya itu jadi properti banget itu transaksi utama terlepas dari keberadaan sistem itu ndak kemudian sistem itu karena sudah ada diberikanlah oleh bank kepada nasabah nanti bapak bisa melakukan beberapa transaksi melalui layanan kami karena semua Nasabah Tentu saja dia masuk kedalam sistem itu Hai karena itu yang kayu pahami keberadaan sistem ini nasabah memang tidak harus sewa keberadaan sistem ini nasabah tidak harus sewa artinya itu adalah manfaat bawaan setiap transaksi utang yang ada di bank Dan itu tidak bisa dihindari sehingga yang lain pahami dalam hal ini bank atau nasabah tidak mendapatkan bunga disebabkan kemudahan sistem tersebut wallohu'alam Assalamualaikum Ustaz Waalaikum Salam Rindu bertamu Saya punya tiga bidang kebun di saat panen bareng hasil kebun itu mencapai nishob dan kami jakati tetapi pada waktu tertentu Tidak barang panen tersebut yang dua kebun dipanen per tiga minggu dan yang satu kebun per dua minggu dan hasilnya masing-masing mencapai belum mencapai nishob Apakah tetap dijaga di ustad Hai yang kedua kalau betul yang dua kebun itu kami beli dari hasil meminjam dari bank dan apakah hasilnya batil ustadzaka hair mukjizat mulhern baik eh eh Indonesia perhitungan zakat untuk panen kalau yang bareng jelas ya apabila dia di atas nishob atau mencapai nishob kena zakat Bagaimana kalau terpisah terpisah di sini ketika sendiri-sendiri belum besok sehingga kalau dipisahkan 3 begini kebun a-b-c semuanya di bawah nishob semuanya dibawa nisau tapi kalau akumulasi a + b + c ini mencapai nishob Hai pendapat yang kuat sebagaimana keterangan Ibnu qudamah dalam al-mughni Hai cara perhitungannya adalah akumulasi Hai cara perhitungannya diakumulasi sehingga dari kebun 1 2 dan 3 meskipun masa panennya beda nanti digabung kemudian dibayarkan zakatnya hai wallohu'alam Hai dan Insyaallah ini pendapat yang lebih mendekati dan lebih aman dalam hal ini selanjutnya Hai Anda utang bank Hai Kemudian dari hasil utang itu anda gunakan sebagai modal Hai untuk bertani Hai baik disini kan ketemu hasil Apakah hasilnya ini Halo untuk harum Hai video bugil Apakah hasilnya ini halal atau haram pertanyaannya adalah hasil ini hasil Hai hasil riba atau hasil panen Hai Ini hasilnya banyak ini hasil lama hasil riba atau hasil panen Hai hasil panen Kenapa modalnya sudah diwujudkan dalam bentuk bibit pupuk kemudian obat-obatan perlengkapan pertanian Ya udah akhirnya dia berubah jadi pepohonan lupa jadi buah-buahan berarti hasilnya adalah hasil panen Hai kalau hasil panen Anda bekerja disitu Halo anda memanen ini adalah hasil yang halal oh ya terus ribanya dimana Pak ndak daripada situ Hai ribanya adalah saat Anda mengembalikan Anda mengembalikan ke bank nah Disini anda bayar pokok plus bunga-bunga inilah yang mengeluarkan bau riba Hai sehingga bunganya atau ribanya itu berada diposisi ketika anda membayar ke bank bukan di posisi saat Anda menerima modal dari bank Makanya kalau bisa disarankan Bang ini diajak Bagaimana kalau kita kerjasama bagi hasil nanti saya akan gunakan untuk bertani wahai Bang kamu akan saya kasih panen misalnya dari hasil panen 30% Oh Masya Allah ini bisa jadi lebih gede dibandingkan bunga cuman bang Dak mau ndak papa pokoknya tetap flat seperti ini atau bukan fade sesuai perhitungan ini sehingga nanti cicilan Bapak pertama sekian nanti menurun menurun menurun sampai hilang Kami habis dan semakin tertib terjadwal Hai Semakin jadi nasabah yang sholeh menurut Bang dan dia nasabah yang baik hati kayak gini nanti akan ditawari lagi ditawari lagi potensial Hai karena dia menjadi sumber pemasukan terbesar bagi punk wallohu'alam Tweets I Max silakan Hai Aa the lounge Hai silahkan anda sudah terhubung Hai ada Mega besar Waalaikumsalam warahmatullah fadlulloh qstream ah meninggal Kemudian beberapa tahun pihak dinas pagi berjalan doa tahun Kyai meninggal apakah istri bea yang kedua mendapat warisan feat baik harganya hartanya dari mana Pak Ada anak ada anak tidak ada anaknya tidak ada anak baik hartanya milik siapa Mini atau milik B milik istri atau menit suami Mere RAM You trust by tidak ada anak baya tidak ada saudara istri ada saudara suami datangi nahid obat perempuan card saya soalnya perempuan saudara istri ada saudara istri tidak ada zat tidak ada paman di taman ada cabang Manado paman-paman dari bapak ya bukan dari ibu ada ya baik Cukup baba baba telah Waalaikumsalam Waalaikumsalam warahmatullah baik Kya tulis kemahnya seperti ini ya h&b ini istri yang pertama B kemudian B meninggal Hai nah saat B meninggal maka ahli warisnya adalah a sebagai Hai as sebagai suami ini dapat setengah Hai kemudian sisa setengah diserahkan ke ahli waris yang lain Hai tadi Wales yang lain siapa Hai tadi belum lengkap penyebutannya ya kalau ada paman ya ada paman kasihkan ke paman paman tapi dari bapak ya bukan dari ibu kalau ndak ada paman ya sepupu anaknya paman Hai yang dari bapak atau sebab Hai sudah lalu B meninggal lalu ah Meninggal saat meninggal c masih sah sebagai istri sehingga sedapat c sebagai istri dapat seperempat karena a tidak punya anak Hai kemudian Hai sisa 3/4 nanti diserahkan ke ahli waris Hai ahli waris yang lain Hai Ali Waris lain dari keluarga C3 Hai rewards yang lain dari keluarga sih siapa saja Iya tadi kan belum jelas ya Siapa saja kalau ada saudara perempuan yang kasihkan ke saudara perempuan dan seterusnya wallohu'alam I Max assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh stat Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh hai izin bertanya saya dan suami sedang membangun rumah apakah uang sebesar perencanaan dan sudah mencapai nisabnya itu terkena zakat Ustadz Apakah uang perencanaan untuk bangun rumah untuk haji untuk apapun terkena zakat Karena dia sudah mencapai nishob jawabannya Na'am terkena zakat karena sudah mencapai nishob selagi uang itu belum kepake tapi kalau uang itu ke pakai sudah anda bayarkan untuk beli material Anda bayarkan untuk bayar kontraktor dan seterusnya sehingga dibawah ini Sob gak wajib zakat tapi kalau uang itu masih berada di rekening anda dan anda bisa tarik kapanpun bisa dipakai untuk kepentingan pribadi untuk memujudkan perencanaan maka belum termasuk maka dia pasti wajib dizakati Hai deh Tapi kalau sudah ne belikan material seperti uang itu sudah tidak ada lagi dia tidak lagi dihitung sebagai komponen zakat wallahualam baik Hai baik silakan bapak Hai silakan Hai Assalamualaikum Waalaikumsalam warahmatullah silakan akustiknya mau bertemu saya lupa meminjam sertifikat penuh atas nama cewek terjadi yang lebih Sebelum saya menikah Hai kepada suami untuk apa kerja usaha-usaha dengan koperasi Syariah hubungan terus hukum dengan mewah Oh usahanya itu mengalami yang pun akhirnya Rumah itu bagus dijual untuk mengembalikan Tolong kasih yang saya bertemu lain Hasil penjualan itu Oh harus saya aja diem dan bagaimana pendukungnya karena meskipun jualan itu Hai sebagian default adalah bayar bayar sendiri untuk hutan-hutan suami eh potensi tersebut beatnya Lalu bagaimana pikiran jahatnya baik cukup Hai Mbak Nesya baik hasil penjualan rumah Sebagian ada yang dipakai untuk bayar utang nah sebagian masih sisa yang ini kalau sudah disetorkan tidak bisa Katie nah sisanya ini yang dizakati misalnya ya hasil penjualan rumah 500000000 misalnya hai lalu untuk bayar utang Hai Neni kan sudah tidak zakati karena dia sudah kita keluarkan nah sisanya 300juta ini yang mencibir zakati setelah genap satu tahun setelah kaum sehingga 373 itu biarkan mengendap satu tahun setelah genap satu tahun nanti anda keluarkan dua setengah persen Wow lautan 6 Demikian yang bisa kita bahas semoga bermanfaat Wassalamualaikum Hamidin wa'ala alihi washohbihi wasallam wafiroh dakwaan alhamdulillahirobbilalamin subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh