Sabtu, Mei 28, 2022

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kajian Mengapa Nabi Berutang ini Umi Mimi ambil dari Youtube Ammi Nur Baits, jangan lupa subscribe share, like, comment di video Youtubernya ya, karena kajian Mengapa Nabi Berutang ini bukan milik Umi Mimi, insyaAllah bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk bekal kita, dan pemberi materi kajian berserta timnya diberikan barokah yang tidak ada habisnya dari Allah subhanahu wa ta'ala, Amin.

Mengapa Nabi Berutang

Mengapa Nabi Berutang | Ustadz Ammi Nur Baits, ST., BA

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil mursalin Nabina wa Maulana Muhammadin wa'ala alihi washohbihi ajma'in wa Asyhadu alla ilaha illallah wahdahula syarikalah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu warosuluh shallallahu alaihi wa ala alihi washohbihi wasallam wataslimun kasirotun ma'bad Alhamdulillah puji syukur kita haturkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala kembali di kesempatan pagi hari ini kita ia melanjutkan kajian kita membaca buku ada orang utang baik kita akan membaca 1.bab berbicara tentang Mengapa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berutang utang itu halal yang tidak dianjurkan tidak ada larangan dalam syariat untuk berhutang orang yang membutuhkan dibolehkan untuk hutang Ini kesimpulan yang pertama yang bisa kita ambil dengan dalil Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam sendiri pernah berhutang dengan gadai kepada orang Yahudi di akhir hayat beliau bahkan sampai Nabi SAW wassalam wafat utang itu belum lunas dan barang gadai yang diserahkan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam baru bisa ditebus oleh Abu Bakar As Shiddiq radhiallahu Anhu ketika beliau menjadi khalifah Aisyah radhiallahu anha menceritakan dia Hai tuwuffiya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam wa di Rohul marhun Atun in the Yahudi in bisa ladzina sound mind syair Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika wafat di rak beliau Dira adalah baju besi yang melekat dibadan ketika dipakai untuk perang buat yehu marhun tergadaikan kepada orang Yahudi untuk membeli 30 Socks air 30 sok syair Satu sosok adalah 4 Mod 1 sok kurang lebih tiga kilo berarti kalau 30 sok 30 sok kurang lebih 90l kita genepin ya Misalnya satu kintal jadi Nabi Shallallahu salam utang gandum satu kintal kepada orang Yahudi belum beliau belum bisa membayar Hai dan Rasulullah SAW selama gadaikan baju besinya Baju besi ini lebih mahal dibandingkan gandum satu kuintal tadi kenapa Nabi SAW memberikan Dome yang banyak satu kintal keluarga beliau banyak istri beliau banyak kemudian juga anak bawaan dari istri beliau mereka kadang ikut tinggal di situ dan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang memberikan nafkah kepada mereka sehingga Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam beliau membeli kantung dalam jumlah banyak karena tanggungan beliau cukup banyak dalam riwayat yang lain diceritakan oleh Ibnu Abbas radhiallahu anhuma ubidot Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ia omahku bila pada hari ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam meninggal dunia walam Yada cinaron wala dirhaman wala abadan wala Amazon beliau sama sekali tidak meninggalkan warisan berupa dinar-dirham budak laki-laki maupun budak perempuan walau katarak hadirat humarhamna danindro JYJ dan Blade tinggalkan baju besinya sebagai barang gadai yang dibawa oleh seorang lelaki Yahudi besarnya berapa nilainya bisa ladzina soan untuk membeli 30 sok syair gandum syair karena yaqulu minhwan yinhui alam dimana beliau Shallallahu Alaihi Wasallam makan gandum itu untuk kebutuhan sehari-hari dan itu juga bahan makanan untuk keluarga beliau Shallallahu Alaihi Wasallam by kita bisa perhatikan disini Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bertransaksi dengan orang Yahudi Hai dan ini hal yang diperbolehkan karena dalam masalah muamalah kita boleh bertransaksi dengan siapapun tanpa memandang suku agama maupun yang lainnya yang penting transaksi yang kita lakukan adalah transaksi yang halal Yahudi yang bertransaksi dengan nabi Isa alaihissalam bernama Abu saham Abu saham dari bani suffer assyaukanie memberikan catatan tentang hadits yang menyebutkan utang Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam Wal hadits Ulumul Quran hadits hadits yang disebutkan oleh hadits Ulumul Quran hadits hadits yang disebutkan kata beliau pihak dalilun ada masruriyah terakhir disana terdapat dalil tentang disyariatkannya round waafihi Minal pihak Hai Jawa zulrahmi ngebor dan disini juga ada kesimpulan fiqih olehnya menggadaikan barang pilh aktor ketika tidak sedang Safar karena ada sebagian yang mengatakan TNI pendapat thohiriyyah bahwa kata itu hanya boleh jika utang piutangnya dilakukan ketika Safar kalau transaksi utang piutangnya dilakukan ketika tidak sedang Safar ketika mukim maka tidak boleh menggunakan barang gadai dan thohiriyah mengambil kesimpulan berdasarkan zhohir ayat namun ini adalah kesimpulan yang kurang tepat dimana Allah subhanahu wa ta'ala berfirman wahai kuntum ada savarin Palm talenta jitu katiban Farhan ummaka bodoh kalau kalian dalam kondisi Safar dan kalian tidak menjumpai orang yang bisa mencatat utang pari hanomag bodoh Makassar jumlah barang gadai yang dibawa oleh Serahkanlah barikade kepada orang yang memberikan utang dan pemahaman thohiriyah ini adalah pemahaman yang kurang tepat karena Allah Ta'ala menyebutkan Safar disitu bukan sebagai sarat bahwa untuk bolehnya gateh harus Safar Namun status Safar disitu adalah umum yang terjadi di masa silam orang ketika utang dalam kondisi Safar mereka kesulitan untuk bisa mendapatkan tukang catat lalu sebagai bentuk pengaman Allah Subhanahu Wa Ta'ala perintahkan silahkan berikan barang gadai kemudian gua muamalati ahli dzimmah dan disini juga ada pelajaran Fiqih bolehnya orang bertransaksi dengan ahlu dzimmah dan Yahudi Abu jahm yang bertransaksi di sela-sela beliau atau Xiaomi ini termasuk ahlu dzimmah karena dia tinggal bersama kaum muslimin mendapatkan jaminan keamanan dengan hidup bersama kaum muslimin wajah-wajah Rahmi istilah Indah Um lain dahlil Habibie litvack dan bolehnya menggadaikan perlengkapan perang termasuk senjata bahkan Indah Um kepada orang kafir kepada Allah Time Lain dahlil Herbie namun tidak boleh kepada orang kafir Harbi Billy the dengan sepakat ulama tetap Syaukani ini dengan sepakat ulama sehingga Baju besi ini dipakai untuk perang cocok dibawa orang kafir apa enggak bahaya nanti dipakai untuk menyerang kaum muslimin selama dia bukan orang kafir yang memerangi kau slimin hidup damai dengan kaum muslimin maka boleh melakukan seperti ini wajah waziroh Ibis Taman ilmu ajal dan bolehnya melakukan transaksi jual-beli dengan pembayaran tertunda karena disini Rasulullah Shalallahu Wassalam melakukan akad jual-beli tapi pembayarannya tertunda jadi begini Apakah barang gadai yang diberikan lebih sama salah menjadi nabi sela-sela menyerahkan nama baju besi baju besi ini ada dua kemungkinan sebagai alat bayar berarti transaksi yang dilakukan oleh Nabi Selain itu tunai beli gandum dibayar dengan baju besi kalau ini dijadikan sebagai alat bayar maka transaksinya adalah transaksi barter Ndut transaksinya berarti transaksi barter di mana atau baik mukhoyyaroh atensi bakteri itu namanya mukhoyyaroh sehingga yang terjadi di situ adalah tukar-menukar antara Baju besi ditukar dengan gandum ini transaksinya tunai apakah yang dilakukan nabi senang-senang seperti ini ini pilihan yang pertama jawabannya tidak seperti ini nabi Sondakh melakukan seperti ini dengan bukti baju besi ini ditarik kembali setelah dilunasi di zaman Abu Bakar as-siddiq ra gelem baik sehingga status Baju besi itu sebagai apa satu Baju besi itu bukan sebagai alat bayar tapi baju itu sebagai baju sebagai jaminan Rohan dengan bukti ditarik kembali ditarik kembali sehingga transaksi yang dilakukan oleh Nabi SAW wassalam adalah baik ditaksir akrabnya baik by Salman Ajin ini kalau di BMT sering disebut dengan Bibi baik bisa Man Ajil jual-beli dengan pembayaran tertunda dan ini diperbolehkan nabi sela-sela melakukan transaksi kredit beliau beli gandum Tapi bayarnya tertunda sehingga disitu terjadi akad mu'awadhah dot ini terjadi akad mu'awadhah dot antara disini riwayat ini mau Awards iwaknya ini uang nah Dinar atau dirham mau awardnya adalah gandum yang ini sifatnya tertunda sedangkan yang ini tunai dan praktek jual-beli seperti ini yang satu tunai yang satu tertunda hukumnya boleh kemudian sebagai jaminannya nabi sela-sela memberikan rohani berupa baju besi dan itu ditarik kembali di zaman Abu Bakar artinya itu bukan alat bayar tapi sifatnya adalah sebagai jaminan mulai hamdulillah baik Ayo kita lanjutkan nah Disini yang menjadi pertanyaan adalah Mengapa Nabi SAW wassalam berutang padahal Seperti yang kemarin kita bahas sih dalam pertemuan beberapa pertemuan sebelumnya betapa Rasulullah SAW wassalam menekankan agar kita tidak hutang karena utang itu sesuatu yang berat menakut-nakuti diri kita menjadi beban bagi hidup kita dan seterusnya tapi realitanya Rasulullah Shallallahu salam sendiri berurutan bagaimana kita mengkompromikan ini sehingga jadi bahan pertanyaan Thailand para ulama menjelaskan Sisi pertimbangan Untuk menjawab mengapa Nabi sangat selam berutang kepada ya Ukhti jadi ada dua pertanyaan yang pertama Kenapa Nabi Salam berhutang yang kedua Kenapa utangnya ke Yahudi bukan ke muslim dengan kalau bahasa kita kenapa malah milih bank konven bukan Sari agen gede Padahal di tengah mereka ada banyak sahabat di tengah mereka ada orang-orang muslim yang memiliki kemampuan tapi kenapa Rasulullah SAW wassalam malah utangnya ke Yahudi dan bukan kepada sahabat Sebagian ulama menegaskan utang Nabi Shallallahu salam itu dilakukan karena kondisi ruroh jadi beliau mengharuskan melakukan itu kemudian ulama sepakat utang yang dilakukan karena download hukumnya boleh sehingga tidak termasuk dalam kategori hal yang tercela atau melakukan tindakan yang makruh karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melakukan itu disaat beliau membutuhkan az-zarqani menukil keterangan lebih painkill keyfa ammaro time tahu birthday ni mo Kadek Aina ia akrohu jika ada orang yang bertanya mengapa beliau mengakhiri ujung hayatnya dengan utang Daiva ammaro Jimat tahu birthday Kenapa Nabi salah-salah mengakhiri hidupnya dengan utang bakal tekan Ajax rohu padahal beli sendiri nggak suka dengan utang uji Bah maka diberi jawaban Bian Nahwu Inna mata dayana Lido rutin wallahi lafave Jawa Zika pertanyaan ini dijawab bahwasanya Nabi Shallallahu salam melakukan utang Lilo rutin karena alasan Zulfa sehingga beliau Kenapa berutang ini di rumah walafiat hijau Zalika dan tidak ada perbedaan pendapat dikalangan ulama tentang bolehnya hal itu jadi bahkan apa bagi orang yang tidak mampu kemudian dia butuh sesuatu maka dia boleh minta zakat tapi nabi selain tidak boleh menerima zakat Ahlul Bait Rasulullah SAW dan ahlul bait tidak boleh menerima zakat Lalu kenapa Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam melakukan seperti ini beliau darurat sehingga solusi yang beliau ambil adalah utang baik nah muncul pertanyaan yang kedua mengapa beliau tidak hutang ke sahabat Tapi beliau utang ke Yahudi yang menurut kita itu kan musuh Islam Yahudi itu eh apa jahat terhadap kaum muslimin dia musuh Israel Hai jawabannya semua orang kafir memusuhi kaum muslimin baik Yahudi maupun dari kalangan agama yang lain memang permusuhan dan kedengkian yang paling berat terjadi pada Yahudi ya Meskipun juga tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang-orang kafir yang lain nah yang jadi Pertanyaan kenapa yang beliau jadikan sebagai sasaran utang dari orang Yahudi bukan ke sahabat lhv tim hajar rahimahullah menyebutkan beberapa kemungkinan untuk menjawab ini sehingga kita bisa tahu hikmahnya Beliau mengatakan call ulama para ulama mengatakan al-hikmah tumino Duri Shallallahu Alaihi Wasallam and muamalati mayasir shohabati ilmu amatil Yahudi Hai tentang hikmah Mengapa Nabi Shallallahu salam mengalihkan muamalah beliau mengalihkan muamalah beliau Dimana beli tidak bermuamalah dengan para sahabat yang punya kemampuan yang punya kelonggaran dalam masalah harta tapi beliau alihkan kepada muamalah dengan Yahudi Mengapa Rasulullah Shallallahu salam malah beliau di utang ke Yahudi Tapi beliau malah tidak melakukan dengan sahabat kata al-hafiz Ibnu Hajar Ima Lee bayanil Jawas kemungkinan yang pertama untuk menjelaskan kalau ini boleh sehingga praktek Nabi Salam itu terkadang beliau lakukan murni karena ingin menjelaskan kepada masyarakat bahwasanya ini diperbolehkan makanya ketika terjadi banyak pertanyaan nabi selalu melakukannya enggak melakukan hai lalu Beliau Shallallahu Alaihi Wasallam melakukannya di depan banyak orang untuk menjelaskan praktek ini boleh perbuatan ini boleh contoh ya ketika beliau shallallahu alaihi wasallam di Arafah pada saat haji banyak orang kebingungan Rasulullah salamun puasa ataukah tidak karena Arafah adalah puasa di tanggal 19 aja dianjurkan untuk puasa Arafah dan Rasulullah Shallallahu salam berpuasa Arafah sebelum beliau berangkat haji beberapa tahun sebelumnya tayo kemudian masyarakat ribut ini nabi salam puasa ataukah tidak Lalu ada seorang shohabiyah yang memberikan segelas susu untuk Rasulullah salah salah dan nabi salam ketika itu berada diatas kendaraan Hai sehingga beli di posisi agak tinggi ya dilihat oleh banyak orang begitu nerima susu itu Nabi sela-sela meminumnya semua orang tahu Rasulullah salam saat ini tidak puasa hingga beli lakukan itu lebih bayanil jawaz untuk menunjukkan bolehnya praktek seperti ini maka jamaah yang dimakan Allah subhana wa taala terkadang praktek Nabi selam dilakukan dalam rangka untuk menjelaskan kali ini pulih Masya Allah ya artinya begini perbuatan beliau bermisi dakwah perbuatan beliau ada misi Pendidikan perbuatan beliau ada misi untuk mengajarkan sunnah itulah manusia yang amalnya mengalirkan pahala meskipun dalam hal yang sifatnya mubah karena itu anda Choirul seperti ini Misalnya Anda sebagai guru yang punya beberapa murid siswa di sekolah lalu terjadi misalnya diskusi diantara para siswa tentang satu perbuatan tertentu kemudian disitu anda melakukan perbuatan itu untuk menjelaskan dengan niat untuk menjelaskan kepada siswa bahasanya ini boleh atau ini dilarang dan seterusnya maka berarti perbuatan yang mubah itu bernilai pahala disebabkan karena ada ada misi dakwah ada muatan dakwah muatan ada muatan pendidikan disana kemudian kemungkinan yang kedua aulian nah Um lam Yakun Endah Umi Zaka Pokemon Fallen hajati him atau bisa jadi karena mereka para sahabat lemnya akun Indah Um pizza ketika itu mereka tidak memiliki so amun Fadil makanan yang sisa lebih dari kebutuhannya sahabat punya bahan makanan tapi kan itu untuk kebutuhan dirinya dan keluarganya dan tidak ada yang sisa tidak berlebih Ouch Sallallahu Alaihi Wasallam annahum layak huluna minhu samanan atau Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Tere nanti kalau beli di Sahabat tidak mau dibayar awan ton atau tidak mau diganti dengan barang yang lain balla menyerit adzikro alaihim sehingga beliau tidak ingin repot mereka dan kalau kesimpulan yang terakhir ini benar maka ini bisa menjadi salah satu diantara apa diantara plak yang mulia yang bisa kita tiru kalau beli sesuatu jangan beli di temen Oh ya nanti ndak temennya nggak mau dibayar atau dikasih harga murah akhirnya malah dia keberatan jangan malah memanfaatkan kesempatan sini ayam gepreknya Ma'arif eh nanti kita serbu bareng-bareng biasanya beli enggak mau dibayar cari kesempatan seperti itu Joe jangan ya kasihan yang punya warung ini toko nya Sia dia orangnya Royal kalau beli di situ aja nanti biasanya dikasih diskon banyak Nah kasihan si ah kita akan kadang memanfaatkan kedekatan teman untuk yang seperti ini mumpung ini temen deket teman akrab sudah sama-sama ngasih lama biasanya dikasih murah baik dan kata al-habib muhajar Rasulullah SAW salam Kenapa beli gandumnya dari Yahudi Hai salah satu diantara hikmah yang dijelaskan oleh para ulama karena beliau khawatir beliau khawatir jangan-jangan nanti mereka enggak mau dibayar atau nanti mereka enggak mau diganti kemudian itu akan merepoti para ngerepotin para sahabat baik dan jika pertimbangan yang terakhir ini adalah pertimbangan yang benar berarti sahabat ketika itu juga punya bahan makanan namun nabi salam lebih milih belanja dari Audi maka ini dalil bolehnya seorang muslim belanja kepada non-muslim Padahal di tengah mereka ada juga toko muslim ini adasia muslim jualan diberi muslim jualan CD kafir misalnya jualan lalu kita lebih milih jadi deh padahal semuanya berjualan kalau mereka punya banyak barang yang sama memang dianjurkan silahkan mendukung Salma slime itu Insyaallah lebih baik Boleh enggak misalnya kita secara sengaja memilih kepada Ti karena pertimbangan misalnya ya pertimbangan masalah harganya yang lebih miring atau masalah kualitasnya lebih bagus atau yang lainnya selama pertimbangan itu ada silahkan tapi kalau pertimbangannya karena masalah loyalitas itu berbahaya meskipun dalam masalah muamalah saya lebih seneng sama Siti kenapa ya dia ya karena saya loyal dengan latar belakang agamanya Indonesia oh itu bisa berbahaya enggak boleh salah sengaja berpihak kepada orang kafir dengan alasan karena pertimbangan agama karena loyal terhadap agama baik tapi kalau murni pertimbangan dunia Insyaallah tidak masalah kemudian hal yang perlu dicatat di sini Kita Tidak Sedang menghukumi perbuatan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam karena apa yang dilakukan justru menjadi acuan hukum Bukan Kita Yang menilai tapi justru beliau menjadi standar jika perbuatan beliau terkait masalah muamalah di masyarakat ini menjadi telil bahwa makanya detail bahwa itu diperbolehkan kemudian disini kita tidak sedang mencari ilah ya Kita Tidak Sedang menghukumi tapi kita sedang mencari Illa mencari Ilham Apa itu ilah latar belakang Mengapa Rasulullah Shallallahu salam berurutan para ulama menyimpulkan bahwa beliau berutang karena darurat atau dan bukan untuk memperkaya aset lain dengan masyarakat zaman sekarang ya kok udah mobil baru yang kemarin mana kemarin tak jual bosen harga berapa yang uh murah sekali Ndak papa yang penting doanya saya bisa beli yang ini nah terus Ini harga berapa Bu ini kredit kok Subhanallah jadi nurutin kemauan dia Bosan singkirin beli baru kredit nanti apalagi bosen singkirin beli baru kredit-kredit massal akhirnya dia terbebani dengan apa Banyaknya utang betul dia punya banyak aset punya mobil baru punya motor baru HP baru nanti laptop baru Hai sekian tahun agak sampai tahun mungkin sekian bulan bosen ganti kredit lagi utang kemarin belum lunas ini sudah ngambil lagi cicilan ini belum lunas ini sudah ngambil cicilan baru lagi sehingga utang untuk memperkaya aset seperti ini adalah hal yang tercela kadang cicilan motor belum lunas sudah ambil mobil cicilan mobil sudah belum lunas sudah KPR cicilan KPR belum lunas nanti michil beli apalagi ini tukang kredit siapapun yang melihat sejarah akan bisa memaklumi bahwa utang itu disebabkan tuntutan kebutuhan Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam untuk memberikan nafkah kepada keluarga beliau Shallallahu salam yang jumlahnya cukup banyak namun jadikan ini sebagai pilihan terakhir Hai adapun yang dialami Nabi selalu memberi pelajaran bagi kita bahwa utang adalah pilihan terakhir ketika tidak ada yang lainnya sehingga utang tidak dijadikan sebagai kebiasaan apalagi gaya hidup bagi orang yang tidak mampu ada dua hal yang diizinkan yang pertama meminta yang kedua urutan enggak mampu minta boleh gak boleh dia berhadapan zakat dan dia boleh meminta sesuai dengan kadar ya sewajarnya dalilnya boleh menyembah kepada orang lain ketika dia dalam kondisi sangat membutuhkan dinyatakan dalam hadits yang dilakukan oleh Ubay sohbi muharrik lebih sangat Sallam pernah bersabda Kepada beliau ya aku bayi So In Almas alat-alat tahi lu ilaihi salasa Woi B mau minta-minta itu haram mengemis itu haram kecuali untuk tiga orang diantara yang disebutkan nabi selama adalah orang yang sangat miskin sehingga disaksikan oleh tiga orang yang jujur kampungnya bosnya dia ini miskin orang ini boleh minta minta nabi senang-senang tidak melakukan pilihan yang pertama yaitu meminta Kenapa karena Rasulullah SAW wassalam tidak boleh makan sedekah tidak boleh makan zakat sehingga nabi selam tidak meminta-minta dan beliau Shallallahu salam adalah orang yang memiliki kedudukan paling tinggi diantara umatnya padahal ketika meminta ahliyatul yisuf lah Tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah makanya Kenapa Rasulullah SAW tidak boleh sedekah atau tidak boleh menerima sedekah karena sedekah itu secara prinsip diberikan oleh orang yang berada di posisi lebih tinggi kepada orang di posisi lebih rendah dan tidak ada yang lebih tinggi dibandingkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam nabi salam tidak melakukan pilihan yang pertama yaitu meminta karena sekalipun ini Boleh bagi orang membutuhkan ini bisa menjatuhkan martabat dan Wibawa manusia dengan demikian tidak ada pilihan yang lain selain utang karena ini pilihan yang terakhir statusnya tidak tercela Selama ada kebutuhan Ibnu qudamah menyatakan kalau Ahmad Imam Ahmad mengatakan leizel Core Duo Minal masalati yakni lesabe makruh in utang itu tidak sama dengan meminta artinya grup karena Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam beliau Yes taqrib beli utang walian now in nama yahufi wabihi tasyera dan nabi salam mengambil utang itu dan nanti akan dibayar sehingga seperti jual-beli artinya tidak ada hal yang tercela di sana bidai nvd mati yang akan dibayar dengan tanggungan dengan utang dalam tanggungan beliau nanti akan dibayar lebih salam dengan uang meskipun qodarullah sampai beliau wafat itu belum terbayarkan ini tentu sangat berbeda dengan kondisi masyarakat sekarang gimana utang bukan lagi karena alasan butuh tapi utang menjadi kaya itu masyarakat mudah untuk berhutang karena the material is memaksakan diri untuk terlihat kaya dan sukses sekalipun harus dengan Utara Wah mobilnya baru motornya baru bangga dia dipuji dengan kalimat itu dia itu cuman ingin dengar Orang bilang mobilnya baru ah sudah ganti mobil sudah ganti motor senang dengan sekalimat kalimat seperti itu akhirnya jadi gaya hidup baik kemudian kita juga dianjurkan untuk memberikan barang gadai sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Thailand namun pembahasan ini tentang memberikan barang gadai ketika utang karena cukup panjang insya Allah akan kita pasti pertemuan berikutnya Insya Allah ta'ala demikian mushola ala nabiyyina Muhammadin wa ala alihi washohbihi Wasallam wuih Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillah wa shalaatu wa salaamu ala rosulillah wa ala alihi washohbihi waman wadah ama Badu kaum muslimin dan muslimat para pemirsa di mana saja Antum berada Saya sekarang berada di lantai dua pembangunan sekolah Islam yang dibina oleh Ustadz ammi Nur baits dibawah Yayasan amal Abadi mereka sedang membangun sekolah SD yang rencananya Insyaallah 3 lantai dan sekarang para pemirsa dan promosiin bisa melihat ya di sebelah kanan saya dan kiri juga terlihat ya ini sedang pembangunan untuk membangun atau yang ketiga dan dibawa masih juga tahapnya pembangunan lantai dasar lantai dua tentunya pembangunan yang Hai makan biaya membutuhkan ya donasi yang luar biasa Oleh karena itu saya memanggil kita semua saya atas nama Muhammad website salah seorang anggota dewan fatwa mengajak kita semua Mari kita bersama-sama meringankan beban saudara kita membantu saudara kita untuk dia kelangsungan pembangunan sekolah dasar dia Islam yang dibina oleh Ustadz ammi Nur baits dan tentu apa yang saudara dan kaum muslimin infaq di jalan tidak akan sia-sia kalau Solo subhanahuwata'ala kesempatan yang baik untuk kita berinvestasi akhirat Mari bersegera kita Meraih Ridha Allah dan melimpahkan sebagian harta yang Allah titipkan bagi kita dan itulah sesungguhnya ya akan menjadi bagian untuk kita demikian mudah-mudahan bermanfaat dan mudahan kita senantiasa benua Allah subhanahu wa ta'ala dan mudah-mudahan ke senantiasa dijaga adalah Hai dengan menginfakkan sebagian harta yang Allah titipkan bagi kita Allahumma Amin demikian wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh mulai muncul Yi uh Muhyi Please help alhamdulillahirobbilalamin Selanjutnya kami persilahkan Bagi anda yang mau bergabung Sudah sama aku bahkan mau bersatu as-sunnah awet mau nanya ada salahnya senapan diharapkan dari kantornya udah sore 99 silahkan silahkan waalaikum warahmatullah wabarakatuh waalaikumsalam warahmatullah location Oh Affan Ustaz mau nanya ada salesman obat diharuskan dari contohnya untuk dibukakan obat di apotek dengan satu produk tertentu terus tapi Apotek tidak membutuhkan obat tersebut terus melestarikannya itu minta tolong supaya saya dapat insentif insentif dari kantornya boleh karena bantu sales tersebut sesaat dan katanya bila obatnya tidak laku dia sendirian yang akan beli obat tersebut Mohon penjelasan yang terjadi beliau memberikan satu sampel dan harus buka gitu ya Kenapa user beliau ketika menawarkan itu yang dibukakan sebagai sampel bukan obat-obat sebagai sampel minta dibukakan produk tapi LDII bukan faktur gitu 01 terus barangnya diantar ke apotik tapi obat selesai dan tidak butuhkan Cuman minta jualkan minta di mungkin dijualkan tapi dia kalau nggak laku katanya dia sediakan beli obat tersebut supaya dia dapat insentif dari ketentuannya dapat apa ia ingin setia atau tidak contohnya baik masuk dibukakan itu ibu terima kemudian dijualkan Iya infrastruktur dari dari kantornya gitu lalu diterbitkan faktur dari tempat Apotek Ibu dari kantornya bekerja satu jadi saja Tengah Pesan obat ngalter sama dia dari atau distributornya gitu tapi nanti anda menjualnya enggak kefir mungkin karena penjual tapi saya karena butuh barang tersebut kurang enggak enggak selama ini ada yang nyari bye terus pertanyaan kedua Eh Bolehkah anak-anakan membeli susu tanah ajikan dan kebun Oh dengan niat karena ada warna pernah baca hadits keutamaan menanam pohon Bolehkah anak dan kebudayaan kebun itu anak sudah Tanami berbagai macam pohon-pohon dan sayur-sayuran Bolehkah Subhana berpesan kepada anak-anak anak suatu saat nanti bahwa kebun itu jangan dijual gitu cuma pusat menjadi figunakan apa Oh untuk anak-anak saya aja tak dimanfaatkan untuk itu aja yang dijual berarti nanti tidak boleh diwariskan ah nggak sih kurang kerjanya jelas kita buka masih aja jangan dijual gitu 81 Jangan dibuka bangunkan rumah atau apa cuman dimanfaatkan aja itu saat punya by Saya hanya mendapat keutamaan dari menanam pohon dan kucingnya tentu saja kelenjar shakhrukh orangtua Hai wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh baik untuk kasus yang pertama Ya tentang sales yang dia menawarkan obatnya untuk Dian Apotek Ibu sebenarnya tidak tertarik untuk membeli itu Karena jarang orang yang nyari lebih kemudian sales minta tolong agar tetap membuka apa permintaannya atau apa-apa pembelian agar nanti pihak distributor Yang Akan mengirim obat itu dengan harapan si sales mendapatkan insentif dari distributor yang saya pahami jika memang Niat Dari awal Tujuannya adalah untuk kalau pakai bahasa asalnya Kongkalikong kerjasama untuk nipu ya ini jelas gak boleh ya karena sebenarnya anda tidak punya niat untuk beli Hai dan anda display pun jarang orang yang nyari sehingga pembelian itu sifatnya hanya untuk biar selesai ini dapat insentif ya kalau ada kerjasama seperti ini dari awal itu bisa berbahaya bagi pihak perusahaan dengan nanti Ibu Open po nanti sales ke Apotek yang lain Open po po po ditempat yang lain dia kelihatan ada banyak yang Open po dapat insentif dari distributor padahal sebenarnya Open po itu enggak di Jejak dibeli karena nanti salah sendiri akan beli cat kalau nggak laku misalnya ya seperti ini pada asalnya tidak diperbolehkan nabi sela-sela mengatakan menegaskan falisha Mina Barangsiapa yang menipu bukan bagian dari golonganku aneh itu sebaiknya tidak kita lakukan dengan hal yang seperti ini kecuali kalau memang Anda butuh Ya kalau butuh kemudian papa anda Open po lalu ternyata nggak laku kemudian sales memberikan cerminan kalau nggak laku nanti kami akan misalnya akan beli lagi jadi Insya Allah nggak masalah kalau seperti itu tapi kalau dengan cara tadi yang maksud dan tujuannya adalah biar si sales tetap dapat pemasukan dari pihak perusahaan ini yang tertipu kan pihak perusahaan dan insentif itu lebih besar dibandingkan harga obat Nanti pokoknya Open po dikit aja nggak papa jangan sampai melebihi nilai sekian insentifnya misalnya satu juta Anda belanja obatnya 500.000 nah waktu nggak laku dibeli oleh selesai 500 dia masih untung 500 dan ini akan merugikan perusahaan merugikan siapa pun dalam hal ini tidak boleh karena semua tindakan penipuan atau akan pengelabuan dan itu merugikan yang lain hukumnya tidak diperbolehkan selanjutnya yang kedua terkait posisi anda membeli kebun namun tidak ingin untuk dijual dan pesan kepada anak-anak jangan dijual Apakah diperbolehkan jawabannya boleh dan status kebun ini nanti dijadikan sebagai wakaf Zuri dulu dalam kajian tentang ilmu waris Kita pernah membahas tentang objek yang dimiliki oleh satu keluarga tapi tidak ingin untuk dipindahtangankan ke orang lain sehingga jangan sampai dijual kalau dipandang ada namanya rumah gadang atau harta pusaka kalau di Jawa dan namanya rumah tabon wakaf itu ada Hai ada wakaf Khairi ada wakaf Zuri wakaf Khairi ini wakaf sosial untuk umum wakaf masjid sekolah rumah sakit dan seterusnya wakaf Duri ini makaf terbatas untuk keluarga sehingga kalau Anda berharap agar kebun itu tidak Cut dijual berarti nanti konsekuensinya dia nggak bisa dijadikan sebagai warisan yang jatuh ke tangan salah satu anak dan ibu berharap ini tetap jadi milik bersama satu keluarga nanti silahkan buah di pohon itu dimanfaatkan apapun yang ada di situ dimanfaatkan itu berarti jadi wakaf Duri sebagaimana yang dilakukan oleh tolhah ketika beli mewakafkan kebun bairuha Kemudian oleh Nabi Salam diarahkan agar kata beliau around tajl lahu tidur riyati menu Ibu sebaiknya kau berikan kepada para keluarga dan itu landasan tentang keberadaan wakaf juri sehingga kebun itu tidak dijual tapi pesan kepada anak-anak ini wakaf dari yg saya untuk seluruh keturunan saya dan sampai kapan wallahualam silahkan ke punya dimanfaatkan apapun yang ada di situ dimanfaatkan tapi tidak boleh dimiliki oleh siapapun dikelola untuk diambil hasil wallahualam baik silahkan terlalu Waalaikumsalam warahmatullah [Musik] Emangnya mereka mamanya kemarin pasnya gimana yang baik tentang Pacet baik silahkan jadi saya ada [Musik] Hai yang binernya kendaraan mobil ngadil selama raflyndo selama lima tahun dia tidak bayar pajak dengan asumsi Tong ngajak juga hanya untuk masuk atau dicat Magelang kan kayak gitu kan soalnya udah ngantuk pas biarkan kalau Kediri Jaka politiknya kena tilang itu nah kemudian dia dari pengalaman selama lima tahun itu enggak pernah kena tilang sama sekali gw sampe pajak aja ngantuk reporter [Musik] air jelas rendah kroto Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh baik Bolehkah kendaraan itu tidak dibayarkan pajaknya dan turunan dari ini ya cukup banyak Nanti Bolehkah kalau kita punya tanah yang kita tidak bayar kan pacarnya Bolehkah kalau kita punya apalagi misalnya motor dan properti yang lainnya tidak kita bayarkan pajaknya karena objek yang di Pacet Ki di negara kita tidak hanya mobil termasuk beberapa kendaraan seperti motor kemudian juga tanah bangunan dan seterusnya wallahu a'alam yang kami pahami begini satu ini kembali kepada masalah aturan yang ada di negara kita kalau saya punya tanah atau punya bangunan kemudian bangunan itu tidak saya bayarkan pacarnya Apakah itu termasuk diantara tindakan kriminal yang melanggar undang-undang nah saya tidak ngerti tentang itu Anda bisa tanyakan kepada orang yang lebih paham termasuk juga misalnya kita punya kendaraan lalu tidak dibayarkan pacarnya Apakah itu tindakan kriminal yang melanggar undang-undang jika itu tindakan kriminal Tentu saja tidak boleh kita lakukan Hai Anda harus bayarkan pajak karena ketika itu dianggap sebagai tindakan yang melanggar undang-undang kriminal kita seorang muslim Tentu saja tidak menghendaki itu terjadi pada diri kita nah sampai saat ini saya nggak ngerti Anda bisa tanya kepada ahli hukum orang yang paham tentang masalah ini yang kedua Andaikan itu tidak dianggap sebagai tindakan kriminal misalnya ada beberapa lahan sawah yang dia ada sertifikatnya kemudian keluar setiap tahun itu apa stroke pajak itu yang berwarna merah PBB namun boleh tidak dibayarkan tidak boleh misalnya ada ketentuan ini enggak dibayar iPhone Mbak nggak papa sehingga poin yang kedua ini berbeda dengan yang pertama kita yang pertama Anda bisa tanyakan kepada ya dihukum Yang kedua kita bicara untuk objek itu sendiri dimana pemerintah mengizinkan Kalaupun gak dibayarkan paketnya enggak masalah Namun namun nanti akan mengalami kesulitan saat mau menjual karena ada syarat harus melampirkan PBB selama sekian tahun misalnya baik lalu Bolehkah tidak bayar pajak dalam kondisi ini Insyaallah tidak masalah karena hukum asal ketika orang memiliki sesuatu dia tidak diharuskan untuk membayar upeti atas aset yang dia miliki inikan milik saya saya mendapatkan ini dari warisan misalnya orang tua saya bukan dari hasil beli dan sekarang sudah jadi milik saya ya selanjutnya akan saya kelola Nah apakah nanti saya harus membayar sesuatu kepada pemerintah misalnya Dianggap cukup enggak pendapatan dari hasil itu juga pas-pasan pada asalnya tidak diharuskan ada banyak barang yang kita miliki Dan kita tidak diwajibkan untuk bayar memang ada sesuatu ada barang yang pemerintah mewajibkan untuk banyak sehingga intinya disini jika memang pada asalnya itu atau ketika tidak dibayarkan itu bukan termasuk kriminal bukan termasuk kriminal maka atau tidak termasuk pelanggaran terhadap undang-undang wallahualam yang kami pahami pada asalnya tidak ada kewajiban enggak masalah resiko Tapi nanti kalau saya jual jadinya orang nggak mau karena jadinya kendaraan yang mati tidak dipajaki selama sekian tahun Bruce ada hitung-hitungan di akhir kalau ada faktor seperti itu yaitu pertimbangan pribadi Allah bismillah Assalamualaikum Hai Waalaikumsalam warahmatullah Afwan Ana ijin bertanya di desa kami mengadakan pengajuan kepada pemerintah uang untuk modal dagang barang manisan ana juga ikut dimasukkan oleh Pemerintah Desa sedangkan enam mampu yang ingin anda tanyakan Bagaimana hukumnya ini ada sentuhan pengajuan muda usapkan untuk pengajuan untuk nilai akad nyawa Coba diulang diulang di desa kami mengadakan pengajuan kepada pemerintah uang untuk modal usaha dagang manisan Hai pengajuan modal nih nanti dikembalikan atau tidak tidak ada baik lain saya kasih pilihan aja ya saya asumsikan tidak dikembalikan sehingga pengajuan dari Desa kepada pemerintah kemudian anti-pemerintah ngasih modal kepada UMKM dan itu sifatnya murni hibah Apakah itu boleh dilakukan pada landak termasuk orang yang mampu rakyat punya hak untuk mengambil bagian dari kekayaan yang dimiliki oleh negaranya selama itu dilakukan secara legal dan tidak merugikan yang lain sehingga kalau Kemudian Anda turut serta dilibatkan dalam proyek itu lalu nanti dana turun dari pemerintah Lalu setelah dana turun dari pemerintah Anda turut mendapatkannya dan anda fungsi sesuai Anda fungsikan sesuai peruntukannya untuk modal dagang Manisan yang anda dagang manisan bukan untuk yang lain wallahu ta'ala alam yang kami pahami Insyaallah ini diperbolehkan sehingga ketika anda dikasih itu sebagai hibah dari negara dan negara memberikan hibah kepada rakyat boleh untuk diterima asal sesuai dengan fungsi dan tujuan ketika negara memberikan hibah tersebut silahkan diterima selanjutnya diperbolehkan bagi anda untuk menggunakannya sesuai dengan peruntukannya wallahualam sama alaikum tak Waalaikumsalam warahmatullah Ustad kalau ada orang hutang terus dia menjenguk saya pada saat saya sakit dan membawa makanan apakah ini termasuk riba dan dia juga memberikan daging bisa tidur Adha Apakah ini Asri baju gaustad Apa hubungan anda dengan dia keluarga atau bagaimana ya baik Nanti insya Allah akan kita bahas di bab tentang utang tidak memutus silaturahmi sehingga kadang kedekatan seseorang kepada orang lain lalu mereka melakukan transaksi utang piutang itu bisa dijadikan sebagai alasan kedekatan tadi bisa dijadikan sebagai alasan bolehnya menerima hadiah dari pihak yang berhutang jadi ada satu riwayat dari Anas bin Malik radhiallahu Anhu meskipun riwayat ini dinilai pun Sebagian ulama tapi secara makna ini dibenarkan jadi sarana benar tapi secara sangat hadits itu bye Hai bahwasanya hadiah saat hutan hadiah saat hutang belum lunas itu ada dua kondisi yang pertama sesuai Kebiasaan kalau sesuai kebiasaan berarti latar belakang Hadiah itu bukan karena utang tapi karena tradisi sehingga disini menentukan latar belakang latar belakang keberadaan hadiah Kenapa dia ngasih hadiah kita tahu latar belakangnya Oh dia memang biasa kalau saya sakit dia jenguk saya ngasih sesuatu kalau qurban kita semuanya kan berqurban maka siapapun yang berkorban akan memberikan sesuatu kepada saudaranya atau memberikan sesuatu kepada tetangganya sehingga latar belakang Hadiah itu sifatnya karena kebiasaan yang kedua bukan kebiasaan tidak ada kebiasaan misalnya sia utang kepada anda dan saya ini tidak punya hubungan kekerabatan bukan pula tetangga bukan temen cuman Anda kasihan Lalu Anda percaya Anda kasih Uta lalu satu ketika sihat tiba-tiba menjenguk Anda saat Anda sakit loh sisanya enggak kenal saya baru kemarin aja kenal nyawa kekanakan utang sebelumnya enggak ngerti dan kalaupun saya sakit dulu dulu juga enggak pernah dia jenguk tiba-tiba kok dia jenguk saat kita sakit padahal tidak ada kebiasaan sebelumnya berarti latar belakang keberadaan hadiahnya karena akan utangnya maka anda tidak boleh menerima wallahualam baik silakan hallostar Salamualaikum start Waalaikumsalam warahmatullah mau tanya mengenai utang yang dimaksud tetap produktif hutan jadi saya punya tanah yang rencananya mau dibangun kos-kosan tetap Nah nanti bangun kos-kosan itu dengan utang dari bank ustadz dan cicilanya tiap bulan itu diambil dari hasil menyewakan kos-kosan yaitu hukumnya gimana Ustad begitu saja Ustad Muzammil chairuna jadi bapaknya gunakan Allah kita perlu membedakan antara akad utang dengan mudhorobah di awal k dan ketika kita membahas tentang definisi utang dan turunannya berikut bagaimana konsekuensinya kita membedakan antara akad utang dengan akad wadiah utang dengan akad mudhorobah Kenapa karena disitu Ada kemiripan dalam Ada kemiripan dalam pemberian uang tapi ada perbedaan dari sisi skema transaksinya dan berikut konsekuensinya selama itu adalah akad utang mau dipakai untuk hal yang produktif maupun konsumtif semuanya memiliki skema yang sama yaitu utang-piutang masalah penggunaan itu murni hak sebagai penerima utang Terserah mau digunakan untuk produktif boleh untuk konsumtif juga boleh tapi dia harus bayar mengembalikan sesuai dengan nilai yang diterima baik dengan mudhorobah kalau mudhorobah saat orang memberikan modal disitu peruntukannya harus Sesuai dengan kesepakatan ini Modal saya kasih tolong bangun kos-kosan di sini Kok Anda misalnya bangun lapangan futsal letak Apa itu pelanggaran tidak sesuai dengan kesepakatan kesepakatannya bangun kos-kosan sehingga Anda harus bangun kos-kosan lalu menghasilkan nah disitulah ada bagi hasil sudah terus Bedanya apa antara utang dengan mudhorobah bedanya dalam masalah jaminan resiko jaminan resiko kalau terjadi resiko kalau terjadi resiko untuk akad utang maka kembali utuh kembali utuh Hai sehingga Anda utang dari bank dikasih Lembang senilai 500.000 tahun lalu anda buat kos-kosan udah anda akan diwajibkan untuk mengembalikan utuh 500000000 plus Marching terlepas Apakah kos-kosan itu laku atau gak tidak bahkan ketika kos-kosan itu misalnya rusak atau anda sudah mempercayakan kepada salah satu kontraktor anda udah bayar ke kontraktor itu lalu ternyata dia nipu Sehingga anda sudah bayar sekian ratus juta dia pergi Anda rugi bangga mau tahu pokoknya ini harus kembali utuh meskipun anda gunakan untuk sesuatu yang produktif ada diposisi ini akarnya adalah murni angkat hutan sehingga Anda diwajibkan untuk mengembalikan class machine itu kalau prakteknya tiba dan ini jelas tidak boleh jadi kembali utuh plus margin kalau di bank ya saya bicara di bank dan mesin ini adalah riba baik beda dengan akad mudhorobah kalau akan mudhorobah saat terjadi resiko maka resiko ditanggung bersama ditanggung bersama dan resiko modal ditanggung oleh pemodal sebagaimana resiko kerja ditanggung oleh mudharib oleh pengelola sebagai konsekuensinya jika ada hasil jika ada hasil maka dilakukanlah bagi hasil terjadilah keseimbangan seperti yang dulu pernah kita sampaikan dimana Rasulullah SAW mengatakan di paha malam yuk Man tidak boleh ada Margin yang tidak menanggung resiko kerugian sehingga Siapa yang ingin mendapatkan peluang untung maka dia harus siap dengan resiko rugi hingga sebagaimana Bang punya peluang untung jika ada Haji hasil akan dapat bagi hasil Maka kalau ada resiko ini ditanggung bersama dan realitanya bank tidak mau nanggung and Abang tidak mau nanggung akarnya makanya murni utang ini utang bayar tapi hutan produktif mereka nyebut Kenapa hutang produktif biar nanti mereka merasa punya hak untuk mendapatkan kelebihan baik mau disebut hutang produktif maupun utang konsumtif namanya margin dalam akad utang harum semua Maxim dalam akan utang hal itu riba karena itu untuk Mbak kasus yang anda tanyakan ini digunakan untuk kos-kosan kemudian nanti hasil kos-kosan agan di apa dibayarkan kepada Bang sebagian disamping Anda juga harus nyicil pokoknya selama agaknya adalah akan utang maka terlarang bagi anda untuk melakukan akad seperti ini karena keberadaan mesin itu berarti anda melakukan akad riba dengan punk silahkan dialihkan ke akad mudhorobah Bang diajak untuk melaksanakan mudhorobah kini saja ya bang kasih modal ke saya seakan bangunkan kos-kosan nanti kita bagi hasil Bank dapat 60% saya 40% sampai kapan itu bisa jadi tanpa ujung Selama kos-kosannya masih ada masih dimanfaatkan masih apa masih produktif kecuali ketika anda mengakuisisi kos-kosan itu dengan cara dibeli di Hai Nah kalau begitu jadi karena kos-kosannya dibangun atas dan abang tadi maka dia jadi miliknya Bang selama dia dikelola dan menghasilkan Bang berat dapat berhasil lalu anda mengakuisisi salah bertanya anda beli by kos-kosannya saya beli sehingga Anda bayar ke bank untuk membeli kos-kosan tadi boleh nah Ketika anda sudah beli itu jadi milih anda tidak ada bagi hasil lagi dengan Pak wallahualam Baik silahkan silahkan sudah selingkuh Waalaikumsalam warahmatullah silakan apa kabar Hai tak hamdulillah wa Samsung zat mau menanyakan aja ini Kebetulan anak-anak honor di pemerintahan Heng Hai yang dipertanyakan tirai hukumnya Asa maka Ustad drama yang apa dan sama absennya gitu maksudnya udah terkait nah ini hukum matanya hukum-hukum apa namanya kayak saya sempet denger kalau misalkan kita apa mendapatkan itulah set yang ITP tekan tips aa kalau misalkan pegawai swasta masih tak boleh asal izin sama pimpinan tertingginya perusahaan itu Nah kalau misalkan yang honor ini apakah sama perlakuannya dengan pegawai PNS kah Ustad ASN Anda outsourcing atau bukan ya survei tahunan di setiap tahun kami di apa saat perjanjian kontrak diperpanjang ketahuan saja perusahaan outsourcing yang akhir-akhir Bapak Wow about bukan saat jadi langsung dari dari dari kantor itu sendiri pribadi dinas ya dari dinas-dinas pemerintahan itu setiap tahun kita ada perpanjangan kontrak ban depan pakai karena kami ini di kegiatan status akan dikembangkan Apa kami dimasukin Disitu baik untuk kegiatan agetai angkat anda dengan kepala kantor ya ini Kebetulan ya kepala itu sekretaris dinas nya Kepala Kantor atau kepala dinas ya ya sekretaris dinas kVA kepala dinas yang mengetahui baik akan anda dengan kepala dinas baik Master Nah ini kan anak coba juga belajar yang ini misalkan jualan di kantor itu anu pernah denger pengajian ustad yang salah akad tijarah itu kalau kita misalkan di satu tangan kontrak di dalam waktu kerja kita tidak boleh transaksi lain Nah itu karena pernah sempet jualan di kantor begitu denger itu aduh ini Amerika yang Anda jual dengan rilis diwaktu kerja itu kita terbaik tentang penghasilan south-north komplitnya Ayah udah kalau saya rusak assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh baik Eh ada asalnya ketika Bapak sudah bekerja di sebuah lembaga tertentu berarti status Bapak sebagai Ajir house ketika orang berstatus sebagai Ajir house maka seluruh waktunya adalah milik instansi tersebut direntang kerja Anda misalnya masuk 08.00 sampai jam lima berarti 08.00 sampai jam lima adalah milik instansi itu Anda Siaga untuk bekerja Nah selanjutnya Ketika anda bekerja dan Anda melayani klien lalu mendapatkan uang tips Bolehkah ini diterima karena adalah tenaga honorer dan akan anda dengan kepala dinas maka yang berwenang di sini kepala dinas beda dengan ASN Kalau XL dia akarnya dengan negara sehingga semuanya harus diatur dengan undang-undang posisi anda orang yang lebih hair untuk sebagai pembantu lalu berakar dengan kepala dinas maka selama Kepala Dinas mengizinkan ketika uang tips itu diberikan kepada tenaga honorer dari klien wallahualam yang kami pahami Anda bawa dulu ke mereka lalu sampaikan Pak tadi ada Mitra yang ngasih ini untuk saya sekarang saya laporkan ke bapak silakan ini kami serahkan kepada antor Nah selanjutnya kantor memberikan kepada para tenaga honorer wallahualam yang kami pahami tidak harus anda undang-undang khusus karena disini akarnya adalah akad antara tenaga honorer dengan enak semoga ini tidak masalah sebagaimana nanti sama Sallam mengizinkan sebagian sahabat yang menerima sesuatu dilaporkan dulu lalu diberi diberikan oleh nabi salam kepada beliau kemudian eh di posisi yang kedua saat anda melakukan jual-beli di kantor di jam kerja selama tidak mengganggu kerja Misalnya Anda berangkat Anda datang sebelum masuk jam kantor Lalu Anda Tata barang batu Anda tinggal untuk fokus kerja with sudah tersedia disitu beli sesuatu tinggal masukkan di sini cutnya Insyaallah Tidak masalah karena disini tidak mengganggu jam kerja anda tidak mengganggu produktivitas anda ketika bekerja anda cuma naruh setelah itu Anda bekerja wallahualam demikian yang bisa kita bahas semoga Hai dan barangkali ada beberapa penjelasan yang kami sampaikan kurang begitu detail dan kurang begitu pasti Mungkin nanti anda bisa tanyakan kepada asal tidak yang lain Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala Memberikan ilmu yang berkah bagi kita semuanya Shallallahu Alaihi Muhammadin wa'ala alihi washohbihi wasallam wahai hudawan alhamdulillahirobbilalamin subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaih assalamualaikum warahmatullah