Selasa, Januari 25, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Fiqh Usrah Keluarga ini Umi Mimi ambil dari Youtube Ammi Nur Baits, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Fiqh Usrah Keluarga ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Fiqh Usrah Keluarga

Fiqh Usrah Keluarga | Ustadz Ammi Nur Baits, ST., BA

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil mursalin Nabina Maulana Muhammadin wa'ala alihi washohbihi ajma'in wa Asyhadu anla ilaha illallah wahdahula syarikalah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warosuluh sallallahu alayhi wa'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam atas lima khatiroh sumabrata Alhamdulillah puji syukur kita haturkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala di siang hari ini kita kembali kali belajar bersama dan perdana untuk tema fiqih nikah dan talak Ki mengacu kepada buku artikel muyassar dan nah buku Fiqih muyassar ini banyak kita jadikan sebagai rujukan untuk kajian bab 10 kita membaca fiqih muyassar untuk janjian fiqih shalat diselenggarakan oleh rumah dakwah Paduka Yukai kemudian kita juga membaca fiqih muyassar untuk BAB seputar udah iya dan aqiqoh kemudian beralih kepada bab Sumpah dan masalah Nazar diselenggarakan oleh B disc0 Chevron kemudian kita juga mengkaji fiqih muyassar di bab tentang masalah zakat yang ini sudah pernah kita bedah di kajian pagi dia MB channel dan alhamdulillah untuk kesempatan kali ini kita mengkaji fiqih muyassar di bab tentang fiqih nikah dan talak yang diselenggarakan oleh komunitas imsak dan insya sebagaimana seperti biasa kita akan gunakan share konten saya begini ya kalau kita belajar satu buku dari awal barangkali ini akan sangat membosankan sehingga metode yang kami gunakan seperti tadi dipecah-pecah displet gede di kajian babi ini diselenggarakan oleh a oleh B oleh c dan dengan demikian Kalau Anda mengikuti semuanya berarti sama halnya dengan anda membaca buku Fiqih muyassar dari awal sampai akhir dan itu akan memudahkan bagi kita ketika kita membaca buku secara utuh kita baca secara terpisah apabila anda merasa ketakutan kalau baca dari awalnya mungkin akan bosan ketika sampai di Perth sepertiga dari buku tapi kalau kemudian diikuti secara terpisah Dang di kajian ini anda ikut di bab shalat kita janin yg Anda ikuti bapikir tentang masalahku Hai dan aqiqoh di kajian yang lain Anda ikut di bab yang lain Insyaallah Dengan demikian tidak terasa semuanya kita sudah membaca satu buku namun kemudian dilakukan secara terpisah antara satu waktu dengan waktu yang lain baik tentang fiqih usroh jadi pembahasan masalah Ah kamu zawaj iki masalah pernikahan kitabun nikah Wat phala kalau dihitung muyassar judulnya adalah kitabun nikah mud palak bab tentang masalah pernikahan dan cerai dan kalau kita melihat sistematika kajian fiqih sistematika kajian fiqih para ulama membagi kajian fiqih menjadi empat pokok bahasan utama Hai yang pertama adalah fiqih ibadah yang kedua adalah fiqih muamalah yang ketiga fiqih usroh dan yang keempat di kulkas do well jinayat Ikeh seputar masalah peradilan dan jinayat jinayat itu tindak kriminal tindakan kriminal dalam is baik like ibadah Alhamdulillah telah kita bahas di kajian malam bersama rumah dakwah Pandu kayu ke dan kita sudah sampai pada pembahasan seputar masalah sujud tilawah kemudian fiqih muamalah di buku Fiqih muyassar Kita pernah mengkaji bikin mualaf muamalah sosial Hai ada hibah ada hadiah ada wakaf dan seterusnya iki usroh sekarang sedang kita kasih dan kita masih meninggalkan satu pembahasan yaitu v-kool kodok wall China ya yang belum kita sentuh ya bagian yang ini selanjutnya jamai dimakan Allah Subhanahu ta'ala para ulama menjelaskan Kenapa fiqih keluarga Usro artinya keluarga Kenapa fiqih keluarga itu ditaruh di nomor 3 telah kajian fiqih muamalah Kenapa kajian fiqih keluarga ditaruh di nomor tiga para ulama mengatakan fiqih keluarga ditaruh di nomor tiga karena muamalah itu bisa dilakukan oleh siapapun meskipun dia belum layak berkeluarga biasanya anak kecil yang belum baligh boleh nggak dia berjual beli Hai boleh dengan ketentuan dan syarat tertentu tapi kalau berkeluarga anak kecil yang belum baligh masih SD kelas 1 kelas 2 Ya tentu saja mereka belum bisa untuk berkeluarga sehingga secara kematangan manusia berkeluarga itu termasuk diantara posisi yang terakhir kita rata-rata berkeluarga di usia diatas 20 tahun padahal kita sudah bertransaksi dan bermuamalah sejak usia tujuh tahun 8 tahun kita sudah bisa belanja kita sudah bisa membeli barang dengan uang saku yang kita punya ngerti regane duit gede tahu tweet ini nilainya sekian uang warna merah dengan uang warna biru tauge dan nilainya gede mana antara biru dan merah kefir Uh Anak kecil tahu gede biru yang merah kan Rp10.000 itu merah baumu Hai sehingga dia mengenal uang dengan warna dia mengenal uang dengan angka nilai mereka tahu Dan ketika mereka belanja dia juga tahu ini pantasnya harga sekian jajan 2000 dia tahu kurang lebih sekian nanti akan dia dapatkan Makanya kalau anak sudah biasa jajan banyak dikasih duit seribu nama udah ini dapat apa berarti dia sudah bisa bermuamalah tahun nilai dari barang Wow ini nanti dapat eh jajannya atau ini dapat apa Nah itu sifatnya hanya itu salah satu diantara bukti bahwasanya sebenarnya anak itu sudah tahu sudah tahu dalam bermuamalah sehingga secara urutan manusia ini lebih awal dibandingkan yang ini ini lebih awal dibandingkan keluarga Lalu kenapa fiqih ibadah ditaruh no sama jelas karena tujuan kita diciptakan adalah untuk ibadah dan kita mengajarkan ibadah kepada anak-anak sebelum mereka bisa bermuamalah sebelum mereka tahu nilai uang sebelum mereka tahu nilai barang mereka sudah kita ajari ibadah berzikir mengucapkan kalimat takbir meskipun masih banyak salah tapi itu hal yang lumrah karena mereka adalah anak-anak Ayub selanjutnya kita akan membahas kitabun nikah dengan membaca Pygmy Ashar bab yang pertama adalah fine nikah bab tentang masalah pernikahan Alma salatullah materi yang pertama pengertian nikah dan Dalil disyariatkannya pernikahan pengertian nikah-nikah secara bahasa artinya adalah a Om Waljamaah What the dahulu nikah secara bahasa artinya menggabungkan secara bahasa nikah artinya menggabungkan mencampur you call ada sebagian yang mengatakan diambil dari istilah orang Arab tanah Kahat al-azhar pohon-pohon itu tetap manakah hak maknanya adalah idem Ma ketika antara satu pohon dengan pohon yang lain bergabung dan saat pohon itu bergabung maka kadang batangnya itu menyatu yang kita mengenal Apa isi nesstech ya metode stek dimana pohon satu dengan pohon2 digabungkan itu bisa terjadi setara secara alami bisa juga terjadi dengan kanal manusia naumin nakhal matoru alarm mboke ada juga yang mengatakan kata nikah bungkan bergabung itu berasal dari istilah orang Arab nakhal mathorun arodoh hujan itu telah menikah dengan bumi Masnya adalah tidak talatof bisa Roha apabila hujan itu telah bercampur dengan tanah bumi baik ini mana nikah salah bahasa artinya adalah bercampur berkumpul bergabung bocoran dan secara istilah abdun salah istilah nikah adalah sebuah akad ya Tombol menu ibah Hatta istimta iklim mint Azzaini bila chord Always feel Masruroh akad yang memberikan konsekuensi akad yang mengandung konsekuensi bolehnya di antara satu dengan yang lain antara pasangan suami-istri melakukan istimta melakukan hubungan badan Minggu Zaini bila akar antara satu pasangan dengan pasangan yang lain adalah wakil masyuro sesuai dengan cara yang disyariatkan definisi nikah syar'i Jadi nikah syar'i adalah akad nikah itu akan Kalau acara makan-makan itu apa itu walimah terus nikahnya yang mana nikahnya adalah angkatnya sehingga nikah itu akad Hai dan setiap akad berisi konsekuensi Apa konsekuensi dari akad nikah dihalalkannya melakukan hubungan badan al-wakil masyuro sesuai dengan ketentuan yang disyariatkan selanjutnya kita akan beralih kepada pembahasan ad Lettu Mas Rohayati nikah dalil disyariatkannya nikah al-'ashri yatim nikah Alkitab was sunnah Waljamaah dalil tentang disyariatkannya nikah ada dalam al-quran hadits dan ijma' Hai beberapa Dalil yang menunjukkan disyariatkannya nikah ada beberapa ayat yang banyak ada banyak ayat yang menunjukkan disyariatkannya nikah diantaranya firman Allah ta'ala di surat an-nisa ayat yang ketiga pangkihu matobalakum minannisa imagina wasulasa waruba' mikayla yang kalian cintai diantara para wanita Allah Sebut matobalakum apa yang kalian cintai diantara para wanita dan itu normal yang terjadi di kalangan manusia nikah itu terjadi karena apa rasa cinta kalaupun terjadi di luar itu Ya sifatnya tidak normal dan kejadian ini hanya sekali-dua kali artinya tidak dominan Hai kalau ada kasus orang menikah tapi tidak mencintai ada nggak ada tapi sifatnya kasuistik dan hal yang tidak normal itu secara umum tidak dominan masna wasulasa merubah dengan menikahi dua atau tiga atau empat wanita paint septum Allah ta'dilu wahai datang kau memang agak Iman hukum kalau kalian khawatir tidak bisa adil maka satu itu sudah cukup kau Ma malakat aimaanukum atau kalaupun tambah maka tambahannya adalah dengan budak-budak yang kalian miliki sehingga ada yang disebut dengan ta'addud saat debut dan ada yang disebut dengan tas sharing Hai kalau ta'addud itu nikah lebih dari satu tanpa ada perpisahan tanpa ada perpisahan tanpa ada cerai ya poligami seperti yang kita pahami at kalau tasarri ini nikah plus menggauli budak Mei memang gauli Buddha inilah namanya seri sehingga ketika ada seorang lelaki dia punya istri dari hasil pernikahan lalu dia juga punya muda kemudian dia menggauli Ndak nya maka udah ini keberadaan Buddha ini tidak disebut Atut sehingga istrinya ini tidak bisa tidak disebut oh berarti dia atau suaminya telah melakukan tahap tidak yang Betulkah sharing istilahnya tassari menggauli budak dan dia sudah memiliki seorang istri baik dan terkadang di masa silam ada wanita yang mereka mensyaratkan ketika nikah dia syaratkan kepada calon suaminya Saya mau dinikahi dengan syarat kamu tidak Asy'ari kamu tidak tersaring kemudian ketika si lelaki itu setuju maka terjadilah pernikahan dan suami ini tidak boleh menggauli budak meskipun game memilikinya sesuai dengan proses kesepakatan yang dibuat dengan calon istrinya sebelum menikah Hai Ayyub KWU dan Allah ta'ala berfirman waankihul ayama Apa yang dimaksud dengan ayah mah alay ama jamak dari kata imun artinya adalah mana zainah U Mine Rizal woman Azza wajalla hamil Annisa adalah berasal dari kata imun artinya orang yang gak punya istri bujangan dari kalangan lelaki atau wanita yang tidak punya suami rawan dari kalangan wanita atau Janda dari kalangan wanita intinya orang yang tidak punya pasangan hidup baik laki maupun perempuan itu dalam bahasa Arab disebut imun jamaknya ayam Hai Nah kalau kita sudah tahu seperti ini Jangan dijadikan sebagai nama anak namanya siapa Ayah memaksa Allah nih orang rapi Sampai Mati nanti nggak nikah sampai mati alay ama artinya adalah orang yang tidak punya pasangan hidup baik laki maupun perempuan baik yang masih bujang maupun yang sudah udah baik yang masih perawan maupun yang sudah janda waankihul ayam ingkung nikahkanlah para ayam minkum Diantara Kalian mau Salihin Amin abadiku waycom dan orang-orang Saleh di antara pudak kalian dan udah laki-laki dan budak perempuan kalian baik sehingga di sini Allah perintahkan agar masyarakat itu apa ya menyongsong menyongsong itu kalau bahasa Jawanya Wooyoung bareng agar masyarakat itu menyongsong terjadinya pernikahan Maksudnya gimana disongsong bareng-bareng sehingga yang belum punya pasangan itu carikan carikan mereka yang belum punya pasangan yang masih jomblo yang masih sendirian tarikan Oh ya betemu saya padanan ayam yang paling bagus jomblo udah itu bisa jemput jomblo ya jomblo duda jomblo janda ya jomblo alay ama itu bahasa Indonesianya jomblo bukan bukan Apa bukan Gadis Bukan Pujangga kalau tadi sedangkan belum pernah menikah yang lebih tepat jomblo toilet Allah ta'ala perintahkan agar para jomblo itu kita nikah kan artinya itu jangan disuruh nyari sendiri jomblo jangan disuruh nyari sendiri carikan carikan waankihul ayam mencarikan para ayame carikan pasangan pesan Livina menerima di Kumai Kumai sehingga nikah itu proyek sosial bukan tanggungjawab yang belum dapat pasangan makanya bantu mereka-mereka yang belum menikah tentu mereka-mereka yang belum punya pasangan agar mereka segera menikah demikian pula para budak laki maupun perempuan nikahkan mereka namanya Buddha mereka pendapatannya Enggak banyak maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan janji Iya kumuh khoa yuegene allahummaghfirli kalaupun mereka ini fuqoro mereka dalam kondisi miskin maka Allah Ta'ala akan berikan kecukupan bagi mereka Min fadhlihi dengan Karo Indonesia sehingga jangan takut kalaupun mereka dalam kondisi tidak mampu Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan mencukupinya karena itu menurut Sebagian ulama dan ini tafsir sebagian sahabat iltamisu hina bisa watch Carilah kekayaan dengan cara menikah sehingga saya ini tafsirnya Ibnu Mas'ud ra dilan.dan terdapat banyak hadis dan terdapat banyak hadits yang menekankan pernikahan diantaranya adalah Hadits Ibnu Mas'ud radhiallahu Anhu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda Ya masyarakat sabab wahai para pemuda manistatho'a minkumul ba'ah siapa diantara kalian yang sudah memiliki kemampuan Alba ah Hai apa Mana Alba ah Alba a artinya adalah nikah What the Woods Siapa yang sudah punya kemampuan untuk nikah Diantara Kalian file yatazawwaj maka hendaknya dia menikah dan al-mabsuth Una yang dimaksud bakal disini adalah khalifah watch biaya nikah dan nafkah dia bisa memenuhi biaya nafkah dan pernikahan Siapa yang punya kemampuan untuk menanggung biaya berkeluarga melihat sesuatu maka hendaknya dia berkeluarga tidaknya dia menikah Alba ah itu memiliki dua atau lebih pendapatnya tentang makna Al ba Wah ada dua pendapat ulama dalam masalah ini Hai sebagaimana ada yang menyatakan Alba AH artinya adalah hubungan badan ya Sehingga Jika dimaknai dengan yang pertama ia masyarakat sabab wahai para pemuda wahai para syabab manis Toto Amin kumpul bahas siapa diantara kalian yang sudah mampu hubungan badan melihat tazawwaj Maka segeralah menikah tapi ini pendapat yang lemah ini pendapat yang lemah karena jika yang diperintahkan nabi selesai Sallam adalah pemuda yang memiliki kemampuan hubungan badan ya semua pemuda punya kemampuan hubungan badan maka disebut Ashab sabab itu adalah pemuda usianya dari mulai balek 15-50 ya dia masih di posisi si seger masih kuat ya kalau sudah tua gede sudah tua maka kemampuan itu mulai menurun Nah kalau kemudian yang dipanggil adalah sabar otomatis dia punya kemampuan itu Um kemampuan melakukan hubungan badan karena itu jika hadisnya dimaknai wahai para pemuda yang mampu melakukan hubungan badan Siapa diantara kalian yang punya kemampuan hubungan badan lo ini berarti penyebutannya dua kali sehingga kalau itu penyebutannya jadinya dua kali maka ini dijadikan sebagai makna yang lemah Mega tafsir yang kedua menambah adalah nafkah keluarga siapa Di Antara Kalian wahai para pemuda yang mampu untuk memberikan nafkah keluarga Evalia udah watch maka hendaknya Dia segera menikah Kenapa segera menikah paint nahu Abdul besar karena dengan nikah akan membuat orang itu lebih gold dulbasoft Ahsanul Fuad dan lebih menjaga kemaluan gua malemnya Static fa'alaihi psaume tapi Siapa yang gak mampu nikah maka dia harus puasa paint allohu bijak karena itu akan menjadi meja untuk menjadi pemecah syahwat baginya baik sehingga kita bisa perhatikan disini tujuan pernikahan yang disebutkan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dalam hadits tersebut kita bisa apa membuat kesimpulan tentang 7 menikah yang disebutkan dalam hadits tersebut ndak ada dua yang pertama dalam rangka untuk God Dul besar biar enggak plirak plirik biar tidak Lira tidak biar matanya tidak jelalatan biar matanya tidak mengarah ke mana-mana Karena dia sudah punya pasangan atau yang kedua manfaat yang kedua adalah so-04g agar tidak zina baik menjaga kemaluan agar tidak terjadi perzinahan ini tujuan besar nikah Makanya kalau kemudian Orang sudah menikah tapi dua ini tidak terjadi berarti tujuan besarnya tidak ada padanya sehingga atas tiada masalah antara dia dengan keluarganya and ia dengan istrinya atau istri dengan suaminya pasti ada masalah ketika dua hal ini tidak diwujudkan selanjutnya zaman mengeluh Subhanahu ta'ala Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga bersabda dalam hadits dari ma'qil bin yasar Ana Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam akal bahwa Rasulullah SAW Wassalam bersabda tazawwaju al-wadud Al waduud mikayla para wanita yang subur para wanita yang al-wadud yang romantis yang mencintai suami Al waduud yang subur yang tanya anaknya al-wadud itu karakter Mental dia nikahi wanita yang dia kalau kau nikahi dia kan mencintaimu Hai akan berusaha untuk membahagiakan romantis dengan suaminya alwanu nanti kalau kau menikah dengannya kamu akan mendapatkan keuntungan Pak Ini muka serum bikumul Umam karena aku membanggakan umat Diantara Kalian Aku membayangkan jumlah umat dengan kalian ada Sebagian ulama yang mengatakan Andaikan orang punya niat nikah lalu niat utama ketika dia menikah hanya dalam rangka mewujudkan harapan Nabi SAW wassalam yaitu berlomba-lomba memperbanyak orang baik diantara umat beliau Shallallahu salam lattafa maka niat yang baik itu sudah cukup ada sebuah ceramah yang disampaikan oleh salah satu muridnya Syekh Albani rohimahullah beliau sampaikan begini Ayo kita diciptakan adalah dalam rangka untuk beribadah kepadanya sehingga jadikan setiap aktivitas yang kita lakukan orientasinya adalah ibadah Terus apa Ibadah dalam menikah Ibadah dalam nikah adalah melakukan pernikahan dengan maksud mewujudkan sebagaimana tujuan pernikahan tujuan pernikahan yang ditetapkan oleh syariat kalau orang itu menikah sebatas hanya untuk istimta karena ingin melampiaskan cintanya sehingga bisa melakukan hubungan badan maka Enggak ada bedanya antara muslim dengan kafir dan orang kafir pun melakukan hal yang sama dia menikah untuk melampiaskan cintanya kepada lawan jenis dan pasangannya dengan melakukan hubungan badan ada yang lebih dari itu yaitu ketika menikah dia punya one satu dalam rangka untuk betul basor yang kedua biar tidak berzinah yang ketiga untuk memperbanyak keturunan sehingga dia biar punya anak dan itu memperbanyak orang baik dikalangan umat Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam kemudian niat-niat Saleh yang lainnya agar bisa Nanti saling apa misalnya eh agar nanti bisa saya memberi nafkah Jadi ibadah bisa saling tolong-menolong membantu dalam melaksanakan ibadah ketika suami melakukan hubungan badan dengan istrinya disebut oleh Nabi Salam Wafiq bootnya ahadikum shodaqoh dalam kegiatan hubungan badan Kalian ada sedekah bernilai sedekah diniatkan dalam rangka seperti itu maka berarti dia dari awal ketika menikah tujuan besarnya adalah untuk mewujudkan ibadah kepada AllAh subhana wa taala Hai bentuk dari ibadah adalah mengikuti perintah nurut kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala perintahkan Ade ikuti Allah perintahkan BG ikuti Allah perintahkan nikah dengan tujuan X diikuti itulah inti dari ibadah karena itu jangan dimakan Allah Subhanahu ta'ala pada saat orang itu menikah dalam rangka untuk menjaga kehormatannya agar tidak terjadi perzinaan menit ini berarti dalam rangka untuk menjaga kehormatan Yuri itu bila fav untuk menjaga kehormatan Insyaallah pernikahan yang dilakukan termasuk diantara bentuk ibadah kepada Allah Subhanahu ta'ala dan anda bisa berarti kan ya Ada banyak nama ulama disekitar kita Imam Abu Hanifah Imam Malik Syafi'i Imam Ahmad dan masih banyak ulama yang lainnya Sufyan assauri al-zain Ibnu uyainah Abdullah bin Mubarok Imam Bukhari imam muslim dan seterusnya mereka muncul dimuka bumi ini Allah ciptakan Mereka kemudian syaikhul Islam Ibnu Taimiyah imam nawawi kemudian Ibnu Hajar al-asqalani saya Sebutkan satu kelompok di satu Masa satu kelompok di masa yang lain Mereka hadir dimuka bumi ini baik dari mana mereka hadir dari muka bumi ini Apa sebabnya sebabnya adalah hubungan pada sebabnya adalah hubungan badan sampai ada Sebagian ulama yang mengatakan Hai ada ulama yang mengatakan warung-warung Baji Marine Sebab saya carikan Ibnul jauzi dalam talbis iblis meletakkan warung Baji main hakk data minhu waladun Wisnu Syafi'i hadzami muwalladun Wisnu Syafi'i Ahmad Ibnu hambal akan khairon Mine badati Alfa sangat Mine badati alvisyhrn Atik ada hubungan badan dan jimak yang menghasilkan seperti Imam Syafi'i seperti Imam Ahmad yang itu lebih baik dibandingkan ibadah seribu Hai masalah tadi dan satu orang ini dengan kehadiran satu orang ini dunia tersinari dengan ilmu dengan kehadiran beliau dunia tersinari dengan hadis dengan kehadiran beliau orang jadi tahu aja di tahu Allah jadikan mereka sebagai sebab dimana ilmu dan syariat Islam tersebar Makanya jangan diremehkan nih kegiatan seperti ini bisa menghasilkan sesuatu yang sangat istimewa dan kita tidak tahu semuanya bagian dari takdir Allah yang yang rahasia kita enggak tahu pada saat kita menikah mungkin kita tidak punya bayangan anak saya nanti akan menjadi imam besar kita nggak punya bayangan saat kita menikah namun ada sebagian yang Allah takdirkan bisa di seperti sesuai dengan apa yang Allah titipkan ke Ndah artinya dengan menghadirkan seperti ini maka sebenarnya adalah terbelakang yang bisa bernilai ibadah bagi mereka yang melakukan pernikahan yaitu nikah dalam rangka untuk menghasilkan dalam rangka untuk menghasilkan keturunan yang sholeh dan sholehah berguna bagi umat Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam melalui pendidikan yang kita berikan semampu yang bisa kita berikan ada pernikahan yang menghasilkan seperti Imam al-albani ada pernikahan yang menghasilkan orang seperti Syeikh bin Baz Anda pernikahan yang menghasilkan orang seperti Imam Ibnu utsaimin dan para ulama yang lainnya sehingga dengan keberadaan mereka orang jadi banyak tahu ilmu agama syariat menjadi terbesar di tersebar dimana-mana lokal tajam almuslimuna Dharmasraya Timika kemudian dalil Hai yang ketiga adalah dalil ijma' kaum muslimin sepakat bahwa nikah itu di syariatkan kaum muslimin sepakat nikah itu disyariatkan baik dan itu berlaku bagi semua orang Nah selanjutnya ya Jadi kita bicara hukum asal nikah hukum asal nikah adalah dianjurkan dan kaum muslimin sepakat nikah itu disyariatkan dianjurkan atas ^ kaum muslimin baik ada di dalam agama yang lain Dimana mereka itu mengatakan nikah ada yang dianjurkan ada yang haram dianjurkan bagi selain Uskup dan para pendeta haram bagi pendeta yg itu Sekjen asroni tertentu sehingga mereka tidak nikah namun dalam Islam nikah itu hukumnya dianjurkan melakukan ini semua manusia baik mereka yang menjadi tokoh agama maupun yang bukan tokoh agama semua mendapatkan perlakuan yang sama yaitu dianjurkan kecuali nah dianjurkan ini bisa berubah kita bicara hukum asal ya hukuman satu bisa berubah Hai tergantung sesuai sikon sesuai situasi atau kondisi second Ya baik hukum asal bisa berubah sesuai situasi dan kondisi berubah jadi apa berubah jadi apa berubah jadi wajib misalnya kalau nggak nikah pasti zina maka wajib bagi dia harus nikah atau kalau nggak nikah nanti akan terjadi fitnah yang jauh lebih besar maka wajib bagi dia untuk menikah karena ada kondisi tertentu dimana nikah itu menjadi wajib kemudian ada nikah yang kemudian hukumnya berubah jadi eh apa makruh misalnya contohnya gimana pak jadi Ma'ruf misalnya menikah namun Hai ada potensi akan menimbulkan ada potensi akan menimbulkan fitnah contoh ada orang yang menikah namun dia misalnya tidak punya kemampuan untuk menafkahi keluarganya dan dia juga nggak punya tabungan lalu Disamping itu orang ini apa misalnya fisik yang cacat fisiknya cacat sehingga tidak bisa berjalan Normal atau bahkan dia lumpuh dan seterusnya maka bisa jadi pernikahan baginya statusnya makruh karena dikhawatirkan mendholimi pasangannya dan ada pernikahan yang statusnya haram misalnya menikah beda agama atau menikah [Musik] namun tidak memilih salah satu diantara syarat dan ketentuannya wah ini sudah kadung cinta ini kalau enggak diwujudkan karena ini sudah sangat cinta sekali misalnya baik lelaki maupun wanita sama-sama sangat mencintai kalau kemudian menikah gimana Apa agama suami Apa agama si lelaki Nasrani yang wanita muslimah Yahoo jika jadinya harap sehingga ada perubahan sesuai dengan situasi dan kondisi Nah kita disini Bicara hukum asal terjadi perubahan disebabkan karena kondisi tertentu wallahualam baik demikian yang bisa kita sampaikan sebagai Muqaddimah kemudian tadi ada keterangan tentang makna Al Wija ya Hai Nabi Shallallahu salam bersabda kalau nggak mampu nikah lakukan puasa boleh katakan yang enggak mampu nikah lakukan puasa beli tidak mengatakannya enggak mampu nikah silahkan Salurkan dengan cara apapun yang penting jangan sampai zina tidak bersabda demikian tapi yang beli jadikan sebagai solusi adalah berpuasa paint nah ulah uija karena puasa itu bisa menutup syahwat nikah dengan fisik yang melemah disebabkan karena puasa diharapkan orang itu syahwatnya tidak gede ketika dia tidak puasa nah ada sebagiannya dan ini sudah dibahas oleh ulama-ulama Hai tentang hukum Bolehkah karena takut pun zina orang tinggal di sebuah daerah di daerah itu banyak sekali wanita yang terbuka auratnya sementara Dia tidak memiliki pasangan hidup tidak Beat tidak punya istri dan godaan para wanita di sekitarnya luar biasa terus Bolehkah dia untuk menurunkan tensi syahwatnya dapatnya enggak boleh NU Kenapa solusi yang diberikan nabi sangat senang itu bukan tapi solusi yang diberikan nabi Shalom selam adalah puasa karena puasa itu akan menjadi Weja nda salah satu kawan yang beliau ketika bekerja di Jepang itu enggak kuat dengan godaan syahwat akhirnya pulang saat ini beliau bilang salah satu godaan yang besar bagi saya adalah syahwat di sana media pulang dakwah nah di hampir di semua negara-negara kafir keberadaan Bodas godaan syahwat itu sangat besar karena mereka tidak kenal dengan batasan-batasan aurat Maka kalau dalam situasi seperti itu orang ketika menikah atau orang ketika jauh dari pasangannya dan dia tidak bisa menikah yang dianjurkan adalah memperbanyak puasa dalam rangka untuk melemahkan potensi syahwatnya Wallahu A'lam wa Shallallahu Ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi washohbihi wasallam wakil dakwaan alhamdulillahirobbilalamin rezeki ini udah ada beberapa pertanyaan yang masuk kita bacakan pertanyaan yang pertama bismillah izin menyampaikan beberapa pertanyaan dari teman-teman imsa yang pertama sebelah mohon penjelasannya Ustadz soal muamalah menitip dibelikan sesuatu entah barang atau makanan sebab Kami sering sekali menebabkan my sering sekali saling menitip tetapi uangnya diberikan setelah barang sampai di tangan dan seringnya ditambahin sebagai tanda terima kasih Mischa misalkan teman Ana nitip dibelikan barang dengan harga 100 tapi dia tidak kasih uang ke ana Lalu setelah anda belikan Dia memberikan uang 110 katanya kelebihan untuk anak Apakah ini termasuk Lego zat Haruskah akad menitip Ini uangnya didahulukan atau harus ditambahi akad utang jika uangnya diserahkan di akhir saat Barang sudah diterima baik Ya salah satu diantara praktek apa ya bisnis adalah jastip Desa titipkan ini pernah kita bahas di kajian bedah buku uh halal-haram bisnis online Jadi kalau memang murni itu jasa titip jasa titip bukan berarti akan menyangka tijarah Ada orang eh berangkat kisah atau tempat tertentu lalu kita titip tolong belikan ini udah berarti anda kalau itu berbayar biasanya Jero maka disitu Anda meminta kepada yang bersangkutan untuk membelikan dan nanti jasanya akan dibayar nah Karena jasanya akan dibayar maka harga dari barang seharusnya diserahkan di awal harganya berapa 100 transfer 100 Saat transfer 100 anda gunakan untuk belanja beli kemudian diserahkan ke orang itu Nah selanjutnya dia bayar senilai tertentu itu diperbolehkan Karena itu adalah unsur oh oh zona Ucok nah masalahnya praktek dilapangan gak kayak gitu praktek dilapangan dihutangi dulu ditalangi dulu titipin Iya terus ditalangi sudah setelah dapat barang diserahkan kemudian dia apa minta eh kemudian baru melunasi pembayaran nilai dari barang itu plus biaya ujungnya nah memang disitu ada syubhat utang karena ditalangi terlebih dahulu makanya kalau ini bisa dihilangkan itulah bagus agar semakin yakin kalau statusnya boleh nah Biar Anda semakin yakin statusnya boleh caranya tadi Kalau anda mau titip kasih duit transfer Hai kamu sekarang berada dimana Misalnya di Hongkong Halo teman Anda berada di mana misalnya di Macau Saya lagi di Macau saya titip ya belikan ini ia bisa transfer langsung berapa kira-kira harganya Ya kurang lebih 100 Anda bisa transfer lebih enggak papa langsung transfer 301 dia balik dia menyerahkan barang itu dan nanti ada udzur Oh sesuai yang disepakati kalau Insyaallah tidak ada syubhat seputar tapi kalau ditalangi dulu ada syubhat utang dan istri ada akad tijarah dan menggabungkan antara utang dengan ijarah memang tidak boleh dasarkan hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam pun membaik tidak halal utang digabung dengan jual-beli namun dalam hal ini wallahualam yang kami pahami Insyaallah Tidak masalah karena disini tidak ada kesepakatan di awal untuk menggabungkan utang dan jual-beli makanya tidak ada yang bisanya akad sebelum itu siapa yang butuh barang X Saya mau berangkat ke kota A Siapa yang butuh barang silahkan titik kemudian orang pada titip Tapi tolong talangin dulu ya semuanya bilang talangin dulu Nanti kamu saya bayar ya baik siap tak talangi tapi syaratnya kalian harus bayar dan Nanti kalian harus ngasih margin ke saya sekian 10% itu jumlah mereka dan itu dilakukan nengke karatan Saya mau dititipi dengan Translate ijazah namun dengan syarat kau harus membayar hutangnya kami atau dengan saat kau talangin dulu kayak gini jadinya menggabungkan antara utang dengan jual beli ijazah kita kawatirkan kaleng seperti jastip dan dia meski tidak ada kesepakatan mengarah kesitu meskipun Kalau tidak ada kesepakatan Insyaallah Tidak masalah karena menggabungkan antara utang dengan jual-beli itu jika disepakati wallahualam selanjutnya Ustadz Bagaimana sikap saya jika di dekat rumah akan dibangun pondok pesantren Ahlul Bid'ah Apakah cukup mengingkari atau menasehati sedangkan saya sendiri masih pakai ilmu mohon nasehatnya Ustadz kalau Anda punya kebijakannya atau bisa bekerja sama dengan orang yang punya kebijakan kami Anda dekat dengan Pak RT atau RW lalu mereka dipengaruhi agar pembangunan itu diundur atau digagalkan Insyaallah itu yang bagus sehingga yang kita lakukan bukan apa bukan mencegah karena mungkin akan terjadi masalah yang besar di masyarakat tapi kasih tahu cepat Dwi kira-kira masalahnya Ada apa dengan Pondok itu kita memungkinkan demikian agar tidak terjadi keributan yang lebih besar Nah kalau Pak RT pak RW punya kebijakan yang baru yang itu tidak sesuai dengan atau Pondok itu akhirnya tidak jadi bangun hewan hamdulillah huana selanjutnya Ustadz Bagaimana hukum nikah yang akad nikahnya secara online Apakah ada dalam syariat Islam insya Allah nanti kita akan bahas ya nikah secara online tuh boleh atau tidak Dan kalaupun boleh teknisnya bagaimana kita belum sampai membahas masalah rukun dan syarat nikah makanya untuk bisa menjawab ini kita pelajari dulu salat dan rukun nikah baru kemudian mempelajari nikah online itu boleh atau tidak kalau pun boleh ketentuannya Bagaimana Baim lagi satenya Ini pertanyaan terakhir sedekat izin bertanya jika ada seorang laki-laki yang menyukai perempuan yang sulit mempunyai Nah karena dokter pernah menyarankan untuk melakukan bayi tabung apabila ingin memiliki anak karena simple mohon ini pernah melakukan operasi dan tidak memungkinkan memilih anak secara natural Apakah ini diperbolehkan jagoanweb membaik Waza kemahiran di posisi ini Anda bertanya tentang hukum bayi tabung bayi tabung proses yang kami pahami adalah air mani ya suami kemudian telur Ia istri di pertemukan di luar rahim kemudian telah berkembang lalu dikembalikan lagi ke rahim ibunya jika prosesnya seperti ini allahualam Insya Allah tidak masalah dan ada beberapa fatwa yang disampaikan oleh para ulama bosannya seperti ini diperbolehkan Hai karena disitu tidak ada perizinan yang kedua nasab anak ini jelas karena dikembalikan ke ayahnya dimasukkan kembali ke rahim ibunya sehingga ini dari hasil apa dari hasil hubungan badan ayah dengan ibunya tapi spermanya dengan sel telurnya di pertemukan di luar jika demikian yang terjadi Insyaallah tidak masalah Allah ta'ala a'lam wa Shallallahu Ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi washohbihi wasallam wa akhiru da'wana Anil hamdulillahi rabbil alamin Subhanallah wabihamdi kisah2 La ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaih Assalamualaikum warahmatullahi