Selasa, Februari 08, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Utang + Jual Beli = Riba ini Umi Mimi ambil dari Youtube Ammi Nur Baits, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Utang + Jual Beli = Riba ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Utang + Jual Beli = Riba

Utang + Jual Beli = Riba | Ustadz Ammi Nur Baits, ST., BA

Halo assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh e-learning Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil mursalin lebih Maulana Muhammadin wa'ala alihi washohbihi ajma'in wa Asyhadu alla ilaha illallah wahdahula syarikalah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warosuluh Shallallahu alayhi wa'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam atas lemon kasirotun Mbak Alhamdulillah kembali kita melanjutkan pelajaran kita dengan membaca buku ada orangtua dan Insyaallah di kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan seputar masalah menggabungkan antara utang dengan jual-beli sebagaimana dalam penjelasan Sebelumnya kita telah menyebutkan sebuah hadits Dimana Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam melarang menggabungkan antara utang dengan jual-beli Nabi Sallallahu wasallam mengatakan laiyli Salaf Hai babay tidak halal utang digabung dengan jual-beli laylo salah pun wabai tidak halal utang digabung dan jual-beli kalimat tidak halal menunjukkan bahwasanya ini adalah larangan yang cukup serius Hai sehingga ketika itu terjadi Hai Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam tidak menghalalkannya dan maknanya sebagaimana keterangan Imam Ahmad bin hambal rohimahulloh adalah orang melakukan transaksi utang digabung dengan jual-beli dimana utang merupakan akad utama sementara jual-beli menjadi persyaratan akad persyaratan Hai dan ini bagian dari peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan sebagaimana keterangan yang disampaikan oleh Ibnu qudamah rahimahullah selanjutnya kita akan melihat beberapa praktek yang terjadi di masyarakat Hai bahwasanya larangan menggabungkan antara utang dengan jual-beli utang plus jual-beli kita sebut sebagai apa riba hutang plus jual-beli sama dengan riba Hai sebagaimana larangan ini berlaku untuk jual-beli para ulama mengatakan larangan ini juga berlaku untuk semua akad komersil berlaku untuk semua angkat komersil ada transaksi yang bertujuan untuk mencari keuntungan seperti jual-beli sewa-menyewa akad salam terus akad apalagi Istishna dan seterusnya para menyebar para ulama menyebutnya dengan akad mu'awadhah touch Hai ada pula transaksi yang bertujuan memberikan bantuan untuk kepentingan sosial Hai sehingga tujuannya bukan dalam rangka mencari keuntungan tapi untuk kegiatan sosial contohnya hibah sedekah wakaf untuk transaksi jenis yang kedua ini para ulama menyebutnya dengan transaksi tabarru AD ndangdut Islam memotivasi umatnya dalam transaksi tabarru ad semangat yang ditekankan dalam Islam untuk transaksi tak baru ad adalah membantu orang lain yang membutuhkan Hai dan Islam juga melarang umatnya untuk memancing di air keruh dalam arti memanfaatkan suasana musibah yang dialami saudaranya Hai Karena itulah para ulama menyebutkan bahwa kasus yang disebutkan dalam hadits di atas tidak hanya terbatas untuk skema jual-beli dan utang tapi juga berlaku meluas untuk setiap transaksi muawwal dot dan transaksi tabarru'at dimana setiap transaksi mual.com tabarru'at ketika itu digabungkan ketika itu digabungkan maka dalam hal ini pasti ada pihak yang mendapatkan keuntungan disaat dia melakukan transaksi sosial jadi ketika kita melakukan akad sosial saat beramal saat beramal jangan apa cari untung Hai duniawi Hai jangan cari untung dunia sehingga ketika bantu orang lain niatkan Ikhlas untuk membantu orang karena itu saat memberikan utang jangan harapannya bisa dapat untung Hai dari jual beli Sony di tanah hutang Ini membantu menolong saat kita memberikan hadiah atau hibah atau wakaf jangan tujuannya biar untuk mendapatkan keuntungan sehingga saat kita mencari pahala murnikan dalam rangka untuk ikhlas menjadi pahala bukan dalam rangka untuk mencari keuntungan baik kurang lebih seperti itu kaitanya Kenapa utang dengan jual-beli itu tidak diperbolehkan karena itu seperti ini dipahami dipahami meluas Hai jual-beli mewakili transaksi mual.com sementara utang-piutang mewakili transaksi tabarru AD Hai terdapat kaidah yang berbunyi Lah iya jumlah umum Baina muawwal Doh wacab arrow tidak bergabung tidak boleh digabungkan antara akad mu'awadhah dot dengan akad tabarru and sebagaimana kaidah ini disebutkan dalam majalah majma' fiqh al-islami kemudian juga Syarah bulughul marom kitabul buyu' Jami syaikhul Islam Hai berdasarkan kaidah diatas maka tidak boleh menggabungkan utang dengan sewa-menyewa Hai dan tidak boleh pula menggabungkan utang dengan penanaman modal atau mudhorobah yang disitu merupakan akad yang tujuannya untuk mendapatkan keuntungan sehingga secara umum tidak boleh menggabungkan angkat komersil dengan akad utang piutang tidak boleh menggabungkan angkat komersil dengan angkat utang-piutang baik atau mersil yang tadi jumlahnya banyak ya Ada jual-beli ada sewa ada Istishna ada akad salam dan seterusnya Hai walhamdulillah Insyaallah cukup mudah untuk dipahami jadi disini Kesimpulannya adalah bahwa hutang tidak diperkenankan untuk digabungkan dengan akad komersil utang plus akad komersil Hai ini hukumnya dilarang Hai seperti utang dengan jual-beli utang dengan sewa-menyewa dan seluruh turunannya selanjutnya kita akan membahas contoh praktek yang ada di masyarakat disini saya Sebutkan di dunia perbankan dan masyarakat Hai kalau di bank kemarin sudah kita singgung ya praktek adanya pelanggaran dalam masalah ini dan nanti kita akan coba ulang lagi kita coba lihat terlebih dahulu contoh praktek di masyarakat Hai contoh praktek pelanggaran dalam masalah ini di masyarakat banyak kita jumpai di pedesaan terutama Kampung petani dan nelayan di daerah dimana masyarakat yang bekerja lebih mengandalkan kepada hasil bumi ada orang kaya yang meminjamkan para petani ketika musim tanam dengan ketentuan misalnya ada yang mau nanam padi ada yang mau nanam Lombok ada yang mau nanam bahkan termasuk tembakau eh ada yang mau nanam tembakau dan seterusnya maka orang Kayaknya sih model ke petani Hai dan ketentuannya nanti balik dengan nilai yang sama 5000000 balik 5 juta 10 juta balik 10 10 juta Pada saat musim panen semua hasil panen wajib harus bahkan wajib menurut aturan mereka dijual ke orang kaya ini meskipun dia sama sekali tidak meminta kelebihan dari utang yang diberikan Jadi syaratnya cuma satu itu dan saya mengetahui realita itu di masyarakat yang ada ya disekitar kita terutama untuk yang dilakukan bersama para nelayan orang kaya ini disebut toke Kalau di kampung saya namanya tokeh dan kalau dalam bahasa kita toke ya dia meminjamkan utang kepada para hai hai Hai untuk beli jaring Bli umpan dan seterusnya karena mereka menggunakan sistem apa jaring itu dilepas sehingga harus anda umpannya hai hai yang baik hutang untuk kebutuhan mencari hasil laut atau untuk kebutuhan konsumtif Hai dan mereka membuat ketentuan semua hasil laut yang dia dapatkan harus dijual kepada sitok e yang posisinya sekaligus sebagai pengepul hasil laut Hai sudah sehingga di situ kita bisa lihat betul-betul terjadi utang digabung dengan jual-beli Hai dan ini jadi syarat Saya mau ngasih utang ke kamu dengan syarat kamu harus jual hasil panen mau ke saya kamu harus jual hasil laut kamu ke saya di Gunungkidul Adek belum nemu Hai dan transaksi semacam ini berarti menggabungkan antara utang dan jual-beli dimana jual beli antara debitur dengan kreditor dijadikan sebagai syarat Hai baik dan hakekatnya begini jamaah Hai jadi kalau kita perhatikan ini seolah-olah sitok E itu punya banyak karyawan yang Hai yaitu para nelayan dengan cara apa mereka diikat kasih utang-utang utang-utang sudah Hai mereka adalah orang-orang yang nanti akan mendatangkan Bahan baku untuk saya Hai sehingga mereka yang kerja saya akan memanfaatkan hasilnya ini dan itu tanpa gaji cuman di hutangnya aja Diulangi Diulangi di hutan Hai sudah Soalnya kalian silakan nyari hasilnya tak beli Oh ya meskipun itu dengan harga pasar tapi Pak belinya akan dengan harga pasaran Grand normal meskipun ia tidak diperbolehkan jika disitu ada kesepakatan Siapa yang kasih utang maka dia harus menjual hasil lautnya kepada saya Hai dan itu banyak terjadi di masyarakat Hai maka mereka yang mau berangkat ya perahu besar itu bisa sampai bulan-bulan bisa sampai bulan-bulanan bisa sampai waktu berbulan-bulan bisa Me 3 bulan 4 bulan mereka butuh ransum mereka butuh perlengkapan yang itu sampai ratusan juta untuk sekali berangkat Hai nanti Saat balik membawa banyak ikan yang paling berhak untuk membeli hasil itu adalah sitok e e Hai dibeli pembayarannya di belakang biasanya pembayarannya sebulan lagi sehingga ketika sudah dibeli situ Oke ini tidak keluar uang diproses dulu kemudian dijual ke luar dapat uang baru diserahkan kepada para nelayan bergegas Hai bayi selanjutnya Bagaimana praktek yang ada di dunia perbankan Hai yang sempat mendapatkan kritikan dari al-ustadz Dr Erwandi adalah masalah ini ya gadai emas Hai semuanya 3D emas ini ada akad apa di situ Di situ ada akad tijarah Hai sewa-menyewa apa yang disewakan yang disewakan adalah SDB A safe deposit box Hai Dan inilah peluang dimana pihak bank bisa mendapatkan keuntungan dari bagian ini Hai menyewakan SD Hai Neng sehingga nasabah ini dia datang ke bank dengan membawa emas Hai misalnya 10 gram o.fb lalu emas itu oleh Bang disimpan di SDB dan menjadi syarat Hai kami baru menerima jika anda mau untuk menyewa SD Hai harganya berapa ya Misalnya sekian puluh ribu perbulan Hai Anggaplah bisanya 200.000 rupiah hai Hai nilai utang maksimal untuk gadai emas bank sudah menetapkan tidak boleh lebih dari sekian tidak boleh lebih dari lima juta rusaknya sehingga Bang nasi hutang ke nasabah senilai Hai dengan gadai 10 gram emas Hai Nah nanti nasabah yang lain juga seperti itu nasabah yang lain seperti itu sewa SDB ditempat yang sama dalam satu slop tempat yang sama di sini ada banyak Mas 10gram milik banyak nasabah sehingga satu wilayah itu bisa menghasilkan 200.000 kali jumlah nasabah yang ikut dalam program ini Oh ya di sini lah Bang mendapatkan peluang keuntungan sehingga disitu terjadi akad hutan digabung dengan akad sewa SDP berarti di sini apa menggabungkan antara akad utang dengan akad komersil dan para ulama menegaskan tidak diperbolehkan menggabungkan antara akad utang dengan angkat komersil Hai ini salah satunya Hai tayo kemudian kita lanjutkan Hai berikutnya materi yang keenam adalah biaya administrasi akar tentang Hai pada asalnya biaya administrasi dalam akad apapun Hai ditanggung oleh pihak yang mendapat manfaat Hai biaya admin ditanggung oleh pihak yang dapat Apa manfaat di dalam angkat utang-piutang pihak yang mendapatkan manfaat adalah debitur orang yang berutang Hai manfaat yang didapatkan adalah bantuan pinjaman dalam rentang waktu Hai ada beberapa biaya administrasi karena utang seperti biaya transfer antarbank biaya survei kalau emang putus survei untuk verifikasi pemberian utang dan semacamnya seperti ini pada asalnya ditanggung oleh pihak Siapa yang menerima utang kalau misalnya perlu apa biaya administrasi berupa materai lalu apalagi ngeprint sekian kali ini butuh 10 lembar kemudian jaminan dan seterusnya Hai yang apabila itu butuh biaya tertentu maka sebenarnya yang menanggung biaya itu adalah pihak yang menerima bantuan yaitu si pemberi utang di dalam Alma air asyariyah disebutkan satu poin tentang aturan bank syariah Ketika memberikan utang ke nasabah Oh ya Zul ilmu asas adil Mukri loh Boleh bagi lembaga yang berikan Hai antak Huda anak hidup metil turut Hai Mayu adhzillu masruh Fatiha al-fitriyah Al mubashiroh Hai baik dibolehkan bagi lembaga keuangan yang memberikan utang untuk mengambil layanan utang mengambil biaya mengambil biaya atas layanan utang mayo adilu masruh Fatihah yang sesuai dengan kebutuhan transaksi al-fil Iya Rin Al mubashiroh secara langsung yang dilakukan secara riil dan langsung artinya memang betul-betul dibutuhkan dalam transaksi utang itu Hai sehingga biaya admin untuk Hai biaya admin untuk akad utang yang boleh dibebankan kepada debitur harus sesuai biaya riil tidak boleh lebih dari Biarin harus sesuai biaya kebutuhan riil nya berapa Oh ya persatu akad Ya kurang lebih 10.000 maka hanya boleh ngambil Rp10.000 I Max lebih dari ini berarti lembaga keuangan yang meminjamkan uang dia mengambil manfaat dan itu tidak diperbolehkan Hai Jaan tak hanya saja biaya admin kau tidak boleh melebihi dari kebutuhan riil sehingga biaya admin tidak bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan bagi lembaga keuangan ini pentingnya biaya admin tidak boleh dijadikan sebagai sumber pendapatan bagi lembaga keuangan tidak bisa dijadikan sumber pendapatan lembaga keuangan atau pemberi utang di dalam hal main Syariah dari lanjutan diatas Kwala yazuuru disitu terdapat pernyataan walayashu zulha Abdu zyada Cin alaiha tidak boleh Bagi lembaga keuangan untuk mengambil yang lebih dari biaya pokok waqulu ziyadati nalil masruh Fatil fi'liyah Muharram Atun dan setiap tambahan yang diambil dari biaya riil hukumnya Harom Hai setiap tambahan yang diambil dari biaya real hukumnya Harom I Max sehingga misalnya biar riilnya berapa 10.000 terbang menetapkan 20.000 atau Rp25.000 boleh ini tidak diperbolehkan Toyib ini saya kasih contoh ya Yang ini Real barangkali Anda pernah melihat langsung Kejadian ini di dunia perbankan yaitu program tapi kayaknya program ini sudah ditutup sejalan dengan adanya lonjakan di masyarakat karena menyebabkan antrian yang panjang program apakah itu program talangan haji Hai program talangan haji Hai di salah satu web bank syariah di Indonesia menyebutkan bahwa program talangan haji itu dilakukan dengan tiga skema Hai yang pertama adalah chord Hai yang kedua ijaroh Hai yang ketiga kapal OK Google chord ijaroh kavala Baik Pak ini semuanya kan sudah ada di buku fiqih dan sudah dapat fatwa dari MUI biasanya Allah saya gitu akad kol.edy fatwa MUI akad tijarah ada di fatwa MUI akad kafalah ada seninya tidak perlu menyebutkan fatwa MUI ada juga di almugni ada juga di Al majmu' fatawa Al majmu Syarah muhadzab karya Nawawi ada di buku-buku fikih yang lain karena cuman sebatas nama dari akad buku-buku itu sudah menyediakan ya Hai masalahnya Apakah prakteknya sudah sesuai dengan petunjuk yang disediakan oleh ulama atau kabel sehingga fatwa itu merujuk pada skema akad tertentu Hai baik menjelaskan tentang bagaimana cara berangkat yang benar belum tentu sesuai dengan praktek dilapangan sehingga kalau produknya nama produknya memang sudah ada fatwanya tapi apakah praktek dilapangan untuk pelaksaan produk itu sudah sesuai fatwa bagian ini Seharusnya perlu ditinjau sehingga kita tidak misalnya melawannya fatwa yang diterbitkan oleh DSN soalnya atau fatwa dari ulama yang lainnya tidak Anggaplah misalnya kalaupun ada perbedaan antara main Syariah dengan DSN ya kita bisa anggap ini bagian dari hilaf dalam masalah ijtihadiyah anggap bisanya seperti itu Indonesia namun sekali lagi yang kita cermati disini adalah bagaimana kesesuaian praktek dilapangan dengan dengan fatwa yang ditetapkan Hai kalau kemudian sebatas fatwa nama produk Ia memang ada Pak warna produk by praktek Mengapakah sesuai dengan di situ atau tidak Hai baik Coba kita lihat sekarang tadi kita sudah menyebutkan bahwasanya chord dengan ijaroh itu seni boleh nggak digabungin ini boleh digabungkan ndak boleh ya Lah ya Hindu salah pun semua baik tidak halal utang digabung dan jual-beli dari satu ini saja sudah ada pelanggaran trialnya Bagaimana Coba kita lihat ya Ayo kita lihat di sini kan ada tidak pihak ya Eh jamaah calon haji kemudian ada Hai ada apa namanya bpkh atau ya itu sebut aja the aja bye jamaah calon haji ada Bang ada the yang dia ditugasi oleh pemerintah untuk mengurusi kegiatan haji di masyarakat nah jamaah mau daftar haji terdepak Hai tapi debak mencatatkan untuk bisa mendapatkan porsi haji maka harus membayar senilai Berapa minimal Hai sehingga Untuk bisa dapat porsi kita pindahkan ke sini aja ini ada jamaah ini ada Bang ini ada Departemen Agama Hai Nah untuk bisa mendapatkan porsi haji Hai maka dia harus membayar ONH kalau dulu istilahnya ONH sekarang istilahnya banget Oh ya Yang ini senilai 25 25 juta harus bayar minimal skin Hai sudah Nah jamaah enggak punya akhirnya dia berharap biar nanti dapat antrian lebih awal maka diapun utang ke bank nah bang ngasih talangan Baik bapak Tenang saja kami talangi bank transfer senilai 25000000 kedepan Hai sudah di posisi ini Bang memberikan apa talangan kepada jamaah Bang memberikan uang 25000000 ke depan atas nama jamaah Hai Nah selanjutnya bank menetapkan syarat agar akad ini berlangsung eh salah #rakat ini berlangsung syaa Allah ya adalah Hai jamaah harus menguruskan nya jamaah harus mengurus kegiatan hajinya lewat bank Pak kain bersedia untuk memberikan talangan haji tapi nanti semua prosedur pengurusannya kami yang ngurusin hai hai Hai baik siap dan itu ada biayanya pak biaya untuk mengurusi itu nilainya dua setengah juta Hai nah Disini Hai apa bang menetapkan ada biaya Hai biaya layanan untuk mengurusi haji itu ditetapkan 2,5 juta-an Ya udah cukup ini saja video Hai dan itulah ijaroh untuk layanan Haji jadi talangan haji Hai tadi ada akad chord Hai ada ijaroh ndak ada kafalah Hai ijazahnya dimana hijauan disini jadi nanti bapak akan kami layani dan biaya pelayanan itu dua setengah juta layanan Apa sih yang dimaksud layanan mengantarkan ke kantor Depag kemudian kebutuhan administrasinya apa saja ibadah jadi calon pendaftarannya selalu pendaftaran Pak ini yang dibutuhkan administrasi abcd bapak yang belum lengkap mana ini ini belum difotokopi * fotocopy ini fotonya nggak bagus Pak harus diperbaiki Bapak silakan foto disitu foto dia diantar sama Bang jadi dilayani yang administrasi seperti ini selesai dilayani Hai sudah selesai dilayani kemudian diantar ke d'pack kemudian Ditunggu sampai foto sudah biayanya dua setengah juta dan ini jadi cara biaya layanannya Jadi saran Hai kalau enggak seperti ini Bang tidak mendapatkan pemasukan sehingga nilai 225000000 yang dikucurkan oleh bank-bank tidak mendapatkan penghasilan sama sekali Hai Ka sumber pendapatannya diambil dari dua setengah juta dari layanan pengurusan administrasi kita tulis ini Hai 2,5 juta adalah biaya layanan Hai biaya layanan admin on daftar and haji Hai administrasi apa saja yang dibutuhkan itu dilayani sama Pak hai hai the Meg Hai bpih biaya perjalanan ibadah haji betul ya bukan ONH Hai baik hai eh tadi ya 22 setengah juta itu ini dan ini jadi syarat Kami mau untuk memberikan nilai utang 25000000 tapi dengan syarat membayar dua setengah juta Hai sudah dua setengah juta itu apa biaya layanan Hai admin pendaftaran Hai kalau enggak seperti ini Bang tidak bersedia baik berarti kita bisa pastikan ya disitu terjadi apa akad chord dengan tijarah Hai dan biaya ijazahnya itu dua setengah juta Hai chord-nya 25000000 ini berapa persen sepuluh persen dari nilai chord Hai biaya ini sepuluh persen dari nilai chord Hai kemudian ini dicicil mungkin selama satu tahun atau selama sekian tahun sesuai kesepakatan Hai by a Hai ini salah satu diantara contoh bahwasanya chord Ketika digabungkan dengan ijaroh Hai itu bermasalah dan itu dilakukan dalam kegiatan talangan haji sehingga tidak ada bunga tapi adanya ini inilah peluang Bang bisa mendapatkan keuntungan the Meg dan dampaknya jamai yang melakukan Allah seperti yang Anda lihat ya begitu talangan haji itu dibuka Hai akhirnya banyak orang yang daftar pada dia nggak punya uang terus berjubel sehingga antrian itu numpuk sampai puluhan tahun Hai di Jogja lebih dari 20 tahun mungkin Jakarta bisa sampai 25 tahun di kota-kota yang lain belasan tahun Hai sehingga untuk mau berangkat haji saja bagi orang yang mampu itu harus tertunda sekian puluh tahun Hai yang saya dapat kabar dari salah satu karyawan eh ditotal ya beliau waktu itu daftar haji tahun 2010 atau 2008 ini daftar tahun ini besok berangkat hai sing nggak ada antrian panjang itu biayanya 25000000 plus nanti berapa jadi 30 berapa Jadi kurang lebih biayanya enggak enggak begitu geser jauh dari saat ini I have biayanya Tidak begitu jauh sehingga daftar tahun ini besok bisa berangkat Hai itu di awal-awal tahun 2010-2011 itu masih seperti itu begitu program talangan haji itu dibuka langsung berjubel daftar tahun ini kapan berangkat 20 tahun lagi Hai sehingga ada orang sudah punya kemampuan tabungannya cukup Saya mau daftar haji ada misalnya seorang petani Hai pingin sekali berangkat haji biaya berapa Jam berapa biaya Haji sekitar 25000000 Enti + biaya tambahan kalau berangkat Hai spesial ngetul sawah jual sawah dia begitu sawah itu jual saja dijual sawah dapat Ndah dipakai untuk daftar dia dan istrinya sudah di usia lebih dari 60 tahun atau 50 tahun Hai setelah daftar Saya berharap bisa segera berangkat karena usia saya sudah 60 tahun Teh Mohon maaf Bapak Andrian Bapak di nomor sekian ribu Jadi kira-kira Bapak akan berangkat 20 tahun lagi Masya Allah I have wes tewas ngedol sawahgede sudah terlanjur jual sawah sudah terlanjur jual sumber pendapatan tapi ternyata dia harus ngantri sekian puluh tahun Hai sehingga kalau sistem ini dibiarkan itu kan ibaratnya kita membuat sebuah sistem yang menghalangi orang yang sudah Saatnya berangkat haji karena mampu tapi terhalangi disebabkan karena orang yang daftar-daftar tadi belum punya uang dia ngutang yang itu menambah jumlah antrian Hai Jaan Hai jadi saya kira dalam program ini Hai mungkin dosanya itu tidak hanya sekitar masalah riba saja Hai bisa jadi yang lebih besar adalah menghalangi orang yang mampu untuk segera berangkat haji disebabkan karena orang yang belum saatnya berangkat ngutang utang tadi kemudian dia membuat berjubel antrian sampai panjang coba kalau seperti ini tidak ada yang sudah Haji sesuai kemampuan Hai sehingga yang belum saatnya haji yang memang belum mampu enggak usah nekat ngutang sesuai kemampuan apalagi dengan praktek hutang ya nggak bener kayak gini Hai maka masyarakat akan lebih tertib yang mampu punya uang berangkat Oh ya nggak mampu dia tidak berkewajiban karena Allah kasih sarat manistatho'a ilaihi Sabila haji itu menjadi kewajiban bagi manusia bagi siapa yang memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan ke sana sehingga kalau emang enggak mampu dia tidak diwajibkan untuk berangkat Hai dan tidak ada istilah kamu harus kaya agar kamu mampu untuk haji Hai sebagaimana tidak ada istilah kamu wajib kaya agar kamu bisa melaksanakan kewajiban zakat dada istilah seperti itu yo yo al-qaeda ini kaidah yang keliru ya ada yang mengatakan kaidah Abah malayati mulyohaji buy lebih tua wajib kewajiban yang tidak bisa terpenuhi kecuali dengan melaksanakan a maka ini jadi wajib kaidah ini disalahgunakan oleh sebagian orang lalu mereka mengatakan kalau zakat itu kan wajib dan orang untuk bisa zakat syaratnya apa Hai punya harta satu nishob maka kita wajib untuk memiliki harta satu nishob Subhanallah Hai ini kesimpulan yang jelas salah kaprah Hai yang benar yang benar ya Hai Malaya tim wushu build Abimana yatim wuih lebih wajib jika ada persyaratan kewajiban yang tidak bisa terpenuhi kecuali dengan amaka ini tidak wajib Hai nah kaidah ini yang lebih cocok yang lebih tepat untuk diterapkan pada masalah tadi zakat Haji Dan Seterusnya saya kasih ilustrasi Hai salat hukumnya apa Hai wajib salat lima waktu Gem wajib puasa Romadhon hukumnya wajib ada anak remaja usia 15 tahun anak remaja usia 15 tahun Hai sudah dia tidak berkewajiban salat tidak berkewajiban puasa Jika dia belum balik 12 tahun belum baik kamu harus wajib salat Kamu harus wajib puasa habis saya kan belum balik berarti wajib bagi kamu Segera balet gimana wajib segera balet pokoknya gimana caranya biar segera e-learning Wah itu perlu diajari apa kayak gitu Hai jadi enggak karuan Nah itulah yang disebut dengan al-wujud syarat wajib adanya kewajiban adanya kewajiban itu tidak bisa terpenuhi dengan sesuatu maka mendatangkan sesuatu ini tidak wajib I have sehingga Hai sarat untuk bisa bayar zakat adalah Hai memiliki harta satu nishob Hai maka untuk menjadi kaya agar dia punya harta satu nishob gak wajib Hai kalau itu wajib Hai jadinya kan seluruh kaum muslimin harus memiliki harta satu nishob jadinya kayak semua ndak Kalau kalian semua zakat mau diserahkan ke siapa-siapa cara memakai mesin dada kaum muslimin kaya semua bagian 21 yang kedua masalah kaya dan tidak itu tidak di tangan manusia tapi apa kembali kepada urusan takdir sehingga manusia tidak punya kuasa adalah masalah ini saya itu sebenarnya kalau dikasih pilihan ya jadi miskin yang sabar atau kaya yang bersyukur Hai kira-kira jamaah pilih mana Coba lihat dikomen ya ini Hai saya yakin ijma' Para jamaah yang nonton dia NB channel atau yang ikut nonton di Niaga TV atau TV TV yang menilai yang lainnya ijma' kita akan menjawab kaya yang bersyukur rasanya lebih enak kalau jadi kayak bersyukur Hai cuman masalahnya kaya dan miskin bukan pilihan kita Hai saya Pak semuanya pingin berharap saya itu berharap pingin jadi kayak bersyukur tapi oleh Jadikan saya miskin gimana ya Ya jadilah miskin yang pintar bersyukur Hai Thai intinya Hai puasanya kaya dan miskin diluar kemampuan manusia diluar kemampuan hamba-nya Hai maka kita tidak diwajibkan untuk jadi kaya agar bisa Haji sebagaimana tidak diwajibkan untuk jadi kaya agar bisa zakat tidak diwajibkan untuk punya uang agar bisa korban dan seterusnya kalau emang enggak mampu lahirkan level nafsan illa wus'aha Allah tidak membebani jiwa lebih dari kemampuannya Hai dan alhamdulillah program talangan haji ini sudah dihentikannya Hai tahu kami sudah dihentikan sehingga untuk bank-bank syariah yang plus besar sudah tidak membuka program ini meskipun masih ada kecolongan di bank-bank syariah yang kelas koperasi yang di pasar-pasar mereka masih membuka ini karena cukup menguntungkan dia bisa mendapatkan keuntungan 10% dengan nominal memberikan utang yang cukup kecil 25000000 dan itu kalau jumlahnya banyak ya cukup menguntungkan Hai baik pertimbangannya atas informasi yang saya dapatkan dari salah satu Manager di salah satu bank syariah Kenapa program ini ditutup pertimbangannya adalah karena disebabkan program ini antrian Haji jadi membengkak dan itu membuat suasana di masyarakat ya sedikit goyah gara-gara antrian yang membengkak jadi hai wallahualam Hai walhamdulillahi rabbil alamin kita telah menyelesaikan bagian eh antara hutang dan riba dan insya Allah di pertemuan berikutnya kita akan membahas antara utang dan inflasi dan ini Insya Allah akan menjawab beberapa kasus dari para jamaah yang banyak bertanya Kalau utang uang tahun 90-an 2020 belum dibayar 2021 belum dibayar ini boleh nggak dikonversi ke emas ya karena Harga emas naik dan seterusnya sementara utangnya tahun 90-an belum dibayar Insyaallah jawaban untuk kasus-kasus semacam ini akan kita bahas setelah kita mengkaji di bab antara utang dengan inflasi demikian usaha ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi washohbihi wasallam wakru dakwah nah hamdulillah wa bilang Hai assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kaum muslimin dimanapun anda berada saat ini sedang dibangun Sekolah Dasar tahfidzul Qur'an Madina Islamic primary school dibawah Yayasan amal Abadi Indonesia yang dibina oleh Ustadz ammi Nur baits hafidzahullahu ta'ala di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Alhamdulillah sampai saat ini sudah terpenuhi 79 persen dari total anggaran sebanyak 2,6 miliar kami berharap pada bulan Muharram 1433 Hijriah ini anggaran tersebut bisa terpenuhi dan mencapai 100% karenanya kami mengajak kaum muslimin sekalian untuk bekerjasama dalam membentuk generasi menghafal Alquran yang berakhlakul karimah dan berakidah Shahih dengan memberikan donasi terbaik anda untuk proyek yang mulia ini jazakumullahu khayran Hai Semoga Allah membalas amalan baik anda dengan balasan yang lebih baik wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik] Waalaikumsalam pun [Musik] Syaikh Muhyiddin [Musik] alhamdulillahirobbilalamin Selanjutnya kami persilahkan Bagi anda yang mau bergabung Hai Nila telawi konstan Waalaikumsalam warahmatullah silakan Hai aosta tampan Bisakah tadi dilanjutkan lagi penjelasannya Hai terkait yang chord Persija roh dan kafalah yang kapalnya tadi belum dijelaskan obat baik Oh iya karena kejujuran Kemaren baru aja ditawarin sama salah satu Hai sudah terjadi belum Hai belum kontak weh Hai ada kapalnya Enggak di sini Ketawa nget nget juga begitu butuh penjelasan Dr Ustad kafalah ngikut Seperti apa Cepetan pyp Hai cukup tahu cukup STAD dan saya pribadi termasuk yang nggak suka usah sama program talangan haji hai hai Hai baik Coba kita kita Jelaskan tiga akad tadi ya yang berlaku dalam Tengah cat mohon fokus ini berlaku di talangan haji Saya tidak bahas angkat yang lain dan produk bank yang lain chord hai ijaroh a&k Hai tadi kita sudah menyebutkan chord.dan ijaroh notnya adalah Hai Bang Hai memberikan utang bank memberi utang Hai Subhanallah kita coba bang kasih utang kitanya Bang beri utang Hai senilai bpih biaya ibadah perjalanan haji Hai senilai bpih yang jumlahnya Hai yang untuk bisa mendapatkan porsi haji dari sini nanti nasabah bisa dapat porsi haji hijrahnya adalah hai Beri layanan terbaik ndak untuk pengurusan Hai dan ini jadi Hai pengurusan adminpro daftaran Hai pendaftaran haji nyet Hai dan Alhamdulillah saya sendiri Ketika mendaftar haji reguler 25 juta dengan tabungan yang sudah tersedia Hai untuk mengurusi admin pendaftaran ini nampaknya tidak terlalu repot dan memang ada beberapa yang kurang waktu saya datang ya ini pak kurang kurang kurang baik saya penuhi disekitar itu ada fotocopy adanya tak foto sehingga tidak berlalu tidak begitu repot selesai semua admin saya setorkan langsung foto langsung foto di kantor Depag setempat sudah langsung sudah bisa mendapatkan apa sudah bisa mendapatkan porsi haji dan ada nomor urutnya dan memang itu butuh waktu kurang lebih setengah hari hai lalu dari ijaroh ini Bang mendapatkan biaya ijaroh Pi ijaroh Hai senilai 2,5 juta angka ini bisa jadi berbeda atau ada perubahan di bank-bank yang lain tapi sebagian informasi yang saya dapatkan dua setengah juta Nah kapalnya di mana sih Hai kafalah nya Bang menjamin ia menjamin di saat Hai keberangkatan wujud saat keberangkatan Hai jika nasabah Hai tidak bisa melunasi kekurangannya Hai maka bank yang maka bank yang akan mengalami Lagi ngasih talangan lagi Hai yang akan memberikan talangan Hai jadi 25000000 itu kan bukan biaya total ya nanti untuk bisa sampai berangkat plus eh Rp sekian sehingga totalnya Misalnya 46000000 ini bisa berangkat untuk yang reguler Hai nah kekurangannya ini nanti akan di tomboy le Hai untuk bisa berangkat Yang reguler kemarin berapa kemarin sebelum Corona Hai sebelum covert itu berapa sekitar 40 berapa bit Hai film ada informasi dari teman-teman pemirsa silahkan mampir Hai Coba lihat dikomen eh Hai kemarin berapa Hai senar kita tunggu hai hai Ayo kita tunggu ya Ada comment punya sampai ada comment Hai nah kekurangannya itu nanti di tomboy oleh Bang itulah akad kafalah Nya sehingga nanti terjadi talangan dua kali ada komen biar ada respon dari pemerintah dari pemirsa Hai dada Comment di youtube di Facebook ada 36 baik kegedean MSC kok lagunya Bun 46360 Hai jadi 36 untuk biaya total ketika keberangkatan haji Hai itu Pak karena nasabah baru bayar 25 kekurangannya berarti berapa ini kekurangannya 11000000 Ya kurang I Max di angka 11 juta ini nanti akan menjadi nilai kafalah dari bank Dan inilah akad kafalah nya Hai bohlam baik Cukup selanjutnya silahkan Hai assalamualaikum Ustad Waalaikumsalam warahmatullah Hai Ustad sekarang apa saat lagi Hai aku anu satin suaranya apa berdengung Cukup jelas silahkan dilanjut doa Hai Nah sekarang sedang meramai di penerbit itu buku-buku sedang membuka pre-order bertingkat Bridge jadi sistemnya itu penerbit akan menerbitkan sebuah buku lalu mereka membuka troklear untuk agen-agennya Hai Nah itu apa Pernah akun itu akan mendapatkan Hai harga yang lebih murah dari harga katalog hai lalu agen itu juga membuka pre-order Hai ke Rizal Rizal mereka dan tersamar itu juga akan mendapatkan harga yang lebih murah a&w Syahrini juga memberi membuka Po ke pembeli pembeli yang lainnya yang dibawa mereka dan Hai Papa harganya juga lebih murah dari harga katalog Nah ada buku itu belum dicetak oleh penerbitnya nasional Hai nah ini Pak sistem juga kadang-kadang Hai ada yang bayar di awal Hai ada juga yang apa setelah buku ini baru bayar Nah itu apakah diperbolehkan seperti itu ustad Hai baik Coba Oh ya sudah cukup Sunny jazakallah Khairan jaza keheranan mctube kita lihat skemanya di sini ada pop bertingkat mah hai apa namanya po mawadzi jadi ada produsen ini dia Open Po ke agen ini po-po dari agen ke resseller Hai ini pop juga kemudian riseller ke konsumen Oh ya saya tidak memperhatikan harga masalah harga Itu kembali kepada kesepakatan mau sesuai katalog ataukah tidak itu sesuai kesepakatan cuman yang lebih kita perhatikan adalah skemanya bisa enggak two bertingkat seperti ini dengan skema sebagaimana yang tadi Bapak sampaikan baik diantara syarat orang boleh menjual adalah dia sudah memiliki barang itu dan yang kedua sudah mendapat sudah memegang menerima barang itu kami ulang syarat orang boleh menjual adalah sudah memiliki dan sudah menerima barang itu kecuali untuk penjual yang statusnya sebagai produsen maka dalam hal ini penjual ada Hai ada yang dia posisinya sebagai trader beli lalu jual ada yang posisinya sebagai produsen ini dia beli bahan baku dia memproduksi bukan beli jadi baru jual Ya sudah kalau ini populer Hai ada pembayaran maupun tidak ada pembayaran Kalau yang ini Ayo kita balik saja biar lebih enak Hai jadi ada trader saham produsen ya Hai kalau ini produsen Hai kalau produsen pop boleh baik ada pembayaran maupun tidak ada pembayaran sekarang kalau Trader the Pooh ada dua ada dua ya yang pertama AKAP Hai dan biasanya pakai DP ini Hai hukumnya dilarang kau tidak boleh yang kedua belum akad Hai tapi sifatnya baru penawaran yang sifatnya baru penawaran Hai belum ada akad tapi sifatnya Ma baru penawaran sehingga tidak ada DP Hai ini boleh Hai dan ini tidak mengikat Hai yang kedua ini tidak mengikat sehingga konsumen berhak untuk membatalkan the Meg Hai saya ulang penjual ada dua ada produsen populer mau bayar maupun tidak bayar boleh pop seperti ini ya sudah Nah sehingga untuk kesimpulan ini hanya berlaku di skema produsen ke agen saja sedangkan lanjutannya nggak berlaku hanya berlaku antara produsen dengan agen saja agen membayar dulu mau bayar belakangan sudah langsung diikat dengan akad Istishna pulih karena ini akarnya adalah akad Istishna his Hai dan dalam akad Istishna diizinkan orang bayar DP dulu pembayaran di awal DP Cicil maupun yang lainnya boleh yang kedua penjual adalah trader trader ini mulai dari agen reseller konsumen sudah Nah agen kalau menjual keris seller Bolehkah pakai Sistem PO jika sistem yang dimaksud adalah adanya akad kesepakatan kemudian deseller bayar TP ini dilarang karena jadinya jual-beli kali-kali barang dia belum punya uang tidak dibayarkan secara tunai Hai maka yang seperti ini po untuk dari agen dan seterusnya Hai ini jika bentuknya adalah ada akad lalu membayar DP hukumnya dilarang tapi kalau bentuknya sifatnya penawaran ini mau ada buku baru nih yang akan launching Siapa yang mau pesan daftar dulu daftar tapi enggak ada pembayaran sama sekali tidak mengikat sama sekali dan Nanti kalaupun buku sudah ada yang pesan boleh Untuk membatalkan maka baru sebatas penawaran seperti ini hukumnya diperbolehkan Hai tapi tidak boleh ada DP yang sifatnya penawaran dan tidak mengikat tidak mengikat artinya apa kalau agen jadi beli agen jadi beli lalu ternyata Rizal Nggak jadi beli agen jadi mendatangkan buku itu sesuai pesanan riseller ada yang pesan 100 ada yang pesan 50 agen kan pulangnya jadi banyak ya terus dihubungi wirecellar ini bagus datang gimana ini kamu tinggal bayar Oh mohon maaf Pak saya enggak jadi beli ternyata buku itu hasil plagiat itu ngapusi saya enggak jadi beli riseller tidak boleh dipaksa Nuh kamu kan sudah janji beli loh Itu kan belum mengikat karena sifatnya Poyang hanya sebatas penawaran bukan akad the farm ya lain dengan produsen kalau produsen begitu poitus udah akad hai tapi kalau trader istilah by itu ada dua kemungkinan sifatnya sudah akad dan ini dilarang karena berarti agen belum punya Hai riseller belum punya barang sehingga dia tidak boleh jual ke konsumen atau yang kedua polisi itu dipahami belum akad sifatnya baru rencana akan Nah ini tidak mengikat sehingga boleh dibatalkan sepihak kalau yang terjadi yang kedua dimana agen riseller itu tidak menjual kepada bawahannya agen tidak jual keris seller best seller tidak jual ke konsumen baru sebatas rencana akad Insya Allah tidak masalah karena rencana akan dan sama sekali tidak mengikat follow dalam mushola ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi washohbihi wasallam wa akhiru da'wana Anil hamdulillahi rabbil alamin subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaih salamualaikum warahmatullahi wabarakatuh