Kamis, Februari 03, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Fiqih Akhlak Antar Sesama Mukminin ini Umi Mimi ambil dari Youtube Rizal Yuliar Putrananda, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Fiqih Akhlak Antar Sesama Mukminin ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Fiqih Akhlak Antar Sesama Mukminin

Fiqih Akhlak Antar Sesama Mukminin - Ustadz Rizal Yuliar Putrananda

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillah hai hamdan katsiron thoyyiban mubarokan hai kama yuhibbu robbuna wa yardho h2 lailahaillallah wahdahula syarikalah wa asyhadu anna sayidinamuhammad dan abdu warosuluh allahumma sholli wasallim wabarik ala abdika warosulika wahabibi kau mustofa kamu hammade allohu alaihi wa ala alihi wa azwajihi wa ashabihi wa minta biar lebih udah ilyin pernah beradu allahumma salimna mayan karunawan fakna bima allamtana zidna ilma allahumma inna nas aluka ilman naafi'an wa na'udzubika min ilmin hai cuma ba'du apa kabar sahabat-sahabatku yang berada di forum jerman mengaji dimana saja berada rohimakumullah para pemirsa kaum muslimin dan muslimat saudara-saudariku yang kami cintai karena allah subhanahuwata'ala dimana saja berada hai semoga allah subhanahu wa ta'ala senantiasa memudahkan kita untuk menjadi hamba hamba yang bersyukur kepadanya terlalu banyak nikmat dan karunia yang allah subhanahuwata'ala anugerahkan kepada kita hai dan terlalu banyak pula ayat-ayat serta hadi yang menuntun kita untuk menjadi hamba yang bersyukur kepada allah jalla wa'ala hai sampai-sampai al-imam ibnul qayyim rahimahullahu ta'ala di dalam kitabnya al fahim berkata bahwa pilar agama seorang hamba tegak di atas dua hal pilar agama seorang hamba tegak berada di atas dua hal yang pertama adalah adzikru berdzikir mengingat allah subhanahu wa ta'ala yang kedua adalah az-zukhruf bersyukur kepada allah selanjutnya beliau menyebutkan ayat yang allah firmankan dalam surat al-baqarah ayat hai berguru nih alquran waskuruli walet tekstur berdzikirlah kalian mengingatku kaca oh niscaya aku akan mengingat kalian bersyukurlah kalian kepadaku jangan kalian kufur hai dan persis disebutkan dalam wasiat rasululllah shallallahu alaihi wasallam untuk sahabat niamo adzabal apabila huanhu dan tentu saja wasiat tersebut berlaku buat kita semua sebagai umatnya hai beliau bersabda lazada enak antoku lagu brokoli falah allahumma a'inni ala dzikrika wa syukrika wa husni ibadatik ya allah tolonglah aku bantulah aku untuk senantiasa berdzikir mengingat engkau bersyukur kepada engkau serta memperindah ibadahku kepada engkau maka hai sahabat sahabatku sekalian saudara-saudariku dimana saja berada rohimakumullah hai hendaklah kita berupaya untuk senantiasa bersyukur kepada allah subhanahu wa ta'ala atas segala nikmat-nya termasuk nikmat kebersamaan kita kali ini bersama-sama belajar berada di sebuah majlis ilmu meski jarak jauh karena kondisi akan tetapi kebersamaan kita tidak lain adalah untuk menggapai ridha allah subhanahu wa ta'ala berada di sebuah majelis untuk bersama-sama mengkaji ayat-ayat allah mencermati hadits-hadits rasulullah shallallahu alaihi wasallam memahaminya dengan baik selanjutnya mengamalkan ilmu tersebut dan berbagi ilmu tadi kepada sesama kaum ini indonesia teman-teman sekalian yang dimuliakan allah subhanahuwata'ala kajian kita dikesempatan kali ini dan insyaallah akan tersambung dengan beberapa kajian berikutnya dan kita senantiasa memohon taufik serta kemudahan dan keberkahan dari allah subhanahu wa ta'ala adalah kebersamaan untuk mengkaji tuntunan akhlak yang ditetapkan dalam agama islam hai akhlak yang semestinya menghiasi diri setiap mukmin bersama antara kaum mukminin hai bersama di tengah-tengah kaum mukmin hai jika disebutkan kata-kata ini maka dijelaskan oleh para ulama memiliki dua sudut pandang makna ketika disebutkan kata atau istilah akhlak maka ada dua sudut pandang mana yang pertama yang dimaksud dengan akhlak adalah adingku asyaro iru huwami ruwa adabuhu yang dimaksud dengan akhlak adalah agama hai include didalamnya tuntunan syariah ketetapan-ketetapan dan etika etika oh berarti dengan sudut pandang yang pertama ini akhlak memiliki makna yang luas secara singkat bisa disebut akhlak sama dengan agama semua al yang ada di dalam agama tuntunannya syariatnya ketetapannya etika-etika nya perintah larangannya semuanya adalah akhlak karena itu adalah bagian dari agama namun dari sudut pandang yang lebih spesifik lebih khusus akhlak seringkali disebutkan baik di dalam ayat didalam hadits atau penggunaannya sebagaimana disampaikan oleh para ulama memiliki makna yang terkadang bermakna khusus hai yaitu al-muamalah bainannas hubungan interaksi hai antar sesama manusia hai maka insyaallah kebersamaan kita adalah untuk mengkaji beberapa hal yang terkait dengan tuntunan islam perihal akhlak bersama kau mau ini hai juga hai sahabat sahabatku sekalian saudara-saudariku yang kami cintai di jalan allah subhanahuwata'ala dimana saja berada hai akhlak adalah salah satu misi kenabian rasulullah shallallahu alaihi wasallam ndak tidaklah rasulullah shallallahu alaihi wasallam diutus kecuali untuk menyampaikan satu misi hai dan misi tersebut tergambarkan dalam sebuah hadits hai yang diriwayatkan secara shahih oleh imam muhammad ibnu ismail al-bukhari dalam kitab al adabul mufrad hai beliau rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda innama buistu liutammima makarimal akhlaq sesungguhnya aku diutus kepada allah subhanallah allah subhanahu wa ta'ala kepada segenap manusia di akhir zaman karena tidak ada nabi setelah beliau hingga hari kiamat tiba sesungguhnya aku diutus oleh allah subhanahu wa ta'ala untuk menyempurnakan akhlak akhlak yang mulia hai semoga dan ini artinya bahwa tatkala nabi shallallahu alaihi wasallam diutus pertama kali untuk kalangan bangsa arab meski syariat islam adalah syariat yang umum universal dan terbuka sebagaimana firman allah subhanahu wa ta'ala wama arsalnaka illa kavacha lines dan tidaklah kami kata allah mengutus engkau sebagai rasul-rasul wahai muhammad kecuali untuk segenap manusia namun pertama kali rasulullah shallallahu alaihi wasallam diutus di kota mekah di jazirah arab nah tatkala nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda innama bu'itstu liutammima makarimal akhlaq sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia akhlak yang palih yang baik itu nih sesungguhnya masih ada di tengah-tengah bangsa arab waktu itu masih ada di tengah-tengah manusia di zaman jahiliyah waktu itu masih ada diantara mereka akhlak yang baik maka rasulullah shallallahu alaihi wasallam diutus oleh allah subhanahu wa ta'ala untuk menyempurnakan akhlak yang baik dan membersihkan akhlak yang buruk dan menjadi penguat makna dari hadits ini adalah firman allah subhanahu wa ta'ala boleh dicat yang pertama adalah firman allah subhanahu wa ta'ala dalam surat ali imron ayat hai ayat164 teman-teman yang tergabung dalam forum jerman mengaji atau siapa saja yang mengikuti kajian ini bisa mencatatnya terlebih dahulu atau mungkin dekat dengan mushaf alquran bisa melihat surat ketiga surat ali imron ayat 164 allah subhanahu wa ta'ala berfirman taruh billahi minas syaiton nirojim lekat dengan now loh walmukminin imbang ffvii him rosulum min anfusikum yatlu alayhim aayaatihi wahyi kita bahwa al-hikmah wain kaana min qablu lafii sungguh allah subhanahu wa ta'ala telah menganugerahkan untuk kaum mukminin anugerah apa yang allah ingin sebutkan dalam ayat ini anugerah yang telah diberikan oleh allah kepada kaum mukminin apa itu infrared happy him rosulum min anfusikum yaitu tatkala allah subhanahu wa ta'ala mengutus di tengah-tengah mereka seorang rasul dari kalangan mereka sendiri jadi diutusnya rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah anugerah dari allah subhanahu wa ta'ala untuk manusia bukti bahwa allah subhanahuwata'ala sayang kepada manusia adalah diutus rasul hai apa tujuan dari diutusnya rasul tersebut ada tiga allah sebutkan jetflo alayhim aayaatihi rasul tersebut membacakan kepada mereka ayat-ayat nya ayat-ayat allah subhanahu wa ta'ala yang kedua keinggris bawah ini wahyu zaki him dan menyucikan mereka digarisbawahi dulu nanti insya allah kita akan kembali lagi wuih kyoani mumul kita bawel hikmah yang ketiga mengajarkan rasul ini mengajarkan kepada mereka alquran dan aktif man habis jadi ada tiga nih tujuan atau misi kenabian rasulullah shallallahu alaihi wasallam diutusnya rasul shallallahu alaihi wasallam oleh allah subhanahu wa ta'ala adalah anugerah bagi kaum mukminin karena rasul ini menjalankan tiga misi membacakan kepada mereka ayat-ayat allah disampaikan tidak ada satu ayatpun yang disembunyikan oleh rasulullah shallallahu alaihi wasallam hai kemudian yang kedua adalah wahyu zaki menyucikan mereka yang ketiga wayu'allimukumullah kita bangun figma mengajarkan kepada mereka alquran mengajarkan kepada mereka aktif mas sunnah wa in kaana min qablu lafii mulai movie hai meskipun sebelumnya mereka dalam keadaan penyimpangan yang nyata teman-teman sekalian boleh dilihat ayat yang lain yang ternyata menyebutkan hal serupa bahwa ada tiga misi utama kenabian rasulullah shallallahu'alaihiwasallam kalau tadi dalam surat ali imron ayat 164 boleh dicat juga firman allah subhanahu wa ta'ala dalam surat al-jumu'ah ayat yang kedua surat al-jumu'ah ayat yang kedua di dalam ayat tersebut allah subhanahu wa ta'ala berfirman takhruj billahi minas syaiton nirojim huwalladzii ba'atsa fii lu miing rasul minhum yatlu alayhim aayaatihi yuzakkihim wangi dimulai kita bahwa al-hikmah wine kanum cholula hai ada banyak keserupaan pada ayat ini dengan ayat yang sebelumnya tadi ya allah subhanahu wa ta'ala berfirman dialah allah yang telah mengutus hai di tengah-tengah kalangan yang buta huruf tidak membaca dan tidak menulis umi ndak seorang rasul dari kalangan mereka dan ayat ini menunjukkan bahwa rasulullah shallallahu alaihi wasallam umi tidak membaca dan tidak menulis salah satu sigmanya adalah bahwa tidak akan ada yang bisa menyatakan bahwa alquran adalah produksi muhammad shallallahu alaihi wasallam karena nabi muhammad shallallahu alaihi wa sallam bukan seorang penyair nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam bahkan bukan seorang yang bisa membaca dan menulis bukti bahwa apa yang beliau sampaikan atas nama islam adalah wahyu dari allah subhaanahu wa cara ternyata di ayat kedua surat al-jumu'ah allah subhanahu wa ta'ala juga menyebutkan tiga misi yang dibawa oleh nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam dalam kerasulannya yang pertama adalah membacakan kepada manusia ayat-ayat allah menyucikan mereka serta mengajarkan kepada mereka al-qur'an dan al-hadits ternyata tiga misi ini disebutkan di dua ayat yang berbeda persis dan silakan kawan-kawan sekalian sahabat-sahabatku dimana saja berada di jerman atau di tempat yang lain hai tafsir hai yang menjelaskan makna woi yuzakkihim menyucikan mereka disebutkan oleh para ulama tafsir hai dan terakhirnya adalah al-'allamah asy-syaikh abdurrahman bin nashir as-sa'di rahimahullah kata beliau yuzakkihim maknanya adalah yuzakkihim minus richwell maafi warga ilin akhlak menyucikan mereka membersihkan mereka menjernihkan mereka dari tiga hal dari apa dari syirik dari maksiat dan dari akhlak yang tercela berarti hadits nabi shallallahu alaihi wasallam innama buistu liutammima makarimal akhlaq sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia karena memang di tengah-tengah manusia waktu itu ada banyak hal yang harus dibersihkan hai anda kesyirikan ada kemaksiatan ada akhlak yang buruk ada perbuatan jahiliyah yang akan dibersihkan secara perlahan sepanjang masa kenabian oleh rasulullah shallallahu alaihi wasallam kya hoga demikian halnya dengan tafsir ayat 164 dalam surat ali imron tni hai bahwa ngawur rosululloh shollallohu alaihi wa ala alihi wasallam akan membersihkan mereka manusia kita semua umat beliau dengan tuntunan yang beliau bawa melalui wahyu dari allah subhanahu wa ta'ala maka beliau berharap agar umatnya tersucikan dari kesyirikan terjernih kan dari kemaksiatan terbersihkan dari akhlak-akhlak yang buruk hai para pemirsa yang dimuliakan oleh allah subhanahu wa ta'ala hai maka salah satu diantara keistimewaan agama islam dibandingkan agama yang lain adalah bahwa islam mengajarkan kepada kita akhlak yang termulia hai islam mengajarkan kepada umatnya akhlak yang termulia hai kalau kemudian ada seorang muslim yang ternyata belum mencerminkan akhlak mulia maka jangan jadikan muslim tersebut sebagai standar dan ukuran penilaian hai hai hai jadikanlah standar dan ukuran penilaian adalah tuntunan islam yang telah diteladankan oleh nabi tercinta nabi muhammad shallallahu alaihi wa g-dragon karena barangsiapa yang merujuk kepada hal tersebut ingin memberikan penilaian terhadap tuntunan islam keindahan islam maka lihatlah kepada ajarannya dan lihatlah pula kepada al-qur'an dan al-hadits yang menjadi pijakannya lihatlah keteladanan rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang dijadikan sebagai imam bagi seluruh umat di dalam ayat yang sudah sangat sering kita dengar ya allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam surat al-ahzab hai ayat ini sudah sangat sering diingatkan kepada kita semua hai laqod kana lakum fi rasulillahi uswatun hasanah sungguh telah ada untuk kalian pada diri rasulullah shallallahu alaihi wasallam keteladanan yang terindah maka lihatlah kepada nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam lihatlah kepada tuntunan dan ajaran beliau rasulullah shallallahu alaihi wasallam adapun kita melihat individu-individu individu maka pasti penilaian kita akan berbeda satu sama lain penilaian kita kepada abu ungkin 10 kendaraan kita kepada b mungkin 9 setengah penilaian kita kepada cc mungkin delapan dan seterusnya tapi kalau kita menilai dan menjadikan standar penilaiannya adalah wahyu allah subhanahu wa ta'ala yang diturunkan kepada rasul shallallahu alaihi wasallam kemudian beliau ajarkan kepada umatnya sekaligus menjadi panutannya menjadi keteladanannya maka kita tidak akan mendapatkan cacat sama sekali make salah satu keistimewaan islam di hadapan agama-agama yang lain adalah bahwa islam mengajarkan kita akhlak yang termulia mengapa demikian karena allah subhanahuwata'ala menuntun kita untuk meraih akhlak yang termulia dan memfasilitasi hal tersebut dengan diutusnya seorang rasul yang mendapatkan wahyu dari allah subhanahuwata'ala laqad kaana lakum fi rasulillahi uswatun hasanah liman kaana yarosululoh awal-akhir wada karo h.keo sungguh telah ada untuk kalian pada diri rasulullah shallallahu alaihi wasallam akhlak yang terbaik yang terindah bagi mereka yang mengharapkan perjumpaan baik bersama allah kelak di hari kiamat dan berharap kebahagiaan di hari hai dan bagi mereka yang senantiasa berdzikir mengingat allah subhanahu wa ta'ala mbok akhlak ini adalah tuntunan islam yang menjadi cerminan keindahan islam itu sendiri innallaha ya'muru bil adli wal ishlah oil purba when hangeul fahsya iwal munkar yiwu ku laulakum terekam yaitu hukum la'allakum tetep ya allah subhanahu wa ta'ala berfirman inawllaha sungguh allah jadi allah berfirman tentang diri allah sendiri sesungguhnya allah subhanahu wa ta'ala memerintahkan kalian bila adli untuk adil oleh ihsan berbuat baik oil purba dan menyantuni kerabat i wayan ha dan islam melarang panggil fahsya perbuatan yang jelek yang buruk kotor wal munkar perbuatan yang mungkar file bali dan kewajiban memerintahkan hingga dan melarang lawannya tiga juga ya ahla baitin ia menjadi salah satu yang membuat banyak sekali manusia terkagum-kagum terhadap islam hai sebagai salah satu buktinya adalah negeri kita indonesia tidak ada satupun sejarawan yang kemudian menyimpulkan bahwa islam masuk ke indonesia dengan pertumpahan darah tidak ada kalau kemerdekaan indonesia diperjuangkan dengan pertumpahan darah iya kaum muslimin adalah mayoritas korbannya para pejuangnya tapi masuknya islam ke bumi nusantara ini indonesia yang kita cintai maka tidak ada satupun referensi sejarah yang menyebutkan bahwa islam masuk ke indonesia dengan terhunus nya pedang dengan diacungkan nya senjata tidak ada hai lalu bagaimana caranya islam bisa masuk ke negeri kita indonesia dengan akhlak dengan hai maka sesungguhnya kita sebagai hai warga negara indonesia sendiri lah kita sebagai kaum muslimin yang berasal dari indonesia bahagia dengan dua hal yang pertama karena kita diberikan hidayah islam oleh allah subhanahu wa ta'ala yang kedua kita adalah kaum muslimin yang dari kakek moyang buyut kita dulu telah mendapatkan hidayah islam tersebut tanpa harus ada kontak fisik dan hai tapi dengan akhlak maka semoga kita bisa mewariskan kebaikan-kebaikan itu hai tipikal orang indonesia pada umumnya sudah bagus dan ini di mata dunia orang israel ke orang indonesia pada umumnya berakhlaq mulia alhamdulillah memiliki kelembutan bukan orang yang kasar bukan orang yang keras kepala misalnya pada umumnya lalu kita akan merasakan kebahagiaan yang lain tatkala kita bisa berhias diri dengan tuntunan akhlak yang diajarkan di dalam istilah teman-teman sekalian yang dimuliakan allah subhanahuwata'ala selanjutnya akhlak itu diklasifikasi ada akhlak hai yang dilihat dari sudut pandang hubungan hai kalau tadi disebutkan bahwa diantara definisi akhlak dalam lingkup yang lebih spesifik atau khusus adalah interaksi hai maka dari sudut interaksi akhlak itu terbagi menjadi dua interaksi akhlak seorang hamba dengan al-khaliq allah subhanahu wa ta'ala dan yang kedua adalah interaksi akhlak seorang hamba bersama sesama makhluk hai bersama makhluk lainnya apakah sesama manusia atau ke sesama makhluk eh diantaranya adalah hewan misalnya tumbuh-tumbuhan dan lain sebagainya hai dan akhlak yang ditinjau dari hubungan tersebut akhlak seorang hamba kepada allah akhlak seorang hamba kepada sesama manusia keduanya ternyata pernah disebutkan secara bersamaan oleh rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam sebuah hadits di dalam sebuah hadits yang shohih diriwayatkan oleh al-imam abu dawud at-tirmidzi ahmad al-hakim rohimakumullah dari sahabat abu dzar al-ghifari radhiyallahu ta'ala anhu beliau bersabda ittaqillah haitsuma kunna wahyi al-hasanah tetap tuhan wah olin nasabi hulukin hasan hai bertakwalah engkau kepada allah dimanapun engkau berada nih kira-kira achmad bersama siapa interaksi seorang hamba dengan siapa ittaqillah haitsuma kunta bertakwalah engkau kepada allah dimana saja engkau berada interaksi antara seorang hamba dengan ya allah subhana wa cah hai kemudian rasul menyambut wadges sayyiat al-hasanah tetap tuh air ingatkanlah perbuatan yang buruk dengan perbuatan baik yang akan menghapusnya hai wakali kindness sedih hulukin hasan dan berakhlaklah dengan manusia bersama manusia berinteraksi bersama mereka manusia bikhuluqin hasan dengan akhlak yang mulia halo sahabat-sahabatku para pemirsa dimana saja berada rohimakumullah ada yang indah hai pada kisah yang pernah disampaikan dituturkan oleh seorang sahabat bernama abdullah bin salam seorang arab yang pernah memiliki latar belakang beragama yahudi hai beliau asli penduduk kota madinah dan sebagaimana kita tahu dalam perjalanan sejarah nabi sallallahu alaihi wasallam terutama tatkala nabi berhijrah dari mekkah menuju madinah ternyata di madinah ini ada beberapa kabilah yahudi arab kabilah yahudi arab hai sebagian kabilah-kabilah itu bisa besar kabilah bani noir banyuwangi heboh banu qainuqa' dan yang hai ada seseorang bernama abdullah bin salam kemudian beliau bercerita hai tatkala nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam sampai di kota madinah kata beliau tidaklah aku mendengar rasulullah shallallahu alaihi wasallam berucap untuk pertama kalinya kecuali dengarkan ini apa yang lebih sabdakan ayyuhannas wahai manusia beliau tidak hanya memanggil kaum muslimin para sahabat yang sudah beriman tidak wahai manusia hai apa ilmu kwaam berikan makan kepada orang yang membutuhkan wafsalam sebarkan salam i was still ular hamdan sambung tali silaturohim yo what's on lu byi wanna sumyang dan shalatlah di malam hari tahajud sementara manusia dalam keadaan tidur dan terulur jennete bissalam niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat dengan damai allahuakbar jadi ada 4 hai silakan teman-teman sahabat-sahabat sekalian menilai hai dari keempat ini di mana sajakah yang merupakan interaksi seseorang dengan sesama manusia dan antara seseorang dengan rabbal alamin allah subhanahuwata'ala ayyuhannas wahai manusia apa imut uang berikan makanan kepada orang yang membutuhkan interaksi antara seorang muslim dengan siapa dengan allah atau dengan sesama manusia dengan hai wafsalam sebarluaskan salam wallahuakbar antara seorang muslim dengan siapa dengan sesama manusia sesama kaum muslim kwasen ul arham sambung tali silaturahmi interaksi antara seorang muslim dengan siapa dengan kerabatnya dengan keluarganya kyle nasum ia hai walet malam lah tahajudlah engkau pada saat manusia tidur jadi dari 43 diantaranya adalah tuntunan interaksi yang baik dengan sesama manusia dan ada satu hubungan interaksi seorang hamba dengan allah subhanahuwata'ala ini adalah yang pernah dituturkan oleh sahabat abdullah bin salam rodhiyallohu anhu yang waktu itu beliau memiliki latar belakang beragama yahudi kemudian akhirnya allah subhanahu wa ta'ala memberikan hidayah islam kepada beliau akhlak rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sampai usia 40 tahun di sepanjang beliau sampai berusia empat puluh tahun setelah itu kemudian pertama kalinya beliau mendapatkan wahyu dari allah subhanahuwata'ala semua penduduk kota mekah quraisy turut nama qabilah paling besar mereka sepakat menjuluki muhammad sebagai alami hai yang dapat dipercaya untuk pegang amanah berapa tahun 40 tahun noah hai diawal-awal penabee muhammad shallallahu alaihi wasallam berdakwah secara terang-terangan yang diturunkan kepada beliau oleh allah subhanahuwata'ala sebuah ayat wa adzira asyiratakal a throbbing dan berikanlah peringatan kepada keluarga-keluarga terdekatmu wahai muhammad maka rasulullah shallallahu alaihi wasallam naik ke atas bukit terdekat di masjidil haram waktu itu maka kemudian beliau berteriak artinya melantangkan suara beliau untuk memanggil segenap kabilah weiss yang memiliki hubungan kekerabatan dengan beliau hai dipanggil semuanya gua nih hasyim hai dan yang lain kemudian setelah mereka semua berkumpul bahkan ada yang mungkin liur tidak bisa memenuhi panggilan tersebut maka dia akan mengutus seseorang hai setelah semuanya berkumpul tidak terkecuali ada abu lahab disitu maka rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menyampaikan kepada mereka apa pendapat kalian hai seandainya aku berkata bahwa akan ada pasukan dari belakang bukit ini besok akan menyerbu kalian apakah kalian percaya kepadaku jawaban mereka semua kompak mereka berkata mana akhirnya alaika hibah kami tidak pernah mendapatkan engkau berdusta wahai muhammad 40 tahun tidak terbukti satu kalipun beliau pernah berdusta allaahu akbar akhlak indonesia hai setelah kemudian mereka semua kompak berkata bahwa nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam tidak pernah terbukti berdusta tidak pernah kedapatan berdusta selanjutnya rasulullah berkata sesungguhnya aku adalah pembawa peringatan dari allah subhanahu wa ta'ala artinya aku adalah rasul utusan allah barulah kemudian disitu kesombongan keangkuhan hai dan egoisme hai kecongkakan yang ada pada abu lahab dan yang lain nampak hai namun intinya bahwa sampai usia nabi shallallahu alaihi wasallam 40 tahun mereka semua tidak bisa mendapatkan satu kalipun akhlak yang buruk dari rasulillah shallallahu alaihi wasallam ini bukti bahwa rasulullah shallallahu alaihi wasallam hingga usia itu bahkan sampai meninggal dunianya beliau adalah seorang yang berakhlaq mulia hai demikian pula diriwayatkan oleh imam muslim dari sahabat abdullah ibn amr ibn al-'ash radhiyallahu ta'ala anhum adiknya cukup panjang hai di bagian akhir dari hadits tersebut rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda sama nah abah muzha angin now you hold enam partai himania tua yu'minu billahi akhir kyle siapa yang mendambakan untuk masuk ke dalam surga dan dijauhkan dari neraka hendaklah kematian datang menjemputnya dia dalam keadaan dua hal yang pertama dia dalam keadaan beriman kepada allah dan hari akhir yang kedua dia dalam keadaan berbuat baik kepada orang lain dia selalu berbuat baik kepada orang lain yang dia suka orang lain memperlakukannya dengan yang serupa warga inilah islam inilah islam hai yang mengajarkan kepada kita untuk berakhlak mulia inilah islam dimana allah subhanahu wa ta'ala mengutus nabinya untuk menjadi suritauladan terindah dalam perkara akhlak karenanya datang seseorang menjumpai ibunda aisyah ibunda kaum mukminin yang kita cintai bersama aisyah bintu abi bakr sedikit babi allahuakbar istri nabi shallallahu alaihi wasallam ada seorang bertanya kepada beliau wahai aisyah bagaimanakah dahulu akhlak nabi sallallahu alayhi wa'alaa ali husain kemudian beliau menjawab dengan jawaban yang ringkas namun memiliki makna yang luas dan mendalam kata beliau karena khuluquhul quran hai dahulu hai akhlak nabi sallallahu alaihi wasallam adalah alquran karenanya allah berfirman dalam surat al-qalam ayat yang ke-4 wine nagala ala khuluqin awing dan sesungguhnya engkau wahai muhammad sungguh benar-benar berada di atas akhlak yang mulia hai rasul sallallahu alaihi wasallam dilegitimasikan oleh allah subhanahuwata'ala diabadikan di dalam ayat al-qur'an sungguh engkau air muhammad benar-benar berada di atas akhlak yang mulia dan allah subhanahuwata'ala mempersiapkan hal ini sedetail-detailnya bahkan nama nabi shallallahu alaihi wasallam adalah muhammad berbahasa arab yang artinya orang yang terpuji maka sekalipun beliau dituduh dicaci dimaki tetap saja beliau selalu dipanggil dengan namanya yaitu muhammad yang artinya terpuji dituduh sebagai dukun dituduh tukang sihir dituduh gila dituduh ini gitu dong itu tetap saja ketika mereka memanggil nama beliau selalu saja beliau dibersihkan oleh allah subhanahu wa ta'ala dengan nama terindahnya muhammmad yang terpuji free download lagu hai maka akhlak yang mulia adalah identitas sebagai seorang muslim di negeri kaum muslimin bahkan di negeri kafir sekalipun sedang berhadapan dengan kaum mukminin atau dengan berhadapan dengan kaum kafir sekalipun akhlak seorang muslim sejati indonesia adalah akhlak yang selalu mencerminkan tuntunan indah nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam dalam keadaan keadaan apapun kaum muslimin kaum mukminin yang berhias diri dengan akhlak mulia mereka senantiasa menjadikan pijakan terbaik hai teladan terindah bagi mereka dalam perkara akhlak adalah rasulullah shallallahu alaihi wa ala alihi i make sebagian ulama sampai menyatakan diantara sekian banyak mukjizat yang allah subhanahu wa ta'ala turunkan kepada nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam membelah bulan keluar air dari jari-jemari rasul sallallahu alaihi wasallam batu mengucapkan salam kepada beliau memperbanyak makanan dalam sebuah nampan apa nampan makanan dan seterusnya kemudian kita para ulama di antara mukjizat nabi muhammad shalallahu adalah shallallahu alaihi wasallam adalah khusnul khuluq akhlak yang mulia hai dan akan banyak sekali kita dapatkan baik dalam ayat dalam hadits dalam kisah yang akurat valid tentang nabi shallallahu alaihi wasallam yang menunjukkan keindahan akhlak beliau akhlak nabi shallallahu alaihi wasallam sangat munir hai saya coba berikan dua contoh hai yang pertama lebih adalah beliau terhadap makanan disebutkan oleh sekian sahabat diantaranya anas bin malik radliallahu anhu mahabbah rasulullah shallallahu alaihi wasallam apa angkot ini setahu akan kyle bahwa tidak pernah rasul sallallahu alaihi wasallam mencaci makanan satu kali pun tidak pernah komentar negatif tentang makanan satu kali saja sepanjang hidupnya tidak pernah lalu bagaimana kalau ada makanan yang tidak beliau suka kalau beliau suka terhadap suatu makanan maka beliau makan kalau beliau tidak suka blue tinggalkan tidak mencaci-maki tidak berkomentar mbok terlalu pedas saya nggak suka amis ini itu hai ini laki-laki nabi shallallahu alaihi wasallam bahkan terhadap makanan tidak hubungannya dengan manusia tidak hubungannya dengan manusia tapi bahkan terhadap makanan sekalipun nabi shallallahu alaihi wasallam memiliki akhlak yang mulia coba kita sekarang ingat-ingat seusia kita sekarang berapa kali kita berkomentar tentang makanan ayo kita rasakan makanan tertentu aduh terlalu asin terlalu ini menyengat bumbunya terlalu asin ini itu kurang matang kita minum terlalu manis terlalu ini terlalu itu dan seterusnya nabi shallallahu alaihi wasallam memiliki mukjizat dari allah subhanahuwata'ala dijadikan sebagai sosok yang akhlaknya mulia beliau tidak pernah memberikan komentar negatif apapun kapanpun terhadap makan kalau beliau mau beliau makan kalau beliau tidak mau berhenti makan dowload karenanya suatu ketika tatkala nabi shallallahu alaihi wasallam satu meja hidangan bersama khalid ibnul walid radhiyallahu ta'ala anhum hai maka disitu disiapkan nah hai sejenis kadal di padang pasir bom tidak tepat kalau diterjemahkan biawak karena biawak berbeda dengan bob hai nomor-nomor dan bob adalah salah satu binatang yang halal untuk dimakan sementara biawak karena jenis hewan itu sendiri maka tidak boleh untuk dikonsumsi tatkala nabi sallallahu alaihi wasallam dihidangkan dalam satu meja hidangan ada daging mop disitu hai kemudian dibisikkan kepada nabi shallallahu alaihi wa alaihi wasallam hai wahai rasul sesungguhnya itu adalah daging bom makalah shallallahu alaihi wasallam tidak makan hai sementara yang lain seperti holiday ibnul walid radhiyallahu anhu maka tatkala melihat rasulullah shallallahu alaihi wasallam tidak makan maka kali bertanya ah rohul ya rasulullah apakah makanan ini haram wahai rasul kok aku tidak mendapatkan engkau memakannya apa jawaban nabi shallallahu alaihi wasallam halo inang ulai segi or become haji dunia uang suhu aku tidak dapatkan makanan itu ada di kampung hai tidak dicela makanannya sama sekali beliau hanya menyatakan aku tidak dapatkan makanan sejenis itu kampung halamanku artinya tidak terbiasa untuk makan itu bukan ih jijik ah enggak mau tidak ada wuih begitu begini begitu tidak beliau mau beliau makan dulu tidak mau beli tinggalkan tidak berkomentar buruk negatif kepada makanan tersebut mukjizat ada pada apa akhlak akhir-akhir ini contoh yang pertama contoh yang kedua temen hai bagaimana rasulullah shallallahu alaihi wasallam terhadap pelayan beliau pembantu beliau asisten rumah tangga hai anas bin malik al-asy'ari radhiyallahu anhu yang pernah dihadirkan oleh ibundanya sendiri wahai rosululloh ini putraku anas ini dia akan menjadi pelayan engkau masih kecil hai anas bin malik al-asy'ari radhiyallahu anhu sudah menjadi pelayan nabi shallallahu alaihi wasallam bersama beliau di dalam keadaan safar dalam keadaan mukim anas yang menjadi pelayan lebih shallallahu alaihi wasallam menghadirkan air wudhunya hai melayani nabi shallallahu alaihi wasallam ketika akan buang hajat misalnya dan semuanya hai apa yang diungkapkan anas bin malik radhiyallahu'anhu aku melayani nabi shallallahu alaihi wa alaihi wasallam 10 tahun beliau tidak pernah berkata kepadaku tentang sesuatu yang belum aku kerjakan beliau tidak pernah berkata kenapa engkau tidak kerjakan ini dan sebagaimana itu beliau juga tidak pernah bertanya kepadaku hai interupsi kepadaku terhadap sesuatu yang aku telah kerjakan kenapa engkau lakukan itu tidak pernah mohon maaf teman-teman sekalian ada diantara kita yang punya pelayan punya pembantu kita bisa bertahan seperti itu 10 tahun lamanya jangankan pembantu yang barangkali sebagian orang merasa berhak untuk melakukannya bahkan kepada istrinya kepada suaminya kepada temannya kepada anaknya kepada orang tuanya begitu terasa enteng dilisan ini begitu terasa ringan di lisan ini terucapkan kenapa begini kenapa begitu kenapa tidak begini kenapa tidak begitu rasul shallallahu alaihi wasallam bahkan kepada pelayannya beliau tidak berkenan pernah berkata demikian wow apa mukjizat yang ada pada akhlak rasulullah shallallahu alaihi wasallam maka nabi bersabda siapa yang impiannya adalah di api neraka dan kemudian dimasukkan ke dalam surga siapa yang tidak mau siapa yang tidak mendambakan diselamatkan oleh allah subhanahu wa ta'ala dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga kita semua mau mau seperti itu mau bagaimana caranya hendaklah ajal menjemput siapa yang tahu ajalnya dijemput menjemput kapan tidak ada hendaklah ajalnya datang menjemput dia dalam keadaan dua beriman kepada allah dan hari akhir dan ini urusan batin antara seorang hamba dengan allah subhanahuwata'ala kemudian yang kedua hendaklah ia memperlakukan orang lain dengan perlakuan yang baik sebagaimana dirinya menghendaki diperlakukan dengan yang serupa hai dan tatkala nabi shallallahu alaihi wa sallam menyatakan file teh iman iya tuh hendaklah ajalnya itu tiba ini menunjukkan bahwa sepanjang masa sepanjang usia kita kita berusaha begitu di sepanjang usia kita kita berusaha begitu kita berusaha untuk menjadikan lahir dan batin kita baik iman kita kepada allah subhanahuwata'ala baik hubungan interaksi kita dengan sesama manusia juga baik di dalam keadaan dua hal itulah kemudian seseorang bisa mendapatkan janji dari allah subhanahu wa ta'ala melalui lisan rasulullah shallallahu alaihi wasallam dijauhkan dari api neraka hai dimasukkan ke dalam surga teman-teman sekalian yang dimuliakan allah subhanahuwata'ala ini pembahasan kita dikesempatan kali ini insyaallah kita akan sambung lagi di kesempatan yang akan datang pada klasifikasi akhlak gyd untuk pria dan muktasabah au iqtishadiyah bahwa dari sudut pandang jenis akhlak itu sendiri ada akhlak yang mulia itu bawaan hai pada diri seseorang anugerah dari allah subhanahu wa ta'ala pada dirinya dan ada pula yang dilatih semula dia tidak memiliki akhlak baik tertentu ketika dia tahu bahwa dirinya masih berakhlaq buruk dalam hal itu kemudian ia mengetahui tuntunan yang sebenarnya dalam islam kemudian ia berlatih insyaallah pembahasannya pada pertemuan yang akan datang kemudian pada pertemuan berikutnya kita akan mulai bahas satu persatu apa sajakah tuntunan akhlak yang mulia yang selayaknya untuk kita lakukan kepada sesama kaum mukminin hai demikian wallahu ta'ala alam selanjutnya bila ada pertanyaan kami persilahkan [Musik] hi ho mbok mbok mbok doa noah mbok mbok mbok mbok hai hai hi ho ndra free download hai hai mbok mbok e hi ho the movie foto pakaian yang mungkin bisa dibilang bisa melihatnya banget hai oh lalu kita akan juga nih sebagai mesin pembunuh yang hai ramah kepada 10 seandainya kita memberikan salam atau diberikan salam atau tegur sapa oleh orang lain yang kebetulan bukan mahram kita lawan jenis tapi juga bukan mahram kita caranya bagaimana kalau kita bertegur sapa khawatirnya nanti melampaui batasan-batasan semestinya saya jadi melihat eh kecantikannya tergoda dan lain sebagainya tapi kalau saya tidak melihat atau tidak membalas tegur sapa tersebut nanti saya dikira sombong dan lain sebagainya bagaimana jalan keluarnya sebetulnya komunikasi itu bisa terjalin dengan tidak langsung emilia dpu wajah orang wood sebagai salah satu contoh saya misalnya bayang sclc saya bayangkan bahwa yang ada di hadapan saya adalah seseorang yang sedang melihat saya kemudian dia berkata salamualaikum ternyata dia adalah seorang perempuan yang mungkin saya tidak lihat wajahnya maka saya bisa bilang waalaikumsalam warahmatullah saya tundukkan pandangan saya tapi saya berinteraksi dengan di waalaikumsalam warahmatullah bisa juga saya membalas salam tersebut dengan tegur sapa bagaimana kabarnya baik tanpa harus bertatap muka seperti ini kita tunjukkan keramahan kita kita tunjukan kepedulian kita terhadap tegur sapa beliau tapi tanpa harus melanggar batasan-batasan yang semestinya karena memang melihat seorang wanita yang bukan mahram kita adalah sesuatu yang di waspada kan allah subhanahu wa ta'ala berfirman kuil mu'miniina ya hubungin abshorihim oyah fakhruzzaman dari segala hai katakanlah pada kaum mukminin hai hendaklah mereka menundukkan pandangan mereka dan menjaga kemaluan mereka itulah yang lebih suci bagi mereka sebagaimana juga allah berfirman di ayat berikutnya ini dalam surat an-nur wakulil mukminat iya gendut namina bukhara dan katakan pula kepada kaum mukminat hendaklah mereka menundukkan pandangan mereka dan menjaga kemaluan mereka disebutkannya eh reaksi kemaluan setelah pandangan karena memang menunjukkan betapa banyak ketergelinciran kemaluan berawal dari pandangan karenanya konsep islam secara umum bahwa seorang laki-laki atau seorang perempuan menundukkan pandangan mereka terhadap hal-hal yang tidak dibenarkan untuk dilihat kembali kepada pertanyaan bahwa ketika kita mungkin di tegur sapa oleh seseorang atau kita hendak menegur sapa seseorang yang ternyata bukan mahram kita pakai bisa dengan cara seperti itu kalau mungkin sesama kaum muslim kita bisa salam terlebih dahulu atau menjawab salamnya salamualaikum waalaikumsalam masya allah gimana kabarnya dan kalaulah kemudian misalnya kita merasa perlu untuk mengetahui wajahnya untuk sekedar mengenal identitasnya misalnya maka tidak masalah tapi kemudian kita tidak harus kepala mohon maaf misalnya menikmati wajahnya kecantikannya dan lain sebagai doa kemudian yang kedua yang berkaitan dengan berbohong untuk tujuan kebaikan disebutkan bahwa ngomong kebohongan yang dibolehkan hanya ada tiga yang pertama adalah kebohongan murni yang terjadi tatkala perang berkecamuk antara kaum muslimin dengan kaum kafirin hai ketika seorang muslim misalnya tertawan tertangkap oleh kaum kafirin kemudian dia ditanya berapa jumlah kalian di dalam kondisi seperti itu berbohong murni sekalipun boleh dia berkata misalnya jawabannya 500 orang padahal 5000 berbohong tapi ini termasuk yang dikecualikan atau dibolehkan yang pertama yang kedua adalah kedustaan antara suami-istri dalam rangka menjaga keharmonisan rumah tangga namun tanpa mengabaikan hak pasangan hai jadi kedustaan antara pasangan suami istri boleh dengan syarat dalam rangka menjaga keharmonisan hubungan rumah tangga mereka dan tanpa mengabaikan hak pasangan hai ini yang kedua hai yang ketiga adalah berbohong saat mendamaikan dua orang yang bertikai di antara kaum muslimin peace bertikai kita hadir untuk mendamaikan keduanya maka dalam keadaan seperti ini boleh kita kemudian berbohong kepada a menyatakan bahwa aksi kenapa engkau sudah tidak lagi berkomunikasi dengan simbe simbe masya allah baik dia selalu mendoakan kebaikan untukmu dia selalu berbuat baik dan seterusnya dan seterusnya demikian pula dikatakan kepada yang b tentang siap padahal tidak ada komunikasi antara saya dengan syiah atau dengan si b sebelumnya tapi karena saya tahu antara mereka berdua terjadi pertikaian saya hadir meski dengan kebohongan untuk mendamaikan mereka inilah tiga kebohongan yang diperbolehkan adapun yang lain ini tidak boleh bahkan disebutkan didalam sebuah hadit kata nabi shallallahu alaihi wa alaihi wasallam dalam keadaan bercanda sekalipun hendaklah ditinggalkan hai anak zalimun gb inviro babi hujan nah limantoro kalau mira wainkana b b impian khuluquhu hai nabi bersabda aku yang menjamin ia menjamin satu rumah di surga bagian bawah bagi seseorang yang meninggalkan debat kusir meskipun posisinya benar dia yang benar tapi debatnya debat kusir saja dia tinggalkan maka dia dapat jaminan dari nabi shallallahu alaihi wasallam sebuah rumah di bawah surga di bagian bawah surga nabi lanjutkan aku memberikan jaminan rumah di bagian tengah surga bagi yang meninggalkan dusta meskipun bercanda hai kemudian nabi lanjutkan dan aku ia menjamin satu rumah di surga yang tertinggi bagi mereka yang akhlaknya mulia lalu bagaimana kalau seperti tadi orang tua bertanya kepada kita apa kabarnya na kalau kita jawab benar kita lagi sakit beliau akan resah tapi kalau kita jawab kita baik-baik saja berarti berbohong sebetulnya bisa saja kita jawab seperti ini misalnya alhamdulillah ala kulli haal dalam bahasa arab ambillah kondisinya semua baik-baik saja artinya dalam keadaan sehat itu baik dalam keadaan sakitpun aku alhamdulillah bisa bersabar dan itu baik maka artinya kita tidak berbohong alhamdulillah bapak alhamdulillah ibu kami baik-baik saja saya baik-baik saja kamu sehat alhamdulillah alhamdulillah ini buktinya saya bisa telepon ibu dan seterusnya ya bisa digunakan kata-kata seperti ini wallahu ta'ala hai hai kwaza kumullahu khoiro yo yo hai bagaimana seseorang mengingatkan seseorang yang masih berbuat tuntunan diluar syariat atau berkreasi tuntunan hai tanpa seseorang tersebut naik pitam karena tuntunannya yang demikian akhi ukhti saudara-saudariku yang kami cintai karena allah subhanahuwata'ala ini sudah masuk kepada pembahasan al-amru bil ma'ruf wan nahyu anil mudah mengajak orang lain untuk berbuat yang baik mencegahnya dari melakukan yang mungkar pada prinsipnya ini adalah masuk ke pada bagian atau kategori dakwah dan allah subhanahu wa ta'ala berfirman di dalam ayatnya wudlu ila sabilir robbika bisiknya berdakwahlah engkau mengajak manusia menuju allah menuju jalan allah subhanahu wa ta'ala dengan hikmahnya apa itu hikmah-hikmah adalah benar di dalam ucapan di dalam aman hai hikmah adalah tepat sesuai dengan tuntunan islam ayat dan hai karenanya hikmah itu artinya adalah alis sobat to feel caulifla aman benar tepat di dalam berucap ataupun di dalam rekaman dalam konteks berdakwah tidak hanya tepat di dalam berucap dan beramal tetapi juga tepat dengan diksi kata-kata suasana waktu tempat kondisi dan lain sebagainya di dalam ayat yang lain allah subhanahu wa ta'ala berfirman full-hd hisabi diaduk mungil allah ya allah bastille katakanlah inilah jalanku aku berdakwah mengajak manusia menuju allah allah basiroh di atas tuntunan ilmu sesuai dengan tuntunan ilmu kita jadi benar karena ada panduan maka kita menjadi benar kalau di dunia perusahaan misalnya atau di dunia sebuah manajemen ada yang namanya e-shop standar operasional prosedur maka ada tuntunannya ada langkahnya ada panduannya ke jika seseorang melakukan sesuatu sesuai dengan tuntunan maka insyaallah hasilnya akan lebih tepat nah buster yang dimaksud disini sebagaimana dijelaskan oleh para ulama diantaranya oleh syaikh muhammad bin shalih al utsaimin rohimahulloh kata beliau bashiroh atau tuntunan ilmu ketika berdakwah meliputi tiga hal yoga berilmu benar dalam sesuatu yang disampaikan jadi yang disampaikan ini benar sudah tidak lagi diragukan kebenarannya yang disampaikan ini benar sehingga ia berilmu tentang apa yang disampaikannya enggak boleh kita berdakwah beramar ma'ruf nahi mungkar asal-asalan pokoknya berani enggak boleh kita harus berilmu dan apa yang akan kita sampaikan adalah pasti kebenaran berdasarkan ayat dan hadits like sehingga konsekuensi dari ini adalah kita belajar sehingga kita jadi tahu mana yang benar mana yang keliru yang kita yang sampaikan adalah hanya yang benar saja kemudian wafiroh hai berdakwah itu dengan bashiroh dengan tuntunan ilmu bukan sekedar ilmu tentang kebenaran yang disampaikan tapi juga berilmu tentang siapa orang yang sedang saya hadapi seorang pemimpin kah sama satu leting dengan kita k1 level atau orangnya di bawah kita kah orangtua-anak suami-istri [Musik] hai orang yang memiliki kedudukan atau orang biasa saja maka kita harus tahu dengan siapa kita berhadapan sebagian shahabat ketika melihat seseorang bicara tentang islam tapi asal-asalan tidak memperhatikan siapa orang yang di paha yang dihadapinya maka sahabat ini berkata hadits unesa bima ya'qiluun hai atau digunakan yuk agabang bahwa rasul ajak bicaralah orang yang sedang kalian ajak bicara itu dengan sesuatu yang mereka pahami apakah kalian ingin ada resiko didustakan ya allah dan rasul-nya tentu saja tidak maka kita harus pahami siapa orang yang sedang kita hadapi siapa yang sedang kita ajak untuk baik dan siapa yang sedang kita cegah untuk tidak terjerembab dalam keburukan yang ketiga kita harus punya bashiroh tunai ilmu tentang metodologi penyampaian terkadang ada yang lebih suka disampaikan secara sindiran tapi ada juga orang yang lebih suka saya tuh dikasih taunya blak-blakan saja terang-terangan saja misalnya ada yang cukup disurati ada yang harus face-to-face hai ada yang lebih suka lewat orang lain ada yang lebih suka langsung saja ada yang tidak masalah dihadapan orang lain tapi umumnya orang tidak suka seperti itu lebih suka kalau nasihat itu disampaikan secara tertutup tidak diketahui oleh orang lain disampaikan dengan cara lemah lembut oh ya penuh perhatian bukan menjatuhkan dan seterusnya jadi bashiroh yang mencakup makna hikmah tadi hendaklah kita dasari setiap ajakan dakwah kita yaitu benar tentang apa yang kita sampaikan kita benar tentang kesimpulan kita siapa yang sedang kita ajak bicara dan kita juga benar tentang metodologi penyampaian kebenaran kepada yang bersangkutan baik kembali kepada yang tadi bagaimana saya mengingatkan seseorang yang amalannya masih belum lurus sesuai dengan tuntunan nabi shallallahu alaihi wasallam hai pesan saya adalah awali dengan tauhid bisa dibayangkan bahwa islam beserta seluruh tuntunannya itu seperti ini ilustrasi saja ya seperti satu piring atau satu mangkok yang kemudian diisi ok google bagaimana caranya seseorang bisa menerima sayur kah atau air kah tapi tidak ada mangkoknya tidak ada tempatnya tumpah maka siapkan dulu mangkoknya hai siapkan dulu tahu sing a hai sehingga orang yang sedang kita ajak bicara itu siap untuk mendengarkan inilah perintah allah ini larangan allah ini yang boleh ini yang tidak boleh ini yang lurus ini yang menyimpang siapkan dulu tauhid hai tidak kemudian sejak awal kita menyampaikan ini yang benar ini yang keliru ini harus ini tidak boleh belum tentu siap dan umumnya orang tidak siap bahkan seandainya kita berada di posisi tersebut mungkin kita termasuk orang yang tidak siap mendengarkan itu kalau ternyata kita belum memiliki basic untuk bisa menerima masukan tadi hai bicara misalnya tentang eh ini adalah tuntunan rasul ini tidak ada di dalam tuntunan rasul ini adalah haram ini adalah halal ini baik ini buruk dan seterusnya kalau kemudian tidak bisa dardi belum didasari oleh basic tauhid yang kuat maka besar kemungkinan akan ada dampak atau reaksi yang negatif awali dengan tauhid dan lakukan pendekatan-pendekatan persuasif jangan dihadapan orang lain cari waktu yang tepat pilih diksi kata-kata yang bijak di awali dengan misalnya memberikan hadiah berbuat ihsan berbuat baik kemudian kita akan syaa allah sedikit demi sedikit dan jangan lupa ketika kita menyampaikan tidak harus kemudian serta merta saat itu juga masukkan kita diterima ajakan kebaikan kita diterima tidak mesti tidak harus hai maka artinya kita perlu bersabar dengan reaksi tersebut kalau ternyata ternyata ditolak maka kita bersabar namun kita jalankan lagi dakwah mungkin saya kurang tulus dalam keikhlasan niat hati mungkin saya kurang bijak dalam memiliki divisi-divisi kata-kata mungkin saya kurang tepat waktu dan kondisi nabi shallallahu alaihi wasallam berdakwah 13 tahun di kota mekah kalau kita ambil kesimpulan halo selamat 13 tahun itu apa kamu diterima ada yang menerima ada yang tidak menerima berapa banyak yang menerima hai dan berapa banyak yang menolak lebih banyak yang menolak lebih sedikit yang menerima apakah nabi kemudian berhenti dari dakwahnya oh nggak maulah 13 tahun ini ternyata tidak beliau bersabar beliau pilih untuk berhijrah terlebih dahulu sebagaimana tuntunan allah subhanahu wa ta'ala kepada beliau kemudian pada akhirnya beliau kembali lagi untuk membersihkan mekkah dari kesyirikan wallahu ta'ala oh iya memang ada sebagian orang yang mudah naik pitam ya kalau dikasih tahu maka coba yang tadi itu di di eh diterapkan kita cari waktu kita cari kondisi yang tepat awali dengan berbuat baik kepadanya tidak kemudian setiap kali ada kemungkaran berarti kita harus eh mengingkarinya karena nabi shallallahu alaihi wa sallam menyatakan man rohaniku munkaran flying pelemnya sopir babi lisanihi pakailah bioskop kabel qalbihi warga like a boy 5 barangsiapa diantara kalian melihat kemungkaran maka hendaklah ia rubah kemungkaran itu dengan tangannya ini bagi mereka yang memiliki kepemimpinan wilayah kewenangan seorang ayah dirumahnya seorang pemimpin perusahaan di tengah perusahaannya hai seorang kepala sekolah di sekolah yang sedang dipimpinnya misalnya seorang pemimpin negara di negaranya melihat kemungkaran maka dia bisa mengingkari kemungkaran dengan maksimum dengan optimal dihentikan dengan kekuasaan dengan kepemimpinan dihentikan kemungkaran tersebut tapi kalau seseorang bukan termasuk yang seperti itu kata nabi shallallahu alaihi wasallam kalau dia tidak mampu makan dia ingkari dengan lisannya sampaikan dengan nasihat dan berlaku pada nasihat ini hikmah yang tadi disebutkan dan kalau ternyata dengan lisan pun dia tidak bisa mungkin dia tidak memiliki kepiawaian untuk bicara atau dia kurang dalam bekal ilmu agama yang hendak disampaikan dalil-dalilnya lupa misalnya kalau seandainya dia belum mampu untuk menyampaikan secara lisan khabib qolbih make hingga nih kemungkaran tersebut dengan kalbunya dia benci perbuatan tersebut kalau dia bisa tinggalkan dia tinggalkan perbuatan itu atau tempat dilakukannya perbuatan kemungkaran tersebut jadi satu orang dengan orang yang lain mungkin berbeda berbeda kemampuan dalam mengingkari kemungkaran semoga allah subhanahu wa ta'ala melimpahkan tauhidnya kepada kita semua untuk senantiasa berjalan di atas jalan allah subhanahu wa ta'ala yang lurus semoga allah subhanahu wa ta'ala menjadikan kita hamba-hamba yang istiqomah ya atas ketaatan kepada allah dan rasul-nya shallallaahu alaihi wasallam ini saja yang kami sampaikan kurang dan lebihnya kami mohon maaf ya allah kita berjumpa kembali di kesempatan yang lain dengan kajian kitab terkumpul akhlak well muhamad zainal mukminin mobil lahir taufiq walhidayah akhir-akhir udang warna alhamdulillahirobbilalamin salam hormat kami untuk segenap anggota keluarga di rumah assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh