Sabtu, Januari 22, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Kelembutan ini Umi Mimi ambil dari Youtube Rizal Yuliar Putrananda, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Kelembutan ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Kelembutan

Kelembutan - Ustadz Rizal Yuliar Putrananda

untuk mengisi kajian kita pagi hari ini Sedikit info Ustad bagi ibu-ibu yang ingin bertanya nanti setelah kajian silakan langsung recent ataupun tulis di kolom ker Kemudian kami mohon juga untuk Ustad memberikan satu pertanyaan kuis setelah kajian untuk ibu-ibu yang diberi beban eh dan juga Ustad memilih siapa yang akan menjawabnya Insya Allah langsung aja Ustad bisa langsung dimulai tepat gold Baik terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh audzubillahiminasyaitonirojim Bismillahirohmanirohim Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil mursalin lebih Muhammadin wa'ala alihi washohbihi ajma'in waman sabia Bigfoot tahu ilaa yaumid diin Amma Badu jamaah sekalian ya free senantiasa dimuliakan Allah subhanahuwata'ala Hai kaum muslimin dan muslimat yang ada di Brisbane Australia atau dimana saja berada rohimakumullah Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah segala puji terpanjatkan selalu kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas nikmat dan kesempurnaan karunianya hamdulillah kita hingga saat ini masih merasakan begitu banyak kasih sayang Allah subhanahu wa ta'ala yang menghangatkan kehidupan kita Hai dari waktu ke waktu bahkan disetiap kejap mata kita merasakan kasih sayang Allah subhanahu wa ta'ala yang begitu luas maka sepatutnyalah Bagi siapapun di antara kita untuk senantiasa bersyukur kepada Allah Subhana wata nikmat tersebut kita berlindung diri kepada Allah subhanahuwata'ala dari kekufuran dan kewajiban sebagaimana yang Allah subhanahuwata'ala firmankan wa aku Minggu lima soal tumu Oh install dunia metal lahiriah tukhsuuha Innal insaana lafal umum daftar Hai dan dialah Allah subhanahu wa ta'ala yang menganugerahkan kepada kalian apapun yang kalian minta Hai sekiranya kalian menghitung-hitung nikmat Allah pasti kalian tidak mampu melakukannya sesungguhnya manusia banyak melakukan kvoll iman dan banyak melakukan kekufuran maka kita memohon kepada Allah subhanahuwata'ala ia mengharapkan pertolongan darinya untuk memudahkan kita semua senantiasa bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan meningkatkan kualitas penghambaan diri kita kepadanya shalawat serta salam semoga sampai kepada nabi yang kita cintai bersama telah dan terindah bagi kita Imam terdepan dalam setiap kebaikan dikehidupan kita beliau adalah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa ala alihi wasallam pada keluarga beliau kepada seluruh istri beliau kepada seluruh sahabat beliau dan juga semoga sampai kepada Ummat beliau yang Istiqamah di atas tuntunan sunnah dan bimbingan keteladanan beliau hingga akhir zaman kelak masyarakat ikhwan akhwat para pemirsa dimana saja berada rohimakumullah saudara-saudariku jamaah di paint Australia dan dimana saja berada kita melanjutkan kembali kebersamaan kita dalam mengkaji kitab Al bangun hadirkan fish oil Islamiyah kumpulan 40 hadits tentang karakteristik dan kepribadian seorang muslim dan muslimah kitab kecil ini disusun oleh Beliau size Ali Bin Hasan al-halabi al-atsari rohimahulloh hutaala salah satu diantara murid senior AC al-imam al-muhaddits Muhammad nashiruddin al-albani rohimahulloh di dalam Kitab yang ringkas kumpulan 40 hadits ini beliau penulisnya syaikhoh nama Hai mengumpulkan kepada kita 40 hadits yang tersambung satu dengan hadits berikutnya hingga pada akhirnya membantu kita untuk membentuk kepribadian muslim dan muslimah sebagaimana dituntunkan oleh Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi wa ala alihi wasallam tidak terasa kita sudah sampai pada hadits yang kelima hadits yang pertama adalah Hadits yang menuntun kita untuk membentuk karakteristik senantiasa menjaga kemurniannya niat keikhlasan hati dalam setiap kebaikan hanya tertuju kepada Allah Jalla wa'ala Kemudian pada hadits yang kedua disambung dengan urgensi mengikuti jejak langkah dan tuntunan nabi tercinta Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa ala alihi Wasallam Hai yang Subhanallah ternyata kedua hal tersebut ikhlas dan ittiba' adalah syarat mutlak diterimanya sebuah aman sekaligus keduanya adalah cerminan dari makna dua kalimat syahadat asyhadu alla ilaha illallah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warosuluh Kemudian pada hadits yang ketiga kita telah bahas tentang proporsionalitas salah satu di antara aktivitas hati yang paling banyak beraktivitas hati melakukan begitu banyak kegiatan dan aktivitas salah satu diantaranya adalah cinta dan benci maka Islam mengajarkan kepada kita untuk memiliki pribadi yang WhatsApp berada seimbang proporsional Hai sesuai dengan kadar dan ketentuan tentang mencintai dan membenci barangsiapa yang mencintai dan membenci sesuai dengan kadarnya sesuai dengan ketentuannya niscaya dia akan menjadi seorang hamba yang begitu bahagia menjalankan kehidupan dunia sekaligus ia akan mendapatkan balasan terbaik di kehidupan akhirat dan kita telah bahas itu pada pertemuan-pertemuan sebelumnya kemudian yang keempat kita telah kaji pada pertemuan yang terakhir kemarin tentang pengorbanan pengorbanan yang hakiki pada diri setiap muslim dan muslimah dibawakan hadits yang sangat menarik dari Amrullah atau Abdullah Ibnu Amr radhiyallahu ta'ala anhum yang menjelaskan tentang Hai keislaman yang paling of Ball pada diri seorang mukmin Kemudian yang kedua adalah jihad perjuangan yang paling of Ball kemudian yang ketiga adalah hijrah yang paling Afdhal ketiga hal tersebut mengungkapkan bagi kita semua bahwa berkorban di Jalan Perjuangan menjalankan agama Allah Subhanahu Wa Ta'ala adalah sebuah tuntunan pada hadits yang kelima di pertemuan kita kali ini adalah Hadits yang berkaitan dengan Salah satu sifat yang barangkali sebagian orang belum terlalu memperhatikannya sebagai salah satu tuntunan Islam yaitu kelembutan lemah lembut dalam setiap hal Hai tidak menjadi seseorang yang kaku keras judes atau yang lain hadits ini adalah hadits yang diriwayatkan melalui berbagai jalur ada yang diriwayatkan oleh al-bukhari Muslim dan seterusnya bahkan Al kutubus sittah posisi al-bukhari Shahih Muslim ini kemudian jamiud Tirmidzi Sunan Abi Dawud Sunan Ibnu Majah Sunan an-nasa'i semuanya meriwayatkan tentang hadits terkait dengan tuntunan nabi Shallallahu Alaihi Wasallam berlama-lama namun yang dibawakan oleh Syaikh Ali Bin Hasan al-halabi al-atsari rohimahulloh adalah Hadits Abi Kholid yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah dan Ibnu Hibban no bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda inallahha rofiqun yuhibbul Rifka Wahyu waktu yang ada drifty melayur trial Run Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala Maha lembut dan mencintai kelembutan Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan menganugerahkan kepada kelembutan apa yang tidak Allah anugrahkan kepada yang lain yaitu kekasaran atau kekakuan sekarang hadiahnya terkesan ringkas namun kalau kita pelajari lebih luas maka kita akan dapatkan berbagai jalur yang berbeda terkait dengan lafadz hadits ini dan juga hadits-hadits lain yang Senada dengan tuntunan berlemak le dalam agama kita baik sebelum kita masuk kepada sejumlah hadits-hadits itu izinkan kami untuk menyampaikan dua ayat yang berkaitan dengan ini Hai ayat yang pertama adalah tatkala Allah Subhanahu Wa Ta'ala menetapkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa ala alihi wasallam adalah sebaik-baik teladan Saya cukup yakin jamaah sekalian sudah sangat sering mendengar ayat yang menetapkan keteladanan pada diri rasulillah Shallallahu Alaihi Wasallam yaitu firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam surat al-ahzab dalam surat al-ahzab surat al-ahzab di dalam surat tersebut tidak di dalam surat al-ahzab Hai ayat ke-21 Saya ingin pastikan ya dalam surat al-ahzab ayat ke-21 surat al-ahzab adalah surat ke 33 jamaah sekalian yang ingin mencatat pada surat al-ahzab surat ke 33 ayat 21 pada ayat tersebut Allah Subhanahu Wa Ta'ala menyatakan ayat ini sudah sangat sering kita dengar ya Allah berfirman laqad kaana lakum Fi rasulillahi Uswatun Hasanah Liman kaana agar jumlah awal-akhir sungguh telah ada untuk kalian pada diri rosulillahi shollallahu alaihi wa Alaihi Wasallam keteladanan yang indah ini semua yang ada pada kehidupan rasulillah Shallallahu Alaihi Wasallam bahkan sebelum beliau diangkat menjadi rasul ada keteladanan yang indah apalagi selama 20 tahun 23 tahun kurang lebih belum menjadi nabi dan rasul utusan Allah subhanahu wa ta'ala pasti semua bagiannya adalah keteladanan yang menarik dalam pembahasan kita yaitu tentang kelembutan Allah subhanahu wa ta'ala berfirman fabima rahmatin minallahi lingkar tahu Walau kuota song waliyyu kholbi like sabun Holic dan dengan kasih sayang dari Allah subhanahuwata'ala sajalah engkau wahai Muhammad bisa berlemah lembut kepada mereka Subhanallah artinya Allah subhanahuwata'ala kalau dalam ayat 21 surat al-ahzab tadi Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjadikan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam sebagai teladan yang indah klik dalam permasalahan kelembutan Allah Subhanahu Wa Ta'ala menyebutkan bahwa dengan kasih sayang Allah kepada nabi Allah janjikan nabi bisa berlemah lembut kepada manusia nih salah Um kau bisa berlemah lembut kepada mereka walaupun mata someone wali-wali Qolbi langsung dingin Holic sekiranya engkau itu keras kaku niscaya mereka semua akan berlari menjauh darimu keluarga maka Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai utusan Allah subhanahuwata'ala dianugerahkan oleh Allah subhanahuwata'ala karunia untuk menjadi pribadi yang lembut tetapi ini bukan hanya spesial bagi nabi-nabi juga dijadikan oleh Allah teladan agar lemaknya dan seakan ada makna bahwa manakala kita itu tidak lemah lembut alias kaku kasar kejam Kenji judes dan semisalnya maka Banyak orang akan berlari menjauh dari kita Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai utusan Allah di tengah-tengah kaum jahiliyah yang begitu berat bagi mereka menerima tauhid pada saat mereka berbuat kesyirikan kepada Allah subhanahuwata'ala ternyata Allah Subhanahu Wa Ta'ala perintahkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa ala alihi wasallam untuk berlemah lembut kepada mereka sekaligus lemah lembut ini memiliki dampak yang baik di dalam memberikan magnet kebaikan Ketika seseorang berlemah lembut maka ada magnetnya menarik orang lain untuk bersimpati kepada kebaikan kemudian ayat yang lain adalah Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala Eh tadi dalam surat Ali Imron ayat 159 fabima rahmatin minallahi Linta lahum walaupun khol bilang sombong surat-surat yang ketiga ayat 159 kemudian ada ayat yang kedua yang menjadi implementasi bahwa Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjadikan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai teladan yang indah Lihatlah firman Allah Subhanahu wa ta'ala pada surat at-taubah surat yang kesembilan ayat 128 pada ayat tersebut Allah subhanahu wa ta'ala berfirman maka DJ Akum rosulum Min anfusikum azizun Alaihi Maa anittum Harrison alaykum ilmin in around sungguh telah datang kepada kalian seorang rasul dari golongan kalian beliau punya tiga sifat Allah sebutkan dalam ayat ini azizun Alaihi Maa anittum beliau ikut merasakan berat Apa yang dirasa berat oleh kalian Arizona alaykum beliau begitu semangat untuk memberikan yang terbaik bagi kalian Bil mukminin arraufurrahim sifat yang ketiga beliau itu terhadap segenap kaum mukminin Rouf penyantun muslim penyayang lembut maka kedua ayat ini jelas memberikan tuntunan kepada kita bagaimana kah artinya pribadi seorang muslim ketika ingin meneladani Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam kehidupan berlatihlah untuk menjadi pribadi yang lembut pada hadis utama yang sedang kita kaji para pemirsa sekalian adalah feat Asep dan rasulillah Shallallahu Alaihi Wasallam inallahha rofiqun Sesungguhnya Allah Maha lembut ketika disebutkan salah satu diantara sifat-sifat Allah Subhanahu Wa Ta'ala secara makna kita pahami dan boleh jadi Ada kesamaan dengan sifat makhluk akan tetapi hakikat sifat yang sama maknanya dari segi bahasa antara makhluk dengan Allah tapi hakikat sifat tersebut yang dimiliki oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala tidak serupa sama sekali dengan makhlukNya Allah Subhanahu Wa Ta'ala maha Hai dan ini banyak disebutkan dalam ayat kita juga dapatkan di antara manusia ada yang punya sifat pemaaf Masya Allah dia mudah untuk memaafkan kita tahu arti Maaf Allah maha pemaaf ada seorang makhluk seorang manusia seorang hamba dia juga maaf-maaf sama-sama dari sudut bahasa kita pahami maknanya tapi sifat pemaaf yang ada pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala tidak serupa dengan sifat pemaaf yang ada pada manusia sifat maaf yang ada pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala sesuai dengan kesempurnaannya keagungannya dan kemuliaannya begitu pula dengan sifat kelembutan Allah Subhanahu Wa Ta'ala Maha lembut tapi kelembutan yang dimiliki oleh Allah subhanahu wa ta'ala adalah sifat yang sama sekali tidak sama dengan sifat kelembutan yang ada pada manusia selembut lembut nyaman ia pasti ada disana-sini kekurangan akan tetapi sifat lembut pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala adalah sifat lembut yang absolut yang sempurna yang sesuai dengan keagungan dan kebesaran Allah jangkauan kemudian Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam menyatakan yuhibbul rifqoh dan Allah mencintai kelembutan konsekuensinya para pemirsa sekalian yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala konsekuensi manakala kita mencintai manakala Allah Subhanahu Wa Ta'ala mencintai kelembutan berarti Allah mencintai hamba hamba yang bersifat demikian jadi Allah Maha lembut mencintai kelembutan konsekuensinya adalah Allah Subhanahu Wa Ta'ala mencintai hamba hambaNya yang lembut dan ini mudah untuk kita pahami seperti misalnya skala Allah subhanahu wa ta'ala berfirman Innallaha yuhibbu shobirin Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala mencintai yang bersabar secara otomatis Siapa saja yang bersifat kesabaran dia akan dicintai oleh Allah Innallaha yuhibbu tawwabina wa yuhibbul mutathohirin Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala mencintai yang banyak bertaubat dan mencintai yang bersuci secara otomatis Siapa saja yang banyak bertaubat banyak bersuci diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan cinta kepadanya dan disebutkannya cintamu aku kepada satu sifat tertentu berkonsekuensi kecintaan Allah kepada siapa saja yang melakukan atau mengupayakan sifat tersebut ada pada diri kita Hai di dalam hadits yang lain akan menjadi semakin lebih terang bahwa kelembutan adalah sesuatu yang patut untuk diupayakan ditelan hadits yang diriwayatkan oleh al-imam Ahmad dari Aisyah radhiyallahu ta'ala anha nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda mayakunu Rich viceind Indonesia Nah wala yunza cryin ilash Nah kita Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam Tidaklah kelemahlembutan itu ada pada sesuatu kecuali kelembutan itu menjadikan sesuatu ini semakin indah dan Tidaklah kelemahlembutan itu dicabut dari sesuatu kecuali dicabutnya kelemahlembutan itu menjadikan sesuatu ini buruk Berarti ada tidak adanya kelembutan akan berpengaruh yang berdampak pada sesuatu kalau kelemahlembutan dihadirkan pada sesuatu meskipun sesuatu ini adalah sesuatu yang biasa saja maka yang biasa tersebut dengan kelemahlembutan akan menjadi indah sebaliknya ketika kelemahlembutan itu dicabut dari sesuatu sebagus apapun tampilannya dia adalah sesuatu yang buruk dan ini standarisasi Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai Wahyu dari Allah subhanahu wa ta'ala Ustad sebentar dulu ini kelemahlembutan yang dimana ini terkadang kita memang harus keras kita harus begini kita harus begitu tidak mesti kita berlemah lembut kelemahlembutan itu hukum asal pada segala sesuatu Allah Subhanahu Wa Ta'ala mencintai kelemahan hutan dalam setiap kebaikan dalam setiap hal dalam Setiap perkara Allah Subhanahu Wa Ta'ala mencintai kelemahlembutan padanya boleh dicat sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam hadits yang dibawakan oleh Aisyah radhiyallahu anha diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban dengan sanad yang shahih Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda Innallaha yuhibbul rifko fine Amri kulit Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala mencintai kelemahlembutan dalam setiap sesuatu dalam seni berbagai hal dalam Setiap perkara Allah Subhanahu Wa Ta'ala mencintai kelemahlembutan dalam riwayat Muslim Abul dalam riwayat al-bukhari dan juga muslim dan juga muslim Hai Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa Sallam menyatakan inallahha rofiqun ypbu Rifka fil Amri kulih where pria alrifki melayu punya alrich Melayu piala Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta'ala itu maha lembut mencintai kelembutan dan Allah akan menganugerahkan karunia kepada kelembutan apa yang tidak Allah karuniakan kepada kekasaran atau apapun selain kelembutan sekarang spesial ada karunia yang dijanjikan oleh Allah subhanahu wa ta'ala melalui lisan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam karunia yang diberikan kebaikan yang dicurahkan kepada apapun Hai yang melambangkan atau menggambarkan kelembutan demikian pula di sebuah keluarga Subhanallah ketika Allah Subhanahu Wa Ta'ala mencintai sebuah keluarga dan semua yang ada didalamnya anggota keluarga tersebut maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan memasukkan di tengah-tengah mereka kalau malam buta ya Subhanallah dalam sebuah hadits diriwayatkan oleh al-imam Ahmad dan Imam Al bazzar dan selainnya dengan jalur-jalur sangat periwayatan yang dishahihkan oleh para ahli hadits termasuk Syekh al-albani rohimahulloh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda tidak Awards Allahhu Biah libai tinta Iron Adha paint Ingin rif apabila Allah Subhanahu Wa Ta'ala menghendaki kebaikan pada anggota sebuah keluarga niscaya Allah akan memasukkan ke tengah-tengah mereka kelembutan allahuakbar Sewulan Bagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam hadits ini bersabda Innallaha Insyaallah Dhabi ahli baitihi khairon adzim urif apabila Allah Subhanahu Wa Ta'ala menghendaki kebaikan pada anggota sebuah keluarga niscaya Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan memasukkan di tengah-tengah mereka kelembutan menjadi para anggota keluarga yang lembut siapa diantara kita yang tidak ingin kebaikan dari Allah Hai untuk keluarga kita bersama siapapun yang ada di dalamnya kalau kita bersama segenap anggota keluarga yang lain ingin mendapatkan kebaikan bukan sembarang kebaikan tapi kebaikan langsung dari Allah subhanahu wa ta'ala maka berupayalah untuk bisa berlemah lembut Allah akan buktikan kebaikan yang Allah kehendaki pada sebuah keluarga dengan cara Allah masukkan ke tengah-tengah mereka kelembutan jadi Allah tidak menyatakan Allah akan limpahkan mereka rezeki tidak Allah akan jadikan mereka berkedudukan sosial yang tinggi manakala Allah Subhanahu Wa Ta'ala mencintai keluarga dengan segenap anggota yang ada didalamnya maka Allah akan masukkan ke tengah-tengah mereka Arif kelembutan Mengapa Spesialnya kelembutan Ustad seperti hadits sebelumnya tadi Allah mencintai kelembutan dan akan menganugerahi karunia dengan kelembutan apa yang tidak Allah karuniakan kepada selainnya Allah gendut dan subhanallah kelembutan ini akan memudahkan seseorang mendapatkan hidayah dari Allah subhanahu wa ta'ala kelembutan akan memudahkan seseorang untuk menerima kebenaran kelembutan akan memudahkan seseorang untuk urung dari kemungkaran sebaliknya ketika kita tidak berhias diri dengan kelembutan justru sebaliknya kasar kaku keras angkuh Congkak maka Kebenaran akan menjauh dari kita Hai Hidayah Allah Subhanahu Wa Ta'ala pun mungkin akan tertutup bagi kita Widya bila di sebuah kesempatan diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi 15 Ahmad Al Imam Ibnu Hibban dan selainnya dengan sanad yang shahih dari Abdullah Ibnu Mas'ud radliyallahu taala Anhu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda dan mengawali sabdanya ini dengan sebuah pertanyaan kepada para sahabat beliau beliau bertanya adalah uh biru kum be mentah lu manehna Maukah kalian aku Kabarkan Siapakah orang-orang yang diharamkan disentuh oleh api neraka Masya Allah ini pertanyaan yang sekaligus membawa sebuah penawaran luar biasa siapa diantara kita yang rela akan disiksa di dalam api neraka meskipun sekejap mata kita tidak mau bayangkan bahwa neraka itu pedih neraka itu berat dalam beberapa Hadits yang Shahih disebutkan bahwa azab siksa neraka yang paling ringan hanya akan dialami oleh satu orang yang ringan itu bentuknya adalah orang tersebut akan dipakaikan alas kaki yang terbuat dari api neraka dan karena panasnya alas kaki tersebut mendidih lah otak ini azab siksa yang paling ringan di neraka dan hanya akan dialami oleh satu orang Lalu bagaimana dengan siksa siksa yang lain mengerikan ternyata ada peluang yang bisa kita dapatkan manakala kita memperhatikan hadits yang satu ini kata Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam Maukah kalian aku Kabarkan Siapakah hamba bahkan diharamkan disentuh oleh api neraka tentu saja kalau pertanyaan itu ditujukan kepada kita mau wahai Rasul kabarkan kepada kami agar kami bersemangat untuk mewujudkannya pada diri kami sehingga kami terlindungi dari siksa api neraka itulah yang setiap saat kami panjatkan kepada Allah subhanahuwata'ala Rabbana Atina Fiddunya Hasanah wafil akhiroti Hasanah waqina adzabannar Ya Allah lindungi kami dari azab neraka ternyata dari pertanyaan tersebut dijawab lebih lanjut oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam cool haiyin sahlin Qorib Kullu syai'in Lenin sahlin Qorib Hai yang akan diharamkan tersentuh oleh api neraka adalah semua yang lunak yang lembut yang mudah dan dekat ini bukan makanannya ini bukan sajian nah santapan ini adalah karakteristik yang ada pada seorang hamba Jika dia berhias diri dengan karakteristik-karakteristik ini maka akan ada jaminan dieter haramkan dari tersentuh oleh api neraka Siapa saja yang lunak tidak kaku tidak kasar tidak keras lain lembut sahlin mudah-mudah menerima kebenaran mudah diajak untuk terjauh dari kemungkaran mudah untuk kembali kepada jalan Allah Subhanahu Wa Ta'ala Lau Karim dekat dia tidak jauh dia dekat dengan kebenaran dia dekat dengan kebaikan dia dekat dengan ajakan Amar ma'ruf nahi mungkar dan seterusnya maka begitu banyak kebaikan yang dijanjikan pada sifat kelembutan ini sehingga ini menjadi salah satu diantara karakteristik yang perlu kita upayakan mungkin seseorang berkata Ustadz mohon maaf Ustaz saya juga pengennya begitu start punya sifat lembut tapi mau di gimanakan lagi Ustad sudah seperti ini saya terlahir saya itu kata orang judes saya itu kata orang memang kasar kaku keras jutek dan lain sebagainya ini saya dilahirkan memang begini stop dari mengucapkan hal seperti itu Ungkapan tersebut selain menunjukkan Hai keputus-asaan diri seseorang yang kedua justru akan menutup peluang kebaikan katakan bahwa saya mampu mengupayakan berupaya untuk bisa melatih diri menjadi lembut dan itulah yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Alaihi Wasallam dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh opo Roni dengan sanad yang Hasan muhasan kan oleh Syaikh al-albani dalam silsilah al-ahadits ash-shahihah nomor 342 nabi bersabda Inna maal Lil Bit ailun wine nama ilmu album Hai Paman ya khoirol yuk Oh woman yhwach Sarro New Eta Rasulullah Shallallahu Alaihi wa ala alihi wasallam sesungguhnya ilmu itu akan didapat dengan proses belajar dan kelembutan itu dapat diraih dengan berlatih lebih ini berarti ada upaya untuk bisa membentuk pribadi yang lembut sekalipun Sebelumnya dia sadar bahwa dirinya Ashar kaku keras tapi dia berusaha dia tidak bilang yang mau diapakan lagi tidak dia tidak menyerah tapi dia punya usaha dia punya kesungguhan dia punya pengorbanan untuk bisa menjadi seorang yang bersifat lembut kata Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam wa inna ilaihi Talung sesungguhnya kelembutan itu dengan diupayakan menjadi lebih kemudian nabi akhiri Wamen nyata Harold Khoiroh yuk Pooh Siapa yang bersemangat meraih kebaikan pasti Allah akan memberikan kebaikan tersebut waman yatawakkal sharrouf Siapa yang bersungguh-sungguh menjauh berlindung diri dari keburukan niscaya Allah akan melindunginya jadi jangan pasrah dengan keadaannya sudah lama di gimanakan lagi kata orang saya tidak murah senyum sudah mau gimana lagi lah berlatih upayakan agar kita bisa murah senyum kepada sesama kaum mukminin upayakan kita ini bisa Dermawan ringan untuk memberi tidak ragu dengan janji allah subhanahu wa ta'ala dengan kedermawanan berupaya untuk mudah memaafkan berupaya untuk lembut kepada siapapun Hai kalau seandainya kita suatu ketika terlanjur aduk saya kau tidak lembut lagi saya datangi orang tersebut mohon maaf tadi Kalau saya kasar kalau saya aku Saya sedang berupaya untukmu bersifat membunuh mohon maaf Semoga saya bisa lebih baik lagi dari sekarang ada usaha sebelum bersikap sebelum berucap kita pikirkan dulu apa yang paling melambangkan kelembutan sesuai dengan tuntunan Islam tapi ingat sesuai dengan ketentuan Islam seperti misalnya seorang wanita hukum asalnya lemah lembut kepada sesama wanita tapi kepada laki-laki yang bukan mahromnya dia tidak boleh melembutkan atau mendayu-dayu kan suaranya kepada laki-laki yang bukan mahromnya itu ada ketentuan ada ketentuan dan kelembutan yang dimaksud juga ketentuannya adalah bukan berarti mengabaikan Amar ma'ruf nahi mungkar muka ada terjadi di hadapan kita nggak papa deh saya berpikir saya lembut terhadap kemungkaran tersebut Tapi saya biarkan salah diingkari tapi mengingkari dengan kelembutan diingkari dengan kelembutan Ketika seseorang siapa saja pasangan hidup kita anak kita butuh nasihat-nasihat IQ bukan dengan menggurui mendikte menghardik mencaci stop tapi dengan kelembutan dengan itulah Insyaallah kehidupan kita akan menjadi kehidupan yang luar biasa membahagiakan karena kita tidak dibebani dengan kekuatan ahli psikologi mengatakan segala sesuatu yang dihadapi dengan kaku dengan keras dengan kasar itu akan membebani pikiran hati suasana hidup dan seterusnya sebaliknya Ketika seseorang itu lembut Ketika seseorang itu eh tidak kaku maka dia akan mendapatkan keringanan seperti TNI cool haiyin sahlin Qorib Luna lembut mudah dekat layyinul janib dia berada di mana saja dia menjadi seseorang yang Masya Allah lembut ya disukai oleh setiap orang karena setiap tutur katanya bahkan Canda Tawa ringannya ya kedermawanannya Amar ma'ruf nasihatnya selalu dirindukan oleh orang karena dia bisa berlemah lembut dan kelemahlembutan ini sekali lagi tidak menghalangi seseorang untuk beramar ma'ruf nahi mungkar kelemahlembutan ini tidak menghalangi seseorang bahkan untuk marah tapi karena Allah Siapa yang bisa mengalahkan kelembutan yang ada pada diri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bahkan kelembutan ia dianugerahi langsung oleh Allah seperti tadi dalam surat Ali Imron fabima rahmatin minallahi Linta lahum dan dengan kasih sayang dari Allah subhanahuwata'ala sajalah engkau bisa berlemah lembut kepada mereka Surat Ali Imron ayat 159 maka kelembutan yang ada pada diri Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam adalah anugerah langsung gift given yang Allah Subhanahu Wa Ta'ala berikan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam tidak ada yang mengalahkan kelembutan terpuji pada diri beliau tapi bukan berarti nabi tidak pernah menegur sahabatnya yang Keliru bukan berarti nabi tidak pernah marah karena batasan hukum Allah dilewati dilampaui dilanggar bukan berarti Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam memilih membiarkan kesyirikan atau kemaksiatan terjadi di hadapan beliau ini semua ada tempatnya Maka kalau pada kesempatan dua kesempatan sebelumnya kita ajari bahwa Cinta dan Benci proporsional maka demikian pula dengan kelembutan hukum asalnya segala sesuatu dihiasi dengan kelembutan tapi bukan berarti dengan kelembutan itu kita jadi loyo terhadap kebenaran kita jadi lemah dihadapan Amar ma'ruf nahi mungkar kita jadi membiarkan kemungkaran terjadi tidak bukan itu maksudnya dikisahkan dalam beberapa riwayat yang sahih diriwayatkan oleh al-bukhari Muslim dan yang lain diantara para ahli hadits suatu ketika eh sekelompok Yahudi mohon izin untuk melewati atau menjumpai Rasulullah Shallallahu Alaihi wa ala alihi wasallam saat itu kebetulan sedang ada Aisha di dekat nabi alaihimus shalatu was a maka kaum Yahudi itu berkata Assalamualaikum Hai mungkin cepat gitu ya tapi cukup terdengar bahwa mereka menghilangkan seluruh lampada as-salam lainnya dibuang asam dan artinya dengan dibuangnya satu huruf berubah menjadi lawannya 180° berbeda Assalamualaikum artinya Semoga keselamatan kedamaian diberikan untuk kalian Adapun assamualaikum kematian racun kebinasaan diberikan kepada kalian ini sama-sama doa tahiyat tapi yang satu doa kebaikan as-salam yang satu lagi lawannya doa keburukan asam kebinasaan kematian Yahudi itu mengucapkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Assalamualaikum makanya kita harus hati-hati di zaman sekarang ketika mengucapkan salam yang benar jangan karena ingin tergesa-gesa otot terbiasa cepat justru kita mendoakan keburukan tanpa kita sadari Semoga semua alaikum salam Waalaikumsalam Waalaikumsalam waalaikum sangat hati-hati yang benar Assalamualaikum harus jelas ini pernah terjadi di zaman Nabi Shallallahu Alaihi wa ala alihi wasallam maka Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam Tetap tenang beliau menjawab uang alaykum ternyata Aisyah yang berada disamping beliau dengan jelas mendengar ucapan ke jitu dan Aisyah berkata Ball Waalaikumussalam ular justru kepada kalianlah kebinasaan dan laknat diberikan Gowa Aisyah ini sedang tidak suka terhadap kejahatan dan keburukan kaum Yahudi yang mendoakan keburukan kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam Hai Aisyah berkata Ball assamualaikum warna just ruh kepada kalianlah kebinasaan dan laknat diberikan dan subhanallah para pemirsa sekalian Aisyah tidak keliru karena memang Allah Subhanahu Wa Ta'ala murka kepada kaum Yahudi sekaligus melaknat Mereka banyak sekali ayatnya lauriel mawby alaihim Ya Allah jangan Tunjukkan kami jalan yang ditempuh oleh almarhum ubi alaihim kaum yang engkau murkai mereka Siapa itu ada Yahudi kaum Yahudi dan banyak sekali ayat-ayat menyebutkan murka serta laknat Allah kepada kaum Yahudi waqolatil yahudu yadullahi maghlulatan yay nubi mohon kaum Yahudi berkata tangan Allah Terbelenggu artinya oleh Pelit amat kikir itu maksudnya jadi kata kaum Yahudi ia dulu perlulah tangan Allah itu Terbelenggu oleh itu pelit sama kamu maka Allah abadikan ucapan keji mereka kepada Allah sekaligus Allah tetapkan bantahan bagi mereka sepanjang Alquran dibaca Allah Subhanahu Wa Ta'ala menyatakan hulk.idn tangan merekalah yang akan Terbelenggu waiwuring ubi makalu dan mereka akan terlaknat disebabkan ucapan mereka jadi murka Allah laknat Allah kebencian Allah kebinasaan dari Allah untuk mereka memang sudah ditetapkan sehingga kalau Aisyah itu kemudian berkata Ball assamualaikum wanna justru kebinasaan dan laknatlah yang akan diberikan untuk kalian maka Aisyah itu sekedar sedang ingin menyampaikan kebenaran apa adanya Hai ini bukan bukan termasuk dendam seperti yang mungkin sebagian orang salah pahami Tuh Aisyah aja dendam katanya nggak bukan dendam Aisyah sedang menyampaikan apa adanya apalagi kaum Yahudi itu memulai maka isinya mengatakan Bali semua alaikum waalaikum juuzou kebinasaan dan laknat Allah yang diberikan kepada kalian tetapi Subhanallah ada keindahan akhlak ada kepribadian yang luhur ada karakteristik yang begitu indah menawan diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam untuk kita semua sebagai umatnya melalui momen kejadian itu nabi bersabda kepada Aisyah Yaoi satu irfak irfak avenir Faqih le ah engkau wahai Aisyah main yuk Aamir rifqu ikhwani rifko you hamil hairock wahai Aisyah lembutlah barangsiapa yang dihalangi dari kelembutan maka dia terhalangi dari semua kebaikan Ya Allah salah dalam riwayat yang lain nabi menyatakan Innallaha rofiqun yuhibbul rifqoh Sesungguhnya Allah itu maha lembut dan mencintai kelembutan mayakunu Rich office ini lazan a warm Ayun Yin Indonesia tidaklah kelembutan itu ada pada sesuatu kecuali akan lebih menghiasinya Dan tidaklah kelembutan dicabut dari sesuatu kecuali akan menjadikannya buruk jadi pada kondisi Aisyah sedang dalam keadaan tidak keliru sekalipun namun ini mengajarkan kepada beliau dan muat kita semua sebagai umatnya kelembutan di kedepan kelemahlembutan di kedepan bahkan kepada musuh Allah subhanahuwata'ala paling bejat sekalipun dan itulah tuntunan Allah subhanahuwata'ala bahkan sebelum kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Alaihi Wasallam ketika Allah Subhanahu Wa Ta'ala memerintahkan nabi Musa Bersama saudara kandungnya Nabi Harun Alaihissalam ketika menghadapi Firaun ibba Ila Firaun Eindhoven Pergilah kalian berdua wahai Musa dan Harun menuju Firaun dia sudah melampaui batas kemudian Apakah tahu Wah Hulala hu howland lagi nah lawyer Crowe dan ucapkan oleh kalian berdua wahai Musa dan Harun kepada Firaun dengan UC hanya lembut ini yang dihadapi Firaun ini orang bejat bengis dan seterusnya Durjana dia yang bahkan sampai dengan berani penuh kecongkakan dia berkata Ana rabbukumul Allah wahai rakyatku Aku adalah Rabb kalian yang tertinggi ini sudah kesombongan luar biasa Nabi Musa sampai berdoa kepada Allah eh meminta kepada Allah agar Nabi Harun dijadikan sebagai pendamping beliau dalam memberikan atau menyampaikan risalah dakwah Subhanallah dan Allah kabulkan jadi kakak beradik nabi untuk saling menguatkan karena mereka menghadapi masyarakat yang luar biasa bejat mereka menghadapi Bani Israil yang merupakan kaum mereka sendiri sekaligus mereka menghadapi Raja berikut semua rakyatnya Hai yang musyrik Hulala hu ucapkan oleh kalian berdua wahai Musa dan Harun Alaihissalam kepada Firaun karena sesungguhnya dia sudah melampaui batas Ucapkan dengan ucapan yang lembut Semoga dengan itu dia bisa mengingat kebenaran dan dia bisa takut kepada Allah subhanahuwata'ala Lihatlah Bagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga bersifat lemah lembut kemudian di dalam riwayat itu dilanjutkan Aisyah seakan ingin memberikan klarifikasi Ya Rasulallah awal lantas makalu Rasul Tidakkah engkau mendengar apa yang mereka ucapkan nya mereka Kurang ajar nih mereka usapkan kebinasaan untuk engkau dalam doa tahiyat ternyata kata Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam awal lantas Naimah cool pokerschool tua Hai dan Tidakkah engkau Wahai istriku Aisyah mendengar juga apa yang telah aku ucapkan kepada mereka Aku cukup berucap uang alaykum kemudian dalam riwayat yang lain disebutkan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam menyatakan lem Ustaz lagu Mujhse jabuli tidak akan pernah dikabulkan doa keburukan mereka untukku sementara doaku pasti akan dikabulkan oleh Allah untuk mereka jawabanku hanya dan untuk kalian juga waalaikum jadi apapun yang mereka doakan kepada nabi akan kembali kepada mereka sementara doa mereka untuk Nabi tidak akan Allah kabulkan Subhanallah simple praktis tujuannya tercapai kelembutan tetap menghiasi doa kafir itu doa Yahudi itu tidak terkabul doa Nabi terkabul waalaikum dan semoga kalian juga mendapatkan yang sama tapi kelembutan menghiasi sikap beliau Shallallahu alayhi wa'alaa aali urusan ya Oleh sebab itu hendaklah kita belajar ya belajar untuk betul-betul memahami hal ini dengan baik sekaligus mempelajari praktek nyata di kehidupan kita sehari-hari kepada pasangan hidup kita pada kalau ibu-ibu berarti kepada suaminya bersikap lembutlah sekalipun sedang emosi misalnya Maka jangan ungkapkan kata-kata yang kasar Selain kekasaran itu pada dasarnya jelek apalagi kekasaran seorang istri kepada suami ini sangat jauh dari tuntunan Islam dan ini mungkin butuh kajian tersendiri kalau kita mendapatkan anak kita ya yang memancing emosi kita gitu cobalah belajar untuk tidak terpancing emosi sehingga menimbulkan hal-hal yang tidak baik di bayangkan bahwa ada dalam satu botol air yang bersoda air soda minuman bersoda kemudian kita guncangkan botol tersebut kemudian kita buka tutup botolnya Apa yang akan terjadi seperti tembakan yang meledak dari motor tersebut Tapi Coba lakukan yang sama pada sebuah botol minuman bersoda digoyangkan kencang tapi jangan gitu tuh eh jangan dibuka tutupnya Apa yang akan terjadi tidak akan terjadi apa-apa nanti setelah satu jam dua jam tiga jam berbuka tidak akan terjadi ledakan seperti yang terjadi pada botol pertama apa itu emosional yang ter tumpahkan Hai tidak akan meledak-ledak dan boleh jadi kita tidak bisa kontrol apa yang kita katakan Kapan kita lakukan oleh sebab itu berlatihlah menjadi seorang yang lembut yang dengan kelembutan yang dengan ke Kalong Mania yang dengan kesahajaan akan membuat kita selalu terhiasi dengan Akhlak Yang Mulia inilah pribadi seorang muslim dan muslimah sekali lagi kelembutan yang dimaksud tidak menghalangi seseorang untuk menolak kebenaran menyampaikan kebenaran menasehati beramar ma'ruf nahi mungkar yang menjunjung tinggi hukum Allah Subhanahu Wa Ta'ala menegakkan keadilan dan seterusnya maka ini kiranya eh kajian kita dikesempatan kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua wallahu ta'ala a'lamu bish-shawab wa akhiru da'wana Anil hamdulillahi rabbil alamin sebelum ditutup jika ada Mbak pertanyaan kami persilahkan baik barakallahufikum zocalo hair Ustadz atau campurannya masuk sangat bermanfaat semoga kami semua disini dapat meneladani sifat-sifat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam terutama dalam berlemah lembut dalam keseharian kami Allahumma Amin ah ah kami persilahkan Ustad untuk memberikan pertanyaan kuis untuk ibu-ibu yang diberi beban eh Bagi ibu-ibu yang mau menjawab silakan langsung recent baik pertanyaannya sederhana saja dan terutama yang mencatat Insyaallah akan bisa lebih mudah menjawab ini Sebutkan dua ayat yang pada kedua Ayat tersebut Allah Subhanahu Wa Ta'ala menyifati Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang lembut kepada umatnya sebagai keteladanan bagi kita semua sebagai umatnya pada surat apa dan ayat berapa ah hal tersebut ada ada dua surat ya ada di dua tempat silakan silakan Bapak Rah Assalamualaikum state Waalaikumsalam warahmatullah surat al-ahzab surat ke 3321 dan surat Ali Imran ayat 159 Masya Allah ayat yang pertama itu keteladanan secara umum ya ayat yang kedua benar masih tersisa satu ayat yang belum disebutkan yang lain Silahkan atom Ayah baik Siapa itu tadi masih masih dengan yang sama ya Iya Attaubah ayat 128 benar sekali jadi jawabannya adalah hadir Imron ayat 159 dan surat at-taubah ayat 128 Masya Allah jawabannya benar barakallahu fiikum banget barakallahu fiik Mbak Farah kemudian ah insya Allah kita bisa langsung masuk ke sesi tanya jawab langsung Ustad silakan ada pertanyaan masuk Insyaallah saya bacakan eh Assalamualaikum Ustad Waalaikumsalam aku mau bertanya tentang perbedaan dimulainya penanggalan Hijriyah yang dikarenakan perbedaan terlihatnya Hilal seperti di Indonesia dan Australia ini Ustad eh seperti misalnya tanggal 10 dhulhijah kemarin eh Sia di Australia masih tanggal 9 dhulhijah sementara di Indonesia sudah 10 Dzulhijjah sementara Syiah melaksanakan kurbannya di Indonesia jadi kurban sudah dipotong tanggal 10 dhulhijah di Indonesia sementara di Australia Syiah Masih pada 90 aja Bagaimana hukumnya Ustadz Apakah boleh baik OK Google smile alhamdulillah wa sholatu wassalamu ala rasulillahi Amma ba'du ada dua sisi Jawaban dari pertanyaan tersebut yang pertama adalah yang berkaitan dengan rukyatul Hilal yang berkaitan dengan rukyatul Hilal dan ini salah satu diantara permasalahan yang terjadi silang pendapat para ulama di dalamnya ada yang menyatakan bahwa seluruh dunia ini McLaren Wahid hanya ada satu mathla' helm saja Kemudian pendapat lain yang menurut hemat peka my menurut keilmuan kami yang eh yang kami ketahui bahwa likulli baladin Ma'ruf setiap negeri itu memiliki Ma plak yang berbeda eh memiliki mata uang yang berbeda jadi boleh jadi terjadi perbedaan dan ini sudah pernah dialami oleh para sahabat radhiyallahu ta'ala anhum dan mereka pun ini dengan tetap adanya perbedaan Hilal tersebut artinya masing-masing menjalankan konsekuensi dari perbedaan mathla' tersebut dan ini permasalahan yang cukup panjang akan tetapi Allahu ta'ala alam ada silang pendapat di antara para ulama dan yang lebih kuat wallahu ta'ala alam menurut kependekan ilmu kami ini adalah bahwa boleh jadi ia bisa saja satu negeri dengan negeri yang lain mengalami mutlak yang berbeda ini Sisi jawaban yang pertama yang kedua adalah menitipkan pelaksanaan hewan kurban di tempat Selain tempat tinggal shohibul qurban memang hukum asalnya hukum asalnya shohibul qurban itu menyembelih sendiri Mohon maaf jadi yang terjadi di zaman kita Hai ya terutama di negeri kita atau di kita sebagai bangsa Indonesia pada umumnya itu kita mempercayakan pada orang lain padahal kalau betul-betul sepenuhnya ingin ideal sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam maka beliau sembelih sendiri beliau sembelih sendiri maka semestinya pun demikian yang kita lakukan kita beli ya kita cari yang paling gemuk ya kemudian yang paling sehat ya kemudian ada ciri-ciri hitam dibagian mata di bagian mulut di bagian kaki dan seterusnya dan seterusnya kemudian kita sembelih sendiri dan insya Allah tidak sulit saya sangat menganjurkan kepada siapapun yang mampu untuk melaksanakannya sendiri maka dilakukan sendiri dia sembelih sendiri begitu pula kalau sapi Insyaallah hamdulillah sudah banyak metode untuk memudahkan pelaksanaan sapi meskipun dia besar begitu kita bisa Insyaallah sembelih sendiri nah Hai bolehkah kemudian seseorang itu menitipkan pelaksanaannya di tempat yang lain maka para ulama karena tentu saja ini permasalahan yang kontemporer yakni zaman dahulu tidak tidak banyak ini terjadi maka di zaman sekarang kata para ulama boleh saja dilakukan boleh saja dilakukan dengan tujuan dan kemaslahatannya hendak dicapai mereka yang membolehkan hal ini menyampaikan bahwa kalau zakat yang hukumnya wajib saja bisa dialihkan ke tempat yang lain untuk mustahik yang lebih membutuhkan ada zakat sebut saja zakatul malam misalnya saya tinggal di tempat ah Saya punya kewajiban zakat mal jatuh tempo untuk mengeluarkan zakat Kemudian ada beberapa orang yang membutuhkan tapi ternyata ditempat eh jauh lebih membutuhkan bolehkah seseorang atau Saya misalnya mengalokasikan zakat ini kepada mereka Maka jawabannya boleh kenapa karena ada tujuan dan kemaslahatan yang hendak dicapai di tempat B tersebut jika yang wajib saja ini bisa maka yang bersifat sunnah muakkadah atau sunnah seperti berkurban bagi mereka yang mampu maka Insyaallah ini tidak mengapa Sekali lagi jika ada kemaslahatan dan tujuan yang hendak dicapai di antara kondisi diantara kondisi yang mungkin dialami oleh sebagian orang adalah seperti yang dialami oleh minoritas kaum muslimin di masyarakat yang mayoritasnya adalah non-muslim yang tidak mudah bagi mereka untuk membagikan atau menghadiahkan kepada fakir miskin hamdulillah semuanya berkecukupan a Nda berkecukupan Kemudian yang kedua misalnya tidak mudah juga untuk menyembelih dan lain sebagainya harus ada izin ini prosedur itu dan lain sebagainya Misalnya ini contoh ya maka Bolehkah mereka menitipkan pelaksanaannya di tempat yang jauh lebih kondusif satu di tempat yang kaum muslimin nya banyak membutuhkan dua misalnya Selain membutuhkan karena kefakiran mereka ada misalnya eh misionaris Kristen isasi ditempat tertentu misalnya dan lain sebagainya maka wallahu ta'ala alam berdasarkan fatwa sebahagian ulama tersebut Insyaallah tidak mengapa kita menitipkan pelaksanaan di tempat yang lain muncul problem atau pertanyaan bagaimana kalau seandainya karena makhlukNya Berbeda sehingga yang yang menitipkan korban ini masih tanggal sembilan Dzulhijjah kemudian dititipkan di tempat yang ternyata Dzulhijjah 10 Dzulhijjah nya lebih dahulu yang jika ini sudah terjadi tanpa sepengetahuan shohibul Kurban artinya sudah ada keterlanjuran Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengampuni dan semoga Allah tetap menerima itu sebagai kurban karena yang berkurban atau yang menjadi pelaksana korban juga bukan menyengaja ingin mengawali pelaksanaannya Oleh sebab itu yang bagus ketika kita ingin titipkan pelaksanaan ada komunikasi ada komunikasi begitu tanggal 9 gold injakan sudah diketahui mestinya 12 hijrahnya sudah diketahui sejak sembilan hari sebelumnya mestinya sudah dikomunikasikan eh ditempat kami masih delapan gereja di sana di tempat pelaksanaan nanti sekarang kan masih 9 gereja tolong sembelih hewan saya di hari sebelah sekalian yang itu berarti 10 ditempat kami sekali lagi kalau sudah ada hiburan namun tidak sengaja itu terjadi semoga Allah mengampuni Semoga Allah subhanahuwata'ala tetap menerima robbanaa laa tu akhirna in-nasina oh nah kalau seandainya itu sengaja dilakukan Padahal mereka tahu bertaubat kepada Allah subhanahuwata'ala sudah tahu tapi tetap dilakukan ini jelas kekeliruan bertaubat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala demikian wallahu ta'ala barakallahu fiik Ustad ah berikutnya tapi by persilahkan ibu-ibu yang mau langsung bertanya silakan resign sepertinya belum ada saya bacakan yang sudah masuk Assalamualaikum bagaimana seorang anak one Bagaimana seorang anak perempuan yang sudah menjadi istri caranya untuk berbakti kepada kedua orang tuanya sedangkan suaminya jarang mengajak pulang ke rumah orang tuanya tapi lebih sering pulang ke rumah mertuanya a concert by waktu fikum Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjadikan kita semua sebagai anak-anak yang Shalih shalihah berbakti kepada kedua orang tua kita sebagaimana ketetapan Allah subhanahu wa ta'ala dan tuntunan rasulnya Shallallahu Alaihi Wasallam baik kedua orangtua kita masih hidup ataupun mereka telah mendahului kita terhadap pertanyaan yang tadi diajukan maka hendaklah dia berkomunikasi dengan baik kepada suaminya berdiskusi dengan baik dengan cara yang lembut dengan cara yang Hikmah Halo suamiku tercinta Alhamdulillah aku selalu diajak untuk mendampingi engkau saat berbakti kepada kedua orang tua engkau ya Dan aku senang sekali bahagia sekali sangat support untuk mendampingimu berbakti kepada kedua orang tua kalaulah engkau bisa memberikan kesempatan yang sama kepada ke untuk aku bisa berbakti kepada kedua orang tuaku maka aku akan semakin lebih berterima kasih misalnya begitu atau dengan bahasa diksi yang lain yang yang biasa terjalin di antara mereka dengan hikmah dengan baik dengan penuh kasih sayang dengan penuh cinta karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala karena yang ideal setiap pasangan suami istri itu punya komitmen agar masing-masing memberikan dukungan kepada pasangan hidupnya tetap berbakti kepada orang tua sehingga seorang suami adalah supporter terbaik bagi istrinya agar si Istri tetap tapi kepada kedua orangtuanya demikian sebaliknya Seorang Istri menjadi supporter terbaik bagi suaminya untuk berbakti kepada kedua orangtuanya sehingga mereka semua itu ada kebersamaan di dalam menjalankan yang satu ini bukan berarti suami membiarkan atau mengondisikan istri Jadi kurang optimal dalam berbakti kepada kedua orang tua atau sebaliknya Seorang Istri terkesan menghalang-halangi kalau si suami berniat untuk Katakanlah berkunjung atau berbagi kebaikan atau membantu dan lain sebagainya Jangan pula Seorang Istri berupaya terkesan menghalang-halangi niat baik suaminya itu untuk berbakti kepada kedua orangtuanya atau keluarganya Jadi intinya adalah dibicarakan dengan baik kepada suami Kemudian yang kedua apa yang masih bisa dilakukan ketika Upaya ini masih dilakukan namun globe sebuah manisnya belum berhasil maka tetap berbakti kepada orang tua dengan berupaya menjadi anak yang Solihah bagi si istri tersebut kemudian jalin komunikasi lebih baik lebih intens ya kemudian sampaikan kepada mereka seringkali permohonan maaf maaf saya masih belum sempat berkunjung kesana ya Mah Pah misalnya begitu dan jangan sampaikan aib atau kekurangan suami habis suami enggak mau gini-gini enggak jangan tutupi bagaimanapun juga itu adalah kekurangan suami kebetulan Suami masih belum sempat mengantarkan tapi Insyaallah kami berniat kok ke sana mohon izin kami beberapa saat belum dulu karena kondisinya memang belum memungkinkan tapi nanti Insya Allah Insya Allah Insya Allah Maha Insyaallah kami akan kesana Doakan ya Ma semoga semuanya dimudahkan Doakan ya Pak semoga semuanya dilancarkan sampaikan kepada orang tua permohonan maaf kemudian bisa digantikan dengan banyaknya video call file-nya dan lain sebagainya kemudian kirim-kirim hadiah kepada mereka kirim hadiah sering jalin komunikasi Meskipun jauh dimata tapi dekat di hati bersama kedua orang tua atau keluarga demikian wallahu ta'ala alam barakallahu fiik Ustad pikumbang kami relief kita ada ibu-ibu yang ingin bertanya langsung silahkan Pertanyaan selanjutnya eh Ustad Sampai kapan Allah akan memaafkan hambanya yang berdosa kalau bertauhid Maaf Sampai kapan Allah memaafkan hambanya yang berdosa Jika dia bertaubat dan beristighfar dari dosanya dan kembali melakukan dosa yang sama sekali lagi dan terus begitu I am Apakah Allah masih ini apakah alat akan mengampuninya terus mengampuninya kembali bye Masya Allah tabarakallah ini Kebetulan sekali pertanyaan ini erat hubungannya dengan pembahasan kita yang akan datang Insya Allah tapi tidak mengapa kami Sebutkan beberapa hal terlebih dahulu yang pertama hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Alaihi Wasallam inallahha ya kubalut tahu batang abdihi Malam YKS Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala menerima taubat seorang hamba selama ia belum mengalami roh-roh itu adalah perjalanan ruh saat dicabut dan sudah sampai di kerongkongan terjadi seperti ngorok begitu ya terdengar seperti ngorok dan seterusnya itu adalah kuroro sebelum nyawa dicabut dan sampai ke kerongkongan maka Masih Ada Kesempatan bertobat atau kondisi karena seseorang sudah tidak mungkin lagi untuk bertaubat seperti yang dialami oleh Firaun ketika dia sudah ditenggelamkan sudah tidak ada lagi harapan kehidupan maka saat itu pulalah kemudian tidak ada kesempatan Taubat baginya dipanjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala sebelum itu masih terbuka dalam hadits yang lain Allah Subhanahu Wa Ta'ala menerima tobat selama matahari belum terbit dari barat katanya sebelum hari kiamat tiba ketika hari kiamat tiba matahari itu akan terbit dari arah Barat Maka sebelum kiamat kecil yaitu datangnya kematian dan sebelum kiamat besar ditandai dengan terbitnya matahari dari arah Barat Maka Taubat Allah subhanahuwata'ala terbuka setiap waktu 24 jam setiap hari bahkan setiap kejap mata kita bertobatlah kepada Allah subhanahuwata'ala hanya saja yang perlu diingatkan adalah syarat taubat penuhi syarat taubatnya menyesali dengan sebenar-benarnya penyesalan kemudian meninggalkan secara keseluruhan keseluruhan kemudian bertekad kuat bulat untuk tidak mengulanginya kembali tiga Hal inilah yang disebutkan oleh para ulama sebagai syarat Taubat dia menyesali dia meninggalkan dia bertekad bulat untuk tidak mengulangi kembali bagaimana kalau setelah Taubat ini dihadirkan istighfar dipanjatkan tapi ternyata dia mengulang kembali selama dia tidak menghalalkan perbuatan maksiat tersebut ia sudah bertaubat kemudian dia terjatuh lagi dalam kemaksiatan dia sadar bertaubat kembali Dia betul-betul bertaubat kepada Allah subhanahu wa taala tapi kemudian dikuasai lagi oleh hawa nafsu dan seterusnya dia lakukan kembali entah serupa atau mungkin lebih buruk atau mungkin sedikit lebih ringan tapi dia ulangi kembali baik dosa yang sama atau dosa yang lain dia bertaubat kembali ke sama dia tidak menghalalkan Iya Taubat tersebut atau dia merendahkan ah segampang sudah gampang selama dia tidak meremehkan Taubat meremehkan dosa dan menggampangkan Taubat selama dia tidak seperti itu Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengampuni dan Insyaallah akan lebih lengkap kita akan kaji by lillahita'ala dikesempatan yang berikutnya karakteristik yang keenam Maka jangan putus asa Dari bertobat kepada Allah beristighfar memohon ampunan Allah subhanahuwata'ala setiap kali kita berdosa pas maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala pasti akan mengabulkan permintaan tersebut dan menerima Taubat kita allohu Ta'ala a'lamu bish-shawab Hai barakallahu fiik ustad ini ada pertanyaan lagi yang masuk Ustad jika anak meminta penjelasan bukti rasional apa yang menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang benar dan Allah menyuruh semua manusia memasukkan memeluk Islam dan bukti itu bukan Alquran maka penyelesaiannya Bagaimana Ustad Iya memang terkadang kalau orang itu terlalu rasional itu disadari atau tidak Dia merasa bahwa segala sesuatu itu dapat dikuasai dengan Nalar pikirannya padahal tidak meski demikian tidak mesti demikian ya ya ke-3 dak segala sesuatu yang tidak yang tidak terlihat kasat mata itu sesuatu yang tidak ada maka Apa bukti rasional bahwa islam itu adalah agama yang benar Boleh saya katakan salah satunya yang paling tidak bisa dielakan adalah Fitrah paling tidak bisa dielakkan oleh seseorang adalah dalil Fitrah bahwa agama ini adalah agama yang benar jika vital seseorang itu bersih jika Fitrah seseorang itu masih lurus maka dia akan bisa menerima bahwa Islam adalah agama yang benar yang kedua dalil rasional bahwa Islam adalah agama yang benar dan agama yang diridhoi oleh Allah subhanahu wa ta'ala adalah tidak adanya kontradiksi di dalam tuntunan Islam satu sama lain kalau masih ada diduga kontradiksi antara satu tuntunan dengan tuntunan lain dalam Islam itu karena kita tidak mengetahuinya karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala di dalam Alquran menjamin tidak ada kontradiksi di dalam tuntunan Islam yang bersumber dari al-qur'an Allah berfirman Afala yatadabbarunal Quran walau Kana miring dirilah wajah movie istilah Pancasila Tidakkah mereka mentadaburi yang mempelajari dengan baik Alquran karena sekiranya Alquran datang dari selain Allah niscaya mereka akan mendapatkan kontradiksi yang banyak tapi karena dia datang dari Allah tidak akan ada terjadi kontradiksi ya Jadi yang pertama adalah dalil Ussy toh ada-ada Fitrah yang tidak bisa dielakan asal jujur lho ya seseorang jujur dengan dirinya betul-betul Saya ingin cari kebenaran hanya saja saya belum tahu apakah betul Islam adalah agama yang paling benar agama yang paling diterima oleh Allah subhanahu wa ta'ala Saya tidak tahu tapi ya Allah apapun yang bisa membuktikan hal tersebut Tunjukkan aku jalan kebenaran dia memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan ketuanya yang bersih yang lurus maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan menunjukkan kebenaran itu Allah berfirman walladzina jahadu final lanahdiyannahum sebulan orang-orang yang bersungguh-sungguh dijalan kebenaran niscaya kami akan menunjukkan kepada mereka jalankan Kemudian yang kedua adalah bukti rasionalnya adalah tidak adanya kontradiksi tidak adanya kontrak diksi kau begini ya padahal kan begitu itu mungkin karena keterbatasan ilmu kita kalau kita pelajari lebih dalam maka pasti tidak akan ada kontradiksi karena bahkan tidak adanya kontradiksi dalam tuntunan Islam yang bersumber dari Alquran dan Hadits Nabi Ikhwan yosela adalah jaminan dari Allah subhanahu wa ta'ala Allah jamin obat tidak ada yang kontradiksi dalam Islam demikian wallahu ta'ala barangkali bukti-bukti rasional yang lain bukti rasional yang lain adalah eh kesempurnaan agama Islam sempurna agama Islam ini sempurna dan universal yang sempurna dan universal sempurna karena tidak ada sesuatupun yang terluput pasti saja ada tuntunannya baik bersifat tuntunan Global kaidah yang umum ataupun yang spesifik selalu ada tuntunannya di dalam Islam bahkan selalu ada pembuktian dari waktu kewaktu baik bukti empiris ya ilmiah dan lain sebagainya dan juga universal meliputi segala lintas usia lintas waktu lintas dimensi kehidupan dan lain sebagainya di barangkali bukti rasional yang lain yang bisa kami berikan adalah bahwa islam itu agama riwayat Hai boleh dijaminkan bahwa satu persatu ayat demi ayat hadits demi hadits yang diyakini merupakan tuntunan Allah subhanahu wa ta'ala dan bimbingan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pasti ada riwayat yang menyambungkan antara kita dengan Wahyu tersebut makanya Alquran dari awalnya hingga akhirnya 30juz semua ayatnya semua hurufnya bahkan semua harakatnya diriwayatkan dengan riwayat yang Mutawatir dan ini Saya jamin tidak ada pada agama yang lain tidak ada pada agama yang lain agama selain Islam sebut saja punya kitab suci punya apa begitu maka kitab suci itu tidak bisa dibuktikan validitas keabsahan ketersambungan nya bahwa itu adalah wahyu dari Allah subhanahuwata'ala Adapun Islam selalu saja baik satupun hadis akan terhubung dengan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam agama yang lain kitab suci agama lain tidak akan tersambung kepada nabi mereka putus entah putus diabad ke sekian abad kesekian generasi kesekian maka ini adalah beberapa bukti rasional wallahu ta'ala a'lamu bish-shawab halo cek Aan Ustad mungkin ada sedikit kesulitan dengan MC baik Ustaz tidak ada lagi pertanyaan Hai ketiknya mungkin bisa ditutup di setelah Khairan wa jazakumullahu khairon para pemirsa dimana saja berada rohimakumullah akhi Ukhti yang mengikuti kajian ini Semoga senantiasa dikasih oleh Allah subhanahuwata'ala demikianlah kajian kita tentang salah satu diantara karakteristik yang dituntunkan di dalam Islam dan diteladankan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam adalah agar kita memiliki sifat kelembutan dan kelembutan adalah kebaikan dalam setiap urusan kelembutan akan memudahkan kita menerima kebenaran kelembutan akan menjauhkan kita dari berbagai petaka dan kesulitan kelembutan akan menghadirkan ketentraman di dalam jiwa kita berlatihlah untuk menjadi seorang yang memiliki kelembutan Meskipun mungkin kita sadar bahwa kita banyak kekurangan terutama dalam hal kelembutannya maka jangan putus asa senantiasalah berusaha untuk berlatih pada diri kita menumbuhsuburkan kelembutan itu nyata Des tadi sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam disampaikan diriwayatkan oleh Ath thobroni dengan sanad yang Hasan in namun helmet halum sesungguhnya kelembutan itu dengan upaya membentuk kelembutan tersebut dan Semoga apa yang kita pelajari tidak hanya terhenti pada sebuah wawasan tapi bisa menjadi aplikasi nyata di kehidupan kita sehari-hari Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua kebenaran hanya datang dari Allah subhaanahu wa ta'aala kekeliruan dan kekhilafan adalah keterbatasan siapapun Di Antara Kita sebagai manusia Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengampuni dosa-dosa kita semua dan semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menganugerahkan istiqomah bagi kita Semoga Allah subhanahuwata'ala tutup hayat kita dengan Khusnul Khotimah dan semoga Allah masukkan kita bersama orang-orang yang kita cintai ke dalam surga yang tertinggi al-firdaus ala-ala bersanding dekat dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Alaihi Wasallam Hai Allahumma Amin mobil dahi Taufiq walhidayah Wahyu dakwah namun hamdulillahi rabbil alamin salam hormat kami untuk segenap anggota keluarga di rumah wallahu a'lamu bish-shawab subhanakallahumma Rabbana wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaih Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh