Sabtu, September 24, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Roh Para Syuhada ini Umi Mimi ambil dari Youtube Oemar Mita Syameela, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Roh Para Syuhada ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Roh Para Syuhada

SYAMEELASERIES WEBINAR : KITAB AT-TADZKIROH | ROH PARA SYUHADA

sebuah doa yang datang dari makna 10 hati setulus jiwa sekuat ilmu karena doa yang nyaring dan dikabulkan disisi Allah adalah doa yang bermakna mereka peraturan kelas Aleta yang bisa kita simak kunnana cucilah Allah cari muka Allah Allah dan mencari mukanya Allah itu dengan menyebutkan namanya sifatnya nirohim penulis besar tidak lebih dari sejarah menceritakan kisah pertemuan empat Pemuda istimewa Pemuda pertama bernama Abdul Wahid sejatinya husu itu tidak hanya dibutuhkan pada apa yang kita lakukan pada shalat kita dan sujud kita tetapi sesungguhnya hukum itu diperlukan pula di dalam setiap untaian doa kita kepada Allah subhanahuwata'ala mengikuti Syamil series classroom sensasi menyelami doa 40 Rabbana di dalam Alquran hai hai [Musik] j&t Ayo kita mulai n alhamdulillah wa shalaatu wa salaamu ala rosulillah wa ala alihi washohbihi waman tabi'ahum Bi ihsanin ilaa yaumil kiamah Hai kepada seluruh keluarga Islam Madinah aku Muhammad Danu Muhammad fatwa dan Boyo wanita yang Semoga kita semuanya pula dipanjangkan umurnya di dalam ketaatan dan semoga pula kita dipanjangkan umurnya di dalam ibadah tentunya kita juga berdoa semoga kita hatinya senantiasa tercelup dengan petunjuk sebagaimana petunjuknya para nabi dan para rasul karena hidup pada zaman Fitnah Tidak ada yang paling berat kecuali adalah menjaga petunjuk Rasulullah pada kehidupan hati kita tentunya kita sangat memahami betul bahwasanya kalau kita berada pada zaman fitnah maka betebaran Dajjal Dajjal kecil sebelum munculnya Dajjal besar dan sesungguhnya dajjal kecil ataupun Dajjal besar tidak pernah merenggut dari kita kecuali yang paling berharga yang paling berharga itu adalah keimanan dan petunjuk yang kita peroleh dari Allah dan rasul-nya inilah yang menjadikan kita meminta kepada Allah setiap waktunya dan setiap saatnya kecepatan Semoga kita dipanjangkan umurnya dalam taat dan semoga hati kita Dicelup sesuai dengan petunjuk yang Allah berikan kepada para nabi dan para rasul Alhamdulillah tentunya kita bersyukur begitu besar hanya kepada Allah atas nikmat yang Allah berikan kepada kita sehingga pada kesempatan sore kali ini kita bertemu dan berjumpa kembali dengan keluarga besar Islam Madinah dan tentunya kita senang sekali Bahwasanya Allah memberikan kepada kita sebuah kenikmatan untuk duduk dan mendengarkan majelis ilmu karena sesungguhnya nasehatnya Allah dan rasul-nya merupakan petunjuk dalam kehidupan dunia ini gelap dunia ini menyesatkan tetap para ulama tetapi Allah memberikan petunjuk dan Allah memberikan obatnya melalui apa yang Allah sampaikan di dalam kalamnya di dalam Alquran dan menyampaikan kebenaran itu melalui lisan rasulnya di dalam as-sunnah Dan inilah yang menjadikan kita senang apabila kita mendapatkan obat dalam kita dan kita mendapatkan penerang dalam kehidupan kita yang gelap supaya kita tidak terperosok kepada kerusakan yang mengakibatkan kerusakan kita dalam kehidupan di akhirat dan tentunya di sisi yang lainnya duduk di majelis ilmu merupakan salah satu nikmat yang sangat kita syukuri karena kita terhindar dari salah satu penyakit yang sangat berbahaya dalam penyakit keimanan yaitu adalah penyakit Erot penyakit hepatitis adalah orang-orang yang mereka mengaku dirinya muslim tetapi mereka tidak pernah punya hasrat dan mereka tidak pernah punya semangat untuk mempelajari kebenaran yang datang dari Allah dan rasul-nya setiap harinya Mereka melihat Islam hanya salat dan ditutup dengan Haji tetapi mereka tidak pernah tergerak untuk mempelajari ilmu akhiratnya dan inilah salah satu ciantara ciri-ciri orang yang nanti dibangkitkan oleh Allah dalam kondisi buta ketika mereka tidak pernah memperhatikan Bagaimana keterkaitan hidup mereka dengan ilmu yang Allah turunkan hai hai Hai Dan inilah yang menjadikan kita Masya Allah bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala ketika kita menjadi seorang muslim dibolak-balikkan hati kita supaya hati kita terus membuka kepada setiap nasehat dan setiap ilmu yang disampaikan oleh Allah dan rasul-nya semoga kita termasuk pemilik hati semoga kita termasuk pemilik jiwa yang tidak pernah bosan untuk mendapatkan ilmu supaya menjadi petunjuk dan supaya menjadi obat dari getirnya zaman fitnah dan getirnya kehidupan yang begitu gelap dan tidak ada obatnya kecuali adalah petunjuk yang datang dari Allah dan rasul-nya kepada Allah kita terus meminta tambahan ilmu supaya ilmu yang kita dapatkan tidak menjadikan kita sombong kita terus meminta tambahan ilmu supaya setiap ilmu yang kita peroleh justru semakin menjadikan hati kita bertambah kasih sayang kepada orang yang beriman dan bukan begitu mudah untuk mengeluarkan seseorang dari jalan kebenaran yang telah ditetapkan oleh Allah dan rasul-nya Hai kepada Allah kita bersyukur dan kepadanya kita menggantungkan urusan kehidupan kita dan semoga Allah tidak pernah meninggalkan kita walaupun sekejap mata Amin Insyaallah seluruh keluarga besar Islamadina yang Semoga Allah rahmati kalau kita perhatikan perkataan perkataan orang-orang Shalih terdahulu dari kalangan Salafus Shalih kalau kita boleh untuk membuat sederhana dari semua tulisan mereka ketika mereka melihat dunia dan mereka melihat akhirat ada bahasa yang saya tulis Ketika saya mencoba untuk menyelami perkataan para ulama ketika mereka Memandang dunia dan mereka memandang urusan akhiratnya makanya kemudian diantara pandangan kehidupan para Shalihin dan para Solihat pada kehidupan para ulama terdahulu maka mereka memiliki sebuah pandangan dan narasi dalam kehidupan mereka yaitu adalah mereka itu menyederhanakan dunia mereka tetapi mereka melangitkan urusan akhirat mereka kita mulai dari Hai jadi ternyata inilah yang menjadikan para salafussoleh itu menjadi kaum yang dicintai oleh Allah karena mereka tahu betul Bagaimana berinteraksi dengan dunia yang mereka pijak dan mereka tahu berinteraksi dengan akhirat yang mereka akan 7 makanya mereka memiliki sebuah konsep mereka kalau melihat urusan keterkaitan mereka dengan dunia maka mereka berinteraksi dengan the sederhana karena mereka menyederhanakan urusan-urusan dunia mereka yang sejatinya mereka tahu bahwasanya urusan itu pasti mereka akan tinggalkan ketika mereka tersapa dengan ajal mereka tidak memburu jabatan mereka tahu aturan mereka tidak melampaui batas mereka tidak rebutan dengan kekuasaan mereka senantiasa menggunakan apapun yang mereka miliki bukan untuk urusan dunia semata tetapi mereka selalu menggunakan apapun yang mereka dapatkan untuk dunia apapun yang mereka dapatkan dari urusan dunia untuk menunjang kebaikan mereka dalam urusan akhir mereka karena mereka menyederhanakan dunia tetapi mereka melangitkan urusan akhirat mereka Inilah kehidupan para Salaf makanya kemudian apapun yang mereka Ucapkan apapun yang mereka miliki apapun yang mereka katakan apapun yang mereka perbuat dan seluruh tindakan dan gerak-gerik yang mereka lakukan itu selalu bertujuan yang jelas bagaimana mereka mengagungkan urusan akhirat mereka karena mereka tahu pada kehidupan di akhirat Itulah kehidupan yang sejatinya kehidupan yang tidak ada penderitaan kehidupan yang tidak ada garis finishnya dan kehidupan yang tidak ada sebuah kesedihan dalam perkara dunia semacam inilah mereka itu berlomba-lomba dan mereka mengagungkan Dan inilah perkara yang masha Allah luar biasa dari kehidupan para Salafus Shalih dari kalangan Shalihin dan kalangan solhat mereka mereka tahu bagaimana berinteraksi dengan dunia yang sejatinya mereka pasti tinggalkan dan mereka tahu bagaimana sesuai dengan akhirat yang sejatinya mereka akan datangi tetapi disitulah kehidupan yang sejatinya kehidupan itu akan dimulai Masya Allah ya Nah itulah yang menjadikan kita akhirnya faham kan kehidupan para salaful Ummah itu kehidupan yang luar biasa seluruh kehidupan mereka itu menjadi sesuatu yang mempesona dari kisah mereka kenyataan yang mereka lewati ujian yang mereka pernah lalui menjadi pelajaran kepada orang yang beriman ribuan tahun walaupun mereka setelah meninggal dunia karena kehidupan mereka itu sederhana pada urusan dunia tetapi besar dalam urusan akhirat mereka beda dengan kita hari ini urusan kita hari ini tuh justru sebaliknya kita melangitkan dunia tetapi menyenangkan akhirat kita urusan dunia kita langitkan sampai akhirnya kita kalau perlu memotong saraf bagaimana kita tidak memiliki rasa malu rebutan perkara sesuatu membela Sis membela perkara-perkara yang sejati ada akan pernah menjadi pembela kita dalam kehidupan di akhirat ada yang membela sekulerisme ada yang membela pluralisme dan membela isme-isme yang lainnya yang sejatinya tidak akan pernah membela mereka di akhirat karena saking dan drumnya mereka mengagungkan urusan dunia tetapi mereka Letakkan urusan akhirat itu sekedarnya seakan-akan hidup di akhirat hanyalah dua kali malam atau dua kali purnama dan inilah yang menjadikan kita kuatir kita ini kalau tidak berusaha untuk mempelajari tentang akhirat kita mempelajari tentang kematian kita jangan Gan jangan-jangan gaya kehidupan kita selalu besar pada urusan dunia tetapi selalu kecil dalam urusan akhirat kita dan ini harus kita lawan karena ini merupakan fitnah khasnya zaman ini feat nafasnya zaman fitnah itu gede dalam urusan dunia tetapi kecil dalam urusan akhirat makanya inilah yang menjadikan kita faham Kita pingin kita memiliki cara pandang hidup kita memiliki narasi kehidupan itu yang Roberto sebagaimana para ulama yang telah mendapatkan legitimasi keridhaan dari Rabb yang menguasai alam semesta Yaitu dimulai dari kita menyederhanakan urusan dunia kita melangitkan urusan akhirat kita salah satunya adalah mempelajari tentang apa yang harus kita pahami Bagaimana kehidupan kita ketika kita meninggal dunia Terminal yang akan kita lewati ketika kita akan menjadi traveler pada kehidupan kita setelah kematian kita dan kita akan melewati berbagai macam perihal yang akan kita jumpai dan dengan mempelajari kematian dengan mempelajari tentang sakaratul maut mempelajari tentang hari akhir mempelajari tentang hari mahsyar dan mempelajari seluruh perkara yang berkaitan tentang kehidupan kelak Kinan kita nanti maka ini merupakan upaya yang bisa kita lakukan supaya sedikit demi sedikit kita mulai menyederhanakan dunia kita dan mulai melangitkan urusan akhirat kita Hai sekali lagi urusan dunia itu tidak usah dibesar-besarkan kita boleh optimis tetapi tidak boleh ambisius kita harus bekerja keras tetapi tidak boleh melampaui batas tetapi sesuatu yang luar biasa itu adalah ketika kemudian kita senantiasa memperbesar urusan akhirat kita melangitkan urusan akhirat kita siapapun yang melangitkan urusan akhiratnya melangitkan urusan akhirat itu menganggap urusan akhirat itu besar maka pada perkara itulah dia akan mendapatkan sebuah perkara yang baik perkara yang indah dalam kehidupan masa depannya di dalam Kampung akhiratnya lah inilah yang menjadikan kita Kenapa kita harus mempelajari kitab at-tadzkirah karena kitab ini merupakan kitab yang membantu bagaimana hati kita membantu jiwa kita supaya kita mulai memperhatikan urusan akhirat dengan sebuah kacamata yang kita agungkan sebuah perkara yang besar karena sekali lagi kita adalah yang ingin sekali bergabung pada kaum yang mengimani dibalik kematian itu ada kehidupan yang sangat panjang dan inilah perkara yang sejatinya pasti kita temukan dalam kehidupan kita pandemi dengan berbagai macam ujian yang ditimbulkan maka bandem ini juga memiliki memberikan kepada kita pelajaran yang besar bahwasanya satu persatu orang yang kita kenal akhirnya kembali kepada Allah dan mereka menghadapi sesuatu yang besar yaitu urusan akhirat mereka inilah yang menjadikan kita mempelajari kitab Tak kiro Sekarang mari kita buka halaman 311 the lounge Ayo kita akan mulai membahas tentang he kehidupan 311 kemarin kita telah mempelajari tentang Bagaimana sifat neraka dan sifat Surga itu diperlihatkan kepada penduduk-penduduk kubur mereka diperlihatkan neraka pagi dan sore sebagaimana Surga itu diperlihatkan kedudukannya kepada mereka yang mendapatkan kenikmatan kubur karena kita paham fitnahnya kubur itu ada dua ada yang mendapatkan kenikmatan Ada pula yang mendapatkan azab kubur dan ini telah kita Jelaskan dan telah kita sampaikan cukup panjang dalam pertemuan kita sebelumnya Sekarang kita menuju kepada pembahasan halaman 311 halaman 311 kita akan mengetahui kedudukan roh yang paling tinggi setelah kedudukan rohnya para nabi dan para Rasul adalah rohnya para syuhada sebuah doa ini merupakan kedudukan yang paling besar karena ini merupakan kedudukan yang paling tinggi diantara ruh-ruh yang mereka telah berada pada alam barzah nya bahwasanya tidak ada kedudukan yang paling dekat dengan ruhnya para nabi dan para rasul kecuali rohnya para syuhada dan orang yang beriman maka Imam qurthubi menempatkan pembahasannya pada pembahasan secara khusus supaya kemudian kita mengetahui dan supaya kita mulai tergerak untuk mengerti tentang Puncak amalan Islam dan Puncak amalan Islam itu adalah ketika kita berjihad dijalan Allah subhanahu wa ta'ala dan mendapatkan mati syahid ketika niat yang kita lakukan di dalam peperangan niatnya bukan untuk mendapatkan pujian supaya disebut pemberani tapi niatnya adalah bagaimana menegakkan agama Allah supaya berkembang dan supaya semerbak wanginya menyebar kepada seluruh penduduk manusia maka kemudian disinilah kita akhirnya paham bahwasanya ternyata roh yang paling dekat derajatnya dengan rohnya para nabi dan para Rasul adalah ruhnya orang yang mati syahid bahkan rohnya orang yang mati syahid itu secara keimanan mereka lebih utama daripada rohnya orang-orang yang Shalih dan itulah yang kita dapatkan ketika Allah menyampaikan di dalam surat an-nisa walabi Muhammad Yudhi ilhwa Rosulullah faulaika mahal ladzina an'amta alaihim minan nabi Jin mukhson aulaika Rofiqoh Allah berfirman tentang orang-orang yang mereka diberikan kenikmatan Allah Menyampaikan barang siapa orang yang taat kepada Allah dan rasul-nya akan dikumpulkan bersama dengan para nabi dan para rasul yang paling tinggi kemudian sedikit orang-orang yang cinta kebenaran sebagian para ahli tafsir mengatakan ini adalah para sahabat roh mereka itu menempati kedudukan yang tinggi mendekati rohnya para nabi dan para rasul kemudian tubuhnya para syuhada orang-orang yang mereka itu adalah mati syahid maka kemudian mereka akan dikumpulkan ndek sini mereka akan dikumpulkan dengan rohnya para syuhada lalu kemudian Shalihin dan orang-orang Shalih dan Allah menyampaikan wahasuna hulai karo Vico dan itulah teman yang terbaik dalam kehidupan keluarga akhirat berarti ini menunjukkan kepada kita bahwasanya kalau kita melihat orang yang meninggal dunia mati itu satu tapi cara kematian itu berbeda-beda dan menentukan Bagaimana statusnya di hadapan Allah seorang kembali mati itu satu yaitu berpisahnya roh dari jasad mati itu satu tapi bagaimana cara orang itu mati dan sebagaimana cara orang itu mati maka itu menentukan kedudukan dia di hadapan Allah itu sangatlah berbeda makanya diantara orang yang mati yang memiliki kedudukan yang tinggi sangat tinggi di hadapan Allah yaitu adalah ruhnya para syuhada ketika mereka matinya terbunuh di jalan Allah berlumuran dengan darah kalaulah niat yang ada pada hati mereka tidak ada niat kecuali karena Allah bukan untuk pujian bukan untuk dapat pemberani kalau niat itu yang bertengger pada hati mereka Maka mereka ditinggikan derajatnya di sisi allah subhanahu wa ta'ala dimana derajatnya melebihi drajatnya orang-orang Shalih dan mereka di bawah derajatnya para nabi dan para rasul SAW Hai Mari kemudian kita memahami apa yang Allah sampaikan di dalam surat Ali Imron 169 di dalam ayat ini dikatakan bahwasanya walladah saban alladina gotillo fisabilillahi adba ahyaun Indah robbihim your zakun ini merupakan ayat yang sangat masyhur sekali diantara para sahabat nabi dan ini ayat yang juga masuk diantara kalangan para ulama ketika Allah menurunkan surat ali-imron 169 boleh tahsabannalladzina kutil fisabilillahi adba ahyaun Indah robbihim George akun sesungguhnya jangan mengalihkan itu mengira orang-orang yang mereka berperang di jalan Allah sebagaimana orang di Palestine mereka berperang melawan bangsa penjajah Yahudi kalau mereka tertembak jangan kalian kira bahwasanya mereka mati Allah menyampaikan Ball ahyaun Indah robbihim your zaqqum tetapi sesungguhnya mereka dalam kondisi hidup dan mereka itu dalam kondisi Hai ikan rezeki oleh Allah subhanahu wa ta'ala maka ini menunjukkan bahwasanya nih rohnya orang-orang yang mati syahid itu mereka tetap dalam kondisi hidup tentunya hidup yang Allah sebutkan pada ayat ini sesuai dengan konteks di alam barzakh ya bukan dalam konteks kehidupan sebagaimana di dunia karena berbeda hidup dialam barzakh dengan hidup dialam dunia itu berbeda sebagaimana hidup di alam kandungan berbeda dengan hidup dalam kontek ketika di dunia itu juga berbeda makanya kemudian disinilah kita akhirnya mendapati sampai Imam al-qurthubi mengatakan tidak ada ruh yang segera dikasih oleh Allah rezeki setelah mereka meninggal dunia dikasih makan dan dikasih minum oleh Allah kecuali roknya para orang yang mati syahid makanya disebutkan oleh Allah your zakun mereka hidup disisi Allah dalam kondisi mereka mendapatkan rezeki ah sekarang pertanyaannya ruhnya orang yang mati syahid dikasih rezeki apa oleh Allah dan ini kemudian harus kita kalau rezeki dalam konteks di dunia akan kita bisa memahaminya konteks rezeki dalam kehidupan di dunia kita mendapatkan anak yang taat kita mendapatkan harta yang mencukupi kita mendapatkan rumah yang menambah ketaatan itu rezeki dalam konteks di dunia maka ketika kemudian Allah menyampaikan di dalam surat Ali Imran walau tahsabannalladzina qutilu fisabilillahi amwat Walah ya Unindra robbihim your zakun itu tentunya kita harus paham apa rezeki yang Allah berikan kepada mereka yang mati syahid rezeki apa yang Allah berikan kepada mereka kenapa sampai para ulama mengatakan tidak ada roh yang paling dekat dengan derajatnya para nabi dan para rasul kecuali rohnya orang-orang yang mati syahid dan rezeki apa yang Allah berikan kepada mereka ini kemudian harus kita fahami supaya menimbulkan sebuah keagungan Sebuah Pengakuan dari diri kita terhadap orang yang mati syahid dan supaya timbul dalam diri kita keinginan untuk mati syahid karena ini merupakan salah satu Hai sifat dari umatnya Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang paham tentang sunnah dan syariatnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam makanya kemudian sebelum kita membahas tentang apa rezeki yang didapatkan oleh orang-orang yang mereka itu meninggal di jalan Allah dan niat mereka itu semata-mata karena Allah kita harus paham apa asbabun nuzul Kenapa turunnya ayat ini diturunkan oleh Allah dalam kehidupan ayatnya sampai kemudian menjadi kalam yang kita baca dan akhirnya kita mendapatkan petunjuk Ternyata kita akan menjumpai dan kita mendapati ayat ini diturunkan oleh Allah memiliki latar belakang peristiwa latar belakang peristiwa diantara asbabun nuzul yang paling masyhur tentang ayat ini yaitu adalah tentang seseorang yang bernama Abdullah bin haram Abdullah bin haram ini merupakan salah satu sahabat tua beliau berusia senja yang sebenarnya sudah tidak lagi memiliki kewajiban untuk berjihad tapi kecintaannya kepada jihad itu sangatlah besar makanya akhirnya beliau berjihad di dalam Perang Uhud di dalam peperangan itu maka beliau gugur dijalan peperangan di dalam peperangan uhud dan beliau itu merupakan Bapak dari salah satu sahabat besar yang bernama Jabir bin Abdillah ketika Jabir bin Abdillah mengetahui bapaknya meninggal dalam kondisi yang mengenaskan setara tanda kutip karena beliau itu wajahnya betul-betul rusak sampai diterangkan hidungnya rusak kupingnya juga putus maka menjadikan Jabir bin Abdillah Putra beliau itu sedih putranya sempat melipir putranya sempat merenung putranya sempat meneteskan air mata lalu ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mendapati Jabir bin Abdillah dalam kondisi yang semacam ini maka Rasulullah memanggil talya Jabir kesini wahai Jabir Allah uh piro Kama kalau lihat ikan apakah kamu mau tahu wahai Jabir apa yang Allah bicarakan kepada ayah ketika ayahmu meninggal dunia pada perang uhud ini maka kemudian Jabir menjawab balla yarosululoh Tentunya saya mau ya Rasulullah Apa yang dibicarakan Allah kepada ayahku yang dibicarakan Allah kepada Ayahku Masya Allah yang menyembuhkan bicaranya manusia dengan manusia Ini bicaranya Kholik yang menguasai alam semesta dengan Hai Rasulullah kemudian mengatakan makalah mau Abah Kama kalau mau ah dan ilmu waroh hijabin Allah itu tidak pernah bicara dengan makhluk sebelum hari kiamat kecuali di belakang hijab wakal nama Abah Kiva Han tetapi Allah ketika bicara menyambut ayahmu yang meninggal dalam peperangan hari ini maka Allah itu bicaranya Kiva Han semua penghalang itu dihilangkan dan Allah bicaranya wajah dengan wajah Wajahnya Allah langsung bertemu dengan bapakmu Abdullah bin haram hai lalu Allah bertanya kepada Bapak mau Taman aleya OJK yaitu wahai hambaku Mintalah kepadaku apa yang kamu inginkan Padahal mereka sudah mendapatkan surga karena Allah mengulang-ulang terus maka akhirnya Jabir Abdullah bin haram itu ayahmu berkata Ya Allah tetapkanlah aku supaya dikembalikan lagi kepada hidupku supaya aku merasakan sensasi mati syahid dijalanmu yang tidak aku rasakan kecuali kenikmatan sebagaimana digigit semut hidupkan aku sekali lagi ya Allah maka kemudian Allah menetapkan sesungguhnya innahu Sabak file hopmee ya Sesungguhnya telah ditetapkan dalam hukum Queen nah Um Layur jaun orang yang telah meninggal dunia kutetapkan tidak aku kembalikan badai yang hidup itulah ketetapan hukum ku maka pada saat itu ayahmu langsung berkata fabric Manwar oi Kalau memang begitu ketetapan hukum Mu ya Allah maka beritakanlah apa yang engkau berikan kepada kami ketika kami mendapatkan kenikmatan ini di alam barzah ini Kalimantan ini Tolong disampaikan kepada anak keturunan kami ya Allah sampaikan kepada teman-teman kami terhadap apa yang engkau berikan kepada kami supaya mereka bisa menyusul kami dengan apa yang kami dapatkan sebagaimana hadiah yang telah engkau berikan kepada kami makalah kemudian mengabulkan permintaan dari Abdullah bin haram Allah turunkan tadi wall atas Sabana ladena qutilu fisabilillahi amwat balla ahyaun Indah robbihim your zakun makanya Allah tadi menyampaikan akhirnya Allah turunkan jadi ayat surat ali-imran 169 Holil maka sesungguhnya ayat ini yaitu adalah berbicara kepada ini merupakan sebuah jawaban Allah kepada permintaannya Abdullah bin haram supaya Apa yang dirasakan oleh Abdullah bin haram dan orang-orang yang mati syahid dalam perang UFO dan orang-orang yang mati syahid dalam peperangan Abdullah bin haram itu supaya di kita akan Apa yang dirasakan oleh mereka di sisi Allah supaya diberitakan kepada mereka yang hidup supaya yang hidup ini memiliki keinginan kuat untuk mereka keinginan kuat untuk menyusul mereka dan mendapatkan rezeki disisi Allah inilah yang kemudian menjadi sebab turunnya surat ali-imron 169 berarti ini kemudian menunjukkan betapa bahagianya ruhnya orang-orang yang mati syahid makanya ruhnya orang-orang yang mati syahid memiliki kedudukan yang istimewa makanya salah satu diantara rezeki ya Allah berikan kepada orang yang mati syahid itu apa mereka bisa memberikan syafaat kepada keluarganya masalah yang mendapatkan syafaat itu kan Masya Allah menyenangkan betul dan itu merupakan sebuah kenikmatan karena kenikmatan karena syafaat itu ada dua ada syafaat umum ada syafaat khusus syafaat khusus itu miliknya Rasulullah SAW wafat khusus itu syafaat yang Rasulullah berikan kepada Abu Tholib supaya Bu Tholib diringankan hendaknya di neraka syafaat Rosulullah itu syafaat yang diberikan kepada penduduk neraka sampai akhirnya mereka keluar dari neraka syafaatnya Rasulullah diberikan kepada mereka yang belum berada di surga supaya mereka dimasukkan ke surga itu syafaatnya rasulullah ada syafaat umum syafaat umum itu dari sujud anak yang Shalih teman yang Shalih Kemudian dari ukuran dari puasa dari surat al-mulk itu merupakan syafaat syafaat secara Hut secara umum dan di antara Safa atau meminta apa Kalau ada diantara keluarga yang mati syahid di sisi Allah ketika dia berperang di jalan Allah lalu mereka mendapatkan mati syahid maka orang yang mati syahid kalau niatnya benar di tempat yang benar maka sesungguhnya mereka bisa memberikan syafaat kepada keluarga dan mendapatkan syafaat itu enak dan itu kenikmatan dan keberuntungan Kenapa syafaat itu menggenapkan apa yang kurang dari bekal kita pada perjalanan kita di akhirat makanya Syafa ayah kayak syafaat itu merupakan detail water itu witri syafaat itu secara bahasa itu lawan dari ganjil yaitu genap artinya menggenapkan sesuatu yang kurang makanya kemudian Itulah salah satu diantara hal yang luar biasa yang didapatkan sama orang yang mati syahid karena Allah membayar setiap keringatnya darahnya yang menetes membasahi bumi Allah bayar cash dan kontak Salah satunya mereka diberikan kesempatan untuk memberikan syafaat kepada keluarganya makanya Masya Allah Yang kalau ada diantara keluarga misalkan di Palestine sampai kemudian mereka mendapati keluarga mereka ada yang mati syahid meninggal diterjang peluru oleh bangsa penjajah maka keluarganya pada dasarnya mereka akan beruntung mendapatkan syafaat dari keluarga mereka yang telah dipilih oleh Allah dengan mati syahid Hai dan itu sebuah kenikmatan yang sangat besar setelah kita mengetahui itu baru kemudian kita mengetahui apa rezeki yang Allah berikan kepada mereka Allah memberikan kepada mereka itu rezekinya apa maka kemudian kita mendapati perkataan yang disampaikan oleh Abdullah bin Mas'ud diriwayatkan dari imam muslim Mari kita baca di dalam tafsirnya imam muslim kemudian meriwayatkan dalam kitab shahihnya telah menceritakan kepada kami yaitu dari Muhammad bin Abdulloh Kemudian menceritakan kami dari muawiyah telah menceritakan kami dari emas dari masruq Sesungguhnya kami pernah menanyakan kepada Abdullah Abdul ini Abdullah bin Mas'ud karena Abdullah bin Mas'ud merupakan ulama diantara para sahabat fuqoha nya orang Madinah itu salah satunya Abdullah bin Mas'ud maka kemudian ditanyakan kepada Abdullah bin Mas'ud tentang surat ali-imron 169 yaitu Walah tahsabannalladzina qutilu fisabilillahi Ahmad gaun indah robbihim ya akun maka Apa jawaban dari Abdulloh maka Abdullah itu kemudian menjawab bahwasanya Sesungguhnya kami pernah menanyakan ini kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam maka Rasulullah Shallallahu wasallam kemudian menjawab arwahnya para syuhada mereka di dalam perutnya burung-burung yang hijau ya di dalam perut burung-burung yang hijau baginya terdapat Pelita yang bergantungan di bawah harus yaitu mereka punya sebuah tempat-tempat dibawa arusnya Allah mereka bergantungan di bawah harusnya Allah ia terbang di bagian surga dengan bebas menurut kehendaknya kemudian mereka hingga pada Pelita tersebut maka Allah menjenguk mereka sesekali kunjungan lalu kemudian Allah berfirman apa yang kalian inginkan Apakah kalian menginginkan sesuatu maka mereka menjawab apa yang kami inginkan lagi Bukankah kami terbang bebas di dalam surga ini menurut kehendak kami Allah Allah melakukan hal itu sebanyak tiga kali oleh nanya terus apalagi yang kalian inginkan karena memuliakan mereka jadi alunannya pun jadi mereka itu sudah ditaruh di dalam burung sekarang kita harus paham Imam qurthubi berkata ada beberapa ulama yang menolak bahwasanya keyakinan ruhnya para syuhada itu di dalam burung-burung hijau karena apa kalau ditaruh di dalam tembolok burung burung berarti mereka tidak mereka tercekat dan mereka tidak bebas Imam qurthubi mengatakan yang dimaksudkan di dalam burung itu mereka bukan di dalamnya tetapi di atasnya Jadi mereka bisa terbang kemanapun yang kemudian mereka mau dalam kehidupan mereka di surga ini yang dijawab sama Imam qurthubi untuk menjelaskan tentang keutamaan orang yang mati syahid maka kemudian Abdullah bin Mas'ud Ketika menanyakan tentang surat ali-imran 169 kepada Rasulullah Rasulullah kemudian menjawab jadi Setelah orang rohnya para syuhada ini Allah muliakan mereka lo tempatkan mereka dibawa harus arusnya Allah subhanahuwata'ala mereka bebas masuk ke dalam surga yang masuk ini ngoroknya belum jasadnya karena yang kita bicarakan roh jadi ini tidak menafikan bahwasanya belum ada orang yang masuk surga belum ada karena orang yang pertama kali masuk surga itu adalah Rasulullah ruh dengan jasad yang kita bicarakan pada surat ali-imron 169 Ini kata Imam qurthubi beliau menjawab sesungguhnya yang disampaikan oleh Beliau ini adalah ruh nya kita bicara Tentang ruh orang-orang yang mereka mati syahid mereka di atas kepala burung itu mereka berkeliaran kemanapun yang mereka mau dalam kehidupan di surga dan mendapatkan rezeki jadi artinya rezeki yang Allah berikan kepada orang yang mati syahid itu adalah mereka mendapatkan rezeki yaitu dengan mereka itu masuk keluar masuk ke dalam surga dan menikmati apapun yang ada didalam Surga itu Masya Allah itu maka kemudian Allah mengunjungi mereka Allah mengunjungi mereka dan ketika Allah mengunjungi mereka olah tanya apalagi yang kalian inginkan diulang-ulang oleh Allah sampai tiga kali setelah mereka merasakan bahwa senyum ketidak dibayarkan oleh Allah kecuali harus minta mereka berkata Wahai Rabb kami Izinkanlah kami menginginkan Agar engkau mengembalikan arwah kami ke jasad kami sehingga kami terbunuh lagi membela dijalan Moni jawaban berarti mereka tidak bersama dengan punya ini berat mereka tidak bersama dengan jasad yang mereka truk doang jadi mereka ditaruh diatas burung-burung untuk menikmati apa yang ada di surga itu baru ruhnya di paruhnya makanya mereka mengatakan Kalau engkau menginginkan kami meminta ialah walaupun kami sudah mendapatkan seindah ini kenikmatan yang kondisikan kepada kami ya kalau memang engkau meminta kami untuk meminta maka kami minta supaya kami dikembalikan lagi kepada jasad kami berarti jasadnya belum kelompok ini paruhnya Hai Kembalikanlah kami kepada jasad kami supaya kami hidup kembali terbunuh lagi dijalan mu maka kemudian setelah melihat mereka tidak memiliki keperluan lagi maka kemudian ABD mereka menjawab sesungguhnya inilah yang kemudian diminta oleh mereka Maka apakah yang kami ingin hal ini bukan kami dengan bebas di surga sebanyak tiga kali maka kemudian setelah Allah melihat mereka tidak memiliki keperluan lagi maka berilah mereka ditinggalkan lah inilah yang menjadikan kita akhirnya memahami inilah kedudukan ruhnya orang-orang yang mati syahid Jadi mereka itu memiliki kedudukan yang besar di sisi Allah dan mereka memiliki kedudukan yang tinggi mendekati kedudukannya para nabi dan para rasul dan mereka mendapatkan keutamaan yang besar Hai makanya kemudian seorang mukmin tuh harus betul-betul bercita-cita untuk mati syahid di jalan Allah makanya Kalaupun kita kemudian memang dalam kondisi keimanan maka kita meminta kepada Allah supaya kita diberikan mati syahid di tempat yang benar bukan dengan sesuatu yang salah tapi kita meminta supaya kita diberikan mati syahid karena keutamaan yang besar ya Allah muliakan ketika Allah memuliakan roh nya orang yang mati syahid makanya ada satu HD sama seolah menjadi renungan bagi kita Rasulullah mengatakan mantola bersyahadah fisik bikin baloch Um manazila Syuhada wine mata Allah Hiroshi makanya orang yang senantiasa meminta supaya dia itu diberikan oleh Allah mati syahid Allah akan memberikan kepadanya mati syahid Walaupun dia meninggalnya diatas tempat tidur Lho kok bisa meninggal di atas tempat tidur tapi mendapatkan keutamaan sebagai orang sebagaimana orang yang mati syahid Iya karena sesungguhnya orang yang mati syahid karena susuk karena sesungguhnya permintaannya Hai dipanjatkan terus kepada Allah itulah yang menjadikan akhirnya Allah memberikan kepadanya derajat mati syahid walaupun meninggalnya diatas tempat tidur karena kejujuran Dia untuk terus meminta kepada Allah supaya dia diberikan mati syahid sekali lagi bapak dan ibu harus paham niat yang benar Hai itu menghantarkan maksud yang diinginkan dan yang dituju Hai saya lagi seorang kembali niat yang benar itu menghantarkan kepada maksud yang dituju Hai makanya rasul itu mengatakan walaupun kalian itu hidup pada satu hal ketika tidak perang tapi kalau kalian betul-betul meminta kepada Allah mati set oleh tetap memberikan kepadamu mati syahid walaupun matimu diatas tempat tidur Kenapa karena niat yang benar itu menghantarkan maksud niat yang benar itu menyampaikan kita kepada maksud yang kita inginkan Hai makanya diantara permintaan yang tidak boleh kemudian kita setiap dan tidak boleh kita lewati kita minta supaya kita mendapatkan mati syahid ya kalau ada yang tanya mati saya dengan Khusnul Khotimah Apa bedanya Ustad Khusnul Khotimah itu kematian yang baik dan salah satu diantara Puncak Husnul Khotimah itu yang mati syahid Hai itu yang kemudian menjadi sebuah pembelajaran yang pingin kita dapatkan Jadi apa yang kemudian menjadi penjelasan dari apa yang dijelaskan oleh Imam qurthubi jadi imam purtube menyampaikan rumahnya Syuhada pada pembahasan ini tujuan dari apa yang didapatkan tujuan dari pembahasan ini adalah supaya setiap orang itu dia ngerti bahwasanya Puncak amalan Islam itu terletak pada urusan jihadnya dan orang yang berjihad itu akan mendapatkan kedudukan yang besar dan kedudukan yang tinggi di sisi allah subhanahu wa ta'ala dan tidak ada derajat yang paling mendekatkan kita dengan derajat yang para nabi dan derajat yang para rasul kecuali adalah orang-orang yang mereka terbunuh di jalan Allah dan niat mereka itu karena Allah dah kalau kita minta sama Allah walaupun kemudian kita berada pada satu keimanan yang mungkin jauh dibawah mereka tapi kita minta sama Allah supaya kemudian kita selalu diberikan oleh Allah matinya mati syahid karena apa ada orang yang tinggal di atas tempat tidurnya tetapi mereka mendapatkan keutamaan mati syahid Kenapa hatinya Rindu Untuk mati syahid di jalan Allah Ya makanya kemudian itu yang kita dapatkan dari para sahabat para sahabat tuh pingin mati syahid termasuk Umar Bin Khattab pernah kita lewati kan Bagaimana permintaan Umar Bin Khattab allahummarzuqni syahadatan visa Bhinneka Ya Allah berikanlah kami rezeki mati syahid dan meninggalnya di kota nabimu disitu markotop menggandengkan antara mati saya dan mati di kota nabinya kotak nabinya rasul-nya yaitu adalah kota Madinah dan Allah ngasih itu makanya kemudian ada orang yang betul-betul mereka mati syahid yaitu di dalam peperangan ada orang yang mendapatkan keutamaan mati syahid Walaupun dia tidak meninggal di peperangan Siapa orang yang terus meminta Supaya diberikan mati syahid Hai kek kemudian Khalid bin Walid Khalid bin Walid itu beliau adalah komandan besar beliau bergelar dengan Saefulloh al-maslul beliau ini bergelar dengan Pedang Allah yang terhunus maka kemudian Pedang Allah yang terhunus ini tetapi ketika meninggal beliau meninggalnya itu dalam kondisi beliau ini meninggalnya bukan dalam kondisi peperangan tetapi meninggalnya dalam kondisi beliau sakit diatas tempat tidurnya makanya belum sempet nangis gitu karena apa ya Allah sini berperang sepanjang sisa hidupku tetapi justru aku meninggalnya bukan di Medan peperangan ada salah satu perkataan seorang sahabat Kalau tidak salah bila ketika sahabat Khalid bin Walid itu beliau pingin sekali meninggalnya gugur di jalan Allah tapi justru di atas tempat tidur maka Bilal ini memberikan sebuah kabar Untuk meringankan kesedihannya Khalid bin Walid Allah itu tidak engkau Khalid meninggal di peperangan karena Allah tidak pingin pedangnya Allah itu patah oleh musuh-musuhnya Allah karena Khalid bin Walid itu adalah Saefulloh maslul pedangnya Allah yang terhunus Maka itulah hikmah Kenapa Khalid bin Walid seluruh tubuhnya menjadi saksi Bagaimana tebasan senjata tajam dari para musuh-musuhnya Allah tapi meninggalnya di atas tempat tidur dan kita tahu meninggalnya hal itu mendapatkan keutamaan mati syahid walaupun diatas tempat tidur karena kecintaan beliau kepada mati syahid itulah yang menjadikan kita akhirnya memahami tentang perkara ini makanya kemudian sampai akhirnya kita mendapati satu hadis rasulullah yang sangat indah Rasulullah itu pernah menyampaikan tidak ada roh yang pengen balik ke dunia kecuali ruhnya orang yang mati syahid karena nikmat yang dia dapatkan Mari kita baca hadis yang ada di samping Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kemudian mengatakan Mamin nafsin kamu tuh lain file-file ya sodoha antar ciilat dunia ilyich Silet dunia file-file marotta noh 5 yaroman Fadli Syuhada Rasulullah Shalallahu Wassalam Sampai kemudian menyampaikan di dalam satu riwayat yang shahih Tidak seorangpun yang meninggal dunia sedangkan disisi Allah dia sudah mendapatkan kebaikan yang menggembirakan Kecuali Dia pingin kembali ke dunia tidak ada yang pingin beli keduanya kecuali orang yang mati syahid jadi Rasulullah mengatakan tidak ada roh yang sudah meninggal dunia lalu mendapatkan kebaikan di sisi Allah untuk balik ke dunia karena tahu dunia itu tempatnya kesedihan tempat yang kekecewaan tempatnya penyesalan tempatnya kotor dan tempat segala yang buruk kita ada di dunia Makanya kalau roh itu sudah meninggal lalu mendapatkan kebaikan di sisi Allah mereka tidak ada yang pengen balik ke dunia ndak ada yang mau kecuali kata Rasulullah ikhlas yaitu flora yang mati syahid maka orang yang nemenin Syahid yaitu fainahu khai lalunya kecuali orang yang mati syahid Makassar punya dia ingin untuk balik ke dunia dan pingin terbunuh sekali lagi karena dia tahu bagaimana keutamaan yang mati syahid itu dia tidak merasakan sakratul maumu dia tidak merasakan sakit yang berat sebagaimana dia hanya merasakan digigit semut dan itulah sensasi yang dirasakan sampai meminta untuk dikembalikan kembali untuk merasakan sensasi itu jadi kalau kita lihat yang misalkan di Palestin kita lihat ada orang tembak jeder gitu ke kepalanya lalu hatinya pada saat dia sedang berjuang itu niatnya karena Allah maka setiap rasa sakit yang didapatkan tampaknya kesakitan tuh di awal ketika tepat menuju sakratul maut semua sakitnya dibebaskan oleh Allah dan dia tidak merasakan apapun Hai saking nikmatnya sensasi itu kata Rosululloh mereka pingin Va yuqtalu merata nohra saking nikmatnya sensasi ketika meregang nyawa ketika sakaratul maut pada kondisi semacam itu tidak merasakan apa-apa kecuali kayak digigit semut paceklik gitu maka mereka pingin balik lagi merasakan itu kembali kayak kita contohnya kalau di satu Wahana akibat tegangan gitu Pas naik pada satu permainan Tegal sudah sampai di Puncak kemudian turun gitu sensasi nya itu makler gitu ketika ke bawah saking rasanya sensasi nyatu nikmatnya mau ritual gini kita ping ulang kembali warna itu itu kurang lebihnya semacam mil dan itu menunjukkan kepada kita bahwasanya itulah keutamaan orang yang mati syahid setelah kita memahami ini Tentunya juga kita harus paham Memang betul ruhnya para syuhada itu dekat dengan ruhnya para nabi dan para rasul tapi juga kita harus pahami mampu tutupi menyampaikan ruhnya para cuaca itu berbeda-beda steam Hai semuanya satu tingkatan sebagaimana rohingya mereka ketika dalam kehidupan di surga itu juga bertingkat-tingkat ruhnya apa Nanti para cuaca di surga itu beda-beda karena sesungguhnya ruh apa tingkatan surga bagi para syuhada nanti di surga itu ada status tingkatan sama roh mereka ketika di alam barzah itu juga berbeda-beda karena kemudian ada rohnya yang betul-betul dimuliakan oleh Allah ada yang kemudian nikmatnya lebih bawah salah satunya orang-orang yang mati syahid Tetapi dia masih terikat dengan beberapa catatan-catatan yang berkaitan tentang kewajiban mereka kepada manusia salah satunya hutang makanya kemudian mereka akan dibedakan dengan orang dengan rohnya orang yang mati syahid yang tidak memiliki hutang itu dibedakan oleh Allah Hai walaupun kemudian orang-orang yang mati syahid ketika mereka itu meninggal dunia tetap bahwasanya orang yang mati syahid mendapatkan keutamaan tapi kalau dia punya hutang kedudukannya di palambas yaitu beda dengan ruhnya orang yang mati syahid yang tidak punya utang makanya kemudian mereka itu dikatakan bahwasanya mereka itu sesungguhnya di dalam satu riwayat disebutkan mereka itu kemudian akan ditaruh di satu tempat yang tidak sama dengan ruhnya para syuhada yang tidak punya utang tapi mereka tetap mendapatkan rezeki dari sisi Allah ya tetapi kemudian mereka mendapatkan itu makanya kemudian disinilah kita akhirnya faham perkataan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika beliau itu menyampaikan di dalam satwa HD sangat Sayu dalam riwayat Muslim alfadlu fisabilillahi you cover pulsa inilah Ting makanya sampai kemudian kita mendapati perkataan Rasulullah orang yang mati berperang di jalan Allah itu semua dosanya dihapus oleh Allah kecuali utang yang tidak Indonesia Kwitang tidak dihapus oleh Allah maka ini kemudian menunjukkan kepada kita tentang Masya Allah ya besarnya urusan yang berkaitan tentang hak manusia salah satunya hak yang berkaitan manusia itu apa selain kehormatan itu masalah harta mereka Jadi kita harus paham ya ada dua dosa yang berkaitan tentang hak manusia yaitu berkaitan tentang kehormatannya dan berkaitan tentang hutangnya hartanya hati-hati itu dalam buah perkara itu makanya kalau kemudian ada orang yang mati syahid jadi Hapuskan semenjak diet menetas darahnya ketika dia berperang lalu menetes darahnya maka Semenjak itu terhapus semua dosa-dosanya kecuali yang tidak bisa terhapus tanpa utang Kenapa karena utang itu kembalinya kepada orang yang memberikan kepadanya hutang Hai karena Allah itu merupakan rap yang sangat menjaga Bagaimana kewajiban muslim kepada muslim haknya dalam masalah harta dan haknya di dalam masalah kehormatan itu dijaga oleh Allah makanya mati syahid tidak bisa menghilangkan beban hutang oleh makanya hati-hati terhadap dua perkara kalau sudah berkaitan tentang saudara kita kehormatan mereka dan harta mereka ngaji menghujat orang Asmo aja tapi anda akan berhadapan dengan apa yang OTW chat sama dengan hutang makanya orang-orang yang mereka itu mati syahid lalu kemudian mereka punya hutang tetap dikasih rezeki Apakah mereka itu akan kesakitan Ustad antara langit dan bumi sebagaimana hadits umum yang pernah disampaikan oleh Rasulullah Rasulullah mengatakan nafsul Mukmin eh malah cotton pita ini hei bainassamai waladi hatha Yoga Inhu sesungguhnya ruhnya orang itu akan tergantung antara langit dan bumi kalau dia punya utang selama hutangnya belum dibayarkan maka kemudian mereka tidak akan tergantung semacam ini antara langit dan bumi kesakitan ini bagi mereka yang tidak mati syahid hai bagi yang mati syahid tetap dikasih rezeki cuma derajatnya di bawah dengan derajat orang yang mati syahid yang tidak punya uang tapi mereka tidak kesakitan sebagaimana orang yang tidak berjihad orang kalau tidak berjihad lalu kemudian di yang punya utang dia kesakitan atau langit dan bumi tidak menerima sampai utang yang dia miliki itu dibayarkan tapi kalau orang yang mati syahid maka dia tetap mendapatkan rezeki disisi Allah Tetapi mereka dalam kondisi Drajat nikmat yang ada dalam dalam rezeki yang mereka dapatkan di alam barzah itu tidak sama dengan teman-teman mereka yang tidak punya utang inilah yang menunjukkan kepada kita tentang besarnya kewajiban kita kepada sesama hamba-nya on lah makanya sering meminta maaf itu lebih baik saling meminta maaf itu lebih baik daripada akan menjadi sebuah perkara besar dan perkara berat dalam kehidupan Allah dan Dede ada daripada menjadi pengadilan berat dalam kehidupan di akhirat makanya saya tuh kadang-kadang ngeri-ngeri sedap gitu ya sama orang-orang yang mereka di tapi begitu gampang untuk menodai kehormatan Fulan sebut Wulan begini Fulan begini Wulan begini vlan begini dikiranya kehormatan orang itu murah Hai masalah hutang aja bisa menjadikan seorang yang mati syahid aja tertahan rezekinya dan tidak mendapatkan maksimal rezekinya gara-gara hutang terlebih lagi kehormatan yang sifatnya jauh lebih mahal daripada masalah uang Hai makanya bapak dan ibu dan seluruh keluarga Islamadina komitmen kita mengikuti sunnah dan mengikuti kebenaran itu tidak berarti seiring dengan gampangnya kita membabat kehormatan setiap orang yang beriman Hai yang apalagi ketika kita lalu memaksakan diri menjadi Mufti dan menjadi ulama besar hanya gara-gara modal kita ngaji satu grup 2 grup WA ataupun ngaji satu buah kali secara online ataupun offline lalu kita begitu mudah untuk memvonis orang hati-hati panik kita belajar dari hadits yang tadi kita disampaikan oleh Rasulullah about love Sabilillah yuk Eva Il Adin orang yang mati syahid di dalam peperangan itu diampuni dihapuskan semua dosanya kecuali utang-utang aja ndak bisa terhapus Walaupun orangnya mati syahid apalagi sesuatu yang lebih besar daripada utang apa yang lebih besar daripada hutang itu al-humaza itu adalah kehormatan seseorang itu lebih besar daripada hutang apalagi yang menodai kehormatan itu bukan hanya mati syahid betapa ruginya orang-orang yang semacam itu dan betapa sesatnya orang-orang yang mereka itu selalu mengklaim berada di atas kebenaran tetapi mereka begitu Gampang menodai kehormatan orang-orang yang beriman ladies inilah kemudian kita memahami tentang ruhnya orang-orang yang mati syahid setelah itu kemudian kita mempelajari bagaimana dengan rohnya hamba yang Shalih di sini kemudian rohnya hamba yang Shalih diterangkan kepada kami dalam kitab musnadnya Imam Ahmad dalam sebuah hadits yang mengatakan berita gembira bagi setiap Mukmin bahwasanya ruhnya mereka di dalam surga dan terbang dengan bebas di dalam surga memakan buah-buahan melihat keindahan yang ada di dalamnya yang hijau dan segar juga kegembiraan yang meliputi suasananya mereka menyaksikan kemuliaan yang telah disediakan oleh Allah untuk mereka buat dirinya dan ini kemudian sebagaimana yang dikatakan oleh Rasulullah nasy'atul Mukmin thoiron ya'lu coffee saja liljannah Hatta your xiaohu ta'alla Ila jysaaaa suhu makanya sampai Rasulullah Shalallahu Wassalam itu mengatakan jiwanya orang yang beriman itu mereka berada dalam burung yang bergantung di pohon-pohon surga sebelum Allah nanti mengembalikan ke jasadnya pada hari Allah membangkitkannya Adapun kemudian ini ruhnya orang-orang yang Shalih jadi di sini kita mendapati bahwasanya ada orang yang Shalih karena kemudian soalnya itu disebut setelah kata syuhada wamayatakilaha warasula faulaika mahal ladzina an'amta alaihim nabiyyin wasit Dikin waswa dakwah Solihin Nah setelah kita bicara Syuhada kemudian ayat yang kemudian pada urutan ini Allah menyampaikan wa Solihin orang yang Shalih ada orang-orang Shalih itu juga sama orang Shalih itu kedudukan mereka itu beda ada orang yang Shalih itu begitu besar kedudukannya dan begitu tinggi kedudukannya di sisi Allah ada orang yang Shalih yang mereka itu ditempatkan kenikmatannya itu didalam alam barzakh didalam kuburnya dilapangkan sejarah 70 Hasta tapi ada rohnya orang-orang yang beriman itu diberikan oleh Allah kenikmatan aksesnya Itu menu kepada puncak-puncak di menuju kepada surga dan itu dikatakan oleh Rasulullah nasehat najmatul Mukmin thoiron nyaluk office girl Jannah Widjaja Nah maka jiwanya orang mukmin itu merupakan itu kemudian jiwanya orang mukmin itu berada pada satu burung yang bergelantung di pohon-pohon surga sebelum nanti Allah mengembalikan ke jasadnya pada waktu hari dia dibangkitkan jadi orang ada orang-orang mukmin yang roh mereka itu kemudian ditaruh oleh Allah yaitu di burung-burung yang bergelantungan di pohon-pohon surga kalau net kalau tadi rohnya orang yang mati syahid mereka itu dibawa arusnya Allah kalau orang mukmin karena mereka lebih lebih rendah derajatnya daripada orang yang mati syahid mereka itu di pohon-pohon surga mereka bergelantung di burung-burung yang bergantung di pohon-pohon surga mereka menyaksikan apa yang Allah kemudian akan berikan kepada mereka mereka bergelantung di tempat itu lalu kemudian mereka akan berada di tempat itu menit dia apa yang Allah sajikan di surga itu dengan rohnya belum dengan jasadnya sampai nanti ketika mereka dalam kondisi ketika hari kiamat dikembalikan lagi ke jasadnya mereka akan melewati hari Masa dalam kondisi tenang karena mereka sudah tahu nanti akhir dalam perjalanannya ketika mereka dihisap juga dalam kondisi khairo mereka ketika hisab kitabnya ringan tidak ditanya oleh Allah macam-macam bahkan dosanya akan dilihatkan kemudian dihapuskan oleh Allah hanya berduaan dengan diet dan dosa itu tidak diperlihatkan kepada orang lain dan ketika melewati slot akan dimudahkan oleh Allah karena dia sudah diberikan oleh Allah pengumuman bahwasanya nanti dia akan berada di tempat itu Hai dan itu merupakan sebuah kegembiraan yang besar itu jiwanya itu rupanya orang-orang yang beriman itu ruhnya orang yang beriman tapi tidak setiap orang yang beriman ruhnya memiliki kedudukan yang semacam ini karena apa itu disesuaikan itu disesuaikan dengan tingkat amal saleh mereka dan tingkat keimanan mereka ada enggak ruhnya orang yang beriman Ustad mereka tidak berada di tidak berada pada burung di pohon-pohon sorga tetapi mereka ada dibawa Mereka ada di dalam kehidupan kuburnya dilapangkan kuburannya sejauh 70 Hasta Mereka melihat surga ada Hai itu tergantung Bagaimana Amal Shalih yang mereka lakukan pada kehidupan makanya Masya Allah inilah tentunya kita harus mengerti inilah sejatinya yang kemudian menjadi sebuah tempat kita dan ini baru halte yang pertama Harto menuju kepada alam berikutnya yaitu adalah alam akhirat kita baru membahas tentang halte peristirahatan atau halte pertama yaitu yang disebut dengan halte alam kubur dan ternyata Masya Allah ya disinilah kemudian kita mendapati bahwasanya orang-orang yang beriman itu berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya makanya Masya Allah berbicara tentang masalah ruhnya Syuhada dan ruhnya orang Shalih ada sebuah riwayat yang dikutip oleh Imam Ibnu Katsir didalam hadits yang panjang Mari kita baca di dalam hadits riwayat Imam Ahmad soal Rasulullah Shallallahu wasallam asqalani Ahad ular usai ini Joe palsu ya pasal Amin hayom al-qiyamah Sabina Alfan lahizab alaihim wa Yap asu Minho machine Alfa Syuhada uhud dan illallah wallahu waliyyu nah as such Fields didalam hadits yang panjang ini saya bacakan aja artinya di dalam satu riwayat Imam Ahmad diceritakan kepada kami bahwasanya Rasulullah Shallallahu Wassalam itu bersabda ada dua golongan yang nanti akan berhadapan dengan Allah subhanahuwata'ala ada dua golongan manusia yang nanti menjadi pusat perhatian ada dua kelompok manusia yang akan menjadi pusat perhatian ketika manusia nanti dikumpulkan di padang mahsyar ada dua kelompok yang menga one dua kelompok yang menjadi pusat perhatian Hai yang maka kemudian Allah membangkitkan salah satu dari mereka kelompok yang pertama yang akan menjadi pusat perhatian adalah orang yang nanti sebanyak 70.000 orang yang nanti memasuki syurga tanpa hisab Siapa Mereka lecester Kun wa layak sabun Kwala ia thoyyarun waala robbihim yatawakkalun Oh ya Jadi ada satu kelompok yang akan menjadi pusat perhatian manusia ketika di padang mahsyar yang pertama kelompok yang mereka akan memasuki syurga tanpa hisab sifat mereka apa satu mereka tidak pernah meminta diruqyah tidak pernah meminta diruqyah bukan berarti ruqyah itu dosa meminta diruqyah boleh cuma kalau sudah minta diruqyah berarti sudah gugur kesempatan untuk masuk pada 70.000 orang yang masuk surga tanpa hisab Hai Kemudian yang kedua walayaton mereka tidak pernah berobat dengan menggunakan metode api yang ketiga walata thoyyarun tidak pernah mereka itu menganggap sial terhadap apa yang mereka jumpai wall lebih yatawakkalun dan mereka itu bertawakal kepada Allah ini akan menjadi pusat perhatian yang pertama orang lihatin Masya Allah senang sekali yang masuk surga tanpa hisab ini akan menjadi pusat perhatian saat ini kata Allah Shallallahu Wassalam Hai maka kemudian Allah membangkitkan kemudinya Allah membangkitkan sebanyak 50 ribu orang Syuhada Hai kemudian kelompok yang kedua Allah membangkitkan 50.000 orang Syuhada dan mereka adalah delegasi UFO dan illallah mereka itu delegasi-delegasi yang menghadap kepada Allah subhanahuwata'ala ini mereka menghadap kepada Allah subhanahuwata'ala ada 50.000 orang dan kelompok yang kedua 50.000 orang yang mereka itu mati syahid dan mereka itu akan menjadi delegasi yang menghadap kepada Allah diantara 50.000 orang yang mereka itu mati syahid dan menjadi pusat perhatian manusia ketika di padang mahsyar Maka terdapat Barisan Para cuaca yang kepala mereka yaitu kepala mereka mukhoto'ah mint Baina aja Jatim yaitu kepala mereka terpotong dari jasad mereka diantar 50.000 orang ada satu barisan bahwasanya saking luar biasanya mereka ketika berperang itu sampai kepala mereka terputus dan mereka membawa kepala mereka yang terputus itu dengan tangan mereka eh salah Dan itu menjadi pusat perhatian orang nanti di padang mahsyar gatal Rasulullah lalu kepala mereka berada ditangan masing-masing sedangkan wajah mereka itu belum orang dengan darah lalu kemudian mereka berkata Ya robb kami Berilah kami atas apa yang telah engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul mu Robbana wajib nama wacana alarrosul Kawula tursinah Yaumul kiamah ialah kasih kami terhadap janji yang telah kejengit yang telah engkau sampaikan melalui lisan lisan rasul-nya maka kemudian janganlah engkau hinakan kami pada hari kiamat ini surat al-imron 194 maka kemudian Allah menjawab apa yang disampaikan oleh kepala kepala yang berdarah ini ketika mereka meminta Supaya diberikan apa yang dijanjikan oleh Allah dengan kemuliaan yang Allah berikan kepada mereka lalu kemudian Allah berfirman hamba-ku ini telah benar hambaku ini benar maka akhirnya Man Allah menyuruh para malaikat mandikanlah mereka di dalam Sungai Putih akhirnya mereka keluar dari sungai itu dalam kondisi bersih kiputih lalu mereka berjalan di dalam surga menurut apa yang mereka mau ini menunjukkan kepada kita Masya Allah inilah yang kemudian kita fahami untuk menyempurnakan pembahasan kita terhadap apa yang disampaikan oleh Imam al-qurthubi jadi dalam halaman Ini akhirnya kemudian kita mengetahui betapa perih mampu root of itu menyampaikan Tentang ruh yang berada pada puncak-puncak dan nikmat and setelah ruhnya para nabi dan para rasul khususnya Syuhada dan rohnya orang-orang yang beriman yang mendapatkan puncak dari amoxil yang mereka lakukan sepanjang hidupnya sekali lagi ruhnya para cuaca bertingkat-tingkat karena ada rohnya para syuhada yang tidak berada di dalam burung tetapi mereka itu di pinggir sungai mendapatkan rezeki tetapi kenikmatan yang mereka dapatkan tidak sebesar teman-teman mereka yang tidak memiliki catatan hutang piutang Hai sebagaimana orang mukmin orang mukmin juga bermacam-macam ada orang mukmin yang mereka itu ruhnya didalam kubur dilapangkan kuburnya sejarak tip 70 Hasta Mereka melihat surga tapi ada orang-orang mukmin yang dikatakan oleh Rasulullah nah saat najmatul Mukmin sesungguhnya jiwanya orang mukmin itu mereka itu kemudian ditinggikan oleh Allah jiwanya orang mukmin itu lalu mereka berada di dalam burung-burung lalu mereka itu dibawah pohon-pohon di surga dan memakan apa yang mereka mau sampai nanti Allah mengembalikan punya ke dalam jasadnya ketika hari dibangkitkan manusia pada waktu hari kiamat sebelum mereka dikumpulkan di padang mahsyar itu yang disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang keluar biasa Semoga kita termasuk orang-orang yang diberikan oleh Allah mati syahid dan diberikan keshalihan atau setidaknya keshalihan dalam kehidupan kita supaya kemudian ditinggikan derajat kita menuju kepada ruhnya para syuhada menuju roknya mendekati roknya para nabi dan para rasul setelah kita mempelajari itu sekarang kita buka halaman 321 jenis-jenis mati syahid Hai jenis-jenis mati syahid ini saya ringkaskan sejak jadi mati syahid itu ada tiga yaitu Imam qurthubi Itu menjelaskan struktur panjang di sini ya jangan dari halaman 321-322 7 Kita singkat kita Sederhanakan aja penjelasan beliau jadi sesungguhnya mati syahid itu terbagi menjadi tiga ada yang pertama Syahid di dunia saya di akhirat itu yang tadi kita sampaikan orang yang dia berperang tidak ada niat yang dia miliki di dalam peperangan kecuali satu menegakkan kalimat Allah orang-orang inilah yang tak ditaruh oleh Allah dengan burung-burung di surga hijau Mereka kemudian mendapatkan kenikmatan dari apa yang Allah berikan kepada mereka inilah yang dinamakan dengan syahid di dunia Syahid di akhirat Oh ya kamu Denada yang di kedua Sahid di dunia tapi tidak Syahid di akhirat Siapa itu yang kemudian Sahid di dunia tidak Shaheer di akhirat orang yang berperang di jalan Allah Tetapi niatnya bukan karena Allah niat yang karena dendam niatnya karena pingin dipuji ini ada karena pingin dapat Sanjungan justru mereka inilah yang akan pertama kali masuk neraka Hai mau pilih metalik makanya kemudian dalam hadits riwayat muslim dari Abu Hurairah Rasulullah bersabda Inna awal nasi Yudhoyono magmatis salah satu orang yang akan diputuskan masuk neraka pertama kali nanti pada hari kiamat itu ada tiga orang ada tiga orang yang pertama yaitu adalah orang yang meninggal dunia didalam peperangan dan sepanjang hidupnya dia berperang karena Allah pedas sudah dalam sepanjang hidupnya dia berperang tetapi ketika dia dibangkitkan oleh tanya sama dia apa yang telah kamu lakukan dulu di dunia saya berperan karenamu Ya Allah untuk siapa untukmu Allah kemudian berkata Kadap Tak bohong kamu dusta Sesungguhnya kamu berperang itu bukan sebagai Sesungguhnya kamu berperang itu bukan untuk meninggikan kalimat ku tetapi supaya kamu disebut sebagai pemberani dan kamu telah mendapatkan lalu dia dilemparkan ke neraka pertama kali mencicipi api neraka adalah Sims orang yang berperang di jalan Allah Tetapi niatnya bukan karena Allah walaupun mereka tidak kekal didalam neraka nan tetap pada waktu mereka dikeluarkan dari neraka itu karena niat yang salah itu bukan menjadikan pelakunya itu kekal didalam neraka Hai tapi merekalah yang pertama kali merasakan api neraka Masya Allah yang jadi ini menjadi sebuah renungan yang apa ya menggetarkan ya bahwasanya yang paling susah itu adalah menjaga niat Oh ya makanya nanti kalau kita dihisab hisap itu ada dua ada Hai sab itu ada Arab ada munaqosah Kalau karet itu ditampakkan kebaikannya dan keburukannya kalau kemudian di orang yang beriman Kalaupun dia memiliki dosa nanti Allah buka dosanya di hadapan orang itu saja dan tidak diperlihatkan kepada orang lain lalu catatan dosanya itu dihapuskan oleh Allah dan tidak ada yang tahu kecuali dirinya saking oleh menyembunyikan dan tidak menghilangkan dia nanti pada waktu di pengadilan Allah hai hai Hai ini yang disebut dengan art dimudahkan ada yang namanya munaqosah isap itu ada yang kedua ada yang namanya munaqosah munaqosah itu apa ya itu adalah orang yang dihisap kemudian didebat diteliti dengan betul-betul bahkan kemudian ditanya dan diselidiki dengan luar biasa inilah orang-orang yang sejatinya nanti di hadapan Khushi baut tiba siapapun yang dihisapnya dengan panjang teliti dan sampai di depan oleh Allah maka inilah orang yang dihadapi oleh Allah Hai ini ada orang yang saya di dunia tapi tidak Syahid di akhirat ada yang ketiga tidak baik didunia tetapi Syahid ya qirat yaitu secara di dunia dia tidak dianggap mati syahid artinya ketika meninggal dunia tetap dimandikan dikafani dishalati tetapi nanti di akhiratnya dia mendapatkan keutamaan sebagaimana orang yang mati syahid ini ada tiga sekarang kemudian kita fahami kalau Syahid di dunia dan akhirat sudah paham Sahid di dunia tidak saya di akhirat sudah paham orang yang salah nya sekarang kita bahas siapa orang yang berkatagori tidak Syahid di dunia tetapi dia sahidi akhirat maka kemudian Mari kita baca hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallama syahadatul sabun sesungguhnya selain yang terbunuh di jalan Allah sales Selain itu ada yang mati syahid itu jumlah mereka itu ada tujuh matikan ataupun Syahid mati karena tenggelam Syahid mati karena sakit tulang rusuk Sahid kemudian mati karena perut sakit Zahid mati karena terbakar Syahid mati karena tertimpa benda yang Syahid wanita yang mati karena melahirkan diamati site kalau kemudian ada orang yang beriman dengan track recordnya dia itu kemudian beriman track recordnya dia beriman hai lalu kemudian dia matikan nonton mati karena tenggelam mati karena tulang rusuk mati karena sakit perut mati karena terbakar mati karena benda keras yang tertimpa kepadanya misalkan gempa dan mati karena dia melahirkan itu matinya mati syahid tapi di akhirat di dunianya tetap diperlakukan sebagaimana orang biasa tetap dimandikan tetap dikafani tetap disholati tapi nanti di akhiratnya catatannya akan dihitung sebagaimana orang yang mati syahid Hai makanya kemudian artis akhirat untuk Bagaimana Mari kita lihat di dalam kitab syarah Bukhari mereka mendapatkan status Syahid secara hukum secara hukum bukan Hakiki itu karena karunia Allah ini karunia Allah jadi karena Allah memberikan karunia kepada umat ini makanya Allah berikan 7 tadi orang yang sakit perut orang yang tahun orang yang tulang rusuk orang yang mati karena kecelakaan itu mendapatkan mereka itu Syahid nanti diakhirat apa yang mereka dapatkan Allah menjadikan musibah yang dialami oleh umat ini sebagai pembersih dosa jadi ketika mereka tenggelam tertimpa kemudian dengan benda keras atau terkena dengan pandemi atau tahun maka kemudian itu membersihkan dosa Mereka menambah pahala mereka bahkan akan menghantarkan mereka kepada derajat yang para syuhada kalau memang betul-betul berat mereka rasakan sakit pertunjukan macam-macam berbagai macam penyakit dalam itu kalau kemudian kita ridhoi dan kita esok maka itu dinilai sebagai orang yang mati syahid di akhirat Hai yang orang yang mati melahirkan mereka itu saya di akhirat karena apa semua rasa Kelelahan yang dirasakan ketika dia menahan rasa sakit ketika melahirkan dengan pecah ketubannya darahnya kemudian juga pecah melebar kemana-mana maka semua yang dirasakan itu akan menjadi Sebab Dia digugurkan dosanya ditinggikan derajatnya bahkan tidak menutup kemungkinan mereka akan mendapay menggapai derajatnya orang mati secara hakiki Hai itu yang kemudian harus warnanya sekarang mungkin ada yang bertanya Ustadz Bagaimana dengan orang yang mati terkena wabah pandemia sekarang tinggal tinggal lihat Sebagian ulama mengatakan pandemi ini disebut dengan ton berarti kalau dikategorikan tahun berarti ini kemudian mati syahid di akhirat kalau kemudian tidak dikategorikan kayak tahunnya dia tetap mendapatkan keutamaan Kenapa orang yang sakit Lalu dia tidak ada balasannya kecuali surga selama dalam kondisi ihtisab mengharapkan pahala di sisi Allah selama mengharapkan balasan di sisi allah subhanahu wa ta'ala ini yang paling penting Hai yang Sebagian ulama itu mengatakan wabah pandemi ini adalah tahun Berarti orang-orang yang mereka itu menderita tahun itu sebagaimana yang tadi dikategorikan oleh Rasulullah dengan syahid itu tujuh mereka mendapatkan keutamaan mati syahid nanti di akhirat semua rasa sakit yang mereka peroleh semua sah-sah sakit yang mereka semua rasa sakit yang mereka peroleh dan semua rasa sakit yang mereka dapatkan justru akan membersihkan pahala mereka menaikkan derajat mereka di sisi Allah dan tidak menutup kemungkinan mereka akan mencapai derajat orang yang mati saya secara hakiki Hai dan itu kemudian yang didapatkan makanya Masya Allah tentunya kita harus paham orang-orang yang tadi dikatakan dengan tujuh orang yang mati syahid itu sekali lagi harus ditinjau Bagaimana track recordnya tracknya juga perlu dilihat kalau dia orang yang taat kepada Allah secara dhohirnya dia melakukan kebaikan meninggalkan dosa itu berarti Insyaallah menjadi mati syahid tapi kalau ada orang yang mereka mendapati dengan 7 tadi tapi track recordnya mereka bukan orang yang taat kepada Allah tapi justru pelaku dosa besar ah tentunya ini akan menjadi sebuah perhitungan nanti dia di hadapan Allah Allah Allah besok jadi inilah yang kemudian kita harus pahami jadi imam al-qurthubi menyampaikan tentang mati syahid bagaimana ruhnya mereka mendekati roknya para nabi dan para rasul saw hanya orang-orang Shalih yang mendekati rohnya para syuhada karena rohnya orang-orang yang beriman itu bermacam-macam ada yang ditaruh di bumi ada yang ditaruh bergelantung di pohon-pohon di surga dan kemudian mati syahid itu ternyata ada tiga di dunia saya terakhir atau Sahid di dunia tapi tidak sahidi akhirat ada yang ketiga tidak Syahid di dunia tetapi Syahid di akhirat mereka akan mendapatkan pembersih dosa menambah keutamaan dan derajat mereka di sisi Allah dan mereka tidak menutup kemungkinan akan menggapai derajat orang yang mati syahid secara hakiki wallahualam bishowab intinya adalah Kalaupun kita dalam kehidupannya selama kita sabar dan mengharapkan pahala di sisi Allah tidak ada tempat kembali bagi orang yang sabar dan mengharapkan pahala kecuali tempat mereka adalah syurga Mari kita merenung dalam sebuah riwayat yang shahih dalam sebuah riwayat yang shahih diterangkan ada seorang perempuan yang dikatakan oleh Rasulullah sebagai perempuan penduduk surga lalu kemudian orang perempuan ini adalah terkena penyakit epilepsi lalu datang kepada Nabi supaya beliau didoakan untuk sembuh lalu kemudian Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam itu memberikan dua opsi kepadanya kalau kamu mau aku doa Insyaallah kamu sembuh tapi kalau kamu mau kamu bersabar kamu akan mendapatkan surga lalu perempuan itu memilih bersabar dan perempuan ini dinobatkan oleh nabi salah satu perempuan di surga karena kesabaran yang dia berikan ketika menderita penyakit epilepsi sampai meninggal dunia intinya bukan di epilepsinya intinya itu adalah keridhaan dan kesabaran menghadapi irisan takdir tidak ada tempat kembalinya kecuali adalah manis yang kamu akhir bernama surga Shallallahu Ala nabiyyina Muhammad wa hamdulillahi rabbil alamin ini yang kita sampaikan dalam pertemuan hari ini Semoga Allah memberikan kebaikan dan keberkahan atas apa yang kita kaji kita lanjutkan dengan tanya jawab