Rabu, November 03, 2021

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian 7 Amal Mengalir Setelah Mati ini Umi Mimi ambil dari Youtube Abdul Somad, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian 7 Amal Mengalir Setelah Mati ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

7 Amal Mengalir Setelah Mati

7 AMAL MENGALIR SETELAH MATI | Bangkinang แดดแดฐ | Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillah wa shalaatu wa salaamu ala rosulillah sayyidina wamaulana muhammad IBN Abdillah wa ala alihi washohbihi waman dalam bidang whatismyip jamaah masjid Mas gak Markaz Islami Bangkinang kabupaten Kampar provinsi Riau yang hadir pada malam hari ini pada malam yang ketiga rochmawan maupun yang mengikuti program ini melalui streaming melalui untuk melalui berbagai macam program insyaallah Hai yang langsung maupun tak langsung semuanya mendapatkan kemuliaan dari Allah subhanahu wa ta'ala Amin ya robbal alamin mankhool ramalan Siapa yang menghidupkan malam Ramadhan imanan wahtisaban hanya karena iman kepada Allah dan hanya Karena mengharapkan balasan dari Allah bukan yang lain cover lagu Mata kedamaian Zombie maka diampunkan dosa-dosanya yang lalu diantara cara menghidupkan malam rawam salat magrib berjamaah shalat isya berjamaah setelah itu tarawih setelah itu Witir setelah itu tadarus atau kajian setelah itu istirahat sejenak tidur lalu kemudian bangun malam salat sunah wudu salat Sunat Taubat shalat sunnah hajat shalat sunat tahajud shalat sunnah mutlak memperbanyak dzikir istighfar Tahmid tahlil lalu kemudian sholawat tautologi kiri lailahailallah muhammadurrasulullah itulah diantara yang diajarkan sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam supaya malam-malam ini tetap mendapatkan tiang-tiang artinya tegak artinya tidak memejamkan mata kalau bulan-bulan sebelumnya kita sibuk dengan tidur maka pada malam-malam bulan Ramadhan ini dihidupkan dengan amal-amal Adapun pada malam hari ini kita akan mengkaji satu Hadis Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam hadits ini disebutkan dalam kitab Sunan Ibnu Majah ada enam kita ahlussunnah waljama'ah yang menjadi pegangan ahlussunnah Waljamaah dua Shahih 4 Sunan Shahih Bukhari Shahih Muslim empat sungai awalnya Abu hasilnya Ibnu Abu Dawud Nasa'i Tirmidzi Ibnu Majah Imam Firmansyah al-qazwini azlaini dari teluk sesuai fazzwayne itu tulisan Latinnya Caspian sea bachrul chairi baru lepas sungai itu sekarang terletak di antara Azerbaijan dengan Rusia begitulah Islam kalau power ilmu walaupun bukan orang Arab maka engkau akan tetap dikenang sepanjang zaman Imam Ibnu Majah Al qazwini menulis suatu kitab misinya sunnah-sunnah Rasulullah kalau satu sunnah kalau dua sunatan ini kalau banyak sunan-sunan karena didalamnya ada hadits-hadits Nabi sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Adapun hadits yang akan kita kaji malam ini terdapat dalam kitab Sunan Ibnu Majah diriwayatkan dari sahabat nabi bernama Abdul Somad Abdul hamba Samsung matahari Abdul Somad ambang matahari nama ini tak baik mengandung Syirik maka dibawah nabi namanya menjadi Abdurrahman nama ayahnya sohor nama kampungnya Diamond dust maka Nama lengkapnya Abdurrahman Bin Sahar ada Ussy dia masuk Islam pada tahun ketujuh terlambat masuk Islam yang lain masuk Islam ketika di maka yang lain masuk Islam menjelang hijrah dia masuk Islam setelah tujuh tahun pindah kekota al-madinah al-munawwarah datang dia dari Yaman menyebrang sampai ke Madinah menjumpai nabi masuk Islam tapi walaupun dia terlambat masuk islam dia bersama nabi hanya tiga tahun saja masuk Islam tuanku 7 nabi meninggal tahun ke-11 bulan rabiulawal hanya tiga tahun tiga bulan tapi hadits yang paling banyak diriwayatkan oleh sahabat nabi adalah Abu Hurairah dia anggur Rachman tapi karena selalu membawa anak kucing makan hari memanggilnya ya akhir wayangkau kau yang selalu membawa kucing karena dia orang yang punya berhati lembut penyayang kepada binatang ya akhir wahai engkau orang yang sayang kepada kucing maka populer lah nama dia dengan nama Abu Hurairah Nabi Shallallahu sebelum menyampaikan hadits diatas pasir Man Bash Farida agung siapa yang mau membentangkan sorban yang kata Nabi ke atas pasir ini atau huruf yang apalagi harga sampai kusampaikan hadis ku ini pada yang sangat same abada Siapa yang mau membentangkan sorbannya kusampaikan hadits-hadits mau ini maka dia tidak akan lupa apa yang dia dengar sampai dia mati mendengar hadits itu langsung Abu Hurairah membentangkan sorbannya lalu nabi menyampaikan hadits-hadits setelah itu dia menggulungnya maka sejak itu dia tak lupa hadits-hadits yang disampaikan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam itu salah satu mukjizat Nabi bahwa Haditsnya terjaga terpelihara sampai ini sampai hari kiamat karena sahabat itu diberikan kekuatan akal kecerdasan diantara sahabat-sahabat walaupun Abu Hurairah sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadis tapi dia mengaku ada orang yang lebih banyak lagi hafalannya daripada aku siapa dia Ambillah bin Ammar bin house radhiallahu anhuma Anda Gubernur Mesir sahabat nabi namanya Amar bin Auf Amar bin as punya anak laki-laki namanya Abdullah Abdullah bin Umar bin az-zubair huanhu mah aku banyak menghafal kata Abu Hurairah tapi Abdullah bin Amr Bin Ash lebih banyak lagi hafalannya Kenapa wanna bulayak Cup Wahana Lahat Ukraina uyab karena dia menulis sedangkan aku tidak menulis suatu ketika orang-orang Arab berkata Kenapa lah kau tulis hadis itu wahai Abdullah bin Amr Bin as Kenapa kau tulis hadits-hadits nabi itu datanglah Abdullah bin Amr Bin as menjumpai Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Ya Rasulullah Hai mereka berkata Kenapa kau tulis apakah yang ada yang perlu kutulis ada yang tak perlu ketulis apa kata Nabi Shallallahu salam ukup tulis Wow lagi demi Allah Maya kurozumi nungguin dahak semua yang keluar dari mulut punya hak Tulislah itu menunjukkan bahwa anda sahabat nabi itu yang mengingat dengan akalnya Abu Hurairah tapi ada sahabat nabi yang mengingat dengan akal dan tulisannya itulah dia Abdullah bin Amr Bin as dan sahabat-sahabat yang lain zaman sekarang umat Islam menjaga hadits tidak dengan akalnya tidak bulat dengan mulutnya cukup dengan handphonenya sehingga ketika handphone wilang hadis dukun hilang juga janggal yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala habisnya dalam Sunan Ibnu Majah diriwayatkan oleh sahabat nabi Abdurrahman Bin Sahar endos Abu Hurairah radhiallahu'anhu status hadisnya Adi soon as an hadits yang paling tinggi shohih dibawahi adzan dibawa alasan bae Sai dengan Hasan tak ada istilah antar ulama boleh dijadikan dalil hukum Baim 5 sarannya baru oleh diriwayatkan bukan dalam masalah halal-haram bukan dalam masalah aqidah tidak ada periwayatnya yang Kadzab Pendusta penipu pembohong masih bernaung dibawah hadits shohih dan dia untuk Fafa Ilal kalau ada Ustadz yang berceramah Ramadan ini awal UU Rahma kau satu Mafira aziroh info minannar 10 pertama Rahmat 10 kedua ampunan 10 ketiga jauh dari api neraka hadisnya Bawai tapi masih cukup lima syarat dia bukanlah masalah halal-haram dia bukan dalam masalah aqidah Masih bernaung Dibawah ini shohih tidak ada periwayat yang kaga Pendusta penipu pembohong dan dia untuk fatwa elal akan silakan allahumma bariklana Fima rozaktana Wakina azabannar saat hadits dhaif tapi masih boleh diamalkan karena masih cukup lima syarat tidak dalam masalah kalau haram bukan dalam masalah aqidah tidak ada prewed yang Kadzab Pendusta penipu pembohong dan dia masih bernaung di bawah alis Sae untuk fadhail a'mal allahummalakasumtu wabika aamantu wa ala rizqika afthortu birohmatika Yaa arhamar rahimin hadits dhaif tapi masih boleh diamalkan karena bukan dalam masalah halal-haram bukan dalam masalah aqidah tidak ada prewed yang causa penipu Pendusta pembohong dan dia masih bernaung dibawahnya Shahih dan untuk fabahe lama kenapa user ulang-ulang sampai tiga kali biar ingat diulang aja ingat lebih tadi ulang Hai Adapun abis yang akan kita kaji malam ini adalah inmail hafal Mukmin mi-nam alihi wa ashabihi ba'dal maut ihi diantara amal yang tetap menyertai seorang mukmin Walaupun dia sudah mati dicabut malaikat maut nyawanya masuk dia ke liang lahat dimakan cacing tanah tapi amalnya tetap mengalir dalam hadits ini ada tujuh yang tetap mengalir bagi yang mencatat anak-anak sekolah 7 amal tetap mengalir setelah mati menghadap Allah subhanahu wa ta'ala yang pertama Hilman allamah warna Shaarawy ilmu yang diajarkan dan disebarkan Cobalah tengok nya adilnya Nabi Muhammad Shallallahu salam seandainya nabi mengatakan yang mengalir itu hanya ilmu yang diajarkan Hai betapa sedihnya kita yang bukan Bu ya bukan Kyai bukan Tuan Guru bukan alim ulama bukan Profesor Doktor bukan Buya kami tak pernah mengajar tapi disitu dibuatnya dua alam maguwan Ashraf bukan mengajar saja tapi ada satu lagi nashrahum apa artinya sarahu share yang sanggup ngajar ngajar tak sanggup mengajar share share saja ilmu nih banyak-banyak like and share banyak sebarkan begitulah hebatnya dia bukan Ustad bukan alim ulama tapi ikut merekam kajian malam ini dengan kamera yang resmi dua yang tak resmi banyak biar sebarkan maka itupun ikut dalam kategori allamahu warna sharrouf kira-kira Ustad nadzri Syed nadzri yang mengimami kita tadi beberapa murid yang sudah sama Alquran dengan beliau berapa yang sudah hafal Juz 30 dengan beliau berapa yang tahu idgham ikhfa qolqolah warna bilagunnah makhorijul huruf sifatul huruf Bagaimana burung vagaimana burung air bagaimana orang tua berapa imam yang sudah diseleksi beliau berapa imam yang lulus fit and propertest kabupaten kota Pekanbaru Musabaqah Tilawatil Quran allamahu Anas Rahmah kalau sudah disebut ilmu banyak kita berkecil hati kami hanya ibu rumah tangga atau Ustadz kami hanya emak-emak pak ustad apa yang bisa kami ajarkan pak ustad suatu ketika saya sedang di sekolah SD SD saya dekat masjid I was Adzan Dzuhur ialah salam Batam muadzin guru bertanya apa jawab Aya alassholah Tak ada satupun di kelas yang bisa menjawab apa jawab kalau muadzin Ayala salah sangka tangan Sewu Abdul Somad Apa jawabnya La haula wala quwwata illa Billah save ngajar kamu emak di dapur sambil mengajak mulai Hai yang manggil kecil dengan cabai kita jalanin main wa pisau motong motong mah tentang Otong Otong nanti kalau dengarlah Hai alassholah ia al-falah sambut lahaulawalaquwataillabillah betapa Ibu hari ini Setiap saya mengajar lahaulawalaquwataillabillah kalau kamu mendengar adzan Sambutlah seperti yang diucapkan muadzin allahuakbar sama Ashadualla illallah wa Asyhadu anna muhammadarrasulullah sama tapi ketika sampai hasballah Al Falah lahaulawalaquwataillabillah ditutup dengan doa wasilah Allah merubah asli dakwah ditambah khayna muhammadinil khofiyah wafuanhu makmur dan dilatih mata Inneke latuhliful melihat ibu bukan guru ibu bukan dosen Ibu bukan ulama Ibu bukan Ustadzah tapi anak ibu mengajarkan itu mengajarkan ke istrinya diajarkannya ke cucu menantunya diajarkannya ketetangga kesah nya menjadi ilmu yang mengalir Lesmana itu Jangan berkecil hati Walaupun kita bukan ulama Bapak hanya seorang kepala rumah tangga ulang dari memanen sawit diajaknya anaknya sholat sambil berwudhu diajarkannya nah mencuci tangan tuh begini Hah mana tahu ada sisi-sisi ikan mana tahu ada bekas-bekas sawit mana tahu ada bekas-bekas minyak dicuci begini kalau masuk kalau mengusap telinga tuh yang ini kedalam telinga yang ini ke daun telinga ah yang ini ke dalam yang ini keluar kalau berwudhu tengok siku-siku musti kena tengok siku selangkangan Ussy digosok jangan sampai terkena air sepele tapi satu hari berapa kali dia buruk untuk subuh untuk doa dzuhur wudhu kasar untuk web ujung Isya wujud tahajud mengalir pahalanya letak Jalan Amil harus bisa ia Jangan pernah kau sepelekan walaupun amal kau kecil jangan bandingkan awal kita dengan dokter Mawardi Muhammad Saleh jauh tak bisa dia 13 tahun di Madinah menghijaunya pun bahasa Arab capek kita kalau mau ikut itu mau berapa kitab Ushul fiqih mau kita kaji payah yang ringan-ringan saja yang simpel simpel saja yang sepele sepele saja will only apa celaka celaka qumid tumit kecelakaan Kenapa tumit celaka karena tumit tak kena air ketika berwudhu kran air di dengan kena ujung diajarkan ah tumit Mesti kena celah-celah kaki masukkan klengkeng Wah musti kena spelemen theme tapi Berapa banyak orang tak sah shalatnya hanya gara-gara tidak sempurna uduknya Bapak mengajarkan anak Ajeng kok kakinya ditekuk Supaya apa supaya kantong air seni air kencingnya kempis habis keluar semua menetes setetes dua tetes batal wudhunya batal shalatnya spell remeh temeh dan video menjadi amal jariyah maka yang pertama yang bisa menyertai kita walaupun sudah mati Ilman allamahu wanasara full yang kedua Walah dan Shalih antara kagum anak yang soleh anak soleh Kenapa anak nomor dua karena banyak orang tak punya anak berkecil hati dihibur Allah ta'ala Oh boleh tak punya anak tapi kau punya ilmu Bolehkah punya anak tapi kau punya buku boleh tak punya anak tapi kau punya kitab maka ada ulama namanya siang gofakta budak menulis Kitab Al lama al-ahzab alladina Asrul madzab ulama-ulama yang seumur Yo tak menikah karena lebih mengutamakan ilmu daripada menikah di antaranya imam nawawi Sekarang orang kalau membaca kitab al-adzkar Imam Nawawi Riyadhus Shalihin Imam Nawawi Roudlotul tholibin umdatul fiqh imam nawawi baca shohih muslim tak paham isinya baca sejarahnya al-minhaj syaraf muslimin AJ imam nawawi membaca kitab fiqih fiqih dari sejak masa Imam Syafi'i tahun 2204 Imam Syafi'i abad ketiga abad keempat abad ke-5 abad ke-6 awak ketujuh 500 tahun masa sapi berkembang macam-macam datang seorang ulama direvisinya Zaki pendapat yang wait dia buah pendapat yang bagus diambil maka di tajwidnya masa survei ditulisnya kitab al-majmu' syarah al-muhadzdzab yang ditulis oleh Imam Nawawi meninggal tahun 676 jarak dia rezeki 2004 ke-67 6204 3456 hampir 500 tahun jarak dari Imam Syafi'i kepada imam nawawi imam nawawi tak punya anak tapi sampai hari ini nama Nawawi tetap diri disebut orang di berbagai negeri dari mulai Mesir Jangan berkecil hati tak punya anak ini berapa banyak orang meneteskan airmata mengadu bu ya saya tak punya anak hai kenapa tak punya anak belum menikah menikah Hai Hilman Allah wanasoru yang kedua waladan soale antara kawin begitu hebatnya nanti sama salad Anda yang pertama tadi langsung nabi katakan anak yang sholeh orang langsung dong orang langsung jatuh nabi hibur ilmu dulu karena ilmu Semua orang bisa berilmu tapi anak tak semua orang bisa punya anak maka yang sudah punya anak Alhamdulillah yang belum punya anak khas gua leviar cristiar makan Nah kurma muda makan najis toge makan pokat makan semangka makan kacang tanah kacang hijau kacang merah kacang segala kacang dimakan Hai paling sulit bagi Allah innama amruhu idza aroda syaian ayyakulalahu Kun Fayakun semua orang mengatakan istrinya sudah mendul tak akan mungkin punya anak divonis orang sekampung mengatakan mandul takkan mungkin punya anak apa yang terjadi umur 99 tahun Ibrohim Alaihissalam mengandung istrinya hajar hajar mengandung melahirkan anak Ismail umurnya 86 tahun 86 tambah 13 13 tahun umur Nabi Ismail lahirlah Ishaq dari istri tua yang sudah divonis tak akan mungkin punya anak bisa punya anak restore itu jangan pernah berkecil hati Allah ta'ala punya kuasa kalau sudah tua tak juga punya anak husnudzon sama Allah mungkin kalau punya anak-anakku pula menyebabkan kau masuk neraka karena dia sabu-sabu narkoba lgbt perbuatan virus hiv-aids melakukan perbuatan umat Nabi Luth as ngajak husnudzon kepada Allah ada yang lebih tinggi maksudnya daripada shalat tarawih ada yang lebih hebat daripada shalat tahajud ada yang lebih hebat daripada jihad bisa bilang apa dia rival-rival menerima ketetapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala nikah sudah makan obat Sudah pijat refleksi sudah Totok segala Totok sudah berbagai macam Usaha sudah tak juga menghasilkan berarti Allah ingin menempatkan engkau lebih hebat dari punya anak soleh apa dia ritual menerima ketetapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala malam ya Robbi kholaq Siapa yang tak rela menerima takdir pun walaupun ia segera di balai samping Tak sabar menerima Ujianku kau lihat belum perempuan siwaya Jamilah Tuhan selain aku mau kemana kita mencari Tuhan selain Allah Subhanahu Wa Ta'ala La Ilaha Illallah laa ma'buda bihaqqin illallah tak ada yang berhak sebenar-benar disembah kecuali Allah subhanahu wata'ala jadi yang punya anak didiklah anak dari mulai t ukuran SD Quran power Quran SMP Quran SMA Quran SMK Quran Adapun kuliahnya Terserah dia mau jadi apapun yang penting waladan sale antara kago meninggalkan anak-anak yang sholeh apa kata BJ Habibie bacharuddin Jusuf Habibie orang yang ekornya lebih tinggi daripada Einstein yang hebat lebih tinggi lagi BJ Habibie tapi diakhir hayatnya apa kata dia kalau boleh lah aku kembali muda Kalau boleh waktu itu berlalu itu bisa mundur lagi aku akan belajar agama Islam ini dia tetap ahli pesawat tapi dia belajar agama Islam tapi presiden mantan presiden kita BJ Habibie itu hewan Walaupun dia bukan ahli agama Islam tapi berapa perjuangan dia untuk Islam ikatan cendekiawan muslim Indonesia slogan Imtaq dan IPTEK Imtaq iman dan taqwa iptek ilmu pengetahuan dan teknologi Jawa yang menggelorakan otak mulai Jerman hatinya tetap maka hatinya tetap Lailahaillallah muhammadarrasulullah Shallallahu salam Ustad Anaknya kuliah dimana sains teknologi jurusan komputer Musthafa Muhammad Mustafa agony Emma suami mendapat gelar doktor dari Cambridge University Inggris membela Islam dari serangan-serangan orientalis tapi anaknya tidak jurusan hadis anaknya bukan Jurusan Tafsir sakit bukan jurusan usul Fiqih anaknya belajar komputer di Amerika lalu orang pun comment masa anak Profesor Alia this belajar di Amerika Ia memang belajar komputer tapi yang dia buat apa dia menjadi seorang programmer dulu orang kalau mau mencari hadits Bukhari tak dapat buka Saya muslim tak dapat buka Sunan Abi Daud tak dapat buka selesai tak dapat muka suntir Mini tak dapat buka sangat minim aja tak dapat kwalik tak juga ada muka Senada ini tak juga ketemu buka usaha mati rambat tak juga ketemu butuh Kitab Hadis tak dapat debunya dapat tapi begitu programmer membuat program Alfiah 1000 kita dalam satu sini satu flash disk awal-awal dulu dalam bentuk sini Alvia lalu kemudian berkembang menjadi Shamila awalnya 3 giga kelompok menjadi 23 Hai menjadi macam-macam sampai Tera akhirnya orang sekarang tinggal klik ketemu hadis copy-paste berapa anak-anak muda kita yang bukan Jurusan Tafsir bukan jurusan Adis tapi waladan soalnya kan dia tetap Soleh pakaiannya memang bukan pakaian start dia tidak pakai jubah tidak Oke Koko bajunya biasa saja tapi isi di dalamnya komputer yang untuk memudahkan umat Islam belajar agama Islam Sekarang orang kalau mau baca Quran tombol sekali Quran isinya Quran Tajwid tafsir asbabun nuzul Quran Tajwid tafsir asbabunnuzul kapal scan saya menantang anak-anak kabupaten Kampar anak-anak muda yang kuliah di UIN di Fakultas Sains teknologi Coba kalian buat Quran digital cukup dengan satu carport 1 ayat bisa tak kalian buat satu barcode satu ayat ketika Guan ini diklik kan barcode-nya Klik langsung keluar suara Ustad Nazri Bismillah hirohman tak bisa mirip wisata kalian buat daripada dia baca kafir tebal tak tentu arah cukup dengan satu warkot diklik kan langsung keluar suara Ustad Nazri Kalau kebetulan ayat itu tentang fiqih langsung keluar penjelasan dokter Mawardi Muhammad Saleh Kalau kebetulan disitu ceramahnya umum langsung keluar suara Ustadz Abdul Somad saya ada juga situ sampai wisata kelewat tanpa Sunday lah saya dosen sign teknologi itu saya bebankan setiap mahasiswa-mahasiswa kamu dalam setahun ini kau cari kemana pun Ustadz Mawardi mengajar di masjid an-nur The Masjid ngerti mesjid Islamik center Oh buat program digital terkait dengan ayat-ayat hukum maka tinggal klik orang bisa mendengar lebih bisa buat Insyaallah nilaimu cuman masalahnya dosennya Puncak pengajian menjadi masa lalu Okelah kita lanjut nanti banyak dosen ilmu sudah anak soleh sudah yang ketiga mushaf Anwar razzaqu mewakafkan mushaf-mushaf ukuran orang selalu minta tolong ambilkan kura-kura kalau orang Arab tidak mengatakan ambil gangguan fuchs dia mengatakan itu adalah mushaf lembaran-lembaran Alquran yang tersusun maka disebut dia dengan mushaf Quran tak ada bentuk jamaknya kita jamaknya kutub bihaku tubuh pakai nah tapi Quran tak ada bentuk jamaknya enak hanya satu lalu yang ada coba itu adalah mushaf tapi dia tetaplah yamassuhu ilmu Pak Harun ahlussunnah Waljamaah bukan mu'tazilah aku sunnah Waljamaah berpegang bahwa memegang mushaf itu pun hanya sih paling tua memiliki nomor 2 Safei nomor tiga Hambali no4 musti berwudhu tapi saya mau menjelaskan bahwa mewakafkan mushaf Alhamdulillah sekarang program-program wakaf mushaf Alquran berikut ini penyerahan wakaf mushaf al-quran sebanyak 1000x Templar disebarkan ke Suku Talang suku akit suku laut Suku Sakai disebarkan ke desa terpencil kami Mengantar ke kampung-kampung Alhamdulillah luar biasa dan yayasan tabungwakaf umatnya Pekanbaru 16 programnya diantara program yang paling banyak diminati orang Kwarcab Alquran tapi wakaf Alquran nih main jangan macam-macam ada juga yang mempermainkan wakaf Alquran akadnya akad wakaf tapi dia bermain jual-beli disana ane musti hati-hati saya wakafkan duit 100.000 untuk beli Alquran tunai ingat akarnya akan WhatsApp ternyata harga Quran Rp35.000 makin banyak dicetak makin murah akan Quran Rp35.000 akarnya kau katakan wakaf duitnya buat pakai untuk operasional tak betul akarnya karena kalau akar tak boleh hilang kalau hilang itu namanya bukan wakaf itu namanya infaq itu namanya shodaqoh maka musti jelas ini akan yang membedakan antara jual beli gadai pinjam-meminjam letaknya pada akar itu maka dalam Islam itu akad pikir itu luar biasa jadi nanti kalau ada orang mau program wakaf Alquran silakan wafat tak tapi jelas makanya ingat banyak orang yang berniat baik tapi berniat baik ini disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak baik bagi kita tidak pernah power berbuat baik jangan sampai hanya karena satu dua orang yang mempermainkan warga lalu kemudian kita tobat berbuat baik set power minum khamar bagus set powerful zina bagus set power kursi bagus set tobat sedekah jangan umatnya banyak sekarang sobat saya pengajian ustad kita tetap berbuat baik maka silakan wakaf Al Quran Ustadz Abdul Somad ini cuman ceramah aja wakaf Quran Ustadz sendiri penetak wakaf Quran waktu meninggal almarhum Ahmad Syekh sewa kaftan Alquran Hai kalau tak salah lima ribu eksemplar tapi bukan Hai Assalamualaikum Pak penerbit Bandung waalaikumsalam Saya mau cetak 2000 Quran untuk warcup Maxim meninggal boleh tak boleh kata dia setelah dicetak tapi kami tak mau terima duitnya pak ustad kirimnya 2000 Alquran kata dia tak usah bayar Oh kalau tak usah bayar pak tambah lagi 5000 Kaiser atau 5000 bayar katanya nah bayar maksud saya 2000 tak bayar yang Rp3.000 bayar supaya kalau masuk surga jangan diajak Coba kalau kita tak mau dibayar pos diminta 2000 kata dia jangan bayar mati kebetulan kuburnya dekat ada yang mengalir pahala kita tidak setiap pagi dan sore setiap malam Quran itu dibagikan Dikirim pakai pos dari Sabang sampai Papua pondok pesantren ke Papua kami kirim ke Makassar saya Phillip ke Banjar kami kirim supaya apa pesantren Rumah Tahfidz Rumah Qur'an anak yatim fakir miskin Muafa jompo Yasin sudah terlalu banyak saya singgah ke masjid ke Solo pelanggar mushola Yasin masyarakat Sera Yasin juga hancur putunya yang ada foto selfie Blado Nah kalau yang selama ini buat Yasin bukan saya katakan tak bagus-bagus mantap tapi udah terlalu banyak kalau budgetnya ada dua juta belikan Quran 200.000 1052869 J1 di Surau satu dilanggar satu di mushola di rumah tetap ada jangan sampai di rumah kita tak ada Quran Mushaf Anwar Oh tahu mewakafkan Alquran 4 masjidan banawula membangun masjid di Hai sanggup Bangun masjid dengan duit sendiri bangun tak sanggup Bangun masjid dengan duit sendiri pakai APBD contohnya mana rezeki masjid nih luar biasa perkembangannya saya pertama-pertama pulang tahun 2008 dibawa ke masjid di ceramah di bawah ini ember bocor sekarang alhamdulillah sudah tak bocor lagi tapi lumutnya masih Hai saya ceramah di sini pengajiannya hari Selasa subuh membaca kitab at-targhib Wat tarhib al-hafizh al-mundziri 1000 lembar disuruh sama Wardi Abdul Somad mengajar bacakan kitab terliput tarhim malam ba'da isya Habis itu saya tidur di belakang di kantormu ini belakangnya ada tempat tidur berdua sama Imam mana by member enggak ada kamar di belakang tempat saya tidur di kantormu Sekarangnya Janu di hotel-hotel dulu di kantornya atau yang digunakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala maka oleh sebab itu bangunlah masjid Insya Allah yang datang malam ini sebelum mati berniat bangun mesjid tak yakin semua yang hadir malam ini yang mendengar ceramah ini yang mengikuti program ini Baik langsung tak langsung Sebelum Kita Mati kita Insyaallah membangun masjid maka semangat cari duit semangat terus yang jualan Jual semua tapi jangan sampai salah tanah orang penjual yang punya Tanah kosong Tanam sawit tanam Kota Garam baikan usaha terus jualan niatnya Pak niat Bangun masjid di Turki ada mesjid Hai Namanya aneh biasanya masjid al-ikhlas mesjid al-markaz al-islami masjid at-taqwa masjid al-jihad mesjid al-muhajirin ini mukjizat namanya lain di Turki nama masjidnya daripada makan siang nama masjidnya daripada makan siang kenapa Karena Dia tidak makan siang tiap hari jatah makan siang disimpan jatah makan siang dia simpan sampai akhirnya cukup untuk mengusir maka dia bangun mesjid itu nama mesjidnya daripada makan siang Bapak rencana buat menjeda Apa nama masjid saya pak ustad DPR Apa itu daripada beli rokok ayo kumpul kumpul kumpul kumpul jadi satu mesjid kita meletakkan pondasi batu pertama yang lain akan berdatangan semua orang berdatangan semua berdatangan ketika sepasang video ini Tanah ini harganya 130.000 permeter datang nenek-nenek menyerahkan amplop saya dua meter pak ustad datang datuk-datuk untuk saya semester and access m juz m menentu saya semester ini pak ini 260000 dua bentuk istri saya tapi 1 meter 130b yang bodoh betina Alhamdulillah a true story kisah nyata artinya apa masyarakat sangat ingin mengalir pahalanya Ustadz Bagaimana ini membangun masjid-masjid punya Allah Bukan punya kita wine alhaji dana masjid pilih Allah subhanahuwata'ala Itulah mengapa orang Islam ini semangat cari duit semangat berusaha Kenapa karena targetnya bukan bangun rumah besar rumah besar kau bangun tinggal mobil mewah tinggal tapi kalau masjid kau bangun Masya Allah tabarakallah jadi pusat kalau yang membangun masjid-masjid anggota dewan Bangun masjid Oke duit negara pejabat Bupati Gubernur Walikota presiden membangun mesjid pake duit negara kalau dia amanah Insyaallah dapat pahalanya kalau dia korupsi Insyaallah azabnya dua kali lipat tapi lu yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala selama kau jadi kepala dinas selama kau jadi Kejari Kejati berapa mesjid kau bangun di kantor selama kau jadi pejabat berapa mesjid Corus Mega Alhamdulillah Fauzan setiap Saya pindah setiap pindah setiap pindah bangun mesin mantap pesawat nanti kita meresmikan mushola mushola kalau misalnya jaring startline majalah ini musholanya lain kau tak dalam lah kami download kota Jambi jauh pula udah jauh mushola pula gimana nih menjumpai Kapolsek Hai jumpai Kapolsek rupanya Pak Kapolsek membuat masjid dari iuran para polisi para jamaah orang yang urusan orang yang data jadi 1 mushola di Polsek bayangkan bayangkan dengan kekuasaan bisa kau mendirikan rumah Allah ta'ala kalau kau bisa bangun dengan duitmu pakai duitmu kalau pisah bangun dengan tanda tanganmu pakai tanda tangannya Abdul Somad duit tak ada tanda tangan kada tapi endorse Ada apakah English itulah Maka jangan heran kalau Instagram saya itu isinya endorse ada yang bisa dipakai sekarang Instagram ya eh Facebook udah hilang dougall dan hilang dari siang tadi bilang ini pun Instagram nampaknya 2-3 hari Hilang enggak tambah Pak hilang Kita buat yang baru sampai yang dimuliakan Allah Subhana Bapak Ibu dimanapun berada ini pembebasan tanah masih perlu sekian saksemen yang perlu batu kerikil batu bata bagi yang ada kelapangan rezeki tolong transfer ke nomor berikut ini mengalir pahalanya tentu sedikit banyak walaupun tak dapat penuh ke atas penuh ke bawah dapat tak mungkin semuanya hanya untuk yang nyumbang Abdul Somad tak dapat mengharapkan sisa-sisa pahala yang diberikan Allah yang penting bangun mesjid saya berniat Bangun masjid pusat sendiri udah ada bangun mesjid Insyaallah ada tapi taklah semua ada 12 3 sak Smash 110 lebih mereka Allah subhanahu wa ta'ala yang kelima baikan lift ini Sabil banaboo membangun rumah untuk anak Ibnu Sabil anak kampung otaknya cerdas tapi mau sekolah di Pekanbaru tak bisa sewa kost mahal sebulan 500.000 ada pula kost 1 bulan sampai sejuta pakai KYT kamar sendiri tempat tidur ada orang kaya Ustad Somad Saya punya kos-kosan 100 pintu 3 pintu saya wakafkan untuk anak Ibnu Sabil mantap inilah mengalir 100 pintu rumah kos mu di daerah Panam orang kuliah disana ada UNRI ada Queen anak kuliah free free boraks winada masih sesuai 30.000 anak tidak semuanya anak mampu sebagainya tinggal di masjid sebagiannya mencari rumah kos-kosan bayangkan kalau ada kos-kos gratis syaratnya cuman kau hafal Quran berprestasi KMI tinggi tipe muka 3,7 sampai 4 silakan tinggal di sini 100 pintu rumah kos saya pusat tiga sewa Kapten fisabila mantap sampai sekarang belum ada lagi tapi yang dimuliakan Allah subhanahuwata'ala kalau mau dicari duit-duit juga dapat kau mau cari rumah-rumah juga dapat kalau mau cari harta-harta dapat tapi akhirat kota akan dapat 100 rumah kos mu begitu kau mati anak menantu cucu bini Habis ngambil tinggal semua tapi ada tiga yang kau buat situ rumah kos wakaf syarat tinggal di sini anaknya cerdas hafal Quran IP 3,7 sampai 4 itu length akan mengalir ke nasilah memudahkan urusan lafang alam barzah mu terang kuburmu gara-gara apa yang kelima baik dan lebih Sabil panahmu membangun rumah untuk anak-anak Ibnu Sabil asal Ibnu Sabil ini orang putus belanja datang dari Payakumbuh mau pergi ke Pekanbaru berhenti di Bangkinang putus belanja Ibnu Sabil namanya Ibnu Sabil ini dapat zakat innamas shodaqotu kepala awal massage walungan Lina lihat Walmart 10wd Papua lupa diminum office bisa uang ini sambil Ibnu Tsabit Ibnu anak sambil jalan cuacanya Qur'an Ibnu Sabil anak jalan nah anak funk Apa pula itu Ibnu Tsabit Ibnu Sabil orang yang putus belanja sekarang tak bisa lagi karena macam-macam orang jadi penipuan semuanya betapa banyak kalau sudah dekat Romadhon anak Ibnu Sabil bermunculan berhenti dia di mesjid singkong bingung dikatakannya dia putus belanja mau pergi keluar kota habis itu naik bis lagi dia dari arah sekijang abundanti lagi di kulit itu ajalah kerja 2009 penipuan penjahat berkedok agama tak Betul tapi kita jangan sampai Taubat untuk beramal sholeh kita buatkan B and lightness Sabil rumah untuk anaknya ini rumah jompo bisa rumah anak yatim piatu bisa udah kusampaikan Ya Allah memang kusampaikan di Mesjid Markas Islami Bangkinang kabupaten Kampar Riau tapi videonya ditonton orang seluruhnya sudah sudah Queen sedang bekerja di Hongkong bekerja di Bangkok bekerja di Saudi Arabia bekerja di Malaysia di Brunei Darussalam kalian buat rumah untuk Nusa Billy Kampung kalian buat Rumah Qur'an Rumah Qur'an pagi anak belajar TK Quran malam magrib mengaji dari maghrib ke Isya sore ibu-ibu pengajian yay mengalir pahalanya Buatlah yang sibuk selama ini untuk membeli TV besar kulkas besar mobil besar silakan komik tapi ingat Berapa banyak orang di kampung mati tak meninggalkan apa-apa Abdul Somad ada kepentingan Abdul Somad hanya ingin mengingatkan bahwa rezeki yang kita cari pergi pagi pulang petang plus keringat banting tulang dengar yang tetap mengalir nih Hai yang kelima yang keenam nachran Ajram mengalirkan sungai-sungai itu apalagi dialirkan Sungai Kampar mengalir sungai Indragiri mengalir Sungai Siak mengalir sungai Rokan mengalir A empat sungai besar memotong pulau Sumatra dari pantai timur ke pantai barat dari pantai barat ke pantai timur dipotongnya Riau ini Ampar Sungai Ujung Indragiri Kampar Siak balik ujung Sungai Rokan Rokan Hulu Rokan Hilir untuk apalagi mengalirkan Sungai mengalirkan air Alhamdulillah sudah dibangun sumur bor sebanyak 61.5 yang kan itu 61.0 word satu sumur bor berapa itu tanya orang Perumahan dengan tahu kalau dia banyak buat sumur bor 60 1.10 bor sudah dibuat Siapa yang membuat hai apa namanya KKB komunitas Kampar berbagi bukan Ambon C Rosululloh ya Umi mata cuma saya mati masih meninggal.apa atau terdakwa H kalau saya bersedekah untuk memaksa ya Apakah pahalanya sampai katanya bisa sadap silakan sedekah ke untuk almarhumah silakan sampai Ayu shodaqotu Akmal apa sedekah yang paling Abang katanya bisa Filma memberi air minum sedekah paling Abdul membeli air minum Sedekah Yang dari kasih musti minum dengarnya hai hai Hai banget Halo macam mana nikmatnya lewat ketenggorokan begitu jugalah nanti mengalir di alam barzah orang yang bersedekah sumur bor sanggup watt sumur bor sendiri silakan Pak buat sumur bor dan selang bapak nggak mau sama yang lain ndak Saya mau sendiri masuk surga yang tak sanggup watt sumur bor sendiri gotong-royong sama-sama Berapa harga sumur bor sekian ratus ribu kumpul sama-sama buat Jangan egois nanti tak mau lapau saat kami dikubur bagi-bagi Honda jangan pakai logika berpikir dunia menyesalkan modern Siapa yang memudahkan urusan orang di dunia yassarallahu anu yang mau kiamat dimudahkan Allah urusannya pada hari kiamat Bapak Ibu masalah Air ini tidak pernah masalah asal dibuka keran mengalir air asal buka keran mengalir air asal buka keran mengalir Air coba masuk ke hutan walau Suburban Ustadz Abdul Somad ini bukan Ustad kota zona Abdul Somad ini bukan Ustad Metropolitan Ustad hutan langsung hutan keluar hutan sampai kami di dalam hutan 5 James feat masuk kehutan tidur diatas pesona tidur diatas mushola kayu lantainya semen pecah-pecah retak-retak Hai 03.00 malam Jumat malam bangun mau buang air kecil Turun ke bawah gelap sendirian tak mungkin kita Bangunkan Orang ketahuan lalu saat ketakutan turun Sendiri takut hantu bosan hantu tidak tapi lu waktu mau masuk hutan to tertulis besar-besar konservasi alam harimau sumatera Hai tirai terakhir dulu ke atas gopek evicell berapa minyaknya tak bisa Oleh sebab itu maka sumur bor ini amat sangat berarti buat sudah sudah lebih tadi guru amat berarti sudah Regita di hutan maka siapa yang sudah 61 suwur kita doakan meningkat Terus yang membuat sumurwaru Silahkan datang komunitas Kampar berbagi kami baru saja pulang dari wisata alam surga yang tersembunyi batu Tilam Halo Pak Kades nya ada sekarang di sini sengaja tak Saya tunjukkan Nanti banyak yang wawancara dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala maka ini peluang kita untuk membuat sumur bor sumur bor sumur bor pondok pesantren santrinya 1000w c-nya tiga bayangkan berapa yang ngantri rupanya orange wo air kecil buang air besar 28 patutlah kelapa muda Chung asin tapi kalau kita punya duit Datang bu ya Repot santri Awak ini Aduh sih uang berapapun WC berapapun Twilight berapa perlu kamar mandi berapa bro sumur bor untuk apa kami mendata dari komunitas Kampar berbagi jangan lupa transfer ke nomor berikut ini lah tinggal fotonya video bye bye yang dimuliakan Allah subhanahu wa ta'ala yang terakhir yang ketujuh shodaqotan acra jahat yang malihi sedekah yang dikeluarkan dari hartanya fisik atihi waktu dia masih hidup Wa aayaatihi waktu sehat Waktu hidup ya aku huba Da mau tinggi maka akan mengalir untuk dia setelah mati 7 lebih selama ini katanya Fauza tiga saja bisa mata linsan kalau manusia mati inqotoa maluhu amalnya putus pylamin salazen kecuali dari tiga sodakotun jariah ilmu new Fami waladun sholeh odong-odong itu Hadits Shahih Muslim yang tiga itu Shahih Muslim sedangkan yang kita kaji malam ini dalam Sunan Ibnu Majah kontradiktif kalian tidak kalau ada hadis kontradiktif dengan satu ad namanya mukhtaliful hadis ulama pertama yang membahas mukhtaliful hadis Imam Muhammad bin Idris asy-syafi'i nama kitabnya istilah vulkanis tidak ada kontradiktif Hai anak soleh ilmu yang bermanfaat sedekah jariyah ditambah dengan yang 7 tadi bahkan ada sebagian yang disebutkan yang ada dalam tiga ada sini ada di yang 7 tapi ada di yang 7 tadi RAM 3 hadis intinya Mari kita semangat bekerja Mari semangat cari duit tapi yang mau dibuat adalah yang 7 ini Insyaallah itulah kajikita pada malam hari ini lebih kurang lima puluh menit kita bersama mudah-mudahan apa yang kita kaji ini bernilai amal saleh kita amalkan yang muda-muda semakin semangat yang kuat tua pun lebih semangat karena yang tua-tua nih mau mati mau masuk liang kubur memasuki liang lahat jangan lagi ganti mobil jangan lagi ganti rumah berpikirlah Apple yang akan kita persiapkan menuju alam barzakh yang mudah jangan semangat yang tua Jangan putus asa yang mudah jangan terlalu bersemangat tapi hidup ini yang paling penting adalah Apa amal sholeh yang kita amalkan para asatidz pada Tuan Guru mohon maaf atas segala kekhilafan Terima kasih segala perhatian aku loh kau lihat Astagfirullah di warna gold wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh